December 13, 2016

Makalah Individu Ilmu Pendidikan tentang Pengertian , Fungsi ,Dan Jenis Lingkungan Pendidikan


Judul: Makalah Individu Ilmu Pendidikan tentang Pengertian , Fungsi ,Dan Jenis Lingkungan Pendidikan
Penulis: Laila Mutiara


MAKALAH INDIVIDU
Pengertian , Fungsi ,Dan Jenis Lingkungan Pendidikan
Disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Ilmu Pendidikan
Dosen Pengampu: Drs. Imam Suyanto, M.Pd.

Disusun oleh:
Nama: Laila Mutiara
NIM: (K7113123)
Kelompok: 5
Kelas: IA
PROGRAM S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2013
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukkan pribadi manusia. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia menurut ukuran normatif. Disisi lain proses perkembangan dan pendidikan manusia tidak hanya terjadi dan dipengaruhi oleh proses pendidikan yang ada dalam sistem pendidikan formal (sekolah) saja. Manusia selama hidupnya selalu akan mendapat pengaruh dari keluarga, sekolah, dan masyarakat luas. Ketiga lingkungan itu sering disebut sebagai tripusat pendidikan.
Dengan kata lain proses perkembangan pendidikan manusia untuk mancapai hasil yang maksimal tidak hanya tergantung tentang bagaimana sistem pendidikan formal dijalankan. Namun juga tergantung pada lingkungan pendidikan yang berada di luar lingkungan formal.
B. Rumusan Masalah
Apa Pengertian Lingkungan Pendidikan?
Apa Jenis-jenis Lingkungan Pendidikan?
Apa Fungsi Lingkungan pendidikan?
Bagaimana Pengaruh Timbal Balik antara Tripusat pendidikan Terhadap Perkembangan Peserta Didik?
C. Tujuan
Mengetahui Pengertian Lingkungan Pendidikan
Mengetahui jenis-jenis lingkungan pendidikan
Mengetahui fungsi lingkungan pendidikan
Mengetahui pengaruh timbal balik antara tripusat pendidikan dengan perkembangan peserta didik.
BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian dan Fungsi Lingkungan Pendidikan
Pendidikan adalah pengalaman yang terjadi karena interaksi manusia dengan lingkungannya , baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial manusia secara efisien dan efektif. Dan tempat berlangsungnya pendidikan itu disebut lingkungan pendidikan.
Secara umum fungsi lingkungan pendidikan adalah membantu peserta didik dalam berinteraksi dengan berbagai lingkungan disekitarnya, utamanya berbagai sumber daya pendidikan yang tersedia , agar dapat dicapai tujuan pendidikan yang optimal.
Pelaksanaan pendidikan dilakukan melalui tiga kegiatan yakni:
1. membimbing,berkaitan dengan pemantapan jati diri.
2. mengajar, berkaitan dengan penguasaan ilmu pengetahuan.
3. melatihberkaitan dengan keterampilan dan kemahiran.
Tri pusat pendidikan
Dilihat dari segi anak didik, tampak bahwa anak didik secara tetap hidup di dalam lingkungan masyarakat tertentu tempat ia mengalami pendidikan. Menurut Ki Hajar Dewantara lingkungan tersebut meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah an lingkungan masyarakat, yang disebut tripusat pendidikan.
Keluarga
Keluarga merupakan pengelompokan primer yang terdiri dari sejumlah kecil orang karena berhubungan sedarah. Dalam undang –undang di tegaskan bahwa pendidikan keluarga itu merupakan salah satu upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pengalaman seumur hidup.
Menurut ki hajar dewantara, suasana kehidupan keluarga merupakan tempat sebaik-baiknya untuk melakukan pendidikan individual maupun pendidikan sosial.
Sekolah
Sekolah merupakan sarana yang secara sengaja dirancang untuk melaksanakan pendidikan. Semakin maju suatu masyarakat semakin penting peran sekolah. Oleh karena itu, sekolah sebaiknya menjadi pusat pendidikan untuk menyiapkan manusia Indonesia sebagai individu, warga Negara , dan warga dunia di masa depan. Salah satu alternatife yang mungkin dilakukan sekolah antara lain:
Pengajaran yang mendidik.
Peningkatan dan pemantapan pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan di sekolah.
Pengembangan perpustakaan sekolah menjadi suatu pusat sumber belajar (PSB).
Masyarakat
Pendidikan yang dialami dalam masyarakat ini, telah mulai ketika anak-anak untuk beberapa waktu setelah lepas dari asuhan keluarga dan berada di luar dari pendidikan sekolah. Dengan demikian, berarti pengaruh pendidikan tersebut tampaknya lebih luas. Kaitan antara masyarakat dan pendidikan dapat ditinjau dari tiga segi, yakni:
Masyarakat sebagai penyelenggara pendidikan.
Lembaga-lembaga kemasyarakatan dan kelompok sosial masyarakat.
Dalam masyarakat tersedia berbagai sumber belajar baik yang di rancang maupun yang dimanfaatkan.
Pengaruh Timbal Balik antara Tripusat Pendidikan Terhadap Perkembangan Peserta Didik.
Perkembangan peserta didik, seperti juga tumbuh-kembang anak pada umumnya, dipengaruhi oleh berbagai faktor yakni hereditas, lingkungan, proses perkembangan, dan anugerah. Khusus untuk faktor lingkungan, peranan tripusat pendidikan itulah yang paling menentukan, baik secara sendiri-sendiri ataupun secara bersama-sama.
Setiap pusat pendidikan dapat berpeluang memberikan kontribusi yang besar dalam ketiga kegiatan pendidikan, yakni:
pembimbingan dalam upaya pemantapan pribadi yang berbudaya 
pengajaran dalam upaya penguasaan pengetahuan 
pelatihan dalam upaya pemahiran keterampilan.
Kontribusi itu akan berada bukan hanya antar individu, tetapi juga faktor pusat pendidikan itu sendiri yang bervariasi di seluruh wilayah Nusantara. Namun kecenderungan umum, utamanya pada masyarakat modern, kontribusi keluarga pada aspek penguasaan pengetahuan dan pemahiran keterampilan makin mengecil dibandingkan dengan kontribusi sekolah dan masyarakat.

Gambar 1. Saling Pengaruh antara tripusat pendidikan dengan Perkembangan Peserta Didik
Setiap pusat pendidikan perlu ditingkatkan kontribusinya terhadap perkembangan peserta didik, keserasian antara kotribusi itu, serta kejasama yang erat dan harmonis antar tripusat tersebut. Dengan kontribusi pusat pendidikan yang saling memperkuat dan melengkapi itu akan member perluang mewujudkan sumber manusia terdidik yang bermutu.
Dalam petunjuk muatan lokal kuriklum SD dikemukakan beberapa tujuan yang lebih rincidari muatan local tersebutyang dapat di kategorikan dalam dua kelompok, sebagai berikut:
tujuan yang segera dapat dicapai:
bahan pengajaran lebih mudah diserap oleh murid.
Sumber belajar di daerah dapat lebih dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan.
Murid dapat menerapkan pengetahuan untuk memecahkan masalah.
Murid lehih mengenal kondisi alam , dan lingkungan sosial di daerahnya.
Tujuan yang memerlukan waktu relatife lama untuk mencapainnya:
Murid dapat meningkatkan pengetahuan mengenai daerahnya.
Murid diharapkan dapat menolong orang tuanya dan diri sendiri dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
Murid menjadi akrab dengan lingkungannya dan terhindar dari keterasingan terhadap lingkungannya sendiri.
Muatan lokal kurikulum SD tersebut dapat diperluas dengan memperhatikan:
GBPP yang berlaku.
Sumber daya yang tersedia.
Kekhasan lingkungan dan kebutuhan daerah.
Mobilitas murid.
Perkembangan dan kemampuan murid.
PENUTUP
 
A.    Kesimpulan
Proses mencapai tujuan pendidikan untuk menghasilkan manusia yang unggul baik secara pribadi maupun penguasaan ilmu pengetahuan tidak hanya tergantung tentang bagaiamana sistem pendidikan dijalankan oleh lingkungan pendidikan formal. Namun juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga serta lingkungan masyarakat. Antara lingkungan pendidikan yang satu dan lingkungan yang lain yang disebut sebgaia tripusat. Pendidikan tidak dapat berdiri sendiri, namun ada hubungan saling mempengaruhi diantara lingkungan pendidikan.
B. Saran
Melihat kenyataan bahwa untuk mencapai tujuan pendidikan yang maksimal diperlukan sebuah hubungan timbal balik yang yang erat maka diperlukan sebuah koordinasi antar lingkungan pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
Tirtarahardja, Umar dan S.L. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Munib Achmad, dkk. 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang. UPT MKK UNNES


Download Makalah Individu Ilmu Pendidikan tentang Pengertian , Fungsi ,Dan Jenis Lingkungan Pendidikan.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Makalah Individu Ilmu Pendidikan tentang Pengertian , Fungsi ,Dan Jenis Lingkungan Pendidikan. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon