September 23, 2016

Tugas Akhir Manajemen Strategi

Judul: Tugas Akhir Manajemen Strategi
Penulis: Hardian Tobing


MANAJEMEN STRATEGI
STUDI KASUS : NOKIA
242697014922500
Oleh :
Ica Trisnawati
H24100070
DEPARTEMEN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2013
Step 1. Analisis Fishbone Nokia
-146756191417Kurangnya inovasi untuk produk-produk Nokia
Semakin banyak kompetitor yang memasuki pasar
Kurangnya kualitas pada produk Nokia
Penurunan loyalitas pelanggan terhadap produk Nokia
Keinginan Nokia yang ingin mempertahankan ciri khas produk yang berdampak negatif
Banyaknya produk inovatif yang dipasarkan para kompetitor
00Kurangnya inovasi untuk produk-produk Nokia
Semakin banyak kompetitor yang memasuki pasar
Kurangnya kualitas pada produk Nokia
Penurunan loyalitas pelanggan terhadap produk Nokia
Keinginan Nokia yang ingin mempertahankan ciri khas produk yang berdampak negatif
Banyaknya produk inovatif yang dipasarkan para kompetitor

Step 2. Visi, Misi, Tujuan dan Kinerja Utama Nokia
Visi :
"Connecting People – Menghubungkan siapa pun dan dimana pun"
Misi :
Tujuan kami adalah untuk membangun produk ponsel secara massal yang memungkinkan miliaran orang di seluruh dunia untuk menikmati kehidupan yang lebih dari apa yang ditawarkan. Tantangan kami adalah untuk mencapai hal ini dalam lingkungan yang semakin dinamis dan kompetitif.
Tujuan Strategi :
Orang-orang akan memilih untuk menggunakan produk Nokia sebagai alat komunikasi utama
Nokia menjadi perusahaan alat komunikasi di dunia
Mengutamakan kepuasan konsumen terhadap semua aspek yang disediakan oleh perusahaan
Kinerja Utama :
Untuk mencapai tujuan tersebut, Nokia harus meningkatkan inovasi untuk produk-produk mereka. Upaya tersebut agar dapat menarik perhatian para konsumen pengguna alat komunikasi terhada Nokia kembali. Berikut upaya-upaya yang dilakukan oleh Nokia :
Melakukan upaya merger dengan perusahaan alat komunikasi lain
Bekerjasama dengan perusahaan lain untuk meningkatkan inovasi produk
Mencari ciri khas baru untuk produk-produk baru
Merekrut para ahli dalam melakukan inovasi terhada alat komunikasi
Allignment Visi, Misi dan Tujuan
Visi Misi Tujuan
Connecting People – Menghubungkan siapa pun dan dimana pun Meningkatkan produksi alat komunikasi secara masal
15468609398000 Orang-orang akan memilih untuk menggunakan produk Nokia sebagai alat komunikasi utama
Meningkatkan kualitas servis terhadap konsumen
15450961768121477363176812 Nokia menjadi perusahaan alat komunikasi di dunia
Meningkatkan kualitas produk-produk Nokia
130556065087500 Mengutamakan kepuasan konsumen terhadap semua aspek yang disediakan oleh perusahaan.

Step 3. Alternatif Permasalahan Nokia
Level Permasalahan Alternatif Strategi Penataan Keterkaitan Pelaku Manfaat
SDM Keterbatasan para pekerja untuk berinovasi karena terbatas oleh peraturan perusahaan
Perlunya ada perturan yang lebih memberikan kebebasan untuk berinovasi Sub Bagian Kepegawaian.
Sub Bagian penyusunan program inovasi
Terciptanya tenaga kerja yang dapat berinovasi untuk kepentingan perusahaan
Operasional Kurangnya pemberian program pelatihan Perlunya pelatihan terhada pegawai agar dapat lebih efektif Sub Bagian Kepegawaian.
Sub Bagian Penyusunan Program.
Sub Bagian Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan Peningkatan kualitas dan mutu SDM dari sisi individu para anggota yang berdampak positif terhadap kinerjanya
Step 4. Change Management
6477012001500
Continous Improvement
352163948895Tahap 4 :
Pelaksanaan dan implementasi program perencanaan
00Tahap 4 :Pelaksanaan dan implementasi program perencanaan

232487713335Tahap 3 :
Sosialisasi pada seluruh tenaga kerja dan dewan pada perusahaan untuk realisasi strategi baru
00Tahap 3 :Sosialisasi pada seluruh tenaga kerja dan dewan pada perusahaan untuk realisasi strategi baru

1162756182033Tahap 2 :
Membuat dan mengevaluasi suatu perencanaan strategis pada divisi produksi
00Tahap 2 :
Membuat dan mengevaluasi suatu perencanaan strategis pada divisi produksi

22578203695Tahap 1 :
Menganalisis dan mengevaluasi masalah produktifitas dalam berinovasi
00Tahap 1 :Menganalisis dan mengevaluasi masalah produktifitas dalam berinovasi

Step 5. Flow Chart
Pembentukan strategi berkelanjutan melalui flow chart designe input, process, output, benefit, and impact sebagai berikut :
17943684097020Impact
Terbentuknya tren baru terhadap penggunaan alat komunikasi dan Nokia menjadi pusat dari tren tersebut
0Impact
Terbentuknya tren baru terhadap penggunaan alat komunikasi dan Nokia menjadi pusat dari tren tersebut
4729480381444500

Step 6. SWOT Analysis

Strengths (S)
Nokia adalah pelaku utama dalam pasar teknologi alat komunikasi. Nokia telah mengembangkan bisnisnya keseluruh dunia dan menciptakan standar baru terhadap dunia teknologi alat komunikasi. Weakness (W)
Nokia telah memproduksi alat komunikasi yang memberikan citra buruk terhadap merek Nokia sendiri. Pada saat Nokia melakukan inovasi dengan memproduksi N-Gage, mereka tidak mengadopsi cara pikir yang dipikirkan oleh para kompetitornya. Konsumen menginginkan alat komunikasi yang saat ini sedang ramai di pasar mulai dari beberapa tahun yang lalu. Sedangkan Nokia baru saja mengeluarkan seri pertama untuk jenis tersebut.
Opportunities (O)
Nokia memiliki oportuniti untuk meningkatkan keberadaan produk-produk mereka dalam bidang CDMA(Code Division Multiple Access) dan Nokia sudah memasuki pasar 3G yang memungkinkan mereka untuk berkembang di beberapa negara berkembang
(SO)
Nokia dapat memanfaatkan keunggulamn mereka yang telah berhasil membuat standar baru dalam teknologi komunikasi di pasar 3G untuk negara-negara berkembang (WO)
Nokia perlu memproduksi produk baru yang memenuhi permintaan konsumen dan memanfaat teknologi 3G untuk lebih mendukung produk tersebut
Threaths (T)
Nokia di antara para kompetitornya yang telah lebih dulu menciptakan 3G dan membuat Nokia beresiko untuk digantikan oleh merek lain di mata konsumen
(ST)
Menciptakan produk yang mempunya ciri khas Nokia serta memiliki teknologi 3G untuk bersaing dengan kompetitor (WT)
Memproduksi telepon genggam dengan standar yang konsumen inginkan yang tidak kalah dengan kompetitor
Step 7. IFE EFE Matrix Diagram
Internal
No. Faktor Strategis Tingkat Jumlah Responden Skor rata-rata Bobot
1 2 3 4 Strength (S)
1 Nokia adalah pelaku utama dalam pasar teknologi alat komunikasi     3 2 5 3,40 0,2
2 Nokia telah mengembangkan bisnisnya keseluruh dunia   1 4 5 3,80 0,223
3 Nokia menciptakan standar baru terhadap dunia teknologi alat komunikasi    2 3 5 2,60 0,165
Weakness (W)
1 Nokia telah memproduksi alat komunikasi yang memberikan citra buruk     2 3 5 3,60 0,211
2 Tidak mengadopsi cara pikir yang dipikirkan oleh para kompetitornya   2 3 5 3,60 0,211
  TOTAL           17 1
Ekternal
No. Faktor Strategis Tingkat Jumlah Responden Skor rata-rata Bobot
1 2 3 4 Opportunity (O)
1 Memiliki oportuniti untuk meningkatkan keberadaan produk-produk mereka dalam bidang CDMA   2 2 1 5 2,80 0,215
2 Sudah memasuki pasar 3G yang memungkinkan mereka untuk berkembang di beberapa negara berkembang     3 2 5 3,40 0,262
Threat (T)
1 Nokia di antara para kompetitornya yang telah lebih dulu menciptakan 3G   2 1 2 5 3,00 0,231
2 Beresiko untuk digantikan oleh merek lain di mata konsumen      1 4 5 3,80 0,292
  TOTAL           13 1
Perhitungan Rating
Internal
No. Faktor Strategis Tingkat Jumlah Responden Skor rata-rata Rata-rata nilai
1 2 3 4 Strength (S)
1 Nokia adalah pelaku utama dalam pasar teknologi alat komunikasi     3 2 5 17 3,40
2 Nokia telah mengembangkan bisnisnya keseluruh dunia   2 1 2 5 15 3,80
3 Nokia menciptakan standar baru terhadap dunia teknologi alat komunikasi     3 2 5 17 2,60
Weakness (W)
1 Nokia telah memproduksi alat komunikasi yang memberikan citra buruk     2 3 5 18 3,60
2 Tidak mengadopsi cara pikir yang dipikirkan oleh para kompetitornya   1 2 2 5 16 3,60
  Jumlah Rata-Rata           83 17
Eksternal
No. Faktor Strategis Tingkat Jumlah Responden Skor rata-rata Rata-rata nilai
1 2 3 4 Opportunity (O)
1 Memiliki oportuniti untuk meningkatkan keberadaan produk-produk mereka dalam bidang CDMA   1 2 2 5 16 3,20
2 Sudah memasuki pasar 3G yang memungkinkan mereka untuk berkembang di beberapa negara berkembang     3 2 5 17 3,40
Threat (T)
1 Nokia di antara para kompetitornya yang telah lebih dulu menciptakan 3G   1 2 2 5 16 3,20
2 Beresiko untuk digantikan oleh merek lain di mata konsumen       5 5 20 4,00
  Jumlah Rata-Rata           87 17,40
Step 8. Rekomendasi Action Plan
67380292100I
M
P
O
R
T
A
N
C
E
L
E
V
E
L
00I
M
P
O
R
T
A
N
C
E
L
E
V
E
L
607060365125Decide when you will do it
00Decide when you will do it
607060718185Menciptakan inovasi-inovasi terbaru yang dapat bersaing dengan kompetitor
Menciptakan sistem manajemen yang efektif dan efisien
00Menciptakan inovasi-inovasi terbaru yang dapat bersaing dengan kompetitor
Menciptakan sistem manajemen yang efektif dan efisien
6667502646045Do it later
00Do it later
6667503034030Melakukan program pelatihan untuk para tenaga kerja agar dapat menciptakan ide-ide yang lebih inovatif agar dapat bersaing di pasar
00Melakukan program pelatihan untuk para tenaga kerja agar dapat menciptakan ide-ide yang lebih inovatif agar dapat bersaing di pasar
3648710365125Do it immediately
00Do it immediately
3648710718185Mengevaluasi kinerja dan produktivitas aparat
Membuat strategi peningkatan kualitas terhadap produksi-produksi barang terbaru Nokia
00Mengevaluasi kinerja dan produktivitas aparat
Membuat strategi peningkatan kualitas terhadap produksi-produksi barang terbaru Nokia
36487102646045Delegate to somebody else
00Delegate to somebody else
36487103034030Menciptakan lingkungan kondusif di internal dan eksternal dalam perusahaan agar perusahaan dapat terus menjadi pelaku utama dalam pasar teknologi komunikasi
00Menciptakan lingkungan kondusif di internal dan eksternal dalam perusahaan agar perusahaan dapat terus menjadi pelaku utama dalam pasar teknologi komunikasi

666044254212U R G E N T L Y L E V E L
00U R G E N T L Y L E V E L


Download Tugas Akhir Manajemen Strategi.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Tugas Akhir Manajemen Strategi. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: