Desember 13, 2016

Proposal kewirausahaan

Judul: Proposal kewirausahaan
Penulis: Nana Caesariana


MAKANAN RINGAN MENYEHATKAN
TECCO (TERONG COOKIES)
PT. NONA NENCY
13557251270
Ketua Pelakasana
Siti Juhairiah Nur (723901S.11.086)
Anggota
Nana Caesariana (723901S.11.059)
Neny Noviarini(723901S.11.061)
Novi Kuswandari(723901S.11.064)
Noviyani (723901S.11.065)

Jl. A.M. Sangaji Gang. 14 Samarinda
Telp: 085248711700
E-mail : NonaNency@yahoo.co.idHALAMAN PENGESAHAN
PROPOSAL BISNIS MAHASISWA
AKADEMI FARMASI SAMARINDA
Nama Perusahaan: PT. NONA NENCY
Bidang Usaha: Minuman sehat, berkhasiat & menyegarkan
Ketua Pelaksana Kegiatan
Nama: Siti Juhairiah Nur
NIM: 723901S.11.086
Anggota Pelaksanaan
Nama: Nana Caesariana (723901S.11.059)
Neny Noviarini(723901S.11.061)
Novi Kuswandari(723901S.11.064)
Noviyani (723901S.11.065)
Biaya Kegiatan

Samarinda,........................................ 2013
Ketua Pelaksana
(...............................)
NIM
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDULi
HALAMAN PENGESAHANii
DAFTAR ISIiii
RINGKASAN EKSEKUTIFivVISI DAN MISI1
LATAR BELAKANG PERUSAHAAN2
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN7
ANALISIS PRODUKSI (OPERASI)11
ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)13
RENCANA KERJA13
ANALISIS KEUANGAN13
ANALISI RESIKO USAHA15
PERMOHONAN BANTUAN DANA16
FOTO16
LAMPIRAN18
RINGKASAN EKSEKUTIF
Besarnya peluang usaha dibidang kuliner, mendorong kami menciptakan inovasi baru camilan sehat berbahan dasar terung menjadi sebuah produk yang bermutu.. Pada umumnya, sebagian besar masyarakat hanya mengetahui terong hanya dapat diolah sebagai menu sayuran. Tapi disini kami menciptakan produk baru dari olahan terong berupa cookies/kue kering. Terong (Solanum melongena L.) merupakan tanaman asli daerah tropis yang diduga berasal dari Asia, terutama India dan Birma. 100 gram terung ungu mentah mengandung 24 kalori, sedangkan 100 gram terung ungu rebus mengandung 35 kalori. Di dalam 100 gram terung ungu rebus mengandung sembilan gram karbohidrat, satu gram protein, tidak mengandung lemak, tidak mengandung kolesterol, dan 239 mg natrium (USDA, 2010).Terung mengandung komponen phytonutrien penting yang memiliki aktivitas sebagai antioksidan. Phytonutrien yang terkandung di dalam terung ungu yaitu komponen 9 phenolik seperti caffeic dan chlorogenic acid, dan flavonoid yaitu nasunin. Komponen phenolik berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi dirinya terhadap stres oksidatif juga terhadap infeksi bakteri dan jamur. Komponen phenolik utama di dalam terung ungu adalah chlorogenic acid yang merupakan salah satu scavenger utama radikal bebas (Organicfood, 2010).Terung ungu mengandung serat yang tinggi. Terung ungu mengandung vitamin B1, B6, K, copper, Mg, Mn, phospor, asam folat. Nasunin, antosianin yang terkandung di dalam kulit terung ungu merupakan antioksidan yang memiliki potensi tinggi sebagai scavenger radikal bebas dan memiliki aktivitas protektif terhadap peroksidasi lipid (Foodreference, 2010)
Sasaran pemasaran produk kami ialah mahasiswa Akademi Farmasi Samarinda serta kami bertujuan mengenalkan produk ini pada masyarakat samarinda. Perusahan kami tersusun atas beberapa mahasiswa Akademi Farmasi Samarinda.
Harapan kami produk ini menyadi salah satu inovasi terbaru pemanfaatan bahan makanan yang tidak terlalu diperhitungkan menjadi sebuah produk yang bermutu. Kami yakin bahwa produk olahan kami dapat menjadi inspirasi bagi masyarakan untuk lebih memanfaatkan bahan makanan yang tidak terlalu diperhitungkan menjadi sebuah produk yang bermutu sera menambah pendapatan.
1. VISI DAN MISI
VISI
Menjadi perusahan yang memproduksi bahan makan bernilai jual.
Menciptakan makan yang menyehatkan bagi tubuh.
Menjadi motivator bagi perusahaan lain dalam menciptakan suatu produk pangan yang menyehatkan.
MISI
Menciptkan Inovasi produk makanan yang berkhasiat dan sehat
Mengolah bahan makan yang sederhana menjadi makan yang berkhasiat bagi kesehatan.
Menghasilkan produk pangan dengan memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan berkhasit bagi tubuh.
2. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
DATA PERUSAHAAN
1. Nama Perusahaan : PT. NONA NENCY
2. Bidang Usaha : Kuliner
3. Jenis Produk/ jasa : Makanan ringan
4. Alamt Perusahaan : Jl. A.M. Sangaji Gang. 14 Samarinda
5. Nomor Telepon : 085248711700
6. Nomor Fax : -
7. Alamat E-mail : NonaNency@yahoo.co.id8. Mulai Berdiri : 4 Oktober 2013
9. Lokasi dan Fasilitas Perusahaan : Perusahaan rumahan sebagai tempat pengumpulan,pengolaan ,pengemasan ,pendistribusian produk makanan ringan.
10. Stastus Kepemilikan : Milik sendiri
BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1. Nama : Siti Juhairiah Nur
2. Jabatan : Ketua
3. Tempat/Tanggal Lahir : Samarinda, 13 Januari 1994
4. Alamat Rumah : Jl. Revolusi RT.05 Sungai Kunjang
5. Nomor Telepon : 085247886204
6. Nomor Fax : -
7. Alamat E-mail : Jok.joker79@yahoo.com
8. NIM : 723901S.11.086
9. Program Studi : DIII AKADEMI FARMASI SAMARINDA
1. Nama : Novi Kuswandari
2. Jabatan : Wakil Ketua
3. Tempat/TanggalLahir : Samarinda, 06 November 1993
4. Alamat Rumah : Kebon Agung
5. Nomor Telepon : 081346540920
6. Nomor Fax : -
7. Alamat E-mail : Novi_scorpio06@gmail.com8. NIM : 723901S.11.064
9. Program Studi : DIII AKADEMI FARMASI SAMARINDA
1. Nama : Noviyani
2. Jabatan : Sekertaris
3. Tempat/TanggalLahir : Tenggarong, 11 November 1993
4. Alamat Rumah : Jl. AM. Sangaji Gg 14
5. Nomor Telepon : 085393463332
6. Nomor Fax : -
7. Alamat E-mail : Nononoviyani@ymail.com8. NIM : 723901S.11.065
9. Program Studi : DIII AKADEMI FARMASI SAMARINDA
1. Nama : Nana Caesariana
2. Jabatan : Bendahara I
3. Tempat/TanggalLahir : Samarinda, 29 April 1993
4. Alamat Rumah : Jl. Perum PKL blok D No.79 RT.23 Sei Kapih Samarinda
5. Nomor Telepon : 085752813413
6. Nomor Fax : -
7. Alamat E-mail : nanacaesar@gmail.com8. NIM : 723901S.11.059
9. Program Studi : DIII AKADEMI FARMASI SAMARINDA
1. Nama : Neny Noviarini
2. Jabatan : Bendahara II
3. Tempat/TanggalLahir : Samarinda, 02 Agustus 1993
4. Alamat Rumah : Jl. KH. Wahid Hasyim Gg Kampus Biru, Samarinda
5. Nomor Telepon : 085250060388
6. Nomor Fax : -
7. Alamat E-mail : ineynenot@gmail
8. NIM : 723901S.11.061
9. Program Studi : DIII AKADEMI FARMASI SAMARINDA
2.3STRUKTUR ORGANISASI DAN URAIAN KERJA

3.ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
DEKSRIPSI BARANG ATAU JASA
TECCO (Terung Cookies)
TECCO (Terung Cookies) merupakan makanan ringan dengan inovasi terung dalam bentuk kue atau cookies. Terung sebagai bahan pokok dalam pembuatan kue memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh yakni sebagai antioksidan, vitamin B1, B6, K, copper, Mg, Mn, phospor, asam folat sehingga mampu meningkatkan produktifitas tubuh. Produk dalam bentuk makanan ringan dapat mempermudah konsumen untuk mengkonsusmi terung dalam bentuk olahan yang nikmat.3.2PASAR YANG DITUJU
GAMBARAN KARESTERISTIK PEMBELI/PENGGUNA
Pasar yang akan dituju adalah :
Mahasiswa AKFARSAM, 300 orang dan kira-kira yang akan membeli sebanyak 80%.
Menjual langsung produk olahan kepada konsumen yang berada di tempat keramaian ataupun di lingkungan tempat tinggal.
Menitipkan di warung-warung yang menjual sembako
VOLUME PENJUALAN
Jenis Produk Unit Total Nilai (Rp)
TECCO (Terung Cookie) 20 Rp. 60.000,-
Total 20 Rp. 60.000,-
3.3 KEUNGGULAN BARANG ATAU JASA YANG DIHASILKAN
Konsumen dapat mencoba produk olahan kami dikarenakan produk olahan kami memiliki keunggulan berupa bahan baku pembuatan makanan "Cookies" dari bahan terong yang memiliki berbagai macam khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, dimana konsumen hanya mengetahui terong merupakan makanan murah dan tidak berkelas, disini kami mengubah progress tersebut menjadikan bahwa bahan terong pun dapat dibuat menjadi olahan pangan yang bervariasi, ekonomis, dan berkualitas. Keunggulan produk olahan kami ialah :1. Kami memakai bahan baku terong yang umumnya murah dan mudah dijumpai,
2. Mempunyai rasa cookies yang berbeda dengan yang lainnya, karena adanya inovasi baru yang diberi,
3. Memanfaatkan kembali bahan pangan untuk membuat produk- produk olahan yang lebih bernilai tinggi.
3.4 STRATEGI PEMASARAN
1. STRATEGI PRODUK (Kemasan/Merk)
Kami mengemas produk olahan dengan menggunakan plastic kap (mika) yang sesuai dan ekonomis. Kemudian dibagian atas kami beri label bertuliskan nama produk olahannya.
2. STRATEGI DISTRIBUSI (Wilayah pemasaran, penjualan langsung, atau memakai perantara)
Untuk wilayah pemasarannya sendiri ruang lingkup penjualan langsung di kampus Akademi Farmasi Samarinda, dan juga memasarkannya sendiri di ruang lingkup lingkungan sekitar.
3. STRATEGI PROMOSI (Iklan, brosur, Pameran, dll)
Untuk promosi produk olahan, kami mengadakan sampling produk ke konsumen untuk mencoba serta menjelaskan langsung berbagai manfaat serta keunggulan produk yang ditawarkan. Setelah mereka mengetahui cita rasa produk, maka konsumen tertarik untuk membeli.4. STRATEGI PENETAPAN HARGA (Harga pesaing atau (harga pokok produksi + keuntungan))
Untuk penetapan harga, kami menyesuaikan dengan harga produksi + keuntungan (namun dalam jumlah kecil) agar tidak terlalu tinggi harga yang di tawarkan.
3.5 ANALISIS PESAING
PESAING KEUNGGULAN KELEMAHAN
Toko –Toko kue yang tersebar di berbagai wilayah samarinda
Contohnya : Sweet, Fresh, Sekar Putih, dst. 1. lebih banyak tersediaan berbagai macam jenis olahan kue dengan harga yang terjangkau
2. letak yang strategis dan menarik sehingga banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. 1. tidak adanya penjelasan atau keunggulan tentang maanfaat produk yang ditawarkan
2. masih kurangnya penggunaan bahan- bahan yang berkhasiat untuk dibuat dalam bentuk produk kue.
Pedangan-pedagang yang berjualan menggunakan kendaraan maupun menjajakan langsung produk olahannya kepada konsumen contoh : pedagang kaki lima dst. 1. lebih mudahnya konsumen mendapatkan pelayanan karna produk ditawarkan langsung oleh penjual.
2. harga lebih ekonomis disbanding dengan produk olahan dari toko- toko ternama 1. konsumen tidak dapat memastikan kualitas produk yang dijual.
2. penjual tidak memntingkan kualitas produk yang dijual hanya mementingkan keuntungan yang diperoleh
4. ANALISIS PRODUKSI (OPERASI)
PROSES PRODUKSI
Penyiapan bahan baku
Bahan baku yang digunakan harus dalam kondisi segar
Siapkan bahan- bahan tambahan seperti tepung terigu, gula pasir, telur, vanili, pengembang kue, margarine, butter, dan minyak.
Proses pembuatan
Rebus terung unggu hingga mendidih, kemudian keringkan dan haluskan
Panaskan margarine dan butter hingga meleleh.
Kocok telur hingga mengembang kemudian masukkan gula aduk dengan kecepatan tinggi.
Masukkan tepung terigu yang telah diayak dan margarine, butter, dan minyak aduk hingga rata.
Masukkan terung unggu yang telah halus dan vanili aduk hingga homogen.
Masukkan adonan kedalam Loyang yang telah diolesi margarine dan terigu.
Panggang adonan dengan oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu.
Kue yang telah masak kemudian diiris tipis dan dipanggang kembali hingga kering. Pengeringan kue dilakukan untuk memperoleh kue yang lebih tahan lama.
4.2 BAHAN BAKU DAN PENGGUNANNYA
BAHAN BAKU KEBUTUHAN RATA- RATA PER BULAN SUMBER
Terung Unggu 3 Kg Pasar Segiri Samarinda
dibeli dalam kondisi yang masih segar.
BAHAN PENOLONG KEBUTUHAN RATA-RATA PER BULAN SUMBER
Tepung terigu 5 kg Pasar Segiri Samarinda
Telur 30 butir Pasar Segiri Samarinda
Margarine 5 bungkus Pasar Segiri Samarinda
Butter 3 bungkus Pasar Segiri Samarinda
Gula 2 kg Pasar Segiri Samarinda
Minyak 2 liter Pasar Segiri Samarinda
Pengembang kue 1 bungkus Pasar Segiri Samarinda
Vanili 1 bungkus Pasar Segiri Samarinda
ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)
JUMLAH PEKERJA, KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI
Jumlah pekerja : 5 orang
Keunggulan Pekerja :
Tiap pekerja memiliki keunggulan dibidangnya masing-masing yakni dalam bidang pengolaan, pengepakan dan pendistribusian (penjualan). Selain itu kinerja yang ditanamkan yakni adanya solideritas tiap anggota yang saling mendukung dan membantu pelaksanaan dalam setiap kegiatan yang dijalankan.RENCANA KERJA
KEGIATAN Bulan ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
Pengumpulan bahan baku & bahan tamba-han √ Proses pembuatan √ Uji coba produk √ Pendistribusian √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √
7.ANALISIS KEUANGAN
7.1BIAYA INVESTASI AWAL
Item Volume Harga/Unit Total Biaya
Kompor Sedang Rp. 500.000,- Rp. 500.000,-
Oven Sedang Rp. 300.000,- Rp. 300.000,-
Mixer Sedang Rp. 200.000,- Rp. 200.000,-
Loyang Sedang Rp. 50.000,- Rp. 100.000,-
Dll Rp. 100.000,-
Total Rp.1.200.000,-
7.2.2 Laba/Rugi
Perhitungan Laba/Rugi per Hari
Pendapatan R = P X Q
Ket :
R = Pendaapatan
P = Harga barang
Q = Jumlah barang yang terjual R = P X Q
= Rp. 3000,- X 40
= RP. 120.000,-
Bahan-bahan Pembelian bahan baku Rp. 50.000,-
Bahan pendukung Rp. 30.000,-
Dll Rp. 20.000,-
Jumlah Biaya Rp. 100.000,-
Laba/Rugi L/R = Pendapatan – (Jumlah Biaya)
= Rp.120.0000,- − Rp. 100.000,-
= Rp. 20.000,- (Laba bersih)
7.3 Analisis Kelayakan Usaha
Break Even Point (BEP) = Titik Balik Modal
Perhitungan Titik Impas
Harga Minimal= Total Biaya / Jumlah Produksi
= Rp. 100.000,- / 40 buah
= Rp. 2.500,-/ buah
Jumlah Minimum= Total Biaya / Harga Per Unit
= Rp. 100.000,- / Rp. 3.000,-
= Rp. 33 Buah
Payback Periode
Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Break Even Point (BEP) ± 1 hari dengan penjualan minimal produk sebanyak 33 buah, sehingga untuk menghasilkan Laba penjualan maksimal produk harus lebih dari 33 buah.
8. ANALISI RESIKO USAHA
Adapun hal-hal yang mungkin mengganggu pelaksanaan investasi antara lain :
Banyaknya pesaing lain yang terlebih dahulu dikenal oleh masyarakat
Perlunya pemberian informasi secara langsung tentang keunggulan produk yang dijual.
Kurang berminatnya konsumen yang disebabkan produk yang ditawarkan masih terdengar asing bagi konsumen.
8.2 ANTISIPASI RESIKO USAHA
Strategi yang dilakukan untuk memperkenalkan produk serta mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan untuk meminimalkan resiko usaha yang dapat terjadi antara lain :
Pemasaran produk dilakukan secara langsung dimana produsen langsung menawarkan produknya kepada konsumen dengan memberikan informasi tentang keunggulan produk yang ditawarkan.
Target pemasaran produk ialah konsumen-konsumen yang berada di tempat ramai.
Meyakinkan kepada konsumen tentang keunggulan produk
9. PERMOHONAN BANTUAN DANA
Total nilai kebutuhan modal per 3 bulan (A)= Rp. 4.500.000,-
Penyertaan Dana Pribadi = Rp. 500.000,-
Permohonan Bantuan Dana = Rp. 6.000.000,-
10. FOTO
FOTO KEMASAN
329755543815Netto : 250 gr
CIMI-CIMI
2345055185420TECCO
(TERONG COOKIES)
Makanan ringan, bermutu dan menyehatkan
KOMPOSISI :
Terong, Tepung terigu, telur, gula
Produksi :
NONA NENCY
Jl. A.M. Sangaji Gang. 14 Samarinda Telp: 085248711700

Netto : 250 g
CIMI-CIMI
"TECCO"
(Terong Cookies)
Makanan ringan, bermutu
dan menyehatkan
Komposisi :
Terong, Tepung terigu, Telur, Gula
ProduksiNona Nency
Jl. A. M. Sangaji Gang 14 Samarinda 0852487117004288155400050FOTO PRODUK
40290255882311405095657004164843385946Netto : 250 g
CIMI-CIMI
"TECCO"
(Terong Cookies)
Makanan ringan, bermutu
dan menyehatkan
Komposisi :
Terong, Tepung terigu, Telur, Gula
ProduksiNona Nency
Jl. A. M. Sangaji Gang 14 Samarinda 085248711700

4288265131914Netto : 250 g
CIMI-CIMI
"TECCO"
(Terong Cookies)
Makanan ringan, bermutu
dan menyehatkan
Komposisi :
Terong, Tepung terigu, Telur, Gula
ProduksiNona Nency
Jl. A. M. Sangaji Gang 14 Samarinda 0852487117001648803131914Netto : 250 g
CIMI-CIMI
"TECCO"
(Terong Cookies)
Makanan ringan, bermutu
dan menyehatkan
Komposisi :
Terong, Tepung terigu, Telur, Gula
ProduksiNona Nency
Jl. A. M. Sangaji Gang 14 Samarinda 085248711700
40290262536691404620253365
16478252552704288637255795Netto : 250 g
CIMI-CIMI
"TECCO"
(Terong Cookies)
Makanan ringan, bermutu
dan menyehatkan
Komposisi :
Terong, Tepung terigu, Telur, Gula
ProduksiNona Nency
Jl. A. M. Sangaji Gang 14 Samarinda 085248711700Netto : 250 g
CIMI-CIMI
"TECCO"
(Terong Cookies)
Makanan ringan, bermutu
dan menyehatkan
Komposisi :
Terong, Tepung terigu, Telur, Gula
ProduksiNona Nency
Jl. A. M. Sangaji Gang 14 Samarinda 085248711700
402844058420140398510795
11. LAMPIRAN
Break Even Point (BEP) = Titik Balik Modal
Perhitungan Titik Impas
Total Biaya= Rp. 100.000,-
Jumlah yang diproduksi = Rp. 40 buah
Harga/Unit = Rp. 3.000,-
Maka :
Harga Minimal= Total Biaya / Jumlah Produksi
= Rp. 100.000,- / 40 buah
= Rp. 2.500,-/ buah
Maka harga minimal yang ditawarkan penjual kepada konsumen agar mencapai titik balik modal adalah Rp. 2.500,- . Untuk memperoleh Laba maka harga produk dapat dinaikkan menjadi Rp. 4.000,-
Jumlah Minimum= Total Biaya / Harga Per Unit
= Rp. 100.000,- / Rp. 3.000,-
= Rp. 33 Buah
Maka jumlah minimal yang ditawarkan penjual kepada konsumen agar mencapai titik balik modal sebanyak 33 buah . jika penjual berhasil menjual lebih dari jumlah minimum maka bisa mendapatkan Laba.


Download Proposal kewirausahaan.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Proposal kewirausahaan. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: