Januari 15, 2017

Resume bab 1 Analisa Laporan Keuangan

Judul: Resume bab 1 Analisa Laporan Keuangan
Penulis: Helmi Afif


Analisa bisnis merupakan proses evaluasi prospek ekonomi dan resiko perusahaan. Hal tersebut meliputi analisis atas lingkungan bisnis perusahaan, strateginya, serta posisi keuangan dan kinerjanya.
Analisis laporan keuangan adalah aplikasi dari alat dan teknik analitis untuk laporan keuangan bertujuan umum dan data-data yang berkaitan untuk menghasilkan estimasi dan kesimpulan yang bermanfaat dalam analisis bisnis. Analisis laporan keuangan mengurangi ketergantungan pada firasat, tebakan, dan intuisi dalam pengambilan keputusan, serta mengurangi ketidakpastian analisis bisnis. Langkah awal analisa bisnis adalah mengevaluasi lingkungan bisnis dan strategi perusahaan.
Analisis dan interpretasi informasi yang tepat penting bagi analisis bisnis yang baik. Melalui analisis laporan keuangan, seorang analis akan lebih dapat memahami dan menginterpretasikan informasi keuangan secara kualitatif dan kuantitatif, sehingga dapat ditarik kesimpulan yang dapat diandalkan mengenai prospek dan resiko perusahaan.
Jenis-jenis Analisa Bisnis
Analisis laporan keuangan merupakan bagian penting dan tidak terpisahkan dari analisis bisnis. Tujuan analisis bisnis adalah meningkatkan pengambilan keputusan bisnis dengan mengevaluasi informasi yang tersedia tentang situasi keuangan perusahaan, manajemen, rencana dan strategi, serta lingkungan bisnisnya.
Analisis Kredit :
Merupakan evaluasi atas kelayakan perusahaan untuk mendapatkan kredit. Kelayakan kredit adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban kreditnya. Fokus utama analisa kredit terletak pada resikonya. Fluktuasi laba, terutama sensitivitas laba terhadap penurunan bisnis lebih penting daripada tingkat labanya.
Berfokus pada sisi buruk resiko. Hal ini meliputi analisis likuiditas ataupun solvabilitas.
Dalam kredit jangka pendek, kreditor berkepentingan atas kondisi keuangan kini, arus kas, dan likuiditas aset lancer. Dalam kredit jangka panjang, yang mencangkup valuasi obligasi, kreditor memerlukan analisis yang lebih rinci dan berorientasi ke depan.
Analisis Ekuitas :
Bersifat asimetri, yang harus menilai dua sisi resiko dan potensi.
Individu yang menerapkan strategi investasi aktif terutama menggunakan analisis teknis, analisis fundamental, atau kombinasinya. Analisis teknis atau charting mencari pola dalam sejarah harga atau volume saham untuk memprediksi pergerakan harga saham masa depan. Analisis fundamental yang lebih luas diterima dan diaplikasikan, merupakan proses menentukan nilai perusahaan dengan menganalisis dan menginterpretasikan faktor-faktor kunci untuk ekonomi, industri, dan perusahaan.
Komponen Analisis Bisnis
Analisis bisnis meliputi beberapa proses yang saling terkait. Nilai perusahaan atau nilai intrinsic diestimasi dengan menggunakan model valuasi. Input pada model ini meliputi estimasi hasil di masa depan dan biaya modal. Proses prakiraan pembayaran di masa depan disebut analisis prospektif.
Evaluasi saat prospek bisnis merupakan sasaran utama analisis lingkungan bisnis dan strategi. Pada akhirnya, kualitas analisis keuangan bergantung pada keandalan dan muatan ekonomis laporan keuangan dan hal ini memerlukan analisis akuntansi atas laporan keuangan.
Analisis Lingkungan Bisnis dan Strategi
Analisis ini merupakan pekerjaan yang subjektif dan kompleks. Analisis ini dibagi jadi 2 : Analisis industri dan analisis strategi.
Analisis industri biasanya merupakan langkah pertama. Analisis ini seringkali dikerjakan menggunakan kerangka yang diajukan oleh Porter atau analisis rantai. Berdasarkan kerangka itu, sebuah industri dipandang sebagai kumpulan pesaing yang bertanding untuk memenangkan kekuatan posisi tawar terhadap pelanggan dan pemasok.
Analisis ini memerlukan pengetahuan tentang manajemen strategi, kebijakan bisnis, produksi, manajemen logistic, pemasaran, dan ekonomi manajerial.
Analisis Akuntansi
Merupakan proses evaluasi sejauh mana akuntansi perusahaan mencerminkan realitas ekonomi. Analisis ini penting untuk analisa komparatif. Standar akuntansi yang kadang bisa berubah-ubah, ataupun ada informasi yang tidak lengkap atau tidak tepat, bisa mengurangi keandalan suatu laporan keuangan.
Analisis Keuangan
Merupakan penggunaan laporan keuangan untuk menganalisis posisi dan kinerja keuangan perusahaan, dan untuk menilai kinerja keuangan di masa depan.
Analisis ini terbagi jadi tiga bagian: Analisa profitabilitas, analisa resiko, dan analisa sumber dan penggunaan dana.
Analisis Prospektif
Merupakan peramalan hasil di masa depan. Output dari analisa ini diharapkan bisa digunakan untuk mengestimasi nilai perusahaan.
Valuasi
Adalah tujuan utama banyak jenis analisis bisnis. Valuasi adalah proses mengubah ramalah hasil di masa depan menjadi estimasi nilai perusahaan. Dalam menentukan nilai perusahaan, seorang analis harus memilih suatu model valuasi dan mengestimasi biaya modal perusahaan.
Analisis Laporan Keuangan dan Analisis Bisnis
Analisa ini adalah kumpulan proses analisis yang merupakan bagian dari analisis bisnis.
Dasar Analisis Laporan Keuangan
Aktivitas Bisnis
Aktivitas Perencanaan
Aktivitas Pendanaan
Aktivitas Investasi
Aktivitas Operasi


Download Resume bab 1 Analisa Laporan Keuangan.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Resume bab 1 Analisa Laporan Keuangan. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: