Desember 01, 2016

Makalah Sejarah Perkembangan Kebudayaan Islam

Judul: Makalah Sejarah Perkembangan Kebudayaan Islam
Penulis: Santyy Lee


MAKALAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
KEBUDAYAAN DALAM ISLAM

DISUSUN OLEH
KELOMOK IX
KELAS 02 FK/PKK
NAMA DAN NIM : NURSANTI 1528041035 NURUL FAHMI 1528042003
NUR SAFITRI 1528042005


UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA
TAHUN 2015/2016
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Islam merupakan agama yang paling sempurna yang telah diciptakan oleh Allah SWT untuk membimbing umat manusia menuju kekehidupan yang lebih baik. Agama islam diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW pada abad ke-7 di kota Mekkah yang kemudian menyebar ke seluruh dunia dari masa ke masa. Perkembangan agama islam diikuti juga oleh perkembangan kebudayaan islam, walaupun demikin kebudayaan islam tidak serta merta menghilangkan kebudayaan setempat melainkan memproses ulang kebudayaan yang menyimpang dari ajaran islam menjadi kebudayaan yang bersumber dari ajaran islam.
Akan tetapi dalam perkembangannya masih banyak masyarakat yang belum tahu dan bisa membedakan kebudayaan islam dengan kebudayaan yang menyimpang. Bahkan terkadang ada masyarakat yang mencampur adukkan kedua kebudayaan tersebut. Maka dari itu kebudayaan dalam islam harus diketahui dan dipahami sejak dini agar terhindar dari dosa dan bisa lebih dekat dengan Allah SWT.
Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas ditarik rumusan masalah yang meliputi :Apa defenisi kebudayaan dalam islamBagaimana sejarah intelektual dalam Islam
Bagaimana nilai-nilai islam dalam budaya indonesia
Bagaimana masjid sebagai pusat peradaban dalam Islam

BAB II
PEMBAHASAN
DEFENISI KEBUDAYAAN DALAM ISLAM
Makna KebudayaanKebudayaan berasal dari bahasa Sansakerta yaitu buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi atau akal. Budi mempunyai arti akal, kelakuan, dan norma. Sedangkan daya berarti hasil karya cipta manusia. Dengan demikian, kebudayaan adalah semua hasil karya, karsa dan cipta manusia di masyarakat. HYPERLINK "http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya"Dalam Kamus Bahasa Indonesia, budaya berarti pikiran, atau akal budi, sedangkan kebudayaan adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia, seperti kepercayaan, kesenian, adat, dan lain-lain.
Secara umum kebudayaan terbagi menjadi 2 kategori, yaitu abstrak dan konkret. Kebudayaan yang bersifat abstrak yaitu sesuatu yang secara prinsip diakui keberadaannya namun tidak terlihat, misalnya ide/gagasan, dan bahasa. Sedangkan kebudayaan yang bersifat konkret adalah sesuatu yang dapat terlihat secara kasat mata, misalnya benda-benda yang dibuat manusia yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
Makna Kebudayaan Islam
Kebudayaan islam merupakan ajaran Islam baik dalam bentuk pemikiran ataupun sudah berupa bentuk misalnya, seni, sikap atau perbuatan, yang didorong oleh perintah wahyu. Jika ajaran agama Islam ini diamalkan sungguh-sungguh, umat Islam akan menjadi maju. Dan dengan kemajuan yang dihasilkan itu lahirlah kebudayaan. Menurut sarjana dan pengarang Islam, Sidi Gazalba mendinisikan kebudayaan Islam ialah cara berpikir dan cara merasa Islam yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dalam suatu ruang dan suatu waktu.
Namun islam tidak bisa dianggap kebudayaan karena Islam bukan hasil dari pemikiran dan ciptaan manusia melainkan sesuatu yang diwahyukan oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW yang mengandung peraturan-peraturan untuk jadi panduan hidup manusia agar selamat di dunia dan akhirat. Walaupun bukan kebudayaan tetapi agama islam sangat mendorong, bahkan turut mengatur penganutnya untuk berkebudayaan dan agama islam membuat sendiri kebudayaannya yang sesuai dengan ajaran agama islam.
Al-Qur'an memandang kebudayaan merupakan suatu proses dan meletakkan kebudayaan sebagai eksistensi hidup manusia. Karena itu secara umum kebudayaan dapat dipahami sebagai olah akal budi, cipta rasa, karsa dan karya manusia. Dimana tidak bisa terlepas dari nila-nilai kemanusiaan tapi bisa lepas dari nilai-nilai ketuhanan. Kebudayaan Islam berlandaskan pada nilai-nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang. Hasil akal, budi rasa, dan karsa yang telah terseleksi oleh nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal berkembang jadi sebuah peradapan.
Sejarah Intelektual dalam Islam
Sebelum agama islam diajarkan dimuka bumi, masyarakat belum tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Baru setelah muncul agama islam yang diturunkan oleh Allah SWA yang dibawah oleh Rasulullah SAW, pengembangan ilmu dan pemikiran baru mulai berkembang. Seperti dalam QS. Al-Alaq : 1
خَلَقَ الَّذِي رَبِّكَ بِاسْمِ اقْرَأْ
Artinya : Bacalah (nyatakanlah) dengan nama Tuhan mu yang telah menciptakan (segala sesuatu di alam semesta ini).
Pada masa awal perkembangan Islam, sistem pendidikan dan pemikiran yang sistematis belum terselenggara karena ajaran Islam tidak diturunkan sekaligus. Namun ayat Al-Quran yang pertama kali turun dengan jelas meletakkan fondasi yang kokoh atas pengembangan ilmu dan pemikiran dalam Islam kemudian berkembang menjadi peradaban islam yang diakui kebenarannya secara universal.
Menurut teori yang dikembangkan oleh Harun Nasution, dilihat dari segi perkembangannya sejarah intelektual Islam dapat dikelompokkan menjadi tiga masa yaitu:
Masa Klasik, yang terjadi antara tahun 650-1250 M.
Pada masa ini kemajuan umat Islam dimulai. Ekspansi ini menimbulkan pertemuan dan persatuan berbagai bangsa, suku dan bahasa, yang menimbulkan kebudayaan dan peradaban yang baru. Pada masa ini lahir pula ulama' mahzab, seperti: Imam Hanafi, Imam Hambali, Imam Syafi'i, dan Imam Maliki. Sejalan dengan itu lahir pula filosof muslim pertama, Al-Kindi 801 M. Diantara pemikirannya, ia berpendapat bahwa kaum Muslimin menerima filsafat sebagai bagian dari kebudayaan Islam. Selain Al-Kindi, pada abad itu lahir pula filosof besar seperti: Al-Razi (865 M) dan Al-Farabi (870 M). keduanya dikenal sebagai pembangun agung sistem filsafat. Pada abad berikutnya, lahir filosof agung Ibnu Miskawaih (930 M). Pemikirannya yang terkenal tentang pendidikan akhlak. Kemudian Ibn Sina tahun (1037 M), Ibn Bajjah (1138 M), Ibn Tufail (1147 M),dan Ibn Rusyd (1126 M).
Masa Pertengahan (1250-1800)
Menurut catatan sejarah pemikiran Islam masa kini, masa pertengahan merupakan fase kemunduran karena filsafat mulai dijauhkan dari umat Islam sehingga ada kecenderungan akal dipertentangkan dengan wahyu, iman dengan ilmu, dunia dengan akhirat. Pengaruhnya masih ada sampai sekarang. Sebagai pemikir muslim kontemporer sering melontarkan tuduhan pada Al-Ghazali sebagai orang pertama yang menjauhkan filsafat dari agama. Sebagaimana tertuang dalam tulisannya "Tahafut al-Falasifah" (Kerancuan Filsafat). Tulisan Al-Ghazali dijawab oleh Ibnu Rusyd dengan tulisan Tahafut al-Tahafut (Kerancuan di atas kerancuan).
Masa moderen (1800-sampai sekarang)
Periode ini merupakan masa kebangkitan umat Islam. Mereka menyadari ketertinggalannya dengan barat. Ini disebabkan karena umat Islam meninggalkan tradisi klasik, yang kemudian diadopsi dan dikembangkan oleh barat. Para penguasa, ulama dan intelektual muslim mulai mencari jalan untuk mengembalikan umat Islam ke zaman kejayaan yaitu dengan cara:
Memurnikan ajaran Islam dari unsur-unsur yang menjadi penyebab kemunduran umat Islam.
Menyerap pengetahuan barat untuk mengimbangi pengetahuan mereka.
Melepaskan diri dari penjajahan bangsa barat.
Dalam prakteknya tidak semua alternative diterima oleh umat Islam. Karena dari sisi pemikiran, realitas yang terjadi adalah umat Islam cenderung menjadi imitator, bahkan aplikator model barat. Di samping itu dalam konteks pembangunan social politik dan ekonomi Negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam tidak bisa lepas dari konteks makro yaitu barat sebagai decisiom maker nya dan yahudi sebagai pengendalinya. Namun upaya untuk maju akan terus dilakukan oleh umat Islam.
Nilai-Nilai Islam dalam Budaya Indonesia
Islam masuk ke Indonesia lengkap dengan kebudayanya. Karena Islam lahir dan berkembang dari negeri Arab, maka Islam yang masuk ke Indonesia tidak terlepas dari budaya Arabnya. Agama islam masuk keIndonesia dibawah oleh para pedagang. Mereka menyebarkan agama islam melalui beberapa cara, contohnya adalah lewat kebudayaan wayang. Selain itu para da'i mendakwahkan ajaran islam melalui bahasa budaya, sebagaimana dilakukan oleh para wali di tanah jawa. Karena kehebatan para wali Allah dalam mengemas ajaran islam dengan bahasa budaya setempat, sehingga masyarakat tidak sadar bahwa nilai-nilai islam telah masuk dan menjadi tradisi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Lebih jauh lagi bahwa nilai-nilai islam sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan mereka. Seperti dalam upacara-upacara adat dan dalam penggunaan bahasa sehari-hari. Semua itu tanpa disadari bahwa apa yang dilakukannya merupakan bagian dari ajaran islam.
Banyak tradisi masyarakat indonesia yang bernuansa islami, biasanya tradisi tersebut dilaksanakan untuk memperingati hari besar umat islam, seperti misalnya perayaan sekaten yang diselenggarakan untuk menyambut maulid nabi, ada juga perayaan yang dimaksudkan untuk memperingati perjuangan penyebaran ajaran islam seperti perayaan tabuik di Pariaman (Sumatera Barat) yang diselenggarakan pada tanggal 10 muharam. Peninggalan-peninggalan kebudayaan islam di Indonesia:
Kaligrafi
Kaligrafi adalah salah satu karya kesenian Islam yang paling penting. Kaligrafi Islam yang muncul di dunia Arab merupakan perkembangan seni menulis indah dalam huruf Arab yang disebut khat. Seni kaligrafi yang bernafaskan Islam merupakan rangkaian dari ayat-ayat suci Al-qur'an. Tulisan tersebut dirangkai sedemikian rupa sehingga membentuk gambar, misalnya binatang, daun-daunan, bunga atau sulur, tokoh wayang dan sebagainya. Contoh kaligrafi antara lain yaitu kaligrafi pada batu nisan, kaligrafi bentuk wayang dari Cirebon dan kaligrafi bentuk hiasan.
Kraton
Kraton atau istana dan terkadang juga disebut puri, merupakan badari kota atau pusat kota dalam pembangunan. Kraton berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan sebagai tempat tinggal raja beserta keluarganya. Pada zaman kekuasaan Islam, didirikan cukup banyak kraton sesuai dengan perkembangan kerajaan Islam. Beberapa contoh kraton yaitu kraton Cirebon (didirikan oleh Fatahillah atau Syarif Hidayatullah tahun 1636), Istana Raja Gowa (Sulawesi Selatan), Istana Kraton Surakarta, Kraton Yogyakarta, dan Istana Mangkunegaran.
Bentuk Mesjid
Sejak masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia banyak mesjid didirikan dan termasuk mesjid kuno, di antaranya mesjid Demak, mesjid Kudus, mesjid Banten, mesjid Cirebon, mesjid Ternate, mesjid Angke, dan sebagainya.
Seni Pahat
Seni pahat seiring dengan kaligrafi. Seni pahat atau seni ukir berasal dari Jepara, kota awal berkembangnya agama Islam di Jawa yang sangat terkenal. Di dinding depan mesjid Mantingan (Jepara) terdapat seni pahat yang sepintas lalu merupakan pahatan tanaman yang dalam bahasa seninya disebut gaya arabesk, tetapi jika diteliiti dengan saksama di dalamnya terdapat pahatan kera. Di Cirebon malahan ada pahatan harimau. Dengan demikian, dapat dimengerti bahwa seni pahat di kedua daerah tersebut (Jepara dan Cirebon), merupakan akulturasi antara budaya Hindu dengan budaya Islam.
Seni Pertunjukan
Di antara seni pertunjukan yang merupakan seni Islam adalah seni suara dan seni tari. Seni suara merupakan seni pertunjukan yang berisi salawat Nabi dengan iringan rebana. Dalam pergelarannya para peserta terdiri atas kaum pria duduk di lantai dengan membawakan lagu-lagu berisi pujian untuk Nabi Muhammad Saw. yang dibawakan secara lunak, namun iringan rebananya terasa dominan. Peserta mengenakan pakaian model Indonesia yang sejalan dengan ajaran Islam, seperti peci, baju tutup, dan sarung.
Tradisi atau Upacara
Tradisi atau upacara yang merupakan peninggalan Islam di antaranya ialah Gerebeg Maulud, aqiqah, khitanan, halal bihalal. Perayaan Gerebeg, dilihat dari tujuan dan waktunya merupakan budaya Islam. Akan tetapi, adanya gunungan ( tumpeng besar) dan iring-iringan gamelan menunjukkan budaya sebelumnya (Hindu Buddha). Kenduri Sultan tersebut dikeramatkan oleh penduduk yang yakin bahwa berkahnya sangat besar, yang menunjukkan bahwa animisme-dinamisme masih ada. Hal ini dikuatkan lagi dengan adanya upacara pembersihan barang-barang pusaka keraton seperti senjata (tombak dan keris) dan kereta. Upacara semacam ini masih kita dapatkan di bekas-bekas kerajaan Islam, seperti di Keraton Cirebon dan Keraton Surakarta.
Karya Sastra
Pengaruh Islam dalam sastra Melayu tidak langsung dari Arab, tetapi melalui Persia dan India yang dibawa oleh orang-orang Gujarat. Dengan demikian, sastra Islam yang masuk ke Indonesia sudah mendapat pangaruh dari Persia dan India. Karya sastra masa Islam banyak sekali macamnya, antara lain sebagai berikut:
Babad, ialah cerita berlatar belakang sejarah yang lebih banyak di bumbui dengan dongeng. Contohnya: Babad Tanah Jawi, Babad Demak, Babad Giyanti, dan sebagainya.
Hikayat, ialah karya sastra yang berupa cerita atau dongeng yang dibuat sebagai sarana pelipur lara atau pembangkit semangat juang. Contoh, Hikayat Sri Rama, Hikayat Hang Tuah, Hikayat Amir Hamzah dan sebagainya.
Syair, ialah puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri atas empat baris yang berakhir dengan bunyi yang sama. Contoh: Syair Abdul Muluk, Syair Ken Tambuhan, dan Gurindam Dua Belas.
Suluk, ialah kitab-kitab yang berisi ajaran Tasawuf, sifatnya pantheistis, yaitu manusia menyatu dengan Tuhan. Tasawuf juga sering dihubungkan dengan pengertian suluk yang artinya perjalanan. Alasannya, karena para sufi sering mengembara dari satu tempat ke tempat lain. Di Indonesia, suluk oleh para ahli tasawuf dipakai dalam arti karangan prosa maupun puisi. Istilah suluk kadang-kadang dihubungkan dengan tindakan zikir dan tirakat. Suluk yang terkenal, di antaranya: Suluk Sukarsah, Suluk Wijil, Suluk Malang Semirang.
Akan tetapi kebudayaan Islam di Indonesia saat ini sangat kurang. Dengan maraknya kebudayaan Barat saat ini yang cenderung merusak moralitas umat, adalah salah satu penyebab rusaknya kebudayaan Islam. Berbagai faktor penyebab pudarnya kebudayaan Islam, menurut Faisal Ismail , adalah karena lemahnya semangat umat Islam "Barangkali yang menjadi penyebab pokok adalah umat Islam kurang menaruh respek terhadap masalah-masalah kebudayaan pada umumnya. Antusias umat Islam terhadap persoalan kultural hampir dapat dikatakan 'nol besar'. Mereka seakan-akan tidak tahu menahu, acuh tak acuh, apatis dan masa bodoh dengan situasi zamannya. Sementara gelombang kultural Barat dalam berbagai bentuknya yang merangsang semakin menyusup dan melanda kota-kota dan daerah-daerah yang mayoritas berpenduduk Islam".
Kebudayaan Islam sesungguhnya bukan tidak mampu membendung arus kebudayaan Barat tapi kebudayaan lebih pesat mempengaruhi generasi muda. Kebudayaan Islam dari dulu hingga kini sudah mempunyai peran yang cukup besar di Indonesia. Adanya pesantren yang mengajarkan keluhuran moral adalah merupakan sebagian dari contoh kebudayaan Islam yang terus bertahan. Lewat pengajaran ilmu agama di pesantren, telah mampu berfungsi sebagai benteng moralitas. Kebudayaan yang ditampilkan pesantren ini sesungguhnya tidak dapat dianggap remeh, apalagi dikatakan dengan nol besar.
Mesjid Sebagai Pusat Peradaban Islam
Menurut bahasa Arab (etimologi) masjid berasal dari kata sa-ja-da (سجد) yang artinya bersujud. Kata masjid (مَسْجِد) adalah isim makan bentukan kata yang bermakna tempat sujud. Sedangkan masjad (مَسْجَد) adalah isim zaman yang bermakna waktu sujud. Yang dimaksud dengan tempat sujud sesungguhnya adalah shalat, namun kata sujud yang digunakan untuk mewakili shalat, lantaran posisi yang paling agung dalam shalat adalah posisi bersujud.
Sedangkan menurut istilah (terminologi) adalah sebagai tempat khusus untuk melakukan aktifitas ibadah dalam arti luas. Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari: 323 , Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
أُعْطِيْتُ خَمْسًا لَمْ يُعْطَهُنَّ أَحَدٌ قَبْلِي نُصِرْتُ بِالرُّعْبِ مَسِيْرَةَ شَهْرٍ وَ جُعِلَتْ لِي اْلأَرْضُ مَسْجِدًا وَ طَهُوْرًا فَأَيُّمَا رَجُلٍ مِنْ أُمَّتِي أَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ فَلْيُصَلّ
"Aku diberi lima hal yang tidak diberikan kepada seorang pun sebelumku: aku dimenangkan dengan perasaan takut yang menimpa musuhku dengan jarak sebulan perjalanan, bumi dijadikan bagiku sebagai mesjid dan suci, siapa pun dari umatku yang menjumpai waktu shalat maka shalatlah…."
Defenisi menurut beberapa ulamaAn-NasafiAn-Nasafi menyebutkan di dalam kitab tafsirnya bahwa definisi masjid adalah :الْبُيُوتُ الْمَبْنِيَّةُ لِلصَّلاَةِ فِيهَا لِلَّهِ فَهِيَ خَالِصَةٌ لَهُ سُبْحَانَهُ وَلِعِبَادَتِهِ
Artinya : Rumah yang dibangun khusus untuk shalat dan beribadah di dalamnya kepada Allah. 
Al-Qadhi IyadhAl-Qadhi Iyadh mendefinisikan bahwa masjid adalah :كُل مَوْضِعٍ يُمْكِنُ أَنْ يُعْبَدَ اللَّهُ فِيهِ وَيُسْجَدَ لَهُ
Artinya : Semua tempat di muka bumi yang memungkinkan untuk menyembah dan bersujud kepada Allah.
Hal itu berdasarkan sabda Rasulullah SAW :جُعِلَتْ لِيَ الأَرْضُ مَسْجِدًا وَطَهُوْرًا
Artinya : Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Dan telah dijadikan seluruh permukaan bumi ini sebagai masjid dan sarana bersuci dari hadats." (HR. Bukhari dan Muslim).Dalam perjalanan sejarah Islam, masjid bukan sekadar tempat untuk menunaikan ibadah shalat terutama shalat berjamaah, namun juga berperan dalam menunjang kehidupan umat islam seperti pusat pendidikan dan musyawarah. Namun pada umumnya masyarakat hanya memahaminya sebagai tempat ibadah khusus (shalat) saja. Padahal pada saat Nabi Muhammad saw mendirikan mesjid pertama pada tanggal 12 rabiul awal tahun pertama hijriyah yakni masjid Quba di madinah, berikutnya masjid nabawi. Nabi memfungsikannya tidak hanya untuk shalat semata. Namun lebih dari itu fungsi ibadah, sosial pun menjadi perhatian Nabi. Selain itu pada zaman perang mesjid dipakai sebagai tempat menyusun rencana oleh Nabi dan para sahabat. Maka dari itu masjid seperti bukan tempat yang sakral tetapi tempat yang multifungsi. Sehingga keberadaan masjid pada masa Rasulullah menjadi tempat yang sentral untuk umat Islam.
Fungsi dan peranan mesjid dari waktu ke waktu harus terus meluas, seiring dengan laju pertumbuhan dan kepedulian terhadap peningkatan kualitas umat islam. Karena konsep tentang mesjid sejak masa awal (zaman Rasulullah) didirikan sampai sekarang tidak akan pernah berubah. Jika landasan yang digunakan adalah Al-Qur'an dan hadist, maka mesjid yang didirikan berdasarkan ketakwaan tidak akan pernah berubah dari tujuannya dan berdasarkan landasan itu kita akan mampu mengontrol kesucian mesjid dari hal-hal yang negatif. Tapi kenyataan yang ada malah sebaliknya, fungsi masjid sebagai pusat pembinaan dan pemberdayaan umat Islam telah melemah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
keterbatasan pemahaman muslim terhadap masjid,
ekomunikasi jaringan masjid,
program masjid kurang menyentuh pemberdayaan umat,
belum adanya konsep pengembangan percontohan masjid
dan lemahnya sumber daya manusia di masjid.
Selain yang diatas masyarakat islam juga dipengaruhi oleh kehidupan socialnya apalagi di era globalisasi seperti sekarang. Padahal mesjid merupakan rumah Allah SWT dan merupakan salah satu identitas dari umat islam.
Dalam sejarah perkembangan Islam, Masjid memiliki fungsi yang sangat vital dan dominan bagi kaum Muslimin, di antaranya:
Mesjid pada umumnya dipahami masyarakat sebagai tempat ibadah khusus, seperti sholat.
Sebagai "prasasti" atas berdirinya masyarakat Muslim. Jika dewasa ini bendera sebagai simbol sebuah Negara yang telah merdeka, maka kaum Muslimin pada tempo dulu jika berhasil "menaklukkan" sebuah Negara, mereka menandainya dengan membangun sebuah masjid sebagai pertanda bahwa wilayah tersebut menjadi bagian dari "Negara Islam" (Shini,T.T:158).
Tempat belajar Al-Qur'an atau pusat pendidikan.
Tempat majelis dan peradilan.
Majelis sering diistilahkan sebagai sebuah forum tempat kita membicarakan sesuatu. Terkadang majelis itu bermakna sebuah institusi atau badan, seperti istilah Majelis Ulama. Terkadang majelis itu merupakan tempat melakukan akad, seperti istilah majelis akad. Terkadang majelis itu bermakna tempat belajar atau menyampaikan ilmu, seperti istilah majelis ilmi. Semua majelis itu menjadi baik apabila dilakukan di dalam masjid, sebagaimana sabda Rasululallah SAW berikut ini :عَنْ وَاثِلَةَ ض قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ ص: شَرُّ الْمَجَالِسِ الأَسْوَاقُ وَالطُرُقُ وَخَيْرُ المَجَالِسِ المَساجِدُ فَإِنْ لَمْ تَجْلِسْ فيِ المَسْجِدِ فَالزَمْ بَيْتَكَ
Artinya : Dari Watsilah radhiyallahuanhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Sejahat-jahat majelis adalah pasar-pasar dan jalanan-jalanan. Dan sebaik-baik majelis adalah masjid-masjid. Bila kamu tidak bisa duduk di dalam masjid, maka duduklah di dalam rumahmu. (HR. Ath-Thabarani)
Masjid merupakan sumber komunikasi dan informasi antar warga masyarakat Islam.
Di zaman Nabi SAW masjid sebagai pusat peradaban.
Sebagai simbol persatuan umat Islam.
Sebagai pusat gerakan.
Di Masjid kaum tua-muda Muslim mengabdikan hidup untuk belajar ilmu-ilmu Islam, mempelajari Al-Qur'an dan Al-Hadist, kritisme, tafsir, cabang-cabang syariat, sejarah, astronomi, geografi, tata bahasa, dan sastra arab.
Dan fungsi utama mesjid adalah sebagai pusat pembinaan umat islam.

BAB III
PENUTUP
KesimpulanKebudayaan dalam islam merupakan kebudayaan yang sempurna yang bisa mengajarkan kebaikan, dan bisa membimbing umat manusia khususnya umat islam kebahagiaan didunia dan kebahagiaaan diakhiran. Tapi akhir-akhir ini mengalami kemerosotan karena globalisasi.Saran
Sebagai umat islam yang merupakan agama yang paling sempurna kita sebaiknya menjaga dan terus mengembangkan kebudayaan islam terutama kita warga negara Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan yang bernuansa islami. Selain itu, kita juga harus mempelajari sejarah yang ada, salah satunya sejarah islam agar mengetahui dan mengikuti hal-hal yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW yang akan menuntun kita kepintu syurga.

DAFTAR PUSTAKA
Asit, Aan. 2013. " sejarah kebudayaan islam Indonesia". Sejarahislam1.blogspot.co.id.Mawahib, Muhammad Zainal. "mengembalikan mesjid sebagai pusat peradaban". www.kompasiana.com/zainal_mawahib.
Salleang, Usman, dkk. 2013. Pengembangan kepribadian pendidikan agama islam. : Makassar. http://id.wikipedia.org/wiki/budaya.
--------------------. 2014. Pendidikan agama islam. Badan penerbit UNM: Makassar .Ismail, Faisal. 1996. Paradigma Kebudayaan Islam.Titian Ilahi Pers: Yogyakarta


Download Makalah Sejarah Perkembangan Kebudayaan Islam.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Makalah Sejarah Perkembangan Kebudayaan Islam. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: