December 13, 2016

Contoh RPP Kewirausahaan Kurikulum 2013 Pertemuan Pertama


Judul: Contoh RPP Kewirausahaan Kurikulum 2013 Pertemuan Pertama
Penulis: Mariatul Kiftiah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan: SMK Negeri 18 Jakarta
Kelas / Semester: X/ 1
Mata Pelajaran: Prakarya dan KewirausahaanMateri Pokok: Desain Produk dan Pengemasan
Tanaman Hias
Alokasi Waktu: 2 x 45 Menit
Pertemuan Ke: 1
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan pelajaran agama yang dianut
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara selektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu penegetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebngasaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah budidaya tanaman pangan (singkong/ toge/ cabe) dan budidaya tanaman hias (tanaman bunga/toga).
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Sikap Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk budidaya dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya.
Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk budidaya di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha.
Menghayati sikap bekerja sama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan melaksanakan bududaya di wilayah setempat dan lainnya dengan memeperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha.
Pengetahuan Memahami konsep kewirausahaan dalam menjalankan sebuah wirausaha budidaya tanaman hias
Keterampilan Menyajikan konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha budidaya tanaman hias
Indikator Percapaian Kompetensi
Sikap Memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan terutama terhadap produk budidaya dan kewirausahaan di wilayah setempat.
Mentransformasikan diri dalam berperilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk budidaya tanaman hias di wilayah setempat dan menerapkan wirausaha.
Menunjukkan sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami usaha budidaya tanaman hias di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha.
Pengetahuan Menemukan konsep pengertian wirausaha dan kewirausahaan.
Menemukan tujuan kewirausahaan.
Keterampilan Terampil menyajikan konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman tokoh-tokoh wirausaha budidaya tanaman hias.
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran, peserta didik dapat:
Sikap Mampu menumbuhkan motivasi internal yang tinggi dan perilaku peduli terhadap lingkungan, terutama terhadap usaha budidaya tanaman hias.
Mampu mentransformasikan diri dalam berperilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam menyelesaikan tugas budidaya tanaman hias dan menerapkan wirausaha.
Menunjukkan sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami usaha budidaya tanaman hias dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha.
Pertemuan Pertama Menemukan konsep pengertian kewirausahaan.
Menemukan konsep tujuan kewirausahaan.
Keterampilan Terampil menggunakan konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman tokoh-tokoh wirausaha budidaya tanaman hias.
Materi Ajar
Sikap Motivasi internal dan perilaku peduli terhadap lingkungan.
Berperilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam menyelesaikan tugas budidaya tanaman hias dan menerapkan wirausaha.
Bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami usaha budidaya tanaman hias.
Pertemuan Pertama (2x45') Pengertian Wirausaha
Pengertian Kewirausahaan.
Tujuan Kewirausahaan.
Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan: Student Centered
Model Pembelajaran: Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)
Projek
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Pendahuluan Orientasi:
Mengucap salam, menanyakan kabar siswa, berdoa & mendoakan siswa/orang tua siswa yang sakit (jika ada).
Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.
Mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembeajaran konsep kewirausahaan.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan mengenai usaha-usaha yang banyak ditemui oleh siswa di sekitar rumah.
Motivasi:
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi pengertian dan tujuan kewirausahaan.
Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas.
Pemberian Acuan:
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas.
Pembagian kelompok belajar.
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. 20 menit
Inti Untuk dapat menemukan konsep pengertian dan tujuan kewirausahaan, peserta didik diminta untuk menganalisa arti dua suku kata (wira=berani, pahlawan; usaha= kegiatan, pekerjaan) yang diberikan oleh guru. (Mengamati)
Guru membai siswa menjadi 6 kelompok. Tiap-tiap kelompok diminta untuk berdiskusi tentang konsep pengertian dan tujuan kewirausahaan. Tiap kelompok diberi kesempatan untuk bertanya dan memberikan pendapat. Siswa lain diminta untuk memperhatikan dan menanggapi. (Menanya)
Setiap kelompok diminta untuk membacakan hasil temuan mereka tentang pengertian dan tujuan kewirausahaan. (Mengeksplorasikan)
Setiap kelompok diminta untuk mengidentifikasi usaha yang berkembang di daerah sekitar dan menghubungkannya dengan konsep pengertian dan tujuan kewirausahaan. (Mengasosiasikan)
Salah satu siswa diminta untuk menyimpulkan hasil diskusi tentang pengertian dan tujuan kewirausahaan. (Mengkomunikasikan)
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masala, tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan. 55 menit
Penutup Peserta didik dengan bimbingan guru, membuat resume tentang pengertian dan tujuan kewirausahaan. 15 menit
Alat/Media
Penggaris, spidol, papan tulis.
Laptop & infocus.
Lembar kerja.
Sumber Pembelajaran
Tim Penulis, Buku Kewirausaha Kelas X SMK.
Informasi penunjang.
Penilaian Hasil Belajar
Penilaian sikap: Tehnik Non Tes Bentuk Pengamatan Sikap dalam pembelajaran.
Penilaian pengetahuan: Tehnik Tes Bentuk Tertulis Uraian
Penilaian Keterampilan: Tehnik Non Tes Bentuk Penugasan
(Lembar Kerja/LK dan Instrumen Penilaian Terlampir)
Mengetahui/menyetujuiJakarta, 22 Agustus 2013
Kepala SekolahGuru Mata Pelajaran
Drs. Supranjono, MM. Siti Mathoyah, S.Pd.
NIP. 196509081994121001NIP. 197907302008012028
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Satuan Pendidikan: SMK
Kelas/Semester: X/1
Mata Pelajaran: Prakarya dan Kewirusahaan
Materi Pokok: Desain Produk dan Pengemasan Tanaman Hias
Waktu Pengamatan:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran budidaya tanaman hias:
Kurang baik: jika menunjukan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran.
Baik: jika menunjukan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran
tetapi belum konsisten
Sangat baik: jika menunjukan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas
kelompok . Terus menerus dan sudah konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok :Kurang baik: jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
Baik: jika menunjukan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan
kelompok tetapi belum konsisten.
Sangat baik: jika menunjukan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan
kelompok secara terus-menerus dan konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif :Kurang baik: jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
Baik : jika menunjukan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih
belum ajeg/ konsisten.
Sangat baik: jika menunjukan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus
menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.KELAS X PEMASARAN 1
No Nama Siswa Sikap
Aktif Kerja sama Toleran
KB B SB KB B SB KB B SB
1 Aeindrea Aghastasya Putri 2 Alvis Sahrul Hadi 3 Ani Rosiani 4 Aprillia Purri Octaria 5 Ayis Saifudin 6 Camila Mahmudah 7 Dwi Lestari 8 Fahrul Rozy 9 Ghina Nurul Fiqri 10 Hendri Elvian Elvano 11 Hilda Munirastuti 12 Hisyam Aji Saputro 13 Idzhar Ichsan Adzhari 14 Ilham Kurnia 15 Iqsan Firmansyah 16 Ita Neneng Khasanah 17 Kemal Kusuma 18 Maria Ulfa Indriani 19 Maulidyafitri Nurlies 20 Muhammad Adam Arasyid 21 Muhammad Almer Ramadhan 22 Muhammad Taufiq Nurcahyanto 23 Mul Ameliya Rizki 24 Munah Oktaviani 25 Nurulita Kusumaning Fitri 26 Putri Rahmayanti 27 Rifa Azzahra 28 Rizki Attila Rahmanda 29 Rizky Yuniarti 30 Syeka Nurtiana 31 Vera Herlina 32 Vikri Ardiansyah 33 Vista Marchena Brilianty 34 Widyo Utomo 35 Yazid As Syirazi KELAS X PEMASARAN 2
No Nama Siswa Sikap
Aktif Kerja sama Toleran
KB B SB KB B SB KB B SB
1 Ade Irianti 2 Agnes Anggraeni 3 Ahmad Haryadi 4 Ahmad Wildan Nizhami 5 Alfi Zaky Mukti 6 Alma Iriany 7 Angela Citra Larasati 8 Dadan Sundawa 9 Denis Setiawan 10 Dheavita Rizky Maudhiata 11 Dita Wahyu Tamiasih 12 Elfa Rahmawati 13 Firman Maulana 14 Haryadi Wijaya 15 Hendra Purnomo 16 Indah Oktafiani 17 Kiki Widjayanti 18 Komarul Choir 19 Mega Mustika Sari 20 Moch. Irfan Rohadi 21 Monika Lestari BR Sitepu 22 Muhammad Hafiza Kiliman 23 Muhammad Aulia Adi Nugraha 24 Muhammad Bismakresna 25 Muhammad Hafiz 26 Nanda Nurul Hasanah 27 Nurul Azskia 28 Radhita Zilfa 29 Ravena Rosadi 30 Rheza Anggraeni 31 Sigit Haryanto 32 Vhalya Naria Widya Putri 33 Wahyu Mustika Prassetio 34 Yasmine Alya Khoirunnisa 35 Yuis Eza Mariska 36 Yunus Pangestu Keterangan :KB: Kurang baik
B: Baik
SB: Sangat baik
Mengetahui/menyetujuiJakarta, 22 Agustus 2013
Kepala SekolahGuru Mata Pelajaran
Drs. Supranjono, MM. Siti Mathoyah, S.Pd.
NIP. 196509081994121001NIP. 197907302008012028
INSTRUMENT PENILAIAN SIKAP BENTUK PENILAIAN DIRI
Satuan Pendidikan: SMKN 18 Jakarta
Kelas/ Semester: X/1
Mata Pelajaran: Prakarya dan Kewirausahaan
Materi Pokok: Desain Produk dan Pengemasan Tanaman Hias
Nama :
Kelas:
Petunjuk :Bacalah instrument ini dengan cermat !Pilihlah salah satu jawaban dari pernyataan di bawah ini dengan sikap jujur dan sesuai dengan kejadian yang sebenarnya , bukan menurut yang seharusnya.
Beri tanda √ pada kolom yang sesuai.
Rubrik Penilaian Sikap
TP = Tidak Pernah :Jika presentase terjadinya : 0%
JR = Jarang: Jika persentase terjadinya : 0% < X ≤ 60 %
SR = Sering: Jika persentase terjadinya : 60% < X ≤ 75 %
SS = Sangat Sering: Jika persentase trejadinya : 75% < X ≤ 99 %
SL = Selalu : Jika persentase terjadinya : 100%
No PERNYATAAN TP JR SR SS SL
1 2 3 4 5
1 Jika hari itu ada jadwal pelajaran prakarya dan kewirausahaan , saya berharap guru prakarya dan kewirausahaan saya tidak berhalangan hadir ke sekolah. 2. Saya merasa rugi, jika tidak hadir ke sekolah saat ada jadwal pelajaran prakarya dan kewirausaan. 3. Saya tetap mengerjakan PR prakarya dan kewirausahaan yang ditugaskan guru, meskipun saya berhalangan hadir ke sekolah. 4. Saya membaca / mempelajari terlebih dulu, materi pelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan. 5. Saya memperhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan guru prakarya dan kewirausahaan, pada saat belajar di kelas. 6. Saya menanyakan kepada guru tentang materi pelajaran prakarya dan kewirausahaan yang belum saya pahami. 7. Saya mendengarkan semua informasi yang berkaitan dengan materi pelajaran prakarya dan kewirausahaan yang sedang belajar. 8. Saya bersungguh-sungguh menyelesaikan soal/tugas individu dalam pelajaran prakarya dan kewirausahaan. 9. Saya tidak mencontek saat ulangan prakarya dan kewirausahaan. 10. Saya bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dalam pelajaran prakarya dan kewirausahaan. 11. Saya berusaha menyelesaikan dengan baik, tugas kelompok yang merupakan tanggung jawab saya 12. Saya berpartisipasi dalam kegiatan kelompok pada pelajaran prakarya dan kewirausahaan. 13. Saya berusaha menyelesaikan masalah / soal dalam pelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan baik/maksimal. 14. Saya memberikan kontribusi yang berarti dalam keberhasilan kelompok saya dalam pelajaran prakarya dan kewirausahaan. 15. Saya bersemangat menyelesaikan tugas kelompok dalam pelajaran prakarya dan kewirausahaan. 16. Saya berusaha memperoleh informasi dari berbagai sumber untuk menyelesaikan masalah dalam pelajaran prakarya dan kewirausahaan. 17. Saya berusaha melengkapi alat-alat yang dibutuhkan dalam pelajaran prakarya dan kewirausahaan. 18. Saya membeli atau meminjam diperpustakaan buku penunjang yang dibutuhkan dalam pelajaran prakarya dan kewirausahaan. 19. Saya memperoleh manfaat dari kegiatan kelompok pada pelajaran prakarya dan kewirausahaan. 20. Saya berusaha menyelesaikan dan menyerahkan tugas/PR prakarya dan kewirausahaan di awal waktu. Jakarta, 22 Agustus 2013
Guru Mata Pelajaran
Siti Mathoyah, S.Pd.
NIP. 197907302008012028
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
TES TERTULIS BENTUK URAIAN/ESSAY
No Indikator soal diambil mengacu pada tujuan pembelajaran) Bentuk Soal Skor
Maks
Menemukan konsep pengertian kewirausahaan Uraian bebas 40
Menemukan konsep tujuan kewirausahaan Uraian bebas 60
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 100

Nama:
Kelas:
NO BUTIR SOAL URAIAN JAWABAN SKOR
MAKS
1 Jelaskan pengertian kewirausahaan! 10
2 Jelaskan tujuan kewirausahaan yang kamu ketahui! 5
SKOR NILAI 100
NILAI = Jumlah Skor Siswa X 100
Skor Maksimal
Jakarta, 22 Agustus 2013
Kepala SekolahGuru Mata Pelajaran
Drs. Supranjono, MM. Siti Mathoyah, S.Pd.
NIP. 196509081994121001NIP. 197907302008012028
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran: Prakarya dan Kewirausahaan
Kelas/ Semester: X/1
Tahun Pelajaran: 2013/2014
Waktu Pengamatan:
Indicator terampilan menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan materi budidaya tanaman hias :Kurang Terampilan (KT): jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep /
prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai dan fungsi di berbagai kuadran.
Terampil (T): jika menunjukan sudah ada usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran tetapi belum tepat.
Sangat Terampil: jika menunjukan adanya usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
KELAS X PEMASARAN 1
No Nama Siswa Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT T ST
1 Aeindrea Aghastasya Putri 2 Alvis Sahrul Hadi 3 Ani Rosiani 4 Aprillia Purri Octaria 5 Ayis Saifudin 6 Camila Mahmudah 7 Dwi Lestari 8 Fahrul Rozy 9 Ghina Nurul Fiqri 10 Hendri Elvian Elvano 11 Hilda Munirastuti 12 Hisyam Aji Saputro 13 Idzhar Ichsan Adzhari 14 Ilham Kurnia 15 Iqsan Firmansyah 16 Ita Neneng Khasanah 17 Kemal Kusuma 18 Maria Ulfa Indriani 19 Maulidyafitri Nurlies 20 Muhammad Adam Arasyid 21 Muhammad Almer Ramadhan 22 Muhammad Taufiq Nurcahyanto 23 Mul Ameliya Rizki 24 Munah Oktaviani 25 Nurulita Kusumaning Fitri 26 Putri Rahmayanti 27 Rifa Azzahra 28 Rizki Attila Rahmanda 29 Rizky Yuniarti 30 Syeka Nurtiana 31 Vera Herlina 32 Vikri Ardiansyah 33 Vista Marchena Brilianty 34 Widyo Utomo 35 Yazid As Syirazi KELAS X PEMASARAN 2
No Nama Siswa Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT T ST
1 Ade Irianti 2 Agnes Anggraeni 3 Ahmad Haryadi 4 Ahmad Wildan Nizhami 5 Alfi Zaky Mukti 6 Alma Iriany 7 Angela Citra Larasati 8 Dadan Sundawa 9 Denis Setiawan 10 Dheavita Rizky Maudhiata 11 Dita Wahyu Tamiasih 12 Elfa Rahmawati 13 Firman Maulana 14 Haryadi Wijaya 15 Hendra Purnomo 16 Indah Oktafiani 17 Kiki Widjayanti 18 Komarul Choir 19 Mega Mustika Sari 20 Moch. Irfan Rohadi 21 Monika Lestari BR Sitepu 22 Muhammad Hafiza Kiliman 23 Muhammad Aulia Adi Nugraha 24 Muhammad Bismakresna 25 Muhammad Hafiz 26 Nanda Nurul Hasanah 27 Nurul Azskia 28 Radhita Zilfa 29 Ravena Rosadi 30 Rheza Anggraeni 31 Sigit Haryanto 32 Vhalya Naria Widya Putri 33 Wahyu Mustika Prassetio 34 Yasmine Alya Khoirunnisa 35 Yuis Eza Mariska Mengetahui/menyetujuiJakarta, 22 Agustus 2013
Kepala SekolahGuru Mata Pelajaran
Drs. Supranjono, MM. Siti Mathoyah, S.Pd.
NIP. 196509081994121001NIP. 197907302008012028
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN (KREATIFITAS)
TES TERTULIS BENTUK URAIAN
Satuan Pendidikan: SMKN 18 JAakarta
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Prakarya dan Kewirausahaan
Materi Pokok : Desain Produk dan Pengemasan Tanaman Hias
Nama: Kelas :
No Soal Skor Aspek yang Dinilai Jumlah Skor
Fluency (Kelancaran) Fleksibilitas (Keluwesan) Elaborasi (Kejelasan) Originality (Keaslian) 1 2 Dst Jumlah Total Rubrik Penilaian Tes Kreativitas Siswa:
Aspek yang Dinilai Skor Indikator
Fluency (Kelancaran) 4 Seluruh jawaban benar dan beberapa pendekatan/cara digunakan.
3 Paling tidak dua jawaban benar diberikan dan dua cara digunakan.
2 Paling tidak satu jawaban benar diberikan dan satu cara digunakan
1 Jawaban tidak lengkap atau cara yang dipakai tidak berhasil
Fleksibilitas (Keluwesan) 4 Memberikan jawaban yang beragam dan benar
3 Memberikan jawaban yang beragam tetapi salah
2 Memberikan jawaban yang tidak beragam tetapi benar
1 Memberikan jawaban yang tidak beragam tetapi salah
0 Tidak memberikan jawaban
Elaborasi (Kejelasan) 4 Memberikan jawaban yang rinci dan hasil yang benar
3 Memberikan jawaban yang rinci tetapi hasil salah
2 Memberikan jawaban yang tidak rinci tetapi hasil benar.
1 Memberikan jawaban yang tidak rinci tetapi hasil salah.
0 Sedikit atau tidak ada penyelesaian
Originality (Keaslian) 4 Cara yang dipakai berbeda dan menarik.
3 Cara yang dipakai tidak biasa dan berhasil. Cara digunakan oleh sedikit siswa.
2 Cara yang dipakai merupakan solusi soal tetapi masih umum.
1 Cara yang digunakan bukan merupakan solusi persoalan.
Mengetahui/menyetujuiJakarta, 22 Agustus 2013
Kepala SekolahGuru Mata Pelajaran
Drs. Supranjono, MM. Siti Mathoyah, S.Pd.
NIP. 196509081994121001NIP. 197907302008012028
INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK
Mata Pelajaran: Kewirausahaan
Nama Proyek: ……………………..Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Guru Pembimbing: ………………………Nama Siswa: ………………………Kelas: ………………………Tahapan Uraian Kegiatan Skor
Kurang
(1) Cukup
(2) Baik
(3) Amat baik
(4)
Perencanaan Penyusunan rencana/scenario/prosedur Penyusunan desain Penyiapan sumber dan bahan Pelaksanaan Mengumpulkan data dan informasi Menganalisis data dan informasi Mengelola waktu serta sumber-sumber daya yang lain Laporan proyek Relevansi hasil dengan kompetensi yang harus dicapai Keaslian hasil Manfaat hasil Mengetahui/menyetujuiJakarta, 22 Agustus 2013
Kepala SekolahGuru Mata Pelajaran
Drs. Supranjono, MM. Siti Mathoyah, S.Pd.
NIP. 196509081994121001NIP. 197907302008012028


Download Contoh RPP Kewirausahaan Kurikulum 2013 Pertemuan Pertama.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Contoh RPP Kewirausahaan Kurikulum 2013 Pertemuan Pertama. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon