Judul: Manajemen Pemasaran
Penulis: Verra Valencia
Manajemen Pemasaran
Bab 1
Secara umum Pemasaran (Marketing) adalah mengidentifikasikan dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial.Secara formal menurut American Marketing Association (AMA) Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.
Secara sosial Pemasaran adalah suatu proses kemasyarakatan di mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan orang lain.
Manajemen Pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran, meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.Tujuan Pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa bisa sesuai dengan kebutuhannya dan produk dapat terjual ke pelanggan. Dengan kata lain bahwa tujuan pemasaran adalah menghasilkan pelanggan yang siap untuk membeli.
Beberapa hal yang dapat di pasarkan antara lain : (Produk)
Barang
Merupakan produk berupa makanan dan minuman serta benda elektronik dan otomotif pada berbagai pilar ekonomi modern.Jasa
Merupakan produk berupa jasa seseorang seperti dokter, pengacara, manajer, dll.Acara
Merupakn produk berupa acara berdasarkan waktu seperti pameran dagang, pertunjukan seni, dan ulang tahun perusahaan.Pengalaman
Merupakan produk berupa perpaduan antara barang dan jasa yang di pasarkan seperti Walt Disney World is Magic Kingdom yang memberikan pengalaman dan aneka ornament yang di pasarkan.
Orang
Merupakan produk yang memasarkan produk lewat orang yang terkenal seperti David Beckham yang memasarkan kaos bola yang seperti di iklankan olehnya.Tempat
Merupakan produk yang memasarkan lokasi yang menjadi penarik perhatiaan pelanggan untuk dating seperti kota Las Vegas Convention.
Properti
Merupakan produk yang menawarkan produk yang tak berwujud terhadap benda yang sebenarnya seperti Patung Cesar di Roma.Organisasi
Merupakan produk yang menawarkan suatu organisasi yang mempunyai citra dalam membangun jaringan bisnis seperti Tesco yang menempatkan industri rantai supermarket di Inggris.Informasi
Merupakan produk yang menawarkan informasi melalui buku, surat kabar, majalah, dan Koran tentang suatu ilmu dan seni seperti Buku Pelajaran, Tabloid Gaul, dll.
Ide
Merupakan produk yang mengandung gagasan dasar suatu penelitian seperti gagasan yang dibuat Thomas Alfa Edison tentang Lampu sebagai cahaya penerangan.Pemasar adalah orang yang mencari respon dan perhatiaan, pembeliaan, dukungan, serta sumbangan dari pihak lain yang disebut prospek.
Keadaan Permintaan antara lain :Permintaan negatif
Konsumen tidak menyukai produk dan mungkin bahkan berusaha menghindari produk tersebut.Permintaan tidak ada
Konsumen mungkin tidak sadar akan suatu produk untuk tidak tertarik pada suatu produk.
Permintaan laten
Konsumen mungkin memiliki suatu kebutuhan yang kuat yang tidak bisa di penuhi produk yang ada.Permintaan yang menurun
Konsumen mulai jarang membeli produk atau tidak membeli sama sekali.
Permintaan yang tidak teratur
Konsumen yang membeli secara musiman, bulanan, mingguan, harian, atau bahkan dalam hitungan jam.Permintaan penuh
Konsumen membeli semua produk yang di lempar ke pasar.Permintaan berlimpah
Konsumen mau membeli produk lebih banyak daripada produk yang ada.Permintaan tak sehat
Konsumen mungkin tertarik pada produk yang memiliki konsekuensi sosial yang tidak diinginkan.Pasar adalah sekumpulan pembeli dan penjual yang bertransaksi atas suatu produk atau kelas produk tertentu.Gambar Struktur Alur Dalam Ekonomi Pertukaran Modern
Pasar pelanggan kunci antara lain :Pasar Konsumen adalah pasar yang menjual barang-barang kebutuhan konsumen dan jasa dalam jumlah besar untuk di habiskan dan banyak waktu untuk mencoba pengembangan produk dan kemasan yang unggul.Gambar Sistem Pemasaran Yang Sederhana
Pasar Bisnis adalah perusahaan yang menjual barang dan jasa untuk bisnis yang sering menghadapi pembeli professional yang terlatih dan di bekali informasi yang cukup dan terampil dalam mengevaluasi penawaran yang kompetitif.Pasar Global adalah pasar yang mencakup antar negara dari seluruh dunia yang menjual barang dan jasa yang mempunyai keputusan dan tantangan ekstra dalam membuat keputusan dengan menyesuaikan produk dengan yang dibutuhkan negara mereka berdasarkan budayanya.Pasar Pemerintah dan Nirlaba adalah perusahaan yang menjual produknya ke organisasi nirlaba seperti Universitas, Lembaga pemerintah, dll.Marketplace adalah pasar yang bersifat fisik, Marketspace adalah pasar yang bersifat digital dan Metamarket adalah pasar yang terdiri dari berbagai jaringan bisnis pada produk dan jasa komplementer pada pelanggan.Konsep Inti Pemasaran antara lain :Kebutuhan adalah syarat hidup dasar manusia, Keinginan adalah sesuatu pengarahan terhadap suatu produk untuk memuaskan kebutuhan tersebut. Permintaan adalah keinginan terhadap suatu produk tertentu yang di dukung oleh kemampuan untuk membayar produk tersebut.
Tipe dalam kebutuhan antara lain :Kebutuhan yang dinyatakan
Pelanggan menginginkan produk yang murah yang dapat dijangkau.Kebutuhan yang sebenarnya
Pelanggan menginginkan sebuah produk yang berdasarkan biaya operasinya bukan biaya harga awal yang rendah.Kebutuhan yang tidak di nyatakan
Pelanggan mengharapkan pelayanan yang baik dari penjual produk.Kebutuhan kesenangan
Pelanggan menginginkan penjual menambahkan benda tambahan pada produk yang akan di beli.
Kebutuhan rahasia
Pelanggan menginginkan bahwa orang lain memandang dirinya lebih baik dan lebih cerdas di banding orang lain.
Pasar Sasaran, Positioning, dan Segmentasi Pasar
Penawaran dan Merek
Nilai dan Kepuasaan
Nilai adalah sejumlah manfaat yang yang berwujud dan tidak berwujud dan biaya yang di persepsikan pelanggan.Kepuasaan adalah penilaian pelanggan tentang kinerja produk tersebut sesuai atau tidak dengan harapan yang di inginkan pelanggan.Saluran Pemasaran
Rantai Pasokan
Persaingan
Lingkungan Pemasaran
Orientasi Perusahaan Terhadap Pasar Antara Lain :Konsep Produksi adalah konsep yang menyatakan bahwa pelanggan lebih menyukai produk yang banyak dan harganya murah.Konsep Produk adalah konsep yang menyatakan bahwa pelanggan lebih menyukai produk yang berkualitas dan kinerja yang tinggi dengan harga yang relatif mahal dan unggul di pasar.Konsep Penjualaan adalah konsep yang menggunakan promosi sebagai iklan yang menjelaskan dan menawarkan produk kepada pelanggan.Konsep Pemasaran adalah konsep yang menggunakan konsep inti pada bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, dan promosi.Konsep Pemasaran Holistik adalah konsep yang di dasarkan pada pengembangan desain, dan pengimplementasiaan program pemasaran, proses, dan aktivitas yang luas dan saling ketergantungan dengan perspektif yang luas.Ada empat hubungan dalam pemasaran holistik yaitu pemasaran hubungan, pemasaran terintegrasi, pemasaran internal, dan pemasaran kinerja.Gambar Dimensi Pemasaran Holistik
Tugas Manajemen Pemasaran antara Lain :Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran
Menangkap pemahaman atau gagasan pemasaran
Berhubungan dengan pelanggan
Membangun merek yang kuat
Membentuk penawaran pasar
Menghantarkan nilai
Mengkomunikasikan nilai
Menciptakan pertumbuhan jangka panjang.
Bab 2
Proses Penghantaran Nilai terdiri dari 3 tahap antara lain :Memilih nilai
Menjelaskan pemasaran yang akan di lakukan, menentukan segmentasi pasar, memilih pasar sasaran, Dan mengembangkan penawaran positioning nilai(STP).
Menyediakan nilai
Menentukan fitur produk, harga, dan distribusi.Mengkomunikasikan nilai
Mendayagunakan tenaga penjualaan, promosi penjualaan, iklan, dan sarana komunikasi lain untuk mempromosikan produk.
Proses Bisnis Inti antara lain ;Proses mengindera pasar, semua kegiataan untuk mengumpulkan intelijen pasar, menyebarkannya dalam organisasi, dan menindaklanjuti informasi.
Proses realisasi penawaran baru, semua kegiataan dalam meneliti, mengembangkan, dan meluncurkan penawaran berkualitas tinggi yang baru dengan cepat sesuai anggaran.
Proses akuisisi pelanggan, semua kegiataan dalam mendefinisikan pasar sasaran dan mencari calon pelanggan baru.
Proses manajemen hubungan pelanggan, semua kegiataan dalam membangun pemahaman, hubungan dan penawaran yang lebih mendalam dengan pelanggan perorangan.
Proses manajemen pemenuhan, semua kegiataan dalam menerima dan menyetujui pesanan, mengirimkan barang tepat waktu, dan mengambil pembayaran.
Karakteristik dari kompetensi inti yaitu :Kompetensi inti merupakan sumber keunggulan kompetitif karena memberi sumbangan besar pada manfaat anggapan pelanggan.Kompetensi inti dapat diterapkan pada berbagai pasar.Kompetensi inti sulit untuk ditiru oleh pesaing.Rantai nilai yang di ungkapkan Michael Porter dari Harvard mengungkapkan model menciptakan lebih banyak nilai pelanggan dengan cara : Belajar dari masa lalu, Mengevaluasi masa kini, Meramalkan masa depan.
Kerangka kerja pemasaran holistik yang dirancang untuk menghantarkan tiga manajemen kunci antara lain :Eksplorasi nilai, menemukan peluang nilai baru dalam memahami hubungan ruang kognitif pelanggan, ruang kompentesi perusahaan, dan ruang sumber daya kolaborator.Penciptaan nilai, keahliaan dalam menciptakan nilai baru bagi pemasar meliputi pengindentifikasian manfaat pelanggan baru dari pandangan pelanggan, pemanfaatan kompentisi inti dari wilayah bisnisnya dan pemilihan serta pengolahan mitra bisnis dari jaringan kolaborasinya.Penghantaraan nilai, keahliaan dalam menggunakan kapabilitas dan infrastrukturnya untuk menghantarkan penawaran nilai baru secara efisien.Gambar kerangka kerja pemasaran holistik
Rencana pemasaran adalah dokumen tertulis yang meringkas apa yang telah di pelajari pemasar tentang pasar dan mengindikasikan bagaimana perusahaan berencana menjangkau tujuan pemasarannya. rencana pemasaran beroperasi dua tingkat antara lain :
Rencana pemasaran strategis, menjelaskan pasar sasaran dan proposisi nilai yang akan ditawarkan perusahaan berdasarkan pada analisis peluang pasar terbaik.
Rencana pemasaran taktis, menspesifikasikan taktik pemasaran, termasuk fitur produk, promosi, penyediaan barang, penetapan harga, saluran penjualaan, dan layanannya.Gambar Perencanaan Strategis, Implementasi, dan Proses Kendali
Perencanaan Strategi Korporat dan Divisi antara lain :Mendefinisikan Misi Korporat, bidang yang kompetitif tempat perusahaan akan beroperasi dilihat dari Industri, Produk dan Aplikasi, Kompetensi, Segmen Pasar, Vertikal, Geografis.
Menentukan Unit Bisnis Strategis, karakteristiknya antara lain :SBU adalah salah satu bisnis tunggal atau kumpulan bisnis yang berhubungan, yang dapat di rencanakan secara terpisah dari bagian perusahaan lainnya.SBU mempunyai kelompok pesaingnya sendiri.SBU mempunyai manajer yang bertanggung jawab atas perencanaan strategis dan kinerja laba, yang mengendalikan sebagian besar faktor yang mempengaruhi laba.Menugaskan Sumber daya pada setiap SBU,
Menilai Peluang Pertumbuhan,
Gambar Kesenjangan Perencanaan Strategis
Dalam menilai peluang pertumbuhan terdapat beberapa kesenjangan antara lain :Pertumbuhan Intensif : Tindakan yang harus di lakukan manajemen korporat adalah meninjau peluang meningkatkan bisnis yang ada. Salah satunya perluasaan pasar produk.Pertumbuhan Integratif : Bisnis yang dilakukan dapat meningkatkan penjualaan dan laba melalui integrasi ke belakang, depan, dan secara horisontal di dalam industrinya. Salah satunya dengan mengakusisi lebih banyak pemasok.Petumbuhan Diversifikasi : Perusahaan dapat memilih strategi konsentris dan mencari produk baru yang memiliki sinergi teknologi atau pemasaran dengan lini produk yang ada yang mungkin menarik kelompok pelanggan yang berbeda.
Inovasi Pemasaran adalah menentukan strategi, mengidentifikasi, dan mendorong ide-ide secara imajinatif untuk membentuk pemasaran baru.Strategi Kunci untuk mengelola perubahan dalam sebuah organisasi antara lain :Menghindari judul inovasi, menggunakan sistem pertemanan, segera menentukan ukuran, membidik sasaran mudah terlebih dahulu, mendapatkan data untuk mendukung insting anda,
Perencanaan Strategis Unit Bisnis, antara lain :Menentukan Misi Bisnis
Melakukan Analisis SWOT
Analisis Lingkungan Eksternal ( Peluang dan Ancaman ) :
Gambar Perencanaan Strategi Unit Bisnis
Untuk mengevaluasi Peluang dapat menggunakan Market Opportunity Analysis dengan Matriks Peluang dan Ancaman.Gambar Matriks Peluang dan Ancaman
Analisis Lingkungan Internal ( Kekuataan dan Kelemahan ).
Formulasi Tujuan
Beberapa hal yang harus objektif dalam tujuan yaitu : Tujuan di atur secara berurutan dari yang paling penting hingga tidak penting, secara kuantitatif, harus realistis, dan konsisten.
Formulasi Strategis
Strategi Generik Porter antara lain :Kepemimpinan biaya secara keseluruhan, dengan cara mengejar strategi bekerja keras untuk mencapai biaya produksi dan distribusi terendah sehingga dapat menetapkan harga yang lebih murah dibanding pesaing dan memenangkan pangsa pasar yang besar.
Diferensiasi, bisnis yang berkonsentrasi pada kinerja unggul yang dicapai dengan cara unik dalam wilayah manfaat pelanggan penting di sebagian besar pasar.
Fokus, berfokus pada satu atau lebih segmen pasar yang lebih sempit.Formulasi dan Implementasi Program
Umpan Balik dan Kendali
Alur Rencana Pemasaran antara lain :Rangkuman Eksekutif dan Daftar Isi
Analisis Situasi
Strategi Pemasaran
Proyeksi Keuangan
Kendali Implementasi
Terimakasih telah membaca Manajemen Pemasaran. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat
0 komentar: