October 16, 2016

makalah jilbab


Judul: makalah jilbab
Penulis: Desy Windyana


KATA PENGANTARPuji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wa ta'ala karena atas segala limpahan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas menyusun makalah yang berjudul "JILBAB WANITA MUSLIMAH" tepat pada waktunya.
Makalah ini berisi tentang definisi jilbab dan syari'atnya dalam Islam. Makalah ini digunakan untuk melengkapi salah satu tugas Mata Kuliah Umum Agama Islam pada jurusan Teknik Informatika Universitas Sebelas Maret tahun akademik 2011/2012.
Dalam penyusunan Makalah ini, tentunya penulis mendapatkan bantuan dari berbagai pihak yang telah membantu dan tidak mungkin penulis sebutkan satu-persatu di sini.
Makalah tentang jilbab ini di samping ada kelebihan juga tentunya terdapat kekurangan. Tiada gading yang tak retak. Kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan Makalah ini. Semoga sedikit tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.
Surakarta, Desember 2011
Penyusun
DAFTAR ISI TOC \h \z \t "bab;1;subbab1;2" KATA PENGANTAR PAGEREF _Toc311229435 \h 1DAFTAR ISI PAGEREF _Toc311229436 \h 2BAB I PAGEREF _Toc311229437 \h 3PENDAHULUAN PAGEREF _Toc311229438 \h 3BAB II PAGEREF _Toc311229439 \h 4PEMBAHASAN PAGEREF _Toc311229440 \h 4I.Pengertian Jilbab Dan Modernisasi PAGEREF _Toc311229441 \h 4II.Jilbab yang Sesuai Syari'at PAGEREF _Toc311229442 \h 5III.Jilbab Dan Citra Perempuan Muslimah Minimalis PAGEREF _Toc311229443 \h 7BAB III PAGEREF _Toc311229444 \h 8PENUTUP PAGEREF _Toc311229445 \h 8I.Kesimpulan dan Saran PAGEREF _Toc311229446 \h 8DAFTAR PUSTAKA PAGEREF _Toc311229447 \h 9

BAB IPENDAHULUANDalam kehidupan sehari-hari kata-kata jilbab sudah sering didengar. Dalam kehidupan di masyarakat jilbab diartikan sebagai alat untuk menutup aurat yang digunakan para wanita muslim. Pada umumnya jilbab di kalangan masyarakat, sangat penting bagi wanita. Karena untuk menjaga kehormatan dan menjaga dari hal-hal yang tidak di inginkan.
Sedangkan kita juga sering mendengar kata-kata Modernisasi yang dalam artinya sendiri adalah gaya hidup yang mengikuti perkembangan jaman pada saat ini, pada makalah ini sendiri kami sajikan mulai dari pengertian Jilbab, syari'atnya dan Modernisasi.
Dan pada makalah ini kami berusaha menjelaskan tentang jilbab wanita muslimah yang kini mulai terpengaruh dengan modernisasi. Semoga makalah ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya wanita muslimah.

BAB IIPEMBAHASANPengertian Jilbab Dan ModernisasiPengertian Jilbab adalah kerudung wanita yang menutupi kepala dan wajahnya apabila ia keluar untuk suatu keperluan. Ada pula yang mengartikan Jilbab itu sebagai pakaian yang lebar sekaligus berkerudung. Di zaman sekarang ini semakin marak saja kita lihat perempuan-perempuan muslimah untuk memperlihatkan penampilan yang cantik, anggun, gaul dan mempesona. Dia memakai Jilbab berdasarkan trend mode, semakin gaul Jilbab yang dipakainya itu semakin pede saja ia yang memkaianya belum lagi jika kita coba menyelidiki sikap dan tingkah lakunya perempuan-perempuan yang terjilbab itu, ada yang tidak bisa mengendalikan emosi dan hasratnya. Ada yang memakai Jilbab atas motif " Saya sudah taubat maka saya berjilbab". Ada yang memakaianya karena menyadari bahwa umurnya semakin tua sehingga semakin ingin memasrahkan diri pada yang kuasa, dan masih banyak alasan-alasan perempuan muslimah ingin memakai Jilbab.
Pertanyaan yang sama juga pantas diajukan kepada mereka yang tergila-gila dengan gaya (mode) berpakaian dan berjilbab : Untuk apakah mengikuti mode berpakaian dan berjilbab sehingga semakin baru mode pakaian Jilbab tersebut. Bukankah gaya hidup yang seperti ini jelas-jelas meniru gaya orang Barat dalam bentuk yang lain. Disinilah tampaknya kita dihadapkan dengan fakta yang semakin jauh perempuan-perempuan Muslimah untuk memakai Jilbab, Jilbab yang tadinya merupakan perkara yang sederhana, telah berubah menjadi perkara yang rumit dan sulit. Jika disepakati bahwa hakikat Jilbab sesungguhnya tidak hanya untuk menutupi saja, melainkan juga untuk menjaga kesucian dan kehormatan seorang perempuan Muslimah dimata para lelaki yang bukan mahramnya. Oleh karena itu perempuan muslimah itu haruslah menjaga kehormatan, kesucian, dan keamanan dirinya dengan cara memakai Jilbab.
Pengertian Modernisasi sendiri adalah proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai warga masyarakat untuk kita hidup sesuai dengan tuntutan hidup masa kini hidup yang mengikuti perkembangan jaman pada saat sekarang ini.
Model jilbab seperti inilah yang sekarang menjadi trend di kalangan wanita-wanita muslimah. Semakin lama, jilbab yang mereka kenakan semakin menyerupai pakaian seorang biarawati. Astaghfirullahaladzim!! 1595755312420
Rasulullah SAW. bersabda :
"Barangsiapa yang MENYERUPAI suatu kaum, maka sesungguhnya ia TERMASUK dalam golongan kaum tersebut..." (HR. Imam Abu Daud dari Ibnu Umar)
Itulah fenomena remaja islam modern dengan jilbabnya yang khas, jilbab model seperti ini mereka sebut kudung gaul, jilbab gaul atau jilbab gaya seleb. Entah siapa yang pertama kali memulai yang jelas mode jilbab itu seperti ini muncul di awal tahun 2000 atau menjelang melinium, Era ini memberikan kebebasan mengekspresikan segala ide yang cenderung bebas.
Jilbab yang Sesuai Syari'atBerikut ini beberapa ketentuan jilbab syar'i ketika seorang muslimah berada di luar rumah atau berhadapan dengan laki-laki yang bukan mahrom (bukan 'muhrim', karena muhrim berarti orang yang berihrom) yang bersumber dari Al Qur'an dan As Sunnah yang shohihah dengan contoh penyimpangannya, semoga Alloh memudahkan kita untuk memahami kebenaran dan mengamalkannya serta memudahkan kita untuk meninggalkan busana yang melanggar ketentuan Robbul 'alamiin.
Pakaian muslimah itu harus menutup seluruh badannya kecuali wajah dan kedua telapak tangan (lihat Al Ahzab: 59 dan An Nuur: 31). Selain keduanya seperti leher dan lain-lain, maka tidak boleh ditampakkan walaupun cuma sebesar uang logam, apalagi malah buka-bukaan. Bahkan sebagian ulama mewajibkan untuk ditutupi seluruhnya tanpa kecuali.
Bukan busana perhiasan yang justru menarik perhatian seperti yang banyak dihiasi dengan gambar bunga apalagi yang warna-warni, atau disertai gambar makhluk bernyawa, apalagi gambarnya lambang partai politik, ini bahkan bisa menimbulkan perpecahan diantara sesama muslimin.
Harus longgar, tidak ketat, tidak tipis dan tidak sempit yang mengakibatkan lekuk-lekuk tubuhnya tampak atau transparan. Cermatilah, dari sini kita bisa menilai apakah jilbab gaul yang tipis dan ketat yang banyak dikenakan para mahasiswi maupun ibu-ibu di sekitar kita dan bahkan para artis itu sesuai syari'at atau tidak.
Tidak diberi wangi-wangian atau parfum karena dapat memancing syahwat lelaki yang mencium keharumannya. Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda, "Jika salah seorang wanita diantara kalian hendak ke masjid, maka janganlah sekali-kali dia memakai wewangian." (HR. Muslim). Kalau pergi ke masjid saja dilarang memakai wewangian lalu bagaimana lagi para wanita yang pergi ke kampus-kampus, ke pasar-pasar bahkan berdesak-desakkan dalam bis kota dengan parfum yang menusuk hidung? Wallohul musta'an.
Tidak menyerupai pakaian laki-laki seperti memakai celana panjang, kaos oblong dan semacamnya. Rosululloh melaknat laki-laki yang menyerupai perempuan dan perempuan yang menyerupai laki-laki (HR. Bukhori)
Tidak menyerupai pakaian orang-orang kafir. Nabi senantiasa memerintahkan kita untuk menyelisihi mereka diantaranya dalam masalah pakaian yang menjadi ciri mereka.
Bukan untuk mencari popularitas. Untuk apa kalian mencari popularitas wahai saudariku? Apakah ingin terjerumus ke dalam neraka hanya demi popularitas semu. Lihatlah isteri Nabi yang cantik Ibunda 'Aisyah rodhiyallohu 'anha yang dengan patuh menutup dirinya dengan jilbab syar'i, bukankah kecerdasannya amat masyhur di kalangan ummat ini? Wallohul muwaffiq.
Tujuh hal tersebut adalah ketentuan pemakaian jilbab secara syar'i bagi perempuan muslimah. Perempuan muslimah harus memperhatikan dan menerapkan tujuh hal tersebut, di saat yang sama ia juga harus memperhatikan sikap, ucapan, dan perbuatan yang justru akan membawa kecenderungan yang negatif.
Jilbab Dan Citra Perempuan Muslimah MinimalisDari sisi pemakaian jilbab, marilah kita kembali merenungkan falsafah jilbab islami dan penerapnnya dimana islam mewajibkan kaum perempuan muslimah berjilbab :
Dengan jilbab. Aurat tertutup, terlindungi dan terjaga dari hal-hal yang tidak di inginkan
Dengan jilbab pula perempuan muslimah akan terjaga dan terpeliahara kesucian, kehrmatan, dan kemuliannya sebagai manusia
Dengan jilbab perempuan muslimah akan lebih bisa berucap bersikap dan bertindak serta berwibawa tenang dan anggun
BAB IIIPENUTUPKesimpulan dan SaranCukup banyak seharusnya kaum perempuan yang menyadari pentingnya jilbab dalam pergaulan sehari-harinya. Dengan berjilbab, secara dini mereka sudah membentengi diri dari bencana godaan, rayuan nakal hingga kekerasan atau kejahatan seksual. Tapi, ternyata justru kian banyak saja kaum perempuan yang mencampakkan jilbab, mereka bilang bahwa memakai jilbab itu kolot, enggak gaul dan enggak cantik, mereka lalu memilih tampil modis dan gaul dengan cara memamerkan bagian-bagian auratnya akibatnya cepat atau lambat mereka pun menjadi santapan para lelaki liar.
Sementara di sisi lain muncul pula kalangan yang mengusung model "jilbab gaul" rambut memang ditutupi namun rambut depan masih kelihatan, leher masih dipajang, pusar dibiarkan kelihatan lekukan-lekukan tubuh sengaja dikemas menonjol di balik balutan celana-celana ketatnya, ujung-ujungnya mereka pun ternyata tak selamat dari mata-mata liar para hidung belang yang berserakan di jalanan……….!dengan melihat kondisi pergaulan yang memprhatinkan itu, makalah ini menyajikan pemikiran-pemikiran yang cemerlang tentang pentingnya jilbab yang benar. Bagi kaum hawa jangan keburu beranggapan miring, menggunakan jilbab itu akan mengurangi kecantikan anda, tetapi, malah justru bersama jilbab itu anda akan tampil lebih keren, trendi aman dan sekaligus jauh dari dosa akibat pamer aurat ……….! Jilbab gaul atau jilbab seleb menjadi trend kawula muda modern yang tidak mau ketinggalan mode.
DAFTAR PUSTAKAhttp://mycieyblog.blogspot.com
Muhyidin, Muhammad. 2005. Jilbab Itu Kerennn. Jogyakarta : Diva Press.
Shifari, Al- Abu. 2001. Kudung Gaul. Bandung : Mujahid Press.
http://muslimah.or.id/akhlak-dan-nasehat/saudariku-berjilbablah-sesuai-ajaran-nabimu.html


Download makalah jilbab.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca makalah jilbab. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon