December 06, 2016

Karya ilmiah jejaring sosial


Judul: Karya ilmiah jejaring sosial
Penulis: Trisya Putri Melia


LEMBAR PENGESAHAN
Karya tulis ilmiah ini diajukan untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia
Judul karya tulis ilmiah:Pengaruh Frekuensi Penggunaan Jejaring Sosial terhadap Prestasi Siswa
Anggota Kelompok:Dini Desvarhoza
Nisa Safira Imran
Sonia Pratiwi
Trisya Putri Melia
Vania Reghina
Yumni Nadhillah
Kelas:XI IPA 4
Guru Pembimbing:
Nama:Hj. Dian Anggraini, S.Pd
NIP:195606101980032003
Mengetahui,
Hj. Dian Anggraini, S.Pd
NIP. 195606101980032003
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT karena atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul "Pengaruh Frekuensi Penggunaan Jejaring Sosial terhadap Prestasi Siswa".
Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing ibu Hj. Dian Anggraini, S.Pd selaku guru bahasa Indonesia kelas XI IPA 4 yang telah membantu dan membimbing kami dalam penyusunan karya ilmiah ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman baik yang telah berkonstribusi langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan karya ilmiah ini.
Penulis menyadari bahwa tulisan ini jauh dari sempurna baik dari segi isi maupun penyajiannya, untuk itu penulis mengharapkan saran serta kritikan yang bersifat membangun dari pembaca guna kesempurnaan penyusunan karya ilmiah ini.
Semoga karya ilmiah yang kami buat ini, dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Aamiin.
Padang, 2014
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Depan
Lembar Pengesahan......................................................................................................................i
Kata Pengantar.............................................................................................................................ii
Daftar Isi.....................................................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
Latar belakang masalah...........................................................................................1
Rumusan masalah....................................................................................................2
Tujan penelitian.......................................................................................................2
Manfaat penelitian...................................................................................................2
Hipotesa...................................................................................................................2
Sistematika Penulisan..............................................................................................3
BAB II LANDASAN TEORI
Pengertian Jejaring Sosial.......................................................................................4
Pengertian Prestasi Siswa dan Faktor –Faktor yang mempengaruhinya................4
Prestasi Siswa.................................................................................................4
Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Siswa....................................................4
Dampak Positif dan Dampak Negatif Jejaring Sosial.............................................5
Dampak positif jejaring sosial.......................................................................5
Dampak negatif jejaring sosial........................................................................6
BAB III METODE PENELITIAN
Pendekatan Masalah................................................................................................7
Studi Pustaka...........................................................................................................7
Teknik Pengumpulan Data......................................................................................7
Analisis Data...........................................................................................................7
Populasi dan Sampel...............................................................................................7
BAB IVANALISIS DAN PEMBAHASAN
Frekuensi Penggunaan Jejaring Sosial oleh Siswa..................................................8
Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Terhadap Prestasi Siswa.............................9
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN.....................................................................................................10
SARAN.................................................................................................................10
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................................11
RIWAYAT PENULIS.............................................................................................................. 12
BAB 1
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Pada zaman modern sekarang ini, komunikasi dengan teman maupun kerabat sangat mudah dilakukan dan menggunakan biaya yang murah. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Komunikasi dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi secara tidak langsung dapat menggunakan bantuan alat-alat maupun media komunikasi seperti handphone.
Komunikasi zaman modern ini dipermudah lagi dengan adanya jejaring sosial, khususnya untuk para pengguna internet. Jejaring sosial merupakan sebuah sistem struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individu atau organisasi. Jejaring sosial ini akan membuat mereka yang memiliki kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang telah dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga bisa saling berhubungan.
Jejaring sosial saat ini telah menguasai kehidupan para pengguna Internet. Layanan yang dihadirkan oleh masing-masing situs jejaring sosial berbeda-beda. Hal inilah yang merupakan ciri khas dan juga keunggulan masing-masing situs jejaring sosial. Tetapi umumnya layanan yang ada pada jejaring sosial adalah chating, email, berbagi pesan, berbagi video atau foto, forum diskusi, blog, dan lain-lain. Pemanfaatan situs jejaring sosial atau social networking telah menjadi trend atau gaya hidup bagi sebagian masyarakat. Buktinya situs jejaring sosial Facebook berada pada peringkat pertama website yang paling banyak diakses di Indonesia.
Indonesia mengalami peningkatan jumlah pengguna internet sejak tahun 2010. Pengguna Internet di Indonesia kebanyakan adalah pengguna berumur 15-25 tahun (40% total pengguna Internet Indonesia). Dari data ini berarti kita dapat melihat bahwa pengguna internet terbanyak adalah peserta didik yang berada di tingkat Sekolah Menengah Atas.
Peserta didik tersebut umumnya menggunakan internet untuk mengupdate akun situs jejaring sosial mereka masing-masing. Jejaring sosial ini umumnya digunakan untuk berkomunikasi bersama teman-teman sekolah maupun keluarga. Frekuensi penggunaan jejaring sosial dari masing-masing peserta didik umumnya berbeda.
Oleh sebab itu, pada karya ilmiah kali ini penulis akan membahas tentang pengaruh frekuensi penggunaan jejaring sosial terhadap prestasi siswa disekolah sesuai denga judul karya ilmiah yang telah kami sebutkan sebelumnya.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang mendasari pembuatan karya ilmiah ini, adalah :
Apakah itu jejaring sosial?
Apa yang dimaksud prestasi siswa dan faktor faktor yang mempengaruhinya?
Apakah pengaruh jejaring sosial terhadap prestasi siswa?
Kapan saja para siswa membuka jejaring sosial dan berapa lama?
Apakah manfaat dalam menggunakan jejaring sosial?
Apakah peringkat kelas pada rapor semester siswa SMA N 1 Padang dipengaruhi oleh frekuensi penggunaan jejaring sosial?
Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan umumnya adalah mengetahui seberapa besar pengaruh frekuensi penggunaan jejaring sosial terhadap prestasi siswa disekolah. Tujuan lain dari penulisan karya ilmiah ini adalah :
Memperdalam pengetahuan mengenai baik buruk penggunaan jejaring sosial.
Mengetahui keuntungan dan kerugian dari penggunaan jejaring sosial.
Manfaat Penelitian
Ada tiga manfaat yang diperoleh dalam penulisan karya ilmiah ini. Manfaat tersebut adalah :
Bagi sekolah, sekolah dapat memantau penggunaan jejaring sosial oleh siswa di sekolah. Karena itu dapat merugikan peserta siswa tersebut.
Bagi siswa, harus dapat mengatur waktu penggunaan jejaring sosial dan dapat mengambil manfaat baik dari penggunaan jejaring sosial.
Bagi penulis, penulis dapat menambah wawasan tentang internet khususnya manfaat penggunaan jejaring sosial.
Hipotesa
Adapun yang mendorong penulis untuk membahas dan melakukan penelitian masalah ini adalah karena adanya beberapa anggapan sementara terhadap pengaruh frekuensi penggunaan jejaring sosial terhadap prestasi siswa.
Adapun anggapan tersebut adalah pertama, jejaring sosial menyebabkan penurunan prestasi dan peringkat kelas bagi siswa disekolah. Kedua, siswa cenderung menggunakan jejaring sosial dalam jangka waktu lama menimbulkan sifat malas untuk mengerjakan tugas sekolah.
Sistematika Penulisan
Halaman Depan
Lembar Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
Latar belakang masalah
Rumusan masalah
Tujan penelitian
Manfaat penelitian
Hipotesa
Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
Pengertian Jejaring Sosial
Pengertian Prestasi Siswa dan Faktor –Faktor yang mempengaruhinya
Prestasi Siswa
Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Siswa
Dampak Positif dan Dampak Negatif Jejaring Sosial
Dampak positif jejaring sosial
Dampak Negatif jejaring sosial
BAB III METODE PENELITIAN
Pendekatan Masalah
Studi PustakaTeknik Pengumpulan Data
Analisis Data
Populasi danSampelBAB IVANALISIS DAN PEMBAHASAN
Frekuensi Penggunaan Jejaring Sosial oleh Siswa
Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Terhadap Prestasi Siswa
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN
SARAN
DAFTAR PUSTAKA
RIWAYAT PENULISBAB II
LANDASAN TEORI
Pengertian Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah suatu sistem yang menghubungkan pertukaran informasi antara seseorang dengan orang lain. Sistem ini mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Jejaring social merupakan suatu struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.
Pengertian Prestasi Siswa dan Faktor –Faktor yang mempengaruhinya
Prestasi siswa
Prestasi adalah sesuatu yang didapat atau dicapai seseorang setelah mengalami proses belajar yang dinyatakan dengan berubahnya pengetahuan, tingkah laku, dan ketrampilan. Prestasi siswa yang dicapai oleh tiap-tiap anak setelah belajar atau usaha yang diandalkan berupa angka-angka atau skala. Prestasi yang diperoleh murid berupa pengetahuan, ketrampilan, normatif watak murid yang dikembangkan di sekolah melalui sejumlah mata pelajaran.
Prestasi siswa juga banyak diartikan sebagai seberapa jauh hasil yang telah dicapai siswa dalam penguasaan tugas-tugas atau materi pelajaran yang diterima dalam jangka waktu tertentu. Prestasi belajar pada umumnya dinyatakan dalam angka atau huruf sehingga dapat dibandingkan dengan satu kriteria
Faktor yang mempengaruhi prestasi siswa
Faktor dari dalam, ini merupakan faktor yang berasal dalam diri sipelajar (siswa) itu sendiri yang meliputi :Fisiologi yang berupa kondisi fisik dan kondisi panca indra,
Psikologi yang berupa bakat, minat, kecerdasan, motivasi dan kemampuan kognitif.
 Dari beberapa pendapat para ahli tersebut diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa prestasi belaajr siswa secara umum dipengaruhi oleh dua factor yaitu faktor yang pertama berasal dari dalam diri siswa itu sendiri dan faktor yang kedua berasal dari luar diri siswa yang sedang melakukan proses kegiatan belajar meliputi motivasi, perhatian pada mata pelajaran yang berlangsung, tingkat penerimaan dan pengingatan bahan, kemampuan menerapkan apa yang dipelajari, kemampuan mereproduksi dan kemampuan menggeneralisasi.
Faktor dari luar, adalah faktor yang berasaldari luar sipelajar. Hal ini dapat berupa sarana prasarana, situasi lingkungan baik itu lingkungan keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat. 
Faktor keluarga yaitu cara orang tua mendidik, relasi antara anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua, dan latar belakang kebudayaan
Faktor dari lingkungan sekolah yaitu metode mengajar guru, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah, standar belajar diatas ukuran, keadaan gedung, metode belajar dan tugas rumah.
Faktor masyarakat yaitu kegiatan siswa dalam masyarakat, mass media, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat.
Faktor dari luar juga dipengaruhi oleh sipengajar factor ini meliputi kemampuan membangun hubungan dengan sipelajar, kemampuan menggerakkan minat pelajaran, kemampuan memberikan penjelasan, kemampuan menyebutkan pokok-pokok masalah yang diajarkan, kemampuan mengarahkan perhatian pada pelajaran yang sedang berlangsung, kemampuan memberikan tanggapan terhadap reaksi. Dari pendapat Rooijakkerstentang faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dapat diberikan kesimpulan bahwa prestasi siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor yang berasal dari diri pelajar dan faktor yang berasal dari sipengajar (guru).Dampak Positif dan Dampak Negatif Jejaring Sosial
A .Dampak positif jejaring sosial
Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan sosial yang sangat di butuhkan di zaman digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
Memperluas jaringan pertemanan, anak dan remaja akan menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia, meski sebagian besar diantaranya belum pernah mereka temui secara langsung.
Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena di sini mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati, misalnya memberi perhatian saat ada teman mereka yang ulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
B. Dampak Negatif jejaring sosial
Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang seluk beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahas tubuh dan nada suara, menjadi berkurang.
Situs jejaring sosial akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan anak menjadi kurang berempati di dunia nyata.
Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di jejaring sosial. Hal ini akan membuat mereka semakin sulit membedakan anatara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan dunia nyata. Hal ini tentunya akan mempengaruhi keterampilan menulis mereka di sekolah dalam hal ejaan dan tata bahasa.
Situs jejaring sosial adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru di kenal anak kita di internet, menggunakan jati diri yang sesungguhnya.
Pornografi : Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home page yang dapat di akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
Penipuan : Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
BAB III
METODE PENELITIAN
Pendekatan Masalah
Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini adalah peran remaja, yakni meneliti dan menelaah pengaruh frekuensi penggunaan jaringan sosial terhadap prestasi siswa.
Studi PustakaPenelitian ini dilakukan dengan metode studi pustaka, yaitu dilakukan dengan cara menggali informasi dan berbagai sumber pustaka seperti buku dan internet.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik pemgumpulan data ini  dilakukan dengan cara kuisioner, yaitu dengan menyebarkan pertanyaan pertanyaan yang telah disiapkan dan disebarkan kepada para responden.
Analisis Data
Setelah data terkumpul dan diolah kemudian dianalisis dengan mengunakan deskriptif. Analisis ini dilakukan dengan menjelaskan atau menggambarkan secara umum data sebagaimana diperoleh dalam penelitian.Populasi dan SampelDalam penelitian ini, populasi yang kami ambil adalah siswa kelas XI SMA N 1 Padang. Sampel yang kami gunakan sebanyak 20 orang.
BAB IV
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Frekuensi Penggunaan Jejaring Sosial oleh Siswa
Pada saat ini banyak siswa yang selalu mengupdate semua akun jejaring sosial yang mereka punya. Akun jejaring sosial yang mereka miliki tidak sedikit, melainkan cukup banyak. Data yang kami dapatkan jejaring sosial yang sering digunakan oleh siswa adalah Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Skype, dan Path. Mereka mengupdate pada saat waktu luang maupun libur. Tidak sedikit pula diantara mereka yang mengupdate jejaring sosial pada saat jam pelajaran berlangsung.Mereka melakukan ini dengan berbagai alasan. Alasan alasan tersebut seperti mencari tugas dari guru, chatting dengan teman, menambah informasi, memperluas wawasan, menambah ilmu pengetahuan, dan memperbanyak teman.
Dari penelitian yang kami lakukan 35% responden mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu untuk penggunaan jejaring sosial selama 1-3 jam. Dari penelitian tersebut 65% respoden mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu untuk penggunaan jejaring sosial dalam waktu yang tidak tertentu.
Kemudian penelitan kami juga menghasilkan bahwa mereka biasanya mengupdate jejaring sosial melalui handphone. Ini berarti handphone tersebut tidak terlepas dari tangan siswa dimanapun mereka berada.
Data ini menunjukkan bahwa siswa SMA N 1 Padang lebih sering menghabiskan waktu mereka untuk mengupdate jejaring sosial daripada mengulang pelajaran mereka yang telah disampaikan oleh guru dari sekolah.
Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Terhadap Prestasi Siswa
Dari data tadi kita dapat melihat bahwa ternyata lebih banyak siswa yang menggunakan jejaring sosial dalam waktu yang tidak menentu. Kemudian dari hasil penelitian kami juga menemukan bahwa 30 % responden mengatakan penggunaan jejaring sosial tersebut tidak berpengaruh terhadap prestasi mereka disekolah. Setelaah kami telaah ternyata responden ini hanya menggunakan jejaring sosial 1-3 jam dan digunakan untuk hal bermanfaat seperti membuat tugas dan menambah wawasan.
Akan tetapi responden kami yang lainnya, 70% mengatakan bahwa penggunaan jejaring sosial sangat berpengaruh bagi mereka, sehingga menyebabkan prestasi mereka turun disekolah. Ini dibuktikan dengan rangking pada rapor semester mereka tidak memuaskan. Mereka menyebutkan alasan mengapa jejaring sosial tersebut mengganggu prestasi belajar mereka, antara lain pertama, membuka situs jejaring sosial mengganggu waktu belajar mereka. Kedua, hal tersebut membuat mereka lupa belajar karena ketergantungan pada handphone mereka masing-masing. Ketiga, frekuensi penggunaan jejaring sosial yang terbilang cukup lama tersebut menyita waktu mereka, sehingga mereka malas untuk belajar. Kemudian alasan yang terakhir adalah, mereka jadi hobi membuka situs jejaring sosial, sehingga lupa melakukan kewajiban mereka sebagai peserta didik.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1Kesimpulan
Pada zaman sekarang komunikasi merupakan hal yag mudah dilakukan dan dengan cara serta biaya yang murah. Jejaring sosial merupakan jalan bagi seorang siswa untuk berhubungan dengam teman-temannya maupun keluarga. Frekuensi penggunaan jejaring sosial tersebut berbeda-beda. Alasan dari penggunanaan jejaring sosial ini pun bervariasi, antara lain untu menambah informasi, mencari tugas, maupun hanya untuk chatting dengan teman saja.
Frekuensi penggunaan jejaring sosial ternyata berpengaruh besar terhadap prestasi belajar siswa disekolah. Hal ini ditunjukkan pada nilai rapor semester mereka masing-masing.
5.2Saran

Diharapkan kepada seluruh siswa untuk dapat mengatur penggunaan jejaring sosial dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian siswa juga bisa mengetahui manfaat baik yang mereka peroleh dari penggunaan jejaring sosial.
Untuk pihak orang tua, juga dapat mengawasi anak anaknya dan mengatur mereka agar waktu penggunaan jejaring sosial tidak berlebihan dan menyita waktu mereka untuk belajar.
Yang terakhir, untuk pihak sekolah agar memberikan peringatan kepada siswa yang menggunakan jejaring sosial saat pelajaran beralngsung dan memberikan sanksi tegas bagi siswa yang melanggar.

DAFTAR PUSTAKA
Sumber :
www.istikatin.blogspot.comwww.pengertianahli.comwww.teknojurnal.comwww.ciciliaerma.blogspot.comwww.deeanitachachandewi.blogspot.comwww.miapurwanti.blogspot.comwww.angger-dimaz.blogspot.comRIWAYAT PENULIS
Nama Siswa:DINI DESVARHOZA
No. Induk/NISN:0015902 / 9971178005
Jenis Kelamin:Perempuan
Tempat/Tanggal Lahir:Padang/ 8 Desember 1997
Agama:Islam
Alamat Siswa:Jl. Terandam III No. 27/A
Pendidikan:1. SMP Negeri 1 Padang, berijazah tahun 2012
SMA Negeri 1 Padang sampai sekarang
Nama Siswa:NISA SAFIRA IMRAN
No. Induk/NISN:0015758 / 9970417723
Jenis Kelamin:Perempuan
Tempat/Tanggal Lahir:Padang / 7 Desember 1997
Agama:Islam
Alamat Siswa:Komp. Vila Asoka Blok C9 Gunung Sarik
Pendidikan:1. SMP Negeri 25 Padang, berijazah tahun 2012
SMA Negeri 1 Padang sampai sekarang
Nama Siswa:SONIA PRATIWI
No. Induk/NISN:0015793 / 9970816123
Jenis Kelamin:PerempuanTempat/Tanggal Lahir: Padang / 10 Mei 1997
Agama: Islam
Alamat Siswa: Komp. Karya Rei Blok B No. 2 BelimbingPendidikan:1. SMP Negeri 1 Padang, berijazah tahun 2012
SMA Negeri 1 Padang sampai sekarang
Nama Siswa:TRISYA PUTRI MELIA
No. Induk/NIS:0015825/ 9975975366
Jenis Kelamin:Perempuan
Tempat/Tanggal Lahir: Padang/16 November 1997
Agama: Islam
Alamat Siswa:Komp.Gunung Semeru 1 No 2 Gunung Pangilun
Pendidikan:1. SMP Negeri 25 Padang, berijazah tahun 2012
SMA Negeri 1 Padang sampai sekarang
Nama Siswa:VANIA REGHINA IRSYA
No. Induk/NISN:0015894 / 9986273608
Jenis Kelamin:Perempuan
Tempat/Tanggal Lahir:Jakarta / 25 Januari 1998
Agama:Islam
Alamat Siswa:Dr. Sutomo No.113 A, Marapalam
Pendidikan:1. SMP LABSCHOOL Jakarta, berijazah tahun 2012
SMA Negeri 1 Padang sampai sekarang
Nama Siswa:YUMNI NADHILAH
No. Induk/NISN:0015766 / 9960010099
Jenis Kelamin:PerempuanTempat/Tanggal Lahir:Padang, 20 Oktober 1996
Agama:Islam
Alamat Siswa:Komp Polda Blok G No 8 Balai Baru Padang
Pendidikan:1. SMP Negeri 1 Padang, berijazah tahun 2012
SMA Negeri 1 Padang sampai sekarang


Download Karya ilmiah jejaring sosial.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Karya ilmiah jejaring sosial. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon