Februari 08, 2017

MAKALAH ILMU ALAMIAH DASAR "TEKNOLOGI MODERN, MASALAH LINGKUNGAN DAN UPAYA MENGATASINYA"

Judul: MAKALAH ILMU ALAMIAH DASAR "TEKNOLOGI MODERN, MASALAH LINGKUNGAN DAN UPAYA MENGATASINYA"
Penulis: Rima Erna


BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Indonesia sekarang ini sudah mencapai tahap pemikiran yang sangat modern, Indonesia sendiri sudah mampu menciptakan alat-alat teknologi yang praktis dan efisien seperti layaknya yang ada di kehidupan sehari – hari seperti televisi, telepon genggam, komputer, laptop, dan lainnya, sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang digunakan pun memiliki kajian – kajian penting dalam proses kemajuan dan perkembangan teknologi yang membuat Indonesia lebih modern.
Indonesia sedang berada dalam masa-masa transisi dan penyesuaian di mana modernisasi dan globalisasi kian kuat masuk secara bertahap ke dalam Indonesia. Bukan hanya itu modernisasi juga sangat terpengaruh dengan majunya teknologi – teknologi yang ada pada Negara Indonesia sendiri.
Masyarakat modern dengan kekuatan rasionalitasnya telah melejit  jauh menuju peradapan digital yang mutahir. Manusia dengan ilmu pengetahuan tengah berada pada puncak kekuasaanya atas alam. Teknologi informasi merupakan alat ampuh untuk menundukan alam, dengan teknologi informasi manusia mampu mengontrol kehidupan. Namun pada akhirnya manusia yang berharap kesejahteraan serta kebebasan dengan teknologi informasi, kini justru teknologi tersebut  yang berbalik mengkontrol kehidupan manusia. Salah satu teknologi informasi yang mendominasi dan mengontrol kehidupan masyarakat modern adalah televisi. Televisi telah berkembang menjadi sosok  fasisme, dewa penentu kehidupan masyarakat modern, ia mengendalikan, menguasai, dan mendikte kehidupan sosial masyarakat modern.

RUMUSAN MASALAH
Apa yang dimaksud dengan teknologi modern ?
Bagaimana teknologi modern di Indonesia ?
Apa saja yang termasuk dalam masalah lingkungan?
Mengapa masalah lingkungan erat kaitannya dengan teknologi modern ?
Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah lingkungan?
TUJUAN PENULISAN
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah "Ilmu Alamiah Dasar"
Untuk mengetahui perkembangan teknologi modern.
Untuk mengetahui dampak perkembangan teknologi modern terhadap lingkungan.
Untuk mengetahui upaya apa saja yang mesti dilakukan demi mengatasi masalah lingkungan..
MANFAAT PENULISAN
Adapun manfaat penulisan ini adalah antara lain :
Dapat menambah wawasan penulis dan khalayak tentang perkembangan teknologi modern di Indonesia dan di manca negara.
Sebagai bahan referensi bagi pembaca.

BAB II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN TEKNOLOGI
Teknologi adalah satu ciri yang mendefinisikan hakikat manusia yaitu bagian dari sejarahnya meliputi keseluruhan sejarah.
Menurut Sardar (1987, 161) teknologi adalah sarana pemecahan masalah mendasar dari setiap peradaban. Tanpa sains, lanjut Sardar (1987, 161) suatu peradaban tidak dapat mempertahankan struktur-struktur politik dan sosialnya atau memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar rakyat dan budayanya. Sebagai perwujudan eksternal suatu epistemologi, sains membentuk lingkungan fisik, intelektual dan budaya serta memajukan cara produksi ekonomis yang dipilih oleh suatu peradaban.
Teknologi, menurut Djoyohadikusumo (1994, 222) berkaitan erat dengan sains (science) dan perekayasaan (engineering). Dengan kata lain, teknologi mengandung dua dimensi, yaitu science dan engineering yang saling berkaitan satu sama lainnya. Sains mengacu pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi dan energi dalam interaksinya satu terhadap lainnya.
Menurut Djoyohadikusumo (1994, 222) teknologi menyangkut hal pengetahuan objektif (tentang ruang, materi, energi) yang diterapkan di bidang perancangan (termasuk mengenai peralatan teknisnya). Dengan kata lain, teknologi mencakup teknik dan peralatan untuk menyelenggarakan rancangan yang didasarkan atas hasil sains.
Teknologi tidak dapat hanya dipahami sebagai benda-benda konkret saja, seperti mesin, alat, perkakas dan lain sebagainya. Seperti terlihat dari awal katanya, teknologi adalah sebuah ilmu, yaitu ilmu untuk membuat suatu alat, perkakas, mesin atau bentuk-bentuk konkret lainnya (sebagai penerapan kaidah dan prinsip- prinsip ilmu pengetahuan) untuk memudahkan aktivitas atau pekerjaan manusia. Dengan demikian, teknologi itu mempunyai empat komponen utama, yaitu:
a. Pengetahuan, yaitu seperangkat gagasan bagaimana mengerjakan sesuatu
b. Tujuan, untuk apa "sesuatu" tersebut digunakan
c. Aktivitasnya harus terpola dan terorganisasi
d. Lingkungan pendukung agar aktivitas itu dapat berjalan efektif
Pada bentuknya yang paling sederhana, khususnya pada masyarakat berburu dan meramu dan masyarakat tradisional, pembentukan teknologi lebih didorong oleh tuntutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Manusia membutuhkan makanan, mereka membuat dan mengembangkan tombak dan panah sebagai alat berburu.
Pada masa sekarang, prinsip teknologi sebagai alat (kepanjangan tangan) manusia masih terus berlanjut. Prinsip ini dapat dijumpai pada tang, obeng dan sepeda, meskipun nuansanya lebih canggih dari pada masa sebelumnya. Secara prinsip, bentuk maupun kegunaan, teknologi modern berkembang sangat pesat. Hal itu dikarenakan teknologi tersebut merupakan penerapan praktis prinsip-prinsip ilmu pengetahuan modern. Sebagai contoh, bola lampu pijar dan telepon adalah penerapan praktis teori listrik Faraday dalam kehidupan sehari-hari.
Dari segi penggunaannya, teknologi ada yang bersifat individual dan adapula teknologi yang bersifat kolektif.
Tipe teknologi individual dapat kita jumpai pada obeng, tang dan sepeda. Prinsip di mana tipe teknologi ini adalah sebagai alat atau kepanjangan tangan manusia. Tangan kita, jelas sulit untuk mencabut paku atau menancapkan mur. Karena itu dibuatlah obeng dan tang untuk memudahkan pekerjaan. Demikian pula sepeda adalah alat untuk mempercepat perjalanan kita.
Teknologi yang bersifat kolektif adalah teknologi yang dalam penggunaannya harus dilakukan secara bersama-sama. Televisi, baru bisa kita nikmati setelah dikelola secara kolektif. Ada acara yang disajikan. Harus ada stasiun televisi yang menyiarkan acara tersebut. Penyusunan acara dan penyiaran acara televisi tersebut oleh stasiun televisi sudah tentu melibatkan banyak orang. Teknologi yang bersifat kolektif ini juga dapat dijumpai pada pabrik-pabrik yang menghasilkan satu barang. Dalam proses pembuatan mobil misalnya, secanggih apa pun sebuah teknologi yang dipergunakan harus melibatkan banyak orang. Ada sebagian orang yang memasang bagian tertentu dan sebagian lainnya mengecat, sementara yang lain melakukan finishing. Dengan kata lain, dalam proses teknologi yang bersifat kolektif tersebut terkait erat dengan soal manajemen atau suatu sistem produksi.
2.2 PROSES LAHIRNYA TEKNOLOGI
Teknologi yang paling awal ditemukan berbentuk perkakas dari batu (tombak, pisau). Dalam perkembangan selanjutnya ditemukan teknologi besi (pisau logam). Sampai akhirnya ditemukan pula teknologi mesin yang mengolah tenaga dari alam (air dan angin) untuk menggerakkan dirinya. Semakin tinggi teknologi mesin, semakin sedikit pula intervensi manusia.
Kata teknologi juga digunakan untuk merujuk sekumpulan teknik-teknik. Dalam konteks ini, ia adalah keadaan pengetahuan manusia saat ini tentang bagaimana cara untuk memadukan sumber-sumber, guna menghasilkan produk-produk yang dikehendaki, menyelesaikan masalah, memenuhi kebutuhan, atau memuaskan keinginan. Ia meliputi metode teknis, keterampilan, proses, teknik, perangkat, dan bahan mentah.
Mesin modern harus dikendalikan oleh sekelompok manusia yang terorganisir dan terlatih. Teknologi harus ditundukkan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Pada masyarakat modern. kesadaran antroposentrisme, menjadi faktor pendorong temuan berbagai teknologi, terutama teknologi material.
Karena itu proses lahirnya teknologi dapat kita bagi menjadi tiga tahapan proses, yaitu:
1. Teknologi pada Masyarakat Prasejarah
Pada kelompok masyarakat tradisional berburu dan meramu, sudah mengenal pembagian kerja menurut jenis kelamin dan kelompok umur. Lelaki berburu sedangkan perempuan meramu. Teknologi yang berkembang pada masa itu adalah teknologi berburu dan meramu. Teknologi yang berkembang pada tahap akhir ini disebut juga paleometalik, yaitu tradisi logam awal (perunggu, dan besi). Untuk mengantisipasi krisis makanan mereka mengembangkan teknologi pertanian sistem ladang berpindah.
2. Teknologi pada Masyarakat Tradisional
Perkembangan teknologi dalam masyarakat tradisional tidak terlalu pesat, meskipun tidak selambat dalam masyarakat ladang berpindah apalagi masyarakat berburu dan meramu. Inovasi terpenting teknologi tradisional adalah dari sudut bahan dasar dan fungsi. Bahan dasar teknologi tradisional adalah dari logam, sementara dari fungsinya teknologi tradisional tidak hanya sebatas sebagai kepanjangan tangan saja, tetapi sudah menjadi kepanjangan seluruh tubuh.
3. Teknologi pada Masyarakat Modern
Pada masyarakat modern teknologi telah mendapatkan wujud dan maknanya yang nyaris berbeda seratus persen dari teknologi masyarakat tradisional. Sekurang-kurangnya terdapat 6 ciri utama teknologi modern
Teknologi modern adalah teknologi yang telah melepaskan dirinya dari pasokan energi alam (seperti air dan angin). Teknologi modern adalah teknologi yang mampu menghasilkan sumber tenaganya sendiri.
Dari aspek motif, teknologi modern lahir dan terdorong oleh hasrat untuk menguasai alam. Penemuan-penemuan teknologi modern selalu dimaknai kemenangan manusia atas alam. Ketika alat transportasi modern berhasil ditemukan dan dikembangkan (seperti kereta api, kapal laut, mobil dan pesawat terbang) sebagai salah satu contoh manusia modern merasa seolah-olah telah berhasil memperpendek jarak. Persepsi tentang jarak pun berubah. Dengan transportasi modern, jarak relatif tidak menjadi hambatan bagi manusia modern.
Teknologi modern juga dicirikan oleh orientasinya yang serba komersial. Aspek ini merupakan ciri yang membedakan teknologi modern dengan teknologi tradisional. Pada masyarakat berburu dan meramu serta masyarakat tradisional yang paling awal penemuan dan pengembangan teknologi didominasi oleh orientasi subsistem-orientasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Orientasi komersial teknologi modern ini dapat dijumpai pada bidang :
Teknologi menjadi sangat bernilai tinggi setelah ia dapat mempercepat dan memperbanyak hasil proses produksi
Teknologi menjadi komoditi yang laku diperjualbelikan. Dengan kata lain, percepatan penemuan dan pengembangan 
teknologi modern untuk sebagian didorong oleh tuntutan pasar.
Akibat perkembangan yang pesat ini, teknologi modern dicirikan oleh sistem hak individual yang dilegalisasikan oleh paten. Sistem kepemilikan pada teknologi modern ialah kompensasi biaya yang harus dikeluarkan dalam proses menemukan dan mengembangkan teknologi modern. Hal ini dikarenakan tidak setiap masyarakat mampu menemukan dan mengembangkan teknologi modern. Dibutuhkan pendidikan dan keterampilan yang tinggi untuk dapat menemukan dan mengembangkan teknologi modern. Dengan adanya hak milik teknologi tersebut pihak lain tidak boleh meniru suatu teknologi baru. Meniru dan mengembangkan teknologi tersebut tanpa seizin pemilik hak patennya adalah suatu kejahatan .
Teknologi modern memiliki nilai jual yang tinggi. Itulah sebabnya banyak yang tidak segan-segan menginvestasikan modal untuk melakukan penelitian dasar agar berhasil menciptakan dan mengembangkan sebuah teknologi baru sambil berharap bahwa bila berhasil menemukan dan mengembangkan teknologi tersebut ia akan memperoleh keuntungan yang besar. Akibat pergeseran orientasi penemuan dan pengembangan teknologi modern ini, pengembangan ilmu pengetahuan (yang merupakan bahan dasar penemuan dan pengembangan teknologi baru) juga berorientasi lebih praktis. Orientasi ilmu pengetahuan tidak lagi hanya untuk kesenangan semata. Sebagaimana ditunjukkan oleh legenda Aristoteles yang mengusir muridnya hanya karena muridnya itu menanyakan manfaat praktis matematika.
Teknologi modern menjadi salah satu faktor pendorong ekspansi perusahaan-perusahaan multinasional yang telah melampaui kedaulatan negara. Berbagai penemuan dan pengembangan teknologi modern yang terkait dengan proses produksi memungkinkan berbagai perusahaan multinasional membuka pabrik di negara-negara Asia Tenggara setelah ia menerapkan sistem ban berjalan pada manajemen produksinya.
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF TEKNOLOGI MODERN
Tidak bisa disangkal dengan penemuan teknologi yang serba modern pasti mempunyai dampak positif dan negatf, salah satu contoh yaitu televisi dan handphone , berikut ini penjelasan dampak positif dan negatif televisi dan handphone :
Dampak Positif dan Negatif Televisi Televisi merupakan sarana hiburan, tampaknya memang memberikan hal positif dan negatif bagi kehidupan. Namun, Anda juga harus mewaspadai adanya pengaruh buruk televisi, terutama bagi anak kecil dan remaja. Pada zaman sekarang, televisi pastilah bukan hal asing lagi bagi anda. Sebagian besar masyarakat Indonesia pun tentu memiliki televisi di rumah. Saat ini, televisi menjadi salah satu hiburan utama. Tak hanya hiburan, televisi bisa menjadi media informasi yang menyajikan beragam berita, baik dari dalam maupun luar negeri. Bagi orang dewasa, dampak positif dan negatif mungkin tidak akan terlalu dirasakan. Namun hal ini tentu sangat berpengaruh pada perkembangan anak kecil, karena anak kecil atau remaja masih memiliki jiwa atau psikis yang belum stabil.

Dampak Positif Televisi Dalam hal penyajian berita, televisi umumnya selalu up to date, mampu menyajikan berita terbaru langsung dari lokasi kejadian. Hal ini tentu akan membuat Anda tidak ketinggalan informasi dan memberikan wawasan yang cukup luas pada Anda secara cepat.
Bila televisi menyajikan acara-acara yang berhubungan dengan pendidikan, hal ini tentu sangat berguna bagi para pelajar. Seorang pelajar bisa mengambil manfaat berupa informasi pendidikan dari acara televisi tersebut. Salah satu pengaruh positif televisi adalah Anda bisa menyegarkan otak dengan menonton beragam tayangan hiburan yang disajikan oleh stasiun televisi. Mulai dari acara kuis, film, sinetron, atau hiburan-hiburan yang lain. Televisi banyak menampilkan tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh, baik dalam dunia pendidikan, dunia usaha, hiburan, atau yang lainnya. Figur-figur yang ditampilkan dalam televisi ini bisa memicu Anda untuk mencontoh kesuksesan mereka.Dampak Negatif Televisi Pengaruh negatif televisi yang paling utama adalah membuat Anda lupa waktu. Bila sudah menonton televisi, Anda mungkin akan merasa malas untuk melakukan suatu pekerjaan. Bagi pelajar, pengaruh negatif televisi yang satu ini tentu sangat merugikan, karena mereka bisa saja akan lupa untuk belajar. Banyaknya acara-acara yang tidak mendidik di televisi bisa mempengaruhi kejiwaan seorang anak. Film kekerasan atau berita kriminal adalah beberapa acara yang tidak patut ditonton oleh anak kecil maupun remaja. Mereka bisa saja meniru adegan kekerasan atau tindak kriminal yang mereka tonton di televisi. Televisi mampu meningkatkan daya konsumtif masyarakat.
Di televisi, banyak sekali iklan-iklan yang menyajikan berbagai barang. Baik orang dewasa maupun anak kecil, siapapun bisa menjadi korban iklan televisi. Upaya yang mesti dilakukan orang tua untuk meminimalisir dampak negatif teknologi modern, yaitu :
Orang tua harus memilih mana acara televisi yang boleh di lihat dan mana yang tidak boleh dilihat oleh anak-anak.
Usahakan selalu dampingi anak pada saat menonton televisi.
Selain mendampingi, berikan juga penjelasan kepada anak tentang adegan-adegan yang mereka tonton agar anak bisa membedakan mana yang baik untuk ditiru dan mana yang tidak.
Buat jadwal bagi anak kapan waktunya boleh menonton televisi.
Usahakan mencarikan kegiatan alternatif untuk mengalihkan perhatian anak terhadap televisi.
Upaya tersebut diatas tidak akan berhasil tanpa adanya kedisiplinan, komitmen yang kuat dari kedua orang tua.
2.4 MASALAH LINGKUNGAN HIDUP
Pencapaian Kemakmuran dan perluasan Kemudahan
1. Dampak positif dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan manusia
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi. Adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menimbulkan cabang ilmu pengetahuan baru antara lain :
Teknik modem yang terdiri dari teknik penerbangan, teknik kimia, teknik sipil, teknik nuklir, teknik listrik, teknik mekanik.
Teknologi hutan.
Teknologi gedung, metalurgi.
Teknologi transportasi dan lain-lain.
Dengan menggunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan baru tersebut, kita dapat memperoleh hasil, misalnya :
Penggunaan teknik kimia, orang dapat mendirikan industri kimia dasar yang dapat menghasilkan bahan-bahan dasar untuk keperluan industri lain, seperti asam sulfat, asam nitrat, asam klorida, asam cuka, dan lain-lain.
Penggunaan teknik nuklir , orang bisa membuat reaktor nuklir yang dapat menghasilkan zat-zat radio aktif, di mana zat-zat ini dapat dimanfaatkan untuk maksud - maksud damai. Misalnya untuk keperluan bidang kesehatan (sinar rontgen), dibidang pertanian untuk memperbaiki bibit, sehingga diperoleh bibit unggul, untuk mendapatkan energi tertinggi dan lain-lain.
Penggunaan teknik mekanik. Dengan ilmu tersebut manusia dapat membuat desain dan pembuatan bermacam-macam mesin, dari instrument yang sangat halus sampai lokomotif, dan mesin-mesin yang sangat kompleks.
Penggunaan teknik penerbangan. Penggunaan teknik penerbangan telah demikian pesat, dari pesawat yang sederhana sampai pesawat terbang mutahir/pesawat ruang angkasa dapat dibuat oleh para ahli.
Penggunaan teknologi hutan. Seperti kita ketahui, hutan mempunyai banyak fungsi seperti pembuatan kertas, industri kayu lapis,/bahan bangunan, berfungsi pula sebagai tempat penyimpanan air, sebagai objek wisata dan dapat pula sebagai objek penelitian.
Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan tekhnologi dapat mendatangkan kemudahan hidup.
Sudah menjadi sifat dari kebanyakan manusia bila telah terpenuhi sesuatu keinginan maka akan timbul keinginan yang lain atau keinginan kelengkapan dari apa yang telah dicapai. Setiap orang tidak akan mengalami kesulitan, apa lagi mengulangi kesulitan yang pernah dialami, tetapi setiap orang akan berusaha setiap langkah untuk mendapatkan kemudahan, misalnya antara lain :
Dengan teknik modern, orang dapat mengendalikan aliran air sungai, dengan membuat bendungan, saluran primer dan saluran skunder dari pengaturan air tersebut petani mendapatkan kemudahan dalam memperoleh air. Selain untuk pertanian bendungan dapat dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik, sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan memperoleh energi. Dengan teknik modern telah dapat dibuat  bermacam-macam alat yang dapat meringankan pekerjaan manusia. Misalnya dengan adanya kalkulator mempermudah orang menghitung, adanya mesin cuci, kompor gas / listrik, kulkas dan alat rumah tangga elektronik yang lain mempermudah ibu-ibu rumah tangga dalam melaksanakan tugasnya.
Dampak Negatif yang Menyulitkan Pengendalian Diri.
Di samping dampak positif dengan kebersihan di bidang kemakmuran materi dan perluasan kemudahan yang diperoleh dengan penerapan dari pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, dapat pula menimbulkan dampak negatif apa bila tidak dapat mengendalikan diri.
Suatu Negara yang menguasai perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan tekhnologi akan lebih mudah memperoleh kemakmuran materi dibandingkan dengan Negara yang kurang mempunyai kemampuan dibidang perkembangan ilmu pengetahuan Alam dan tekhnologi. Hal ini mudah dipahami karena kalah bersaing dalam jumlah maupun mutu produksi misalnya. Akibatnya dapat menimbulkan Negara kaya dan Negara miskin, kalau kita  ambil ukuran yang lebih kecil, seseorang yang mampu mendirikan suatu pabrik dengan menggunakan tekhnologi modern akan dapat bersaing dengan seseorang yang menghasilkan barang yang sama dimana menggunakan peralatan yang sederhana. Juga penerapan tekhnik nuklir yang dikembangkan untuk membuat rudal, senjata kimia hal ini menimbulkan kegelisahan umat manusia, karna dapat mengancam perdamaian dunia bila masing-masing Negara tersebut tidak dapat mengendalikan diri.
Disamping itu juga kita lihat kenyataan-kenyataan berikut :
Kurang adanya hubungan yang serasi antar system produk, system ekonomi, dan system ekologi sehingga dalam memproduksi hanya berpedoman pada system ekonomi tanpa memperlihatkan system ekologi, akibatnya terjadilah pemakaian dan pemborosan sumber daya alam manusia yang melimpah karna dianggap kurang ekonomis. Selanjutnya timbul adalah golongan masyarakat yang menguasai produksi dan golongan masyarakat yang memerlukan pekerjaan karna tenaganya dapat digantikan oleh alat-alat yang lebih ekonomis. Masyarakat semacam ini secara ekologis tidak dapat dipertahankan.
Usaha manusia menaklukkan alam melalui sain dan tekhnologi yang semula bertujuan mensejahterakan kehidupan manusia membuat kehidupan dibumi semakin nyaman, ternyata mengakibatkan pemusatan kekuasaan terhadap alam pada sejumlah kecil manusia di bumi ( yang menguasai sains  dan teknologi).
Saling curiga antar kelompok-kelompok mengakibatkan masing-masing kelompok Negara berusaha mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan yang kurang menguntungkan dirinya, maka berlomba-lombalah Negara-negara maju membuat berbagai senjata mutakhir yang dapat digunakan untuk mempertahankan diri, hingga saat ini menumpuklah beraneka ragam senjata pemusnah yang sebenarnya dapat mengancam peradapan manusia dibumi itu sendiri, bila sampai terjadi perang total.
Perkembangan sains dan tekhnologi yang demikian pesat dan memberikan hasil yang dapat  dinikmati manusia ternyata menimbulkan berbagai masalah yang baru terasa baru-baru ini  yaitu :
1. Masalah kesempatan bekerja bagi penduduk yang terus bertambah setiap tahunnya.
2.Masalah pertambahan angkatan kerja dan kesukaran/hambatan dalam bidang pengembangan industry sehubungan dengan pertambahan angkatan kerja tersebut.
3.   Masalah pengadaan dan permintaan akan bahan bahan dasar seperti kayu, bahan bahan mineral dan bahan bahan sebagai sumber energy, dimana bahan-bahan tersebut bila penggunaannya berlebihan  dikhawatirkan akan merugikan generasi yang akan dating.
4.    Masalah pembiayaan dan penentuan arah dan pola pendidikan riset dan perkembangan tekhnologi yang sangat berbeda antara Negara yang satu dengan Negara yang lain.
5. Masalah yang berkaitan dengan kepincangan nilai, perdagaan nasional, di mana perbandingan nilai eksport dan inpor lebih besar. Pada Negara-negara maju ekspor barang barang jadi kenegara-negara berkembang memiliki nilai yang sangat besar dibandingkan inport yang dilakukan Negara maju tersebut dari Negara berkembang karena yang diimportnya berupa bahan bahan dasar untuk membuat barang barang karna yang diimportnya berupa bahan bahan dasar untuk membuat barang barang jadi. Bila hal ini dibiarkan terus menerus maka neraca perdagangan milik Negara maju dan Negara berkembang sangat pincang/berat sebelah.

Dampak terhadap pendayagunaan Sumber Daya Alam  
a) Dampak positif tentang keberhasilan manusia.
Minyak bumi pada saat ini masih merupakan sumber daya alam yang paling utama untuk memenuhi kebutuhan energy dunia, hal ini dapat kita saksikan bahwa berbagai mesin, misalkan mesin dalam berbagai pabrik, mobil, ban, truk, kereta api, kapal laut, pesawat terbang, semuanya menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar. Kita juga mengetahui bahwa minyak bumi merupakan bahan galian yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable), artinya sekali pakai habis
Maka demi kelestarian kehidupan dimuka bumi, harus segera dicar penggantinya, berbagai alternative pengganti minyak bumi itu akan diuraikan dibelakang pada bagian ini yang pertama perlu diketahui adalah dampak negatifnya, yaitu hasil pembakaran minyak bumi itu gas-gas oksida, antara lain karbon dioksida yang berguna untuk fotosintesis (pembentukan zat gula atau pati pada tanaman berhijau daun dengan bantuan matahari) dengan karbonmonoksida yang bersifat sangat beracun. Gas CO ini dapat meracuni sel-sel darah merah sehingga sel-sel itu tidak berpungsi lagi sebagai pengangkut oksigen dalam jaringan tubuh. Jelaga sebagai sisa gas yang halus misalnya pada mesin desel atau mesin premium yang sudah kurang baik atau sudah tua dapat menyebabkan sesak napas, Namun yang sangat berbahaya adalah gas-gas yang mengandung PB (Timah Hitam) atau Hg (air raksa) yang semuanya ini merupakan campuran premium, agar premium menjadi mudah terbakar (sebagai katalisator pembakaran). Keracunan gas-gas tersebut diatas sukar diobati karena logam-logam tersebut mengendap dalam jaringan tubuh kita.
Dampak Negatif meningkatkan keborosan, menimbulkan pencemaran dan limbah.
Pendayaan sumber daya alam dengan menggunakan kemajuan ilmu pengetahuan alam dalam tekhnologi dapat pula menimbulkan dampak negative apa bila dilaksanakan secara tidak bertanggung jawab, Misalnya timbulnya pemborosan penggunaan sumber daya alam, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, yaitu  karena tidak tahu karena tidak sadar atau karena sebab lain. Suatu gedung modern yang karena kontruksinya siang haripun memerlukan penerangan merupakan sesuatu pemborosan penggunaan AC yang sebenarnya dapat diganti dengan adanya ventilasi yang cukup. Dan meskipun teknologi modern sudah didukung oleh ilmu pengetahuan alam yang selalu berusaha menekan akibat sampingan negative, ada suatu kenyataan bahwa pada pendaya gunaan sumber daya alam masih terjadi pula dampak negative, yaitu timbulnya pencemaran lingkungan. Pencemaran (polusi) ialah adanya suatu organisasi atau unsure lain kedalam suatu sumber daya misalnya air, udara, atau tanah, dalam kadar yang mengganggu kegunaan sumber daya itu, Hal ini sebaian besar karena kurang kesadaran, kurang tanggung jawabnya para pemakai teknologi terswebut. Adanya suatu pabrik yang menggunakan mesin yang dalam mengadakan pembakaran tidak sempurna akibatnya mengeluarkan gas CO yang mengakibatkan dapat menimbulkan pencemaran udara. Afinitas antara CO dan hemoglobin sekitar 200 kali lebih kuat bila dibandingkan antara O2 dan hemoglobin, dan membentuk senyawa karboksi hemoglobin yang setabil. Atmosfer yang mengandung 80 ppm CO dalam tempo 8 jam dapat mengurangi distribusi 02 dalam darah kita sekitar 15 %. Untuk itu, maka aliran darah dipercepat akibatnya orang dapat pusing-pusing kemudian lemas dan kandungan CO sebesar 1.300 ppm dalam tempo 30 m3nit dapat menyebabkan fatal.

Dampak terhadap Transportasi dan komunikasi
Dampak positif dalam rangka keberhasilan manusia.
Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi telah dapat mengubah system transfortasi dan komunikasi dalam kehidupan manusia. Banyak kemudahan yang dinikmati, bahka seakan-akan menyebabkan dunia menjadi lebih sempit atau menjadi semakin kecil, mengapa demikian ?
Marilah kita tinjau usaha-usaha manusia dibidang transportasi dan komunikasi sebelum dan sesudah perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Sebelum adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi, transportasi darat dilakukan dengan jalan kaki, berkuda, kereta lembu, kereta kuda, atau unta untuk dipadang pasir. Dilaut, transportasi menggunakan kapal layar, sedangkan melalui udara belum dikenal. Cara tersebut diatas memakan waktu lama, karena kecepatannya relative rendah, sehingga jarak 100 km terasa sangat jauh.
Adapun setelah perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi, orang dapat membuat sarana dan prasarana transportasi maupun komunikasi, untuk transwportasi didarat, misalnya sepedah,motor,mobil,bis,truk,kereta api, jembatan dengan kekuatan tertentu sesuai dengan kebutuhan kendaraan yang boleh melewatinya. Untuk transportasi melalui laut telah dapat dibuat kapal laut dengan bobot yang bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan yang dapat dimasuki kapal sesuai dengan ukuran tertentu
Dampak Negatif kebisingan Pencemaran Perubahan Alam yang tak Estesis.
Dampak negative yang diakibatkan oleh sarana transportasi dan komunikasi dapat berupa :

Pencemaran suara
 Pencemaran suara dapat diakibatkan karena konstruksi alatnya maupun karena ulah orang-orang yang kurang bertanggung jawab dalam menggunakan alat-alat tersebut.
Adanya perubahan Alam yang Tidak Estetis
Dalam kemajuan tekhnologi yang sangat maju dirasakan pentingnya menjaga keindahan alam sekitar, yang dapat mengurangi ketegangan pikiran, tetapi akibat perkembangan tekhnologi pada bagian-bagian tertentu menimbulkan perubahan alam yang tidak estetis.
Dampak terhadap peningkatan kesehatan
Dampak positif
a.   Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas didalam bidang kedokteran. Peningkatan suatu ilmu ditentukan oleh suatu sarana dan prasarana yang diperlukan, untuk perkembangan ilmu kedokteran, sarana dan prasarana tersebut ialah ilmu dasar (kimia, biologi, dan fisika), alat-alat elektronik dan non elektronik serta tenaga penelitiannya. Seperti dijelaskan pada perkembangan ilmu pengetahuan alam yang selalu mengikuti perkembangan zaman, maka ilmu dasar tersebut diatas juga berkembang dengan timbulnya : bio kimia, biofisika, kimia fisika, baktteriologi, histology (ilmu jaringan), stelogi (ilmu tentang sel).
b.  Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi meningkatkan teknologi obat-obatan.
Kemajuan teknologi dalam bidang kedokteran sejalan dengan kemajuan teknologi dibidang obat-obatan, karena kedua bidang tersebut tidak dapat terpisahkan. Misalnya pengobatan sebenarnya telah dikenal jauh sebelum adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, hanya dengan system yang berbeda.
c.Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi memberantas penyakit menular.
Bukan berarti bahwa penyakit yang tidak menular tidak perlu diberantas, tetapi untuk penyakit menular memerlukan pemikiran  yang khusus mengingat dimungkinkan banyaknya jatuh korban dalam waktu relative singkat.
Usaha Pencegahan
Diadakan tekhnologi pengolahan air untuk mendapatkan air bersih bagi masyarakat.
Menjaga kebersihan lingkungan pemukiman, misalnya menjegah adanya genangan air dilingkungan pemukima, dengan tekhnologi pembuangan air yang memadai.
Melalui hasil tekhnologi maju, diberikan penjelasan mengenai penyebab, akibat dan cara pencegahandari penyakit menular untuk mempertinggi kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan mengenai penyakit menular agar dapat terhindar dari penyakit tersebut.
Usaha Pemberantasan :
Dengan kemajuan tekhnologi dibidang obat-obatan telah dapat dibuat obat untuk bermacam-macam penyakit menular, sehingga dengan cepat dapat diberantas. Disamping itu, adanya peralatan yang lengkap dimungkinkan untuk melokalisir penderita penyakit menular sehingga dapat mencegah terjadinya perluasan penyakit.

UPAYA MANUSIA MENGATASI MASALAHNYA
Usaha manusia untuk mengatasi masalah hidupnya misalnya mencari energy pengganti minyak bumi. Kita mengetahui bahwa minyak bumi merupakan sumber daya yang sangat penting bagi perikehidupan kita sehari-hari, namun kita mengetahui pula bahwa sumber daya itu tak dapat diperbaharui dan jumlahnyapun terbatas sehingga mau takmau manusia harus mencari sumber energy yang lain bila ingin tetap dapat mempertahankan kehidupannya dimasa mendatang.
Masalah lain yang juga sangat fital adalah masalh penggunaan teknologi maju yang baru saja kita bicarakan pada pelajaran yang lalu. Sebagai contoh adalah tenaga Nuklir terutama dari bom atom maupun bom hydrogen yang dapat memusnahkan umat manusia beserta isi permukaan bumi ini bukannya dihapus tetapi malah justru sebaliknya. Setiap kali jumlahnya bertambah dan bahkan sekarang telah semakin menyebar diberbagai Negara. Bila terjadi perang nuklir, mungkin kita tidak lagi dapat merasakan nikmatnya hidup didunia, kita mungkin berada didunia lain.
Upaya manusia pada akhirnya dalam masa mendatang diantaranya :
Mencari sumber daya energy nonkonvensional.
1. Energi Matahari
Energi matahari dapat diubah menjadi energy listrik dengan jalan menangkap cahaya matahari itu dengan beribu-ribu fotosel.
Fotosel dapat dibuat dari silicon yang dapat dilapisi satu sisinya dengan boron dan sisi lainnya dengan Arsen. Untuk mendapatkan voltase yang sangat tinggi dan arus yang kuat, ribuan fotosel itu dihubungkan secara seri pararel.
2. Energi Panas Matahari
Panas dari gunung merapi bersumber dari magma, bila dekat magma itu terdapat cadangan air, maka air itu akan mendapatkan panas, semburan uap, atau semburan air panas. Bila dilakukan pemboran ditempat itu akan didapat uap air panas yang menyembur atau air panas saja tergantung pada kondisi cadangan air, letak pemboran dan sebagainya. Panas bumi berupa uap air panas itu dapat menggerakkan generator listrik.
3. Energi angin
Langsung dapat diubah menjadi listrik dengan menggunakan kincir angin yang dihubungkan dengan generator listrik.
Energi pasang surut
Dapat dimanfaatkan dengan menggunakan dan dengan menggunakan pintu air yang dapat diatur pembukuannya. Pada saat air laut pasang naik, maka air laut masuk kedalam dan melalui pintu-pintu air. Bila air surut maka air laut itu akan keluar, juga melalui pintu-pintu air. Dipintu air dipasang turbin yang dapat menggerakkan generator listrik.
5. Energi biogas
Pada perinsifnya adalah memanfaatkan sampah dari jasad hidup dengan cara pembusukan dengan pertolongan bakteri penguraian. Bakteri itu didapatkan dari kotoran kerbau atau sapi. Gas yang sebagian besar dihasilkan adalah gas metan yang dibakar untuk kompor didapur atau keperluan lain.
6. Energi biomassa
Yang digunakan sebagai bahan bakar adalah sampah organic. Panas yang timbul dipakai untuk memanaskan air/ketel uap. Uap yang timbul dipakai untuk menggerakkan generator listrik.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
 
Perkembangan Teknologi menjadi hal yang positif untuk masyarakat modern jika mereka memandangnya sebagai kemajuan yang membantu meningkatkan kualitas hidup mereka. Perkembangan itu dibuktikan dengan adanya suatu perubahan antara masyarakat yang mengikuti perkembangan teknologi dengan yang tidak. Oleh sebab itu perkembangan teknologi adalah era yang tidak dapat di tolak karena dapat membantu kita dalam kehidupan sosial. Negatifnya jika kita tidak mempersiapkan atau menghadapi era perkembangan teknologi ini secara cermat, mana yang menjadi keuntungan dan mana yang akan menjadi kerugianB. Saran 
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini sangat jauh dari kata sempurna, maka dari itu sangat diperlukan adanya kritik dan saran yangmembangun dari para pembaca agar nantinya penulis dapat menyusun kembali sebuah makalah yang lebih baik dari yang sekarang dan semoga kiranya makalah ini bisa menjadi sedikit dari begitu banyak makalah yang ada sebagai referensi dan perbandingan bagi para pembaca. Akhirnya penulis mohon maaf apabila dalam penyusunan dan penulisan makalah yang kurang berkenan.

DAFTAR PUSTAKA
 http://rfkrawk.blogspot.com/2013/03/teknologi-modern-dan-teknologi.htmlhttp://roomantik.blogspot.com/2011/04/dampak-positif-negatif-teknologi.html
http://dampakposifdannegatifteknologimo.blogspot.com/http://zharfashani.blogspot.com/2011/12/makalah-ilmu-alamiah-dasar-dan-evolusi.htmlhttp://adzaniahdinda.wordpress.com/2011/10/11/pengertian-ilmu-alamiah-dasar/http://ratnawidya04.blogspot.com/2012/04/ilmu-alamiah-dasar.html


Download MAKALAH ILMU ALAMIAH DASAR "TEKNOLOGI MODERN, MASALAH LINGKUNGAN DAN UPAYA MENGATASINYA".docx

Download Now



Terimakasih telah membaca MAKALAH ILMU ALAMIAH DASAR "TEKNOLOGI MODERN, MASALAH LINGKUNGAN DAN UPAYA MENGATASINYA". Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: