September 19, 2016

Akuntansi Manajemen - ABM

Judul: Akuntansi Manajemen - ABM
Penulis: Sherina Devi


AKUNTANSI MANAJEMEN
MANAJEMEN BERDASARKAN AKTIVITAS

OLEH:
I Gst. Ayu Made Agung Mas Andriani Pratiwi (1391662024)
Ni Luh Nyoman Sherina Devi (1391662026)
I Gst. Agung Ayu Mas Candraeni (1391662027)
Ni Nyoman Kristiana Dewi (1391662029)
Ni Luh Putu Ratna Wahyu Lestari(1391662030)

PROGRAM MAGISTER AKUNTANSI
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS UDAYANA
DENPASAR
2014
MANAJEMEN BERDASARKAN AKTIVITAS:GAMBARAN UMUM KONSEPTUAL
         Akuntansi aktivitas atau Activity Based Costing merupakan kunci operasionalisasi perbaikan berkelanjutan. Memperbaiki proses berarti memperbaiki cara aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan. Jadi, manajemen aktivitas, bukan biaya, merupakan kunci kesuksesan sistem pengendalian manajemen dalam lingkungan yang dinamis. Manajemen berdasarkan aktivitas adalah suatu system yang terintegrasi yang, yang mengarahkanperhatian manajemen pada aktivitas – aktivitas yang dapat memperbaiki nilai – nilai yang diterima dan meningkatkan laba yang diperoleh dengan menyediakan nilai–nilai yang sudah diperbaiki tersebut.Manajemen berdasarkan aktivitas mencakup dua dimensi yaitu dimensi biaya dan dimensi proses. Dimensi biaya memberikan informasi biaya mengenai sumber daya, aktivitas, produk, dan pelanggan, pemasok dan saluran distribusi. Aktivitas berbasis biaya ini berguna memperbaiki akurasi pembebanan biaya. Dimensi proses memberikan informasi tentang aktivitas apa yang dilakukan, mengapa harus dilaksanakan, bagaimana sebaiknya suatu aktivitas dilaksanakan dengan tujuan untuk mengurangi biaya.
Mengimplementasikan ABM
ABM dapat dipandang sebagai sistem informasi yang bertujuan memperbaiki pengambilan keputusan dengan menginformasikan biaya yang akurat dan mengurangi biaya dengan mendorong serta mendukung berbagai usaha perbaikan berkelanjutan. ABM dapat dipandang sebagai suatu sistem yang memliki 2 tujuan utama, yaitu domain dari ABC dan bagian dari analisis proses. Tujuan kedua membutuhkan data yang lebih terperinci dari tujuan ABC dalam memperbaiki keakuratan pembebanan biaya. Namun tujuan keseluruhan ABM adalah meningkatkan profitabilitas perusahaan. Tujuan ini dapat dicapai denganmengidentifikasi informasi keakuatan untuk membuat keputusan yang lebih baik.
Perencanaan Sistem. Perencanaan sistem memberikan justifikasi untuk implementasi ABM dan menjawab berbagai masalah berikut ini:
Sasaran dan tujuan sistem ABM.
Posisi persaingan perusahaan saat ini dan yang diinginkan.
Proses bisnin dan bauran produk perusahaan.
Jadwal, yanggung jawab yang dibebankan dan sumber daya yang dibutuhkan untuk implementasi.
Kemampuan perusahaan untuk mengimplementasikan, memp[elajari dan menggunakan informasi terbaru.
Walaupun kelima masalah yang disebutkan sebelumnya adalah masalah yang penting, masalah penggunaan informasi juga membutuhkan perhatian khusus.
Identifikasi, Definisi dan Klasifikasi Aktivitas
Identifikasi, definisi dan klasifikasi aktivitas membutuhkan perhatian lebih banyak ABM daripada ABC. Kamus aktivitas haruslah meliputi perincian daftar berbagai pekerjaan yang membentuk setiap aktivitas. Klasifikasi berbagai aktivitas juga memungkinkan ABM untuk terhubung dengan berbagai usaha perbaikan berkelanjutan, seperti proses manufaktur just in-time (JIT), manajemen kualitas total dan manajemen biaya kualitas lingkungan keseluruhan.
Penyebab Kegagalan Implementasi ABM. Salah satu alasan gagalnya implementasi sistem ABM adalah kurangnya dukungan dari manajemen tingkat atas. Dukungan ini tidak hanya harus didapatkan sebelum melakukan proyek implementasi, tetapi juga harus didapatkan sebelum melakukan proyek implementasi, tetapi juga haus didapatkan. Hialanya dukungan bisa terjadi jika implementasi membutuhkan waktu yang lama atau hasil yang diharapkan tidak tampak nyata. Hasil yang didapat mungkin tidak seperti apa yang diharapkan karena paa manajer operasional dan penjualan tidak ahli menggunakan informasi aktivitas yang baru. Jadi, kegagalan dalam mengintregasikan sistem baru tersebut juga merupakan alasan lain dari kegagalan sistem ABM.
ABM dan Akuntansi Pertanggungjawaban
Akuntansi pertanggungjawaban adalah alat fundamental untuk pengendalian manajemen dan ditentukan melalui empat elemen penting, yaitu pemberian tanggung jawab, pembuatan ukuran kinerja, pengevaluasian kinerja dan pemberian penghargaan. Akuntansi pertanggungjawaban bertujuan mempengaruhi perilaku dalam cara tertentu sehingga seorang atau kegiatan perusahaan akan disesuaikan untuk mencapai tujuan bersama. Pada bab ini jenis sistem akuntansi pertanggungjawaban yang akan dibahas adalah berdasarkan keuangan dan aktivitas. Sistem akuntansi pertanggungjawaban berdasarkan keuangan memberikan tanggung jawab pada berbagai unit perusahaan dan menyatakan berbagai ukuran kinerja dalam bntuk keuangan. Akuntansi pertanggungjawaban berdasarkan aktivitas adalah sistem akuntansi pertanggungjawaban yang dikembangkan utnuk perusahaan yang beroperasi dalam lingkungan yang mengalami perbaikan berkelanjutan. Sistem ini mengukur kinerja sehingga menekankan pada pandangan keuangan dan nonkeuangan.
Pertanggungjawaban Berdasarkan Keuangan Dibandingkan dengan Pertanggungjawaban Berdasarkan Aktivitas
Akuntansi pertanggungjawaban bedasarkan keuangan berfokus pada unit fungsional perusahaan dan berbagai individu, di mana sebuah pusat pertanggungjawaban akan diidentifikasi yaitu unit perusahaan, pabrik, departemen atau lini produksi. Sistem pertanggungjawaban berdasarkan aktivitas atau proses, titik utamanya akan mengubah inti dan individu menjadi proses dan tim. Tiga metode yang memungkinkan perubahan cara berbagai hal dilakukan yaitu perbaikan proses, inovasi proses dan penciptaan proses. Perbaikan proses merujuk pada peningkatan bertahap dan konstan dalam efisiensi suatu proses yang telah ada.inovasi proses merujuk pada kinerja proses dalam cara baru yang radikal dengan tujuan mencapai perbaikan yang dramatis dalam hal waktu respons, kualitas dan efisiensi. Penciptaan proses merujuk pada instalansi sebuah proses yang seluruhnya batu dengan maksud memenuhi tujuan pelanggan dan keuangan.
Penetapan Ukuran Kinerja. Ukuran kinerja harus diidentifikasi dan standar harus diterapkan untuk berfungsi sebagai benchmarking untuk ukuran kinerja. Beberapa perbedaan yang sangat jelas untuk berbagai perusahaan yang beroperasi dalam lingkungan perbaikan berkelanjutan. Pertama, ukuran kinerja berorientasi pada proses sehingga harus memperhatikan berbagai atribut proses, seperti waktu proses, kualitas dan efesiensi. Kedua, standar ukuran kinerja berubah untuk mencerminkan berbagai kondisi dan tujuan baru, serta membantu mempertahankan kemajuan apapun yang telah dicapai. Ketiga, standar opeasional membutuhkan peran penting.
Evaluasi Kinerja. Dalam kerangka kerja berdasarkan keuangan, kinerja diukur dengan membandingkan berbagai hasil sesungguhnya denga hasil yang dianggarkan. Dalam kerangka kerja berdasarkan aktivitas lebih berkaitan dengan kinerja daripada hanya perspektif keuangan.
Pemberian Penghargaan. Dalam kedua sistem tersebut, tiap orang akan diberi penghargaan atau hukuman sesuai dengan kebijakan dan kehendak pihak manajer yang lebih atas. Sistem penghargaan dalam sistem akuntansi keuangan berdasarkan keuangan didesain untuk mendorong setiap orang dalam mencapai atau mengalahkan standar anggaran. Dalam sistem pertanggungjawaban berdasarkan aktivitas, sistem penghargaannya lebih rumit. Tiap orang bertanggungjawab sebagai tim serta kinerja indiviual. Karena perbaikan yang berkaitan dengan proses kenyakan dicapai melalui usaha tim, penghargaan berbasis kelompok adalah paling tepat daripada penghagaan untuk perorangan.
ANALISIS NILAI PROSES
         Analisis nilai proses mendefinisikan akuntansi pertanggungjawaban berdasarkan aktivitas, berfokus pada pertanggungjawaban aktivitas bukan pada biaya dan menekankan maksimisasi kinerja sistem secara menyeluruh bukan kinerja individu. Analisis nilai proses memungkinkan konsep akuntansi pertanggungjawaban kontemporer dapat dijalankan. Analisis nilai proses memusatkan pada tiga aspek yaitu analisis penggerak, analisis aktivitas, dan analisis kinerja.
Analisis PenggerakMengelola aktivitas memerlukan pemahaman  tentang apa yang menyebabkan biaya aktivitas. Setip aktivitas memiliki input dan output. Input aktivitas merupakan sumber daya yang dibutuhkan oleh aktivitas untuk memproduksi keluaran. Output aktivitas merupakan hasil atau produk dari aktivitas. Ukuran output aktivitas menunjukan berapa banyak aktivitas tersebut dilakukan dan merupakan ukuran yang dapat dikuantifikasi.
         Ukuran outpu yang efektif adalah ukuran dari permintaan yang ditempatkan pada aktivitas dan itulah yang disebut penggerak aktivitas. Dengan berubahnya permintaan aktivitas, biaya aktivitas juga berubah. Namun, ukuran output, mungkin tidak dan biasanya tidak berhubungan dengan penyebab utama biaya aktivitas, ukuran tersebut merupakan konsenkuensi dari aktivitas ynag dilakukan. Tujuan dari analisis penggerak adalah untuk mencari penyebab utama. Jadi analisis penggerak adalah usaha untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penyebab utama biaya aktivitas.Analisis Aktivitas: Mengidentifikasi dan Menilai Isi Nilai
        Analisis aktivitas merupakan inti analisis proses. Analisis aktivitas merupakan proses mengidentifikasi, menyusun gambaran dan mengevaluasi aktivitas–aktivitas dalam suatu organisasi. Analisis aktivitas harus menunjukkan empat hasil: (1) mengidentifikasi aktivitas apa yang dikerjakan, (2) berapa banyak orang yang melaksanakan aktivitas tersebut, (3) waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan aktivitas, serta (4) melakukan penilaian aktivitas organisasi, termasuk rekomendasi untuk memilih dan menerapkan aktivitas yang menambah nilai. Langkah terakhir ini merupakan tahap paling penting dalam mengklasifikasikan aktivitas penambahan nilai dan aktivitas bukan penambahan nilai.Aktivitas Bernilai – Tambah. Aktivitas penambah nilai adalah aktivitas yang perlu dilakukan untuk menjaga agar perusahaan tetap bertahan dan berkembang dalam bisnis yang dijalankannya. Sejumlah aktivitas, yang perlu dilakukan adalah aktivitas yang dimaksudkan memenuhi ketentuan hukum yang disepakati. Sementara aktivitas perusahaan yang lain disebut dengan discettionary activity, yang diklasifikasikan sebagai aktivutas penambah nilai karena memenuhi tiga kondisi yaitu:
Aktivitas yang mampu menghasilkan perubahan suatu keadaan (change of state).
Perubahan sifat tersebut tidak dapat dicegah oleh aktivitas sebelumnya.
Aktivitas tersebut memungkinkan aktivitas lain dapat dilaksanakan.
Aktivitas Tak Bernilai – Tambah. Sedangkan aktivitas bukan penambahan nilai merupakan aktivitas yang tidak perlu dilakukan karena tidak membuat perusahaan dapat bertahan atau berkembang dalam bisnisnya. Aktivitas ini tidak dapat memenuhi salah satu dari tiga syarat yang harus ada dalam aktivitas yang menambah nilai. Kegagalan memenuhi dua syarat yang pertama merupak hal yang sering dijumpai dalam aktivitas perusahaan.Contoh Aktivitas tak Bernilai – Tambah. Dalam operasi produk, lima aktivitas utama berikut sering disebut sebagai aktivitas yang sia-sia dan tidak dibutuhkan yaitu penjadwalan, perpindahan, waktu tunggu, pemeriksaan dan penyimpanan.
Pengurangan Biaya. Perbaikan berkelanjutan membawa tujuan pengurangan biaya. Berbagai usaha untuk mengurangi biaya dari berbagai produk dan proses yang ada akan disebut perhitungan biaya kaizen. Perhitungan biaya ini memiliki ciri perbaikan yang konstan dan meningkat atas berbagai proses dan produk yang ada. Analisis aktivitas adalah elemen penting dalam perhitungan biaya kaizen, yang dapat mengurangi biaya melalui empat cara yaitu:
Eliminasi aktivitas berfokus pada berbagai aktivitas yang tak bernilai-tambah.
Pemilihan aktivitas melibatkan pemilihan berbagai rangkaian aktivitas yang ditimbulkan oleh beberapa strategi yang saling bertentangan.
Pengurangan aktivitas ditujukan terutama untuk memperbaiki efisiensi dari berbagai aktivitas yang dibutuhkan atau menjadi stategi jangka pendek untuk memperbaiki berbagai aktivitas tak bernilai-tambah sampai aktivitas-aktivitas tersebut ditiadakan.
Penyatuan aktivitas meningkatkan efesiensi dari berbagai aktivitas yang membutuhkan dengan menggunakan economi of sale.
Pengukuran KinerjaPenilaian terhadap seberapa baik suatu aktivitas atau proses dilaksanakan merupakan hal yang sangat mendasar bagi manajemen dalam upaya untuk memperbaiki profitabilitas. Ukuran prestasi aktivitas dapat dinilai atas dasar keuangan dan non keuangan. Ukuran ini dirancang untuk menilai seberapa baik suatu aktivitas dilaksanakan dan apa hasil yang telah dicapai. Mengukur prestasi aktivitas terletak pada tiga dimensi yaitu: efisiensi, kualitas, dan waktu.
Efisiensi berfokus pada hubungan antara masukan aktivitas dan keluaran aktivitas. Kualitas berhubungan dengan pelaksanaan aktivitas yang benar pada saat pertama dilakukan. Waktu yang lebih lama berarti lebih banyak konsumsi sumber daya dan kekurang mampuan untuk bereaksi terhadap permintaan pelanggan.Ukuran Kinerja AktivitasMengetahui seberapa baiknya kita saat ini dalam melakukan suatu aktivitas seharusnya akan mengungkapkan potensi untuk melakukan nya dengan lebih baik. Ukuran keuangan dari kinerja seharusnya juga memberikan informasi khusus mengenai pengaruh dalam bentuk uang atas perubahan kinerja aktivitas.Pelaporan Biaya Bernilai dan Tak Bernilai Tambah. Mengurangi biaya tak bernilai tambah adalah salah satu cara meningkatkan efisiensi aktivitas. Penekanan pada biaya tak berniali tambah menunjukan tingkat pemborosan yang dialami perusahaan, hingga memberikan informasi mengenai potensi perbaiksn. Hal ini akan mendorong manajer untuk lebih menekankan pengendalian aktivitas tak berniali tambah. Biaya bernilai tambah adalah berbagai biaya yang harus ditanggung perusahaan. Standar bernilai tambah membutuhkan eliminasi atas seluruh aktivitas tak bernilai tambah. Untuk berbagai aktivitas ini, output optimalnya adalah nol dengan biaya nol. Oleh karena itu standar bernilai tambah mengidenfikasikan output yang optimal.Pelaporan Tren. Pelaporan tren membandingkan berbagai biaya untuk tiap aktivitas dengan berjalannya waktu. Tujuannya untuk perbaikan aktivitas yang diukur melalui pengurangan biaya sehingga kita dapat melihat penurunan biaya tak bernilai tambah dari suatu periode ke periode berikutnya.Peran Standar Kaizen. Perhitungan biaya Kaizen berkaitan dengan penurunan biaya berbagai produk dan proses yang telah ada. Pengendalian berbagai proses penurunan biaya ini dapat dicapai melalui penggunaan berulang dua siklus utama: (1) kaizen atau perbaikan berkelanjutan dan (2) siklus pemeliharaan.
Benchmarking. Dengan benchmarking, manajemen mengidentifikasi peluang perbaikan aktivitas serta menggunakan praktik terbaik sebagai standar dalam evaluasi kinerja aktivitas. Tujuan benchmarking adalah menjadi yang terbaik dalam melakukan berbagai aktivitas dan proses. Jadi, benchmarking juga harus melibatkan perbandingan dengan para pesaing atau industri lainnya.
Pengaruh Penggerak dan Perilaku. Ukuran output aktivitas dibutuhkan untuk menghitung dan menelusuri berbagai biaya tak bernilai tambah. Mengurangi aktivitas tak bernilai tambah seharusnya menghasilkan pengurangan kebutuhan aktivitas tersebut sehingga menimbulkan pengurangan dalam ukuran output aktivitasnya. Jika kinerja suatu tim dipengaruhi oleh kemampuannya untuk mengurangi biaya tak bernilai tambah, maka seleksi berbagai penggerak aktivitas dan cara bagaimana mereka digunakan dapat memengaruhi perilaku.
Manajemen Kapasitas. Kapasitas aktivitas menunjukkan jumlah berapa kali suatu aktivitas dapat dilakukan. Penggerak aktivitas akan mengukur kapasitas aktivitas. Dua pertanyaan yang perlu dijawab, pertama seberapa besar seharusnya kapasitas aktivitas tersebut? Hal ini menunjukkan kemampuan untuk mengukur jumlah peningkatan yang masih dimungkinkan.Kedua, seberapa banyak kapasitas yang dimiliki digunakan? Hal ini menunjukkan biaya non produktif dan sekaligus peluang untuk mengurangi kapasitas dan mengurangi biaya.PERHITUNGAN BIAYA PELANGGAN DAN PEMASOK BERDASARKAN AKTIVITAS
Dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan aktivitas, keakuratan perhitungan haga pokok produk diperbaiki dengan penelusuran biaya aktivitas pada produk yang memakai aktivitas. Sistem ABC juga dapat digunakan untuk menentukan keakuratan biaya pelanggan dan pemasok. Pengetahuan akan biaya pelanggan dan pemasok dapat menjadi informasi vital untuk memperbaiki tingkat laba suatu perusahaan.
Perhitungan Biaya Pelanggan Berdasarkan Aktivitas
Para pelanggan dapat memakai aktivitas penggerak pelanggan dalam proporsi yang berbeda. Sumber-sumber dari keanekaragaman pelanggan meliputi beberapa hal seperti frekuensi pesanan, frekuensi pengiriman, jarak geografis, dukungan penjualan dan promosi serta kebutuhan dukungan rekayasa teknik. Sehingga dalam hal ini berarti ABC dapat berguna bagi organisasi yang mungkin hanya memiliki satu produk, produk sejenis atau struktur JIT di mana penelusuran langsung mengurangi nilai ABC untuk perhitungan harga pokok produk.
Perhitungan Biaya Pelanggan versus Perhitungan Biaya Produk. Pembebanan biaya dari cutomer service pada pelanggan, dilakukan dengan cara yang sama untuk biaya produksi yang dibebankan pada produk. Biaya sumber daya yang dipakai dibebankan ke aktivitas, dan biaya aktivitas di bebankan ke tiap pelanggan.
Perhitungan Biaya Pemasok Berdasarkan Aktivitas
Pemasok dapat mempengaruhi banyak aktivitas internal suatu perusahaan dan secara signifikan meningkatkan biaya pembelian. Perhitungan biaya berdasarkan aktivitas adalah kunci penelusuran biaya yang berhubungan dengan pembelian, kualitas, keandalan, dan kinerja pengiriman hingga ke para pemasok. Pehitungan biaya berdasarkan aktivitas adalah kunci penelusuran biaya yang berhubungan dengan pembelian, kualitas, kendalan dan kinerja pengiriman kepada para pemasok.
Metodologi Perhitungan Biaya Pemasok. Pembebanan biaya untuk aktivitas yang berhubungan dengan pemasok mengikuti pola yang sama dengan perhitungan biaya pelanggan dan perhitungan harga pokok produk pada ABC. Aktivitas penggerak pemasok seperti pembelian, penerimaan, pemerikasaan komponen, pengerjaan ulang dan lain-lain dicatat dalam kamus aktifitas. Biaya sumber daya yang dipakai dibebankan pada aktivitas ini, dan biaya aktivitas dibebankan pada pemasok individual.

DAFTAR PUSTAKA
Hansen, Don. R & Maryanne M. Mowen. 2011. Akuntansi Manajerial, Buku 1 Edisi 8. Jakarta : Salemba Empat


Download Akuntansi Manajemen - ABM.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Akuntansi Manajemen - ABM. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: