February 09, 2017

MAKALAH ILMU PENGETAHUAN ALAM


Judul: MAKALAH ILMU PENGETAHUAN ALAM
Penulis: J. Fawzi Maharanny


BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang dihuni makhluk hidup. Bumi mempunyai atmosfer yang tersusun dari Nitrogen (N2) = 78 %, Oksigen (O2) = 21 %, dan sisanya terdiri dari argon, karbondioksida, ozon, dan gas-gas lain. Udara merupakan kumpulan berbagai macam gas. Gerakan udara berada dalam atmosfer yang terjadi karena adanya pengaruh pemanasan sinar matahari serta perputaran bumi. Perputaran bumi ini akan mengakibatkan bergeraknya masa udara.
           Udara tidak dapat kita lihat, akan tetapi keberadaannya dapat kita rasakan. Udara menempati ruang. Udara yang kita hirup setiap detik itu terdiri dari bermacam-macam gas. Kandungan gas-gas dalam udara tersebut pada keadaan normal (tanpa polutan) yaitu gas nitrogen (N2) 78%, gas oksigen (O2) 21%, karbondioksida (CO2) 0,03%, dan gas-gas lainnya 0,07% . Oleh karena itu udara sangat diperlukan bagi makhluk hidup dalam kehidupannya sehari-hari.
B.Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari Udara?
2.      Apa saja komposisi dalam Udara?
3.      Apa saja sifat-sifat Udara?
4.      Apa manfaat Udara dalam kehidupan?
C.     Tujuan dan Manfaat Penulisan
Dengan mengacu pada latar belakang, maka tujuan makalah yaitu untuk mengetahui pengaruh udara,manfaat dan tujuannya dalam kehidupan kita.
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah untuk memperkaya wawasan pembaca tentang udara dan mengajak para pembaca untuk memahami dan ikut mencoba memecahkan permasalahan-permasalahan yang timbul pada kaitannya dengan Udara itu sendiri.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Udara
Udara dapat didefinisikan campuran berbagai gas yang tidak berwarna dan tidak berbau yang memenuhi ruang diatas permukaan bumi. Apabila dipanaskan, udara akan memuai. Udara yang telah memuai menjadi lebih ringan sehingga naik. Apabila hal ini terjadi tekanan udara turun karena udaranya berkurang. Udara dingin mengalir ketempat udara yang bertekanan udarah rendah lalu akan menyusut menjadi lebih berat dan turun ke tanah, diatas tanah udara menjadi panas dan naik kembali. Aliran naiknya udara panas dan turunya udara dingin ini dinamakan "konveksi". Manusia serta makhluk hidup lainnya memerlukan udara untuk bernafas, walaupun memiliki perbedaan cara penggunaan organ penafasannya (paru-paru, insang, kulit, da trakea).
2.2 Komposisi Udara
Manusia tidak akan bisa hidup di ruangan yang tidak memliki udara. Manusia juga tidak akan bisa hidup di dalam ruangan walaupun ruangan tersebut berisi udara jika komposisi penyusun udaranya tidak tepat atau ada bahan berbahaya yang terlarut di dalam udara. Saat ini kehidupan manusia ditopang oleh komposisi udara.Macam-macam kandungan gas penyusun udara, yaitu:
 1.      Oksigen (O2)
Adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Merupakan unsur yang mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya. Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa. Gas oksigen mengisi 20,9% volume atmosfer bumi. Oksigen mengembun pada suhu 90,20 K (-182,95º C, -297,31º F) dan membeku pada suhu 54,36 K (-218,79º C, -361,82º F), oksigen merupakan zat yang sangat reaktif dan harus dipisahkan dari bahan-bahan yang mudah terbakar.
Oksigen atau O2 adalah udara yang diperlukan makhluk hidup untuk bernapas. Selain itu, Oksigen (O2) juga digunakan dalam produksi baja dan untuk pengelasan. Gas oksigen (O2), merupakan gas yang diperlukan untuk pembakaran makanan dalam tubuh makhluk hidup. Pembakaran tersebut menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk melakukan segala aktivitas manusia. 
2. Nitrogen (N2)
Adalah unsur kimia dalam sistem periodik unsur yang memiliki lambang N dan nomor atom 7. Biasanya ditemukan sebagai gas tanpa warna, tanpa bau, tanpa rasa dan merupakan gas diatomik bukan logam yang stabil, sangat sulit bereaksi dengan unsur atau senyawa lainnya. Nitrogen mengisi 78,08% atmosfer di bumi dan membentuk banyak senyawa penting seperti asam amino, amoniak, asam nitrat dan sianida.
Nitrogen mengembun pada suhu 77 K (-196º C) pada tekanan atmosfer dan membeku pada suhu 63 K (-210º C). Ada dua isotop nitrogen yang stabil yaitu 14N dan 15N. Yang paling banyak adalah 14N (99,634%) yang dihasilkan dari bintang-bintang dan yang setelahnya adalah 15N.Nitrogen (N2) dipakai untuk membuat ammonia yang pada gilirannya menjadi bahan baku pembuatan pewarna, pupuk, bahan peledak, obat – obatan, dan plastik. Gas Nitrogen (N2) sangat penting untuk tumbuh-tumbuhan. Hal ini disebabkan gas nitrogen merupakan bahan utama penyubur tanah. Jadi gas nitrogen sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia.3.      Karbondioksida (CO2)
Adalah senyawa kimia yang terdiri dari zat atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon, berdasarkan volume rata-rata konsentrasi karbondioksida di atmosfer bumi 387 ppm. Jumlah ini dapat bervariasi tergantung dari lokasi dan waktu. Karbondioksida dihasilkan oleh semua hewan, tumbuh-tumbuhan, fungi dan mikroorganisme pada proses respirasi dan digunakan oleh tumbuhan pada proses fotosintesis.
Karbondioksida tidak mempunyai bentuk cair pada tatanan dibawah 5,1 atm namun langsung terjadi padat pada temperatur dibawah -78º C. Dalam bentuk padat, karbondioksida umumnya disebut sebagai es kering. CO2 adalah oksida asam, larutan CO2 mengubah warna lakmus biru menjadi merah muda.Pada keadaan standar, rapatan karbondioksida sekitar 1,98 kg/m2. Kira-kira 1,5 kali lebih berat dari udara. Molekul karbondioksida (O=C=O) mengandung dua ikatan rangkap yang berbentuk linear. Senyawa ini tidak begitu reaktif dan tidak mudah terbakar, namun bisa membantu pembakaran garam seperi magnesium.
Selain Oksigen (O2) yang berperan dalam proses pernapasan manusia, karbondioksida (CO2) juga berperan dalam proses pernapasan manusia. Selain itu, karbondioksida menyebabkan buah dalam minuman yang menguap atau bersuara mendesis ketika kemasannya dibuka. Karbon dioksida (CO2) merupakan gas hasil pernapasan. Gas ini sangat diperlukan tumbuhan untuk proses fotosintesis. Dalam udara, karbon dioksida berfungsi sebagai penyimpan panas yang dipancarkan oleh bumi. Jika di atas permukaan bumi tidak ada karbon dioksida, bumi akan menjadi sangat dingin. Namun jika terlalu banyak karbon dioksida maka permukaan bumi akan menjadi sangat panas.
4.      Argon (Ar)
Argon adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Ar dan nomor atom 18. Gas mulia ke-3, di periode 8, argon membentuk 1% dari atmosfer bumi.5.      Karbon monoksida (CO)
Gas ini sangat berbahaya, tidak berwarna dan tidak berbau, berat jenis sedikit lebih ringan dari udara (menguap secara perlahan ke udara), CO tidak stabil dan membentuk CO2 untuk mencapai kestabilan ph gasnya. CO berbahaya karena bereaksi dengan hemoglobin darah membentuk Carboxy hemoglobin (CO-Hb).
Akibatnya fungsi Hb membawa oksigen ke sel- sel tubuh terhalangi, sehingga gejala keracunan, sesak nafas dan penderita pucat.6.      Gas lain dalam udara
kripton (Kr), neon (Ne), atau xenon (Xe) merupakan gas-gas yang sulit bereaksi dengan unsur-unsur lain. Neon dan argon banyak digunakan untuk mengisi bohlam (lampu pijar). Gas Helium (He) dan hidrogen (H2) merupakan gas yang sangat ringan. Oleh karena itu, dalam atmosfer letaknya di lapisan bagian atas.
Gas-gas tersebut sering digunakan sebagai pengisi balon. Di matahari, terjadi reaksi fusi (penggabungan) gas-gas hidrogen menjadi helium. Dari reaksi tersebut dihasilkan energi yang sangat besar. Energi inilah yang merupakan sumber energi bagi kehidupan di bumi.Ozon (O3,) merupakan salah satu bentuk molekul oksigen. Gas ozon terletak di bagian adalah cahaya matahari yang mempunyai energi sangat tinggi. Sinar ini sangat berbahaya jika yang sampai di bumi terlalu banyak. Makhluk hidup memerlukan udara untuk bernapas. Selain manusia, hewan dan tumbuhan juga memerlukan udara untuk bernapas.
2.3 Sifat - sifat Udara
Udara ada di sekitar kita. Makhluk hidup memerlukan udara untuk bernapas. Waktu menarik napas, kita menghirup udara. Menghirup udara dan menghembuskan udara disebut bernapas. Selain manusia, hewan dan tumbuhan juga memerlukan udara untuk bernapas.Beberapa sifat udara antara lain:
Udara berbentuk gas
Udara menempati ruang, Misal: Balon yang ditiup maka udara akan memenuhi ruang balon tersebut.
Udara memiliki massa, misal: balon yang diitiup lebih berat daripada balon yg belum ditiup.
Udara mempunyai tekanan, misal: Ban mobil yang sudah dipompa mampu menahan penumpangnya.
Udara memuai jika dipanaskan, Misal: Sepeda yang berisi udara akan meletus apabila ban tersebut selalu dipanaskan.
Udara menyusut jika didinginkan, Misal : Daerah pegunungan lebih dingin daripada daerah yg berada didasar
Udara berhembus dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah.
Ada di mana-mana, tidak dapat dilihat tetapi dapat dirasakan 

Manfaat Udara untuk kehidupan :
Udara sangat penting bagi makhluk hidup. Tanpa udara, semua makhluk di muka bumi akan mati. Manfaat udara bagi kehidupan adalah sebagai berikut :a.     Sebagai pelindung terhadap radiasi sinar matahari (sebagian sinar matahari d iserap udara sehingga suhu di bumi tidak begitu tinggi).
b.    Sebagai sumber berbagai macam zat yang berguna bagi kehidupan (oksigen berguna bagi kehidupan, nitrogen berguna bagi tumbuhan).
c.    Sebagai pelindung bumi dari tabrakan-tabrakan dengan benda langit yang lain, karena meteorit-meteorit bergesekan dengan atmosfer sebelum sampai dibumi.
d.    Untuk keperluan komunikasi. Lapisan udara bagian atas atau pada ketinggian di atas 60 km berdasarkan partikel-partikel ion merupakan pemancar gelombang radio. Pemancar satelit palapa untuk komunikasi, satelit cuaca untuk mengamati keadaan cuaca dan satelit komunikasi TDRS (Telementry Data Relay Satellite) untuk membantu mengirimkan hasil pemotretan ke stasiun bumi.e.     Membantu terjadi penyerbukkan bunga
f.     Untuk bernafas
g.    Melindungi bumi dari radiasi dan mempengaruhi Musim
h.    Membawa uap air yang akan turun sebagai hujan
i.     Untuk menyeburkan tanah
j.      Sebagai energi alternatif:  PLT Angin , Kincir Angin , Menggerakkan Perahu Layar , Layang-layang

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Udara sangat penting bagi makhluk hidup. Tanpa udara, semua makhluk di muka bumi akan mati. Udara juga sebagai pelindung bumi dari tabrakan-tabrakan dengan benda langit yang lain. Karena Atmosfer bumi terbuat dari lapisan udara yang terdiri dari campuran berbagai gas yang menyelimutinya.3.2 Saran
Sebagai makhluk hidup kita harus saling menjaga kealamian udara untuk hidup yang lebih sehat. Menjaga bumi untuk masa depan anak cucu kita dimasa depan. Pemanfaatan Udara seharusnya perlu mempertimbangkan sisi yang lain. Tidak hanya hal Positif yang diambil tapi perlu adanya pemikiran terhadap dampak negatifnya.

Daftar Pustaka
http://ghofursmart.blogspot.com/2013/11/komponen-sifat-dan-manfaat-udara.html, Ahmad Abdul Ghofur, Diakses pada Selasa 16 September 2014 17.42 WIB
Tim listafariska. 2006. Udara dan Air. Jakarta: Listafariska Putra
http://diasdiari.blogspot.com/2014/02/manfaat-udara-bagi-kehidupan-dan-fungsi.html, Dias Diari, Diakses pada Selasa 16 September 2014 18.42 WIB
http://yaudaah.blogspot.com/2013/04/udara-dan-sifat-sifatnya.html, oleh Gilang Aprianto. Diakses pada Rabu 17 September 2014 21.00 WIB


Download MAKALAH ILMU PENGETAHUAN ALAM.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca MAKALAH ILMU PENGETAHUAN ALAM. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon