February 04, 2017

silabus SMP kelas VII k-13 baru


Judul: silabus SMP kelas VII k-13 baru
Penulis: Kama Nur Anisa


SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Mata pelajaran: Matematika
Satuan Pendidikan: SMP
Kelas: VII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung
(terintegrasi) dalam pembelajaran
KI 3 dan KI 4
Penilaian KI 1 dan KI 2
dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal 2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa
percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1 Membandingkan
dan mengurutkan
berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan
pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi. Bilangan
Bilangan Bulat
Operasi Hitung Bilangan Bulat
Perpangkatan Bilangan Bulat Bilangan Pecahan
Operasi Hitung
Bilangan Pecahan
Bilangan Rasional Mengamati
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti zona pembagian waktu berdasarkan GMT (Greenwich Merediam Time), temperatur atau suhu berbagai benda, kedalaman di bawah permukaan laut, ketinggian gedung, pohon atau daratan, dan sebagainya
Mencermati tentang keadaan suhu diberbagai negara atau ketinggian suatu wilayah di berbagai daerah
Mencermati contoh-contoh konteks sederhana yang
terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
Mencermati pola hasil kali bilangan bulat
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan
Sikap
Observasi selama KBM tentang
ketelitian
rasa ingin tahu
mengenai bilangan bulat dan bilangan pecahan
Pengetahuan
Penugasan terstruktur: mengerjakan
latihan soal- soal yang
berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
15 JP Buku teks
matematika
Kemdikbud kelas VII, lingkungan. Buku pengayaan yang berkaitan
dengan bilangan, Alat peraga operasi bilangan
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan pecahan. Misal: pembagian potongan kue, potongan buah, potongan gambar, potongan selembar kain/kertas, pembagian air dalam gelas, dan sebagainya
Mengamati penjumlahan dan
perkalian pecahan menggunakan pita pecahan
Mencermati pengurangan dan
pembagian pecahan menggunakan gelas dan air
Mencermati macam-macam bilangan
Menanya
Menanya tentang perbandingan bilangan bulat.
Misal: bagaimana cara membandingkan bilangan
besar dan bilangan kecil atau apa perbedaan bilangan asli dan bilangan cacah?
Menanya berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Misal: bagaimana menjumlahkan bilangan bulat yang terdiri dari banyak angka? Atau apakah penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat hasilnya selalu bilangan bulat juga?
Penugasan mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah bilangan dan pecahan dalam konteks sehari- hari
Tes tertulis
tentang bilangan bulat dan pecahan (penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian)
Keterampilan
Portofolio
Mengum pulkan bahan dan literature berkaitan dengan
bilangan kemudian disusun didiskusikan dan direfleksikan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menanya tentang perkalian
dan pembagian bilangan bulat.
Misal: apakah perkalian bilangan bulat atau pembagian bilangan bulat hasilnya selalu bilangan bulat juga? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol? Adakah hasil bagi dengan nol?
Menanya tentang KPK dan FPB
Menanya tentang perbandingan bilangan
pecahan. Misal: Bagaimana cara membandingan bilangan pecahan yang penyebutnya
berbeda?
Menanya tentang penjumlahan
dan pengurangan bilangan pecahan. Misal: Bgaiaman cara menjumlahkan atau mengurangankan bilangan pecahan yang penyebutnya tidak sama?
Menanya tentang perkalian dan pembagian bilangan
pecahan. Misal: Bagaimana cara mengalikan bilangan pecahan dengan bilangan pecahan? Apakah hasil perkalian bilangan pecahan hasilnya bilangan pecahan juga? Projek Melakukan permainan tentang bilangan
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menanya tentang bilangan bilangan pecahan adalah bilangan rasional?rasional. Misal: Apakah setiap Apakah bilangan bulat termasuk bilangan rasional?
Mengumpulkan informasi
Menggali informasi tentang penggunaan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari
Menggali informasi tentang nilai tempat suatu angka pada bilangan dan membandingkannya
Menggali informasi tentang
garis bilangan dan menempatkan anggota himpunan bilangan pada garis bilangan yang tepat
Menggali informasi mengenai
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dari berbagai kumpulan benda
Menggali informasi tentang bentuk pengurangan dari bentuk penjumlahan yang diberikan atau sebaliknya Menggali informasi tentang
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan nol
Menggali informasi tentang penjumlahan dan pengurangan dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Menggali informasi sifat-sifat
yang berlaku pada operasi penjumlahan bilangan bulat
Menggali informasi tentang
bentuk perkalian dari bentuk penjumlahan berulang dan menghitung hasilnya
Menggali informasi tentang hubungan penjumlahan dan
perkalian
Menggali informasi tentang bentuk umum perkalian
bilangan bulat positif
Menggali informasi tentang
sifat-sifat yang berlaku pada operasi perkalian
Menggali informasi tentang
perkalian dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Menggali informasi tentang faktor bilangan bulat
 Menggali informasi tentang bentuk pangkat bilangan bulat
 Menggali informasi tentang
hubungan pengurangan dan pembagian
 Menggali informasi tentang bentuk umum pembagian bilangan bulat positif
 Menggali informasi tentang bentuk pembagian dari bentuk perkalian yang diberikan dan sebaliknya
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menggali informasi tentang
sifat pembagian dengan satu, serta sisa hasil pembagian
Menggali informasi tentang
senilai dengan berbagai cara
Membandingkan dan
mengurutkan sekelompok pecahan dari terkecil melalui representasi gambar atau kedudukannya dalam garis bilangan atau cara lainnya
Menggali informasi tentang pecahan sejati, pecahan tidak sejati, bilangan campuran, bilangan persen, bilangan per mil, bilangan desimal
Menggali informasi tentang penjumlahan pecahan melalui representasi gambar
Menggali informasi tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan (berpenyebut sama, berpenyebut tidak sama)
Menggali informasi tentang perkalian pecahan melalui representasi gambar
Menggali informasi tentang pembagian pecahan dari bentuk perkaliannya
Menggali informasi tentang operasi campuran Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menggali informasi tentang
pengertian bilangan rasioanl dan contoh-contohnya
Menalar/Mengasosiasi
Menganalisis permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan bulat dan bilangan pecahan
Menganalisis cara membandingan dua bilangan bulat
Menganalisis bahwa dalam bilangan bulat tidak ada
bilangan terkecil atau terbesar, artinya jika diberikan sembarang bilangan selalu dapat ditunjukkan bilangan yang lebih besar atau lebih kecil dari bilangan yang diberikan
Menganalisis operasi
penjumlahan bilangan bulat berlaku sifat komutatif (pertukaran) dan asosoatif (pengelompokkan) melalui pengamatan pola atau secara aljabar
Menunjukkan melalui contoh bahwa pengurangan dan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
pembagian tidak bersifat komutatif
Menganalisis sifat tertutup pada pada himpunan bilangan bulat terhadap operasi perkalian atau pembagian
Menganalisis bahwa pada
operasi perkalian bilangan bulat berlaku sifat sifat komutatif (pertukaran), asosoatif (pengelompokkan), dan distributif melalui pengamatan pola atau secara aljabar
Menganalisis bahwa perkalian
dengan nol hasilnya nol
Menganalisis kedudukan bilangan asli, bilangan cacah,
bilangan bulat dan bilangan pecahan, serta bilangan rasional
Menganalisis KPK dan FPB
Menganalisis perbandingan
dua bilangan pecahan
Menganalisis penjumlahan dan
pengurangan dari beberapa bilangan pecahan
Menganalisis permasalahan
sehari-hari yang berkaitan perkalian atau pembagian serta menyelesaikannya Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menganalisis masalah yang berkaitan dengan operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan ke dalam bahasa sendiri, dalam bentuk diagram, ataupun ke bentuk representasi lainnya
Menetukan model atau kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
Memilih strategi atau cara dan menyelesaikan model atau kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
Menganalisis hubungan antara
bilangan pecahan dan bilangan rasional
Mengomunikasikan
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingkan bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan bilangan rasional
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya & Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat
generalisasi
(kesimpulan)
Bilangan
 Pola Bilangan Mengamati
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola bilangan. seperti
menentukan pola selanjutnya dari deretan bola, kursi, stik, atau pola visual lainnya
Sikap 10 JP Buku teks matematika
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
4.1 Menggunakan pola
dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah. Menanya
Menanya tentang penggunaan pola dalam kehidupan sehari- hari.
Menanya tentang konsep pola bilangan. Misal: bagaimana menerapkan memprediksi, kejadian, peristiwa berikutnya berdasar pola yang teramati?
Mengumpulkan informasi
Menggali informasi tentang
penggunaan pola dalam kehidupan sehari-hari
Menggali informasi tentang pola bilangan, pola geometris berdasarkan data yang disediakan
Menggali informasi aturan dari
barisan bilangan dan barisan geometris berdasarkan data yang disediakan
Menalar/Mengasosiasi
Menganalisis penggunaan pola bilangan dalam permasalahan sehari-hari
Mengganalisis generalisasi pola untuk menyelesaikan masalah
Menganalisis pola bilangan,
barisan dan jumlah barisan berdasarkan hasil pengamatan
Observasi
Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik tentang pola bilangan
Pengetahuan
Penugasan
Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal- soal berkaitan dengan pola bilangan
Tugas mandiri
tidak terstruktur: mencari informasi sejarah seputar pola Kelas VII Kemdikbud,
Buku pengayaan yang berkaitan dengan pola bilangan lingkungan.
Alat peraga pola bilangan
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menganalisis aturan dan kriteria suatu barisan
Menganalisis bentuk umum
suatu pola ke-n
Menganalisis bentuk umum
penjumlahan hingga pola ke-n
Mengomunikasikan
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pola bilangan
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan Tes Tertulis
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan pola suatu bilangan
Menilai keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan suatu pola
Keterampilan
Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan pola bilangan
kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
3.2 Menjelaskan
pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan
menunjukkan contoh dan bukan contoh. Himpunan
Pengertian Himpunan
Himpunan Semesta
Himpunan Kosong
Diagram Venn
Relasi Himpunan
Operasi Himpunan Mengamati
Mencermati penggunaan konsep himpunan dalam kehidupan sehari-hari, seperti kumpulan hewan, tumbuhan, buah-buahan, kendaraan bermotor, alat tulis, suku-suku yang ada di indonesia, dan lain sebagainya
Mencermati negara-negara
peserta piala dunia berdasarkan pembagian grup atau diawali huruf 'S',
'B' atau huruf lainnya
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan konsep himpunan semesta, himpunan kosong, dan anggota himpunan
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan konsep himpunan bagian, himpunan kuasa, dan kesamaan dua himpunan
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan konsep irisan, gabungan, komplemen, selisih, dan sifat-sifat operasi himpunan
Mencermati penggunaan diagram venn dalam kehidupan sehari-hari
Sikap
Observasi
Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi peserta didik tentang dimpunan, diagram venn, relasi himpunan, dan operasi himpunan 20 JP Buku teks
matematika Kelas VII Kemdikbud, Buku pengayaan yang berkaitan dengan himpunan, alat peraga
Benda di lingkungan.
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menanya
Menanya tentang penggunaan himpunan dalam kehidupan sehari- hari. Misal: Fakta-fakta yang berkaitan dengan piala dunia
Menanya konsep himpunan. Misal: pengelompokkan suatu benda? apa kriteria untuk mengelompok benda telah jelas? adakah kelompok benda tanpa kriteria yang jelas? apa kriteria yang digunakan? Mana yang masuk anggota kelompok dan mana bukan? bagaimana hubungan kelompok dengan dengan himpunan?
Menanya tentang cara-cara menyajikan himpunan
Menanya yang berkaitan dengan himpunan semesta, himpunan kosong, dan diagram venn
Menanya yang berkaitan dengan banyak anggota dari suatu himpunan
Menanya tentang anggota bagian suatu himpunan, himpunan kuasa, dan kesamaan dua himpunan
Menanya yang berkaitan
dengan operasi irisan, penggunaan diagram venn dalam kehidupan sehari- hari Pengetahuan
Penugasan
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal- soal yang berkaitan dengan himpunan
Tugas mandiri
tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah tokoh teori himpunan
Tes Tertulis Mengerjakan soal yang berkaitan dengan himpunan:
himpunan bagian komplemen
operasi himpunan
diagram Venn Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
, gabungan dua himpunan, komplemen
dari himpunan, selisih dari dua himpunan, dan sifat- sifat operasi himpunan
Mengumpulkan informasi
Menggali informasi tentang permasalahan dalam keseharian yang melibatkan konsep himpunan
Menggali informasi tentang
kriteria yang digunakan untuk mengklasifikasi dan mengelompokkan benda- benda
Menggali informasi tentang
hubungan kelompok dan himpunan
Menggali informasi tentang anggota dan bukan anggota dari suatu himpunan termasuk simbolnya
Menggali informasi tentang
himpunan melalui contoh dengan bantuan diagram, gambar, atau cara lainnya
Menggali informasi tentang himpunan dan bukan himpunan atau kumpulan benda dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda dari hasil pengamatan
Menggali informasi tentang cara menyajikan himpunan: dengan Keterampilan
Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan himpunan kemudian didskusikan dan direfleksikan
Projek Melakukan pengamatan tentang kegiatan sekolah yang menggunakan operasi himpunan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
mendaftar anggota- anggotanya, dengan kata- kata, diagram dan dengan notasi pembentuk himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
Menggali informasi tentang cara penyajian himpunan berdasarkan karakteristik anggotanya
Menggali informasi tentang
anggota dan banyak anggota himpunan dari kelompok tertentu berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
Menggali informasi tentang himpunan kosong, nol, berhingga, tak berhingga menggunakan konteks nyata
Menggali informasi tentang jenis, cakupan dan karakteristik himpunan semesta dari kelompok benda/ himpunan bilangan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
Menggali informasi tentang cara menggambar diagram venn
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menggali informasi tentang himpunan bagian dan
banyaknya himpunan bagian dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
Menggali informasi tentang
konsep himpunan yang sama dan himpunan ekivalen
Menggali informasi tentang komplemen dari kelompok benda/himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
Menggali informasi tentang karakteristik keanggotaan
dan menentukan karakteristik keanggotaan dan hasil irisan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
Menggali informasi tentang karakteristik keanggotaan dan menuliskan hasil pengurangan atau selisih dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menggali informasi tentang
berbagai bentuk diagram venn dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
Menggali informasi tentang
gabungan dua himpunan
Menggali informasi tentang
hubungan himpunan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
Menggali informasi tentang sifat-sifat dari komplemen suatu himpunan
Menggali informasi
mengenai sifat idempoten, sifat identitas, sifat komutatif, sifat asosiatif, dan sifat distributif suatu himpunan
Menalar/Mengasosiasi
Menganalisis dan
menyimpukan pentingnya penggunaan konsep himpunan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
Menganalisis, mengkaitkan, dan mendeskripsikan perbedaan yang merupakan himpunan dan bukan himpunan
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menganalisis dan meyimpulkan perbedaan
himpunan nol dan himpunan kosong
Menganalisis, merumuskan dan menyimpulkan himpunan kosong merupakan himpunan bagian dari setiap kelompok himpunan manapun
Menganalisis cara-cara
penyajian himpuan: Mendaptarkan anggotanya, menyatakan sifat yang dimiliki anggotanya, dan menuliskan notasi pembentuk himpunan
Menganalisis himpunan semesta dari dua atau
lebih himpunan
Menggambarkan diagram venn dari dua atau lebih himpunan
Menganalisis kardinalitas
suatu himpunan
Menganalisis himpunan bagian (subset), superset,
dan himpunan kosong, serta himpunan kuasa
Menganalisis hubungan dua himpunan dikatakan sama dan dua himpunan dikatakan ekivalen
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menganalisis irisan,
gabungan dua himpunan, komplemen dari
himpunan, dan selisih dari
dua himpunan
Menganalisis tentang hubungan dua himpunan:
himpunan bagian, himpunan berpotongan, dan himpunan saling lepas
Menganalisis sifat-sifat operasi himpunan:
idempoten, identitas, komutatif, asosiatif, dan distributif
Menganalisis dan membandingkan operasi- operasi yang berlaku pada himpunan dengan operasi aljabar pada bilangan
Mengomunikasikan
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai konsep himpunan dan diagram venn, relasi himpunan, dan operasi himpunan
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
3.6. Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas;
3.8.Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan
prinsip-prinsip geometri;
4.7. Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belahketupat, dan layang-layang. Segiempat dan Segitiga
Sifat-sifat Segiempat
Keliling dan Luas
Segiempat
Sifat-sifat Segitiga
Luas dan Keliling
Segitiga Mengamati
Mencermati lingkungan
sekitar berkaitan dengan penerapan konsep segitiga dan segiempat, seperti langit-langit bangunan, jendela, kaca, pintu, kebun berpetak, ketupat, layang- yang, dan lain sebagainya
Mencermati jenis-jenis dari
masing-masing bentuk segi empat dan segitiga
Mencermati sifat-sifat segi empat dan segitiga
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan keliling segi empat dan segitiga
Mencermati luas daerah bangun-bangun datar tidak beraturan
Menanya
Menanya tentang benda- benda di lingkungan sekitar yang mempunyai bentuk segi empat dan segitiga Sikap
Observasi
Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi peserta didik mengenai sifat, luas, dan volume segi empat dan segitiga
Pengetahuan
Tugas
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal- soal berkaitan dengan segiempat dan 25 JP Buku teks
matematika Kelas VII Kemdikbud, lingkungan. Buku pengayaan yang berkaitan dengan segi empat dan segitiga
Alat peraga
berbentuk segiempat dan segitiga
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menanya tentang jenis- jenis dan sifat-sifat bangun datar segi empat
Menanya tentang berapa banyak jenis bangun datar segitiga, banyak jenis setgitiga menurut panjang, atau berapa banyak jenis segiiga menurut sudut
Menanya yang berkaitan
dengan luas dan keliling segiempat dan segitiga. Menanya tentang penerapan bangun datar pada kehidupan sehari- hari
Menanya tentang cara menentukan luas daerah
bangun-bangun yang tidak beraturan
Mengumpulkan informasi
Menggali informasi tentang
benda-benda dengan permukaaan berbentuk segitiga atau segiempat di lingkungan sekitar atau kehidupan sehari-hari
Menggali informasi tentang segitiga dan segi empat dengan berbagai ukuran sisi, sudut dan modelnya segitiga
Tugas mandiri
tidak terstruktur: mencari informasi sejarah segitiga dan mencari informasi seputar
macam-macam segiempat
Tes Tertulis
Mengerjakan
soal yang berkaitan dengan segitiga dan segiempat
Keterampilan
Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan
segiempat dan segitiga kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
.
Menggali informasi tentang
jenis, sifat dan karakteristik segitiga dan segiempat berdasarkan ukuran dan hubungan antar sudut dan sisi-sisi
Menggali informasi tentang rumus keliling dan luas persegi panjang dan segitiga melalui pengamatan atau eksperimen
Menggali informasi tentang cara menghitung luas segi
empat lainnya (trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang- layang) atau bangun gabungan melalui pengamatan atau eksperimen
Menaksir luas bangun
datar tidak beraturan
Menggali informasi tentang
segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut
Menggali informasi tentang segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki, garis bagi , garis berat dan garis sumbu
Menggali informasi tentang perbandingan sisi-sisi,
sudut pada segitiga dan segi empat serta masalah keliling dan luas
Projek Membentuk bangun datar segi empat dan
segitiga menggunakan baang lidi atau bahan lainnya Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menalar/Mengasosiasi
Menganalisis penerapan segitiga dan segi empat dalam kehidupan sehari- hari
Menganalisis berbagai jenis
segitiga dengan karakteristik tertentu dengan menggunakan penggaris dan jangka
Menganalisis sifat-sifat
persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belahketupat, dan layang- layang
Menganalisis cara
menentukan luas dan keliling persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belahketupat, dan layang-layang.
Menganalisis sifat-sifat
segitiga berdasarkan sudut dan sisinya
Menganalisis cara menentuka luas segitiga
Menganalisis perbedaan
dan persamaan segitiga siku-siku, segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, segitiga lancip, segitiga tumpul, persegi, persegi panjang, trapesium, jajar genjang, belah keupat, layang-layang
Menganalisis persamaan dan perbedaan dari garis
temukan berdasarkan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu suatu segitiga
Mengomunikasikan
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang di
apa yang dipelajari
mengenai jenis dan sifat segi empat, keliling dan luas segi empat, jenis dan sifat segitiga, keliling dan luas segitiga, serta menaksir luas bangun segi datar tidak beraturan
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan 3.12. Memahami berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam pemecahan masalah nyata. (d)
Garis dan Sudut Mengamati
Mencermati gambaran awal tentang konsep titik, garis, dan bidang
Mencermati permasalahan Sikap
Observasi
Mengamati ketelitian dan
rasa ingin tahu 10 JP Buku teks
matematika Kelas VII Kemdikbud, lingkungan.
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
4.10. Menerapkan
berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian matematis serta pemecahan masalah nyata. (d) sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep
garis dan sudut
Mencermati permaslahan sehari-hari untuk menentukan
kedudukan dua garis (posisi satu garis terhadap garis lainnya)
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan sudut
Menanya
Menanya tentang bentuk garis dan sudut serta penerapannya
pada kehidupan sehari-hari. Misal bagaimana seorang tukang bangunan, arsitek, desainer interior, dsb dalam membuat sebuah rangkaian bangunan yang melibatkan bentuk garis dan sudut.
Menanya tentang garis sejajar
dan garis berpotongan
Menanya tentang jenis-jenis
sudut
Mengumpulkan informasi
Menggali informasi tentang benda-benda yang berkaitan dengan sudut dan garis dalam kehidupan sehari-hari
dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi peserta didik mengenai garis dan sudut
Pengetahuan
Penugasan
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal- soal berkaitan dengan garis dan sudut
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar garis dan sudut
Tes Tertulis
Mengerjakan soal berkaitan Buku pengayaan yang berkaitan
dengan garis dan sudut
Alat peraga bilan
gan, berbagai bangun
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menggali informasi tentang
titik, garis, dan bidang
Menggali informasi tentang kedudukan kedua garis (posisi
satu garis terhadap garis lainnya)
Menggali informasi tentang hubungan antar sudut dengan menggunakan alat peraga mapun tanpa alat peraga
Menggali informasi tentang
jenis-jenis sudut: sudut siku- siku, sudut lancip, sudut tumpul, sudut lurus, dan sudut refleks
Menalar/Mengasosiasi
Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan garis dan sudut
Menganalisis berbagai garis dan sudut dengan
karakteristik tertentu dengan menggunakan penggaris, jangka, dan busur derajat
Menganalisis hubungan antara garis dengan sudut
Menganalisis ukuran sudut dan mennentukan jenis sudutnya (sudut siku-siku, dengan garis dan sudut
Menilai keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan suatu garis dan sudut
Keterampilan Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan garis dan sudut
kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek Mengambil foto, gambar, atau sketsa benda- benda di sekitar yang mengandung unsur garis Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
sudut lancip, sudut tumpul, sudut lurus, dan sudut refleks)
Mengomunikasikan
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai kedudukan garis dan sudut, serta memahami hubungan antar sudut
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan sejajar, garis tegak lurus,
sudut sehadap, atau sudut bersebrangan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
3.4 Memahami konsep
perbandingan dan menggunakan
bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih;
4.4.Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan
menggunakan tabel
dan grafik.
4.5 Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik Perbandingan dan Skala
Pengertian
Perbandingan
Jenis-jenis
Perbandingan
Skala sebagai perbandingan Mengamati
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep perbandingan,
seperti peta, denah, maket, foto, komposisi bahan makanan pada resep, campuran minuman, komposisi obat pada resep obat, dsb
Mencermati contoh-contoh perbandingan dua besaran
dengan dengan satuan yang berbeda, seperti kecepatan, tarif, dan kurs
Mencermati cara membuat perbandingan
Menanya
Menanya tentang penerapan konsep perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
Menanya tentang cara membuat perbandingan
Menanya tentang perbedaan perbandingan dengan membandingkan selisih diantara dua buah benda dengan membandingkan hasil bagi dari dua buah benda
Sikap
Observasi
Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai perbandingan
Pengetahuan
Penugasan
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal- soal berkaitan dengan perbandingan
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari seputar penggunaan 10 JP Buku teks
matematika Kelas VII Kemdikbud, Buku pengayaan yang berkaitan dengan perbandingan Peristiwa
sehari-hari dan lingkungan.
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menanya tentang penerapan konsep perbandingan, misal: bagaimanana membuat denah untuk objek 3 dimensi, teknik membaca/ mendeskripsikan peta, dsb
Mengumpulkan informasi
Menggali informasi mengenai penerapan konsep perbandingan dalam kehidupan sehari- hari
Menggali informasi tentang
denah atau peta letak suatu benda/rumah dengan benda-benda lain tanpa skala dan dengan skala dilengkapi dengan unsur-unsur pelengkap peta
Menggali informasi tentang nilai perbandingan atau skala dari peta, serta menghitung ukuran sebenarnya benda dalam peta/denah/foto
Menggali informasi tentang nilai perbandingan dari komposisi bahan
makanan, bahan obat pada resep, bahan bangunan dsb serta menghitung bahan yang diperlukan dalam resep/gedung dsb berdasarkan nilai perbandingan.
Menggali informasi tentang cara menyataka suatu perbandingan perbandingan dan skala
dalam kehidupan sehari-hari
Tes Tertulis Mengerjakan soal berkaitan perbandingan:
identifikasi hubungan fungsional seharga, berbalik nilai, linear dan non linear
penerapan
perbandingan dalam matematika dan di luar matematika
Keterampilan Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan perbandingan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menggali informasi tentang model matematika dari konsep perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu besaran dengan besaran lain berbentuk perbandingan seharga(senilai), perbandingan berbalik harga(nilai) baik yang bersifat linear ataupun non linear dalam masalah
sehari-hari ataupun dalam matematika
Menggali informasi mengenai strategi menyelesaikan masalah
nyata yang melibatkan konsep perbandingan serta
membaca table atau grafik untuk membantu menyelesaikan masalah perbandingan untuk menaksir nilai besaran yang belum diketahui
Menalar/Mengasosiasi
Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan
Menganalisis hubungan
antara perbandingan, rasio, dan pecahan
Menganalisis pola untuk
menentukan jumlah atau kuantitas suatu besaran apabila nilai perbandingan dan selisih atau jumlah dua besaran diketahui
berdasarkan data yang diketahui
 Menganalisis perbandingan
dua besaran yang berkaitan dengan kecepatan dan skala kemudian
disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek
Membuat denah rumah dengan memperharikan skala yang tepat Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menganalisis perbandingan senilai
Menganalisis batasan atau ketentuan berlakunya hubungan dua besaran yang bersifat fungsional dengan perbandingan tertentu
Menganalisis suatu permasalahan yang melibatkan perbandingan dengan tabel dan grafik
Mengomunikasikan
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan ditemukan berdasarkan yang dipelajari
Memberikan tanggapan hasil
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan 3.3 Menyelesaikan
persamaan dan pertaksamaan linear satu variabel
4.3Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan Persamaan dan
Pertidaksmaan Linear satu Variabel
Kalimat Tertutup
Kalimat Terbuka
Pengertian Persamaan Linear Satu Variabel
Pengertian Pertidaksamaan Mengamati
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan persamaan linear satu variabel, seperti panas benda dengan ukuran panjang, kecepatan dan jarak tempuh, dan lain-lain
Mencermati pengertian Sikap
Observasi
 Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, 20 JP Buku teks
matematika Kelas VII Kemdikbud, Buku pengayaan yang berkaitan dengan persamaan
linear , alat
peraga,
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel. Linear Satu Variabel
Penyelesaian
Pertidaksamaan
Linear Satu Variabel variabel dan mengaitkannya dengan konteks kehidupan
sehari-hari
Mencermati cara mengubah kalimat biasa menjadi
persamaan
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel
Menanya
Menanya hubungan antara kalimat yang salah, kalimat yang benar, dengan
persamaan linear satu variabel
Menanya tentang variabel, kalima terbuka, atau kalimat
tertutup
Menanya tentang berbagai
kejadian perubahan besaran yang berakibat pada perubahan besaran lainnya
Menanya tentang cara membuat model matematika dari persamaan linear satu variabel
Menanya tentang persamaan
yang dikatakan ekivalen
Menanya tentang sifat-sifat kesetaraan persamaan linear satu variabel
atau presentasi peserta didik
mengenai persamaan dan pertidaksamaa n satu variabel
Pengetahuan
Tugas
Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal- soal yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaa n linear satu variabel
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar penggunaan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dalam kehidupan sehari-hari
lingkungan.
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menanya tentang perbedaan
persamaan linear satu variabel dengan pertidaksamaan linear satu variabel
Mengumpulkan informasi
Menggali informasi mengenai penerapan persamaan linear satu variabel dalam kehidupan
Menggali informasi tentang
bentuk ekspresi aljabar secara umum yang berupa persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel
Menggali informasi tentang persamaan/pertidaksamaan
linear satu variabel dalam bahasa verbal sehari-hari
Mengidentifikasi variabel, koefisien, konstata dan derajat dari persamaan/ pertidaksamaan linear satu variabel
Menggali informasi tentang sifat-sifat kesetaraan persamaan linear satu variabel
Menggali informasi penyelesaian persamaan
/pertidaksamaan linear satu variabel melalui manipulasi aljabar untuk menentukan
bentuk paling sederhana
Tes Tertulis Mengerjakan soal berkaitan dengan persamaan linear:
Bentuk verbal/konteks dari PLSV/ PtLSV
kesetaraan
PLSV/ PtLSV
solusi PLSV/ PtLSV
Keterampilan
Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menggali informasi tentang perbedaan, kesamaan,
persamaan, ketidaksamaan, dan pertidaksamaan, persamaan linier satu variabel dan pertidaksamaan linier satu variabel
Menalar/Mengasosiasi
Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan/ pertidaksamaan linear satu variabel
Menganalisis kalimat terbuka
atau tertutup bentuk linear, kalimat yang memiliki nilai kebenaran, dan kalimat yang tidak memiliki nilai kebenaran
Menganalisis kesetaraan
berbagai bentuk persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel
Menganalisis keterkaitan antara bentuk persamaan /pertidaksamaan nonlinear satu variable yang dapat diselesaikan dengan mengubah ke bentuk linear
Projek Mengamati tagihan listrik dan telepon serta membuat bentuk persamaan lineaarnya Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menganalisis
persamaan/pertidaksamaan linear satu variable berdasarkan contoh-contoh yang telah dipelajari
Mengomunikasikan
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai konsep persamaan linear satu variabel, bentuk setara persamaan linear satu variabel, dan konsep pertidaksamaan
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
4.2 Menggunakan
konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana. Aritmetika Sosial
 Nilai Suatu Barang
 Harga Penjualan
 Harga Pembelian
 Persentase Untung
 Persentase Rugi
 Diskon, Pajak, Bruto, Tara, dan Netto
 Bunga Tunggal Mengamati
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan aritmetika sosial, seperti proses transaksi jual beli alat tulis di kantin sekolah, jual beli buah di pasar, bentuk lembah gunung, dan reproduksi makhluk hidup
Menanya
Menanya tentang aktifitas sehari-hari yang yang
berkaitan dengan aritemetika sosial (nilai suatu barang, harga penjualan, harga pembelian,persentase untung, persentase rugi, diskon, pajak, bruto, tara, dan netto, serta bunga tunggal)
 Menanya tentang kejadian
sehari-hari yang dapat Sikap
Observasi
 Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai aritmetika sosial
Pengetahuan
Penugasan
 Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal- soal berkaitan dengan 10 JP Buku teks
matematika Kelas VII Kemdikbud, Buku pengayaan yang berkaitan dengan
aritmetika sosial,
Peristiwa sehari- hari,
lingkungan.
Uang mainan, barang di sekolah
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
dimodelkan dengan rumus tertentu
Mengumpulkan informasi
 Menggali informasi tentang
penerapan aritemetika sosial dalam kehidupan sehari-hari
Menggali informasi tentang suatu bentuk aljabar ke
dalam bahasa verbal sehari-hari
Menggali informasi tentang masalah sederhana aritmetika sosial (seperti berbagai bentuk transaksi jual beli, pendapatan dan belanja di keluarga atau lembaga, simpan pinjam, bunga kredit, deposito, tabungan, dsb)
Menggali informasi tentang netto (dalam gram) dengan
neraca ohauss dan membuat tabel yang berisi nilai berat hasil timbangan(brutto), berat pada kemasan(netto), dan menghitung selisihnya.
Mengasosiasi aritmatika sosial
sederhana
 Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi sejarah seputar perdagangan
Tes Tertulis
 Mengerjakan soal berkaitan dengan konsep aljabar yang diterapkan dalam masalah aritmatika sosial sederhana
 Menilai keterampilan
menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan aritmetika Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menganalisis permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan aritmetika sosial (nilai suatu barang, harga penjualan, harga pembelian,persentase untung, persentase rugi, diskon, pajak, bruto, tara, dan netto, serta bunga tunggal)
 Menganalisis penerapan
konsep aljabar yang terkait dalam aritmetika sosial sederhana
Menganalisis permasalahan aritme tika sosial sederhana dengan menggunakan model matematika
Mengkomunikasikan
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi Keterampilan
Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan
aritmetika sosial kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek Mengumpulkan data tentang:
Bruto, netto, dan tarra
sejumlah
barang yang
sering dibeli
Diskon barang yang dibeli di
toko
Slip pembayaran pada saat belanja Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
atau konsep baru yang
ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai aritmetika sosial
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan 3.7. Mendeskripsikan
lokasi benda dalam koordinat Cartesius (b)  Bidang kartesius Mengamati
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan koordinat cartesius, seperti letak sebuah benda di suatu lokasi, posisi masing- masing pion pada papan catur, dll Sikap
Observasi
 Mengamati ketelitian dan
rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak 10 JP Buku teks
matematika Kelas VII Kemdikbud
, Peta, Peristiwa sehari-hari, lingkungan. Uang mainan, barang di
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menanya
Menanya tentang posisi suatu benda. misal bagaimana seorang nahkoda kapal menentukan arah perjalanannya ketika sedang berlayar? Mengapa koordinat Cartesius digunakan dalam keseharian? Dalam apa saja digunakan koordinat Cartesius? Apa manfaat penggunaan bidang koordinat Cartesius dalam kehidupan sehari-hari? bagaimana menentukan posisi suatu benda?
 Menanya tentang
penerapan koordinat Cartesius, misal: apa itu bidang Cartesius? Bagaimana cara menetapkan acuan letak suatu benda di muka bumi? Bagaimana peran satelit dalam menentukan letak benda secara persis secara relative dengan benda lainnya? Apa penjelasan, atau presentasi
peserta didik mengenai lokasi benda dalam koordinat cartesius
Pengetahuan
Penugasan
 Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal- soal berkaitan dengan koordinat cartesius
 Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar penerapan Cartesius dalam kehidupan sehari-hari sekolah
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
hubungannya dengan garis lintang dan bujur?
Mengumpulkan informasi
 Menggali informasi tentang
letak posisi suatu benda pada suatu denah
Menggali informasi tentang letak benda atau jarak suatu tempat dan posisi relatifnya dengan benda atau objek
Menggai informasi tentang sistem koordinat untuk menggambarkan posisi benda dengan benda lainnya
 Menggali informasi tentang
bangun datar pada bidang koordinat Cartesius, menentukan posisi suatu benda pada sebuah denah, titik, garis pada bidang Cartesius
Menalar/Mengasosiasi
Menganalisis denah letak suatu benda, bangun datar
ataupun ojek lainnya
menganalisis sistem koordinat lainnya (misal Tes Tertulis
 Mengerjakan soal berkaitan dengan lokasi benda pada bidang Cartesius
 Menilai keterampilan
memecahkan permasalahan yang melibatkan bidang Cartesius
Keterampilan
Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan koordinat cartesius kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
koordinat polar)
Mengomunikasikan
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai koordinat kertesius
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
pembelajaran yang telah
diilakukan 3.9. Memahami konsep
transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan
obyek-obyek
geometri;
4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminanan, rotasi) dalam menyelesaikan permasalahan nyata. Transformasi
 Translasi
(Pergeseran)
 Refleksi
(Pencerminan)
 Rotasi (Perputaran)
 Dilatasi (Perkalian) Mengamati
 Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan transformasi (translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi), seperti bayangan pada sebuah cermin, hasil pembesaran atau pengecilan sebuah photo, jarak yang ditempuh suatu
kendaran dari tempat semula, dan lain sebagainya
 Mencermati bagaimana bentuk bayangan dan jarak bayangan saat mendekati atau menjauhi cermin
Menanya
 Menanya tentang penggunaan
transformasi (translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi) dalam kehidupan sehari-hari
 Menanya tentang mengenai cara menggambarkan sebuah bayangan pada cermin
 Menanya tentang cara melakukan translasi suatu Sikap
Observasi
 Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi
Pengetahuan
Penugasan
 Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal- soal yang berkaitan dengan 20 JP Buku teks
matematika Kelas VII Kemdikbud, Buku pengayaan yang berkaitan dengan transformasi, lingkungan.
Alat peraga bangun datar,
ubin
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
bangun pada bisang koordinat
Menanya tentang hubungan
repleksi dan translasi
Menanya tentang bagaimana bentuk bayangan setelah
dilakukan rotasi
Menanya tentang bagaimana
bentuk bayangan setelah dilakukan dilatasi
Menanya tentang berbagai
penerapan transformasi, misal: bagiamana jika dalam kehidupan tak ada transformasi?Bagaimana seorang nahkoda dalam menentukan arah yang kan dilalui, dsb
Mengumpulkan informasi
Menggali informasi tentang
penerapan transformasi (translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi) dalam kehidupan sehari-hari
Menggali informasi tentang
konsep, ciri-ciri transformasi geometri berupa dilatasi (perkalian, perbesaran, kontraksi, kompresi), translasi (pergeseran/ perpindahan), refleksi (pencerminan) dan transformasi
Mencari
informasi penggunaan transformasi dalam kehidupan sehari-hari
Tes Tertulis
Mengerjakan latihan berkaitan dengan translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi
Menilai
keterampilan memecahkan masalah yang berkaian dengan translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi secara tertulis
Keterampilan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu Sumber Belajar
rotasi (perputaran)
Menggali informasi tentang
cara melakukan translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi suatu bangun pada bisang koordinat
Menggali informasi tentang
hasil bayangan pencerminan pada bidang Cartesius; hasil translasi suatu titik; hasil rotasi suatu titik, garis, dan bangun datar; hasil dilatasi suatu titik, garis, dan bangun datar dari hasil dilatasi
Menggali informasi tentang
hasil komposisi tranformasi suatu titik, garis, dan bangun datar
Menalar/Mengasosiasi
Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan translasi, refleksi, rotasi dan dilatasi
Menganalisis sifat translasi,
refleksi, rotasi dan dilatasi,
Menganalisis hasil dari dilatasi dengan berbagai posisi titik
pusat
Menganalisis hasil dari translasi dan refleksi pada Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur
berkaitan dengan
transformasi (translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi) kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek
Membuat mozaik dari bangun persegi dan segitiga Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
bidang koordinat
Menganalisis hubungan
translasi dan refleksi
Menganalisis hasil dari dilatasi dan rotasi dengan berbagai
posisi titik pusat
Menganalisis cara melakukan
translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi suatu bangun pada bidang koordinat
Menganalisis penyelesaian masalah sehari-hari yang berkaitan dengan transformasi geometri
Mengomunikasikan
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai refleksi, translasi, rotasi, dilatasi, dan penerapan transformasi dalam masalah nyata 59
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan 3.11 Memahami teknik
penataan data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis
4.8.Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik Statistika
 Pengertian Data
 Pengumpulan Data
 Pengolahan data
 Penyajian Data Mengamati
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan data. Misal: pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, pencacahan jumlah penduduk, tabel, grafik, batang, diagram lingkaran dan grafik garis, seperti penggunaan hasil survey lembaga tentang partai politik, dsb
Sikap
Observasi
Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai penyajian data dalam bentuk diagram 15 JP Buku teks
matematika Kelas VII Kemdikbud, Buku pengayaan yang berkaitan dengan
statistika,
Data sehari-hari,
lingkungan. Data faktual, Komputer
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menanya
Menanya tentanga penggunaan data dalam kehidupan sehari-hari
Menanya tentang cara pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data: misal bagaimana cara mendapatkan data jumlah pertumbuhan penduduk tiap tahun? Mengapa pengolahan data sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari?
Menanya tentang cara menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
Mengumpulkan informasi
Menggali informasi tentang penggunaan data dalam kehidupan sehari-hari
Menggali informasi tentang populasi sebagai
sekumpulan data yang memiliki karakteristik sama dan menjadi objek inferensi, penggambaran atau deskripsi dari populasi tersebut, misal: populasi siswa, hewan, perangkat/perkakas benda batang, diagram
lingkaran, dan diagram garis
Pengetahuan
Penugasan
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal- soal berkaitan dengan data
Tugas mandiri
tidak terstruktur: melakukan survei suatu data
Tes Tertulis
Mengerjakan soal berkaitan
dengan pengolahan data dan penyajian data.
Menilai
keterampilan memecahkan masalah yang Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menggali informasi tentang
pengertian data tunggal, pengolahan dan penyajian data
Menggali informasi tentang data sebagai informasi
yang dicatat dan dikumpulkan berupa hasil hitungan atau pengukuran dari suatu objek atau benda misal: berat,
ukuran, tinggi, lebar, volume, dan sebagainya
Menggali informasi tentang
lembar isian, formulir, atau kuesioner serta pengumpulan data
Menggali informasi tentang penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran
Menggali informasi tentang penyajian data untuk melakukan inferensi
seperti memprediksi nilai observasi masa depan
berdasarkan perilaku data, menentukan hubungan antar data, atau melibatkan penyajian data
Keterampilan Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan
statistika terutama penyajian dan pengolahan kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek Mencari informasi tentang data- data (barang) yang ada dalam sebuah toko, lalu menyajikannya dalam bentuk diagram garis, batang, atau Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
menafsirkan dan mengambil keputusan
berdasar analisis data
Menalar/Mengasosiasi
Menganalisis permasalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data
Menganalisis hasil pengumpulan data dari berbagai objek, misal: data jenis kelamin, agama, warna kulit, dsb; data tingkat pendidikan, tingkat kepuasan, dsb; data tahun, temperature, dsb; dan data pengukuran ukuran
benda, tinggi, dsb
Menganalisis hasil penafsiran, deskripsi atau statistik dari dua kelompok data sejenis atau apabila objek pengumpulan data dipilih dengan kriteria tertentu
Menganalisis penyajian
data yang sesuai (apakah dengan tabel, diagram, atau grafik). lingkaran Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Mengkomunikasikan
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pengertian,
pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan
informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
pembelajaran yang telah
diilakukan 3.10. Menemukan peluang empirik
dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data;
4.9 Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik. Peluang
 Ruang sampel
 Peluang empirik Mengamati
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik, seperti peluang munculnya angka pada pelemparan sebuah koin, peluang munculnya angka pada kuis, dan peluang pengambilan sebuah kelereng pada sebuah kotak.
Menanya
Menanya tentang kemungkinan suatu kejadian: misal bagaimana kemungkinan besok terjadi hujan? atau berapa kemungkinan seorang nasabah datang ke bank dalam sebulan?
Menanya tentang peluang, misal: bagaimana alasan, ciri
atau sifat peristiwa atau kejadian yang bersifat pasti, memiliki peluang tinggi atau rendah, atau tidak berpeluang sama sekali? Sikap
Observasi
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai peluang
empirik
Pengetahuan
Penugasan
Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal- soal berkaitan dengan peluang
Tugas mandiri tidak terstruktur: 15 JP Buku teks matematika
Kelas 7
Kemdikbud,
Buku pengayaan yang berkaitan dengan peluang lingkungan.
Alat peraga koin,
dadu, Kartu, dan benda lainnya
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menanya tentang peluang empirik dari suatu percobaan
Mengumpulkan informasi
Menggali informasi tentang
kejadian sehari-hari yang bersifat pasti terjadi, tidak mungkin terjadi, dan mungkin terjadi dikaitkan dengan peluang kejadian.
Menggali informasi tentang kejadian sehari-hari yang bersifat acak atau random, yaitu kejadian yang hasilnya atau terjadinya tidak dapat dipengaruhi atau dikondisikan dan tidak acak dikaitkan dengan peluang kejadian.
Menggali informasi tentang probabilitas atau peluang secara sederhana (klasik) melalui percobaaan atau eksperimen statistik melempar uang logam atau koin, dadu, dsb, terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, dari sejumlah pelemparan
serta mencatat hasil kejadiannya ke dalam table mencari informasi
sejarah peluang dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Tes Tertulis
 Mengerjakan soal berkaitan dengan peluang, menentukan peluang dan menentukan peluang empirik
 Menilai
keterampilan menyelesaikan permasalah yang melibatkan peluang
Keterampilan
Portofolio
Mengumpulkan Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Menggali informasi tentang ruang sample dan titik sampel
Menggali informasi tentang probabilitas atau peluang secara empirik melalui melempar berkali-kali sampai tak terhingga uang logam atau koin, dadu, dsb, kemudian mencatat frekuensi relative terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3,
4, 5, atau 6, serta disajikan ke dalam table
Menalar/Mengasosiasi
Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan peluang
Menganalisis konsep peluang
secara logis/aksiomatik sebagai rasio atau perbandingan dari jumlah cara terjadinya suatu peristiwa dibagi dengan jumlah cara terjadi semua kejadian.
Menganalisis konsep peluang sebagai tingkat kemungkinan
suatu peristiwa terjadi berdasarkan faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan bahan dan literatur
berkaitan dengan peluang kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek Melakukan permainan ular tangga, lalu menghitung angka dadu yang paling sering muncul atau paling jarang muncul Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
situasi yang serupa atau intuisi tertentu, misal:
peluang seorang calon bupati terpilih adalah 60%, dsb
Menganalisis peluang suatu
kejadian bernilai 0, antara 0 dan 1, dan bernilai 1
Menganalisis peluang empirik berdasarkan hasil percobaaan
Mengomunikasikan
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai peluang empirik
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan Metro, Agustus 2014
Guru Pamong Guru Praktikan
-223517233300683438517538000 Dra. RochwatiMengetahui Kama Nur Annisa
NIP. 196102242981122001 Kepala SMP N 1 Metro NPM. 11310022

373460122034500 Sunanto, S.Pd., M.Pd.
NIP. 196509021989031003


Download silabus SMP kelas VII k-13 baru.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca silabus SMP kelas VII k-13 baru. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon