December 31, 2016

Resume buku agama


Judul: Resume buku agama
Penulis: Ali Riza


Angga Radifan Sumarna
1106127802
Resume Agama Islam
Sabtu, 28 Februari 2015
Bedah Buku "Api Tauhid" Cahaya Keagungan Cinta Sang Mujaddid Novel Sejarah Pembangun Jiwa
Bersama : Ustadz Habiburrahman El Shirazy (Kang Abik)
Terdapat kisah-kisah sahabat yang dapat kita ambil hikmahnya yaitu:
Salman Alfarisi yang demi berjumpa dengan Rasulullah ia sampai menjadi budak. Lalu, Sejarah Bilal bin Rabbah. Bila dilihat secara penampilan, ia tidak menarik sama sekali. Bilal disebut dengan "aswad". Aswad beda dengan asmad. Asmad masih ada kecoklatannya, sedangkan Aswad adalah yang benar2 hitam.Dan beda dengan "Asmar" , penampilannya tidak menarik, status sosial pun tidak menarik, namun subhanallah, iman kepada Allah mengalahkan segalanya .Bahkan beliau diabadikan sebagai mudzin nabi. Dan yang perlu dicatat, Beliau adalah salah satu sahabat yang dijamin masuk surga. Demikian juga dengan membaca kisah ulama2 di Indonesia, YUSUF AL MAKOSARI saat berhadapan dengan VOC di Makassar lalu ditangkap di Banten, dan dipenjara di Srilangka.Walaupun di dalam penjara, ia tidak pernah diam. Orang-orang Indonesia yang bertemu dengan Makosari saat hendak menunaikan ibadah haji mendapat1 -2 kalimat saat bertemu di Srilangka. Orang-orang yang setelah bebicara dengan beliau, semuanya tergerak menjadi pejuang. Belanda mencium gerak Makosari ini, dan akhirnya makosari dibuang ke Afrika selatan. Beliau dicampakkan ke Afrika seorang diri namun beliau berhasil memasukkan orang-orang Afrika Selatan ke dalam Islam.
Biasanya kita akan bosan jika membaca sejarah secara murni, maka buku ini berusaha mengemas dengan menghadirkan tokoh fiktif utuk mengantarkan pada sejarah di Turki, ada Fahmi mahasiswa Turki, ada Aysel, ada Nuzula putri ulama besar, ada Subqi, ada ali, ada kisah pertemuan mahasiswa Turki dengan orang Indonesia, Dengan kita belajar sejarah orang2 besar, membuat kita mau mengikuti, melalui semangat mereka, mampu membuat semangat kita mendakwahkan Islam, membuat kita semangat belajar dan membaca Alquran, membuat kita semangat belajar hadits dan menjadikannya pedoman untuk kehidupan kita
Lalu diadakan sesi tanya jawab yang pertama, kenapa bagian said Nursi wafat tidak diceritakan didalam novel? Kadang-kadang penulis juga punya strategi, mana tulisan yang layak dan mana yang tidak layak. Tidak semua dialog dimasukkan namun substansi tetap tersampaikan. Namun saya menceritakan dengan menuliskan kalimat yang mampu mewakili dialog. Orang2 yang mati syahid sebenarnya mereka masih hidup. Dan ini cukup, jika mau baca biografi lengkap Said Nursi bisa dibaca di biografi lengkap beliau. Namun 3 Said Nursi saya ceritakan semua. Supaya tidak ada 2 kematian di dalam novel ini. Bagian wafatnya ayah Nuzula sudah mencakup Dzikrul maut di novel ini
Yang kedua yaitu bagaimana menggabungkan cerita sejarah dengan Novel? Beberapa novelis sudah menggunakan ini, sama seperti jurnalistik sastrawi. Tidak masalah menggabungkannya, yang penting valid. Menggabungkan sejarah dalam novel : tidak boleh memfiktifkan sejarah, namun boleh merubah redaksi, minimal ucapan bil makna (dengan makna). Tidak boleh menambah-nambahkan cerita, harus sesuai dengan fakta yang tidak boleh difiktifkan yaitu kejadian, perkatannya, tokoh nya.Yang boleh difiktikan hanya suasananya. Penulis itu seperti fotografer, tergantung kita memilih spot yang tepat untuk diceritakan. Bagaimana menulis tapi tidak observasi langsung?Mudah, yang penting tulis aja dulu, contohnya dalam Novel Bumi Cinta, saya belum pernah ke Moskow, tapi saya pinjem mata dan telinga orang yang pernah tinggal disana selama 6 tahun. Kenapa tokohnya diambil Penghapal Alquran? "Sebaik2 kalian adalah yang belajar Alquran dan mengajarkannya" Agar umat dekat dengan alquran (agar dekat dengan Alquran menjadi keinginan besar setiap orang) .Alquran itu kehormatan kita, Alquran itu segala2nya untuk kita. Kita akan menang jika kita dekat dengan alquran .Alquran kalau dikaji selalu ada makna baru, selalu ada makna baru.Bukan orang lain yang bikin surga, tapi kita yang bikin surga. Kita bikin kampung yang orang2 nya dekat dengan Alquran .Sehingga Kampung kita menjadi KAMPUNG SURGA.
Yang menyemangati kita adalah kita sendiri. Disaat yang sama, anda sedang berkompetisi dengan mahasiswa yang sama, semester yang sama dengan lain Di saat yang sama, saat ini anda semester 2, anda sedang berkompetesi dengan mahasiswa yang juga semester 2, yang sedang kuliah sama dengan anda di Fakultas Hukum, yang kuliahnya di Hardard University, mereka tidak tidur, apakah anda juga seperti itu? Di saat yang sama, saat ini anda semester 6, anda sedang berkompetesi dengan mahasiswa yang juga semester 6, yang sedang kuliah sama dengan anda di Sospol, yang kuliahnya di Beijing University, bedanya mereka belajar di perpustakaan sampai tengah malam, apakah di kampus ini seperti itu? Sastra tidak dilarang dalam islam selama ia baik dan tidak mengandung maksiat. Para Imam2 terdahulu bahkan hapal banyak syair2 pada zaman dahulu.


Download Resume buku agama.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Resume buku agama. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon