November 03, 2016

makalah wirausaha yang berawal dari hobi

Judul: makalah wirausaha yang berawal dari hobi
Penulis: Ip Karolina


MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
"WIRAUSAHA YANG BERAWAL DARI HOBI"

DISUSUN OLEH :
AINUN JARIAH
AYU AZIZAH H.
DIAH RAMADHANTY
HELMAWATI
IVANA PUTRI KAROLINA
MUHAMMAD RIDHO
ROBBITAH
KELAS :
XI AKUNTANSI 2
SMKN 1 MARTAPURA
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat pertolongan-Nya makalah yang bersumber dari "Artikel Kewirausahaan yang Berawal dari Hobi" ini dapat terselesaikan tepat waktu. Kami juga ingin mengucapkan terimakasih kepada Guru Kewirausahaan yang telah membimbing kami dalam penyelesaian makalah ini. Adapun penulisan makalah ini bertujuan untuk melengkapi tugas mata pelajaran Kewirausahaan dalam jurusan Akuntansi.
Dalam penulisan makalah ini, tentu saja bukan semata-mata karena kemampuan kelompok ini. Namun karena adanya dukungan dan bantuan dari pihak-pihak yang terkait. Dengan selesainya tugas ini bukan berarti tidak terdapat kesalahan atau telah sempurna secara keseluruhan, oleh karena itu kami juga sangat mengaharapkan kritik serta saran untuk memperbaiki makalah ini. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kiranya kami dengan ketulusan hati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam proses penyelesaian makalah ini. Dan semoga makalah ini dapat menjadi bahan referensi untuk tugas-tugas selanjutnya. Terima kasih.
Martapura, 12 Mei 2015
Kelompok 3
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR2
DAFTAR ISI3
BAB I PENDAHULUAN4
LATAR BELAKANG4
RUMUSAN MASALAH4
TUJUAN PENULISAN4
BAB II ISI5
DEFINISI5
WIRAUSAHA BATU AKIK8
ARTIKEL MENGENAI WIRAUSAHA BATU AKIK9
BAB III PENUTUP16
KESIMPULAN16
SARAN16
DAFTAR PUSTAKA17

BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Dalam usaha mengembangkan semangat kewirausahaan, siswa diajarkan untuk melihat pengalaman wirausaha-wirausaha diluar sana yang sukses menjalan usaha yang didirikannya. Salah satu dari kesuksesan tersebut ada yang berawal dari hobi atau suatu kegiatan yang menjadi kegemaran orang tersebut. Itulah tugas yang kami terima yaitu, membuat makalah berdasarkan "Artikel Wirausaha yang Bermula dari Hobi".
Guna memenuhi tugas tersebut kami akan mengambil materi tentang Hobi Mengoleksi Batu Akik yang sudah berjalan sejak lama, dan menjadi primadona pembicaraan oleh banyak orang dalam beberapa bulan terakhir ini. Dari hasil pencarian informasi dari dunia maya, kami telah mengumpulkan data-data yang cukup tentang batu akik serta artikel-artikel mengenai orang-orang yang berwirausaha sebagai pengrajin bahkan distributor batu akik. Makalah ini kami susun dengan rasa kebersamaan, jujur, dan tanggung jawab.
RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
Apa yang seharusnya dilakukan dengan sesuatu hal yang kita suka?
Bagaimana cara mengelola hobi yang kita miliki menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain?
Bagaimana cara mengelola hobi yang kita miliki menjadi usaha yang dapat membawa keuntungan?
TUJUAN PENULISAN
Meningkatkan jumlah para wirausaha yang berkualitas.
Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
Membudayakan semangat sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan masyarakat yang mampu, handal dan unggul.
Menumbuh kembangkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap masyarakat.
Mengasah sekaligus menyalurkan hobi menjadi sesuatu yang bemanfaat serta membawa keuntungan.
BAB II
ISI
DEFINISI
Batu akik adalah sebuah mineral atau batu yang terebntuk secara alami dari hasil prosedur geologiyang unsurnya terdiri atas satu ataupun beberapa komponen kimiawi yang memiliki harga jual yang amat tinggi. Batu akik terbuat dari pengkristalan zat mineral dalam kurun waktu yang amat lama, bisa mencapai jutaan tahun lamanya, yang kemudian Kristal ini berubah menjadi batu akik.
Batu yang sebelumnya harus dipoles terlebih dahulu ini diminati oleh para kolektor bahkan banyak yang menjadikannya bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan, terlebih untuk batu-batu yang sudah berumur umumnya memiliki keindahan diatas rata-rata yang menggiurkan bagi para kolektor-kolektor batu tersebut.
Berikut jenis-jenis batu akik beserta mitos yang sebagian besar ada dan dipercaya masyarakat Indonesia :
Batu akik Merah Delima

Batu mirah delima adalah semacam batu akik yang banyak dicari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebab dipercaya dapat mengobati racun dan juga menghilangkan penyakit mistis seperti guna-guna.
Batu akik Kecubung

Jenis batu akik kecubung yang satu ini banyak disukai laki-laki, konon yang mempermudah pergaulanyang dapat membangun relasi antar sesame. Kecubung rambut dianggap mempertinggi hasrat hidup laki-laki.
Batu Giok

Sepertinya banyak orang yang sering mendengar nama batu ini, namun tidak sedikit orang yang tahu kalau batu ini termasuk ke dalam jenis batu akik. Batu giok ini disebut-sebut berasal dari dataran Cina dan juga biasanya berwarna kehijauan. Batu giok ini umumnya dipercaya karena dapat membuat hati bertambah tenang, tenteram dan juga banyak digunakan selaku obat untuk penderita ginjal dan penyakit reumatik.
Batu akik Amber

Batu amber banyak diburu oleh orang walaupun harganya dapat dibilang mahal. Hal ini dikarenakan khasiat dari pada batu amber ini mampu memancarkan karisma sehingga memiliki daya tarik yang amat kuat.
Batu Intan

Bebatuan yang indah namun tidak cuma memberikan keindahannya saja, akan tetapi juga mempertinggi rasa percaya diri sang pemakai. Batu intan memberikan ketenangan batin dan juga menambah semangat jiwa raga. Batu intan ini biasanya berwarna putih jernih dan juga berkilauan memancarkan ketenangan.
Onix Hitam

Batu akik yang satu ini banyak yang digunakan para pebisnis sebab khasiat daripada batu onix hitam dianggap mampu memberikan perlindungan bisnis agar berjalan dengan lancer.
Batu Zamrud

Batu zamrud sering digunakan orang untuk mendatangkan kesejukkan batin ketika tengah berada dalam kesulitan, dapat menyejukkan dan juga mendatangkan ketenangan dalam hidup.
WIRAUSAHA BATU AKIK
Menjadi seorang wirausaha dapat dirintis melalui hobi yang dimiliki, misalnya diawali dengan mengoleksi benda-benda. Seperti yang tengah menjadi trend saat ini, batu akik. Sejak dulu batu akik dipilih sebagai salah satu bahan koleksi bagi peminatnya, khususnya kaum laki-laki. Alasan memilih batu akik karena keindahannya yang menawan, bahkan sebagian orang mempercayai mitos-mitos yang terkandung didalam batu tersebut. Bahkan beberapa waktu terakhir peminat atau bahkan kolektor batu akik merambah kepada para kaum hawa bahkan anak-anak.
Dengan kolektor yang makin tinggi maka peluang untuk mengelola hobi tersebut menjadi ladang bisnis juga semakin besar. Namun bukan berarti dengan peluang bisnis semakin besar, membuat peluang untuk menipu juga semakin besar. Wirausaha batu akik ini dituntut jujur kepada pelanggan, misalnya ketika menawarkan batu giok kepada pelanggan haruslah batu giok asli, jangan hanya karena ingin meraup keuntungan yang lebih seorang wirausaha memalsukan batu biasa dengan menyebut nama batu yang dianggap mahal. Dengan begitu penyaluran hobi menjadi pekerjaan akan berjalan dengan baik dan membawa manfaat bagi diri sendiri dan tentunya bagi orang lain.
Selain membawa manfaat atau barokah, wirausaha ini tentunya akan membawa keuntungan asalkan terdapat unsur kejujuran seperti yang telah dipaparkan diatas dan juga harga jual yang pas terhadap batu yang ditawarkan. Artinya untuk memulai wirausaha ini tidak hanya didasari dengan hobi asal-asalan, tetapi juga didasari dengan ilmu mengenai batu dan tentu saja harga pasarannya.
Apapun bisnis yang dijalankan, seorang wirausaha harus paham betul mengenai sifat-sifat kewirausahaan, prinsip-prinsip kewirausahaan, serta tahapan-tahapan menjadi seorang wirausaha, tujuannya agar usaha apapun yang digelutinya berjalan dengan baik dan memperoleh keuntungan seperti yang sudah diperkirakannya.

ARTIKEL MENGENAI WIRAUSAHA BATU AKIK
Berikut ini adalah bukti bahawa ada beberapa orang yang beralih pekerjaan menjadi pebisnis batu akik yang awalnya hanya merupakan hobi semata:

Bisnis.com, JAKARTA - Deman cincin batu akik pun mendera banyak pria-pria di Indonesia, baik tua maupun muda. Lantaran permintaan yang tak kunjung surut, pelaku usaha cincin batu pun meraup untung bejibun.
Salah satu pelaku usaha yang merasakan manisnya laba dari cincin batu permata adalah Muhammad Yusuf. Di bawah bendera Yusuf Gemstone, pria berusia 33 tahun ini memproduksi aneka cincin berhias batu mulia untuk kaum pria sejak 1997 silam.
Yusuf menuturkan latar belakang dia terjun ke bisnis ini bermula dari hobi mengoleksi batu yang dilakoninya sejak remaja. Lantaran sering melihat sang ayah menggosok batu cincin hingga mengilap, dia pun terkesima dengan keindahan batu alam
berwarna-warni tersebut.
Awalnya, saya tidak serius menjadikan cincin batu sebagai bisnis serius. Beberapa tahun menjalakan hobi, permintaan cincin batu permata terus naik. Puncaknya, saat SBY menghadiahkan batu bacan ke Barack Obama. Sejak itu, permintaan batu lokal tak pernah surut, tutur pria asal Pasuruan, Jawa Timur ini.


Yusuf menjual beragam jenis batu permata yang didatangkan dari dalam dan luar negeri. Jika dulu orang senang mengoleksi batu mulia asal Sri Lanka, Thailand, Myanmar, dan Brazil, kini para kolektor justru memburu batu-batu dari Sumatra, Kalimantan, Maluku, hingga Sulawesi.
Beberapa jenis batuan lokal yang naik daun a.l. batu bacan (chrysocolla), baron (hot charmeleon), kecubung, hingga obi. Batu lokal tersebut, menurut Yusuf, tergolong jenis chalcedony.
"Batu-batu chalcedony dulu gak ada harganya. Sekarang malah sudah bisa sejajar dengan batu impor," katanya.
Harga cincin batu permata yang ditawarkan Yusuf bervariasi. Dia mematok harga cincin batu lokal mulai dari Rp500.000 - Rp20 juta. Adapun, harga cincin berhias batu permata dari luar negeri harganya melejit hingga Rp50 juta - Rp100 juta.
Dari bisnis itu, keuntungan yang diraih sangat fantastis. "Saya bisa mengantongi
Rp100 juta dari satu kali pameran. Saat ini, saya bisa 2-3 kali ikut pameran."
Yusuf mencari bahan baku batu-batu tersebut sendiri. Dia mendatangi daerah penghasil tambang batu permata di berbagai pulau di Indonesia. Lebih lanjut, dia membelahnya dan mengambil bagian yang diinginkan. Batu digosok hingga halus dan mengilap. Setelah itu, dia memasang batu ke badan cincin.
Saya bekerja sama dengan perajin perak yang mahir membuat cincin. Warna dan bentuk cincin bervariasi. saya menyesuaikan dengan warna batu dan tren aksesori yang disukai pelanggan, ujar Yusuf.
Yusuf membeli sebuha kios di pusat kota Pasuruan, Jawa Timur untuk tempat berjualan. Dia sering mengikuti pameran perhiasan ke beberapa kota besar di Indonesia. Daerah yang paling sering dikunjungi a.l. Jakarta, Bandung, Surabaya. Dia mengaku bisa mengikuti 23 pameran di luar kota setiap bulan.
Dengan mengikuti pameran, saya bisa tahu apa yang sedang diminati konsumen saat ini. Selain mencari pembeli, kita juga bisa mendapat relasi baru untuk bertukar informasi. Maklum, rata-rata pebisnis cincin batu adalah pehobi atau kolektor.


Artikel lain yang kami peroleh adalah sebagai berikut :Meninggalkan Pekerjaan Sebagai Salah Satu Direktur Operasional PJTKI Ternama Dan Kini Beralih Ke Bisnis Batu Bacan
Berawal dari hobi mengoleksi batu dari tahun 1993 dan mantan seorang Direktur Operasional PJTKI selama 15 tahun berkecimpung di bisnis jasa pengiriman TKI dan jelang 4 bulan belakangan ini, memutuskan untuk pensiun dari pekerjaannya dan saat ini beralih usaha menjadi seorang pengusaha dan supplier Rough Batu Bacan dan Batu Garut.
"Ada kepuasan tersendiri di dalam melakukan pekerjaan baru di dunia perbatuan dan mendapatkan kebebasan waktu untuk keluarga dan untuk pekerjaan seperti sekarang ini. " Jelas Bang Adhar di seputaran JGC beberapa waktu yang lalu kami jumpai. Dari sisi pendapatan terhadap pekerjaan saya sebagai pengusaha batu, rasanya jauh lebih menguntungkan dibandingkan pendapatan pekerjaan saya dulu, dan berat badan sayapun semakin bertambah hahahaha…." sambil tertawa beliau memberikan pandangan.
Alasan saya berdagang Rough di Batu Bacan dan Batu Garut berawal dari kecintaan saya terhadap batu tersebut, akan keindahan dan pesonanya yang membuat semua orang pasti akan tertarik. Dari situ saya berfikiran kenapa tidak dijadikan ladang bisnis?" Terang beliau. Saya tidak sendiri di dalam mengarungi usaha sebagai pengusaha Rough Batu Bacan dan Batu Garut, disamping saya adalah teman dan sahabat saya Bang Jul sebagai salah satu Master batuan tersebut yang sudah lama malang melintang di bisnis batu di seputaran JGC. Dari Bang Jul kita saling bertukar pikiran dalam menentukan kualitas bahan yang baik dan kurang baik.

Awalnya pihak keluarga komplain dengan pekerjaan saya saat ini, termasuk sahabat saya sendiri Bang Jul, juga memprotes "Kenapa kok keluar dari pekerjaan yang lama dan beralih ke bisnis batu yang tidak jelas sumber pendapatannya, sementara di pekerjaan yang lama sudah pasti mendapatkan sumber penghasilan yang tetap." Lama kelamaan pola pikir mereka berbanding terbalik dengan apa yang sudah saya perjuangkan, mereka sadar dengan sendirinya, bahwa berbisnis batu sangat menguntungkan, dikarenakan sudah dapat menikmati sendiri hasil dari jerih payah saya selama berbisnis di batu. Dan saat ini, pelanggan saya sudah banyak dan dengan sendirinya jaringan terbentuk, asal kita paham akan etika di dalam berbisnis. Pesan saya kepada seluruh Gemslover tanah air, agar mencintai batuan lokal, dikarenakan batuan lokal tidak kalah indah dengan batuan luar negeri. Semakin kita mencintai batuan lokal, pastinya akan berpengaruh besar terhadap perekonomian bangsa sendiri.

EKONOMI KREATIF – Luar biasa. Booming batu akik terjadi di mana-mana. Segmentasinyapun menyasar berbagai usia. Mulai muda, tua remaja, laki-laki atau perempuan. Obroan merebak, di warung kopi, facebook hingga perkantroan mewah. Jika pembicaraan seputar batu akik, suasana sangat seru dan meriah. Obrolan bisa menyangkut kehebatannya, keunikannya hingga mengarah pada unsur magis.

Dari sisi ekonomi, dampak  demam batu akik luar biasa. Saya lihat laporan berita di TV, di sebuah pasar tumpah, seorang penjual batu akik seharinya bisa memperoleh omzet Rp1 jutaan. Padahal mereka hanya jualan batu mentahan yang harganya masih murah karena  belum dibentuk menjadi cincin. Berbeda dengan di pertokoan khusus penjual batu akik, dengan batu yang bersertifikat keasliannya, harga mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Sementara batu yang mengandung keunikan tertentu, seperti terdapat gambar-gambar unik harganya sudah tidak rasional lagi.


Demam batu akik juga secara tidak langsung telah menyerap tenaga kerja. Meski belum ada penelitian khusus, setidaknya saya lihat fenomena, banyak pemuda atau pengangguran yang selama ini tidak bekerja, mereka berjualan kecil-kecilan batu akik. Memotong atau menggosok jadi pekerjaan mereka sehari-hari.  Awalnya mereka hobi, dan lama kelamaan melihat peluang bisnis di dalamnya.Hal yang sangat positif dari fenomena demam batu akik. Kesetiaan para pecinta juga pebisnisnya. Karena sebuah hobi, meskipun usaha masih sepi mereka tetap setia bergelut dengan batu. Kebetulan tetangga ada yang menjadi penjual dan pembuat batu akik. Sebuah gubuk kecil di depan rumahnya disulap menjadi ruang workshop sehari-hari. Bukan hanya siang hari, tetapi malam, para pecinta batu akik berkumpul di situ. Jika malam,  lebih dari jam 12 mereka berkumpul, ngobrol ngaler ngidul, sambil menggosok batu cincin hingga kinclong. Mereka bersuka ria, bahagia sambil mata dan tangannya fokus pada batu. Tak jarang saya mendapati, ketika saya akan brangkat shalat subuh ke masjid, mereka masih  nongkrong di saung batu. Entah dari semalam belum pulang atau  baru saja datang. Yang jelas, warung yang selama ini sepi menjadi ramai siang malam, penuh canda-tawa. Dari fenomen ini, setidaknya kita bisa mengambil semangat, sesuatu yang dilakukan dengan penuh kesukaan dan kecintaan, membuat betah untuk dilakukan. Seperti halnya para pebisnis dan penggila batu akik, mereka setia pada hobi dan pekerjaannya tanpa lelah.

Dari dua artikel diatas dapat diambil kelebihan dan kerugian dari usaha batu akik tersebut, antara lain:
Kelebihan :
Dalam beberapa waktu terakhir ini batu akik yang masih digandrungi masyarakat akan membawa banyak keuntungan dengan modal yang amat minim (bagi para penambang batu akik).
Terdapat banyak rekanan kerja sehingga dapat meraup keuntungan yang cukup menjanjikan.
Memperkenalkan keindahan alam Indonesia kepada dunia.
Membuka hubungan perdagangan dengan Negara lain.
Menyalurkan sekaligus mengasah hobi menjadi keuntungan.
Hobi sebagai pekerjaan akan lebih memperlancar jalan usaha.
Kekurangan :
Timbulnya keserakahan bagi sebagian manusia sehingga lama-kelamaan akan merusak Sumber Daya Alam.
Rusaknya ekosistem, jika penggalian dilakukan hampir tanpa henti.
Bisnis ini bersifat musiman, sehingga pada waktu yang akan datang belum tentu membawa keuntungan sebesar sekarang.
Setiap pekerjaan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan seperti yang disebutkan diatas. Namun jika pekerjaan tersebut merupakan hobi, pekerjaan apapun pasti akan terasa lebih menyenangkan. Terlebih jika memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi pasti orang tersebut tidak akan gampang menyerah apabila mengalami kegagalan.
Tapi satu hal yang pasti, apapun pekerjaan (dari hobi) yang kita pilih selama tidak mengganggu ekosistem dan tidak berlebihan, pekerjaan tersebut sah-sah saja untuk dilanjutkan selagi kita bisa mengendalikan kadar nafsu yang kita miliki.

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Kewirausahaan merupakan kemampuan seorang manajer resiko dalam mengoptimalkan segala sumber daya yang ada, baik itu materil, intelektual, waktu, dan kemampuan kreativitasnya untuk menghasilkan suatu produk atau usaha yang berguna bagi dirinya dan bagi orang lain.
Apapun kewirausahaan yang kita pilih asalkan tidak mencapai tingkat berlebihan bahkan sampai merugikan orang lain dan lingkungan sekitar hal tersebut bisa disebut wirausaha yang baik. Seperti kewirausahaan yang kita bahas ini, yaitu kewirausahaan yang bermula dari hobi.
Contoh kewirausahaan yang berasal dari hobi yaitu usaha batu akik yang sekarang sedang booming. Seperti yang sering disampaikan dalam pelajaran Kewirausahaan, seorang wirausaha harus bermental tangguh. Oleh karena itu dalam menjalankan bisnis batu akik yang bersifat musiman ini, para wirausaha dituntut untuk memliki mental yang tangguh apabila pada suatu saat nanti usaha batu akik tiba-tiba tidak seramai sekarang.
SARAN
Jika membuka peluang usaha batu akik diharapkan agar tidak merusak lingkungan sekitar. Hendaknya tetap menjaga sumber daya alam dibumi khususnya Indonesia agar kelestarian dan keindahannya tetap alami serta bisa dinikmati oleh generasi penerus nantinya.

DAFTAR PUSAKA
http://batu-akik.co/pengertian-batu-akik/http://anepaoji.blogspot.com/2015/04/berbisnis-meniru-kesetiaan-pecinta-batu.htmlhttp://petaniorganik.net/mundur-jadi-direktur-beralih-ke-bisnis-batu-bacan/http://entrepreneur.bisnis.com/read/20150228/263/407479/berawal-dari-hobi-gosok-batu-akik-yusuf-kini-jadi-jutawan


Download makalah wirausaha yang berawal dari hobi.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca makalah wirausaha yang berawal dari hobi. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: