December 13, 2016

WARALABA KEWIRAUSAHAAN


Judul: WARALABA KEWIRAUSAHAAN
Penulis: Risma Martha WD.


Nama : Risma Marthaningsih
No. Reg : 8135123366
Pend. Tata Niaga Reguler 2012
WARALABA (FRANCHISING)
Pengertian Franchise (Waralaba).
Franchise alias waralaba merupakan peluang bagi wiraswastawan untukmasuk dalam usaha dengan memanfaatkan pengalaman, pengetahuan, dandukungan dari pemberi franchise. Sering wiraswastawan memulai usahabaru, kecil kemungkinannya usahanya akan berhasil. Dengan franchise,wiraswastawan akan dilatih dan didukung dalam pemasaran usaha dan akanmenggunakan nama yang telah mempunyai citra yang mapan.Orang yang menghadapi situasi yang mendesak untuk memiliki usahanyasendiri mungkin akan merasa bahwa franchise adalah pemecahan yangpaling mudah. Akan tetapi terdapat beberapa resiko penting pada haltersebut di atas.
Definisi Franchise (Waralaba).
Franchise bisa didefinisikan sebagai persetujuan di mana perusahaanatau distributor tunggal dari produk yang mempunyai merek dagangmemberikan hak eksklusif kepada perusahaan, distributor, atau pengecerindependen dengan imbalan pembayaran royalti dan menyesuaikan diridengan prosedur operasi standard. Orang yang menawarkan franchise(franchisor) dan merupakan orang yang berpengalaman dalam bisnisselama beberapa puluh tahun serta memiliki pengetahuan mengenai apayang berhasil dan apa yang tidak. Franchise adalah orang yang membelifranchise dan diberikan peluang untuk masuk dalam usaha baru denganpeluang besar untuk berhasil.
Keuntungan dari Waralaba.
Keuntungan yang paling utama dari franchise adalah bahwawiraswastawan tidak perlu pusing dengan hal yang berkaitan denganmemulai usaha baru. Pemberi franchise akan memberikan rencana operasibisnis dengan arah yang jelas.
Penerima franchise diberikan nasihat atau sebuah lokasi usaha yangtelah ditetapkan. Dalam franchise eceran seperti McDonald, analisalokasi dilakukan untuk menjamin bahwa bisnis akan mencapai tujuan yangditetapkan. Penilaian keadaan lalu lintas, demografi, pertumbuhanbisnis di suatu daerah, persaingan, dan lain-lain merupakan bagianintegral dari keputusan di mana akan menempatkan usaha. Seringfranchise melibatkan nama yang telah mapan yang akan memberikanpengakuan langsung dari penerima franchise di daerah pasar. Hal initidak menjamin keberhasilan tetapi memberi dorongan untuk memulaiusaha dengan citra positif.
Salah satu tujuan dari pemberian hak usaha adalah bahwa pemberi hakbisa mendapatkan manfaat dari ekspansi cepat dan luas tanpa meminjamatau menanggung resiko finansial penting. Jika pemberi hak memberikanpeluang kuat untuk berhasil, dia juga akan menerima manfaat dariroyalti yang diterima dari penerima franchise. Untuk menjamintercapainya hal itu, pemberi hak harus menyediakan akuntansi standardan prosedur operasional dan mempertahankan kendali atas perancangantata ruang, peralatan dan perlengkapan. Kendali strukturalsesungguhnya menguntungkan bagi penerima hak karena dia akanmendapatkan manfaat dari pengalaman pemberi hak.
Masing-masing penerima franchise individu tidak akan mampu memasangiklan secara luas. Akan tetapi dengan penggabungan (pooling) di manakontribusi diberikan oleh tiap-tiap penerima hak berdasarkan volumepenjualan, organisasi keseluruhan bisa mengadakan pengiklananbesar-besaran untuk memperkuat nama franchise. Penerima franchiseindividu kemudian bisa melakukan promosi di daerah mereka sesuaidengan persetujuan yang ada.
Jenis-jenis Franchise.
Waralaba dapat dibagi menjadi dua:
Waralaba luar negeri/asing adalah waralaba yang berasal dari luar negeri, jenis waraaba ini cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi. Contohnya : McDonald's, Kentucky Fried Chicken, Bread Talk, Starbucks, Pizza Hut, dll.
Waralaba dalam negeri adalah waralaba yang berasal dari dalam negeri, jenis wara laba ini juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.contoh wara laba local : Primagama, Alfamart, Martha Tilaar, Roti Buana, Edward Forrer, Bogasari Baking Center dan berbagai nama lainnya.
Persetujuan Franchise (Waralaba).
Kontrak atau persetujuan franchise adalah tahap akhir untuk menjadipemakai franchise. Pada tahap ini pengacara yang berpengalaman dalamfranchise akan sangat diperlukan. Persetujuan ini berisi semuapersyaratan spesifik dan kewajiban dari pemakai franchise. Hal-halseperti eksklusivitas daerah pemasaran akan melindungi pemakaifranchise yang memiliki franchise sama. Syarat-syarat yang bisadiperbaharui akan menunjukkan panjang kontrak dan persyaratan untukmemperbaharuinya. Persyaratan finansial akan menentukan harga darifranchise, jadwal pembayaran, royalti yang harus dibayar, dan lain.Pemutusan perjanjian finansial hendaknya menunjukkan syarat-syarat apayang akan terjadi jika usaha dari pemakai franchise mengalamikebangkrutan. Masalah-masalah pemutusan perjanjian franchise biasanyasering mendatangkan perkara hukum dibanding persoalan lain dalamfranchising. Oleh karena itu syarat-syarat yang ditetapkan di atashendaknya memberikan nilai pasar yang wajar jika pemakai franchiseingin menjualnya.
Tipe-tipe Franchising (waralaba)
Dalam praktek pelaksanaannya, dapat dijumpai beberapa tipe franchising, yaitu :
Trade name franchising
Dalam tipe ini franchisee memperoleh hak untuk memproduksi, sebagai contoh, PT. Great River memiliki hak untuk memproduksi pakaian dalam Triumph dengan lisensi dari jerman.
Product distribution franchising
Dalam tipe ini, franchisee memperoleh hak untuk distribusi di wilayah tertentu, misalnya soft drink, cosmetics.
pure franchising/ bisiness format
Dalam tipe ini franchisee memperoleh hak sepenuhnya, mulai dari trademark, penjualan, peralatan, metode operasi, strategi pemasaran, bantuan manajemen dan teknik, pengendalian kualitas, dan lain-lain. Contohnya adalah restaurant, fash food, pendidikan, dan konsultan.
Keuntungan dan Kerugian Franchising
Keuntungan memasuki pasar internasional dengan bisnis franchising, adalah :
pengalaman dan factor sukses
bantuan keuangan dari franchising
brand nama dan reputasi
bisnis sudah terbangun
terdapat standar mutu
biaya produksi rendah
kesiapan manajemen
bantuan manajeman dan teknik
frofit lebih tinggi dan perlindungan wilayah
memperoleh manfaat market research dan product development
resiko gagal kecil
franchisor memberikan banyak bantuan, kepada franchisee.
Kerugian-kerugian Franchising :
program latihan franchisor terkadang jauh dari harapan
franchisor hanya sedikit memberikan kebebasan
Kontrak Waralaba
Salah satu bagi perusahaan untuk melakukan expansi atau perluasan usahanya keluar negeri damat dilakukan dengan cara melakukan kontrak manajemen , dimana kontrak manajemen dapat dilakukan jika suatu perusahaan menyewakan keahlian atau pengetahuannya kepada pemerintah atau perusahaan uar negeri dalam bentuk sumberdaya manusia. Orang atau pekerja tersebut datang kepada pemerintah atau perusahaan dan mengelola kepentingan mereka. Metode ini sering dilakukan bila terdapat pemasangan fasilitas baru, baik nasionalisasi yang dilakukan pemerintah terhadap badan usaha yang dahulunya dimiliki oleh asing atau swasta, atau bagi perusahaan yang sedang berada dalam kesulitan.
Kontrak manajemen sering dijimpai juga dalam oparasi trun key, dimana perusahaan memberikan jasa penangan seluruh fasiitas baru, termasuk desain, konstruksi, dan pengoprasiannya. Masalah yang serng dihadapi dalam operasi ini adalah lamanya waktu kontrak, yang mengakibatkan panjangnya jadwal pembayaran dan menimbulkan resiko yang lebih besar dipasar mata uang, dimana dalam waktu yang panjang tersebut keadaan pasar uang tidak selalu satabil dan lebih cenderung fluktuatif, sehingga resiko keuangan akan semakin besar. Persaingan dalam usaha ini yang semakin lama semakin meningkat dengan semakin menigkatnya kapasitas luar negeri dengan adanya fasilitas baru.
Contoh-contoh waralaba
Contoh  yang sudah berkembang di Indonesia seperti :
KFC
CFC
Mc Donald
Pizza Hut
Indomaret
Alfamart
Papa Rons Pizza
Dan lain sebagainya
Contoh gambar waralaba :




Download WARALABA KEWIRAUSAHAAN.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca WARALABA KEWIRAUSAHAAN. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon