December 13, 2016

Makalah Kewirausahaan Tugas Lapangan 1 Bayu Adhytia Wicaksono 1113210051


Judul: Makalah Kewirausahaan Tugas Lapangan 1 Bayu Adhytia Wicaksono 1113210051
Penulis: B. Wicaksono


Makalah Kewirausahaan
Tugas Lapangan 1

Bayu Adhytia Wicaksono
1113210051
Nama Pedagang: Bang Acip, Pedagang Siomay
Saya:  assalamualaikum bang Acip
Bang Acip: waalaikumsalam wrb.
Saya: langsung ya bang Acip saya wawancara,dari mana asal bang iwan?
Bang Acip : saya berasal dari karawang mas
Saya: kenapa bang iwan berjualan siomay di jakarta bukan di karawang?
Bang Acip : iyaa saya berjualan siomay di jakarta karna terlalu banyak pesaing dan pendapatan juga masih kurang,kalo di jakarta walaupun persaingan juga banyak tapi pendapatan sangat besar itu makanya saya lebih memilih berdagang di jakarta mas
Saya : ohh jadi begitu,terus bang Acip di jakarta tinggal dengan  siapaa?
bang Acip : saya di jakarta tinggal dengan temen temen saya sesama pedagang juga tapi bukan dagang siomay.
Saya: ohh begitu,lalu ada kendala ga selama bang iwan berjualan di jakarta?
Bang Acip: adaa mas pastinya,kadang saya sering di usir oleh petugas saat mangkal di pinggir jalan
Saya: lalu peghasilan sehari berapa bang Acip?
Bang Acip : yaaaaaa rata rata 100rb sampe 150rb mas
Saya: ohh lumayan juga yaa,ngomong ngomong umur bang Acip berapa?Sudah berapa lama bang Acip bejualan siomay??
Bang Acip : umur saya 24,saya berjualan siomay udah 3 tahun,1 tahun saya berjualan di karawang  2 tahun saya berjualan di jakarta
Saya: bang sudah menikah?
Bang Acip: belum mas
Saya :  lalu berapa modal pertama yang bang iwan keluarkan?
Bang Acip: modal pertama saya hanya 300 rb tapi alhamdulillah sekarang udah balik modal mas
Saya : ohh begitu,pernah mau ganti profesi ga bang?
Bang Acip : untuk sekarang in kayanya belum mas,tapi tidak tahu kedapannya bagaimana semoga aja saya bisa buka warung siomay di jakarta ini.
Saya: okee deh klo gtu semoga sukses daeh bang iwan,makasih yaa untukwaktunya mau di wawancara dengan saya semoga menjadi bermanfaatbuat semua.
Bang Acip : iyaa sama sama mas,amin terima kasih doanya.
Nama Pedagang: Bang Dio, Pengusaha warnet
Saya    :  Selamat Malam Pak.Bang Dio   :  Ya.. Malam, jgn Panggil saya pak, panggil saja DioSaya    :  Oh Dio, boleh saya mewawancarai anda sebentar?
Bang Dio      :  Iya boleh, ada apa ?
Saya    :  Perkenalkan nama saya Bayu Adhytia, Saya ada tugas untuk mewawancarai anda, bolehkah ?
Bang Dio      :  Ya boleh aja. Tapi anda mau mewawancarai saya tentang apa ya?Saya    :  tentang usaha bang Dio ini, nama lengkap Mas siapa ya?
Pengusaha   :  Nama lengkap saya Dio Nugoho, Biasa dipanggil Dio.Saya    :  Sudah berapa lama Mas Dio membuka usaha Warnet Sampai suksesseperti ini?
Bang Dio      :  Lumayan lama sih, dari awal tahun 2008-an.Saya    : oh, berarti udah 6 tahunan ya mas?
Bang Dio      :  ya, sekitar segitu sih, tapi saya sampai bisa dibilang sukses begini jugaga segampang yg mungkin anda pikirkan, ada aja masalah pada awalawal saya buka usaha warnet ini.
Saya    :  Boleh saya tau masalah apa saja yang mas alami di usaha mas ini?
Bang Dio       : Ya banyak, salah satunya dulu pada awal-awal saya buka warnet,warnet saya kurang di minati sama pelanggan, ya mungkin karena padatahun 2008 internet masih kurang di minati, tidak seperti tahun 2014internet sudah sangat penting untuk semua umur.Saya    : oh begitu, terus kenapa mas yakin kalau usaha ini akan menguntungkandi masa depan, sampai mas mau bertahan dengan usaha ini?
 Bang Dio      :  ya saya yakin aja kalau internet lama kelamaan akan sangat di perlukandi masa modern seperti ini, makanya saya mau bertahan pada tahun 2008sampai sekarang walaupun dikala itu saya selalu nombok terus sampaisekitar tahun 2009an awal.Saya    :  terus sekarang mas udah buka berapa cabang mas?
Bang Dio     :  Alhamdulillah saya sudah buka 3 cabang, tapi baru tersebar di tangerang selatan doang.
Saya    :  kalau boleh tau  3 cabang itu ada di mana saja ya mas?
Bang Dio      :  ada yang di ciputat, ada yang di daerah pamulang, ada yang di daerah sawangan.
Saya    :  Oiya sampai lupa, nama warnet mas apa ya mas?
Bang Dio      :  Nama warnet saya The Patch.Saya    :  Boleh saya tau Kenapa di beri nama The Patch, Kenapa ga DIO.NETatau yang lainnya?
Bang Dio      :  ya saya kasih nama The Patch, Menurut saya kata "The Patch" ituartinya selalu update untuk browsing atau game online, saya perbaharuiterus agar pelanggan tidak kecewa terlalu lama menunggu dan juga untukmendapatkan pelanggan tetap dengan harga yang murah perjamnya.Saya    :  oh berarti agak susah juga ya buka usaha warnet ini supaya punyapengunjung yang tetep kaya mas?
Bang Dio      :  Ya gampang-gampang susah sih.Saya    :  Oh, begitu ya mas, yasudah kalau begitu terima kasih ya mas sudahmau saya wawancarai, maaf ya mas kalau saya ganggu
Bang Dio   :  Iya sama-sama. Santai aja dek saya punya waktu banyak kok.Saya    :  ok, kalau begitu saya pamit pulang dulu ya mas. Selamat malam Mas.Bang Dio     :  Iya malam juga.
Nama Pedagang: Bang Dadang, Penjual Bubur Ayam
Saya : Selamat Malam mas..?
Bang Dadang: Ya Malam dek ada apa..?
Saya : saya cuma mau tanya – tanya tentang usaha bubur inimas.
Bang Dadang: Ohhh boleh saja dek, adek mau nannya apa saja..?
Saya : Sebenarnya saya ini mendapatkan tugas kuliah untuk mewawancarai,dan saya tertarik untuk mewawancarai warung bubur milik Bang Dadangini yang sudah cukup maju.
Bang Dadang: Ohhh boleh saja dek.
Saya : Oke mas, sebelum saya bertanya, saya boleh tau nama lengkap mas..?
Bang Dadang: oohh, Nama lengkap saya adalah Dadang Suherman dan orang – orangbiasa manggil saya Dadang.
Saya : Kira – kira Bang Dadang sudah berapa lama berjualan bubur ayamseperti ini..?
Bang Dadang: Wah prosesnya panjang dek mulai dari nol hinga sampai sekarang ini,ya kira – kira sudah 6 tahun saya berjualan bubur seperti ini.
Saya : wah sudah cukup lumayan lama juga ya Bang Dadang berjualan bubur seperti ini.
Bang Dadang: Ya sudah lumayan lama juga dek.
Saya : Apa pada saat awal berjualan mas dani sudah memiliki tempat sepertisekarang ini, dan memiliki pelanggan yang banyak seperti saat ini ?
Bang Dadang: Ohhh tidak dek, pada awalnya saya bukan berjualan bubur ayam sepertisaat ini dulu saya sudah mencoba beberapa macam jualan jenis makananseperti lontong sayur, nasi uduk, akan tetapi kurang berhasil untukmenjual makanan tersebut. Dan pada akhirnya saya mencoba menjualbubur ayam dan resep pembuatan bubur ayam tersebut sudah turunmenurun dari kakek saya. Pada awalnya saya hanya menjajakan buburayam keliling kampung dengan menggunakan gerobak yang sederhanayang diberikan oleh bapak saya, dan para warga kampung sudah mulaimenyukai jualan bubur ayam saya.
Saya : Hanya itu saja mas.?
Bang Dadang: ohhh tidak itu saja dek, Setelah saya rasa warga kampung sayamenyukai bubur ayam buatan saya, saya berfikir untuk mengembangkanusaha saya ini dan ingin berjualan di Jakarta, Dengan nekad dan Sedikituang hasil tabungan saya bertahun – tahun, saya berusaha untukmembuka ruko sendiri berjualan bubur ayam. pada awalnya usaha sayaini masih keliling menggunakan gerobak dan masih sedikit pula yangmembeli bubur ayam saya. Dan kira – kira sekitar dua tahun saya berjualan di kampong sinibarulah usaha saya mulai mendapatkan hasil yang sudah cukupmembanggakan dan hingga saat ini saya sudah memiliki Ruko ataurumah toko untuk tempat berjualan bubur ayam dan tempat untuk tinggalsaya dan keluarga saya.
Saya : Wahhh perjalan yang cukup panjang yah mas, kalau boleh tau apasihrahasianya bubur ayam cirebon Bang Dadang ini hingga orang – orangketagihan untuk mencoba bubur ayam ini..??
Bang Dadang: Bubur ayam saya ini tidak menggunakan terlalu banyak air pada saatmemasakknya dik, jadi tidak terlalu encer pada saat disajikan, dan sayamemiliki bumbu rahasia turun – menurun dari keluarga saya dek.
Saya : Wahhhhh rahasia perusahaan nih yahhhh…??heheheheh Oke deh masterimakasih atas waktunya untuk di wawancarai dan menceritakannyakepada saya.
Bang Dadang: Ohhhh tidak apa – apa dek, saya malah senang ada yang inginmengetahui perjalanan usaha saya, Jangan sungkan – sungkan mampirkemari dek buat makan bubur ayam cirebon saya..hahaha
Saya : Oke mas sippp, Saya akan sering – sering kesini.


Download Makalah Kewirausahaan Tugas Lapangan 1 Bayu Adhytia Wicaksono 1113210051.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Makalah Kewirausahaan Tugas Lapangan 1 Bayu Adhytia Wicaksono 1113210051. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon