Desember 13, 2016

BUSSINES PLAN (RANCANGAN USAHA) MAKARONI BALADO

Judul: BUSSINES PLAN (RANCANGAN USAHA) MAKARONI BALADO
Penulis: Yan Grandis


BUSSINES PLAN
"MAKARONI BALADO KRIUKS"
MAKALAH
Diajukan untuk memenuhi persyaratan
tugas mata kuliah Kewirausahaan
Disusun oleh :
YAN GRANDIS S.
NIM. 115060207111036/1110623044
KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN MESIN
MALANG
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Di era globalisasi di dunia pendidikan semakin berkembang sehingga dengan perkembangan pendidikan ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Sebagai seorang mahasiswa, kita harus mampu mengikuti perkembangan pendidikan. Supaya dapat berkompetisi dalam mencapai keberhasilan dan kesuksesan di dunia usaha. Untuk itu dalam penguasaan suatu pendidikan tidak harus teori-teori saja yang di butuhkan tetapi praktek secara langsung akan lebih di jamin keberhasilannya.
Dalam rangka pemenuhan persyaratan nilai tugas mata kuliah Kewirausahaan yang terfokus pada program Enterpreneur University di mana siswa harus mampu mengelola dan mengembangkan suatu usaha yang mandiri dan kompetitif di dunia kewirausahaan. Disini saya bermaksud mengaktualisasikan antara teori dan praktek dalam bentuk kegiatan usaha penjualan atau kewirausahaan.
Setiap usaha selalu ingin berkompetisi dengan usaha lain untuk memperoleh keuntungan. Berkaitan dengan hal "BUSINESS PLAN" sebagai penyedia kebutuhan sehari-hari mampu berkompetisi memenuhi kebutuhan masyarakat.
B.  Maksud dan Tujuan
Adapun Maksud dan Tujuan dari kegiatan usaha keweirausahaan "Busines Plan" yang saya lakukan:
1.    Memenuhi persyaratan kelulusan sekolah Menengah kejuruan bidang keahlian bisnis manajemen.
2.    Melatih diri agar mampu hidup mandiri dan terampil dalam memasuki dunia usaha di masyarakat.
3.    Sebagai wujud penerapan lima yang telah diperole dibidang kewirausahaan.
4.    Sebagai buku laporan akhir atas pelaksanaan Business Plan kewirausahaan.
C.  Manfaat Business Plan
1.    Menyiapkan lapangan kerja yang produktif dan dapat mengembangkan kreatifitas para siswa.
2.    Menyiapkan kemampuan dalam memilih usaha yang sesuai di masyarakat.
3.    Menyiapkan tenaga kerja yang profesional yang dibutuhkan oleh perusahaan.
4.    Memberikan pembekalan kepada siswa untuk dapat berwirausaha.
BAB II
RENCANA USAHA
Aspek Umum dan Stuktur Organisasi
~     Nama, jenis, bentuk, dan Tempat Usaha.
 Nama Usaha           : Makaroni Balado Kriuks Jenis                        : Makanan Ringan.
 Bentuk                    :Bergerak dalam bidang perdagangan yang bentuk kegiatan usahanya dilakukan secara perorangan.
 Tempat Usaha         : Toko dan area kampus sekitar Dinoyo-MT. Haryono.~     Visi dan Misi Usaha
  Visi
-          Terwujudnya hidup yang mandiri.
-          Mewujudkan wirausaha yang unggul, kreatif dan kompetitif.
-          Mencetak sebuah wirausaha yang professional.
  Misi
-          Pengembangan kreatif dini.
-          Menenemkan jiwa wirausaha sejak dini.
-          Mewujudkan kehidupan yang mandiri.
BAB III
ISI
1.      Deskripsi Usaha
~        Usaha dalam bidang kelompok
Usaha yang saya kembangkan bergerak dalam bidang perdagangan, yaitu perdagangan bidang produksi makanan ringan.
~        Pendistribusian produk.
Saya mendistribusikan produk makanan dengan cara menjualnya secara langsung kepada konsumen.
~        Pendistribusian produk.
Untuk membuat produk-produk makanan, saya menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan tidak mengandung bahan kimia seperti zat pewarna,
2.      Keterangan rinci tentang orang yang menyusun rencana usaha
a.       Pengalaman sebelumnya yang relevan.
         Pernah melakukan praktek kewirausahaan dengan menjual kaos jersey secara online
         Pernah memasarkan produk-produk dari distro Bandung kepada konsumen secara langsung.
b.      Pendidikan dan pelatihan yang pernah saya ikuti
         Belum pernah3.      Penilaian Terhadap Pasar
a.       Pelanggan saya dapat di deskripsikan sebagai berikut :
         Masyarakat umum dari semua kalangan.
         Mahasiswa         Pedagang, kantin sekolah.
         Anak-anak
b.      Jumlah atau volume yang ada di pasar.
Tempat Jenis Makanan Harga Unit/volume jumlah
Di pasar Makaroni balado Rp. 1000,- 200 Rp. 200.000
c.       Pertumbuhan (perkiraan) masa depan volume pasar.
Usaha yang kami buat akan meningkat karena dengan rasanya yang enak, pedas, dan dengan netto yang banyak. Sehingga pembeli suka dengan produk yang kami produksi.
d.      Kekuatan utama pesaing usaha saya.
         Produknya sudah dikenal masyarakat.
         Mempunyai modal lebih.
         Sudah memiliki pelanggan yang tetap.
e.       Kelemahan utama pesaing usaha saya.
         Harganya tidak terjangkau.
         Berat nettonya lebih sedikit.
         Tidak ada potongan harga walaupun konsumen membeli dalam jumlah banyak.
4.      Rencana Pemasaran.
A.    Produk
Jenis produk Keterangan
Makanan ringan Makaroni balado
B.     Harga
Nama produk Harga pokok produksi Harga jual Harga pasang
Makaroni balado Rp. 355,- Rp. 500,- Rp. 1000,-
C.     Proses Pembuatan Produk
  Alat dan bahan
-          Makaroni -          Koran
-          Gula merah -          Wajan
-          Cabe -          Sotel
-          Garam -          Serok
-          Minyak goreng -          Kompor gas
-          Plastik -          Baki
  Cara pembuatan produk
-          Panaskan minyak goreng ¼ kg di wajan.
-          Goreng makaroni dikit demi sedikit sampai matang.
-          Tiaskan di atas baki yang sudah di alasi koran.
-          Panaskan air di wajan hingga mendidih, masukkan gula merah, aduk sampai gula merahnya hancur, masukkan cabe dan sedikit garam yang sudah di halusan ke dalam wajan, campur sampai merata dan kental.
-          Masukkan makaroni yang sudah di goreng ke dalam wajan yang berisi adonan rasa balado, aduk hingga merata kemudian tiriskan di baki.
-          Kalau sudah dingin bungkus ke dalam plastik.
-          Produk siap saji.
D.    Harga Pokok Produksi.
Keterangan Harga Harga
1)        Bahan-bahan
Bahan baku
Makaroni 3 pack @ 10.000
Jumlah bahan baku Rp. 30.000,- Rp. 30.000,-
Bahan penolong
Gula merah ¼ kg
Gula merah ½ kg
Garam 1 bungkus
Cabe 1 ons
Jumlah bahan penolong Rp. 25.000,-
Rp. 5.000,-
Rp. 700,-
Rp. 1.000,- Rp. 9.200,-
Biaya lain-lain
Plastik 1 pack
Jumlah biaya lain-lain
Jumlah biaya bahan-bahan Rp. 3.500,- Rp. 3.500,-
Rp. 42.700,-
2)        Harga pokok produksi
Total pengeluaran : Rp. 42.700,-
Hasil produksi         120 unit RP. 355,- 3)      Laba Rp. 145,- per unit @ 120 Rp. 17.400,-
Jumlah HPP dan laba
(120 per unit x 500) Rp. 60.000,-
4)        Harga jual
Jumlah HPP dan laba
Hasil produksi
Rp. 60.000,- : Rp. 500,-
120 per unit Rp. 500,-
E.     Tempat
         Keterangan rinci tentang tempat produksi dan penjualan.
-          Tempat produksinya berada di rumah teman saya.
-          Penjualannya di toko-toko  terdekan, kantin sekolah dan spot yang ramai di kampus         Alasan mengapa memilih tempat penjualan.
-          Tempat yang strategis.
-          Ramai oleh calon pembeli karena dekat toko, sekolah SD, TK, dan mahasiswa yang suka dengan makanan ringan.
F.      Promosi dan Iklan.
Jenis promosi Biaya
Dari mulut ke mulut Tanpa biaya
G.    Organisasi pelaksana.
a.       Usaha yang akan di daftarkan sebagai
() Usaha kepemilikan tunggal                 ( ) Koperasi
( ) Kemitraan 1                                          ( ) Usaha kelompok
( ) Perusahaan                                            ( ) Lain-lain
b.      Nama usaha yang di rencanakan
" MAKARONI BALADO KRIUKS "
c.       Susunan personalia
Nama Jabatan Gaji perbulan
1.      Yan GrandisPimpinan dan karyawan Rp. 500.000,-
H.    ASSET TETAP (FIXED ASSET)
a.       Berdasarkan pperkiraan dan kapasitas produksi, maka usaha saya memerlukan alat kerja sbb:
No. Alat Banyaknya Harga saham Jumlah barang
1.
2.
3.
4.
5. Kompor gas
Wajan
Baki
Sotel
Serok 1
1
2
1
2 Rp. 13.000,-
Rp. 20.000,-
Rp.10.000,-
Rp.4.000,-
Rp.6.000,- Rp. 13.500,-
Rp. 20.000,-
Rp. 20.000,-
Rp. 4.000,-
Rp. 12.000,-
Rp.69.500,-
I.    Prediksi Pendapatan Penjualan
Jenis barang dagangan Keterangan Penjualan pada minggu ke Jumlah
1 2 3 4 Makaroni Balado Unit yang terjual (120 x 7) hr
terjual (160 X 7) hr
840 unit 200 x 7 hr
1400 unit (260 x 7 ) hr
1.820 unit 5.180
Harga jual Rp 500,- Rp 500,- Rp 500,- Rp 500,- Rp 500,-
Nilai Penj/ Minggu Rp 420.000 Rp 560.000 Rp 700,000 Rp 910.000 Rp 2.590.000
J.     Laba Dalam Penjualan
Pendapatan penjualan: Rp 2.590.000,-
Bahan baku: Rp 165.000,-
Bahan penolong: Rp 312.900,-
BTk: Rp 500.000,-       -
           
Biaya operasional
Transportasi: Rp       60.000
Listrik & telp: Rp     100.000
Biaya lain-lain: Rp       30.000,- 
39659441031362892056103136
Laba bersih / bulan: Rp     1.422.100,-
BAB IV
PENUTUP
            Makanan ringan merupakan makanan yang sangat digemari oleh masyarakat umum. Baik itu yang berbentuk basah atau yang hanya tahan 1 hari saja, ataupun berbentuk kering yang tahannya sampai berbulan-bulan bahkan tahunan. Di kota Malang sendiri, banyak tersedia jenis makanan atau jajanan ringan, contohnya di swalayan-swalayan ternama. Setiap hari para pelaku bisnis ini akan mengantarkan barang dagangannya ke swalayan-swalayan ataupun ke toko oleh-oleh. Ini membuktikan bahwa bisnis makanan ringan adalah bisnis yang sangat menguntungkan saat ini dan ke depan.
Begitu juga dengan bisnis plan yang kami rancang di atas. Makaroni balado merupakan makanan ringan yang sangat digemari oleh masyarakat. Tapi sayangnya, tidak awet dalam waktu yang lama, dari sanalah bisnis ini bermula. Makaroni balado yang kami buat bisa disimpan dalam waktu yang lama. diharapkan jajanan ini dapat diterima dan mampu bersaing di pasaran.


Download BUSSINES PLAN (RANCANGAN USAHA) MAKARONI BALADO.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca BUSSINES PLAN (RANCANGAN USAHA) MAKARONI BALADO. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: