September 25, 2016

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MUTU ISO 9001

Judul: IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MUTU ISO 9001
Penulis: المحبة المقدسة


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Globalisasi sebagai kondisi di mana terlalu tipisnya untuk tidak mengatakan tidak ada sekat atau batas antara satu negara dengan negara lain, satu budaya dengan budaya lain, satu profesi dengan profesi yang lain, hingga satu paradigma dengan paradigma lainnya, sebagai suatu kenyataan yang kita rasakan dalam kehidupan keseharian kita. Internet misalnya, telah mampu menembus negara, desa bahkan dalam setiap keluarga (rumah). Sehingga apa yang terjadi hari (saat) ini di Eropa, Amerika, Asia, Afrika, Timur Tengah dan bagian dunia lainnya dapat kita akses langsung dari rumah (kalau ada jaringan internetnya). Demikian pula dalam institusi bisnis seperti KFC (Kentucky Fried Chicken) yang awalnya hanya di Amerika kini telah hadir di hampir setiap kota di suatu negara termasuk di Indonesia. Dengan demikian globalisasi memang tidak dapat untuk dihindari dalam kehidupan keseharian kita.
Pendidikan dapat menjadi tolok ukur bagi kemajuan dan kualitas kehidupan suatu bangsa, sehingga dapat dikatakan bahwa kemajuan suatu bangsa atau negara dapat dicapai dengan salah satunya melalui pembaharuan serta penataan pendidikan yang baik. Jadi, keberadaan pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang cerdas, pandai, berilmu pengetahuan yang luas, berjiwa demokratis serta berakhlak karimah.
Sedangkan pendidikan sendiri adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengemban potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Upaya dalam peningkatan mutu pendidikan banyak dilakukan, sehingga dalam hal ini langkah awal yang dilakukan pemerintah dalam membenahi keberadaan pendidikan salah satunya adalah dengan pembenahan di segala bidang untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, dimana tujuan tersebut ditindak loanjuti dalam lingkup-lingkup tujuan yang lebih kecil dalam lembaga pendidikan atau sekolah. Adapun arah dan tujuan dalam program pendidikan Nasional ditegaskan dalam UU Sisdiknas 2003, yaitu :
Pendidikan Nasional bertujuan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab
Selain itu keberhasilan pendidikan itu dapat kita lihat dari beberapa hal, diantaranya: tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, seperti pada perolehan nilai akhir yang memuaskan. Namun, yang paling utama adalah adanya perubahan sikap perilaku yang menonjol pada diri peserta didik dengan adanya perubahan pola pemikiran atas dasar pengetahuan ataupun ilmu yang telah didapat dari guru, dari pengalaman atau lingkungan sekitarnya, sehingga keberadaan pendidikan bagi seorang anak atau siswa sangat berpengaruh bagi perkembangan anak diusia selanjutnya.
Dalam sebuah wadah organisasi atau kelembagaan tentulah mempunyai tujuan, visi dan misi yang menjadi target pencapaian dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Untuk mencapai kesemuanya tersebut maka perlulah melalui serangkaian proses yakni; perencanaan program, implementasi program, hingga sampai tahapan evaluasi hasil pelaksanaan program. Semua hal diatas haruslah terstruktur dengan jelas dan rapi karena hal di atas adalah merupakan prinsip manajemen. Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan-penggunaan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Untuk menanggulangi dampak negatif kemajuan teknologi, transportasi dan informasi, masyarakat internasional akan terus memperbaiki kualitas sumber daya masing-masing secara terus menerus, begitu juga Indonesia ditengah-tengah persaingan bebas ini bangsa Indonesia berusaha memperbaiki kualitas sumberdaya manusianya secara berkesinambungan, begitu juga organisasi-organisasi ataupun lembaga pendidikan-lembaga pendidikan, mereka saling mempersiapkan diri dengan cara memperbaiki kualitas mutu masing-masing dalam menyambut era pasar bebas.
Sistem manajemen mutu menuntut adanya pengawasan statistik dan sirkulasi kualitas, menuntut adanya perubahan budaya dan juga perbaikan tim kerja, maka dunia internasional melalui lembaga-lembaga ekonominya melakukan sebuah langkah standarisasi mutu. Salah satu standar mutu yang sedang berkembang sekarang ini adalah ISO (International Organization for Standarzitation) 9001:2008
ISO 9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen mutu / kualitas yang menetapkan persyaratan - persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan- persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa) namun merupakan standar sistem manajemen kualitas, sehingga dengan penerapan ISO 9001:2008, produk (barang dan/atau jasa) yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan memiliki kualitas/standar yang baik. Dengan dimilikinya sertifikat ISO 9001: 2008 ini dapat menjadi salah satu added value yang saat ini menjadi kebutuhan organisasi untuk meningkatkan  kualitas pelayanan kepada stakesholder-nya. ISO muncul sebagai sebuah solusi untuk standar penilaian kualitas organisasi, perusahaan, atau lembaga pendidikan yang diakui secara internasional. Seperti halnya sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 yang telah di terapkan di sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta , apakah hal tersebut memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa ataupun tidak sama sekali.
SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru adalah SMK kelompok Bisnis dan Manjemen yang sudah memiliki sertifikat ISO sejak tanggal 10 Mei 2010, Sekolah ini berdiri pada tahun 1984, terletak dijalan KH. Ahmad Dahlan No 90 Pekanbaru, dan mempunyai 4 (empat) program keahlian yaitu :
Program Keahlian teknik Komputer dan jaringan dengan kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
Program Keahlian Administrasi denagn kompetensi keahlain Administrasi Perkantoran
Program keahlian keuangan dengan kompetensi keahlian Akuntansi
Program keahlian Tata Niaga dengan Kompetensi Keahlian Pemasaran
SMK Muhammdiyah adalah sekolah Swasta yang dikelola oleh organisasi massa Islam yaitu Muhammadiyah, tepatnya dibawah naungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Dengan standar ISO 9001:2008 yang sudah diterapkan di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru seharusnya sekolah ini secara mutu tidak diragukan lagi, tetapi pada kenyataannya bahwa SMK Muhammadiyah 2 bukanlah menjadi pilihan utama bagi tamatan SMP di Kota Pekanbaru.
Berpijak pada uraian diatas penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian dalam bentuk tesis dengan judul "Implementasi Sistem Manajemen Berbasis Mutu Iso 9001:2008 (Studi Kasus Pelaksanaan Manajemen Mutu Iso 9001;2008 Di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru)
B. Rumusan Masalah
Agar penelitian dapat berjalan dengan baik, maka peneliti harus merumuskan masalahnya, sehingga jelas memulai dan bagaimana memecahkannya.
Masalah diartikan sebagai keadaan yang berstandar dari hubungan antara dua faktor atau lebih yang menghasilkan situasi yang membingungkan, perumusan masalah pokok penelitian menjadi pusat perhatian dalam penelitian, supaya persoalan tidak melebar maka peneliti membatasinya. Dari uraian latar belakang permasalahan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru ?
C.Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian hendaknya tidak menyimpang dari pemecahan masalah, tujuan penelitian ini merupakan target yang ingin dicapai, secara substansi suatu penelitian bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, atau menguji kebenaran suatu pengetahuan. Adapun tujuan yaitu:
Untuk Implementasi ISO 9001:2008 pada mutu sekolah di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru
Untuk mengetahui bagaimana kualitas proses belajar SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru dengan adanya sistem manajemen mutu ISO 9001:2008.
D.Keguanaan Penelitian
Adapun kegunaan penelitian dalam mempelajari suatu ilmu pengetahuan tidak hanya cukup pada mempelajari teorinya saja, akan tetapi adanya penelitian juga merupakan suatu hal yang penting untuk perkembangan ilmu selanjutnya. Dalam hal ini penulis berharap penelitian ini dapat berguna:
Sebagai bahan informasi bagi Kalangan pendidik baik itu pengelola pendidikan, kepala sekolah, guru dan staff agar memiliki wawasan penjaminan mutu dalam pendidikan di era globalisasi ini.
Sebagai bahan kajian bagi instansi ataupun lembaga terkait
Memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka memperkaya khasanah keintelektualan Islam, dalam lingkup manajemen pendidikan khususnya mengenai sistem manajemen mutu ISO 9001:2008.
Dengan penelitian ini diharapkan dapat menambah cakrawala keilmuan peneliti dan menjadi masukan serta referensi bagi SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru
Sebagai Khazanah perpustakaan, sekaligus menjadi bahan referensi bagi penelitian yang sejenis dan titik tolak untuk melakukan penelitian selanjutnya
BAB II
LANDASAN TEORI
Kerangka Teoritis
Untuk memberikan landasan dalam penelitian ini, terlebih dahulu akan penulis kemukakan beberapa konsep yang dikemukakan para ahli tentang manajemen Mutu ISO 9001 : 2008.
Pengertian manajemen
Manajemen adalah suatu suatu hal yang sangat penting bagi keberhasilan suatu organisasi. Mengapa demikian? Karena pada hakekatnya inti dari pada manajemen adalah bagaimana cara mengatur dan memanfatkan segala sumber yang ada secara efektif dan efisien untuk mencapai keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan.
Berkaitan dengan hal tersebut, beberapa ahli membuat definisi yang berbeda tentang manajemen. Ada yang menyebutkan bahwa manajemen itu sebagai ilmu, kiat dan profesi. Luther Gulick menyebutkan bahwa manajemen dikatakan sebagai ilmu karena manajemen dipandang sebagai suatu bidang pengetahuan yang secara sistematik berusaha memahami mengapa dan bagaimana orang bekerja sama.
Dikatakan sebagai kiat oleh Follet karena manajemen mencapai sasaran melalui cara-cara dengan mengatur orang lain dalam menjalankan tugas. Dan dikatakan sebagai profesi karena manajemen dilandasi oleh keahlian khusus untuk mencapai suatu prestasi manajer, dan para professional dituntun oleh suatu kode etik. Sedangkan menurut Muljani A. Nurhadi sebagai mana dikutip oleh suharsimi arikunto, dalam manajemen Pendidikan disebutkan bahwa manajemen adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerja sama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya agar efektif dan efisien. Hasan langgulung dalam bukunya Asas-Asas Manajemen menjelaskan bahwa; Bidang-bidang dan fungsi manajemen meliputi: perencanaan, pengambilan keputusan, Organisasi, koordinasi, pembagian kerja dan kuasa, membimbing pekerja-pekerja, pengawasan dan menilai kerja, mengadakan hubungan umum, melatih pekerja/karyawan.
Sedangkan Gulick dan Urwick menggambarkan ada beberapa unsur dalam manajemen antara lain: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, pengarahan, pelaporan, pengkoorganisasian, dan penganggaran.
Manajemen Mutu ISO 9001:2008
ISO (International Organization for Standardization) adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil badan-badan standar nasional dari setiap Negara. ISO memiliki misi mengembangkan standarisasi guna memberikan kemudahan dalam pertukaran barang dan jasa .
Pendekata Sistem manajemen mutu memberikan manfaat yang sangat besar bagi organisasi yang melaksanakannya sebagai berikut :
Adanya konsistensi pelaksanaan aktifitas di organisasi
Adanya aspek pengendalian dan pencegahan
Adanya aspek pembelajaran dan tumbuh kembang organisasi
Adanya kepastian mutu atau kualitas
Didalam ISO ada 8 prinsip yang diyakini para manajer dapat meningkatkan kemampuan organisasi mereka, adapun 8 prinsip itu dikenal dengan "8 prinsip manajemen mutu", yaitu :
Fokus kepada pelanggan
Kepemimpinan
Keterlibatan semua orang
Pendekatan proses
Pendekatan system manajemen
Perbaikan kesinambungan
Pendekatan berbasis fakta dalam pengambilan keputusan
Hubungan dengan supplier yang saling menguntungkan
Paradigma Penelitian
Menurut Bogdan dan Biklen yang dikutip oleh Tohirin dalam metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Konseling menyebutkan bahwa paradigm merupakan beberapa asumsi yang dipegang bersama, konsep atau proposisi yang mengarahkan cara berpikir dan penelitian.
Dan dalam penelitian ini yang menjadi paradigm yang menjadi alur penelitian adalah :
Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 (semua klausul yang terdapat di dalamnya)
SMK Muhammadiyah 2 (Kepala Sekolah, WMM, Wakil Kepala Sekolah, guru, dan siswa)
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Pendekatan Penelitian.
Sesuai dengan permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu implementasi Implementasi Sistem Manajemen Berbasis Mutu Iso 9001:2008 (Studi Kasus Pelaksanaan Manajemen Mutu Iso 9001;2008 Di Smk Muhammadiyah 2 Pekanbaru). Maka, dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Menurut Bogdan dan Taylor, bahwa penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati.
Adapun alasan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena dalam penelitian ini data yang dihasilkan berupa data deskriptif atau uraian dan bukan berupa angka-angka. Data-data yang diperoleh berupa tulisan dan kata-kata yang berasal dari sumber-sumber atau informan yang dapat dipercaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian studi kasus adalah penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisme, lembaga atau segala tertentu. Metode pembahasan dalam tesis ini menggunakan metode induktif yaitu berfikir berangkat dari fakta-fakta yang khusus, peristiwa-peristiwa yang kongkrit kemudian dari fakta atau penelitian yang khusus tersebut ditarik generalisasi-generalisasi yang bersifat umum.
Dalam penelitian ini, peneliti meneliti studi kasus di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru tentang Implementasi Sistem Manajemen Berbasis Mutu Iso 9001:2008. Dengan adanya studi kasus ini diharapkan peneliti dapat mengumpulkan 4data-data yang diperoleh baik berupa perencanaan, pelaksanaan yang digunakan serta evaluasi, kemudian menganalisis dan menyimpulkannya, sehingga peneliti mendapatkan pemahaman yang jelas tentang Implementasi sistem manajemen ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Kehadiran peneliti dalam penelitian kualitatif mutlak diperlukan karena instrumen penelitian dalam penelitian kualitatif adalah peneliti itu sendiri. Jadi, disamping peneliti itu bertindak sebagai instrumen peneliti juga sekaligus sebagai pengumpul data. Sedangkan instrumen-instrumen data hanya bersifat sebagai pendukung saja. Kemudian, peneliti dan penelitian ini diketahui statusnya oleh informan atau subyek, karena sebelumnya peneliti mengajukan surat izin terlebih dahulu kepada lembaga yang bersangkutan. Sedangkan peran peneliti dalam hal ini adalah pengamat penuh.
Objek dan Subjek Penelitian
Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Implementasi manajemen berbasis mutu ISO 9001: 2008, dan Subjeknya adalah Manajemen SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru.
Populasi dan Sample
Populasi adalah keseluruhan dari Subjek penelitian. Apabila seorang peneliti ingin mengetahui semua elemen yang ada dalam dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan penelitian popolasi. Dalam penelitian Kualitatif tidak menggunakan istilah Populasi, tetapi oleh Spradley seperti dikutip oleh Sugiyono dalam Metode Penelitian Pendidikan dinamakan "Social situation" atau situasi soaial yang terdiri dari tiga elemen yaitu : tempat, pelaku dan aktifitas yang berinteraksi secara sinergis. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus biasanya sampel yang digunakan adalah sample purposive. Tohirin dalam Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Konseling menyebutkan bahwa studi kasus sampelnya bersifat purposive, artinya sampel yang dipilih sesuai dengan tujuan dan kebutuhan penelitian
Teknik Pengumpulan data
Menurut Lofland sumber data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain sebagainya. Sesuai dengan prosedur tersebut maka cara pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga macam teknik pengumpulan data, yaitu:
a. Metode Observasi Atau Pengamatan
Metode observasi adalah suatu metode yang digunakan sebagai pengamatan dan pencatatan dengan sistematik fenomena-fenomena yang diselidiki. Mengamati adalah menatap kejadian, gerak atau proses. Pengamatan merupakan metode pertama yang digunakan dalam melakukan penelitian ilmiah. Selain itu ada beberapa alasan pengamatan sebagai cara dalam pengumpulan data, yaitu :
Didasarkan atas pengamatan langsung
Memungkinkan melihat atau mengamati sendiri, kemudiasn mencatat prilaku dan kejadian sebagai mana terjadi sebenarnya.
Bisa menghindari kekeliruan dan bias karena kurang mampu mengingat hasil wawancara
Memungkinkan peneliti memahami situasi-situasi yang rumit
Dalam kondisi tertentu dimana teknik lain tidak memungkinkan, pengamatan menjadi alat yang sangat bermanfaat.
Penggunaan metode ini dimaksudkan untuk memperoleh data tentang kondisi fisik, letak geografis, sarana dan prasarana, proses belajar mengajar, serta kegiatan-kegiatan yang ada di SMK Muhammadiyah 2 Kota Pekanbaru.
Dengan adanya atau yang dihasilkan dari observasi tersebut, diharapkan dapat mendetesiskan Implementasi sistem manajemen ISO 9001:2008 di sekolah tersebut.
b. Metode Interview (Wawancara)
Metode wawancara adalah sebuah dialog yang dilakukan oleh pewawancara untuk memperoleh informasi dari pihak yang diwawancarai. Sedangkan menurut Deddy Mulyana, metode wawancara merupakan salah satu teknik untuk mengumpulkan data dan informasi. Wawancara adalah bentuk komunikasi antara dua orang, melibatkan seseorang yang ingin memperoleh informasi dari seseorang lainnya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, berdasarkan tujuan tertentu.
Secara garis besar wawancara dibagi menjadi dua, yaitu terstruktur dan tak terstruktur. Wawancara tak terstruktur sering juga disebut dengan wawancara mendalam, wawancara intensif, wawancara kualitatif dan wawancara terbuka (open-ended interview), wawancara etnografis; sedangkan wawancara terstruktur sering juga disebut wawancara baku (standarized interview), yang susunan pertanyaannya sudah ditetapkan sebelumnya (biasanya tertulis) dengan pilihan-pilihan jawaban yang juga sudah disediakan.
Kegiatan wawancara secara mendalam ini, menggunakan panduan wawancara yang berisi butir-butir pertanyaan untuk diajukan kepada informan. Panduan tersebut hanya untuk memudahkan dalam wawancara,
penggalian data dan informasi dan selanjutnya tergantung improfisasi peneliti di lapangan.
Adapun metode wawancara ini di lakukan dengan para informan sebagai berikut:
Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru.
Wakil manajemen Mutu SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru
Bagian Kurikulum SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru.
Guru SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru.
Siswa SMK Muhammadiyah 2 Pekanbar
Metode dokumentasi
Metode dokumentasi adalah metode mencari data mengenai variabel yang berupa catatan,transkip, buku, surat kabar, majalah, notulen, rapat, leger, agenda. Dokumen merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumen biasa berbentuk tulisan misalnya catatan harian, sejarah kehidupan (Life History), cerita, biografi, peraturan, kebijakan, dokumentasi yang berbentuk gambar, misalnya foto, gambar hidup, seketsa.
Penelitian ini dilakukan dengan cara mencari dokumen-dokumen yang ada ditempat penelitian yaitu meliputi dokumen kurikulum, jadwal kegiatan, struktur organisasi dan dokumen-dokumen lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini.
E. Analisa Data
Menurut Bodgan & Biklen (1982) analisis data kualitatif merupakan upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasi data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelolah, mensistensisnya, mencari dan menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain.
Proses pengumpulan data dan analisis data pada prakteknya tidak mutlak dipisahkan. Kegiatan itu kadang-kadang berjalan secara bersamaan, artinya hasil pengumpulan data kemudian ditindak lanjuti dengan pengumpulan data ulang. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan dan setelah proses pengumpulan data.
Proses analisis data dalam penelitian ini mengandung tiga komponen utama, yaitu:
1. Reduksi Data
Mereduksi data berarti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya. Dengan demikian data yang telah direduksi akan memberikan gambaran yang jelas dan mempermudah peneliti untuk mengumpulkan data selanjutnya. Maka dalam penelitian ini data yang diperoleh dari informan kunci, yaitu Kepala sekolah, Bagian kurikulum, dan Guru di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, secara sistematis agar memperoleh gambaran yang sesuai dengan tujuan penelitian. Begitupula data yang
diperoleh dari informan pelengkap disusun secara sistematis agar memperoleh gambaran yang sesuai dengan tujuan penelitian.
2. Penyajian Data (Display Data)
Dalam hal ini Miles dan Huberman (1984) mengatakan yang paling sering digunakan untuk menyajikan data dalam penelitian kualitatif adalah dengan teks yang bersifat naratif. Sedangkan data yang sudah direduksi dan diklasifikasikan berdasarkan kelompok masalah yang diteliti, sehingga memungkinkan adanya penarikan kesimpulan atau verifikasi terhadap Implementasi Sistem Manajemen ISO 9001:2008 Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar DI SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru.
3. Varifikasi (Menarik Kesimpulan)
Kesimpulan dalam penelitian kualitatif adalah merupakan temuan baru yang sebelumnya belum pernah ada. Temuan dapat berupa detesis atau gambaran suatu obyek yang sebelumnya masih remang-remang atau gelap sehingga setelah diteliti menjadi jelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian kualitatif kemungkinan dapat menjawab rumusan masalah yang dirumuskan sejak awal tapi mungkin juga tidak, Jadi makna-makna yang muncul dari data harus diuji kebenarannya, kekokohannya dan kecocokannya yakni yang merupakan validitasnya. Peneliti pada tahap ini mencoba menarik kesimpulan berdasarkan tema untuk menemukan makna dari data yang dikumpulkan. Ketiga analisis tersebut terlibat dalam proses saling berkaitan, sehingga menemukan hasil akhir dari penelitian data yang disajikan secara sistematis berdasarkan tema-tema yang dirumuskan.
F. Pengecekan Keabsahan Data
Pengecekan keabsahan data merupakan suatu langkah untuk mengurangi kesalahan dalam proses perolehan data penelitian yang tentunya akan berimbas terhadap hasil akhir dari suatu penelitian. Maka dari itu, dengan pengecekan keabsahan data pada penelitian ini harus melalui beberapa teknik pengujian data. Adapun teknik pengecekan keabsahan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu:
1.Ketekunan Pengamatan
Ketekunan pengamatan dimaksudkan untuk menentukan data dan informasi yang relevan dengan persoalan yang sedang dicari oleh peneliti, kemudian memusatkan pada hal-hal tersebut secara rinci. Peneliti hendaknya menggunakan pengamatan dengan teliti dan rinci secara berkesinambungan terhadap faktor-faktor yang menonjol.
2.Triangulasi
Untuk mendapatkan data yang lebih relevan dan urgen terhadap data yang terkumpul, maka peneliti menggunakan tehnik triangulasi, yaitu tehnik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai perbandingan terhadap data itu.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan triangulasi data yaitu menggunakan berbagai sumber data seperti dokumen, arsip, hasil wawancara, hasil observasi atau juga dengan mewawancarai lebih dari satu subjek yang dianggap memiliki sudut pandang yang berbeda
G. Tahap-Tahap Penelitian.
Tahap penelitian tentang " Implementasi Sistem Manajemen ISO 9001:2008 Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam DI SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru", dibagi menjadi tiga tahapan. Adapun tahap pertama persiapan, tahap kedua pelaksanaan dan terakhir tahap penyelesaian.
1. Tahap Persiapan.
Peneliti melakukan observasi pendahuluan untuk memperoleh gambaran umum serta permasalahan yang sedang dihadapi tentang Implementasi Sistem Manajemen ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, kemudian dijadikan rumusan masalah untuk diteliti. Observasi tersebut berguna sebagai bahan acuan dalam pembuatan proposal tesis dan pengajuan judul tesis, untuk memperlancar pada waktu tahap pelaksanaan penelitian, maka peneliti mengurus surat ijin penelitian dari Program Pasca Sarjana UIN SUSKA Riau.
Setelah persiapan administrasi selesai, maka peneliti membuat rancangan atau desain penelitian agar penelitian yang dilakukan lebih terarah. Selain itu peneliti juga membuat pertanyaan-pertanyaan sebagai pedoman wawancara yang berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti dan dicari jawabannya atau pemecahannya, sehingga data yang diperoleh lebih sistematis dan mendalam.
2. Tahap Pelaksanaan
Tahap pelaksanaan merupakan kegiatan inti dari suatu penelitian. Karena pada tahap pelaksanaan ini peneliti mencari dan mengumpulkan data yang diperlukan. Tahap pelaksanaan ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut:
Pertama, Peneliti melakukan pencarian terhadap dokumen-dokumen resmi yang akan dipergunakan dalam penelitian, termasuk wawancara guna memperoleh data awal tentang kegiatan apa saja yang telah dilakukan tentang Implementasi Sistem Manajemen ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru.
Kedua, Mengadakan observasi langsung terhadap kegiatan belajar mengajar dengan melakukan teknik dokumentasi terhadap Implementasi Sistem Manajemen ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru.
Ketiga, Peneliti melakukan wawancara terhadap Kepala sekolah, Bagian kurikulum,WMM (wakil Manajemen Mutu) dan Guru, terhadap Implementasi Sistem Manajemen ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru.
Keempat, Peneliti melakukan pengecekan kembali terhadap data hasil penelitian agar dapat diketahui hal-hal yang masih belum terungkap atau masih tersembunyi.
Kelima, Peneliti melakukan perpanjangan penelitian guna melengkapi data yang kurang, sehingga memenuhi target data yang diperoleh lebih valid.
3. Tahap Penyelesaian
Tahap penyelesaian merupakan tahap paling akhir dari sebuah penelitian. Pada tahap ini, peneliti menyusun data yang telah dianalisis dan disimpulkan dalam bentuk karya ilmiah yaitu berupa laporan penelitian dengan mengacu pada peraturan penulisan karya ilmiah yang berlaku di lingkungan Program Pasca Sarjana UIN SUSKA Riau.
.
DAFTAR PUSTAKA
Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif,Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003,
Hasan Langgulung, Asas Asas Pendidikan Islam, PT. AlHusna Dzikra : 2000
Hamid Patilima, , Metode Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung, 2005
Koentjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama, 1999
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif,Bandung: Rosdakarya, 2002
Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 1991
Rohani, Supangat, Panduan Manajemen ISO. Bekasi : Bintang Matahariku Center, 2008.
S.Nasution, Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta : Ghalia Indonesia, 2001.
Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Jilid 1, Yogyakarta: Yayasan Penerbit UGM, 1994
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bina Aksara, 1991
------------, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta,Rineka Cipta, 2002,
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan RD, Alfabeta, Bandung, 2008
Tohirin, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Konseling, Jakarta, Raja Gafindo Persada, 2012
T. Yuri. MZ, Rahmat Nurcahyo, TQM Manajemen Qualitas Total, PT. Indeks, Jakarta: 2013
Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sisdiknas dan peraturan Pemerintah RI no 47 tahun 2008, Citra Umbara, Bandung, 2006
Vincen, Gaspersz, 2006. ISO 9001:2000 And Continual Quality Improvement. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama


Download IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MUTU ISO 9001.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MUTU ISO 9001. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: