Judul: Contoh Proposal Usaha
Penulis: A. Khairul Azzam
Contoh Proposal Usaha
PROPOSAL USAHA
"DONAT DE GO"
Disusun Guna Memenuhi Ujian Praktek Kewirausahaan
Mata Diklat Kewirausahaan
Disusun Oleh :
Nama : Galih Setyo N
No : 15
Kelas : XII TKJ A
SMK NEGERI 9 SURAKARTA
Jl. Tarumanegara Banyuanyar Banjarsari
Tahun Pelajaran 2012/2013
LEMBAR PENGESAHAN
Proposal ini ditujukan untuk memenuhi ujian praktek mata diklat kewirausahaan:
Telah disetujui oleh pembimbing
Hari/Tanggal :
Guru Kewirausahaan / Pembimbing
Sri Rahayu, S.Pd
NIP. 196006041986022003
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan dengan tepat waktu.
Proposal kegiatan usaha ini disusun guna memenuhi Ujian Praktek Kewirausahaan. Disamping itu proposal ini dimaksudkan agar siswa dapat mengembangkan kemampuan kewirausahaannya. Tidak lupa pada kesempatan ini saya haturkan rasa terima kasih kepada :
1. Bapak Sriyadi, MM selaku Kepala Sekolah SMK N 9 Surakarta yang telah memberikan ijin untuk menyusun laporan.
2. Ibu Sri Rahayu, S.Pd selaku guru kewirausahaan sekaligus sebagai pembimbing penyusunan laporan.
3. Orangtua saya yang selalu memberikan dukungan serta doa untuk saya
4. Semua pihak yang membantu menyelesaikan penyusunan proposal kegiatan usaha ini.
Saya menyadari masih ada kekurangan dalam penyajian proposal kegiatan usaha ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan proposal serta usaha yang dijalankan.
Semoga proposal kegiatan usaha ini bermanfaat bagi pengembangan kemampuan kewirausahaan.
DAFTAR ISI
1. Halaman Judul .............................................................................................. 1
2. Lembar Pengesahan ..................................................................................... 2
3. Kata Pengantar ............................................................................................. 3
4. Daftar Isi ...................................................................................................... 4
5. BAB I PENDAHULUAN
A. Alasan Pembuatan Proposal Usaha ....................................................... 5
B. Ruang Lingkup Usaha ........................................................................... 6
6. BAB II DESKRIPSI USAHA
A. Manajemen Usaha ................................................................................. 7
B. Visi ........................................................................................................ 7
C. Misi ..................................................................................................... . 7
D. Tujuan .................................................................................................... 8
E. Faktor dan Kunci Keberhasilan ............................................................. 8
F. Lokasi Usaha .......................................................................................... 8
G. Struktur Organisasi ............................................................................... 9
7. Analisis SWOT ............................................................................................ 10
8. Keuangan ..................................................................................................... 11
9. Produksi ........................................................................................................ 14
10. Pemasaran .................................................................................................... 16
11. BAB III PENUTUP ..................................................................................... 18
BAB I
PENDAHULUAN
A. ALASAN PEMBUATAN PROPOSAL USAHA
Proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan untuk mengembangkan semua unsur yang relevan, sehingga orang luas tertarik untuk menjalin kerjasama. Dalam pembuatan proposal ini ada dua aspek alasan yang penting, yaitu:
A. Alasan Edukasi
a) Proposal ini merupakan syarat untuk mengikuti ujian praktek kewirausahaan.
b) Untuk mengukur kemampuan siswa untuk berwirausaha
B. Alasan Bisnis
a) Merupakan persyaratan wirausahawan sebagai pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka usaha.
b) Mengundang orang-orang yang potensial untuk bergabung dan bekerjasama
c) Mengatur pembentukan kerjasama dengan perusahaan lain yang sudah ada dan saling menguntungkan.
d) Menjamin adanya fokus tujuan dari berbagai personil yang ada dalam perusahaan.
B. RUANG LINGKUP USAHA
Dalam segmen ini akan dijelaskan secara singkat mengenai proposal usaha yaitu membahas antara lain :
a. Manajemen/ Organisasi Usaha
Dapat diartikan sebagai hubungan kerjasama orang-orang yang terdapat dalam suatu kegiatan atau badan usaha dalam rangka mencapai tujuan tertentu.
b. Keuangan
Adanya suatu bagian yang menangani permasalahan pendapat, pengeluaran dan keuntungan pada kegiatan usaha. Masalah keuangan ini mencakup tentang sumber modal baik dalam maupun luar, proyeksi keuangan (modal investasi dan modal kerja), menentukan modal kerja dan menghitung laba ruginya.
c. Produksi
Kegiatan yang menimbulkan tambahan manfaat atau faedah baru. Dalam masalah ini atau menjelaskan mengenai jenis produksi, bahan baku, dan bahan penolong proses produksi.
d. Pemasaran
Pemasaran dapat diartikan sebagai suatu keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditunjukkan merencanakan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa. Masalah pemasaran ini mencakup mengenai distribusi, produksi saingan daerah pemasaran serta pemasarannya.
BAB II
DISKRIPSI USAHA
A. MANAJEMEN USAHA
1. Rangkuman Eksekutif
Manajemen Pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai semua tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Fungsi manajemen pemasaran untuk menganalisis pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga diperoleh keuntungan untuk mendapat peluang usaha.
2. Sasaran Usaha
Sasaran utama (pelanggan) dari bisnis ini adalah semua masyarakat. Sebab jika usaha ini dikenali masyarakat dan disenangi maka keuntungan yang didapat sangat banyak dan dapat mensejahterakan wirausaha serta membuat lowongan pekerjaan bagi pengangguran.
3. Manajemen
Usaha ini keluarga kami yang mengelola dan kami mengajak kerjasama para tetangga serta saudara yang dapat diandalkan dalam bisnis ini.
B. VISI
Mampu bersaing di dunia bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi wirausahawan sukses.
C. MISI
Membuat produk yang berkwalitas dan bermanfaat bagi konsumen agar konsumen mendapatkan kepuasan terhadap produk kami dan mendapat kepercayaan dari konsumen. Lebih menguasai bidang bisnis serta dapat mengembangkan usaha ini.
D. TUJUAN
Melalui hal ini saya berusaha untuk:
1. Belajar dan mencari pengalaman berwirausaha
2. Berperan sebagai pencipta lapangan pekerjaan
3. Memenuhi kebutuhan masyarakat
4. Menanggulangi pengangguran sejak dini
E. FAKTOR DAN KUNCI KEBERHASILAN
1. Mengedepankan kwalitas produksi
2. Harga terjangkau
3. Pemasaran luas
4. Menerima permintaan pelanggan yang diminta pelanggan
F. LOKASI USAHA
- Pemilihan lokasi usaha memang sangat penting terhadap kelangsungan dan perkembangan usaha itu sendiri, untuk itu dalam pemilihan dan penentuan usaha perlu berhati-hati dan harus disesuaikan dengan usaha yang dijalankan berjalan lancar dan kelangsungan usaha terjamin. Usaha ini bertempat di Desa Padokan RT 06/04, Sawahan, Ngemplak, Boyolali.
Denah Lokasi Usaha
G. STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi yaitu suatu bagan yang disusun untuk mempermudah dan mengetahui gambar secara sistematis mengenai hubungan kerjasama orang-orang yang terdapat dalam suatu badan dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan.
Dalam suatu struktur organisasi nantinya kita akan mengetahui sistem manajemen dari organisasi tersebut kemudian dengan struktur organisasi itu akan lebih mudah melakukan koordinasi dan mengetahui tugas masing-masing.
Dari struktur organisasi diatas dapat dijelaskan bahwa pimpinan memegang kendali perusahaan, kemudian untuk melaksanakan usahanya dibantu oleh tenaga kerja dan bendahara atau administrasi.
Kewajiban dan tanggungjawab setiap bagian:
- Pemimpin usaha
Bertanggungjawab penuh atas segala sesuatu yang terjadi dan berlangsung dalam proses usaha.
- Administrasi
Mengurusi masalah keluar masuknya uang
- Tenaga kerja
Mengerjakan semua proses produksi
Memasarkan barang dagangan
Mematuhi peraturan dari pimpinan
Mengerjakan proses memasak makanan usaha
ANALISIS SWOT
a. Strength (Keunggulan)
1. Produk mudah dipasarkan
2. Cita rasa produk yang khas
3. Harga terjangkau
b. Weakness (Kelemahan)
Membutuhkan tenaga kerja yang mampu membuat rasa khas enak, lezat, bergizi dan dapat memuaskan pembeli.
c. Opprtunity (Peluang)
Donat yang dijual mempunyai cita rasa yang khas dan tinggi. Harga terjangkau
d. Treatment (Ancaman)
Adanya pesaing yang membuat Donat jenis lain dangan harga setara.
e. Kesimpulan
Bahwa usaha tersebut layak dilakukan dengan perbandingan S + O = 5 dan W + T = 2
Program Kerja
Uraian Program Kerja Tanggal
Mulai Tanggal selesai Penanggung jawab
Penentu Jenis Usaha 10-01-2013 25-01-2013 Semua Anggota
Menyusun Bussines Plan 25-01-2013 31-01-2013 Semua Anggota
Menyusun Anggaran Biaya 01-02-2013 08-02-2013 Semua Anggota
Melakukan Proses Pemasaran 09-02-2013 07-03-2013 Semua Anggota
KEUANGAN
Keuangan merupakan rincian dari biaya-biaya yang diperlukan dalam memperlihatkan biaya produksi, modal (investasi untuk modal awal berdirinya usaha), rencana penjualan, proyeksi, cashflow (1 bulan), perhitungan rugi dan laba dan neraca. Berikut adalah rinciannya:
a. Sumber Modal Investasi
Pada tahap pertama menekankan penggunaan nilai investasi secara efektif dan efisien. Dalam udaha ini sumber modal saya peroleh dari tabungan sendiri, sebagai berikut:
Uraian Jumlah
Modal sendiri Rp. 100.000
Modal pembuatan produk Rp. 2.000
Kemasan Rp. 10.000
Tepung Terigu Rp. 20.000
Gula Rp. 15.000
Telur Rp. 15.000
Margarin Rp. 10.000
Ragi Rp. 10.000
Garam Rp. 5.000
Gas Rp. 13.000
Keterangan Rp. 100.000
100 bungkus
1 bungkus Rp. 1000,-
b. Rencana Penjualan
Mengingat keterbatasan dana maka rencana penjualan usaha dalam 1 bulan pertama direncanakan sebagai berikut:
Produksi :
No Uraian Jumlah
Produksi (Unit/Potong) Harga Satuan
(Rp) Jumlah Produksi (Rp)
1 Minggu 1 100 Rp. 1000 Rp. 100.000
2 Minggu 2 200 Rp. 1000 Rp. 200.000
3 Minggu 3 300 Rp. 1000 Rp. 300.000
4 Minggu 4 400 Rp. 1000 Rp. 400.000
Jumlah Jumlah 1000 Penjualan
No Uraian Jumlah
Produksi (Unit) Harga Jual
(Rp) Jumlah Penjualan (Rp) Laba (Rp)
1 Minggu 1 100 Rp. 2.000 Rp. 200.000 Rp. 100.000
2 Minggu 2 200 Rp. 2.000 Rp. 400.000 Rp. 200.000
3 Minggu 3 300 Rp. 2.000 Rp. 600.000 Rp. 300.000
4 Minggu 4 400 Rp. 2.000 Rp. 800.000 Rp. 400.000
Total 1000 c. Proyeksi Cash Flow 1 bulan
Uraian 0 I II III IV
Saldo Kas
Laba
Penjualan Rp. 100.000 Rp. 100.000
Rp. 100.000
Rp. 200.000 Rp. 200.000
Rp. 200.000
Rp. 400.000 Rp. 400.000
Rp. 300.000
Rp. 600.000 Rp. 700.000
Rp. 400.000
Rp. 800.000
Pengeluaran
Bahan Rp. 100.000 Rp. 200.000 Rp. 300.000 Rp. 400.000
Saldo Kas Rp. 100.000 Rp. 200.000 Rp. 400.000 Rp. 700.000 Rp. 1.100.000
d. Diperhitungkan Rugi – Laba
Uraian Per bulan
Harga Pokok Rp. 1.000.000
Penjualan Rp. 2.000.000
Laba Rp. 1.000.000
e. Neraca (per 31 Desember)
AKTIVA
No Tanggal Uraian Jumlah
- 9 Februari 2013 Penjualan Rp. 2.000.000
Total Rp. 2.000.000
PASIVA
No Tanggal Uraian Jumlah
- 7 Maret 2013 Modal Sendiri Rp. 1.000.000
Laba Rp. 1.000.000
Total Rp. 2.000.000
PRODUKSI
Produksi adalah kegiatan yang dapat menimbulkan tambahan manfaat atau faedah baru.
A. Jenis Produksi
Usaha yang saya jalankan ini berupa pembuatan distribusi dan penjualan "DONAT".
B. Bahan Baku
Dalam proses produksi ini membutuhkan bahan, antara lain :
1. Tepung Terigu
2. Telur
3. Mentega
4. Gula Pasir
5. Ragi
6. Garam
7. Air Mineral
Sehingga perlu dilakukan proses pengolahan lebih lanjut untuk menjadi "DONAT" siap jual dan telah dikemas secara rapi dan siap disajikan.
C. Proses Produksi
Berikut ini saya akan menguraikan proses produksi pembuatan dan penjualan DONAT :
Pembuatan serta kemasaan sebagai berikut :
Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 40 gram. Bulatkan dan diamkan 10 menit.
Pipihkan adonan dan lubangi tengahnya. Letakkan diloyang yang ditabur tepung terigu. Diamkan 30 menit sampai mengembang.
Goreng dalam minyak padat yang sudah dipanaskan sampai matang. Angkat dan tiriskan.
Celup ke cokelat masak pekat leleh. Tabur meises.
Tahap selanjutnya yaitu kemasan, cara mengemas Donat sangat mudah, Donat yang telah di celup ke cokelat masak pekat leleh dan di taburi meises dimasukkan kedalam plastik kemasan lalu yang sudah diberi logo.
D. Biaya Produksi
Pengeluaran biaya produksi pada usaha ini yaitu sebagai berikut :
Biaya bahan baku Donat : Rp. 75.000,-
Biaya pembuatan produk /tenaga kerja : Rp. 15.000,-
Biaya kemasan : Rp. 10.000,- +
Jumlah biaya : Rp. 100.000,-
PEMASARAN
Dalam pemasaran produk menerapkan strategi yaitu "PRODUCT, PRICE, PROMOTION dan DISTRIBUTION"
a. Produk
Didalam upaya memperlancar pemasaran produk yang harus senantiasa ditekankan adalah pengembangan produk yang berkesinambungan tanpa mengurangi rasa dan kualitas produk itu sendiri. Disamping itu untuk menarik pelanggan juga dibuat kemasan produk menarik dengan tidak kuno. Sehingga produk tersebut semakin mempunyai karakter.
b. Price (Harga)
Dalam penetapan harga berpegang pada pemikiran bahwa kebijakan harga didasarkan atas tingkat harga yang wajar bagi dua pihak yaitu konsumen dan produsen. Serta lebih penting lagi harus terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
Bentuk rincian :
Total penjualan : Rp. 2.000.000
Total produksi : Rp. 1.000.000 -
Laba Kasar : Rp. 1.000.000
Biaya : Rp. 60.000 -
Laba Bersih : Rp. 940.000
c. Promosi
Pada tahap awal promosi yang dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut. Meskipun produk yang ditawarkan ini bukan produk baru. Disamping itu promosi juga dapat dilakukan dengan penitipan di warung – warung, dan iklan.
d. Distribusi
Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan kepada konsumen yang membutuhkan. Distribusi dibagi menjadi dua macam, yaitu :
1. Distribusi secara langsung
2. Distribusi secara tidak langsung
Mengenai hal tersebut usaha kami mendistribusikan barang secara langsung kepada konsumen/masyarakat dengan cara ini diharapkan produk ini dapat dikenal oleh masyarakat luas.
BAB III
PENUTUP
Dan fakta yang ada saat ini, berdasarkan perencanaan yang saya buat ini, saya menyimpulkan bahwa banyak peluang-peluang usaha yang dapat kita manfaatkan.
Dengan semua perencanaan dan usaha tersebut, saya memperkirakan akan memperoleh keberhasilan dalam belajar dan mohon maaf kepada semua pihak yang berperan dalam pembuatan proposal ini.
Usaha saya bergerak dalam bidang produksi DONAT tetap berusaha untuk mengedepankan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Usaha saya yang mulai dibentuk pada bulan Januari 2013.
Dalam pembuatan sampai penjualan DONAT yang merupakan produksi warga yang beralamat di Kabupaten Boyolali. Usaha yang saya jalankan merupakan usaha kecil yang mendapat modal dari saya pribadi.
Terimakasih telah membaca Contoh Proposal Usaha. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat
0 komentar: