December 09, 2016

TUGAS DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN MEMBUAT PROGRAM FUNGSI FISIKA DENGAN VISUAL BASIC


Judul: TUGAS DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN MEMBUAT PROGRAM FUNGSI FISIKA DENGAN VISUAL BASIC
Penulis: Adya Pradipta


TUGAS DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN
MEMBUAT PROGRAM FUNGSI FISIKA DENGAN VISUAL BASIC

Dosen Pembimbing:
ENDA WISTA SINURAYA, ST, MT
Disusun oleh :
Nama: Adya Pradipta
Kelas: B
NIM: 21060114140122
Sekolah : SMA N 1 Banjarnegara
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS DIPONEGORO
2014
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kemudahan kepada hambaNya dalam meyelesaikan makalah ini dengan penuh seksama. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup dengan baik. Juga mengucapkan terima kasih kepada Dosen, teman–teman, dan semua pihak yang telah memberi bantuan dan dukungan dalam menyusun dan menyelesaikan makalah ini, khususnya terima kasih kepada Bapak Enda sebagai dosen mata kuliah Dasar Komputer dan Pemrograman yang membimbing dan pengarahannya dalam membuat dan menyelesaikan makalah ini..
Makalah ini di buat untuk menjelaskan cara pembuatan program sederhana dengan menggunakan visual basic. Karena melihat begitu pentingnya program dalam kehidupan pada zaman sekarang ini yang sangat membantu kita dalam mengoprasikan teknologi komputer dan penerapan ilmu pengetahuan.
Selaku manusia biasa, menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak kekurangan dan kekeliruan yang tidak disengaja. Oleh karena itu membutuhkan kritik dan saran untuk menyempurnakan pembuatan makalah selanjutnya. berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya dibidang Dasar Komputer dan Pemrograman.
Semarang, 12 Oktober 2014
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner's All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman computer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP) (Octovhiana, 2003).
Dalam pemograman berbasis obyek (OOP), perlu dipahami istilah object, property, method, dan event. Object merupakan komponen di dalam sebuah program. Setiap komponen di dalam pemrograman Visual Basic dapat diatur propertinya sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Jalannya program dapat diatur menggunakan metode pemrograman yang diatur sebagai aksi dari setiap komponen. Setiap komponen dapat beraksi melalui event. Pengaturan event dalam setiap komponen yang akan menjalankan semua metode yang dibuat.
Form adalah Object Visual Basic pertama yang harus kita kenali. Hal ini disebabkan karena hampir semua aplikasi Visual Basic menggunakan satu Form atau lebih. Control adalah object VB yang dapat di letakan dalam Form.
Form dan object-object dalam VB dapat kita analogikan dengan manusia, di mana setiap manusia memiliki ciri khas tertentu, misalnya seperti tinggi badan, gemuk kurus dan sebagainya maka object dalam VB juga memiliki karakteristik yang di kenal dengan nama Properties. Jika manusia bisa melakukan tindakan-tindakan seperti menghapus, berjalan dan sebagainya maka object juga memiliki tindakan yang di sebut dengan methods seperti Move, PaintPicture, CLS, Print. Manusia dapat bereaksi terhadap suatu event tertentu maka object juga dapat, hal ini di kenal dengan nama Event, misalnya saat Mouse diklik, keyboard di tekan dan lain sebagainya.
Microsoft Visual Basic 6.0 adalah sebuah bahasa pemrograman untuk Windows dan Internet. Sama seperti bahasa pemrograman Basic, Pascal, C dan lain-lain. Tetapi Basic, Pascal dan C ditujukan untuk sistem operasi Ms-DOS, sedangkan Visual Basic ditujukan untuk sistem operasi Windows dan Internet. Jika sudah memahami bahasa pemrograman Basic, maka Visual Basic sudah lebih mudah pelajari, sebab sebagian besar perintah-perintah Visual Basic serupa dengan bahasa Basic.
Karena visual basic merupakan salah satu bahasa pemrograman sehingga sangat penting untuk kita pelajari, maka saya menyusun makalah ini. Dimana dalam makalah ini akan dijelaskan tentang visual basic, dan salah satu cara membuat program perhitungan fisika.
1.2. Rumusan Masalah
Bagaimana cara menginstal visual basic?
Bagaimana cara membuka lembar kerja visual basic?
Bagaimana cara membuat program fungsi fisika sederhana menggunakan visual basic?
1.3. Tujuan
Untuk memenuhi tugas Dasar Komputer dan Pemrograman
Untuk memberi pengetahuan kepada pembaca tentang bahasa pemrograman Visual Basic.
Menjelaskan cara menginstal visual basic.
Mendiskripsikan cara membuka lembar kerja visual basic.
Mendiskripsikan cara membuat program fungsi fisika sederhana menggunakan visual basic.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Visual Basic
Visual Basic adalah bahasa pemrograman windows yang berbasis grafis (GUI-Graphical User Interface). Sifat bahasa pemprogramannya adalah eventdriven, artinya program akan terjadi jika ada respon dari pemakai berupa event/kejadian tertentu (tombol diklik, mouse ditekan dan lain-lain). Saat event terjadi maka kode yang berhubungan dengan event akan dijalankan..
Visual Basic selain disebut sebagai bahasa pemograman, juga sering disebut sarana (tool) untuk menghasilkan program – program aplikasi berbasis windows. Beberapa kemampuan atau menfaat dari Visual Basic diantaranya seperti :Untuk membuat program aplikasi berbasis Windows.
Untuk membuat objek-objek pembantu program seperti control Activex, File, Help, Aplikasi internet dan sebagainya.
Menguji program dan menghasilkan program akhir berakhiran EXE yang bersifat Executable, atau dapat langsung dijalankan.
2.2. Sejarah Visual Basic
Bahasa pemrograman Visual Basic, dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner's All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool adalah alat bantu dalam membangun dan mengembangkan program aplikasi komputer dengan desain form secara visual dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX yang dibuat yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic ataupun pihak lain.
Visual Basic yang pertama adalah Visal Basic 1.0 yang dikenalkan pada tahun 1991, pendekatan yg dilakukan untuk menghubungkan bahasa pemrograman dengan GUI berasal dari prototype yg dikembang oleh "Alan Cooper" yg di sebut TRIPOD. Kemudian Microsoft mengontrak copper dan asosiasinya utk mengembangkan tripod agar dapat digunakan di windows 3.0 dibawah nama kode Ruby.
Perjalanan Bahasa Pemrograman Visual Basic dari awal hingga sekarang ini, sebagai berikut:
Visual Basic 1.0 (May 1991) di rilis untuk windows pada Comdex/Windows Wordltrade yg dipertunjukan di Atlanta , Georgia.
Visual Basic 1.0 untuk DOS dirilis pada bulan September 1992.  Bahasa ini tidak kompatibel dengan Visual Basic For Windows. VB 1.0 for DOS ini pada kenyataaanya merupakan versi kelanjutan dari compiler BASIC, QuickBasic dan BASIC Professional Development System.
Visual Basic 2.0 dirilis pada November 1992, Cakupan pemrogramannya cukup mudah untuk digunakan dan kecepatannya juga telah di modifikasi. Khususnya pada Form yg menjadikan object dapat dibuat secara seketika, serta konsep dasar dari Class modul yg berikutnya di implementasikan pada VB 4.
Visual Basic 3.0 , dirilis pada musim panas 1993 dan dibagi menjadi  versi standard dan professional. VB 3 memasukan Versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine yg dapat membaca serta menulis database Jet (atau Access) 1.x
Visual Basic 4.0 (Agustus 1995) merupakan versi pertama yg dapat membuat windows program 32 bit sebaik versi 16 bit nya. VB 4 juga memperkenalkan kemampuan untuk menulis non-GUI class pada Visual Basic.
Visual Basic 5.0 (February 1997), Microsoft merilis secara eksklusif Visual basic untuk  versi windows 32 bit . Programmer yg menulis programnya pada versi 16 bit dapat dengan mudah melakukan import porgramnya dari VB4 ke VB5. dan juga sebaliknya, program VB5 dapat diimport menjadi VB4. VB 5  memperkenalakan kemampuan untuk membuat  User Control.
Visual Basic 6.0 (pertengahan 1999 memperbaiki beberapa cakupan, temasuk kemapuannya untuk membuat Aplikasi Web-based . Visual Basic 6 di jadwalkan akan memasuki Microsoft "fasa non Supported" dimulai pada maret 2008.
Visual Basic .NET (VB 7), dirilis pada tahun 2002, Beberapa yang mencoba pada versi pertama .NET ini mengemukakan bahwa bahasa ini sangat powerful tapi bahasa yg digunakan sangat berbeda dengan bahasa sebelumnya, dengan  kekurangan diberbagai area, termasuk runtime-nya yang 10 kali lebih besar dari paket runtime VB6 serta peningkatan penggunan memory.
Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1) , dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.
Visual Basic 2005 (VB 8.0) , merupakan iterasi selanjutnya dari Visual Basic .NET. dan Microsoft memutuskan untuk menghilangkan kata kata .NET pada judulnya. Pada Rilis ini , Microsoft memasukan bebrapa fitur baru, diantaranya : a) Edit and Continue , mungkin inilah kekurangan fitur terbesar dari  VB .NET . pada VB 2005 ini kita diperbolehkan melakukan perubahan kode pada saat program sedang dijalankan. b) Perbaikan pada Konversi dari VB ke VB NET12Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1) , dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.
IsNot Patent, merupakan salah satu fitur dari Visual Basic 2005 merupakan konversi If Not X Is Y  menjadi If X  IsNot Y.
Visual Basic 2005 Express , merupkan bagian dari Product Visual Studio. Microsoft membuat Visual Studio 2005 Express edition untuk pemula dan yg gemar dengan VB, salah satu produknya adalah Visual Basic 2005 Express yg merupakan produk gratis dari Microsoft.
Visual Basic "Orcas" (VB 9.0), dirilis pada tahun 2007 dan dibangung diatas .NET 3.5. Pada rilis ini, Microsoft menambahkan beberapa fitur , diantaranya : a) True Tenary operator, yaitu fungsi If(boolean,value, value)  yang digunakan untuk menggantikan fungsi IIF; b) LINQ Support; c) Ekspresi Lambda; d) XML Literals; e) Nullable types; f) Type Inferenc.
Visual Basic 'VBx' (VB 10.0) , Visual Basic 10, yang  juga dkenal dengan nama VBx, akan menawarkan dukungan untuk Dynamic Language Runtime. VB 10 direncanakan akan menjadi bagian dari SilverLight 1.1.
Pada makalah ini versi yang akan dibahas adalah Visual Basic 6.0. Ada ada tiga edisi yang dikeluarkan Microsoft untuk Visual Basic 6.0, yaitu:
Visual Basic 6.0 Standard Edition
Standard Edition sangat merekomendasikan bagi pemula yang ingin mempelajari Visual Basic 6 dan mempunyai fasilitas sebagai berikut: a) kemampuan aplikasi 32 bit yang berjalan di Microsoft Win 9x dan Win NT untuk pemula; b) terdiri dari control seperti grid, tab, dan Data Bound; c) memuat Learn Visual Basic Now dan Online Help. d) Microsoft Developer Network CD berisi dokumentasi.
Visual Basic 6.0 Propessional Edition
Propessional Edition umumnya digunakan oleh para propessional yang sudah cukup mendalami Visual Basic 6. Tidak terlalu banyak perbedaan dengan Standard Edition, hanya ada beberapa tambahan, diantaranya: ActiveX Control, termasuk Internet Control. IIS (Internet Information Server) Dynamic HTML Page Designer.Visual Basic 6.0 Enterprise Edition
Lebih ditekankan untuk membuat aplikasi yang bersifat server based, tapi program-program aplikasi standard dapat berjalan dengan baik jika menggunakan versi ini. Fasilitas tambahan antara lain:
Application Performance Explorer
IIS (Internet Information Server)
Support for Microsoft Transaction Server 2.0
SQL Debugging
Visual Component Manager
2.3. Fasilitas Visual Basic
Control Menu
Control Menu adalah menu yang digunakan terutama untuk memanipulasi jendela Visual Basic. Dari menu ini anda dapat mengubah ukuran, memindahkannya, atau menutup jendela.Menu
Menu Visual Basic berisi semua perintah Visual Basic yang dapat dipilih untuk melakukan tugas tertentu. Isi dari menu ini sebagian hampir sama dengan program-program Windows pada umumnya.
Toolbar
Toolbar adalah tombol-tombol (shortcut) yang mewakili suatu perintah tertentu dari Visual Basic.Form Window
Form Window atau jendela formadalah daerah kerja utama tempat membuat program-program aplikasi Visual Basic.
Toolbox
Toolbox adalah sebuah "kotak piranti" yang mengandung semua objek atau "control" yang dibutuhkan untuk membentuk suatu program aplikasi. Kontrol adalah suatu objekyang akan menjadi penghubung antara program aplikasi dan user-nya, dan yang kesemuanya harus diletakkan di dalam jendela form.
Project Explorer
Jendela Project Explorer adalah jendela yang mengandung semua file di dalam aplikasi Visual Basic. Setiap aplikasi dalam Visual Basic disebut dengan istilah project (proyek), dan setiap proyek bisa mengandung lebih dari satu file. Pada Project Explorer ditampilkan semua file yang terdapat pada aplikasi (proyek), misalnya form, modul, class, dan sebagainya.
Jendela Properties
Jendela Properties adalah jendela yang mengandung semua informasi mengenai objek yang terdapat pada aplikasi Visual Basic. Properti adalah sifat dari sebuah objek, misalnya seperti nama, warna, ukuran, posisi, dan sebagainya.
Form Layout Window
Form Layout Window adalah jendela yang menggambarkan posisi dari form yang ditampilkan pada layer monitor. Posisi form pada Form Layout Window inilah yang merupakan petunjuk tempat aplikasi akan ditampilkan pada layar monitor saat dijalankan.
Jendela Code
Jendela Code adalah salah satu jendela yang penting di dalam Visual Basic. Jendela ini berisi kode-kode program yang merupakan instruksi-instruksi untuk aplikasi Visual Basic yang dibuat.2.4. Kelebihan Dan Kekurangan Visual Basic
Kelebihan :Pengguna dengan dasar pemrograman apapun bisa dengan mudah menggunakan.
Ketika kita melakukan instalasi program lain yang mendukung penggunaannya dalam VB, maka komponen dari program tersebut bisa di masukkan dalam daftar komponen VB.
Ketika kita melakukan kesalahan penulisan kode, VB secara otomatis membetulkannya dan tidak perlu kita bersusah payah mendeklarasikan komponen ke dalam list code.
Kekurangan :Sifatnya komersial
File VB sering menjadi target serangan virus.
Dokumentasi sebenarnya lengkap dalam MSDN, namun untuk instalasi MSDN membutuhkan biaya dan space hardisk yang besar.
2.5. Installasi Microsoft Visual Basic 6.0
Masukkan CD Master program Microsoft Visual Basic 6.0 Enterprise Edition.
Tunggu beberapa saat sampai muncul kotak dialog di bawah ini, kemudian klik Next.
Tunggu beberapa saat sampai muncul kotak dialog End User License Agreement di bawah ini, tandai I accept the agreement kemudian klik Next.
Tunggu beberapa saat sampai muncul kotak dialog Product Number and User ID di bawah ini. Pada kota Please enter your product's ID number ketikan nomor seri CD Anda dilanjutkan nama Anda pada kotak Your name dan nama organisasi atau lembaga Anda di kotak Your company's name, kemudian klik Next.
Pilih Install Visual Basic 6.0 Enterprise Edition seperti kotak dialog di bawah ini, kemudian klik Next.
Tunggu beberapa saat sampai muncul kotak dialog di bawah ini, jika Anda setuju dengan folder yang telah dibuat maka kemudian klik Next.
Tunggu beberapa saat sampai muncul kotak dialog di bawah ini, kemudian klik Continue.
Kemudian keluar kotak dialog Product ID maka klik OK.
Dilanjutkan dengan pemilihan tipe instalasi Typical atau Custom. Jika Anda pilih Typical maka proses instalasi secara umum tapi jika Anda pilih Custom maka Anda dapat mengaktifkan beberapa fasilitas pendukung.
Jika Anda memilih tipe Custom, maka akan terlihat kotak dialog seperti di bawah ini. Anda dapat mengaktifkan semua fasilitas dengan klik Select All, kemudian klik Continue.
Keluar kotak dialog peringatan tentang VSS. Klik No agar VSS tersedia untuk Visual Basic
Visual Basic 6.0 Enterprise Edition mulai melakukan instalasi. Tunggu hingga selesai 100%.
Dialog selanjutnya adalah Restart Windows kemudian klik Restart Windows.
Setelah komputer melakukan Restart Windows, keluar kotak dialog Install MSDN (Microsoft Developer Network Library). Jika Anda menghendaki proses Instalasi MSDN dan memiliki CD maka klik Next. Tetapi jika Anda tidak menghendaki maka hilangkan ceklist pada kotak Install MSDN kemudian klik Next.
Selanjutnya keluar kotak dialog peringatan seperti di bawah ini. Jika Anda menghendaki melanjutkan proses instalasi tanpa MSDN maka klik Yes.
Selanjutnya keluar kotak dialog Server Setups di bawah ini maka langsung klik Next.
Selanjutnya keluar kotak dialog Register Over the Web Now! Jika komputer Anda tersambung Internet, maka dapat langsung registrasi program Anda melalui internet. Jika tidak tersambung internet maka hilangkan tanda ceklist pada Register Now dan klik Finish.
2.6. Memulai File Baru
Setelah proses instalasi dilakukan dengan sukses, maka kita akan mulai dan menyiapkan semua perangkat yang dibutuhkan untuk membuat kamus digital fisika. Kita mulai dengan membuka program Microsoft Visual Basic 6.0 Enterprise Edition. Klik Start > All Programs > Microsoft Visual Basic 6.0 > Microsoft Visual Basic 6.0.
Gambar 18. Kotak dialog New Project
Setelah muncul kotak dialog seperti di atas, maka kita pilih Standard.EXE kemudian klik Open.
Membuka Aplikasi yang Sudah Ada
Pilih menu File => Open Project atau takan Crtl + O.
Pada kotak dialog Open Project, klik tab Existing.
Carilah File proyek Visual Basic (biasanya berekstensi *.vbp).
Klik OK untuk membukanya.
Membuka Aplikasi Terakhir
Pilih menu File. Pada daftar menu yang muncul, di bagian bawah (dekat menu exit) terdapat beberapa proyek ter akhir yang pernah dibuka.
Pilih proyek yang diinginkan
Jika yang diinginkan tidak terlampir, pilih File Open
Pada kotak dialog Open Project yang muncul, pilih tab Recent.
Pilih proyek Visual Basic yang terdapat pada daftar (dartar ini melampirkan proyek Visual Basic yang pernah dibuka terakhir kali).
Klik Open untuk membukanya.
Menutup Aplikasi
Jika aplikasi yang tampil tidak dibutuhkan lagi dapat ditutup dengan dua cara :Pada menu, pilih File ⇒ Remove Project, atau
Pada jendela Project Explorer, pilih nama proyek (pada direktori pohon paling atas). Klik kanan tombol mouse, lalu pada menu yang muncul, pilih Remove Project. Jika muncul kotak dialog, pilih Yes untuk menyimpan perubahan, No untuk tidak menyimpan perubahan, atau Cancel untuk tidak jadi menutup Visual Basic. Proses penutupan ini juga akan dilakukan sacara otomatis apabila membuat proyek baru atau membuka proyek yang sudah ada.
2.7. Membuat Program Fungsi Fisika Sederhana Menggunakan Visual Basic
Tema yang diambil kali ini adalah Kalkukalor. Kalkukalor ini dibuat untuk memudahkan dalam menggunakan rumus dasar kalor dikhususkan pada zat cair yaitu Q = m.c.ΔT. Dalam penggunaannya program ini didesain menggunakan satuan SI seperti :Joule untuk satuan kalor
Kilogram (Kg) untuk satuan massa
J/Kg ˚K untuk satuan kalor jenis zat
Kelvin untuk satuan suhu
Cara penggunaan
Silahkan isi apa yang diketahui dalam soal di box yang sudah disediakan( isi harus sudah dalam bentuk satuan SI)
Pilih apa yang ditanyakan dalam soal
Klik tombol hitung
Hasil akan keluar di box hasil dalam satuan SI
23622017208400
Cara pembuatan
Buka program Visual Basic 6
Lalu  masukkan komponennya seperti gambar diatas antara lain label, textbox , combo box , button, dan richtextbox
Setelah itu pada public class masukkan syntax berikut
Public Class Form1
    Function hitungq(ByVal m As Integer, ByVal c As Integer,ByVal t As Integer)
        Dim hasil As Decimal
        hasil = m * c * t
        Return hasil
    End Function
    Function hitungm(ByVal q As Integer, ByVal c As Integer,ByVal t As Integer)
        Dim hasil As Decimal
        hasil = q / (c * t)
        Return hasil
    End Function
    Function hitungc(ByVal q As Integer, ByVal m As Integer,ByVal t As Integer)
        Dim hasil As Decimal
        hasil = q / (m * t)
        Return hasil
    End Function
    Function hitungt(ByVal q As Integer, ByVal m As Integer,ByVal c As Integer)
        Dim hasil As Decimal
        hasil = q / (m * c)
        Return hasil
    End Function
Sedangkan pada button hitung klik dua kali lalu masukkan syntax
Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal eAs System.EventArgs) Handles Button4.Click
        If ComboBox1.Text = "kalor" Then
            TextBox5.Text = hitungq(Val(TextBox2.Text), Val(TextBox3.Text), Val(TextBox4.Text))
        ElseIf ComboBox1.Text = "massa" Then
            TextBox5.Text = hitungm(Val(TextBox1.Text), Val(TextBox3.Text), Val(TextBox4.Text))
        ElseIf ComboBox1.Text = "kalor jenis" Then
            TextBox5.Text = hitungc(Val(TextBox1.Text), Val(TextBox2.Text), Val(TextBox4.Text))
        ElseIf ComboBox1.Text = "perubahan suhu" Then
            TextBox5.Text = hitungt(Val(TextBox1.Text), Val(TextBox2.Text), Val(TextBox3.Text))
        Else
            TextBox5.Text = "Anda belum memilih"
        End If
    End Sub
Untuk button hapus masukkan syntax
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal eAs System.EventArgs) Handles Button1.Click
        TextBox1.Text = ""
        TextBox2.Text = ""
        TextBox3.Text = ""
        TextBox4.Text = ""
        TextBox5.Text = ""
    End Sub
Sedangkan untuk tombol keluar masukkan syntax
Me.Close()Terakhir untuk tulisan bantuan pada pojok kiri atas, anda bisa mencari di toolbox dengan nama menustrip. Setelah itu anda bisa menggunakannya seperti yang saya contohkan digunakan untuk memunculkan tulisan cara penggunaan yang sebelumnya telah saya hidden. klik dua kali masukkan syntax dibawah untuk bisa digunakan seperti contoh program.
Private Sub MenuStrip1_ItemClicked(ByVal sender As System.Object,ByVal e As System.Windows.Forms.ToolStripItemClickedEventArgs)Handles MenuStrip1.ItemClicked
        RichTextBox1.Show()        Label12.Show()    End Sub
Untuk penamaan label dan komponen lainnya silahkan anda atur sendiri.
BAB 3
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Pemograman visual basic merupakan pemrograman berbasis Windows. Visual Basic juga merupakan bahasa pemrograman Object Oriented Programming (OOP), yaitu pemrograman yang berorientasi objek. Visual Basic menyediakan objek-objek yang sangat kuat, berguna, dan mudah dipakai. Dengan fasilitas tersebut, membuat Visual Basic menjadi begitu diinginkan oleh programmer.
untuk menginstal visual basic, hampir sama langkah – langkahnya untuk menginstal program – program lain, seperti microsoft office.
dalam membuka lembar kerja visual basic pertama kali tidah jauh berbeda dengan membuka lembar kerja program yang pada umumnya digunakan, yaitu dengan cara: Klik Start > All Programs > Microsoft Visual Basic 6.0 > Microsoft Visual Basic 6.0.
untuk membuat program sederhana dengan visual basic, kita harus menguasai semua fasilitas yang ada pada visual basic terutama tool box, properties dan text code.
3.2. Saran
Diharapkan mahasiswa mau mempelajari dan mengembangkan bahasa pemograman visual basic sebab visual basic merupakan bahasa yang mudah untuk di pelajari dan sangat menarik , maka Penulis berharap kepada pembaca (khususnya pemula), untuk sejak dini mempelajari dan mengembangkan bahasa pemrograman tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Noviyanto, Rachmat. 2013. Program Fisika Sederhana di Visual basic. (http://rahmatanilmu.blogspot.com/2013/05/program-fisika-sederhana-di-visual-basic.html)
Bloger TI 43. 2012. Makalah Tugas Pendahuluan Bahasa Pemrograman. (Anugraheny, HYPERLINK "Yulia. 2011. Makalah Pemrograman Visual Basic. (http://yulia02-yulia.blogspot.com/2011/01/makalah-pemrograman-visual-basic.html)
" Yulia. 2011. Makalah Pemrograman Visual Basic. (http://yulia02-yulia.blogspot.com/2011/01/makalah-pemrograman-visual-basic.html)
)
Gunawan, Putu Nopa. 2010. Makalah Visual Basic. (PDF)
Anugraheny, HYPERLINK "Yulia. 2011. Makalah Pemrograman Visual Basic. (http://yulia02-yulia.blogspot.com/2011/01/makalah-pemrograman-visual-basic.html)
" Yulia. 2011. Makalah Pemrograman Visual Basic. (http://yulia02-yulia.blogspot.com/2011/01/makalah-pemrograman-visual-basic.html)


Download TUGAS DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN MEMBUAT PROGRAM FUNGSI FISIKA DENGAN VISUAL BASIC.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca TUGAS DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN MEMBUAT PROGRAM FUNGSI FISIKA DENGAN VISUAL BASIC. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon