Februari 05, 2017

RPP BIOLOGI (VIRUS)

Judul: RPP BIOLOGI (VIRUS)
Penulis: Mas Salam Salam


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD 2.1
Nama Sekolah: SMA Negeri 1 Wonosari
Mata Pelajaran: Biologi
Kelas/Semester: X/1
Alokasi Waktu: 1 x 15 menit
Standar Kompetensi: 2.Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar: 2.1Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan.
Indikator
Menunjukkan ciri-ciri, struktur, dan jenis-jenis virus
Membedakan fase litik dan lisogenik virus
Menyebutkan gangguan dan kelainan yang disebabkan oleh virus
Menjelaskan pencegahan dan pertahanan tubuh terhadap virus
Meteri Pembelajaran
Materi Pokok: Virus
Sub Materi: Struktur virus, cara hidup virus, reproduksi virus
Pendekatan Pembelajaran
Kontekstual
Metode Pembelajaran
Kooperatif
Model Pembelajaran
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Tipe 1
Sintaks Langkah-langkah Model Pembelajaran CIRC (Steven & Slavin, 1995)
1. Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 3 orang
2. Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
3. Peserta didik bekerjasama saling memahami dan menemukan ide pokok juga memberi
tanggapan terhadap wacana dan ditulis pada lembar kertas HVS
4. Mempresentasikan/membacakan hasil diskusi kelompok
5. Guru membuat kesimpulan bersama peserta didik
Modifikasi Langkah-langkah Model Pembelajaran CIRC (Tipe 1)
1. Guru menulis topik pembelajaran
2. Guru menulis tujuan pembelajaran
3. Guru membagi peserta didik dalam kelompok yang beranggotakan 3 orang
4. Guru meminta masing-masing kelompok membuat rangkuman, ditulis pada selembar kertas HVS berwarna
5. Guru meminta salah satu kelompok mempresentasikan/membacakan hasil rangkuman kelompok, sementara kelompok lain sebagai penyanggah dan penanya
6. Diskusi kelas
7. Guru memberikan penguatan pada hasil diskusi
8. Guru membimbing peserta didik menyusun kesimpulan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi struktur virus
2. Menjelaskan cara hidup virus
3. Menjelaskan proses replikasi pada virus
Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu
Pendahuluan Guru mengucapkan salam
Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran
Guru mengecek kehadiran siswa
Apersepsi
Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan gambar kemudian memberi pertanyaan, 'gambar apakah yang tertera?'

Melanjutkan pertanyaan 'mengapa kalian mengetahui jika gambar yang tertera adalah virus'
Menulis topik yang akan dipelajari yaitu 'struktur virus, cara hidup virus, dan proses replikasi pada virus'
Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar
Mengeksplorasi pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan 'apa yang kalian ketahui tentang virus 3 menit
Kegiatan Inti Membagi peserta didik dalam kelompok yang beranggotakan 3 orang
Menugaskan kelompok untuk membuat peta konsep
Membagikan kertas HVS berwarna
Meminta masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi
Menjadi fasilitator dan moderator saat peserta didik melaksanakan diskusi kelas
Memberi penguatan dari hasil diskusi kelas (contoh dalam memberikan penguatan pada konsep-konsep penting dapat dilihat pada materi)
Membimbing peserta didik menyusun kesimpulan. Meliputi: struktur virus, cara hidup virus, dan proses replikasi virus' 11 menit
Penutup Menugaskan peserta didik untuk mencari artikel tentang cara pencegahan tubuh terhadap serangan virus 1 menit
Materi Pokok
Struktur Virus
Tubuh terbagi atas kepala dan ekor.
Kepala terbungkus oleh selubung dari protein yang disebut dengan kapsid.
Kapsid berfungsi sebagai pemberi bentuk sekaligus pelindung bagian dalam tubuh virus.
Terdiri atas materi genetik berupa DNA dan RNA.
Setiap jenis virus hanya memiliki satu molekul materi genetik, yaitu ARN atau AND saja.
Cara Hidup Virus
Virus tidak dapat hidup di alam bebas, melainkan harus berada di dalam sel makhluk hidup yang lain.
Virus harus dibiakkan di dalam jaringan makhluk hidup.
Replikasi Virus
Tipe Litik
Adsorsi.
Ujung ekor bakteriofag menempel pada dinding sel bakteri yang masih dalam keadaan normal.Penetrasi sel inang.
kulit ujung ekor virus dan dinding sel yang telah menyatu tersebut larut sehingga terbentuklah saluran dari tubuh virus ke sitoplasma sel bakteri.
Eklifase
Disebut juga sintesis. ADN virus mengambil alih fungsi control ADN bakteri dalam sintesis protein di dalam sitoplasma bakteri. ADN virus mengendalikan pembentukan protein dinding virus baru.Pembentukan/perakitan
ADN dan protein dinding virus terbentuk melalui proses yang kompleks.
Litik
ADN dan protein dinding tubh virus digunakan untuk membentuk virus baru, dinding sel akan pecah.
Tipe Lisogenik
Adsorsi.
Ujung ekor bakteriofag menempel pada dinding sel bakteri yang masih dalam keadaan normal.Penetrasi sel inang.
kulit ujung ekor virus dan dinding sel yang telah menyatu tersebut larut sehingga terbentuklah saluran dari tubuh virus ke sitoplasma sel bakteri.
Penggabungan.
DNA virus menyisip ke dalam DNA bakteri, DNA virus disebut profag.Pembelahan.
Jika sel bakteri membelah menjadi 2. DNA virus juga ikut dalam proses pembelahan itu sehingga setiap sel anak bakteri mengandung profag.
Sintesis.
DNA virus mereplikasi diri dan mensintesis protein kapsid.Perakitan.
DNA virus masuk ke dalam kapsid.Litik
Sel bakteri mengalami lisis (pecah).Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat/Bahan : Kertas HVS berwarna
Sumber Belajar:
Prawiroharto, Slamet. 2004. Sains Biologi untuk SMA kelas X 1a. Jakarta: Bumi Aksara.
Cambell, Reece., dkk. 2008. Biologi edisi kedelapan jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Penilaian
Penilaian proses belajar peserta didik
Evaluasi.
Lembar Observasi Model Pembelajaran CIRC Tipe 1

Virus merupakan organisme peralihan antara benda mati dengan mahkluk hidup. Di saat lingkungan tidak mendukung, virus dapat melindungi dirinya dengan membentuk kristal. Kondisi ini menunjukkan tidak adanya tanda kehidupan pada virus, sehingga seperti benda mati. Bila lingkungan sudah mendukung kembali, maka virus menunjukkan tanda-tanda kehidupan, misalnya berkembangbiak.
Virus tidak dapat hidup di alam secara bebas, melainkan harus berada di dalam sel atau jaringan mahkluk hidup yang lain. Virus harus dibiakkan dalam jaringan hidup. Supaya lebih memahami tentang struktur tubuh virus, cara hidup dan replikasi pada virus, kerjakan kegiatan berikut.
A. Tujuan
1. Mengidentifikasi struktur virus
2. Menjelaskan cara hidup virus
3. Menjelaskan proses replikasi pada virus
B. Alat dan Bahan
Buku biologi untuk SMA kelas X semester I (Prawiroharto, Slamet. 2004. Sains Biologi untuk SMA kelas X 1a. halaman 80-83, Cambell, dkk. 2008. Biologi. halaman 412-418).
C. Cara Kerja
1. Baca dan pahami materi yang telah diberikan.
2. Baca juga buku kelas X mengenai struktur, cara hidup dan replikasi virus
3. Buatlah rangkuman dengan ketentuan sebagai berikut.
a. Kelompok I membuat rangkuman tentang struktur tubuh virus
b. Kelompok II tentang cara hidup virus
c. Kelompok III tentang proses replikasi pada virus
4. Tulis hasil rangkuman pada kertas HVS berwarna dengan bentuk skema
5. Presentasikan hasil rangkuman
6. Untuk lebih memahami hasil rangkuman kerjakan bahan diskusi dengan ketentuan sebagai
berikut.
Masing-masing kelompok yang maju saling memperhatikan dan mencatat apa yang disampaikan sampai kesimpulan didapatkan.
Bila ada yang belum jelas disarankan untuk bertanya.
D. Bahan Diskusi
1. Sebutkan dan jelaskan struktur tubuh virus!
2. Di atas telah di sampaikan bahwa Virus merupakan organisme peralihan antara benda mati dengan mahkluk hidup. Virus juga bukan sel atau organisme. Bagaimanakah pendapat Anda tentang pernyataan tersebut? Berikan penjelasan!
3. Mengapa pula virus dapat digolongkan sebagai benda mati, mengapa pula dapat digolongkan ke dalam mahkluk hidup? Berikan penjelasan!
4. Bagaimanakah cara virus memperbanyak diri? Jelaskan!
5. Berkaitan dengan soal nomor 5, tahapan daur hidup virus dibedakan atas tipe litik dan lisogenik. Jelaskan perbedaaan ke-2 tahap daur hidup tersebut!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama: Iriani Susilowati
NIM: 12008038
Kelas: D
Materi: Virus (SMA kelas X semenster 1)
Dosen: Novi Febrianti, M.Si.
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
YOGYAKARTA
2015


Download RPP BIOLOGI (VIRUS).docx

Download Now



Terimakasih telah membaca RPP BIOLOGI (VIRUS). Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: