February 08, 2017

NURUL H. SADING MAKALAH PERKEMBANGAN IPA DAN TEKNOLOGI


Judul: NURUL H. SADING MAKALAH PERKEMBANGAN IPA DAN TEKNOLOGI
Penulis: Nurul Sading


Makalah Perkembangan IPA dan Teknologi
Nurul H. Sading
321411020
Ilmu Alamiah Dasar
DAMPAK PERKEMBANGAN IPA DAN TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA DI BIDANG INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Latar belakang
Pada jaman dahulu, manusia sebenarnya telah menggunakan alat-alat komunikasi, entah itu berupa tanda, bunyi-bunyian pada benda tertentu ataupun melalui bahasa isyarat. Alat komunikasi tersebut sekarang biasa disebut dengan alat komunikasi secara tradisional. Karena, pada zaman sekarang, orang-orang telah mengenal berbagai macam alat komunikasi untuk memudahkan mereka bertukar informasi satu sama lain. Alat komunikasi terus berkembang setelah manusia menemukan alat komunikasi elektronik yang diawali dengan penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell (1847-1922).
Komunikasi melalui telepon beberapa kali mengalami kemajuan. Pada mulanya telepon menggunakan kawat sebagai penghubung dan memerlukan operator. Sekarang orang dengan mudah dapat berhubungan dengan telepon otomatis yang tidak memerlukan operator dan kawat, tetapi menggunakan satelit. Komunikasi secara tertulis yang sederhana dengan surat, kini berganti pada alat modern seperti telegram, faksimil, teleks, email  dan bahkan penggunaan telepon genggam seluler yang lebih praktis dan cepat, dengan sistem barunya short message system (SMS) dan beberapa tahun ini munculnya fasilitas chat melalui telepon genggam dan  internet.
Dengan adanya kemajuan dibidang komunikasi dan organisasi menjadikan tempat-tempat terpencil mudah dijangkau, jarak semakin dekat, memberikan lapangan kerja kepada penduduk, meningkatkan pariwisita karena terbukanya jalan menuju kawasan tersebut, mudah menerima informasi, dan banyak manfaat lain yang dapat diambil dari perkembangan IPA dan Teknologi. Sebagai contoh dapat dikemukakan pendapat pakar teknologi dunia terhadap pengembangan teknologi. Menurut B.J. Habiebie (1983) ada delapan wahana transformasi yang menjadi prioritas pengembangan teknologi, terutama teknologi industri, yaitu 1) pesawat terbang, (2) maritim dan perkapalan, (3) alat transportasi, (4) elektronika dan komunikasi, (5) energi, (6) rekayasa , (7) alat-alat dan mesin-mesin pertanian, dan (8) pertahanan dan keamanan. Dari penjelasan diatas, sangat jelas bahwa komunikasi merupakan suatu bagian dari teknoogi yang berkaitan satu sama lain.
Perkembangan Teknologi Menurut Para Ahli
Menurut Nana Syaodih S (1997, tertera dalam Rozy) sebenarnya sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Kalau manusia pada zaman dulu memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana. Terkait dengan teknologi, Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah.
Ahli lain, Kast & Rosenweig menyatakan Technology is the art of utilizing scientific knowledge. Sedangkan Iskandar Alisyahbana (1980:1) merumuskan lebih jelas dan lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia.
Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah "teknologi belum digunakan. Istilah "teknologi" berasal dari "techne " atau cara dan "logos" atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam perkembangan terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
Oleh karena itu, dalam makalah ini penulis mengemukakan dampak-dampak positif dan negative yang dapat ditimbulkan dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia khusunya dalam bidang informasi dan komunikasi. Tetapi penulis percaya bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang informasi dan komunikasi dapat berjalan selaras apabila pengguna dapat bersiap arif dan bijaksana terhadap pengunaan teknologi di era modern ini.
Pembahasan
Dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat terutama ditinjau dari bidang teknologi yang sangat berpengaruh pada kehidupan manusia, pada saat ini sudah tersedia banyak sekali fasilitas yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kegiatan kita sehari-hari ataupun menunjang gaya hidup kita pada masa moderen ini. Hari demi hari, perkembangan teknologi dibidang komunikasi berkembang sangat pesat, para ilmuan telah menemukan berbagai macam alat yang canggih untuk membuat komunikasi antar sesama menjadi lebih mudah dan dapat terterima semua kalangan baik dari kalangan bawah, menengah dan atas.
Berbagai bentuk alat komunikasi yang telah ditemukan dari zaman ke zaman yang semakin menunjukan perkembanganna sesuai dengan kebutuhan manusia dari masa ke masa. Alat komunikasi bisa mempermudah manusia untuk saling berkomunikasi, menyampaikan informasi ataupun bertukar informasi untuk kepentingan mereka sendiri. Dalam hal ini perkembangan ilmu pengetahuan pada bidang teknologi komuniasi, sangat berperan aktif dalam perwujudan alat komunikasi yang semakin canggih dan effisien. Para pengguna juga tidak direpotkan dengan alat yang sukar untuk digunakan, tetapi semua alat yang sudah dikembangkan saat ini adalah alat-alat yang tergolong mudah digunakan dan mudah dimengerti oleh pengguna alat komunikasi, contohnya seperti, radio, telepon, televise, faks, radar, internet, computer, dan sebagainya. Yang teleh disebutkan adalah alat komunikasi modern yang berkembang dan mempunyai banyak pengguna diseluruh dunia.
Radio merupakan alat komunikasi satu arah dimana para pendengar menerima informasi melalui gelombang elektromagnetik yang merambat melalui udara. Dikatakan komunikasi satu arah karena informasi yang didapat hanya melalui pihak penyiar atau pembicara, sedangkan para pendengar hanya tinggal menerima informasi tersebut melalui suara. Tetapi, seiring perkembangannya, dengan dukugan dari alat komunikasi lain seperti telepon, para pendengar radio dapar berkomunikasi dengan penyiar melalui saluran telepon yang disediakan. Jadi, tidak menutup kemungkinan akan terjadinya proses komunikasi melaui dua arah. Begitu juga dengan televise, televise adalah alat komunikasi yang sudah terkenal didunia. Banyak yang dapat diperoleh dari menonton televise, karena semua informasi telah divisualisasikan lewat gambar-gambar berwarna yang dapat mempermudah kita mengerti dan menangkap maksud informasi tersebut.
Hal tersebut juga ditunjang dengan kemajuan dunia pertelevisian di Indonesia. Segala informasi yang kira butuhkan sudah tersedia dengan lengkap, misalkan hiburan, berita terkini, informasi gaya hidup, olah raga, dan lain-lain. Televisi juga telah dirasakan oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia, sehingga tidak sulit untuk menyerap segala informasi yang telah disediakan. Saat ini, televise telah berkembang menjadi 'smart tv´ atau disebut juga dengan 'Tv pintar' yang sengaja dikembangan oleh perusahaan terkemuka untuk memenuhi permintaan tentang perkembangan teknologi yang dibutuhkan masyarakat modern saat ini. Dengan penggunaan teknologi yang canggih seperti layar sentuh, ketersediaannya sensor gerak dan suara, adanya lubang portable, bahkan bisa terkoneksi dengan internet. Hal ini dikarenakan, gaya hidup masyarakat madani yang semakin dituntut untuk mengakses keperluan secara bersamaan dengan waktu yang singkat. Contohnya, pengguna bisa mengakses internet sementara dia menonton tv.
Telepon juga menjadi alat komunikasi yang paling terkenal saat ini, karena telepon menjelma menjadi alat yang paling dibutuhkan apa terlebih telepon sudah berkembang menjadi 'smartphone' atau telepon pintar yang menyediakan banyak aplikasi atau software yang sangat mendukung aktifitas sehari-hari. Telah banyak tersedia bentuk komunikasi dalam sebuah telepon pintar, misalnya berbagai macam bentuk pesan yang divisualisasikan dalam percakapan pendek serta pengiriman pesan surat melaui email. Serta adanya media social yang mendukung terjadinya komunikadi dimanapun dan kapanpun. Itu semua bisa terwujud karena adanya internet. Internet adalah sebuah wadah dari semua informasi yang bisa diakses dengan cepat dimanapun dan kapanpun. Internet merupakan media yang paling mendukung terjadi pertukaran informasi dari sudut manapun. Semua orang dari berbagai belahan dunia, dapat saling bertukar informasi dalam hal apapun, dan dapat saling memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan kita.
Beberapa tahun yang lalu, internet hanya bisa diakses melalui komputer. Komputer adalah alat yang menyimpan banyak software dan aplikasi yang dapat menunjang pekerjaan seseorang. Terutama dalam bidang TIK atau teknologi informasi dan komunikasi. Dengan adanya komputer, dapat membantu kinerja mereka dalam bidang IT. Kemudian, seiring dengan perkembangan zaman, komputer telah mempunyai bentuk fisik yang lebih sederhana. Alat itu dikenal dengan sebutan Laptop yang lebih praktis penggunaannya, dapat dibawah kemana saja, dengan bentuk yang lebih modern. Sekarang juga, laptop telah dilengkapi dengan layar sentuh yang dapat memudahkan penggunaanya.
Semakin tersedianya bentuk komunikasi yang mempermudah datangnya informasi dari setiap arah, kapan saja dan dimana saja, maka semakin adanya pula dampak yang diakibatkannya. Dampak tersebut bisa berupa dampak positif dan negative. Adapula dampak positif yang didapat adalah:
Orang – orang dapat dengan mudah mengakses informasi yang mereka inginkan dari belahan dunia manapun, dimanapun dan kapanpun melalui media internet.
Dapat mengirim pesan singkat maupun pesan berupa surat atau dokumen melalui aplikasi chat, atau email dengan cepat dan mudah.
Dapat membangun jaringan komunikasi sesama bidang untuk saling bertukar pikiran ataupun bertukar pengalaman dengan bidang pekerjaan mereka.
Dalam bidang perbankan, kemudahan bertransaksi dapat dengan mudah dilakukan melalui internet banking tanpa perlu berada dalam bank.
Dapat menghemat waktu dan pengeluaran karena waktu yang terpakai hanya sedikit dan tanpa menelan biaya yang mahal.
Melalui telepon, kita dapat menghubungi orang yang berada di kejauhan melalui panggilan local ataupun panggilan mancanegara.
Kita dapat mempromosikan, menjual, atau menyediakan suatu produk kepada consumer dengan lugas, cepat, dan lengkap sehinnga memudahkan consumer untuk membeli produk tersebut.
Dapat membuka atau mengubah cara berpikir seseorang dari seseorang yang kolot menjadi seseorang yang bisa berfikir secara modern.
Kinerja para karyawan yang berhubungan dengan internet akan lebih meningkat, karena cara kerja mereka lebing cepat dan mudah.
Dapat mengetahui informasi yang terjadi secara langsung atau dapat mengetahuinya pada saat kejadian tersebut.
Internet dapat juga memberikan penghasilan kepada blogger atau yang biasa dikenal sebagai orang yang membuat blog, website, dan semacamnya.
Adanya radar juga megguntungkan banyak pihak yang memanfaatkan radar sebagai media komunikasi. Contohnya dalam bidang kedirgantaraan. Pada pesawat terbang telah dipasang radar untuk mendeteksi adanya pesawat lain disekitar, begitu juga pada kapal selam. Radar juga dipasang untuk mengetahui atau mendeteksi adanya benda padat atau keras pada kedalaman tertentu sehingga dapat menghindari adanya benturan.
Dapat menumbuhkan rasa keingin tahuan anak-anak dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
Seseorang yang mempunyai kelebihan dibidang alat komunikasi dapat menciptakan aplikasi atau software baru untuk menunjang segala macam kebutuhan pengaksesan informasi melalui internet.
Adapun dampak negative dari perkembangan komunikasi yang terjadi, sebagai berikut:
Dengan kemampuan menyampaikan informasi dalam segala hal, internet juga menjadi wadah dari hal pornografi. Pornografi dengan cepat merajalela, dapat diakses siapa saja dan kapan saja. Tidak menutup kemungkinan, pornografi juga bisa diakses oleh anak dibawah umur yang pada hakikatnya sangat belum pantas untuk mengetaui hal-hal seperti itu.
Adanya transaksi yang tidak wajar, seperti terjadinya transaksi jual beli bayi atau gadis dibawah umur untuk dijadikan pekerja seks komersial. Hal ini sangat mungkin terjadi karena, melaui media komunikasi telepon atau internet, pengawasan dari pihak kepolisian sangat kurang, jadi merekapun bisa leluasa bertransaksi.
Kemudahan berinteraksi juga biasa mengakibatkan terjadinya penipuan. Hal ini telah terbukti dengan banyaknya kasus yang bermunculan tentang adanya bukti pemalsuan identitas untuk menjerat seseorang dalam berkomunikasi. Mereka memakai identitas palsu yang bisa merugikan pihak lain. Dan juga, adanya penyamaran identitas yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab dalam kepentingannya sendiri. Kasus – kasus tersebut dapat dijumpai pada media social, seperti facebook, twitter, dll.
Internet juga dapan mengakibatkan kecanduan bagi penggunanya, karena banyak hal yang bisa diakses dengan mudah dan cepat sehingga kadang pengguna tidak sadar diri bahwa mereka telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengakses informasi melalui internet. Hal ini bisa terjadi karena pengguna kurang bijak dalam memanfaatkan kemudahan internet.
Dalam dunia internet juga ada yang disebut hacker atau orang yang bisa merusak atau mengganggu jaringan internet, website, ataupun blog dengan kemampuan yang dimilikinya.
Seseorang atau kelompok yang tidak bertanggung jawab yang mempunyai kemampuan lebih dalam bidang IT juga dapat melakukan penyadapan informasi-informasi penting melalui jaringan telepon pribadi ataupun website pribadi seseorang, entah target itu adaah seorang kepala Negara yang memimpin Negara maju, atau instansi pemerintah yang mengetahui rahasia Negara,hal ini juga dapat mengganggu pertahanan dan kedaulatan suatu Negara karena informasi penting yang telah tersebar luas.
Dapat terjadinya plagiat atau pencurian idea atau gagasan dari orang lain kemudian mengklaim ide tersebut sebagai miliknya.
Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris
Penggunaan telepon pintar yang tidak sesuai dengan yang seharusnya dapat menimbulkan radiasi yang dipancarkan dari telepon tersebut dalam kondisi tertentu.
Kesimpulan
Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan informasi dan komunikasi sesama manusia.
Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Namun manusia tiudak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia. Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan yang jelas untuk melidungi pengguna dan dapat memberikan sangsi terhadap oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang dapat menimbulkan kerugian melalui internet, dsb. Atau pemerintah bisa memfasilitasi suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.
Referensi:
Hendra Aris, (2013). Dampak negative dan positif perkembangan IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia. Di dapat dari: http://inspiration-mantap.blogspot.com/2013/01/dampak-negatif-dan-positif-perkembangan.html. 09 maret 2014, 12.00 pm.
Lestari, Y. (2013). Dampak positif dan negative: Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di dapat dari: http://sosbud.kompasiana.com/2013/12/07/dampak-positif-dan-negatif-perkembangan-ilmu-pengetahuan-alam-dan-teknologi-614433.html. 09 maret 2014, 12.05 pm.
Rozy, (2011). Dampak perkembangan IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia. Di dapat dari: http://rozy77.wordpress.com/2011/08/23/dampak-perkembangan-ipa-dan-teknologi-terhadap-kehidupan-manusia/. 09 maret 2014, 12.10 pm.


Download NURUL H. SADING MAKALAH PERKEMBANGAN IPA DAN TEKNOLOGI.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca NURUL H. SADING MAKALAH PERKEMBANGAN IPA DAN TEKNOLOGI. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon