December 13, 2016

Makalah Kewirausahaan - Visi & Misi Pengusaha


Judul: Makalah Kewirausahaan - Visi & Misi Pengusaha
Penulis: Sayyida Ikrima


MAKALAH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN
VISI, MISI DAN MOTIVASI SEORANG WIRAUSAHAWAN

DisusunOleh :Kelompok Presentasi 2
Sayyida Ikrima(12852)
Rika Devi Andriani(12899)
Lany Nurridha Putri(12902)
Kharisma Mulyaningtama(12947)
JURUSAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA
2014
Pendahuluan
Dalam dunia kewirausahaan, seorang pengusaha dituntut untuk selalu memiliki pencapaian agar wirausaha yang dijalaninya dikatakan berhasil. Pencapaian-pencapaian dalam dunia wirausaha tentu merupakan perwujudan dari mimpi atau tujuan yang ingin dicapai oleh si wirausahawan. Dalam perjalanan menuju perwujudan mimpi dan cita-cita tersebut, seorang wirausaha membutuhkan seperangkat gagasan berupa perencanaan yang matang mengenai langkah-langkah usahanya agar tujuan dapat tercapai dengan resiko yang telah diperhitungkan.
Seperangkat rencana tersebut biasa dikatakan sebagai visi dan misi. Visi dan misi ini haruslah di evaluasi dan diperbarui setiap periode tertentu untuk mengoptimalkan strategi usaha. Visi dan misi juga perlu dikomunikasikan kepada komponen wirausaha lain agar bisa bersinergis dan bekerjasama dalam mewujudkannya. Maka dari itu, dibutuhkan pula peran pemimpin dalam pencapaian visi dan misi ini. Selain itu, wirausahawan membutuhkan motivasi agar usahanya tidak macet di jalan. Adapun uraian mengenai visi, misi, pengembangannya, serta motivasi akan lebih lanjut dibahas di bab berikutnya.

Bab II :
Visi, Misi dan Motivasi Seorang Wirausahawan
Pengertian dan Fungsi Visi, Misi serta Pengembangannya
Pengertian dan Fungsi Visi.
Visi merupakan suatu gambaran atau uraian yang ideal dan sempurna dari sebuah tujuan atau cita-cita. Visi juga menjadi harapan di masa yang akan datang. Visi adalah pemikiran utama dalam suatu usaha, karena visi membicarakan hal-hal sebagai berikut :
Pengetahuan yang menjadi tolak ukur pertumbuhan wirausaha.
Penggambaran kondisi wirausahawan dan usaha yang dijalaninya di masa yang akan datang.
Ukuran bagi wirausahawan mengenai seberapa besar usaha yang harus dilakukannya agar tujuannya tercapai.
Uraian tentang arah pencapaian wirausaha dan ke arah mana wirausaha akan dibawa nantinya.
Visi adalah hal yang sangat penting karena menjadi dasar dalam sebuah usaha. Tanpa visi, langkah-langkah yang terbangun tidak akan maksimal karena tidak ada ukuran target pasti. Jadi, visi juga merupakan target dan berupa perencanaan jangka panjang. Dari sini bisa disimpulkan bahwa fungsi visi adalah menjadi arahan atau tolak ukur dalam perwujudan tujuan usaha dan sebagai dorongan atau gairah berwirausaha.
Jadivisiadalahsebuahtujuan, keinginan, atauangan-angan (gambaran )masadepanperusahaan yang inginandabangun, pilih, danbesarkan. Olehkarenaituvisi yang  idealharussebagaiberikut ;
Sederhana (simple), sehinggamudahdipahami, diimajinasikan, dandibayangkanagar bisa diwujudkan dengan lebih mudah.
Terjangkau(reachable), Jikavisiterukur, sederhanatetapitidakmungkinbisadiwujudkan, visitersebuttidak ideal untuk wirausaha tersebut, meskipunmungkin ideal bagi orang lain.
Ambisius, jikavisitidakmengandungunsur yang bersifatambisius, visiitujugaakankehilanganenergi dan tidak menimbulkan gairah berwirausaha.
Bersifatstrategis (strategic), visi yang tidakbersifatstrategistidakakanberdampakbesarpadausahayang dijalani.
Sifatstrategis yang dimaksudadalah ;Bisamenjaditujuanuntukbersaing.
Ada unsurpembedadengan yang lain.
Bisamenjadi motivasi.
Unikdanberbedadengan yang lain.
Ada kejelasanhubungankejadiansaatinidengankejadianmasadatang.
Perspektifkondisisaatinikemasadatang.
Komunikatif,jikavisitidakdapat di komunikasikanatauterlalurumit, maka akan sangat sulit dalam pencapaiannya karena tidak banyak orang mengerti visi tersebut.
sebuahvisiperludirumuskan. Hal inibertujuanuntuk :Mencerminkancita-cita yang akandicapai.
Memilikiorientasimasadepanperusahaan.
Menimbulkankomitmentinggidariseluruhjajarandanlingkunganperusahaan.
Memberikanarahdanfokus strategiperusahaan yang jelas.
Menjagakesinambungankepemimpinanperusahaan.
Pengertian dan Fungsi Misi.
Apabila visi merupakan target jangka panjang, maka misi merupakan target jangka pendek yang membicarakan masalah teknis konkrit untuk mendorong agar visi bisa terwujud. Misi berisi langkah-langkah yang harus diambil agar visi dapat terealisasi. Jadimisiadalahusaha, pemikirandanlangkah-langkah formal untukmewujudkansebuahvisi.Artinyatindakanuntukmemperjelasapa yang dikehendakiolehwirausahawan danmenjadipeganganuntukmenjalankanusahasekarangdan yang akandatanghinggavisiituterwujud.
Unsur-unsurpokoksebuahmisiadalahsebagaiberikut:
sistem atau tata cara alur kerja.
Segmenpasardanpelanggan.
Pernyataantentangprodukataujasa yang digeluti beserta strateginya.
Target-target jangka pendek yang menciptakan terwujudnya visi.
Keyakinan yang kuat, asumsi-asumsidanbudayakerjadenganorientasimutu.
Konsep yang diusung misi untuk mempermudah pelaksanaanya adalah sebagai berikut :
Spesifik, misi harus sprsifik dan konkrit agar lebih mudah dalam memfokuskan usaha-usaha.
Measurable(terukur),misi harus berupa sesuatu yang terukur dan logis untuk bisa diwujudkan. Misi tidak berisi sesuatu yang terlalu tinggi untuk diwujudkan secara nyata.
Achievable (bias dicapai), misitentusajaharusberupasesuatu yang konkritdan bias dicapai.
Reasonable (beralasan), misi haruslah sesuatu yang masuk akal dan memiliki alasan kuat untuk segera diwujudkan.
Time Based, misi harus memiliki batasan waktu agar bisa tepat pewujudannya.
Pengembangan Visi dan Misi.
Visi harus selalu direvisi dan diperbarui jika usaha ingin selalu maju. Visi merupakan tujuan yang nantinya pasti akan terealisasi. Dalam waktu tertentu perlu dilakukan evaluasi dan revisi pada visi agar tetap terjaga kerelevanannya dan tetap bisa dijadikan pedoman kedepannya. Pada kondisi tertentu visi yang semula sudah ideal bisa berubah jadi tidak ideal lagi karena faktor kondisi. Maka dari itu dibutuhkan evaluasi dan revisi rutin pada visi yang tidak lain adalah perencanaan jangka panjang. Revisi dilakukan dengan mengganti visi lama yang kurang relevan dengan visi baru yang telah dikondisikan dan lebih ideal.
Misi memiliki batasan waktu dan merupakan target jangka pendek, karena itulah misi selalu berkembang seiring dengan waktu. Namun di satu sisi misi merupakan wujud konkrit dari visi, maka dari itu misi selalu berkembang juga menyesuaikan perkembangan visi.
Terdapat beberapa langkah dalam penentuan visi dan misi, diantaranya adalah seorang wirausahawan harus memiliki sikap kepemimpinan sebagai berikut :
Mengambilkeputusanmengelolarisiko.
Memutuskanuntukmenjadiwirausahawanmandiri.
Menumbuhkansifatpantangmenyerah.
Mengelolakonfliknegatif menjadikonflik yang bersifatpositif.
Mengetahuivisi, misisertamerencanakanstrategi yang akan di rumuskan.
Olehkarena itu, seorangwirausahaharusmampumenyusunsebuahvisidanmisi.Langkah-langkahnyaadalahsebagaiberikut :Melakukianriset, baikindustrimaupunpasar, lokasidanorganisasiitusendiritermasukkaryawan, manajer, danrekanbisnis.
Melakukanwawancaramengenaikebutuhan yang adatetapibelumterpenuhi, mengetahuikeinginandanharapandaripasaruntukmenentukansebuhstrategi.
Mengumpulkan data pasar.
Merumuskansusunan data denganmencari trend danunsurperbedaannya.
Merumuskanvisidanmisisesuaikemampuandansumberdaya yang dimiliki.
Mengokomunikasikankeanggotaorganisasimelalui seminar, workshop, presentasi, ataurapat.
Melakukanperbaikanvisidanmisiberdasarkan saran dankritikdarianggotasehinggamerekamerasamemiliki  danmenyusunvisidanmisi. Hal inipentingkarena rasa memilikiperlu di bangundaribawah.
Perhatikanaspekananlisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats)
Setelahwirausahawanmenetapakanvisidanmisinya, diharapakandiamampumengambilkeputusanbesertarisikonyadanjugamempunyaiwawasandalammengelolakonfliksertamengetahuidanmampumengasahjiwakepemimpinannya
Mengkomunikasikan Visi dan Misi Kewirausahaan
Komunikasi dalam perwujudan visi dan misi wirausaha sangat diperlukan sebagai salah satu upaya perwujudan visi dan misi. Komunikasi dilakukan kepada pihak lain antara lain pihak internal (karyawan/staf, atasan/bos, rekan sesama dan komponen internal pendukung perusahaan lain), pihak eksternal (client, investor, perusahaan pendukung, penyedia stok bahan/stok hulu, distributor, pesaing, pemerintah, masyarakat, dll).
Komunikasi kepada Pihak Internal
Komunikasi dengan pihak internal bertujuan untuk menyampaikan visi misi agar dipahami oleh seluruh komponen perusahaan atau organisasi agar dapat berjalan bersama untuk mewujudkanvisidanmisitersebut.
Komunikasidenganpihak internal dapatdilakukandalambentukberbagaibentuk, beberapacontohnyaseperti :rapat intern, yaiturapatkhususmembahaskepentingan internal dandilakukanolehkomponendalamorganisasi.
Coaching ataupelatihan, yaitukegiatanuntukmeng-upgradeketerampilandanwawasananggotaorganisasi.
Diskusiataungobrol, bagiankomunikasi informal yang lebihmengutamakankedekatanemosional.
Komunikasi kepada Pihak Eksternal
Komunikasidenganpihakeksternalbertujuanuntukmenyampaikanvisimisikepadapihakluarorganisasisebagaiupayapenguatanposisitawarorganisasi, publikasiprodukdanpublikasinilai plus organisasi, sertabisasebagaiupayauntukmembangunjaringandandukungan (semacampromosi).
Komunikasidenganpihakeksternalorganisasidapatdilakukandalamberbagaibentuk, beberapacontohnyaseperti :Publikasimelalui media, sepertiiklan, pamflet, voucher, dll.
Pertemuanbisnis, yaitupertemuanantarabeberapapihakmembahasmengenaikerjasambisnis.
Seminar, yaitupengumpulanmassauntukmembicarakansuatutopik yang samadenganmengundangnarasumber.
Peran Pemimpin dalam Mewujudkan Visi dan Misi Usaha
Kepemimpinanmempunyaiperananpentingdalammerumuskanvisidanmisiperusahaan, organisasi, kelompok,maupunpribadi.Seorangpemimpinmerumuskanvisi, misi, strategi, dannilaiperusahaanataubisnis.Sedangkanmanajemen yang dipimpinolehmanajeradalahindividu, departemen, kelompok, atauorganisasi, yang membuatperencanaan, program, taktik, kendali, dananggaranuntukmewujudkanvisi, misi, strategi, dannilaiperusahaan yang telah ditetapkanolehpimpinan.
Pada dasarnya, fungsi pemimpin selain sebagai kemudi yang menentukan arah dan laju strategi, juga sebagai kendali yang menjaga agar gerak organisasinya masih berada dikoridor dari visi dan misi yang telah ditentukan. Selain fungsi perumusan, penjagaan dan kendali visi misi, pemimpin juga berperan untuk memotivasi dan memberikan contoh pada sumber daya yang dipimpinnya.
Pentingnya Motivasi
Motivasimerupakandorongantertentu yang membuatseseoangterpacuuntukmelakukansesuatu.Motivasibisaberasaldaridalamdiriindividu.Namunadajugamotivasi yang berasaldariluardiriindividu, biasanyamotivasi yang berasaldariluarsifatnyamenginspirasi.Motivasiinidapatmenyebabkanindividuberperilakudengancara yang menjamintercapainyatujuan. Motivasisangatdibutuhkandalamduniawirausaha, karenamenjadifaktor yang sangatmempengaruhikelangsunganwirausaha.Motivasidapatmenjagasemangatseseorangdanmembuat orang tersebutmemilikisikappantangmenyerah, sertaselalumaudanmampumenghadapitantangan yang menimpanya.
Dalamwirausaha, contohmotivasi yang munculbeberapadiantaranyaadalah :Kebutuhanuntukmencapaisesuatu yang lebihbaik.
KebutuhanakanketidaktergantunganataukebebasanKebutuhanakanpembaruan.
Mencapaitingkatpendapatanlebihbaik.
Kemampuanmensejahterakankeluarga.Bab III
Penutup
Dalam dunia kewirausahaan, seorang wirausahawan harus memiliki visi yang berupa perencanaan jangka panjang untuk menentukan target atau pencapaian yang harus diperoleh wirausahanya di masa yang akan datang. Dalam pewujudan visi, diperlukan pula misi sebagai bentuk konkrit langkah-langkah pewujudan visi atau perencanaan jangka pendek. Menentukan visi dan misi haruslah mempertimbangkan banyak hal, diantaranya adalah harus melihat kemampuan yang dimiliki serta harus membuatnya agar terealisasi dengan baik. Visi dan misi perlu dikomunikasikan dengan semua pihak, baik internal maupun eksternal dengan tujuan untuk membantu mempermudah pencapaian dari visi dan misi tersebut. Dalam perjalanan pewujudan visi dan misi, motivasi sangat diperlukan sebagai pemicu atau pendorong supaya wirausahawan dan karyawan atau organisasinya bisa terus berjalan dan semangat.

Daftar Pustaka
Anonim, 2010. http://hafidibnu.worpress.com/. Diakses pada 15 Maret 2014.
Anonim, 2013. http://yanerbikersyvcimetro.blogspot.com/. Diakses pada 15 Maret 2014.


Download Makalah Kewirausahaan - Visi & Misi Pengusaha.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Makalah Kewirausahaan - Visi & Misi Pengusaha. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon