December 13, 2016

Cilok jadi pkm roni


Judul: Cilok jadi pkm roni
Penulis: Novi Ida


1630295-21897
USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
CILOK SAYUR ISI BUAH
JAJANAN SEHAT NAN MURAH
BIDANG KEGIATAN :
PKM-K
Diusulkan oleh :
Muhamad zamroni(8111412074/2012)
Rafif nabil armada (8111412108/2012)
Dona sitepu(8111412104/2012)
Desi ratna puspita(8111411193/2011)
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
SEMARANG
2012

DAFTAR ISI
Coveri
Halaman Pengesahan ii
Daftar isi.iii
Judul Program 1
Latar Belakang 1
Perumusan Masalah 2
Tujuan 2
Luaran yang Diharapkan2
Kegunaan Program2
Gambaran umum rencana usaha3-6
Metode Pelaksanaan 7
Jadwal Kegiatan 8
Rancangan Biaya 8
Lampiran-lampiran 10-12
JUDUL PROGRAM
"CILOK SAYUR ISI BUAH JAJANAN SEHAT NAN MURAH "
LATAR BELAKANG MASALAH
Sekarang ini banyaknya pengangguran di Indonesia diakibatkan kurang tersedianya lapangan pekerjaan yang memadai sehingga diperlukannya terobosan-terobosan baru dalam menciptakan peluang kerja. Namun, bukan hal yang mudah bagi masyarakat untuk menciptakan peluang-peluang tersebut dikarenakan kurangnya pendidikan serta keterampilan. Salah satu alternative yang paling banyak dilakukan masyarakat terutama masyarakat menengah ke bawah adalah dengan membuka usaha kecil-kecilan. Sebenarnya usaha kecil-kecilan tersebut sudah membuka peluang usaha yang besar apabila dikelola dengan baik. Pada kenyataannya tidak sedikit yang mengalami kegagalan. Hal ini dikarenakan kurangnya keterampilan dalam menentukan peluang usaha dengan kondisi daerah yang dijadikan sasaran dalam berusaha. Tentunya diperlukan keterampilan membaca peluang usaha sehingga usaha yang akan dijalani sesuai dengan permintaan sasaran dalam berusaha.
Di kota semarang salah satu peluang usaha yang masih terbuka adalah usaha di bidang jajanan khususnya jajanan yang murah seperti cilok. Dapat kita ketahui bahwa anak-anak, remaja maupun orang tua suka sekali dengan jajanan seperti cilok. Pada umumnya orang beranggapan bahwa cilok itu hanya terbuat dari aci atau tepung kanji yang dicampur dengan penyedap rasa yang kemudian di kukus ataupun digoreng tanpa memperhatikan masalah kesehatan.
Namun tanpa mereka sadari bahwa banyak penyakit-penyakit yang timbul dari jajanan-jajanan kecil yang murah tanpa memperhatikan unsur kesehatan, melainkan lebih memperhatikan harga yang murah dan rasa yang enak. Apalagi disemarang masih jarang yang jual jajanan murah nan sehat seperti cilok sayur isi buah ini. Untuk itu peluang untuk melakukan usaha ini pun sangat besar. Di dalam proposal ini, kelompok kami mempunyai ide untuk membuat usaha dengan memodifikasi jajanan cilok dengan dicampur dengan sayur dan didalamnya diisi dengan buah.
PERUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana menciptakan jajanan sehat nan murah dan disukai banyak orang?
2. Bagaimana memberikan alternatif rasa yang enak dan dapat diminati oleh semua kalangan?
3. Bagaimana membuka usaha baru yang langka dan dapat menyerap tenaga kerja?
D. TUJUAN
1. Menciptakan jajanan sehat nan murah dan disukai banyak orang
2. Memberikan alternatif rasa diminati oleh semua kalangan.
3. Membuka usaha baru yang langka dan dapat menyerap banyak tenaga kerja.
E. LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran yang diharapkan dari terealisasinya program kewirausahaan ini adalah, antara lain:
Adanya sebuah usaha mandiri bagi mahasiswa sebagai bekal untuk berwirausaha lebih lanjut dan pembangunan ekonomi rakyat.
Banyaknya masyarakat kota semarang yang menyukai jajanan cilok.
F. KEGUNAAN PROGRAM
1. Dapat memberikan solusi bagi mereka yang suka jajan. Terutama orang yang tidak memperhatikan unsur kesehatan dalam memilih jajanan.
2. Dengan memakan sayur dan buah kita dapat menjaga kesehatan.
3.Menciptakan makanan murah, sehat dan rasa yang enak serta tanpa pengawet dan bahan berbahaya.
4. Selanjutnya diharapkan dapat menjadi usaha yang berkembang pesat dan menjadi industri rumahan yang dapat menyerap banyak tenaga kerja dan mengurangi jumlah pengangguran
G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
1.Melihat banyak jajanan yang terdapat dimasyarakat ataupun yang dijual di pedagang kaki lima yang kurang higenis tanpa memperhatikan unsur kesehatan khususnya di Kota Semarang. Kelompok kami tergoyah untuk membuat suatu produk jajanan yang murah dan memperhatikan unsur kesehatan serta kebersihan. Seperti kita ketahui betapa pentingnya menkonsumsi buah dan sayur dapat membuat tubuh kita menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, karena buah mengandung banyak vitamin dan mineral.
Cilok (singkatan dari Aci dicolok) adalah sebuah makanan rakyat khas Jawa Barat yang berasal dari Indonesia yang terbuat dati tepung Kanji (aci dalam bahasa sunda) yang kenyal dengan di tambahkan bumbu pelengkap seperti Saus Kacang, Kecap,dan Saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat Telur atau cincang daging di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tepung kanji maka cilok jika dimakan teksturnya kenyal. Tak hanya disukai oleh anak-anak, pada zaman modern ini ternyata hapir semua orang menyukai cilok, seperti para mahasiswa dan orang tua.
Seperti kita ketahui bahwa biasanya cilok hanya dicampur dengan ayam atau dengan ikan. Tetapi kelompok kami mencoba membuat inovasi membuat cilok dengan dicampur sayur dan didalamnya diisi dengan buah. Selain menjadikan cilok enak dan juga menyehatkan karena buah dan sayur baik untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat mengkonsumsi buah dan sayur :
Buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain: vitamin A (beta-karoten), C dan E, magnesium, zinc, fosfor, dan asam folat. Riset menunjukkan asam folat berkhasiat mengurangi kadar homosistein, zat yang meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.Tubuh menjadi lebih segar dan enerjik. Banyaknya kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur membuat tubuh. kita segar dan enerjik sehingga kita pun terhindar dari infeksi virus seperti influenza atau serangan bakteri lainnya. Kita juga tahu bahwa buah sangat diperlukan untuk recovery atau masa pemulihan setelah menderita sakit. Karena itu, telah menjadi suatu kebiasaan untuk membawa buah-buahan ketika kita menjenguk sanak-saudara atau teman yang sakit.
Mengandung beta karotin yang merupakan antioksidan dan berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan melawan radikal bebas. Dimana radikal bebas ini dapat menyebabkan kanker, dan penyakit degenerative.
Keunggulan cilok sayur isi buah
Bahan baku mudah diperoleh dipasar
Terdapat kandungan dan manfaat dari sayur dan buah yang dicampur kedalam cilok. Antara lain banyak mengandung vitamin dan mineral serta protein yang dibutuhkan oleh tubuh.
Buah mempunyai zat untuk meningkatkan kemampuan otak
Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut:
Bahan cilok :
Tepung sagu
Tepung terigu
Air
Garam secukupnya
Sayuran : bayam, sawi dan wortel.
Isi :
Buah : Strawberry, anggur, melon dan semangka.
Ikan tenggiri
Bumbu :
Ebi kering
Penyedap rasa
Garam
Bawang putih
Pelengkap :
saus sambal kemasan botol.
Cara pembuatan :
Blender hingga halus ikan tenggiri dan sayuran .
Kupas, cuci bersih buah dan potong dadu.
Campur tepung sagu dan air, masak hingga mengental. Angkat lalu tuang di atas tepung terigu, tambahkan garam, penyedap rasa dan tambahkan sari sayuran serta ikan tenggiri yang sudah dihaluskan. Uleni atau campur hingga rata.
Ambil satu sendok teh adonan, bulatkan dan pipihkan. Isi adonan di tengah dengan buah yang sudah dipotong dadu. Lalu bulatkan kembali. Lakukan hal yang sama hingga bahan habis.
Rebus cilok hingga terapung dan matang, angkat dan tiriskan. Sajikan cilok dengan saus sambal.
Pengenalan Produk
Untuk pengenalan produk, kami akan mengenalkan produk kepada teman dan pengenalan produk kepada masyarakat, dengan cara memberikan harga promo kepada setiap pembeli yang membeli produk kami dan sosialisasi kepada teman-teman ataupun kepada masyarakat.
Penetapan Harga yang Bersaing
Penetapan harga bersaing ini bisa kami menggunakan bahan yang murah dan berkualitas. Bahan-bahannya mudah didapat dan tidak terlalu mahal. Sangat terjangkau untuk keadaan perekonomian masyarakat khususnya menengah ke bawah. Harga per porsi dikenekan biaya Rp. 5.000,-
Strategi Pemasaran
Strategi bisnis pemasaran dan penjualan cilok ini dengan cara melakukan pemasaran sosial, yaitu mempraktikkan prinsip-prinsip promosi tanpa memaksa, memahami dan menerapkan posisi tempat secara tepat, perbedaan dan keunikan dan fokus sebuah produk dibandingkan dengan produk lainnya, bisa berupa logo dan bentuk unik. Terdapat dua tahap strategi dalam pemasaran yang akan dilakukan, yaitu:
a. Tahap jangka pendek
Strategi pemasaran yang dilakukan dengan melakukan pendekatan awal dengan cara mengenalkan produk kepada teman dan pengenalan produk kepada masyarakat, dengan cara memberikan harga promo kepada setiap pembeli yang membeli produk kami.
b. Tahap jangka panjang
Strategi penjualan dengan melakukan komunikasi publik melalui media massa,
sehingga dapat mengkomunikasikan maksud dan tujuan untuk menyelesaikan kebutuhan publik terhadap produk cilok sayur isi buah ini. Sasaran dari pemasaran produk ini adalah anak-anak, remaja ataupun masyarakat semarang. Misalnya dengan membuat website produk dan mempromosikan melalui jejaring sosial.
Kontrol Pasar
Kontrol pasar ini kami lakukan setelah kami sudah melakukan pengenalan, promosi, dan distribusi. Kontrol pasar dilakukan agar kami bisa melihat sejauh mana animo masyarakat terhadap produk kami. Apabila peminatnya semakin besar, berarti kami dapat mengembangkan usaha kami lebih besar lagi. Namun jika terjadi sebaliknya, maka kami akan berusaha mencari kekurangan dari produk kami, memperbaiki kesalahan, menggencarkan promosi, dan memperbanyak referensi. Selain itu, kontrol pasar dapat meningkatkan kreatifitas kami sehingga kami menemukan inovasi-inovasi baru untuk membuat produk yang lebih unik, sehat, dan langka.
ANALISIS KEUANGAN
Fixed Cost suatu toko lampu : Rp.9.000.000Variable cost    Rp.3.000 / porsiHarga jual   Rp. 5.000 / porsi
Maka BEP per unitnya adalah
Rp.9.000.000__________  =  450 porsi
5.000– 3.000
Artinya usaha cilok ini perlu menjual 450 porsi cilok agar terjadi break even point. Pada pejualan porsi ke 451, maka usaha cilok ini mulai memperoleh keuntungan
2. Rumus BEP untuk menghitung berapa uang penjualan yang perlu diterima agar terjadi BEP :
                   Total Fixed Cost __________________________________   x  Harga jual / unitHarga jual per unit dikurangi variable cost
Dengan menggunakan contoh soal sama seperti diatas maka uang penjualan yang harus diterima agar terjadi BEP adalah
Rp.9.000,000__________  x Rp.5.000 = Rp.225.0005.000 – 3,000
H. METODE PELAKSANAAN
Pada program kewirausahaan ini, metode yang digunakan adalah terdiri dari beberapa tahapan proses, yaitu sebagai berikut:
Persiapan
Pada tahap persiapan, segala hal yang menjadi keperluan awal dipersiapkan disini.Mulai dari pembuatan proposal, pengajuan sampai kepada revisi dan bimbingan proposal program kewirausahaan. Pada tahap persiapan ini juga dilakukan analisis segmentasi pasar, keuntungan yang akan diperoleh, keunggulan dan kelemahan produk serta segala hal terkait produksi nantinya sehiangga ada gambaran umum mengenai program kewirausahaan yang akan dilaksanakan.
Pelaksanaan
Pada tahap pelaksanaan, proposal yang disetujui dan didanai oleh DIKTI dilaksanakan sebagaimana yang tertera dalam proposal program kewirausahaan. Tahap pelaksanaan dimulai dengan koordinasi awal tim sebelum terjun ke lapangan. Kemudian pada tahap pelaksanaan, di bulan pertama dilakukan uji coba dan uji kelayakan usaha dengan harapan tercapainya sebuah usaha yang sehat. Setelah beberapa kali evaluasi atas kekurangan, maka usaha pun dilaksanakan secara besar, mulai dari produksi perbulan, promosi ke masyarakat dan instansi lain serta mengadakan promo-promo usaha. Inovasi usaha dan pengembagan produksi dilakukan di bulan-bulan ketiga setalag usaha berjalan dengan sangat baik.
Pengembangan Usaha dan Evaluasi Akhir
Pada tahap pengembangan usaha, kami melihat apakah usaha yang ada sudah cukup layak untuk dikembangkan ataukah belum.Pada tahapan ini pula, usaha yang telah berjalan selama beberapa bulan di evaluasi secara menyeluruh serta dibuat laporan akhir untuk keperluan monitoring dan evaluasi DIKTI.
JADWAL KEGIATAN
NO NAMA KEGIATAN BULAN
I II III IV
1 PERSIAPAN PERLENGKAPAN PRODUKSI x 2 PROSES PENGOLAHAN CILOK x 3 PEMASARAN x x x
4 PEMBUATAN LAPORAN x x x
J. RANCANGAN BIAYA
Peralatan :
Menyewa Blender( 3 bulan)Rp. 500.000
Panci( 3 buah)Rp. 200.000
Pisau( 3 buah)Rp.100.000
Sendok(1 lusin)Rp.50.000
Plastik(5 pack)Rp.100.000
Kompor gas( 1buah)Rp.120.000
Tabunggas( 1 buah)Rp.300.000
Piring( 1 lusin)Rp.100.000
Sendokgarpu(1 lusin)Rp.50.000
Kainserbet( 5 buah)Rp. 50.000
TotalRp.1.570.000
Bahan habis pakai :
Tepung terigu(8 kg)Rp.40.000
Tepungsagu( 6 kg )Rp.30.000
Garam(3 pack)Rp. 50.000
Penyedap rasa(4 pack)Rp.10.000
Sawi( 4 kg )Rp.32.000
Wortel (4 kg)Rp.12.000
Strawberry(4 kg)Rp.100.000
Anggur( 4kg )Rp.100.000
Semangka(3 kg)Rp.12.000
Melon( 3 kg)Rp.15.000
MericaRp.50.000
Saus sambal kemasan botol( 5 botol)Rp.75.000
KecapManis(2)………………………………….Rp. 24.000
TotalRp.506.000
Biaya penunjang PKM :
Flash disk ( 2 buah)Rp.300.000
Bukucatatan( 4 buah)Rp.50.000
Map arsip( 2 buah)Rp.20.000
Ballpoint ( 1 pack)Rp.30.000
Pembuatan ProposalRp.100.000
TotalRp.500.000
Biaya Akomodasi dan perjalanan :
Biaya pengadaan alat dan bahanRp.3.000.000
Biaya transportasiRp.500.000
TotalRp.3.500.000
Lain – lain
Biaya pemasaranRp.1.000.000
Biaya komunikasi dan dokumentasiRp.1.000.000
Biaya promosi/iklan Rp.1.500.000
TotalRp.3.500.000
Total biaya keseluruhanRp. 9.000.000,-
-44393-404995

17252-333075
17252-333075


Download Cilok jadi pkm roni.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Cilok jadi pkm roni. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon