September 17, 2016

RPP IPS KELAS 8 TEMA 4 SUBTEMA B.1

Judul: RPP IPS KELAS 8 TEMA 4 SUBTEMA B.1
Penulis: Anandita Susanto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : SMP NEGERI 5 LANGOWAN
KELAS/SEMESTER : VIII/DUA
MATA PELAJARAN : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
TEMA : IV Keragaman Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional
Sub Tema : B. Fungsi dan Peran Keragaman Sosial Budaya dalam Pembangunan (12 JP)
Sub-Sub Tema : 1. Fungsi dan peran Keragaman Suku Bangsa (4 JP)
KOMPETENSI INTI(KI)
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR(KD)
1.1. Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
1. 2. Menghayati ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
2.1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.1. Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
3.2. Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik.
4.1. Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
4.2 Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial, politik, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat.
4.3. Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan pembelajaran sub-subtema ini adalah mendeskripsikan peran dan fungsi keragaman suku bangsa.
D. MATERI AJAR
Peran dan Fungsi keragaman suku bangsa.
F. PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sub-subtema ini adalah:
a. Pendekatan: Saintifik (Scientific)
b. Model: Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan 1) Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
2) Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas.
3) Guru memberi motivasi: menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari.
4) Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5) Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4 – 5 orang.
Kegiatan Inti 1) Mengamati
a) Peserta didik diminta mengamati peta sebaran suku bangsa yang ada di Indonesia., kemudian diminta mengisi lembar aktivitas kelompok berikut!
32067545720
Aktivitas Kelompok
1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang!
2. Amatilah jenis pekerjaan yang biasa dilakukan penduduk dari berbagai macam etnis!
3. Diskusikan keunggulan keahlian penduduk tersebut dalam kegiatan ekonomi!
4. Tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini!
4. Tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini!
No. Suku Bangsa Cara Mengatasi
1. Minang Berjualan nasi padang, berdagang
2. Jawa Berjualan bakso dan menjual jamu, bertani
3. Sunda
4. Madura
5. Batak
Dst. ..................
5. Presentasikan hasil pekerjaan kalian di depan kelas!
b) Setelah melakukan pengamatan peta dan mengisi lembar aktivitas kelompok peserta didik diminta mendiskusikan di dalam kelompok dan menuliskan hal-hal yang ingin diketahui di dalam kertas yang sudah disiapkan oleh guru.
c) Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai denga tujuan pembelajaran, jika belum dengan panduan guru, peserta didik diminta untuk memperbaiki.
d) Jika hal-hal yang ingin diketahui belum semuanya mencakup tujuan pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran.
2) Menanya
a) Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan sebaran suku di Indonsia. Pertanyaan diarahkan pada hal-hal yang substantive
tersebut? Apa keunggulan suku tersebut? Jenis pekerjaan dominan pada suku tersebut? Dan sebagainya.
b) Satu diantara peserta didik dari wakil kelompok diminta menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
c) Peserta didik diminta mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui.
3) Mengumpulkan Data/Informasi
Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber, seperti: membaca Buku Siswa, mencari di internet atau membaca buku di perpustakaan.
4) Mengasosiasi/Menalar
a) Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan (menyempurnakan jawaban sementara yang telah dirumuskan dalam kelompok).
b) Peserta didik diminta untuk mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
5) Mengomunikasikan
a) Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
b) Kelompok lain diminta menyampaikan pertanyaan atau saran.
c) Kelompok yang presentasi memberi tanggapan atas pertanyaan dan saran.
d) Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.
Penutup 1) Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2) Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3) Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
4) Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
5) Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
6) Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subtema berikutnya.
G. Penilaian Hasil Belajar
Tehnik penilaian proses : instrumen penilaian diskusi, pengetahuan, keterampilan dan presentasi
Bentuk penilaian hasil : tulisan kerja kelompok
H. SUMBER BELAJAR
a. alat : Laptop, LCD
b. Sumber belajar: Buku siswa, Internet
Penilaian Sikap
Rubrik penilaian sikap
No Nama Sikap spiritual Sikap sosial Total nilai
Menghayati karunia tuhan Tanggung jawab Kerja sama 1-4 1-4 1-4 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 Keterangan :
Nilai sikap peserta didik : jumlah nilai yang diperoleh dibagi 3
Penilaian Pengetahuan
No. Butir Pertanyaan
1. Apa saja suku-suku yang ada di Pulau Sumatra?
2. Apakah keuntungan yang dirasakan masyarakat Indonesia yang mempunyai keanekaragaman suku bangsa?
3. Bagaimana seharusnya peran pemerintah dalam memahami potensi besarnya suku bangsa ini?
4. Pulau Jawa mempunyai suku apa saja? Jelaskan?
5. Mengapa Indonesia mempunyai potensi keragaman suku bangsa yang tinggi ?
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan = Jumlah nilai yang diperoleh
Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No. Nama eserta didik Kemampuan presentasi
(1-4) Kemampuan bertanya
(1-4) Kemampuan menjawab
(1-4) Jumlah nilai
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 Keterangan :
Nilai terentang antara 1-4
1= kurang
2= cukup
3= baik
4= amat baik
Nilai = jumlah nilai dibagi 3
Rubrik penilaian keterampilan (diskusi)
No. Nama Mengomunikasikan
(1-4) Mendengarkan
(1-4) Beragumentasi
(1-4) Berkontribusi
(1-4) Jumlah nilai
1 2 3 4 5 6. 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 Keterangan :
Nilai terentang antara 1-4
1= kurang
2= cukup
3= baik
4= amat baik
Nilai = jumlah nilai dibagi 4
Mengetahui,
Kepala SMP NEGERI 5 LANGOWAN
(Jantje. B. Kumolontang)
NIP. 195806271979031005 Langowan, ……………… 2015
Guru
Mapel IPS,
(Roosje Manampiring)
NIP: 19560919 197903 2 005


Download RPP IPS KELAS 8 TEMA 4 SUBTEMA B.1.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca RPP IPS KELAS 8 TEMA 4 SUBTEMA B.1. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: