Februari 16, 2021

AKUNTANSI

Judul: AKUNTANSI

Penulis: Ian Ain







KOMPETENSI

UTAMA

KOMPETENSI INTI GURU SD/SMP/SMA/SMK (KI)

KOMPETENSI GURU MAPEL/PAKET KEAHLIAN (KG)



INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

PEDAGOGIK Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta

didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran

Menginterpolasikan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran

Menyesuaikan karakteristik peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran

Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan atau mata pelajaran yang diampu untuk pencapaian pembelajaran yang maksimal

Menggali potensi peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan atau mata pelajaran yang diampu untuk pencapaian pembelajaran yang maksimal

Menggunakan potensi peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan untuk pencapaian pembelajaran yang maksimal

Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik untuk memenuhi kebutuhan belajar pada mapel yang diampu

Mengelompokkan kemampuan awal peserta didik untuk memenuhi kebutuhan belajar individu/kelompok belajar peserta didik sesuai mapel yang diampu



Menyesuaikan kemampuan awal peserta didik untuk merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan menindaklanjuti pembelajaran sesuai mapel yang diampu



Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu



Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu agar dapat memberikan perlakuan yang tepat dalam pencapaian kompetensi atau tujuan

pembelajaran

Menggolong-golongkan tingkat kesulitan belajar peserta

didik dalam mata pelajaran yang diampu























Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik



















Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu

Menyelidiki tingkat kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu agar dapat memberikan perlakuan yang tepat dalam pencapaian kompetensi atau

tujuan pembelajaran

Menyesuaikan tingkat kesulitan belajar peserta didik pada

perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu agar dapat memberikan

perlakuan yang tepat dalam pencapaian kompetensi atau

Mengemukakan berbagai teori belajar dan prinsip

pembelajaran yang mendidik





Mengasosiasikan teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik dalam proses pembelajaran





Menunjukkan teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik yang tepat sesuai dengan karakteristik mapel yang diampu



Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam



Menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai mata pelajaran yang diampu



Menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu













































Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum Mengartikan prinsip pengembangan kurikulum

Mengilustrasikan prinsip pengembangan kurikulum sesuai karakteristik mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip pengembangan kurikulum dalam pengembangan kurikulum

Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu. Mengkategorikan tujuan pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat kompetensi dan ranah pembelajaran



Memilih tujuan pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik materi dan kompetensi yang akan dicapai



proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik materi dan kompetensi yang akan dicapai pada mapel yang diampu

Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.



























Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait

dengan pengalaman belajar dan

tujuan pembelajaran. Menggali pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujua n pembelajaran yang diampu

Mengklasifikasikan pengalaman belajar sesuai dengan tahapan pencapaian tujuan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu

Mengurutkan tahapan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujua n pembelajaran yang diampu

Menelaah tahapan pengalaman belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi dan alokasi waktu yang tersedia

Mengidentifikasikan materi pembelajaran yang diampu terkait pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran

Mengurutkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam



Memilih materi pembelajaran yang tepat sesuai dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran

Mengkategorikan materi yang dipilih berdasarkan jenisnya

(fakta, konsep, prosedural dan metakognitif)

Menelaah dokumen pendukung pengembangan kurikulum terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran

Membuat kerangka materi pembelajaran yang diampu terkait pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran

Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik. Menganalisis materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih





Mengurutkan materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakter peserta didik

Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian. Menentukan indikator penilaian pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran

3Mengurutkan indikator penilaian pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran

Memilih metode dan jenis instrumen penilaian pembelajaran yang tepat sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajarannya

Merancang instrumen penilaian pembelajarn

Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik Mengemukakan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran

yang mendidik



Mengilustrasikan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik

Menjabarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai mapel yang diampu

Mengembangkan komponen- komponen rancangan pembelajaran Menggolongkan komponen-komponen rancangan pembelajaran

Menyusun komponen-komponen rancangan pembelajaran dalam merencanakan pembelajaran

Menyelesaikan komponen-komponen rancangan pembelajaran sesuai tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada mapel yang diampu

Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun Mengurutkan tahapan dalam merancang pembelajaran

Menguraikan komponen rancangan pembelajaran baik didalam kelas, labolatorium maupun di lapangan

Merinci setiap tahapan dalam komponen rancangan pembelajaran di kelas, labolatorium dan lapangan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai pada mata pelajaran yang

diajarkan

Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar Menjabarkan komponen pembelajaran yang mendidik

Menentukan tahapan pembelajaran yang mendidik, baik dikelas, di labolatorium dan dilapangan

Melaksanakan pembelajaran yang mendidik, baik di kelas, ruang praktik maupun di lingkungan sekolah dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan



Menelaah keterlaksanaan pembelajaran yang mendidik, baik di kelas, labolatorium dan lapangan sesuai dengan standar keamanan yang dipersyaratkan

Memecahkan masalah yang ada dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik, baik dikelas, di labolatorium dan lapangan

Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Mengidentifikasi media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran

Menggali media pembelajaran dan sumber belajar yang kreatif innovatif berbasis teknologi

Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang tepat dan relevan sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu

Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran yang diampu sesuai dengan situasi yang berkembang Menjelaskan prinsip keputusan transaksional di dalam pembelajaran

Menganalisis situasi dan kondisi dalam pembelajaran sesuai dengan situasi proses pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu

Menilai kondisi transaksional dalam pembelajaran sesuai dengan situasi yang terjadi dalam pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu

Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran sesuai situasi yang berkembang dalam rangka menciptakan proses pembelajaran yang efektif

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu Memilih teknologi informasi dan komunikasi yang tepat dalam pembelajaran

Memadukan ragam teknologi informasi dan komunikasi sesuai karakteristik dan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran



Menemukan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat untuk menunjang ketercapaian tujuan mata pelajaran yang diampu

Membuat rancangan teknologi informasi dan komunikasi yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu

Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. Memadukan berbagai kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu

Mengkombinasikan penggunaan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar

Merasionalkan penggunaan berbagai kegiatan pembelajaran yang tepat pada mata pelajaran yang diampu untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik

Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk engaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya Membeda-bedakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan potensi peserta didik

Menetapkan kegiatan pembelajaran yang tepat yang mampu menganktualisasikan potensi dan kreativitas

peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan

dicapai pada mapel yang diampu

Mengkorelasikan ragam kgiatan pembelajaran dengan karakteristik peserta didik dalam mengaktualisasikan potensi peserta didik

Membuat struktur kegiatan pembelajaran yang bervariasi yuntuk mengaktualisasikan potensi dan kreativitas peserta didik

Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain Memberikan contoh bentuk komunikasi efektif, empatik, santun,baik lisan maupun tulisan atau bentuk lain

Mengasosiasikan bentuk komunikasi efektif, empatik, santun,baik lisan maupun tulisan atau bentuk lain yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai



Mengemukakan berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, santun,baik lisan maupun tulisan atau bentuk lain yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran

yang ingin dicapai

Mengadaptasi berbagai strategi komunikasi dalam pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik dan tujuan pebelajaran yang ingin dicapai

Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa Yang khas dalam interaksi Kegiatan/ permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis

peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada peserta didik untuk

ambil bagian, (c) respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) reaksi guru Melaksanakan komunikasi secara efektif, empatik, santun dalam tahapan awal pembelajaran

Membiasakan berkomunikasi secara efektif, empatik,

santun dalam memotivasi peserta didik dalam pembelajaran

Menata strategi komunikasi secara efektif, empatik, santun dalam melaksanakan refleksi dalam pembelajaran baik peserta didik maupun pendidik

Membiasakan berkomunikasi secara efektif, empatik, santun dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran ssuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin

dicapai

Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu Mengemukakan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Menjabarkan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasilajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam merencanakan penilaian sesuai tujuan yang ingin dicapai

Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu Menganalisis aspek-aspek penting penilaian dan evaluasi dalam proses dan hasil belajar

Menetapkan aspek penting dalam penilaian dan evaluasi pembelajaran sesuai karakteristik mata pelajaran yang diampu



Merinci aspek penting dalam penilaian dan evaluasi pembelajaran sesuai tujuan penilaian dalam mata pelajaran yang diampu

Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Mengurutkan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Menelaah urutan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai karakteristik mata pelajaran yang diampu

Merinci komponen dan dokumen yang diperlukan dalam penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan tujuan penilaian

Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Mengemukakan metode penilaian dan jenis instrumen penilaian yang sesuai dengan tuntutan ranah pembelajaran

Membuat rancangan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Merumuskan indikator penilaian dan evaluasi proses dan hasl belajar sesuai karakteristik mata pelajaran yang diampu

Menyusun instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai tujuan penilaian pada mata pelajaran yang diampu

Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan mengunakan berbagai instrumen Melakukan administrasi penilaian proses dan hasil belaar secara berkesinambungan

Melengkapai dokumen administrasi penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan sesuai dengan perangkat penilaian dan tujuan pembelajaran pada mata

pelajaran yang diampu

Mengelola dokumen administrasi penilaian proses dan hasil belajar sesuai mata pelajaran yang diampu



Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan Mengemukakan prosedur menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar sesuai tujuan

Membeda-bedakan prosedur analisis penilaian proses dan hasil belajar sesuai tujuan jenis penilaian pada mata pelajaran yang diampu

Menelaah instrumen penilaian proses dan hasil belajar secara kualitatif dan kuantitatif pada mata pelajaran yang diampu

Menguji validitas dan reliabilitas instrumen penilaian proses dan hasil belajar seswuai tujuan yang ingin dicapai pada mata pelajaran yang diampu

Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar Menafsirkan hasil evaluasi proses dan hasil belajar pada mata pelajaran yang diampu

Menilai proses pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh sesuai tujuan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu

Membuktikan hasil evaluasi proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh pada mata pelajaran yang diampu

Memutuskan tindakan perbaikan sebagai tindak lanjut dari hasil evaluasi proses dan hasil belajar pada mata pelajaran yang diampu

Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Menganalisis hasil penilaian dan evaluasi pada mata pelajaran yang diampu

Menyeleksi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar sesuai dengan proses dan hasil belajar pada mata pelajaran yang diampu

Memilih informasi hasil penilaian yang tepat untuk menentukan ketuntasan belajar pada mata pelajaran yang diampu



Menemukan informasi hasil evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu sebagai bahan perbaikan untuk pembelajaran selanjutnya

Merumuskan ketuntasan hasil belajar berdasarkan informasi hasil penilaian pada mata pelajaran yang diampu

Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan Pengayaan Mengemukakan program remidial dan pengayaan sebagai bagian dari tindak lanjut hasil pembelajaran

Mengklasifikasikan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran terhadap peserta didik pada mata pelajaran yang diampu

Membuat struktur program remidial dan pengayaan ssesuai hasil penilaian dan evaluasi pada mata pelajaran yang diampu

Membuatrancangan program remidial dan pengayaan sebagai tindak lanjut dari hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran pada mapel yang diampu

Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan Memutuskan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran yang diperoleh peserta didik pada mata pelajaran yang diampu

Mentransfer hasil keputusan penilaian dan evaluasi pembelajaran mata pelajaran yang diampu pada pemangku kepentingan

Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Menemukan manfaat hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran

Merumuskan tindakan perbaikan kualitas pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran pada mapel yang diampu

Merencanakan program perbaikan pembelajaran sesuai hasil evaluasi pembelajaran pada mapel yang diampu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran



Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan Mendiagnosis pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan pada mata pelajaran yang diampu

Menilai kesesuaian pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan pada mata pelajaran yang diampu dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Menemukan komponen penyebab keberhasilan dan atau kegagalan dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu

Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu Menganalisis hasil refleksi pembelajaran untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran

Menyeleksi hasil refleksi pembelajaran untuk bahan perbaikan dan pengembangan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu

Memfokuskan hasil refleksi pembelajaran yang penting untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya pada mata pelajaran yang diampu

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu Memperjelas fokus masalah dalam pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu

Merinci rencana perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mapel yang diampu

Menyusun rencana penelitian tindakn kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mapel yang diampu

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu

















































KISI KISI UKG 2015 GURU MATA PELAJARAN/PAKET KEAHLIAN AKUNTANSI

NO KOMPETENSI

UTAMA KOMPETENSI INTI GURU SD/SMP/SMA/SMK

(KI) KOMPETENSI GURU MAPEL/PAKET

KEAHLIAN (KG) INDIKATOR ESENSIAL/INDIKATOR PENCAPAIAN

KOMPETENSI (IPK)

A B C D E

1 Profesional 1. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,

konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 1.1 Memproses Siklus Akuntansi Menjelaskan proses siklus akuntansi

2. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah

abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 2.1 Memproses Siklus Akuntansi Mencatat proses akuntansi

3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,

konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan 3.1 Memproses dokumen

pembentukan dana kas kecil Menjelaskan pembentukan kas kecil

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah

abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 4.1 Memproses dokumen

pembentukan dana kas kecil Mencatat pembentukan kas kecil sistem dana tetap.

Mencatat pembentukan kas kecil sistem dana tidak

tetap.

5. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,

konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 5.1. Memproses dokumen kas di bank Menganalisis perbedaan saldo kas dan catatan bank.

Menjelaskan laporan rekonsiliasi bank dan pencatatan

jurnal penyesuaian.

6. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah

abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan 6.1. Memproses dokumen kas di bank Menentukan penyebab terjadinya perpedaan catatan

kas dan bank.

humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,









































langsung.



7. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,

konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 7.1 Mengelola kartu piutang Menjelaskan penyisihan piutang tak tertagih dengan

berbagai pendekatan.

8. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah

abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 8.1 Mengelola kartu piutang Mencatat penyisihan piutang tak tertagih dengan

berbagai metode.

Menghitung taksiran penyisihan piutang tak tertagih

dengan berbagai pendekatan.

9. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,

konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 9.1. Mengelola Kartu Persediaan Menerapkan perhitungan nilai persediaan dengan

berbagai sistem.

10. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan

ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 10.1. Mengelola Kartu Persediaan Menghitung nilai persediaan dengan berbagai

pencatatan.

20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan

yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan dasar-dasar perpajakan



























Menguraikan ketentuan umum perpajakan (KUP) Menjelaskan definisi, ciri, jenis dan fungsi pajak

Menjelaskan hukum pajak materiil dan formil

Menjelaskan batas watu pembayaran pajak

Menjelaskan STP

menjelaskan subjek pajak



menjelaskan deductible dan undeductible expense

1 PROFESIONAL 20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan

yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1. Mengoperasikan aplikasi

komputer akuntansi 20.1.1. Menginstal program aplikasi komputer

akuntansi.

20.1.2. Mengubah simbol mata uang dan format

tanggal yang berlaku di Indonesia.

20.1.3. Membuat file data akuntansi perusahaan.

20.1.4. Mengatur pajak pertambahan nilai (PPN).

20.1.5. Menyusun daftar akun dan tautan antar akun

(linked accounts).

20.1.6. Mengentri saldo awal akun buku besar.

20.1.7. Membuat kartu piutang usaha dan mengentri

saldo piutang usaha.

20.1.8. Membuat kartu perlengkapan/persediaan dan

mengentri saldo awalnya.

20.1.9. Membuat kartu utang dan mengentri saldo

awalnya.

20.1.10. Mengentri transaksi pembelian perlengkapan/

persediaan.

20.1.12. Mengentri transaksi pemakaian perlengkapan/

persediaan.

20.1.13. Mengentri transaksi pengeluaran kas.

20.1.13. Mengentri transaksi penerimaan kas.

20.1.14. Mengentri transaksi pembayaran utang usaha.



20.1.15. Mengentri transaksi penjualan barang.

20.1.16. Mengentri transaksi pelunasan piutang.

20.1.17. Mengentri transaksi pengalokasian beban-

beban lainnya.

20.1.18. Menganalisis transaksi Kas di Bank untuk

menyelesaikan rekonsiliasi bank.

20.1.19. Menganalisis transaksi umum untuk mencatat

penyesuaian pada akhir periode.

20.1.20. Menampilkan laporan keuangan perusahaan.

20.1.21. Membuat backup file data akuntansi dan

restrore file.

1 PROFESIONAL 20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan

yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.2. Menyajikan laporan harga

pokok produk 20.2.1. Mengklasifikasikan biaya-biaya yang terkait

dengan proses produksi.

20.2.2. Mencatat pengakuan biaya bahan baku, biaya

tenaga kerja dan biaya overhead pabrik.

20.2.3. Mengidentifikasi tahapan penyusunan laporan

keuangan untuk perusahaan manufaktur.

20.2.4. Menjabarkan 2 metode pengumpulan biaya

produksi yaitu metode berdasar pesanan dan metode berbasis proses.

20.2.5. Mencatat biaya bahan baku dan bahan

penolong, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik dalam metode harga pokok pesanan.

20.2.6. Menghitung harga pokok pesanan dan

pencatatannya ke dalam kartu pesanan serta mencatat penyerahan produk jadi ke pemesan.

20.2.7. Mencatat biaya bahan baku dan bahan

penolong, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik dalam metode harga pokok proses.

20.2.8. Menyusun laporan harga pokok proses untuk

perusahaan manufaktur.




Download AKUNTANSI.docx

Download File

Alternatif Link


banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: