December 05, 2016

sejarah perkembangan ilmu


Judul: sejarah perkembangan ilmu
Penulis: Bambang Giwank


2013
MAKALAH
SEJARAH PERKEMBANGAN
ILMU PENGATAHUAN
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Filsafat Ilmu
Dosen Pengampu : Dr. Sarwi, M.Pd. & Dr. Agus Wahyudin, M.Si.,
1770409277362
DISUSUN OLEH :
TEGUH BUDI PRAKOSO0103513077
BAMBANG SUJARWO0103513081
PENDIDIKAN DASAR (PGSD)
PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2013

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Berangkat dari kegelisahan yang ada dalam setiap  diri manusia, dimana kita selalu dihadapkan pada problematis yang disajikan para founding father kita. Mereka sering menyajikan goresan tintanya diatas kertas yang berbeda-beda dengan yang lainnya, sehingga menuntut kita untuk bisa memfilter dan memilah, bahkan menerobos jauh sehingga kita bisa membedakan mana sejarah yang dibuat secara subjektif (berdasarkan diri sendiri) dan sejarah secara objektif (berdasarkan realitas yang ada).
Makalah ini berusaha mengkaji dan menganalisis tentang "Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan". Sebagai aktor sejarah, manusia sekaligus sebagai peneliti, pengkaji, penganalisis sejarah. Dimana filsafat disini harus difahami sebagai metode yang melalui medium peninggalan jejak-jejak masa lampau, apapun bentuk jejak-jejak itu. Ber-filsafat menghantarkan kita pada suatu fragmen sejarah yang selama ini dipahami hanya sang sejarawan-lah yang mampu menginterpretasikannya.
    Dewasa ini, dimana setelah filsafat mendapatkan kejayaannya kembali. Terbukti dengan banyak hadirnya jurusan filsafat di Universitas-universitas ternama di Indonesia (khususnya universitas Islam). Hal ini mengindikasikan bahwa filsafat bukan lagi sebagai hantu dalam dunia pendidikan, namun sebaliknya. Filsafat kekinian, selain sebagai medium untuk menganalisa atas ambiguitas kepingan sejarah yang sangat terbatas, filsafat juga sebagai penyelamat sejarah. Dimana terjadi banyak perdebatan mengenai eksistensi sejarah sebagai ilmu pengetahuan (epistemologi), namun melalui renungan-renungan filsafat lah sejarah bukan lagi sebatas dongeng belaka.
Rumusan masalah
Bagaimana sejarah perkembangan ilmu pengetahuan pada Zaman Pra Yunani Kuno ?
Bagaimana sejarah perkembangan ilmu pengetahuan pada Zaman Yunani Kuno ?
Bagaimana sejarah perkembangan ilmu pengetahuan pada Zaman Abad pertengahan ?
Bagaimana sejarah perkembangan ilmu pengetahuan pada Zaman Renaissance ?
Bagaimana sejarah perkembangan ilmu pengetahuan pada Zaman Modern ?
Bagaimana sejarah perkembangan ilmu pengetahuan pada Zaman Kontemporer ?
BAB II
PEMBAHASAN
Pemikiran filsafat banyak dipengaruhi oleh lingkungan. Namun pada dasarnya baik di Barat, India dan Cina muncul dari yang sifatnya religius. Di Yunani dengan mitosnya, di India dengan kitabnya Weda (Agama Hindu), dan di Cina dengan Confusiusnya. Di Barat mitos dapat lenyap sama sekali dan rasio yang menonjol, sedangkan di India filsafat tidak pernah bisa lepas dengan induknya dalam hal ini agama Hindu. Pembagian secara periodisasi filsafat Barat adalah Zaman Kuno, Zaman Abad Pertengahan, Zaman Modern dan masa kini. Pembagian secara periodisasi filsafat India adalah periode Weda, Wiracarita, Sutra-sutra, dan Skolastik. Pembagian secara periodisasi filsafat Cina adalah Zaman Kuno, Zaman Pembauran, Zaman Neo-Konfusionisme, dan Zaman Modern. Untuk sejarah perkembangan ilmu pengetahuan disini pembahasan mengacu kepemikiran filsafat di Barat.
Perkembangan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini tidaklah berlangsung secara mendadak, melainkan terjadi secara bertahap, evolutif. Karena untuk memahami sejarah perkembangan ilmu mau tidak mau harus melakukan pembagian atau klasifikasi secara periodik, karena setiap periode menampilkan ciri khas tertentu dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Perkembangan pemikiran secara teoritis senantiasa mengacu kepada peradaban Yunani Kuno dan diakhiri pada zaman kontemporer.
Zaman Pra Yunani Kuno
Pada masa ini manusia masih menggunakan batu sebagai peralatan. Oleh karena itu, zaman pra Yunani Kuno disebut juga zaman Batu yang berkisar antara empat juta tahun sampai 20.000 tahun Sebelum Masehi sisa peradaban manusia yang ditemukan pada masa ini (dalam Tim Dosen Filsafat Ilmu Fakultas Filsafat, 1996) antara lain :
Alat-alat dari batu
Tulang belulang hewan
Sisa beberapa tanaman
Gambar di gua-gua
Tempat penguburan
Tulang-belulang manusia purba
Pada abad ke-6 SM di Yunani muncul lahirnya filsafat. Timbulnya filsafat ditempat itu disebut suatu peristiwa ajaib (the greek miracle). Ada beberapa faktor yang sudah mendahului dan seakan-akan mempersiapkan lahirnya filsafat di Yunani. Beberapa faktor tersebut diantaranya : pada bangsa Yunani dan bangsa-bangsa sekitarnya terdapat suatu mitologi yang kaya dan luas, Kesusastraan Yunani berupa puisi karya Homeros yang sangat digemari oleh rakyat untuk mengisi waktu terluang dan serentak juga mempunyai nilai edukatif, dan pengaruh ilmu pengetahuan yang pada waktu itu sudah terdapat di Timur Kuno.
Pada zaman pra Yunani Kuno di dunia ilmu pengetahuan dicirikan berdasarkan know how yang dilandasi pengalaman empiris. Disamping itu, kemampuan berhitung ditempuh dengan cara one-to one correspondency atau mapping process. Contoh, cara menghitung hewan yang akan masuk dan keluar kandang dengan menggunakan kerikil. Namun pada masa ini manusia sudah mulai memperhatikan keadaan alam semesta sebagai suatu proses alam. Dengan demikian lama kelamaan mereka juga memperhatikan dan menemukan hal-hal lainnya.
Zaman Yunani Kuno
Zaman Yunani kuno dipandang sebagai zaman keemasan filsafat, karena pada zaman ini orang memiliki kebebasan untuk mengungkapkan ide-ide atau pendapatnya. Yunani pada masa itu dianggap sebagai gudang ilmu dan filsafat, karena bangsa Yunani pada masa itu tidak lagi mempercayai mitologi-mitologi. Bangsa Yunani juga tidak dapat menerima pengalaman yang didasarkan pada sikap receptive attitude (sikap menerima begitu saja), melainkan menumbuhkan sikap an inquiri attitude (suatu sikap yang senang menyelidiki sesuatu secara kritis). Sikap belakangan inilah yang menjadi cikal bakal tumbuhnya ilmu pengetahuan modern. Sikap kritis inilah menjadikan bangsa Yunani tampil sebagai ahli pikir terkenal sepanjang masa. Beberapa filsuf pada masa itu antara lain Thales, Phytagoras. Socrates, Plato, dan Aristoteles.
Zaman Abad Pertengahan
Zaman abad pertengahan ditandai dengan tampilnya para teolog di lapangan ilmu pengetahuan. Para ilmuwan pada masa ini hampir semua adalah para teolog, sehingga aktivitas terkait dengan aktivitas keagamaan. Semboyan yang berlaku bagi ilmu pada masa ini adalah ancilla theologia atau abdi agama. Namun demikian harus diakui bahwa banyak juga temuan dalam bidang ilmu yang terjadi pada masa ini.
Periode abad pertengahan mempunyai perbedaan yang mencolok dengan abad sebelumnya. Perberdaan itu terletak pada dominasi agama. Timbulnya agama Kristen yang diajarkan oleh Nabi Isa as. pada permulaan abad Masehi membawa perubahan besar terhadap kepercayaan keagamaan.
Agama Kristen menjadi problem kefilsafatan karena mengajarkan bahwa wahyu Tuhanlah yang merupakan kebenaran yang sejati. Hal ini berbeda dengan pandangan Yunani Kuno yang mengatakan bahwa kebenaran dapat dicapai oleh kemampuan akal. Mereka belum mengenal adanya wahyu.
Zaman Renaissance
Zaman Renaissance ditandai sebagai era kebangkitan kembali pemikiran yang bebas dari dogma-dogma agama. Renaissance adalah zaman peralihan ketika kebudayaan abad Pertengahan mulai berubah menjadi suatu kebudayaan modern. Manusia ingin mencapai kemajuan atas hasil usaha sendiri, tidak didasarkan atas campur tangan Ilahi. Penemuan ilmu pengetahuan modern sudah mulai dirintis pada zaman Renaissance. Ilmu pengetahuan yang berkembang maju pada masa ini adalah bidang astronomi. Tokoh-tokoh yang terkenal seperti Roger Bacon, Copernicus, Johannes Keppler, Galileo Galilei.
Zaman Modern
Zaman modern ditandai dengan berbagai penemuan dalam bidang ilmiah. Perkembangan ilmu pengetahuan pada zaman modern sesungguhnya sudah dirintis sejak zaman Renaissance. Seperti Rene Descartes, tokoh yang terkenal sebagai bapak filsafat modern. Rene Descartes juga seorang ahli ilmu pasti. Penemuannya dalam ilmu pasti adalah sistem koordinat yang terdiri atas dua garis lurus X dan Y dalam bidang datar. Isaac Newton dengan temuannya teori gravitasi. Charles Darwin dengan teorinya struggle for life (perjuangan untuk hidup). J. J. Thompson dengan temuannya elektron.
Zaman Kontemporer
Zaman kontemporer ini ditandai dengan penemuan berbagai teknologi canggih. Teknologi canggih komunikasi dan informasi termasuk salah satu yang mengalami kemajuan sangat pesat. Mulai dari penemuan komputer, berbagai satelit komunikasi, internet, dan sebagainya. Bidang ilmu lain juga mengalami kemajuan pesat, sehingga terjadi spesialisasi ilmu yang semakin tajam. Ilmuwan kontemporer mengetahui hal yang sedikit, tetapi secara mendalam. Ilmu kedokteran semakin menajam dalam spesialis dan subspesialis atau super-spesialis, demikian pula bidang ilmu lain. Disamping kecenderungan kearah spesialisasi, kecenderungan lain adalah sintesis antara bidang ilmu satu dengan lainnya, sehingga dihasilkannya bidang ilmu baru seperti bioteknologi yang dewasa ini dikenal dengan teknologi kloning.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan tidak hanya untuk memahami masa lampau dalam pandangan masa kini, akan tetapi juga berusaha untuk membuat proyeksi ke masa depan.
Ruang Lingkup sejarah perkembangan ilmu pengetahuan yaitu berkutat pada penjelasan tentang perbuatan manusia yang sudah terjadi, sedang terjadi dan mungkin yang akan terjadi beserta penyebab-penyebabnya.
Sejarah Perkembangan ilmu pengetahuan : Sejarah pada Zaman Pra Yunani Kuno, Yunani Kuno, Abad Pertengahan, Zaman Renaissance, Zaman Modern dan Zaman Kontemporer.
Saran
Kami sadar dalam pembuatan makalah ini masih terdapat kekurangan. Untuk itu kritik, saran dan pendapat yang bersifat membangun sangat penulis harapkan dari para pembaca untuk perbaikan yang akan datang.

Daftar Pustaka
Murtiningsih, Wahyu. 2012. Para Filsuf dari Plato sampai Ibnu Bajjah. Yogjakarta: Diva Press.
Surajito. 2010. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia. Cetakan Kelima. Jakarta: Bumi Aksara.


Download sejarah perkembangan ilmu.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca sejarah perkembangan ilmu. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon