September 27, 2016

Risk Management

Judul: Risk Management
Penulis: L. Asastani


Risk Management

Disusun oleh:
Laksmita Dewi120110120111
Fakhri Ihsan120110120188
Zaydah Salsabila120110120111
Dewantoro120110120111
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PADJADJARAN
2015
DEFINISI MANAJEMEN RISIKO
Definisi ERM menurut COSO adalah suatu proses, yang dipengaruhi oleh dewan komisaris, manajemen dan pegawai lainnya, diterapkan dalam penyusunan strategi dan di segenap perusahaan, dirancang untuk mengidentifikasi peristiwa-peristiwa potensial yang dapat mempengaruhi entitas, dan untuk mengelola risiko sampai dalam batas hasrat risiko entitas, untuk menyajikan keyakinan memadai sehubungan dengan pencapaian tujuan entitas
Definisi Manajemen Risiko menurut COSO ini mencerminkan konsep-konsep bahwa ERM adalah:
Sebuah proses yang berlangsung terus menerus
Dilakukan oleh setiap orang di dalma organisasi pada tingkat/jenjang organisasi
Diterapkan dalam penyusunan strategi
Diterapkan di segenap perusahaan, pada setiap tingkat dan satuan
Berfokus pada pengambilan pandangan portfolio tingkat entitas mengenai risiko
Dirancang untuk mengidentifikasikan peristiwa yang berpotensi mempengaruhi entitas
Sarana bagi manajemen dalam mengelola risiko
Menyajikan keyakinan memadai kepada manajemen dan dewan entitas
Dijalankan untuk mencapai tujuan-tujuan baik dalam satu atau dua kategori terpisah maupun secara bersama-sama
KOMPONEN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT

Manajemen risiko perusahaan terdiri dari delapan komponen yang saling terkait. Komponen- komponen ini diperoleh dari cara manajemen menjalankan suatu bisnis, dan dipadukan dengan proses manajemen. Komponen-komponen tersebut adalah:
Internal Environment (Lingkungan Internal)
Manajemen menentukan suatu filosofi sehubungan dengan risiko dan menetapkan suatu hasrat risiko. Lingkungan internal menentukan fondasi tentang bagaimana risiko dan pengendalian dipandang oleh orang-orang dalam suatu entitas. Inti dari bisnis apapun adalah orang-orang atribut individual mereka, termasuk integritas, nilai etika dan kompetensidan lingkungan di mana mereka beroperasi. Mereka adalah mesin yang mendorong entitas dan fondasi dari setiap komponen lainnya
Lingkungan intern entitas merupakan fondasi bagi seluruh komponen lain dari manajemen risiko perusahaan, yang menyajikan disiplin dan struktur. Lingkungan intern mempengaruhi bagaimana strategi dan tujuan-tujuan ditetapkan, aktivitas bisnis distrukturkan, dan risiko-risiko diidentifikasi, ditaksir dan diperlakukan. Lingkungan intern mempengaruhi rancangan dan pelaksanaan aktivitas pengendalian intern, sistem informasi dan komunikasi, dan aktivitas pemantauan.
Lingkungan internal dipengaruhi oleh sejarah dan budaya organisasi.Yang terdiri dari banyak unsur antara lain:
− Risk management philosopy.
− Risk appetite.
− Board of directors.
− Integrity and ethical values
− Commitment to competence
− Organizational stucture
− Assignment of authority and responsibility
− Human resource standards
Objective Setting (Penentuan Tujuan)
Tujuan ditetapkan pada tingkat strategis, meletakkan dasar untuk operasi, pelaporan, dan tujuan kepatuhan. Setiap entitas menghadapi berbagai risiko dari sumber eksternal dan internal, dan sebuah prasyarat yang efektifuntuk untuk identifikasi peristiwa, penilaian risiko, dan penanganan risiko adalah pemantapan tujuan.
Event Identification (Identifikasi Peristiwa)
Manajemen harus mengidentifikisasi peristiwa potensial yang akan berdampak pada perusahaan, baik dalam arti positif maupun negatif. Peristiwa yang berdampak buruk dan menghambat tujuan organisasi di sebut sebagai risiko dimana manajemen harus melakukan penilaian dan penanganan. Sedangkan peristiwa yang berdampak positif pada organisasi disebut sebagai peluang dimana manajemen harus memanfaatkannya didalam proses perumusan strategi dan penentuan tujuan.
Ketika mengidentifikasi risiko, manajemen harus mempertimbangkan berbagai faktor internal maupun eksternal yang dapat menjadi risiko ataupun peluang pada perusahaan.
COSO merumuskan beberapa eksternal faktor antara lain:
− Economic events, seperti pergeseran harga, ketersediaan modal, dan persaingan usaha yang ketat.
− Natural environment events, seperti banjir, kebakaran, gempa bumi maupun peristiwa alam lainnya.
− Political events, seperti pemilihan umum terhadap pemimpin negara dengan agenda politik yang baru maupun pemberlakukan hukum dan regulasi yang baru.
− Social events, seperti perubahan demografi, adat istiadat, struktur keluarga maupun prioritas hidup/pekerjaan.
− Technological events, seperti penggunaan sarana baru didalam perdagangan, penyimpanan dan pemrosesan
COSO juga merumuskan beberapa internal faktor antara lain:
− Infrastructure factors, seperti meningkatkan alokasi modal untuk pemeliharaan preventif atau dukungan call center.
− Personnel factors, seperti kecelakaan kerja, kegiatan penipuan, atau kontrak kerja yang kadaluwarsa,
− Process factors, seperti perubahan proses/cara kerja, kesalahan didalam proses pekerjaan, atau keputusan menggunakan outsorcing
− Technology factors, seperti meningkatkan sumber daya untuk menangani volatilitas volume, pelanggaran keamanan, atau penghentian sistem.
Risk Assessment (Penilaian Risiko)
Penilaian risiko mengharuskan manajemen untuk mempertimbangkan sejauh mana peristiwa potensial yang dapat menghambat tujuan perusahaan. Manajemen harus menilai risiko dari dua perspektif yaitu kemungkinan dan dampaknya. Dengan dua kombinasi itu manajemen menilai risiko mana yang berdampak sangat besarpada tujuan perusahaan maupun yang berdampak kecil.
Risk Response (Penanganan Risiko)
Setelah mengetahui risiko mana saja yang berdampak pada perusahaan, manajemen harus menentukan penanganan risiko yang cocok terhadap risiko-risiko tersebut.
Terdapat empat macam penanganan risiko menurut COSO :
Avoidance, yaitu menghindari risiko
Reduction, yaitu mengurangi risiko baik dari kemungkinan terjadinya risiko maupun dampak dari risiko tersebut
Sharing, yaitu membagi risiko atau melimpahkan risiko kepada pihak lain
Acceptance, yaitu menerima risiko
Control Activities (Kegiatan Pengendalian)
Kegiatan pengendalian adalah kebijakan dan prosedur yang membantu untuk meyakinkan manajemen bahwa risiko telah ditangani dengan baik. Beberapa contoh kegiatan pengendalian manajemen antara lain:
− Top-level reviews
− Direct functional or activity management
− Information processing controls
− Physical controls
− Performance indicators
− segregation
Information and Communication
Sistem informasi digunakan untuk mengolah data yang dibutuhkan terkaitmanajemen risiko yang berasal dari internal maupun eksternal menjadi informasi yang berguna bagi manajemen didalam mengambil keputusan. Kemudian hal itu dikomunikasikan kepada setiap orang/personnel agar mereka melakukan tanggungjawabnya sesuai fungsi masing-masing. COSO mendefinisikan sebuah informasi harus: − tepat dan rinci pada setiap tingkatan yang berbeda − tepat waktu dan tersedia pada saat dibutuhkan − mencerminkan kondisi yang sekarang baik (update) terutama pada informasi keuangan dan operasi − akurat danterpercaya − dapat diakses oleh siapapun yang membutuhkan.
Monitoring
ERM harus selalu dimonitoring, untuk menjamin keberadaan dan fungsi setiap komponen berjalan dengan baik setiap waktu. Auditor internal biasanya banyak berperan didalam hal ini karena mereka melakukan penilaian apakah kegiatan manajemen risiko perusahaan telah dilaksanakan dengan efektif.
C. PERAN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM ENTERPRISE RESOURCES
MANAGEMENT
Dewan Komisaris, pihak manajemen, pegawai bidang pengelolaan risiko, pegawai bidang keuangan, auditor internal, dan tentu saja, seluruh pihak yang ada di dalam organisasi memiliki peran untuk mewujudkan Enterprise Resources Management (ERM) yang efektif. Peran dan tanggung jawab dari masing-masing pihak tersebut sebagaimana telah dijelaskan pada bagian tata kelola.Dewan Komisaris
Pihak dewan komisaris mengawasi dan memberikan arahan kepada pihak manajemen organisasi. Dewan komisaris berperan dalam menentukan strategi organisasi, merumuskan tujuan stratejik, mengalokasikan sumber-sumber daya organisasi dalam lingkup yang luas, dan mewujudkan perilaku etis di lingkungan organisasi. Terkait dengan pengelolaan ERM, COSO menyebutkan bahwa dewan komisaris melakukan pemantauan melalui:
− Pemahaman terkait sampai sejauh mana pihak manajemen telah mengelola ERM dengan efektif.
− Mengetahui dan menyepakati selera risiko organisasi.
− Meninjau portofolio risiko organisasi dan menyesuaikannya dengan selera risiko organisasi.
− Menerima info terkait risiko organisasi yang paling signifikan dan apakah pihak manajemen telah menangani risiko tersebut secara memadai.
Manajemen
Pihak manajemen bertanggung jawab atas segala aktivitas yang ada di organisasi, termasuk kegiatan ERM. Tanggung jawab pihak manajemen sangat beragam, tergantung tingkatannya dan karakteristiknya dalam organisasi. CEO memiliki tanggung jawab puncak atas efektifitas dan kesuksesan program ERM. Salah satu aspek penting terkait dengan tanggung jawab CEO adalah memastikan keberadaan lingkungan internal yang positif. CEO memberikan contoh, mempengaruhi susunan dan perilaku dewan pimpinan, memimpin dan mengarahkan manajer senior, dan memonitor kegiatan pengelolaan organisasi dalam kaitannya dengan penentuan selera risiko dan kriterianya, seperti kapasitas risiko dan tingkat toleransi risiko. Keadaan terus mengalami perubahan, pemunculan risiko yang berbeda, perlu penerapan strategi, tindakan yang mengantisipasi kemungkinan yang tidak berkesesuaian dengan kriteria risiko, maka CEO akan mengambil suatu tindakan agar organisasi tidak menyimpang dari tujuan perusahaan.
Manajer senior yang memimpin berbagai jenis unit di organisasi, memiliki tanggung jawab pengelolaan risiko terkait dengan tujuan dari masing-masing unit yang dipimpinnya. Pihak manajer senior mengejawantahkan strategi organisasi yang bersifat umum menjadi berbagai kegiatan operasi, identifikasi kejadian risiko yang mungkin terjadi, mengukur risiko-risiko yang terkait, dan menerapkan penanganan yang memadai atas risiko-risiko tersebut. Pihak manajer membimbing kegiatan ERM organisasi sesuai dengan lingkup bidang tanggung jawabnya, memastikan bahwa penerapan komponen-komponen ERM tersebut sesuai dengan toleransi risiko yang telah ditetapkan. Mereka bertanggung jawab atas prosedur khusus ERM yang diperuntukan bagi para manajer fungsional. Dapat disimpulkan bahwa para manajer lebih berperan aktif dalam menggunakan dan melaksanakan prosedur khusus penanganan risiko yang terkait dengan tujuan suatu unit tertentu di organisasi, seperti teknik pengidentifikasian dan pengukuran risiko dan penentuan penanganan khusus risiko ( yang adalah strategi manajemen risiko, sebagai contoh kebijakan pengembangan dan prosedur pembelian barang atau melayani pelanggan baru
Staf fungsional, seperti bidang akuntansi, SDM, kepatuhan, atau hukum juga memiliki peran yang penting dalam mewujudkan perancangan dan pelaksanaan praktik-praktik ERM yang efektif. Fungsi-fungsi ini dimungkinkan untuk merancang dan menerapkan suatu program yang dapat mendukung pengelolaan risiko lintas unit dalam organisasi.Petugas pengelola risiko
Beberapa organisasi telah memiliki dan menunjuk seseorang untuk menempati posisi manajer senior yang bertugas/berperan sebagai pusat koordinasi dalam pengelolaan ERM. Seorang petugas pengelola risiko--biasanya disebut Chief Risk Officer (CRO)-- umumnya beroperasi dalam lingkup staff fungsional, bekerja bersama dengan pihak manajer lain dalam mewujudkan ERM pada unitnya masing-masing, Petugas pengelola risiko memiliki sumber daya untuk mempengaruhi pengelolaan ERM lintas anak perusahaan, proses bisnis, departemen, fungsi dan kegiatan. Mereka bertanggung jawab atas pemantauan kemajuan pengelolaan risiko dan mendampingi manajer lain melaporkan informasi yang relevan dengan risiko dalam organisasi.
Pedoman COSO menyebutkan tanggung jawab CRO secara khusus, yaitu:
Menyusun kebijakan ERM, meliputi definisi peran dan tanggung jawab, dan berpartisipasi dalam menentukan tujuan penerapan.
Membuat kerangka kewenangan dan pertanggungjawaban ERM di unit-unit bisnis.
Meningkatkan kompetensi ERM di seluruh entitas, meliputi memfasilitasi pengembangan ahli teknik ERM dan membantu pihak manajer menangani risiko sesuai dengan toleransi risiko entitas dan mengembangkan pengendalian yang memadai.
Memandu pengintegrasian ERM dengan perencanaan bisnis lainnya dan aktivitas manajemen.
Menyusun suatu istilah yang umum dalam pengelolaan risiko meliputi pengukuran atas keterjadian dan dampak risiko, dan kategori risiko yang umum.
Memfasilitasi pengembangan protokol pelaporan dari pihak manajemen, meliputi batasan kualitatif dan kuantitatif, dan pemantauan proses pelaporan.
Pelaporan kepada pihak pimpinan terhadap kemajuan dan pelaksanaan dan rekomendasi tindakan yang diperlukan.
Financial Executive
Pimpinan bagian akuntansi dan keuangan beserta para staffnya bertanggung jawab hampir atas seluruh kegiatan yang ada di organisasi, karena pada dasarnya hampir seluruh kegiatan tersebut melibatkan peran serta bagian akuntansi dan keuangan. Mereka berperan penting dalam mencegah dan mendeteksi pelaporan fraud, dan mempengaruhi kerangka, penerapan, dan pengawasan pengendalian internal organisasi yang terkait dengan pelaporan keuangan dan sistem pendukung lainnya.Auditor Internal
Auditor Internal berperan penting dalam mengevaluasi efektifitas􏱄termasuk merekomendasikan perbaikan􏱄ERM.Pihak-pihak lain dalam organisasi
Kenyataannya ERM adalah tanggung jawab seluruh pihak yang ada dalam organisasi. Mungkin beberapa dari mereka bukanlah pemilik risikonya (risk owner), namun bagaimanapun juga peran mereka􏱄mulai dari mengidentifikasi risiko hingga penerapan strategi penanganan risiko􏱄turut berpengaruh dalam mewujudkan ERM yang efektif.Auditor Eksternal
Pihak auditor eksternal dapat memberikan informasi kepada Dewan Direksi maupun manajemen suatu pandangan pengelolaan risiko organisasi secara objektif dan independen, yang akan berguna menghasilkan laporan keuangan untuk pihak eksternal dan tujuan-tujuan lainnya.
Pembuat Aturan
Pihak pembuat aturan dapat mempengaruhi penerapan ERM dalam organisasi melalui berbagai persyaratan untuk melaksanakan ERM atau sistem pengendalian internal atau melalui pemeriksaan terhadap entitas khusus.Pihak-pihak eksternal
Pelanggan, vendor, mitra bisnis, dan siapapun yang terlibat secara bisnis dengan organisasi berperan dalam menyediakan informasi risiko, sebagai sumber ataupun bahan untuk ERM. Pihak kreditor dapat memberikan suatu pengawasan atau arahan yang berpengaruh terhadap pencapaian tujuan organisasi. Analis keuangan, lembaga pemberi peringkat, media massa, dan pihak-pihak eksternal lainnya dapat mempengaruhi ERM. Hasil investigasi mereka, memberikan gambaran secara mendalam bagaimana persepsi orang luar terhadap kinerja organisasi, risiko industri dan ekonomi, proses operasi yang inovatif dan strategi keuangan, serta gambaran tren industri saat itu. Penyedia jasa menjadi semakin lazim bagi organisasi dalam menjalankan operasi hariannya terutama untuk menjalankan fungsi- fungsi yang bukan proses bisnis utama organisasi. Dengan adanya kerja sama dengan pihak luar tersebut maka kemungkinan akan ada pengembangan pengelolaan risiko terutama yang terkait dengan kerja sama tersebut.
D. PRINSIP-PRINSIP DALAM PENGELOLAAN ERM
− Menyesuaikan selera risiko dan strategi
− Meningkatkan pengambilan keputusan untuk merespon risiko
− Mengurangi kemungkinan-kemungkinan buruk dalam proses operasi
− Mengidentifikasi dan mengelola risiko antar-usaha
− Menyiapkan respon terpadu atas berbagai risiko
− Menangkap peluang
− Meningkatkan penempatan modal
E. PERAN AUDITOR INTERNAL DALAM ERM
Pengelolaan Enterprise Risk Management membutuhkan peran akuntan perusahaan baik peran dari akuntan manajemen maupun peran Auditor Internal. Adapun Auditor Internal bertugas meneliti dan mengevaluasi berfungsinya system akuntnasi disamping menilai seberapa jauh kebijakan dan program kerja manajemen dijalankan memiliki peran yang penting dalam, termasuk pengelolaan risiko.Terdapat beberapa aktivitas yang dapat diperankan oleh internal auditor. Internal auditor diharuskan untuk memelihara objektivitas dan independensi yang diwajibkan oleh kode etik profesi dan standar profesi auditor internal. Saat internal auditor tidak memiliki kompetensi dan kemahiran yang memadai atas area manajemen risiko, maka menurut IIA auditor internal harus menolak pengawasan. Berikut ini aktivitas utama yang dapat diperankan oleh internal auditor:
Memberikanjaminan kepada proses manajemen
Memberikan jaminan apakah risiko telah di evaluasi
Mengevaluasi proses manajemen risiko
Mengevaluasi pelaporan kunci risiko
Meninjau ulang kunci manajemen risiko
Aktivitas yang tidak dapat diperankan oleh internal audit antara lain:
Setting risk apatite
Imposing risk management process
Management assurance on risk
Taking decisions on risk responses
Implementing risk responses on management's behalf
Accountability for risk management
Dari gambaran di atas terlihat bahwa banyak aktivitas yang dapat diperankan oleh internal auditor dengan berpegang pada standar profesi audit internal untuk mendorong efektivitas ERM danmanajemen tetap bertanggung jawab untuk manajemen risiko.
COSO menyatakan bahwa Enterprise Risk Management ditetapkan untuk membantu manajemen dalam hal menyelaraskan selera risiko (risk appatite) dengan strategi perusahaan, meningkatkan keputusan respon risiko, menekankan atau mengurangi lonjakan atau kerugian akibat operasional, mengidentifikasi dan mengelola cross enterprise risk, menyiapkan respon atas berbagai risiko secara terintegrasi, serta meraih kesempatan dan mengembangkan pemodalan.
Penerapan Enterprise Risk Management dalam organisasi dapat mendorong terciptanya Good Corporate Governance. Enterprise Risk Management memiliki fokus pada pengelolaan risiko yang timbul dari setiap aktivitas organisasi untuk kemudian organisasi tersebut akan diarahkan dan dikendalikan sesuai dengan prinsip-prinsip Good Corporate Governance untuk dapat mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan.
F. DAMPAK DARI ERM ATAS JASA ASSURANCE YANG DIJALANKAN OLEH
INTERNAL AUDIT
Mengaitkan antara perencanaan audit dan pengelolaan atas risiko:
Sebelum mengembangkan akan sangat membantu apabila pertama-tama membangun dan meng-update audit universe.
Audit universe bisa terdiri dari beberapa komponen yang ada pada strategi perusahaan.
Penyiapan rencana audit internal berdasarkan audit universe tersebut.
Audit universe terkait dengan rencana audit yang sudah update menggambarkan perubahan-perubahan yang telah terjadi.
Perencanaan audit, didasarkan, bersama dengan faktor-faktor lainnya, penilaian atas risiko.


Download Risk Management.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Risk Management. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: