Desember 17, 2016

MAKALAH HG 3 Komunikasi Kesehatan

Judul: MAKALAH HG 3 Komunikasi Kesehatan
Penulis: Rakhma Aziza


KOMUNIKASI
MAKALAH
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Kesehatan semester gasal
tahun akademik 2013/2014

1801255141777
Oleh :
1.Aisy Mutiara Rachmawati (1306375701)
2.Arini Idza Safarina (1306375600)
3.Elizabeth Budiani (1306374674)
4.Rakhma Nur Aziza (1306374636)
5.Rizqi Nanda Pribawa (1306376244)
KOMUNIKASI KESEHATAN 1
HOME GROUP 3
RUMPUN ILMU KESEHATAN
2013
BAB I
PENDAHULUAN
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat lepas dari manusia lainnya. Manusia senantiasa memiliki naluri yang kuat untuk hidup bersama. Oleh karena itu manusia akan saling berhubungan satu sama lain, mulai dari manusia dengan manusia lainnya, manusia dengan kelompok maupun kelompok dengan kelompok. Dengan adanya hubungan antar sesama, maka akan terjalin komunikasi. Pada dasarnya, manusia memiliki dua hasrat yang tertanam dalam dirinya yaitu keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya dan keinginan untuk menjadi satu dengan lingkungan alam sekitarnya. Maka dari itu, untuk menyesuaikan diri dengan keinginan tersebut, manusia menggunakan akal, perasaan dan keinginannya untuk menyesuaikan diri. Ada tiga fungsi dasar yang menjadi penyebab, mengapa manusia perlu berkomunikasi. Pertama, adalah hasrat manusia untuk mengontrol lingkungannya. Melalui komunikasi manusia dapat mengambil pembelajaran yang terjadi di lingkungannya. Manusia juga dapat mengambil manfaat dari lingkungan dan menghindari kerusakan pada lingkungan.
Dengan hal ini, manusia dapat mengembangkan pengetahuan yang ada di alam sekitarnya menjadi suatu pembelajaran maupun pengetahuan yang baru. Kedua, adalah upaya manusia untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Manusia perlu beradaptasi untuk dapat terus hidup begitu juga di dalam masyarakat. Demi terciptanya kehidupan harmonis, maka beradaptasi di lingkungan sekitarnya sangat diperlukan demi menunjang kestabilitasan antar sesama. Ketiga, adalah upaya untuk melakukan transformasi warisan sosialisasi. Manusia senantiasa beradaptasi untuk mempertahankan hidupnya, maka anggota masyarakatnya dituntut untuk melakukan pertukaran nilai, perilaku, dan peranan. Orang tua pasti akan mengajarka peraturan yang berlaku di dalam masyarakat kepada anak-anaknya. Sekolah yang memiliki fungsi mendidik siswa nya. Media massa sebagai wadah aspirasi rakyat serta pemerintah yang harus selalu memikirkan rakyatnya. Ketiga fungsi ini memiliki pengaruh penting dalam menciptakan keseimbangan dalam masyarakat yang mengatur tata ktama yang berlaku di dalam masyarakat.


BAB II
ISI
A.Konsep Dasar dan Prinsip Komunikasi
Pengertian
Komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu communis yang berarti kebersamaan dan communico yang berarti membagi1. Secara garis besar, komunikasi adalah penyampaian gagasan, ide, atau pikiran dari seseorang ke orang lain sehingga pesan tersebut dapat dipahami oleh orang lain2.
Jenis komunikasi
Komunikasi menurut bentuknya terbagi dua yaitu komunikasi verbal dan non-verbal. Verbal berarti menggunakan kata-kata atau tulisan sedangkan non-verbal tidak menggunakan kata-kata dan tulisan tetapi biasanya menggunakan isyarat gerakan tubuh dan wajah. Selain menurut bentuknya komunikasi juga dibagi menurut tingkat formalitasnya, ada komunikasi formal dan non-formal. Komunikasi formal atau resmi menggunakan bahasa yang baku. Komunikasi non-formal berarti tidak resmi. Komunikasi ini menggunakan bahasa yang bebas seperti komunikasi antar sesama teman2.
Fungsi komunikasi
Fungsi komunikasi adalah untuk menyampaikan pesan atau informasi ke orang lain sehingga orang lain memahami informasi tersebut. Hal ini bertujuan agar penerima informasi memiliki pemahaman atau persepsi sesuai kehendak pemberi informasi3.
Prinsip Komunikasi
Prinsip komunikasi ada lima yaitu respect, empati, dapat dimengerti, kejelasan, dan rendah hati. Respect berarti menghargai orang lain. Menghargai orang lain sangat penting karena tanpa menghargai orang lain tidak akan timbul kepercayaan. Prinsip empati maksudnya seseorang dapat menempatkan dirinya pada kondisi orang lain. Sebagai seorang tenaga kesehatan kita harus bisa berempati dengan pasien kita. Selain berempati, pesan yang disampaikan haruslah jelas dan dapat dimengerti agar pesan yang diterima merupakan suatu kesatuan yang utuh. Prinsip selanjutnya adalah rendah hati. Rendah hati membawa seseorang untuk dapat menghargai pendapat orang lain. Rendah hati penting agar seseorang tidak egois4.
Proses Komunikasi
Gangguan
Pesan
Umpan balik
Sumber/
enkoder
Penerima/
dekoder
Sumber/
enkoder
Penerima/
dekoder
Umpan balik
Pesan
Saluran/ media
Saluran/ media
Dalam prosesnya, komunikasi melibatkan empat komponen sesuai dengan teori Borle atau biasa disebut dengan teori SMRC. Empat komponen tersebut adalah sumber pesan(source), pesan tersebut (message), saluran atau media(channel), dan penerima pesan(receiver). Berikut adalah skema proses komunikasi3.
Komunikasi berawal dari sumber yang mengirimkan pesan ke penerima. Proses ini dinamakan encoding. Penyampaian pesan ini melalui saluran atau media tertentu. Dalam penyampaian ini ada gangguan baik dari sumber dan penerima pesan ataupun juga dari media penyampaian pesan. Gangguan juga dapat berasal dari pesan itu sendiri. Setelah menerima gangguan, penerima menerima pesan yang disampaikan oleh sumber, proses ini disebut dekoding. Setelah proses penerimaan pesan, komunikasi yang baik seharusnya terdapat proses umpan balik4.
B.Faktor-faktor yang Berperan dalam Komunikasi
Faktor yang ada dalam komunikasi sesungguhnya dibedakan menjadi dua, yaitu faktor-faktor yang berperan dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Faktor yang berperan itu adalah faktor yang terlibat dan terlihat dalam komunikasi, sedangkan faktor yang mempengaruhi adalah faktor yang berpengaruh dalam keberhasilan suatu komunikasi.
Faktor yang berperan dalam komunikasi merupakan faktor yang harus ada dalam sebuah komunikasi. Faktor-faktor ini juga sering disebut sebagai unsur-unsur di dalam komunikasi. Wilbur Scramm (1965), seorang ahli dari Amerika menyebutkan bahwa komunikasi membutuhkan sedikitnya tiga unsur, yaitu sumber (source), berita atau pesan (message), dan sasaran (destination)5. Pendapat lain mengatakan bahwa komunikasi membutuhkan empat unsur, yaitu sumber, media, pesan, dan sasaran.Terdapat pula pendapat lain yang menyebutkan bahwa terdapat minimal enam unsur yang harus dipenuhi demi lancarnya komunikasi, yaitu sumber, pesan, media, sasaran, umpan balik, dan akibat. Pendapat-pendapat tersebut pada dasarnya tidak perlu diperdebatkan karena justru saling melengkapi satu sama lain.
Berikut adalah penjelasan dari masing-masing faktor yang berperan dalam proses komunikasi5:
Sumber atau pengirim pesan (komunikator)
Sumber atau pengirim pesan ini sering disebut sebagai komunikator, yaitu orang yang menjadi subjek dalam berlangsungnya proses komunikasi dan merupakan penyampai dari informasi. Sumber ini dapat berasal dari perorangan, kelompok, dan institusi atau organisasi tertentu. Komunikator harus dapat merumuskan isi pesan yang disampaikan dengan baik. Selain itu, komunikator juga diharapkan dapat memiliki sikap empati dan menempatkan dirinya pada komunikan atau pasien dalam konteks dunia kesehatan6.
Pesan
Pesan merupakan hal yang dikirimkan oleh komunikator kepada komunikan atau penerima pesan. Pesan ini berupa pertanyaan yang didukung oleh lambang, yang dapat berupa lisan maupun tulisan. Lambang yang digunakan dalam komunikasi tersebut misalnya, lambang suara dalam komunikasi lisan yang berupa intonasi suara dalam penyampaian pesan, lambang gerak berupa ekspresi muka dan gerak tubuh yang digunakan komunikator sebagai pendukung untuk memudahkan pemahaman terhadap pesan yang disampaikan, atau pun lambang-lambang lain seperti kode-kode yang disepakati oleh pihak-pihak yang melakukan komunikasi5,6.
Komunikasi dengan lambang lisan maupun tulisan yang merupakan simbol bahasa merupakan komunikasi verbal, sedangkan komunikasi melalui ekspresi dan gerak tubuh merupakan komunikasi nonverbal. Isi simbol dari pesan disebut informasi5.
Media
Media adalah saluran atau alat yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesannya kepada komunikan. Media ini bisa berupa media cetak, audio, visual, maupun audio visual. Media tersebut dibedakan menjadi dua, yaitu media komunikasi massa, dan media komunikasi pribadi. Media komunikasi massa adalah media yang dapat diakses oleh umum, seperti TV, radio, surat kabar, internet, dan majalah. Sementara itu, media komunikasi pribadi adalah media yang menghubungkan komunikasi yang bersifat interpersonal, seperti telepon, surat, maupun jenis pembicaraan lainnya5.
Sasaran atau penerima (komunikan)
Penerima informasi dari komunikator disebut juga komunikan. Seperti halnya sumber atau komunikator, komunikan bisa berupa perorangan, kelompok, maupun institusi atau organisasi. Seorang komunikan harus peka dan tanggap terhadap penyampaian pesan dari komunikator. Agar pesan dapat tersampaikan dengan baik dan menimbulkan umpan balik yang diinginkan, maka komunikan harus memiliki pengertian dan pemahaman yang sama dengan komunikator5,6.
Umpan balik (feedback)
Komunikasi merupakan proses yang berlangsung secara terus menerus. Umpan balik merupakan dampak atau pengaruh dari informasi yang diberikan komunikator kepada komunikan. Umpan balik yang berupa respons komunikan ini dibedakan menjadi umpan balik langsung dan umpan balik tidak langsung. Umpan balik langsung dikomunikasikan oleh penerima pesan baik secara verbal menggunakan kalimat secara langdung maupun secara nonverbal melalui ekspresi wajah dan gerak tubuh. Sedangkan umpan balik tidak langsung dapat berupa perubahan sikap dari komunikan yang bisa terjadi dalam waktu yang relatif singkat maupun dalam jangka waktu yang lama. Pada beberapa buku, umpan balik secara tidak langsung merupakan suatu bentuk akibat. Suatu proses komunikasi dapat dikatakan berhasil jika komunikan memberikan umpan balik yang tepat kepada komunikator5.
Akibat (Impact)
Akibat atau impact ini merupakan hasil akhir komunikasi yang bisa berupa perubahan pada diri komunikan. Perubahan ini bisa berupa perubahan pada pengetahuan, sikap, dan perilaku5.
Keenam faktor tersebut harus dipenuhi dalam komunikasi agar komunikasi dapat berjalan dengan lancar dan tujuan dari komunikasi tersebut dapat tercapai.
Selain faktor-faktor yang memiliki peran dalam komunikasi, terdapat juga faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi. Faktor-faktor tersebut, antara lain :
Persepsi
Persepsi merupakan tanggapan jiwa akan suatu rangsangan atau stimulus yang ada di lingkungannya, baik yang ada pada individu tersebut, maupun yang ada di luar diri individu yang bersangkutan. Seorang akan menanggapi, menginterpretasi, dan memahami informasi yang ada secara berbeda. Persepsi biasanya terbentuk berdasarkan tujuan dan harapan dari individu yang bersangkutan, juga dari latar belakang dirinya.
Persepsi juga bisa dillihat sebagai sudut pandang yang diambil seseorang dalam menerima pesan yang disampaikan. Perbedaan persepsi bisa menjadi salah satu penghambat dalam komunikasi karena perbedaan pemahaman antara individu satu dengan yang lain5. Oleh karena itu, ada hal-hal yang perlu dilakukan dalam komunikasi agar tidak ada salah persepsi di antara pihak-pihak yang berkomunikasi. Hal-hal tersebut antara lain, dengan menyampaikan informasi yang jelas dan telah terbukti kebenarannya agar pesan tersebut valid, menghargai pendapat individu lain dalam suatu komunikasi yang bersifat dua arah, dan saling keterbukaan menyampaikan pemahamannya akan sebuah informasi agar dapat diluruskan jika masih terdapat pemahaman yang salah.
Nilai
Nilai merupakan suatu keyakinan seseorang akan ide atau tingkah laku. Ketika seseorang dihadapkan dengan suatu ide, ia akan menilai apakah ide tersebut cocok dengan dirinya atau orang lain. Nilai juga merupakan cerminan dari kebutuhan dan keinginannya, budaya dan refleksi sosial yang dimilikinya, termasuk interaksi sosialnya dengan orang lain. Nilai dapat dikatakan sebagai prinsip yang dianut seseorang. Nilai sangat berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan individu dengan berbagai pertimbangan7. Seorang yang bekerja di bidang pelayanan kesehatan perlu mengklarifikasi nilai-nilai yang mereka anut agar dapat membuat keputusan dan berinteraksi secara tepat dengan klien, yaitu pasien4.EmosiEmosi merupakan perasaan subjektif yang dimiliki seseorang terhadap suatu kejadian yang dihadapkan padanya, dan memengaruhi bagaimana individu tersebut menggunakan kapasitas yang dimilikinya untuk bertindak. Emosi yang berlebihan akan menyebabkan terjadinya keliru paham dalam komunikasi. Dalam dunia kesehatan pada khususnya, seorang yang memberikan pelayanan kesehatan seperti dokter, perawat, harus mampu mengendalikan emosinya, agar tidak bercampur dan mengganggu keoptimalan kinerja yang dilakukannya. Meski demikian, sikap empati sangat diperlukan ketika berkomunikasi dengan pasien7. Selain mengendalikan emosi yang dimilikinya, dokter maupun perawat hendaknya juga mengkaji emosi pasien dan keluarganya sehingga dapat memberikan perlakuan secara tepat4.
Latar belakang sosial-budaya
Latar belakang sosial-budaya akan mempengaruhi pandangan umum dan persepsi seseorang terhadap dunia tempat ia tinggal. Bahasa dan gerak-gerik seseorang menunjukkan latar belakang sosial budayanya. Sebagai penyedia pelayanan kesehatan, baik dokter, perawat, mantra dan lainnya harus mampu menerima perbedaan latar belakang sosial dan budaya pasien yang dihadapinya7.Pengetahuan
Tingkat pengetahuan sangat berpengaruh dalam proses komunikasi. Perbedaan tingkat pengetahuan seseorang bisa menghambat terjadinya proses komunikasi. Sesorang yang memiliki tingkat pengetahuan rendah akan sulit menerima bahasa verbal dibanding mereka dengan tingkat pengetahuan yang tinggi. Pengetahuan itu sendiri sebenarnya merupakan hasil dari perkembangan dan pendidikan. Untuk menjembatani perbedaan tingkat pengetahun antara penyedia dan penerima layanan kesehatan, maka hendaklah menggunakan kalimat atau kata-kata yang lazim dan bisa diterima oleh kalangan masyarakat mana pun4,7.
Peran dan pola hubungan seseorang
Peran dan pola hubungan seseorang yang tepat akan memperlancar komunikasi, sebaliknya peran dan pola hubungan sangat berbeda akan menghambat komunikasi. Dalam komunikasi, sudah seharusnya kita memilah dan memilih cara berkomunikasi yang tepat, sesuai dengan pola hubungan kita terhadap orang yang kita ajak komunikasi. Suatu komunikasi akan berjalan dengan baik, ketika individu-individu yang terlibat menyadari peran dan pola hubungannya masing-masing7.
Kondisi lingkungan
Kondisi lingkungan ini bisa berupa lingkungan fisik dan lingkungan non-fisik atau mental-psikologi. Seseorang dapat menyampaikan dan menerima informasi dengan efektif ketika berada pada suatu kondisi yang nyaman dan kondusif, meliputi tempat dan suasananya. Lingkungan yang bising misalnya, tentu akan membuat komunikasi terhambat dan mungkin akan membingungkan kedua pelaku komunikasi karena informasi kurang bisa ditangkap dengan baik4,7.
Jenis kelamin
Jenis kelamin seseorang berpengaruh dalam gaya komunikasinya. Setiap jenis kelamin memiliki gaya komunikasi sendiri yang berbeda. Seorang wanita sejak umur 3 tahun menggunakan bahasa untuk mencari kejelasan, meminimalkan perbedaan, serta membangun dan mendukung keintiman, sedangkan laki-laki menggunakan bahasa untuk kemandirian diri dalam bermain4.
Perkembangan
Perkembangan bisa berupa perkembangan mental, perkembangan usia, dan kedewasaan dalam pola pikir seseorang. Sebagai penyedia layanan kesehatan, dokter maupun perawat harus mampu memahami tingkat perkembangan seseorang, dengan menyesuaikannya ketika berhadapan langsung dan diharuskan berkomunikasi dengan pasien4.
Jarak
Jarak mempengaruhi komunikasi dengan menyediakan rasa aman dan kontrol. Misalnya ketika seorang yang tidak dikenal berada oada jarak yang sangat dekat dengan dirinya4. Selain itu jarak juga menentukan dengan apa media komunikasi yang digunakan. Jika jarak antara komunikator dan komunikan dekat, maka komunikasi tersebut dapat dilakukan dengan tatap muka secara langsung. Namun, jika komunikasi tersebut dibatasi oleh jarak yang jauh seperti antar pulau, komunikasi yang dilakukan tentu dengan menggunakan media, misalnya telepon, pesan singkat, atau surat.
C.Sikap dan Perilaku dalam Komunikasi Kesehatan
Dalam berkomunikasi, ada tiga kecenderungan sikap yang ditunjukkan oleh pihak-pihak yang melakukan komunikasi, yaitu agresif, pasif, dan asertif.
Agresif
Sikap agresif dalam komunikasi ditunjukkan dengan adanya dominansi oleh satu pihak dalam berkomunikasi dengan pihak lainnya8. Pihak tersebut berusaha memaksakan kehendaknya kepada pihak yang lain. Dalam menyampaikan pendapatnya, pihak yang agresif akan bersifat keras dan bermusuhan. Ia yakin kalau pendapatnya yang paling benar dan harus diterima oleh pihak yang lain9. Ia akan cenderung mengendalikan pembicaraan dan mengintimidasi lawan bicaranya agar menyetujui ide miliknya. Bahkan sikapnya itu dapat berujung dengan tindakan atau perkataan yang merendahkan lawan bicaranya. Ia juga akan sering menginterupsi lawan bicaranya apabila lawan bicaranya menyampaikan ide yang bertentangan dengannya. Ia akan bertindak seperti big boss yang paling benar dan cenderung menyalahkan orang lain atau mencari kambing hitam. Sikap agresif ini juga dapat terlihat dari sikap tubuh komunikator saat berkomunikasi. Dalam berkomunikasi, tubuhnya akan condong ke depan ke arah lawan bicara. Kepala mendongak dengan muka tegas. Saat menyampaikan pendapat, nada suaranya tegas dan matanya akan cenderung melotot. Dalam berkomunikasi, pergerakannya lambat dan keras, serta anggota gerak terkontrol dalam artian tidak dalam posisi bebas atau rileks.
Sikap komunikator yang agresif akan menimbulkan kerugian baik bagi pihak yang menyampaikan pendapat maupun bagi lawan bicaranya. Komunikasi yang agresif akan mengakibatkan adanya dominasi yang berlebih terhadap pihak yang lain. Akibatnya, komunikasi yang terjadi tidak akan seimbang. Satu pihak terlalu mendominasi dan pihak yang lain tidak memperoleh kesempatan yang cukup untuk memberikan tanggapan. Akibatnya, sulit atau bahkan tidak ada feedback yang diperoleh dari lawan bicara. Selain itu, komunikator yang agresif juga berpotensi menyinggung lawan bicaranya dalam berkomunikasi8.
Pasif
Sikap pasif atau sering disebut submisif adalah lawan dari sikap agresif, yaitu sikap yang cenderung mengalah dan tidak dapat mempertahankan kepentingannya sendiri dalam berkomunikasi. Ia akan cenderung menghindari konflik dan mengorbankan kepentingannya sendiri demi terhindarnya konflik dalam komunikasi. Ia akan cenderung mengiyakan pendapat orang lain dan ragu-ragu bahkan jarang untuk menyampaikan keinginan dan kebutuhannya sendiri. Orang yang bersikap pasif akan cenderung meminta maaf berlebihan. Apabila ia kesal terhadap seseorang, ia akan cenderung memendam amarahnya itu. Orang yang bersikap pasif akan sulit untuk mengambil keputusan. Dari sikap tubuhnya pun seorang komunikator yang pasif dapat dikenali. Posisi tubuhnya akan cenderung bungkuk dan menjauhi lawan bicara. Ia tidak berani membuat kontak mata dengan lawan bicaranya. Ia juga terlihat salah tingkah, bahasa tubuhnya gugup, dan tangan berkeringat. Orang yang pasif akan senantiasa tersenyum walaupun sedang marah atau kesal. Nada suaranya pelan dan ragu-ragu. Dalam jangka pendek, sikap pasif dapat membuat komunikator merasa lega, terhindar dari rasa bersalah dan tidak terjadi konflik, juga muncul rasa kasihan pada diri sendiri. Namun, apabila terus-terusan dilakukan dalam jangka panjang, rasa percaya diri dan hormat pada diri sendiri dari sang komunikator dapat hilang.
Asertif
Asertif merupakan sikap yang paling baik dalam melakukan komunikasi. Sikap asertif merupakan sikap yang mampu untuk menyatakan pendapatnya sendiri dengan tetap menghargai hak orang lain. Tidak seperti agresif yang hanya mau menyampaikan pendapatnya tanpa mau menghargai orang lain atau pasif yang hanya menghargai orang lain tanpa menyampaikan pendapatnya sendiri, sikap asertif mengakomodir terjadinya komunikasi yang baik karena baik pemberi pesan maupun lawan bicara memiliki kesempatan mengungkapkan pendapat dan dihargai haknya10.
Unsur-unsur yang ada dalam komunikasi asertif yaitu berbicara secara terbuka dan jelas, langsung berbicara kepada orangnya, jujur, tepat dalam bersikap, dan menanyakan umpan balik. Orang yang bersikap asertif bersikap terbuka dan jujur akan pendapatnya sendiri dan orang lain. Ia dapat menyampaikan pendapat pribadinya tanpa mengorbankan perasaan orang lain, ia pun dapat mendengarkan dan memahami pendapat orang lain. Ia mampu menghargai diri sendiri dan orang lain tanpa menimbulkan konflik, ia juga bisa mencari solusi bersama apabila terjadi masalah. Orang yang bersikap asertif tidak takut untuk berkata "tidak". Ia mampu mengekspresikan kemarahan atau ketidak setujuannya secara proporsional. Ia juga tidak mudah untuk tersinggung dan terbuka untuk kritik.
Bersikap asertif dalam komunikasi tentunya memiliki banyak manfaat. Orang yang dapt berkomunikasi secara asertif tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam mengekspresikan diri. Ia juga dapat mengembangkan dirinya sendiri, mampu membuat keputusan, serta memperoleh apa yang ia cari dalam hidup. Orang yang bersikap asertif dapat bernegosiasi dengan lebih produktif dan menghasilkan solusi dari masalah yang ada sehingga ia dapat mengurangi kesalahpahaman dan mengubah situasi kerja yang negatif menjadi positif. Ada hambatan-hambatan tersendiri yang terkadang menyulitkan seseorang untuk bersikap asertif dalam berkomunikasi. Ada kalanya orang berpikir negatif sehingga takut untuk menyampaikan tanggapan asertif dalam suatu situasi yang menentukan karena takut memicu konflik. Pikiran-pikiran negatif ini tentu akan membatasi ruangnya dan menghambat penyampaian pendapat. Ada kalanya pendidikan maupun kebiasaan masa kecil berpengaruh terhadap sikap asertif ini11.
Selain ketiga sikap di atas terdapatt sikap lain dalam komunikasi yang dikenal juga dengan komunikasi non verbal. Komunikasi non verbal sama pentingnya dengan komunikasi verbal dalam menentukan berhasil atau tidaknya suatu komunikasi dapat berlangsung. Komunikasi non verbal meliputi :
Metakomunikasi
Metakomunikasi adalah suatu pesan yang mengandung pesan lain di dalamnya. Contohnya adalah tersenyum saat marah, atau mencemooh setelah memuji. Pesan-pesan yang tersirat itu apabila diartikan akan menghasilkan pesan baru yang merupakan pesan sebenarnya dari sang komunikator.
Penampilan Personal
Dalam komunikasi interpersonal, penampilan juga merupakan satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh komunikator dalam berkomunikasi. Penampilan personal meliputi bentuk fisik, cara berpakaian dan berhias. Kita harus dapat menyesuaikan penampilan diri kita dengan situasi-situasi tempat kita harus berinteraksi.
Paralanguage
Paralanguage merupakan intonasi atau nada suara seseorang saat menyampaikan sesuatu. Paralanguage ini sangat berpengaruh terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada lawan bicaranya. Suatu pesan yang sama dapat diinterpretasikan secara berbeda apabila disampaikan dengan nada dan intonasi yang berbeda pula.
Gerakan Mata
Kontak mata dalam suatu komunikasi sangatlah penting. Kontak mata dapat diartikan sebagai tanda memperhatikan dan menghargai pihak yang sedang menyampaikan pendapat8.
Dari uraian di atas, dapat ditemukan bahwa ada beberapa sikap ideal yang seharusnya diterapkan dalam komunikasi agar komunikasi berjalan dengan baik. Dalam komunikasi, seseorang tidak hanya bertindak sebagai pembicara, melainkan juga pendengar sehingga harus memperhatikan sikap, baik sebagai pembicara maupun pendengar. Sikap yang baik yaitu :
Mendengarkan dengan penuh perhatian
Dalam berkomunikasi dengan orang lain, seseorang harus menghargai apa yang ia sampaikan dengan cara mendengarkan dengan penuh perhatian. Mendengarkan dengan penuh perhatian dapat ditunjukkan dengan melakukan kontak mata yang menunjukkan keinginan untuk mendengarkan, menampilkan sikap tubuh yang menunjukkan perhatian (seperti tidak menyilangkan kaki atau tangan), tubuh condong ke arah lawan bicara tanda mendengarkan, menganggukkan kepala sebagai umpan balik kepada pembicara, serta menghindari gerakan yang tidak perlu.
Teknik mendengar dapat dibagi menjadi 2, yakni mendengar pasif dan mendengar aktif. Dala mendengar pasif, feedback yang diberikan tidak secara verbal, namun melalui bahasa tubuh dan sikap tubuh kita. Dalam mendengar aktif, perlu memberikan tanggapan atau feedback secara aktif mengenai apa yang didengar. Dengan mendengar aktif seseorang dapat memastikan bahwa pemahamannya terhadap sang pembicara sudah benar12.
Menunjukkan penerimaan
Penerimaan yang dimaksud disini tidak sama dengan menyetujui, akan tetapi menerima berarti bersedia mendengarkan orang lain tanpa memutus pembicaraan dan tanpa menunjukkan ketidak setujuan secara non verbal. Pendengar yang menunjukkan penerimaan akan memberi umpan balik yang menunjukkan kalau ia telah mengerti. Selain itu ia juga harus memastikan kalau isyarat non-verbal yang ia tunjukkan sesuai dengan komunikasi verbal. Pendengar harus menghindari terjadinya perdebatan, memunculkan ekspresi keraguan, ataupun berusaha untuk mengubah pikiran pembicara.
Klarifikasi apabila terjadi kesalahpahaman
Dalam berkomunikasi, sebisa mungkin pembicara berusaha agar pesan yang ia berikan dapat diterima dengan baik oleh pendengar. Pendengar juga berusaha sebisa mungkin untuk dapat menangkap maksud sebenarnya dari sang pembicara dengan mengulang kembari poin-poin yang diucapkan oleh sang pembicara dan memberi umpan balik.
Memberi penghargaan
Penghargaan ini tentunya dapat ditunjukkan dengan sikap mendengarkan dengan penuh perhatian seperti yang telah disinggung pada poin 1. Apabila bertindak sebagai pembicara, menghargai pendengar dapat dilakukan dengan memberi salam dan menyebutkan nama sebelum menyampaikan informasi.
Menganjurkan Pendengar untuk Menyampaikan Persepsinya
Apabila seseorang sedang bertindak sebagai pembicara, orang tersebut harus memberi kesempatan kepada lawan bicara untuk mengungkapkan persepsinya mengenai hal yang dibicarakan atau disampaikan13.
D.Hambatan-hambatan KomunikasiAda 4 faktor hambatan yang biasa seringkali terjadi diantara pengirim dan penerima pesan yaitu:
Hambatan sosio-antro-psikologis
Proses komunikasi berlangsung dalam konteks situasional. Situasi ini sangat berhubungan dengan faktor sosiologis-antropologis-psikologis.
Hambatan Sosiologis
Seorang sosiolog Jerman Ferdinand Tonnies mengklasifikasi kehidupan manusia dalam masyarakat menjadi dua yaitu Gemeinschaft dan Gesselschaft. Gemeinschaft adalah pergaulan hidup yang bersifat pribadi, statis, dan tak rasional seperti kehidupan rumah tangga. Gesselschaft adalah pergaulan hidup yang bersifat tak pribadi, dinamis, dan rasional, seperti organisasi. Seseorang yang bagaimanapun tingginya kedudukan yang ia jabat, ia akan menjadi bawahan orang lain. Masyarakat yang terdiri dari berbagai golongan dan lapisan, yang menimbulkan perbedaan dalam status sosial, agama, ideology, tingkat pendidikan, tingkat kekayaan, dan sebagainya, yang kesemuanya dapat menjadi hambatan bagi kelancaran komunikasi.
Hambatan antropologis
Dalam melancarkan komunikasinya, kominikator tidak akan berhasil apabila ia tidak mengenal siapa komunikan yang dijadikan sasarannya. Yang dimaksudkan disini bukan siapa nama orang tersebut melainkan mengenal budaya sasaran kita. Dengan mengenal dirinya kita akan mengenal pula gaya hidup dan norma kehidupannya.
Hambatan psikologis
Faktor psikologis sering kali menjadi hambatan dalam komunikasi, pada umumnya komunkator tidak mengkaji diri komunikan, dan menyebabkan si komunikan merasa sedih, bingung, bahkan kecewa jika si komunikan menaruh prasangka kepada komunikator. Prasangka merupakan salah satu hambatan berat bagi kegiatan komunikasi, karena orang yang berprasangka belum apa-apa sudah menentang komunikator karena biasanya terbawa oleh emosi. Emosi sering kali membutakan pikiran dan perasaan terhadap suatu fakta yang bagaimanapun jelas dan tegasnya, maka dari itu berhati-hatilah dalam berkomunikasi agar tidak menimbulkan prasangka terhadap seseorang.
Hambatan semantis
Hambatan ini terdapat pada komunikator. Faktor semantis menyangkut bahasa yang digunakan komunikator sebagai media untuk menyalurkan pikiran dan perasaannya kepada komunikan. Demi kelancaran komunikasinya seorang komunikator harus benar-benar konsentrasi agar tidak terjadi salah ucap, jika salah ucap akan terjadi misunderstanding dan misscommunication. Biasanya terjadi karena perbedaan daerah asal dan bahasa yang biasa digunakan antara komikan dan komunikator. Jadi, untuk menghilangkan hambatan semantis dalam komunikasi, seorang komunikator harus mengucapkan pernyataan dan perkataannya dengan jelas dan tegas, memilihkan kata-kata yang tidak menimbulkan persepsi yang salah, dan disusun dengan kalimat-kalimat yang logis.
Hambatan mekanis
Hambatan mekanis biasanya dijumpai pada media yang dipergunakan dalam proses komunikasi. Contoh-contoh hambatan mekanis yaitu: suara telepon yang kerotokan, gambar yang meliuk-liuk pada televisi, dan suara yang hilang-muncul dari pesawat radio. Hambatan dari beberapa media tidak mungkin diatasi oleh komunikator. Untuk menghindari hal ini biasanya untuk selalu memastikan apakah pesan bisa disampaikan melalui media mekanis atau tidak dan apakah pesan bisa diterima secara rohani atau tidak.
Hambatan ekologis
Hambatan ekologis disebabkan oleh factor gangguan lingkungan terhadap proses berlangsungnya komunikasi, jadi datangnya dari lingkungan. Contoh hambatan ekologis adalah suara pesawat terbang lewat dan suara petir. Situasi komunikasi ini sangatlah tidak nyaman . untuk mengatasi dan menghindari agar hal ini tidak terjadi yaitu kita harus mengusahakan tempat komunikasi yang bebas dari kebisingan.
Dari empat faktor hambatan tersebut, dapat diidentifikasikan hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam proses komunikasi, yaitu:
Pengetahuan masyarakat yang rendah tentang bahasa/istilah kesehatan karena informasi kesehatan biasanya disampaikan dalam bentuk tertulis.
Akses internet yang terbatas: akses internet yang belum terjangkau di beberapa penjuru dunia sangat berakibat fatal, karena mereka sangat sulit mendapatkan informasi tentang kesehatan.
Ketidakmampuan para pekerja kesehatan untuk berkomunikasi dengan pasien: dikarenakan berbagai hambatan komunikasi seperti hambatan bahasa, perbedaan latar belakang budaya, petugas kesehatan sering kali kesulitan dalam memberikan informasi kesehatan yang penting kepada pasien mereka.
Terdapat faktor lain yang menghambat komunikasi, yaitu:
Tidak mengenal audiens
Mereka tidak mengetahui sasaran dari komunikasi itu, sehingga komunikasi yang dilakukan tidak efektif. Maka sebagai seorang komunikator hendaknya mengenali komunikannya.Tidak tahu bagaimana penerima menyerap komunikasi
Penerima menyerap infomasi tersebut sesuai dengan kemampuannya maka, untuk mengefektifkan komunikasi tersebu penyampai pesan harus lebih mengenal penerima komunikasi tersebut.
Tidak tahu pola komunikasi budaya
Seseorang harus mengetahui pola penyampaian kepada setiap orang karena mereka mempunyai budaya masing – masing.
Jarang melakukan evaluasi respons komunikasi
Tidak tahu kebiasaan komunikasi lisan
Tidak terbiasa mendengarkan
Tidak bisa membuka diri dalam percakapan
Tidak tahu strategi menggunakan media
Tidak bisa berkomunikasi secara tertulis
Pengetahuan masyarakat - masyarakat yang rendah tentang bahasa kesehatan yang digunakan. Karena itu, setiap literatur kesehatan harus disesuaikan dengan tingkat pemahaman mereka
Akses informasi yang terbatas (internet) karena masih banyak daerah yang belum secara merata memiliki akses internet walaupun banyak informasi.
Kurangnya aktivitas penelitian untuk mengembangkan komunikasi tersebut
Banyaknya informasi yang berkualitas rendah karena akan sangat berisiko apabila mereka mendapatkan informasi yang tidak akurat kualitas kesehatan menurun.
Ketidakmampuan para pekerja kesehatan untuk berkomunikasi kepada pasien dikarenakan berbagai hambatan komunikasi seperti hambatan bahasa, perbedaan sosial budaya4,14-18.
BAB III
KESIMPULAN
Komunikasi merupakan penyampaian informasi dalam sebuah interaksi tatap muka yang berisi ide, perasaan, perhatian, makna, serta pikiran, yang diberikan pada penerima pesan dengan harapan si penerima pesan memahami pesan yang disampaikan. Dalam komunikasi ada beberapa faktor yang berperan, antara lain, pemberi pesan, penerima pesan, pesan yang disampaikan, media atau saluran, umpan balik, dan akibat yang ditimbulkan. Faktor-faktor tersebut terlibat dalam sebuah proses komunikasi melalui proses encoding dan decoding. Selain itu ada faktor yang mempengaruhi pemahaman seseorang akan yaitu persepsi, nilai, emosi, latar belakang sosial budaya, pengetahuan, peran dan pola hubungan seseorang, kondisi lingkungan, jenis kelamin, perkembangan, dan jarak.
Dalam komunikasi, setiap individu memiliki sikap dan perilaku yang berbeda. Sikap yang bisa muncul dalam komunikasi dapat dibedakan menjadi sikap agresif yang cenderung mendominasi komunikasi, sikap pasif yang cenderung diam dalam sebuah komunikasi, dan sikap asertif yaitu menyampaikan pendapat dengan tetap menghargai pendapat orang lain.
Ada banyak hambatan yang dapat muncul dalam sebuah komunikasi. Hambatan tersebut dapat bersumber dari pihak yang melakukan komunikasi maupun dari lingkungan sekitarnya. Agar komunikasi dapat berjalan dengan baik, hambatan-hambatan tersebut harus diatasi agar komunikasi dapat berjalan dengan baik dan pesan yang disampaikan dapat dipahami.Komunikasi yang efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi. Jadi suatu komunikasi dapat dikatakan baik apabila adanya umpan balik atau feedback dari penerima pesan atau lawan bicara serta dengan mentaati prinsip-prinsip dan konsep dalam komunikasi.
REFERENSI
Universitas Gunadarma. Konsep Dasar Komunikasi.[online][cited 11 September 2013] Available from: http://ocw.gunadarma.ac.id/course/diploma-three-program/study-program-of-midwife-practices-d3/komunikasi-konseling-dalam-praktek-kebidanan/konsep-dasar-komunikasi.
Wiyana M. Konsep Dasar Komunikasi. [online]. [cited 11 September 2013]. Available from: http://www.scribd.com/doc/60444777/Konsep-Dasar-Komunikasi.
Sasongko A, Setiarini A, Hadi E, Pratomo H, Putra W.Buku Ajar Komunikasi Efektif. Ed. 2. Jakarta: Universitas Indonesia; 2012.
Fanani A, Putri T. Komunikasi Kesehatan : Komunikasi efektif untuk perubahan perilaku kesehatan. Yogyakarta: Merkid Press; 2013.
Maulana H D. Promosi Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2009.
Supartini Y. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2004.
Arwani. Komunikasi dalam Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2003.
Nasir A,Muhith A, Sajidin M, Mubarak WI. Komukasi dalam Keperawatan Teori dan Aplikasi. Salemba Medika.
Ubaedy, AN. Berkarier di Era Global. Jakarta : PT Elex Media Komputindo; 2008.
Makalah: LATIHAN ASERTIF, Sunardi, PLB FIP UPI, 2010. Available from :HYPERLINK "http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196002011987031-SUNARDI/karya_tls-materi_ajar_pdf/LATIHAN_ASERTIF.pdf"http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196002011987031-SUNARDI/karya_tls-materi_ajar_pdf/LATIHAN_ASERTIF.pdfdiunduh pada tanggal 11 september 2013.
M Akira. Toward Theorizing Japanese Interpesonal Communication Competence from a Non-Western Perspective. Seinan Gakuin University; 2002.
Suryani, S.Kp, MHSc. Komunikasi Terapeutik : Teori dan Praktik. Jakarta :EGC
Kanus, W.A.Et.al.An Evaluation of Outcome from Intensive Care in Major Medical Centers. Ann intern med; 1986.Alo L. 2008. Dasar – dasar Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2008.
Annonymous. Pengertian Komunikasi Teori Fungsi. September 2012 [cited 18 September 2013] Available from: http://www.sarjanaku.com/2012/09/pengertian-komunikasi-teorifungsi.html.
Effendy OU .. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya ;1986.
Riadi M. Pengertian dan Fungsi Komunikasi dalam Organisasi . September 2013 [cited 18 September 2013]. Available from: http://www.kajianpustaka.com/2013/09/pengertian-dan-fungsi-komunikasi-dalam.html#.UjoDysZHKSo .
Soekanto S. Sosiologi Sebagai Pengantar . Cetakan ke-44. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Jakarta; 2012 .


Download MAKALAH HG 3 Komunikasi Kesehatan.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca MAKALAH HG 3 Komunikasi Kesehatan. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: