Judul: AKUNTANSI
Penulis: Ian Ain
KOMPETENSI
UTAMA
KOMPETENSI INTI GURU SD/SMP/SMA/SMK (KI)
KOMPETENSI GURU MAPEL/PAKET KEAHLIAN (KG)
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
PEDAGOGIK Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta
didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
Menginterpolasikan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
Menyesuaikan karakteristik peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan atau mata pelajaran yang diampu untuk pencapaian pembelajaran yang maksimal
Menggali potensi peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan atau mata pelajaran yang diampu untuk pencapaian pembelajaran yang maksimal
Menggunakan potensi peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan untuk pencapaian pembelajaran yang maksimal
Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik untuk memenuhi kebutuhan belajar pada mapel yang diampu
Mengelompokkan kemampuan awal peserta didik untuk memenuhi kebutuhan belajar individu/kelompok belajar peserta didik sesuai mapel yang diampu
Menyesuaikan kemampuan awal peserta didik untuk merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan menindaklanjuti pembelajaran sesuai mapel yang diampu
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu agar dapat memberikan perlakuan yang tepat dalam pencapaian kompetensi atau tujuan
pembelajaran
Menggolong-golongkan tingkat kesulitan belajar peserta
didik dalam mata pelajaran yang diampu
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu
Menyelidiki tingkat kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu agar dapat memberikan perlakuan yang tepat dalam pencapaian kompetensi atau
tujuan pembelajaran
Menyesuaikan tingkat kesulitan belajar peserta didik pada
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu agar dapat memberikan
perlakuan yang tepat dalam pencapaian kompetensi atau
Mengemukakan berbagai teori belajar dan prinsip
pembelajaran yang mendidik
Mengasosiasikan teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik dalam proses pembelajaran
Menunjukkan teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik yang tepat sesuai dengan karakteristik mapel yang diampu
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam
Menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai mata pelajaran yang diampu
Menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum Mengartikan prinsip pengembangan kurikulum
Mengilustrasikan prinsip pengembangan kurikulum sesuai karakteristik mata pelajaran yang diampu
Menerapkan prinsip pengembangan kurikulum dalam pengembangan kurikulum
Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu. Mengkategorikan tujuan pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat kompetensi dan ranah pembelajaran
Memilih tujuan pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik materi dan kompetensi yang akan dicapai
proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik materi dan kompetensi yang akan dicapai pada mapel yang diampu
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.
Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait
dengan pengalaman belajar dan
tujuan pembelajaran. Menggali pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujua n pembelajaran yang diampu
Mengklasifikasikan pengalaman belajar sesuai dengan tahapan pencapaian tujuan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu
Mengurutkan tahapan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujua n pembelajaran yang diampu
Menelaah tahapan pengalaman belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi dan alokasi waktu yang tersedia
Mengidentifikasikan materi pembelajaran yang diampu terkait pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
Mengurutkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam
Memilih materi pembelajaran yang tepat sesuai dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
Mengkategorikan materi yang dipilih berdasarkan jenisnya
(fakta, konsep, prosedural dan metakognitif)
Menelaah dokumen pendukung pengembangan kurikulum terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
Membuat kerangka materi pembelajaran yang diampu terkait pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik. Menganalisis materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih
Mengurutkan materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakter peserta didik
Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian. Menentukan indikator penilaian pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran
3Mengurutkan indikator penilaian pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran
Memilih metode dan jenis instrumen penilaian pembelajaran yang tepat sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajarannya
Merancang instrumen penilaian pembelajarn
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik Mengemukakan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran
yang mendidik
Mengilustrasikan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Menjabarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai mapel yang diampu
Mengembangkan komponen- komponen rancangan pembelajaran Menggolongkan komponen-komponen rancangan pembelajaran
Menyusun komponen-komponen rancangan pembelajaran dalam merencanakan pembelajaran
Menyelesaikan komponen-komponen rancangan pembelajaran sesuai tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada mapel yang diampu
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun Mengurutkan tahapan dalam merancang pembelajaran
Menguraikan komponen rancangan pembelajaran baik didalam kelas, labolatorium maupun di lapangan
Merinci setiap tahapan dalam komponen rancangan pembelajaran di kelas, labolatorium dan lapangan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai pada mata pelajaran yang
diajarkan
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar Menjabarkan komponen pembelajaran yang mendidik
Menentukan tahapan pembelajaran yang mendidik, baik dikelas, di labolatorium dan dilapangan
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik, baik di kelas, ruang praktik maupun di lingkungan sekolah dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan
Menelaah keterlaksanaan pembelajaran yang mendidik, baik di kelas, labolatorium dan lapangan sesuai dengan standar keamanan yang dipersyaratkan
Memecahkan masalah yang ada dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik, baik dikelas, di labolatorium dan lapangan
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Mengidentifikasi media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran
Menggali media pembelajaran dan sumber belajar yang kreatif innovatif berbasis teknologi
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang tepat dan relevan sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu
Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran yang diampu sesuai dengan situasi yang berkembang Menjelaskan prinsip keputusan transaksional di dalam pembelajaran
Menganalisis situasi dan kondisi dalam pembelajaran sesuai dengan situasi proses pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu
Menilai kondisi transaksional dalam pembelajaran sesuai dengan situasi yang terjadi dalam pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu
Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran sesuai situasi yang berkembang dalam rangka menciptakan proses pembelajaran yang efektif
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu Memilih teknologi informasi dan komunikasi yang tepat dalam pembelajaran
Memadukan ragam teknologi informasi dan komunikasi sesuai karakteristik dan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran
Menemukan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat untuk menunjang ketercapaian tujuan mata pelajaran yang diampu
Membuat rancangan teknologi informasi dan komunikasi yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. Memadukan berbagai kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
Mengkombinasikan penggunaan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar
Merasionalkan penggunaan berbagai kegiatan pembelajaran yang tepat pada mata pelajaran yang diampu untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk engaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya Membeda-bedakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan potensi peserta didik
Menetapkan kegiatan pembelajaran yang tepat yang mampu menganktualisasikan potensi dan kreativitas
peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai pada mapel yang diampu
Mengkorelasikan ragam kgiatan pembelajaran dengan karakteristik peserta didik dalam mengaktualisasikan potensi peserta didik
Membuat struktur kegiatan pembelajaran yang bervariasi yuntuk mengaktualisasikan potensi dan kreativitas peserta didik
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain Memberikan contoh bentuk komunikasi efektif, empatik, santun,baik lisan maupun tulisan atau bentuk lain
Mengasosiasikan bentuk komunikasi efektif, empatik, santun,baik lisan maupun tulisan atau bentuk lain yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Mengemukakan berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, santun,baik lisan maupun tulisan atau bentuk lain yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran
yang ingin dicapai
Mengadaptasi berbagai strategi komunikasi dalam pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik dan tujuan pebelajaran yang ingin dicapai
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa Yang khas dalam interaksi Kegiatan/ permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis
peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada peserta didik untuk
ambil bagian, (c) respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) reaksi guru Melaksanakan komunikasi secara efektif, empatik, santun dalam tahapan awal pembelajaran
Membiasakan berkomunikasi secara efektif, empatik,
santun dalam memotivasi peserta didik dalam pembelajaran
Menata strategi komunikasi secara efektif, empatik, santun dalam melaksanakan refleksi dalam pembelajaran baik peserta didik maupun pendidik
Membiasakan berkomunikasi secara efektif, empatik, santun dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran ssuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu Mengemukakan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Menjabarkan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasilajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
Menerapkan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam merencanakan penilaian sesuai tujuan yang ingin dicapai
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu Menganalisis aspek-aspek penting penilaian dan evaluasi dalam proses dan hasil belajar
Menetapkan aspek penting dalam penilaian dan evaluasi pembelajaran sesuai karakteristik mata pelajaran yang diampu
Merinci aspek penting dalam penilaian dan evaluasi pembelajaran sesuai tujuan penilaian dalam mata pelajaran yang diampu
Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Mengurutkan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Menelaah urutan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai karakteristik mata pelajaran yang diampu
Merinci komponen dan dokumen yang diperlukan dalam penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan tujuan penilaian
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Mengemukakan metode penilaian dan jenis instrumen penilaian yang sesuai dengan tuntutan ranah pembelajaran
Membuat rancangan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Merumuskan indikator penilaian dan evaluasi proses dan hasl belajar sesuai karakteristik mata pelajaran yang diampu
Menyusun instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai tujuan penilaian pada mata pelajaran yang diampu
Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan mengunakan berbagai instrumen Melakukan administrasi penilaian proses dan hasil belaar secara berkesinambungan
Melengkapai dokumen administrasi penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan sesuai dengan perangkat penilaian dan tujuan pembelajaran pada mata
pelajaran yang diampu
Mengelola dokumen administrasi penilaian proses dan hasil belajar sesuai mata pelajaran yang diampu
Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan Mengemukakan prosedur menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar sesuai tujuan
Membeda-bedakan prosedur analisis penilaian proses dan hasil belajar sesuai tujuan jenis penilaian pada mata pelajaran yang diampu
Menelaah instrumen penilaian proses dan hasil belajar secara kualitatif dan kuantitatif pada mata pelajaran yang diampu
Menguji validitas dan reliabilitas instrumen penilaian proses dan hasil belajar seswuai tujuan yang ingin dicapai pada mata pelajaran yang diampu
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar Menafsirkan hasil evaluasi proses dan hasil belajar pada mata pelajaran yang diampu
Menilai proses pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh sesuai tujuan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu
Membuktikan hasil evaluasi proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh pada mata pelajaran yang diampu
Memutuskan tindakan perbaikan sebagai tindak lanjut dari hasil evaluasi proses dan hasil belajar pada mata pelajaran yang diampu
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Menganalisis hasil penilaian dan evaluasi pada mata pelajaran yang diampu
Menyeleksi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar sesuai dengan proses dan hasil belajar pada mata pelajaran yang diampu
Memilih informasi hasil penilaian yang tepat untuk menentukan ketuntasan belajar pada mata pelajaran yang diampu
Menemukan informasi hasil evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu sebagai bahan perbaikan untuk pembelajaran selanjutnya
Merumuskan ketuntasan hasil belajar berdasarkan informasi hasil penilaian pada mata pelajaran yang diampu
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan Pengayaan Mengemukakan program remidial dan pengayaan sebagai bagian dari tindak lanjut hasil pembelajaran
Mengklasifikasikan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran terhadap peserta didik pada mata pelajaran yang diampu
Membuat struktur program remidial dan pengayaan ssesuai hasil penilaian dan evaluasi pada mata pelajaran yang diampu
Membuatrancangan program remidial dan pengayaan sebagai tindak lanjut dari hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran pada mapel yang diampu
Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan Memutuskan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran yang diperoleh peserta didik pada mata pelajaran yang diampu
Mentransfer hasil keputusan penilaian dan evaluasi pembelajaran mata pelajaran yang diampu pada pemangku kepentingan
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Menemukan manfaat hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran
Merumuskan tindakan perbaikan kualitas pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran pada mapel yang diampu
Merencanakan program perbaikan pembelajaran sesuai hasil evaluasi pembelajaran pada mapel yang diampu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan Mendiagnosis pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan pada mata pelajaran yang diampu
Menilai kesesuaian pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan pada mata pelajaran yang diampu dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Menemukan komponen penyebab keberhasilan dan atau kegagalan dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu
Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu Menganalisis hasil refleksi pembelajaran untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran
Menyeleksi hasil refleksi pembelajaran untuk bahan perbaikan dan pengembangan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu
Memfokuskan hasil refleksi pembelajaran yang penting untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya pada mata pelajaran yang diampu
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu Memperjelas fokus masalah dalam pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu
Merinci rencana perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mapel yang diampu
Menyusun rencana penelitian tindakn kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mapel yang diampu
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
KISI KISI UKG 2015 GURU MATA PELAJARAN/PAKET KEAHLIAN AKUNTANSI
NO KOMPETENSI
UTAMA KOMPETENSI INTI GURU SD/SMP/SMA/SMK
(KI) KOMPETENSI GURU MAPEL/PAKET
KEAHLIAN (KG) INDIKATOR ESENSIAL/INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI (IPK)
A B C D E
1 Profesional 1. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 1.1 Memproses Siklus Akuntansi Menjelaskan proses siklus akuntansi
2. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 2.1 Memproses Siklus Akuntansi Mencatat proses akuntansi
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan 3.1 Memproses dokumen
pembentukan dana kas kecil Menjelaskan pembentukan kas kecil
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 4.1 Memproses dokumen
pembentukan dana kas kecil Mencatat pembentukan kas kecil sistem dana tetap.
Mencatat pembentukan kas kecil sistem dana tidak
tetap.
5. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 5.1. Memproses dokumen kas di bank Menganalisis perbedaan saldo kas dan catatan bank.
Menjelaskan laporan rekonsiliasi bank dan pencatatan
jurnal penyesuaian.
6. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan 6.1. Memproses dokumen kas di bank Menentukan penyebab terjadinya perpedaan catatan
kas dan bank.
humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
langsung.
7. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 7.1 Mengelola kartu piutang Menjelaskan penyisihan piutang tak tertagih dengan
berbagai pendekatan.
8. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 8.1 Mengelola kartu piutang Mencatat penyisihan piutang tak tertagih dengan
berbagai metode.
Menghitung taksiran penyisihan piutang tak tertagih
dengan berbagai pendekatan.
9. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 9.1. Mengelola Kartu Persediaan Menerapkan perhitungan nilai persediaan dengan
berbagai sistem.
10. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 10.1. Mengelola Kartu Persediaan Menghitung nilai persediaan dengan berbagai
pencatatan.
20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan dasar-dasar perpajakan
Menguraikan ketentuan umum perpajakan (KUP) Menjelaskan definisi, ciri, jenis dan fungsi pajak
Menjelaskan hukum pajak materiil dan formil
Menjelaskan batas watu pembayaran pajak
Menjelaskan STP
menjelaskan subjek pajak
menjelaskan deductible dan undeductible expense
1 PROFESIONAL 20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1. Mengoperasikan aplikasi
komputer akuntansi 20.1.1. Menginstal program aplikasi komputer
akuntansi.
20.1.2. Mengubah simbol mata uang dan format
tanggal yang berlaku di Indonesia.
20.1.3. Membuat file data akuntansi perusahaan.
20.1.4. Mengatur pajak pertambahan nilai (PPN).
20.1.5. Menyusun daftar akun dan tautan antar akun
(linked accounts).
20.1.6. Mengentri saldo awal akun buku besar.
20.1.7. Membuat kartu piutang usaha dan mengentri
saldo piutang usaha.
20.1.8. Membuat kartu perlengkapan/persediaan dan
mengentri saldo awalnya.
20.1.9. Membuat kartu utang dan mengentri saldo
awalnya.
20.1.10. Mengentri transaksi pembelian perlengkapan/
persediaan.
20.1.12. Mengentri transaksi pemakaian perlengkapan/
persediaan.
20.1.13. Mengentri transaksi pengeluaran kas.
20.1.13. Mengentri transaksi penerimaan kas.
20.1.14. Mengentri transaksi pembayaran utang usaha.
20.1.15. Mengentri transaksi penjualan barang.
20.1.16. Mengentri transaksi pelunasan piutang.
20.1.17. Mengentri transaksi pengalokasian beban-
beban lainnya.
20.1.18. Menganalisis transaksi Kas di Bank untuk
menyelesaikan rekonsiliasi bank.
20.1.19. Menganalisis transaksi umum untuk mencatat
penyesuaian pada akhir periode.
20.1.20. Menampilkan laporan keuangan perusahaan.
20.1.21. Membuat backup file data akuntansi dan
restrore file.
1 PROFESIONAL 20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.2. Menyajikan laporan harga
pokok produk 20.2.1. Mengklasifikasikan biaya-biaya yang terkait
dengan proses produksi.
20.2.2. Mencatat pengakuan biaya bahan baku, biaya
tenaga kerja dan biaya overhead pabrik.
20.2.3. Mengidentifikasi tahapan penyusunan laporan
keuangan untuk perusahaan manufaktur.
20.2.4. Menjabarkan 2 metode pengumpulan biaya
produksi yaitu metode berdasar pesanan dan metode berbasis proses.
20.2.5. Mencatat biaya bahan baku dan bahan
penolong, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik dalam metode harga pokok pesanan.
20.2.6. Menghitung harga pokok pesanan dan
pencatatannya ke dalam kartu pesanan serta mencatat penyerahan produk jadi ke pemesan.
20.2.7. Mencatat biaya bahan baku dan bahan
penolong, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik dalam metode harga pokok proses.
20.2.8. Menyusun laporan harga pokok proses untuk
perusahaan manufaktur.
Download AKUNTANSI.docx
0 komentar: