February 05, 2017

Peran Ilmu Kimia dan Rangkuman


Judul: Peran Ilmu Kimia dan Rangkuman
Penulis: Taslim Taslim


Peran Ilmu Kimia dan Rangkuman
Kata Kunci: ilmu kimia, materi, Perubahan Fisika, Perubahan Kimia, polimer, senyawa anorganik, senyawa organikDitulis oleh Zulfikar pada 20-02-2010
PERAN ILMU KIMIA
Pembahasan ringkas tentang materi, wujud, sifat dan perubahan dari materi  serta energi merupakan ruang lingkup pengkajian ilmu kimia. Saat ini perkembangan ilmu kimia sangat pesat dan telah memberikan andil yang sangat besar dalam kehidupan manusia.
Ilmu Kimia telah menghantarkan produk-produk baru yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dalam kehidupan sehari-hari banyak produk yang telah kita pergunakan seperti, sabun, deterjen, pasta gigi dan kosmetik. Penggunaan polimer pengganti untuk kebutuhan industri dan peralatan rumah tangga dari penggunaan bahan baku logam telah beralih menjadi bahan baku plastik polivynil clorida (PVC). Kebutuhan makanan juga menjadi bagian yang banyak dikembangkan dari kemasan, makanan olahan (Gambar 1.14) sampai dengan pengawetan.

Luasnya area ilmu kimia, sehingga keterkaitan antara satu bidang ilmu dengan bidang ilmu lainnya menjadi sangat erat. Peran ilmu kimia untuk membantu pengembangan ilmu lainnya seperti pada bidang geologi, sifat-sifat kimia dari berbagai material bumi dan teknik analisisnya telah mempermudah geolog dalam mempelajari kandungan material bumi; logam maupun minyak bumi.
Pada bidang pertanian, analis kimia mampu memberikan informasi tentang kandungan tanah yang terkait dengan kesuburan tanah, dengan data tersebut para petani dapat menetapkan tumbuhan/tanaman yang tepat. Kekurangan zat-zat yang dibutuhkan tanaman dapat dipenuhi dengan pupuk buatan, demikian pula dengan serangan hama dan penyakit dapat menggunakan pestisida dan Insektisida. Dalam bidang kesehatan, ilmu kimia cukup memberikan kontribusi, dengan diketemukannya jalur perombakan makanan seperti karbohidrat, protein dan lipid. Hal ini  mempermudah para ahli bidang kesehatan untuk mendiagnosa berbagai penyakit. Interaksi kimia dalam tubuh manusia dalam sistem pencernaan, pernafasan, sirkulasi, ekskresi, gerak, reproduksi, hormon dan sistem saraf, juga telah mengantarkan penemuan dalam bidang farmasi khususnya penemuan obat-obatan (Gambar 1.15).

RANGKUMAN
Ilmu Kimia ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang materi meliputi susunan, struktur, sifat dan perubahan materi, serta energi yang menyertainya.
Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa.
Perubahan yang terjadi pada materi yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia.
Perubahan fisika yaitu perubahan yang tidak menghasilkan materi baru, yang berubah  bentuk dan wujud materi, sedangkan perubahan kimia yaitu perubahan yang menghasilkan materi baru.
Materi dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu zat tunggal dan campuran.
Zat tunggal dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu unsur dan senyawa.
Unsur zat yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana.
Senyawa didefinisikan sebagai zat yang dibentuk dari berbagai jenis unsur yang saling terikat secara kimia dan memiliki komposisi yang tetap.
Di alam terdapat dua macam senyawa yaitu senyawa organik dan senyawa anorganik.
10.  Senyawa organik adalah senyawa yang dibangun oleh unsur karbon sebagai kerangka utamanya. Senyawa-senyawa ini umumnya berasal dari makhkuk hidup atau yang terbentuk oleh makhluk hidup (organisme).
11.  Senyawa anorganik senyawa-senyawa yang tidak disusun dari atom karbon, umumnya senyawa ini ditemukan di  alam,
12.  Campuran dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.
13.  Campuran homogen adalah campuran serbasama yang materi-materi penyusunnya berinteraksi, namun tidak membentuk zat baru.
14.  Campuran heterogen campuran serbaneka, dimana materi-materi penyusunnya tidak berinteraksi, sehingga kita dapat mengamati dengan jelas dari materi penyusun campuran tersebut.
15.  Ilmu kimia berperan dalam peningkatan kesejahteraan manusia dan perkembangan lain, misalnya dalam pemenuhan kebutuhan lain, misalnya dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga, kemajuan ilmu kedokteran, peningkatan produktivitas pertanian, kemajuan teknologi, transportasi, penegakan hukum, kelestarian lingkungan dan kemajuan fotografi dan seni.
MATERI DAN KLASIFIKASINYA
MATERI
Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa, volume dan menempati ruang. Contoh: zat padat, cair dan gas.
Klasifikasi materi
  Unsur :zat tunggal yg paling sederhana.
  Senyawa :zat tunggal yg mana berbentuk karena gabungan dua unsur atau lebih
  Campuran: gabungan 2 unsur atau lebih yg sifat penyusunnya tidak sama


Download Peran Ilmu Kimia dan Rangkuman.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Peran Ilmu Kimia dan Rangkuman. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon