Desember 13, 2016

Proposal Usaha Cuci Mobil dan Motor

Judul: Proposal Usaha Cuci Mobil dan Motor
Penulis: Rudi Amir


Proposal Usaha Cuci Mobil dan Motor
BAB I
A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Berdasarkan berita di Tempo per tanggal 5 Mei 2008 ternyata kenaikan pejualan mobil meningkat dari bulan Maret 2008 ke bulan April 2008 sebesar 10,8 % atau sebanyak 542.448 unit motor diseluruh Indonesia. Jumlah yang lumayan banyak bukan. Tapi itu hanya motor roda dua merek Honda saja dan belum di jumlahkan dengan merek lainnya seperti toyota, Suzuki dll. Jadi dapat anda bayangkan ternyata disaat ini dimana banyak orang bilang keadaan ekonomi Indonesia semakin sulit karena kenaikan harga minyak dunia dilain pihak ternyata semakin banyak orang yang sanggup membeli barang yang tergolong sekunder atau bukan kebutuhan pokok ini. Hal ini salah satunya karena dipicu oleh kenaikan harga komoditi beras dipasar internasional. Apa artinya hal ini? Ini berarti salah satu peluang usaha dan peluang bisnis yang berkaitan dengan kendaraan roda empat ini juga semakin terbuka lebar yakni perlengkapan mobil. Dalam rangka memanfaatkan peluang ini, penulis mencoba mendirikan sebuah usaha cuci steam mobil yang diberi nama "kinclong"
2. Tujuan
Tujuan dari usaha ini adalah:
Dapat melakukan usaha cuci steam dengan baik dan memberikan manfaat yang besar.
Dapat memasarkan usaha cuci steam ini dengan baik.
Dapat menjaga kelangsungan usaha dan mengembangkannya.
B. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
1. Pemasaran
Pangsa pasar ini sangatlah jelas yakni para pengguna mobil, tapi untuk promosi bulan pertam akan memberikan potongan harga sampai setengahnya, dan menargetkan sekitar 50 mobil dalam minggu pertama dan lebih dari 70 mobil pada minggu-minggu berikutnya.
2. Produk
Sebagai ilustrasi, harga cuci mobi Rp 25.000,-. Kita bisa menambahkan semir ban sebagai nilai tambah tanpa biaya tambahan.
3. Strategi Pemasaran
Melakukan pemasaran secara langsung dengan pamflet, maupun hanya dari mulut ke mulut.4. Prospek Pasar Dan Pemasarannya
Seluruh komplek di perumahan dasana indah.5. Keunggulan
Yang menjadikan salon mobil ini menjadi plus ialah salon mobil yangakan dibuat ini menggunakan mesin SNOW WASH, performa karyawan yang baik dan menarik, dan sistem kerja yg efisien. Salon mobil plus ini beda dengan tempat pencucian mobil lainnya, karena ada :• Mini market atau mini kafe.
• Fasilitas kupon bonus untuk konsumen yang sering menggunakan
C. ASPEK SDM
Untuk pegawai, tidaklah terlau sulit mencarinya karena tidak diperlukan keahlian khusus. Tetapi meskipun demikian, harus kita memilih karyawan yang mau bekerja keras dan tidak malas. Sebagai imbalan, bisa kita memberikan gaji, atau upah per mobil dan yang selesai dicuci.D. ASPEK PERALATAN DAN PERLENGKAPAN
1. Letak Lokasi
Berada di dekat tempat pemukiman penduduk, didepan komplek perumahan, berada dipinggir jalan utama.2. Standar Kebutuhan Ruang
Luas ruang: (lebar) 40m x (panjang) 70m
3. Asumsi kebutuhan ruang:
- Tempat pencucian
- Tempat pengeringan
- Ruang tunggu
Peralatan-peralatan salon motor yang harus disediakan adalah sebagai berikut :1. Satu kompresor2. Satu mesin air untuk steam3. Satu mesin steam system snow wash (busa salju)4. Vacuum cleaner5. Bak penampungan air6. Seragam karyawan7. Media promosi8. Instalasi ruangan
9. Peralatan mencuci * - Sikat* - Kanebo* - Kuas kecil & besar* - Kain bol* - sabun BusaE. ASPEK MANAJEMEN
* - Penyusunan tim kerja* - Pimpinan proyek* - Sistem dan keuangan* - Lapangan / pembelanjaan* - Pemasaran
F. ASPEK KEUANGAN
1.Kebutuhan dana untuk investasi : Rp 33.000.000,-
2.Modal Kerja : Rp 42.711.000,-
3.Penggunaan Dana per bulan :
Operasional : Rp 500.000,-
Gaji Karyawan : Rp 700.000,-
Kalkulasi biaya :Listrik, Air & Telp. : Rp 1000.000,-
Pembelian Bahan : Rp 150.000,-
Gaji Karyawan : Rp 700.000,-
Total Pengeluaran per bulan : Rp. 1.850.000,-
Proyeksi Pendapatan : Rp 5.000.000,-
Inti dari langkah-langkah pembuatan proposal:
Intinya dalam membuat proposal usaha cuci mobil haruslah mengandung beberapa komponen didalammnya. Komponen itu adalah:
1. Profil Usaha
Dalam profil usaha ini Anda harus mencantumkan nama usaha Anda dan menyebutkan alasan-alasan mengapa Anda memilih nama itu, kemudian Anda juga harus mencantumkan layanan-layanan yang ada dalam usaha Anda dan keunggulan-keunggulan usaha Anda yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain yang sejenis. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan bagaimana strategi pengelolaan dan marketing yang Anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan.2. Lokasi atau Tempat
Anda harus mencantumkan alamat lokasi Anda dan Anda juga menjelaskan situasi dan kondisi lingkungan tempat Anda membuka usaha cuci mobil itu.3. Sumber Daya Manusia
Cantumkan juga orang-orang yang akan mengelola usaha cuci mobil Anda itu, kemudian Anda juga harus memposisikan mereka sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang mereka miliki agar nantinya usaha Anda bisa memberikan hasil yang baik dan pelayanan yang memuaskan untuk para pelanggan Anda.
4. Rincian peralatan dan Rencana permodalan
Anda harus mencantumkan rincian biaya dan analisis usaha yang akan Anda terima. Dengan begitu, rencana usaha Anda menjadi jelas dan pembaca proposal akan cepat memahaminya.
5. Pembagian Keuntungan
Jika Anda melakukan sebuah kerjasama dengan investor, Anda harus mencantumkan rencana pembagian keuntungan. Biasanya sih pembagiannya yaitu 50:50, namun ada juga yang 60:40. Semua tergantung kesepekatan yang Anda sepakati bersama dengan investor Anda.
          PROPOSAL
                                                                USAHA MAKANAN
"MARTABAK MANIS"
 
Disusun Oleh:
Nama  : Kristina
Kelas    :XII,TKJ 2
SMK NEGERI 1 UDANAWu
KABUPATEN BLITARTAHUN AJARAN 2011/2012.
 
 
 
 
 KATA PENGANTAR
  
Puji syukur kami panjatkan kehadirat allah SWT,bahwa kami telah menyelesaikan tugas mata pelajaran kewirausahaan dengan membahas susunan- susunan dalam bentuk proposal yang berjudul "Usaha Makanan Martabak Manis".
Dalam penyusuna tugas ini,tak sedikit hambatan yang kami hadapi,namun kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan proposal ini tidak lain berkat bantuan dorongan dan bimbingan orangtua sehingga kendala kendala yang kami hadapi teratasi oleh karena itu kami mengucap terima kasih kepada.
Ibu guru bidang kewirausahaan yang telah memberikan tugas,petunjuk kepada kami sehingga kami bermotifasi dan menyelesaikan tugas ini.
Orang tua yang telah turut membantu,membimbing dan mengatasi  berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai.
Dalam penulisan tugas proposal ini kami masih merasa banyak kekurangan baik pada teknis maupun materi,mengingat akan kemampuan yang kami miliki untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan pembuatan proposal ini.
Harapan kami  semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan fikiran bagi pihak yang membutuhkan khususnya bagi kami sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.
 
 
 
Kediri,7 februari 2012
Penyusun
 
Bab I pendahuluan
1.1 Latar Belakang.
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam2 aneka ragam makanan dari yang kecil dan hingga besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktifitas yang dijalani dan juga pasti memiliki makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Makanan-makanan memang sudah banyak sekali yang menjualnya tetapi makanan ini begitu sangat sederhana dan baik dikonsumzi ketika malam hari agar terlihat lebih istimewa dipandangan masyarakat. Dengan makanan ini dilakukan dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan higienis begitu juga harga terjangkau dan banyak pula masyarakat yg berminat untuk membelinya dengan rasa yang cukup enak,nikmat dan lezat.
Oleh karena itu saya memilih jenis usaha yaitu "Martabak Manis" untuk dijual karena untuk mengingatkan masyarakat indonesia agar  tidak lupa makanan khas indonesia,karena ini merupakan selingan dan baik untuk dikonsumsi.
 1.2 Manfaat Pembuatan Proposal1.Mengamati aspek-aspek penting dalam berwirausaha yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha.
2.menambah wawasan tentang cara memulai usaha.
3.melatih dalam pembuatan rencana anggaran secara sistematis 4.Sebagai pedoman wirausaha untuk tetap fokus pada tujuan dan target bisnisnya.
 
1.3 Tujuan Pembuatan Proposal.
1.Meyakinkan pihak-pihak yang akan memberikan dukungan baik keuangan maupun dokumentasi moral.
2.Sebagai pegangan dalam menjalankan usaha /bisnis.
 
 
Bab II perencanaan modaL
 2.1 Aspek Produksi.
Produk yg dijual adalah Martabak Manis yang merupakan makanan selingan makanan sehari hari. Untuk harga perporsi  usaha ini sangat terjangkau dan relatif murah untuk ukuran 12cm. dalam  menjalankan  usaha  ini  kita harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijalani dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat(konsumen).
Menentukan objek pasar dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau oleh masyarakat(konsumen) ialah Tempat yang diambil di Jln Raya sambi kediri karena tempatnya yang cukup strategis.
 
2.2 Aspek Pemasaran.
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dengan promosi disetiap pebelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan  memberikan 10% dari harga tersebut.
 
2.3 Aspek Organisasi dan Manajemen.     Untuk usaha ini masih terbilang kecil jadi masih belum ada karyawan untuk usaha ini. 
2.4 Analisis SWOT.
Setiap kegiatan untuk memulai usaha saya harus mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisi SWOT.1.strength (kekuatan).
kekuatan dari produk ini ialah:
            1. Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat.
2. 1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa.
3. Bahan produk yg terjamin sehat dan hiegienis.
2.weakness (kelemahan).
kelemahan dari produk ini ialah:
1.Tidak dapat tahan lama.
2.Produknya mudah ditiru.
3.produk tidak terjual banyak
3. Opportunity (peluang).
peluangnya ialah:
1.Tempat strategis.
2.Fasilitas yang cukup memadai.
4. threath (ancaman).
            Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal. 
2.5 Aspek Modal Usaha.Modal dihasilkan dari pinjaman orang tua sebesar Rp.3.000.000 dianggarkan dalam:
 
A. Biaya Tetap
-gerobak                                                                   =Rp.500.000
-ofen                                                                         = Rp.200.000
-mixer                                                                        =Rp  130.000-kompor gas                                                            =Rp.100.000
-Meja+kursi                                                             =Rp.500.000
-piring kecil  2lusin @  13.000                         =Rp.   26.000
-sendok  2lusin @ 12.500                                    =Rp.  25.000
-garbu  2lusin @ 12.500                                      =Rp    25.000
-gelas plastik 1pak isi 5o pcs                               =Rp    24.000
-pisau makan 2lusin @ 13.000                          =Rp    26.000    +
                                                                                    Rp1.556.000
 
B. Biaya Variabel:
-sewa tempat                                                          =Rp  10.000-Listrik dan air                                                         =Rp     3.000
-Transportasi                                                           =Rp  10.000-Pembuatan brosur                                               =Rp  25.000-Piring plastik  1lusin @ 150×10                     =Rp  15.000
-Kardus  40biji @250×50                                     =Rp  12.500
-gas elpiji                                                                  =Rp  13.000-sedotan 1pak isi 50                                              =Rp     3.000
Bahan baku:
-telur  3kg @ 15.000×3                                        =Rp  45.000
-terigu  4kg @ 6.000×4                                        =Rp  24.000
-gula pasir 2kg @ 9000×2                                  =Rp  18.000-air                                                                              =-
-garam  1bngkus                                                    =Rp    1.000
-soda kue  3 @ 3000×3                                        =Rp    9.000
-blue band ½ kg                                                      =Rp    6.000
-pewarna kuning  2biji @ 1000×2                     =Rp    2.000
-fermipan(pengembang soda)  2biji                 =Rp    1.000
Bahan taburan:
-kacang tanah  1kg                                                    =Rp  14.000
-Meises  ½ kg                                                           =Rp  10.000
-keju  1biji                                                                =Rp    6.000
-susu kental manis  3kaleng @ 8.500               =Rp   25.500
-wijen 2ons                                                              =Rp   12.000
Bahan minum:
-kuku bima 1pak                                                    =Rp     3.500
-es batu ukuran plastik 2kg                                 =Rp        500  +Rp    269.000
Jadi biaya variabel untuk 1bulan adalah Rp269.000×30=Rp8.070.000
 
C. Biaya tak terduga =  
Untuk biaya tak terduga ialah Rp.100.000
 
 Bab III  perencanaan keuangan
 
3.1 penentukan harga pokok produk
            Biaya produksi (variabel)  =HPP
Jumlah Produk jadi
Rp.269.000     =Rp 6.725 dibagi 40= Rp 6.800  
Laba yang diinginkan =Rp6.800 x 25 ibagi 100
= Rp1700
Harga jual =Hpp+Laba
=Rp6.800+Rp1700
=Rp8.500
3.2 analisis pendapatan:
Maka pendapatan perhari Rp8.500 x 40=Rp340.000
Maka pendapatan perbulan   Rp.340.000 30=Rp10.200.000                                                                `
 
3.3 analisis perencanaan laba
Analisis pendapatan/bulan – biaya variabel/bulan
Rp10.200.000 – Rp8.070.000= Rp.2.130.000
 
BAB VI .Penutup
 4.1 Kesimpulan
harapan saya untuk produk "Martabak Manis"ialah supaya produk
ini bisa lebih Berkembang dan maju dan banyak konsumen yang meminatinya. Disamping itu,saya mengharapkan
supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat
bagus dan berkualitas.
4.2 SARAN.
Demikian proposal ini kami buat. kami menyadari masih banyak kesalahn-kesalahan yang kami buat untuk itu kritik dan saran dari bapak/ibu sangat kami harapkan. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.


Download Proposal Usaha Cuci Mobil dan Motor.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Proposal Usaha Cuci Mobil dan Motor. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: