Judul: review jurnal
Penulis: Feru Fujioka
REVIEW JURNAL
PENGARUH KECERDASAN KINERJA, EMOSIONAL, DAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI SURABAYA
Peringkas : Fariz Aldarda (8323128330)
Tanggal : 11 Oktober 2014
Topik : : Analisis tentang pengaruh kecerdasan kinerja, emosional dan spiritual guru SMP di Surabaya terhadap kinerja mengajarnya.
Penulis : Mahmudah Eny Widyaningrum
Tahun : 2013
Judul : Pengaruh kecerdasan kinerja, emosional, dan spiritual terhadap kinerja guru SMP Negeri di Surabaya
Jurnal : Jurnal Akuntansi dan Manajemen
Vol. & Halaman : : Vol. 24, No1, 13-22
Abstrak
Konteks :
Ada semakin banyak bukti yang mengatakan bahwa untuk menjadi seorang guru yang profesional tidak hanya mengandalkan cara mengajar yang baik, melainkan diperlukan adanya pula kecerdasan baik secara kinerja, emosional, maupun spiritual demi menunjang kegiatan proses belajar mengajar yang efisien.
Tujuan :
Menjelaskan hubungan kasual antara variabel independen dan variabel dependen melalui analisis regresi linier, serta penelitian describtif yang bertujuan untuk mencoba mendeskipsikan dan menginterpretasikan karakteristik dari objek studi dengan cara menganalisis kategori frekuensi.
Bahan dan Metode :
Sampel diperoleh dari pembagian kuisioner ke 67 orang guru yang mengajar di salah satu SMP di Surabaya, dari hasil 67 kuisioner tersebut, hasil kuisioner yang layak diteliti adalah sebanyak 60 kuisioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data disajikan dalam angka dan dianalisis dengan teknik statistik.
Analisis statistik digunakan :
Proporsi sederhana dan Perhitungan Mean dari masing-masing indikator.
Hasil :
Diantara 60 kuisioner yang diperiksa dan diteliti, dapat dilihat bahwa rata-rata
penilaian responden terhadap variabel kecerdasan kinerja, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang dominan pada kinerja guru SMP di Surabaya.
Kesimpulan :
Kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang dominan pada kinerja guru SMP di Surabaya, sedangkan Kecerdasan spiritual tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja SMP negeri di Surabaya.
I Deskripsi Jurnal :
Tujuan utama penelitian
Untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual bagi guru memberikan dampak yang besar terhadap proses pembelajaran daripada hanya memberikan bahan ajaran secara formal, tanpa memperhatikan adanya kontrol diri dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil Penelitian
Dari 67 orang guru yang mengajar di salah satu SMP di Surabaya, hasil kuisioner yang layak diteliti adalah sebanyak 60 kuisioner. Dari 60 kuisioner tersebut dapat dilihat bahwa untuk variabel kecerdasan kinerja, rata-rata penilaian responden terhadap variabel ini adalah sebesar 4.4133. Variabel kecerdasan kinerja pada penelitian ini terdiri atas lima indikator yang meliputi fokus pada tujuan masa depan, percaya diri dalam menyelesaikan masalah, keinginan untuk berhasil, melakukan perubahan/perbaikan diri, dan memiliki daya saing. Hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan kinerja yang dimiliki oleh sebagian besar responden yaitu guru di salah satu SMP Negeri di Surabaya berada pada rentang skala yang sangat baik. Berdasarkan hasil tabulasi data, diperoleh pula distribusi frekuensi rata-rata penilaian responden terhadap variabel kecerdasan emosional yaitu sebesar 4.2750 yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional yang dimiliki oleh sebagian besar responden yaitu guru di salah satu SMP Negeri di Surabaya berada pada rentang skala yang sangat baik.Variabel kecerdasan emosional tersebut terdiri atas empat indikator yang meliputi kesadaran atas diri sendiri,manajemen mengelola diri, kesadaran sosial, dan manajemen hubungan antar pribadi. Sedangkan penilaian responden untuk variabel kecerdasan spiritual, rata-rata penilaian responden yaitu sebesar 4.4542 yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional yang dimiliki sebagian besar responden juga sangat baik. Variabel kinerja pada penelitian ini terdiri atas empat indikator yang meliputi karakteristik individu, proses, hasil, dan kepuasan atas hasil evaluasi kerja yang didapat.
Kesimpulan Penelitian :
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa :
Kecerdasan kinerja, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap kinerja guru di salah satu SMP di Surabaya.
Kecerdasan kinerja, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual secara parsial dan signifikan berpengaruh terhadap kinerja guru di salah satu SMP Negeri di Surabaya.
Kecerdasan emosional mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja guru di salah satu SMP Negeri di Surabaya. Hal ini dapat dilihat dari kecerdasan emosional yang memiliki nilai yang paling besar.
II Telaah jurnal
Fokus Utama Penelitian
Guru selayaknya tidak hanya dituntut untuk mampu mendidik dan membentuk moral generasi penerus bangsa karena pada sisi lain, guru harus berjuang untuk terus mempersiapkan diri dan berbenah agar mampu menghadapi tuntutan jaman. Terlebih semakin berkembangnya akal manusia sehingga dalam kesehariannya kinerja guru selalu dihadapkan pada tipikal kepribadian yang berbeda-beda. Di sini lah peran guru benar-benar diharuskan untuk siap secara mental maupun moril dalam memberdayakan seluruh akaldan tenaganya untukterus menerus berbenahdan mempersiapkan dirisehingga guru benar-benar layak untuk menjadi teladan serta tetap menunjukkan eksistensinyabaik sebagai tenaga profesional maupun sebagai individu yang cerdas. Cerdas dalam hal ini bukan hanya terkait akan kecerdasan akal dan intelektual, tetapi juga meliputi berbagai dimensi kecerdasan lainnya seperti kecerdasan kinerja atau yang lebih dikenal dengan kecerdasan menghadapi masalah, kecerdasan emosional, hingga kecerdasan spiritual, yang pada akhirnya diharapkan mampu berkontribusi pada keoptimalan kinerja guru (Yadav,2011)
Berdasarkan kutipan dari bagian pendahuluan di atas diketahui bahwa untuk menjadi seorang guru yang baik, seorang guru tidak hanya dituntut untuk mampu mendidik dan membentuk moral generasi bangsa, namun juga harus terus berjuang membenahi diri demi menghadapi tuntutan jaman. Seorang guru tidak cukup hanya cerdas dalam bidang akademik saja, namun diharapkan juga mampu unggul dalam dimensi kecerdasan lainnya seperti kecerdasan kinerja, kecerdasan emosional, dan juga kecerdasan spiritual agar diharapkan mampu menjadi panutan yang baik bagi murid murid yang diajarnya.
Elemen yang mempengaruhi tingkat kepercayaan suatu penelitian
Gaya penulisan :
- Sistematika penulisan telah tersusun dengan baik dan jelas mulai dari judul penelitian, nama penulis, abstrak (konteks, tujuan penelitian, pengaturan dan desain, bahan dan metode, analisis statistik, hasil, kesimpulan, dan kata kunci), pendahuluan, material dan metode penelitian, hasil, pembahasan, kesimpulan dan saran.
- Tata bahasa yang dipergunakakan dalam penulisan jurnal ini cukup mudah dipahami sehingga memudahkan pembaca untuk mengerti bagaimana penelitian tersebut dilaksanakan dan apa hasil yang diperoleh.
Penulis
Penulis dalam penelitian ini berasal dari Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Surabaya, penulis tersebut berasal dari Surabaya dimana tempat penelitian dilaksanakan, sehingga dapat diketahui bahwa penulis tersebut mempunyai kualifikasi atas data yang mereka teliti.
"Pengaruh Kecerdasan Kinerja, Emosional, dan Spiritual Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Surabaya"
- Judul penelitian cukup jelas, akurat, tidak ambigu, dan menggambarkan apa yang akan diteliti.
- Namun kekurangannya : belum memenuhi prinsip 5 W 1 H karena tidak dicantumkan kapan tahun penelitian diadakan.
Abstrak :
Abstrak mampu menggambarkan secara jelas mengenai masalah penelitian, tujuan penelitian, metodologi dan hasil yang didapatkan. Namun kekurangannya pada jurnal ini tidak menyebutkan rekomendasi apa yang diberikan kepada pihak-pihak yang terkait atau berkepentingan dalam penelitian ini apabila terjadi kekurangan atau ada hal yang harus diperbaiki.
Elemen yang mempengaruhi kekuatan suatu penelitian
Tujuan / Masalah Penelitian
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual bagi guru memberikan dampak yang besar terhadap proses pembelajaran daripada hanya memberikan bahan ajaran secara formal, tanpa memperhatikan adanya kontrol diri dalam kegiatan pembelajaran.
Konsistensi logis :
Laporan penelitian telah mengikuti langkah-langkah yang seharusnya yaitu : dimulai dari judul penelitian, nama penulis, abstrak, pendahuluan, materi dan metode, hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan dan Saran (hanya saja dalam jurnal ini tidak terdapat catatan kaki) .
Theoritical kerangka :
Baik kerangka konseptual maupun kerangka teori tidak digambarkan secara jelas dalam jurnal penelitian tersebut.
Tujuan/ sasaran/ pertanyaan penelitian/ hipotesis :
Tujuan dan sasaran penelitian disebutkan secara jelas dan mencerminkan informasi yang disajikan dalam tinjauan pustaka
"Aims:
To explain the position of the studied variable and dependent variable through linear regression analysis,as well as research aimed at descriptive trying to describe and interpret the characteristics of the object of studying accordance with the analysis of categrical frequencies."
Sampel
Sampel diperoleh dari pembagian kuisioner ke 67 orang guru yang mengajar di salah satu SMP di Surabaya, dari hasil 67 kuisioner tersebut, hasil kuisioner yang layak diteliti adalah sebanyak 60 kuisioner.
Pertimbangan Etik :
Tidak dijelaskan apakah penulis mendapatkan persetujuan baik lisan maupun tulisan dari peserta (subjek penelitian) pada saat melakukan penelitian.
Metodelogi
Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur yang menghasilkan simpulan bahwa kecerdasan spiritual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dan kecerdasan spiritual mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap kinerja karyawan melalui kecerdasan emosional.
Data analisis/ hasil :
- Analisis statistik yang digunakan adalah proporsi sederhana dengan menhitung Mean dari masing-masing indikator.
- Penyajian tabel disertai dengan narasi yang jelas mengenai isi tabel yang disajikan.
Referensi :
Literatur yang digunakan sekitar 70 % menggunakan literatur terbaru yang berasal dari jurnal-jurnal yang telah dipublikasikan sebelumnya.
Penulisan :
Di dalam jurnal ini terdapat 36 kalimat tunggal, 85 kalimat majemuk, dan 30 kalimat lainnya.
Contoh kalimat tunggal di dalam jurnal ini adalah : "Selain itu, penelitian ini juga merupakan penelitian explanasi"
Contoh kalimat majemuk di dalam jurnal ini adalah : "Variabel kecerdasan emosional pada penelitian ini terdiri atas empat indikator yang meliputi kesadaran atas diri sendiri, manajemen mengelola diri, kesadaran sosial, dan manajemen hubungan antar pribadi."
Contoh kalimat lainnya di dalam jurnal ini adalah : "Dengan menggunakan bantuan program aplikasi SPSS for windows version 18.0, didapat hasil uji autokorelasi Durbin-Watson sebesar 2.087."
Kutipan :
Di dalam jurnal ini terdapat 7 kutipan langsung, dan 10 kutipan tidak langsung.
Contoh kutipan langsung di dalam jurnal ini adalah "Kecerdasan emosional, apabila diterpakan pada tempat kerja, melibatkan kemampuan untuk secara efektif memahami, mengungkapkan, memahami, dan mengelola emosi secara profesional dan efektif di tempat kerja (Palmer dan Stough, 2001 dalam Chin, 2011)"
Contoh kutipan tidak langsung di dalam jurnal ini adalah :"Hal ini seperti yang dikemukakan Wibowo (2012:494), bahwa kecerdasan kinerja adalah kemampuan untuk menampilkan yang terbaik ketika menghadapi banyak masalah."
Daftar Pustaka
Gaya penulisan yang digunakan di dalam jurnal ini adalah
Kesimpulan dan Saran
Kelebihan :
a. Isi kesimpulan peneliti merupakan jawaban dari tujuan penelitian.
b. Kesimpulan ringkas, jelas dan padat.
c. Mencantumkan saran yang merupakan harapan peneliti.
Kekurangan :
a. Peneliti tidak memberikan rekomendasi kepada instansi terkait yang berhubungan dengan penelitiannya.
b. Tidak mencantumkan catatan kaki yang merupakan catatan-catatan penting bagi si penulis, agar orang yang membaca dapat membaca catatan kaki tersebut.
Sebagai penutup, meskipun ditemukan berbagai kekurangan dan kelebihan dalam penelitian tersebut, namun penelitian tersebut telah memberikan kontribusi positif pada kemajuan dan pengembangan di bidang ilmu pengetahuan khususnya pada pengembangan karya ilmiah.
Terimakasih telah membaca review jurnal. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat
0 komentar: