Oktober 25, 2016

makalah olahraga atletik

Judul: makalah olahraga atletik
Penulis: Aksan Hamzah


894735265471TUGAS PJOK & TIK
095000TUGAS PJOK & TIK

right9724390SMP SANTA MONIKA MANADO
2015 - 2016
00SMP SANTA MONIKA MANADO
2015 - 2016
19564963250729O
L
E
H
ESTER DANIELLA
IX - A
O
L
E
H
ESTER DANIELLA
IX - A
21038372526563ATLETIK
&
MACAM – MACAM SITUS WEBSITE
00ATLETIK
&
MACAM – MACAM SITUS WEBSITE

CABANG OLAHRAGA ATLETIKSejarah Atletik.Dalam Atletik juga kita pernah menjumpai kata "Pentahtlon", Pentahtlon sendiri terdiri dari dua kata yaitu Penda dan Athlon. Penda mempunyai arti Lima atau Panca sedangkan Athlon mempunyai arti Lomba. Jadi artinya adalah perlombaan yang terdiri dari lima nomor.Dari pengertian di atas maka kita dapat menyimpulkan jika Atletik adalah sebuah cabang olahraga yang diperlombakan terdiri dari nomor jalan, lari, lempar dan lompat.Atletik dalam bahasa Inggris adalah "Athletic", berbeda dengan bahasa Yunani, dalam bahasa Inggris dan Jerman Atletik mempunyai arti yang lebih luas yaitu berbagai macam cabang olahraga yang bersifat perlombaan atau pertandingan seperti bolabasket, sepakbola,tenis, renang, senam dan beberapa olahraga lainnya.Dalam Sejarah, Yunani adalah bangsa pertama yang menyelenggarakan perlombaan Atletik. Hal ini dapat kita ketahui dari karya pujangga asal Yunani Purba bernama Homerus. Atletik berasal dari bahasa Yunani yaitu "Athlos" artinya adalah Lomba. Pada waktu itu cabang olahraga atletik dikenal dengan pentahhlon atau panca lomba dan decathlon atau dasa lomba.Pada sebuah Buku Odysus karya dari Hemerun menjelaskan jika petualangan Odysus saat berkunjung ke kepulauan di sebelah selatan Yunani disambut oleh kepala suku dengan mengadakan upacara penyambutan. Diacara tersebut ada beberapa lomba yang diperlombakan seperti lompat,lari,lempar cakram, gulat dan tinju. Sedangkan pada tahun 776 SM bangsa Yunani mengadakan Olympiade. Dalam lomba tersebut pemenang adalah yang menjadi juara Petahlon.Olympiade yang modern dilaksanakan atas usulan dari seorang berasal dari Perancis yang bernama Baron Peire Louherbin pada tahun 1896 di Athena, Yunani. Dalam ajang ini cabang atletik merupakan tambang medali yang menjadi perebutan.Organisasi Olahraga Atletik Internasional terbentuk pada 17 Juli 1912 di Stockhom, Swedia. Pembentukan tersebut bersamaan dengan Olympiade ke-5, Organisasi tersebut bernama "International Amateur Athletic Federation" atau dapat disingkat dengan IAAF.Sejarah Atletik di Indonesia mulai terbentuk pada 3 September 1950, pada tahun tersebut Indonesia mendirikan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia atau biasa disingkat dengan PASI.
-19664541756400Lapangan Atletik
Olahraga atletik adalah jenis olahraga yang cenderung menggunakan kekuatan olah tubuh. Cabang olahraga atletik sudah dikenal sejak zaman dulu sampai sekarang olahraga jenis ini masih tetap eksis dan disukai oleh banyak orang. Olahraga atletik mulai dipertandikan sejak tahun 776 sebelum masehi dan merupakan cabang olahraga pertama yang dipertandingkan di dalam olimpiade.
Di dalam olahraga atletik pada cabang olahraga tertentu pertandingan tidak dimainkan secara satu lawan satu melainkan bertanding dengan beberapa orang. Sifatnya bisa beregu atau perorangan. Meskipun demikian untuk olahraga jenis laga pertandingan dilakukan satu lawan satu seperti olahraga tinju, sumo, silat dan cabang olahraga lain
Lari

Lari merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan dan banyak disenangi oleh masyarakat. Walaupun sebagian besar dari mereka menyukai olahraga ini semata-mata untuk menjaga kebugaran serta kesehatan fisik misalnya melakukan olahraga lari diwaktu pagi.
Ada banyak jenis cabang dalam olahraga lari misalnya lari marathon, sprint, lari estafet dan juga jalan cepat serta masih banyak jenis lainnya. Selain kekuatan dan kebugaran fisik untuk bisa memenangkan perlombaan lari diperlukan strategi yang tepat sehingga bisa menjaga ritme kecepatan belari secara baik.
Tolak Peluru

Tolak peluru adalah olahraga yang dilakukan dengan cara menolak logam berbentuk bundar menyerupai sebuah peluru. Jauhnya tolakan peluru menjadi ukuran untuk menentukan nilai yang didapat, semakin jauh daya tolak lemparan semakin bagus juga nilai yang didapat. Peluru yang dilempar tidak boleh keluar dari lingkaran yang ditentukan, bila peluru jatuh di luar lingkaran maka akan kena diskualifikasi.
Memanah

Kamu tentu sudah tidak asing lagi kan dengan panah? Ya, biasanya di film fantasi banyak tokoh utamanya menggunakan panah sebagai senjatanya. Olahraga memanah berlomba untuk menembakan anak panah ke sebuah papan khusus untuk bidikan panah. Semakin akurat anak panah menancap pada papan sasaran maka akan semakin tinggi nilai yang didapat.
Menembak

Menembak merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang menyenangkan. Dalam olahraga ini kamu akan belajar konsentrasi untuk membidik sasaran tembak dengan tepat. Pada olahraga menembak peluru yang digunakan adalah peluru karet. Poin penilaian dihitung dari akurasi menembak papan tembak dengan tepat.
Angkat Besi

Olahraga angkat besi memerlukan tenaga serta otot yang kuat. Pada olahraga ini kamu diharuskan mengangkat beban dengan berat tertentu sesuai dengan cabang yang diikuti. Dalam perlombaan angkat besi peserta harus mengangkat beban menggunakan satu atau dua tangan dan harus kuat mengangkat beban sampai ke atas kepala. Nilai yang diberikan berdasarkan beban angkatan dan cara mengangkat beban tersebut, apakah langsung terangkat dengan satu gerakan atau dengan jeda.
Lompat Tinggi
Cabang atletik yang satu ini memerlukan ketrampilan serta kelenturan tubuh. Olahraga lompat tinggi dilakukan untuk menguji ketrampilan kamu dalam melompat melewati mistar yang melintang  dengan ketinggian tertentu. Mistar tersebut tidak boleh tersentuh oleh tubuh kamu, karena bila tersentuh mistar akan jatuh dan berarti kamu gagal mendapatkan nilai.
Lompat Jauh

Cabang olahraga atletik yang satu ini mudah untuk dilakukan, kamu cukup melompat sekuat tenaga untuk mendapatkan lompatan terjauh. Para pelompat profesional selalu melatih kekuatan kaki mereka agar bisa mendapatkan lompatan yang jauh. Biasanya mereka bisa melompat dengan jarak 5 sampai 7 meter.
Lempar Lembing
26842061206500
Ukuran
Lempar lembing adalah cabang olahraga atletik yang melombakan ketrampilan melempar lembing untuk mencapai jarak tertentu. Untuk mendapatkan lemparan terjauh kamu harus menyeimbangkan antara kecepatan, teknik dan juga kekuatan. Jarak lemparan yang diperoleh dihitung dari tancapan ujung lembing yang dilemparkan.
Lompat Indah

Olahraga ini menggabungkan gaya akrobatik di udara dengan lompatan. Kamu harus melompat dari ketinggian tertentu dan selama masih berada di udara kamu harus melakukan gerakan yang memenuhi nilai keindahan serta estetika tertentu sebelum terjatuh ke dalam air kolam yang berada di bawah papan loncat.
Lompat Galah

Pada dasarnya olahraga lompat galah hampir mirip dengan lompat tinggi yaitu kamu diharuskan untuk melompat melewati mistar melintang dengan ketinggian tertentu. Tetapi pada olahraga kali ini kamu bisa menggunakan alat bantu berupa galah sehingga bisa membuat lompatan lebih tinggi.
Tugas : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Nama: Ester Daniella
Kelas: IX.9
1. screenr.com merekam film dari desktop Anda dan mengirimkannya langsung ke YouTube.2. bounceapp.com untuk menangkap screenshot penuh halaman web.3. goo.gl memperpendek URL yang panjang dan mengubah URL ke kode QR.4. untiny.me menemukan URL asli yang bersembunyi di balik URL pendek.5. localti.me tahu lebih dari sekedar waktu setempat kota6. copypastecharacter.com copy karakter khusus yang tidak pada keyboard Anda.7. topsy.com mesin pencari yang lebih baik untuk twitter.8. fb.me / AppStore search IOS app tanpa meluncurkan iTunes.9. iconfinder.com tempat terbaik untuk menemukan ikon dari semua ukuran.10. office.com download template, clipart dan gambar untuk dokumen Office.11. woorank.com semua yang anda ingin tahu tentang sebuah website.12. virustotal.com scan setiap file yang mencurigakan atau lampiran email untuk virus.13. wolframalpha.com mendapat jawaban langsung tanpa mencari lihat tips wolfram lebih.14. printwhatyoulike.com mencetak halaman web tanpa kekacauan.15. joliprint.com artikel-format berita dan konten blog sebagai koran.16. isnsfw.com ketika Anda ingin berbagi halaman NSFW tapi dengan peringatan.17. e.ggtimer.com timer online sederhana untuk kebutuhan sehari-hari Anda.18. coralcdn.org jika sebuah situs sedang down karena lalu lintas yang padat, coba akses melalui CDN karang.19. random.org memilih nomor acak, koin flip, dan banyak lagi.20. mywot.com memeriksa tingkat kepercayaan dari setiap situs web misalnya.21. viewer.zoho.com Pratinjau PDF dan Presentasi langsung di browser.22. tubemogul.com upload video ke YouTube dan situs video lainnya.23. truveo.com tempat terbaik untuk mencari video web.24. scr.im Anda berbagi alamat online email tanpa khawatir tentang spam.25. spypig.com mendapatkan tanda terima untuk membaca email Anda.26. sizeasy.com memvisualisasikan dan membandingkan ukuran dari setiap produk.27. whatfontis.com dengan cepat menentukan nama font dari sebuah gambar.28. fontsquirrel.com koleksi baik font gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial.29. regex.info menemukan data tersembunyi dalam foto Anda lihat lebih EXIF.30. tineye.com ini adalah seperti versi online dari Google Googles.31. iwantmyname.com membantu Anda mencari di semua domain TLD.32. tabbloid.com blog favorit Anda dikirimkan sebagai PDF.33. join.me berbagi layar Anda dengan siapapun melalui web.34. onlineocr.net mengenali teks dari scan PDF dan gambar lihat alat OCR lainnya.35. flightstats.com Track status penerbangan di bandara di seluruh dunia.36. wetransfer.com untuk berbagi file-file besar online.37. pastebin.com sebuah clipboard online sementara untuk teks Anda dan potongan kode.38. polishmywriting.com memeriksa tulisan Anda untuk kesalahan ejaan atau tata bahasa.39. awesomehighlighter.com menyorot dengan mudah bagian-bagian penting dari suatu halaman web.40. typewith.me bekerja pada dokumen yang sama dengan beberapa orang.41. whichdateworks.com perencanaan acara? menemukan tanggal yang bekerja untuk semua.42. everytimezone.com pandangan yang kurang membingungkan zona waktu dunia.43. warrick.cs.odu.edu anda akan memerlukannya saat bookmark halaman web anda akan dihapus.44. gtmetrix.com alat yang sempurna untuk mengukur kinerja situs online Anda.45. imo.im chatting dengan teman-teman Anda di Skype, Facebook, Google Talk, dll dari satu tempat.46. translate.google.com menerjemahkan halaman web, PDF dan Office dokumen.47. youtube.com / leanback menikmati aliran tidak pernah berakhir video YouTube dalam layar penuh.48. similarsites.com menemukan situs baru yang mirip dengan apa yang Anda sukai sudah.49. wordle.net cepat potongan panjang meringkas teks dengan awan tag.50. bubbl.us membuat pikiran-peta, brainstorm ide dalam browser.


Download makalah olahraga atletik.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca makalah olahraga atletik. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: