November 25, 2016

TUGAS MANDIRI


Judul: TUGAS MANDIRI
Penulis: Nia Damara


TUGAS MANDIRI
EKTIFITAS PELAYANAN TAMU SECARA ON LINE TERHADAP KEPUASAN TAMU DIHOTELARMONI FORMOSA BATAM
Mata Kuliah: Metodologi Penelitian

Nama Mahasiswa: Kurnia Laiya 110210157
Desi Purwati 110210195
Novitasari 110210158
Edo Damara 110210149
Kode Kelass: 131-TK112-M6
Dosen : Suryo Budi Pranoto,S.E.,M.M.
UNIVERSITAS PUTERA BATAM
2013/2014
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan karuniaNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian yang merupakan salah satu persyaratan untuk menyelesaikan program studi strata satu (S1) pada Jurusan Teknik Informatika Universitas Puetra Batam.
Penulis menyadari bahwa proposal penelitian ini masih jauh dari sempurna. Karena itu, kritik dan saran akan senantiasa penulis terima dengan senang hati.
Dengan segala keterbatasan, penulis menyadari pula bahwa proposal penelitian ini takkan terwujud tanpa bantuan, bimbingan, dan dorongan dari berbagai pihak. Untuk itu, dengan segala kerendahan hati, penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
Bapak Suryo Budi Pranoto,S.E.,M.M Selaku Dosen pengajar mata kuliah Metodologi Penelitian,di Universits Putera Batam
Dosen dan Staff Universitas Putera Batam
Kedua Orang Tua dan keluarga yang telah banyak memberikan dorongan moril dan doanya sehingga proposal penelitian ini dapat terselesaikan dengan baik.
Teman-teman mahasiswa angkatan 2012 yang tidak dapat disebutkan satu persatu, telah banyak memberikan saran dan bantuan yang berharga dalam menyelesaikan proposal penelitian ini
Semoga Allah SWT membalas kebaikan dan selalu mencurahkan hidayah serta taufikNya, Amin.
Batam, 20 Desember 2013
Penulis
DAFTAR ISI
Kata pengantari
Daftar isiii
BAB I Pendahuluan1
Latar Belakang Penelitian1
Identifikasi Masalah2
Pembatasan Masalah3
Rumusan Masalah3
Tujuan Penelitian3
Manfaat Penelitian3
BAB II Tinjauan Pustaka4
Variabel / Konsep4
Penelitian Terdahulu4
Kerangka Pemikiran6
Hipotesis6
BAB III Metode Penelitian7
Desain Penelitian7
Operasional Pariabel7
Populasi dan Sampel11
Populasi11
Teknik Pengambilan Sampel12
Teknik Penarikan Sampel12
Teknik dan Alat Pengambilan Data14
Teknik Pengumpulan Data14
Jenis Data14
Sumber Data15
Alat Pengumpulan Data15
Metode Analisis Data16
Analisis Deskriptif16
Uju Kualitas Data16
Uji Validitas Data17
Uji Realiabilitas17
Uji Asumsi Klasik19
Uji Heterokasdisitas19
Uji Normalitas19
Rancangan Uji Hipotesis19
Uji pengaruh20
Uji T20
Uji F21
Lokasi dan Jadwal Penelitian22
Lokasi Penelitian22
Jadwal Penelitian22
Daftar Pustaka23
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Penelitian
Kebutuhan akan fasilitas akomodasi di Batam merupakan hal yang sangat signifikan mengingat Batam merupakan kota Industri dan salah satu pusat bisnis terbesar di Indonesia. Industri perhotelan yang berkembang makin pesat membuat persaingan yang semakin ketat antara masing-masing.
Tamu hotel Harmoni Batam mayoritas merupakan tamu bisnis yang berasal dari berbagai negara dan juga tamu regular. Tamu menginginkan pelayanan prima dari hotel dalam segala aspek, mulai dari fasilitas kamar, makan dan minum, hiburan, keamanan dan fasilitas pendukung lainnya.
Kemajuan teknologi juga berimbas pada sektor perhotelan. Seiring dengan pulihnya industri perhotelan dan meningkatnya jumlah tamu yang menginap, sangatlah krusial bagi semua hotel untuk fokus agar mampu mengelola dan menawarkan produk serta layanan tingkat tinggi secara efektif dan konsisten. Ketika para tamu merasakan adanya perbedaan layanan dari hotel yang berbeda namun masih dalam jaringan hotel yang sama, maka akan timbul dampak yang cukup merugikan dan memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan secara keseluruhan.
Dari studi yang dilakukan ditemukan bahwa proporsi tamu hotel yang melakukan registrasi penginapan secara online telah meningkat menjadi 58 persen pada tahun 2010 dari hanya 54 persen pada tahun 2009. Tamu-tamu yang memperpanjang masa menginap (extended stay) adalah mereka yang kebanyakan mem-booking kamar melalui Internet. Sementara para tamu yang masih concern pada tarif atau biaya hotel kebanyakan tidak mem-booking melalui Internet.
Temuan lain yang menarik adalah secara keseluruhan, tamu-tamu hotel lebih sering mem-booking secara online melalui situs resmi hotel dari pada menggunakan situs agen perjalanan. Tamu-tamu yang memesan kamar langsung melalui hotel (lewat telepon atau pun situs web) tercatat mempunyai pengalaman menginap di hotel yang lebih memuaskan dari pada tamu yang memesan lewat situs perusahaan perjalanan.
Kebanyakan tamu hotel yang memesan melalui situs perusahaan perjalanan dikarenakan mereka masih concern terhadap harga dan mencari harga yang cocok untuk mereka. Tapi, lebih banyak dari mereka yang memesan lewat perusahaan perjalanan ini mengalami masalah atau kekecewaan dengan pemesanan mereka jika dibandingkan dengan tamu-tamu yang memesan langsung ke situs web resmi hotel.
Untuk fasilitas hotel yang wajib atau mutlak dimiliki karena dianggap sangat penting oleh tamu hotel meliputi akses Internet nirkabel, sarapan gratis, bisa memilih kasur atau bantal, dan sarana parkir gratis yang nyaman.
Tren menunjukkan bahwa sejak memesan kamar, para tamu sudah mengharapkan adanya fasilitas Internet nirkabel di hotel. Pada zaman digital yang serba terhubung saat ini, tamu pasti berharap bisa menggunakan peralatan mobile atau komputer mereka dengan tanpa gangguan dan nyaman seperti di kantor atau rumah mereka sendiri. Ini seharusnya sudah menjadi pengalaman standar dalam menginap di hotel.
Identifikasi Masalah
Dari uraian yang terdapat pada latar belakang penelitian, maka penulis menyimpulkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan tamu di Hotel Harmoni Batam diantaranya Pelayanan tamu secara online, pelayanan kamar, keamanan dan fasilitas penunjang hotel lainnya. Dari beberapa faktor tersebut penulis akan meneliti lebih lanjut tentang Pelayanan Tamu Secara Online.
Pembatasan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah maka variabel yang menjadi fokus penelitian yaitu sejauh mana peranan Pelayanan Tamu Secara Online pada Hotel Harmoni Batam.
Perumusan Masalah
Bertolak dari latar belakang penelitian, identifikasi masalah dan batasan masalah maka dapat dirumuskan masalah yang akan diteliti yaitu Bagaimana Pengaruh Pelayanan Tamu Secara Online Pada Hotel Harmoni Batam.
Tujuan Penelitian
Penelitian bermaksud untuk menggambarkan hubungan antara pelayanan tamu secara online dengan kepuasan tamu di Hotel Harmoni Batam.
Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat baik bagi aspek teoritis maupun praktis. Dari aspek teoritis diharapkan penelitian ini akan memberikan masukan kepada para pihak pengelola maupun instansi terkait untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan sesuai dengan kebutuhan tamu yang sesungguhnya. Dari aspek praktis diharapkan pihak hotel dan penyedia layanan akodasi lainnya dapat memperoleh omset yang lebih besar melalui peningkatan jumlah tamu yang merasakan kepuasan terhadap pelayanan yangn diberikan.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Variabel/ Konsep
Penelitian ini terdiri dari satu variabel dependen (bebas) yaitu Pelayanan Tamu Secara Online dan satu variabel independen (terikat) yaitu Kepuasan Tamu Di Hotel Harmoni Batam.
Pelayanan Tamu Secara Online (X)
Variabel X memiliki beberapa indikator yaitu:
Reservasi
Informasi Room
Informasi Fasilitas
Kepuasan Tamu Pada Hotel Harmoni Batam (Y)
Variabel Y memiliki beberapa indikator yaitu:
Pelayanan
Check in / Check out
Pembayaran
Penelitian Terdahulu
Ana Rahmawati melakukan penelitian yang berjudul Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu pada hotel Lotus Garden Kediri. Bisnis perhotelan yang termasuk dalam Perusahaan jasa,pada dasamya mempunyai tujuan untuk memuaskan tamu, jika tamu merasa puas maka akan memberi rekomendasi dari mulut ke mulut sebagai sarana promosi yang efektif untuk menambah tingkat hunian hotel. Semakin banyaknya jumlah hotel,mengakibatkan perusahaan dituntut untuk membedakan layanan dengan para pesaing. Serta keinginan tamu terhadap pelayanan yang baik menjadi semakin tinggi.Tamu sebagai konsumen jasa perhotelan tidak hanya ingin memenuhi kebutuhan tidur dan beristirahat saja, melainkan juga kebersihan, kenyamanan, makanan dan minuman yang berkualitas dan keamanan. Agar dapat memberikan kepuasan ke pada tamu,Hotel Lotus Garden harus memahami kualitas layanan yang akan memberikan kerangka kerja tentang indikator penilaian kualitas layanan oleh tamu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pihak Hotel Lotus Garden Kediri, sebagai masukan untuk menentukan kebijakan selajutnya dalam usaha pemenuhan dan kepusaan tamu. Variabel yang diangkat dalam penelitian ini adalah variabel bebas,kualitas layanan yang meliputi bukti fisik, keandalan daya tanggap, jaminan, dan empati, serta variabel terikat, yaitu kepuasan tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang:
pengaruh bukti fisik (tangibles) terhadap kepuasan tamu Hotel Lotus Garden Kediri
pengaruh keandalan (reliability) terhadap kepuasan tamu Hotel Lotus Garden Kediri
Pengaruh daya Tanggap( responsiveness) terhadap kepuasan tamu Hotel Lotus Garden Kediri
Pengaruh jaminan (assurance) terhadap kepuasan tamu Hotel Lotus Garden Kediri
Pengaruh empati (empathy) terhadap kepuasan tamu Hotel Lotus Garden
Pengaruh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, secara bersama-sama terhadap kepuasan tamu Hotel Lotus Garden Kediri
Variabel yang dominan pengaruhnya terhadap kepuasan tamu Hotel Lotus Garden Kediri. Populasi penelitian adalah seluruh tamu Hotel Lotus Garden yang berjumlah 680 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang responden. Teknik pengambilan sampel dengan sample random dan teknik penyebaran angket adalah aksidental. Penelitian ini dilaksanakan di Hotel Lotus Garden Kediri pada bulan Januari 2004. Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas layanan pada Hotel Lotus Garden Kediri dipersepsikan baik. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan ada pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan dengan kepuasan tamu Hotel Lotus Garden Kediri. Bukti fisik merupakan kualitas layanan yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan tamu Hotel Lotus Garden Kediri.
Kerangka Pemikiran
Kepuasan tamu tidak terlepas dari fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh hotel yang bersangkutan. Pelayanan yang memenuhi standar yang ditetapkan diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap tingkat penjualan kamar dan kepuasan tamu. Pelayanan secara online diharapkan memiliki andil yang sama dengan pelayanan secara langsung dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan.
Berdasarkan uraian diatas maka diduga bahwa pelayanan tamu secara online memiliki hubungan yang erat terhadap kepuasan tamu pada Hotel Harmoni Batam. Hubungan tersebut dapat diilustrasikan seperti paradigma penelitian sebagai berikut:
5410206159500
8229608255X (Pelayanan Tamu Secara Online)A
00X (Pelayanan Tamu Secara Online)A
346710046355Y (Kepuasan Tamu Pada Hotel Harmoni Batam)
00Y (Kepuasan Tamu Pada Hotel Harmoni Batam)
221742029210000
Gambar 2.1. Paradigma Penelitian
Keterangan:
X: Pelayanan tamu secara online
Y: Kepuasan tamu hotel Harmoni Batam
Hipotesis
Berdasarkan asumsi-asumsi diatas, maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut:
H1 : Pelayanan tamu secara online berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu hotel Harmoni Batam
H0 : Pelayanan tamu secara online tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu hotel Harmoni Batam
BAB III
METODE PENELITIAN
Desain Penelitian
Desain penelitian mengacu kepada variable yang diteliti. Adapun variable yang diteliti mencakup Pelayanan tamu secara online (X), dan Kepuasan tamu di Hotel Harmoni Batam. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif. Menurut Kriyanto dalam Pangaribuan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat digeneralisasikan (2011:81).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey yaitu metode penelitian dengan menggunakan kuisioner sebagai instrument pengumpulan datanya. Tujuan penggunaan metode ini adalah untuk memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi tertentu.Mengacu kepada permasalahan yang diteliti dan tujuan dari penelitian ini maka data yang dikembangkan adalah data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan tamu di Hotel Harmoni Batam dari segi pelayanan secara online.Operasional Variabel
Menurut Kerlinger (1993) dalam Sugiyono (2002:32) variable adalah konstruk atau sifat yang akan dipelajari. Sedangkan menurut Kidder (1981) variable adalah suatu kualitas dimana peneliti mempelajari dan menarik kesimpulan darinya. Berdasarkan pengertian dari dua ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa variable adalah atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek, atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya.Menurut hubungan antara satu sama lain maka variable penelitian dibedakan atas:
Variabel independen
Merupakan variable yang mempengaruhi atau yang menyebabkan timbulnya variable dependen.Variable dependen
Merupakan variable yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variable bebas.Variable moderator
Merupakan variable yang mempengaruhi hubungan antara variable independen dengan variable dependen.Variable intervening
Merupakan variable yang mempengaruhi hubungan antara variable independen dengan variable dependen tetapi tidak dapat diamati dan diukur.Variable control
Merupakan variable yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variable independen terhadap variable dependen tidak dipengaruhi oleh factor luar yang tidak diteliti.Variable dalam penelitian ini meliputi variable independent yang terdiri dari Pelayanan tamu secara online (X), dan variable dependent yaitu Kepuasan tamu di Hotel Harmoni Batam. Adapun defenisi operasional variable dengan indikatornya masing-masing sebagai berikut:
Pelayanan Tamu Secara Online (X)
Tabel 3.1. Operasional variabel Pelayanan Tamu Secara Online
Variabel Indikator
Pelayanan Tamu Secara Online Reservasi
Informasi Room
Informasi Fasilitas

Pelayanan Tamu Secara Online adalah suatu tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan suatu pihak kepihak lain secara online,yang pada dasarnya tidak terwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.(Kilter 2002)
Informasi Room adalah dimana layanan informasi mengenai kamar hotel mulai dari harga kamar,tipe kamar,dan fasilitas kamar.
Reservasi adalah sebuah proses perjanjian berupa pemesanan sebuah produk baik barang maupun jasa dimana pada saat itu telah terdapat kesepahaman antara konsumen dengan produsen mengenai produk tersebut namun belum ditutup oleh sebuah transaksi jual – beli. Pada saat reservasi berlangsung biasanya ditandai dengan adanya proses tukar menukar informasi antara konsumen dan produsen agar kesepahaman mengenai produk dapat terwujud.
Berikut adalah pengertian tentang informasi menurut beberapa pakar :Menurut Gordon B. Davis (1995) Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang b erarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau masa yang akan datang.
Menurut Raymond Mc. Leod, Jr (2001) Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi penerima dan punya nilai yang nyata dan dapat digunakan untuk mengambil keputusan, baik sekarang maupun yang akan datang.
Menurut Jogiyanto H.M (2001) Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
Dari ketiga definisi diatas dapat disimpulkan bahwa informasi adalah :
Data yang telah diolah dan mempunyai arti.
Data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang digunakan utnuk mengambil keputusan.
Manggambarkan suatu kejadian dan kesatuan nyata bagi penerimanya.
Kepuasan Tamu Di Hotel Harmoni Batam (Y)
Tabel 3.2. Operasional variabel Kepuasan Tamu Di Hotel Harmoni Batam
Variabel Indikator
Kepuasan Tamu Di Hotel Harmoni Batam Pelayanan
Check in / Check out
Pembayaran
Kepuasan tamu di hotel Harmoni Hotel,kepuasan tamu dan profitabilitas perusahaan berhubungan erat dengan kualitas produk dan jasa. Tingkat kualitas yang lebih tinggi akan menghasilkan kepuasan tamu yang lebih tinggi,sementara pada saat yang sama mendukung harga yang tinggi dan sering biaya yang rendah,oleh sebab itu program peningkatan kualitas umumnya akan meningkatkan profitabilitas. Para eksekutif sekarang memandang tugas peningkatan kualitas produk dan jasa sebagai prioritas umumnya (Kotler dan Armstrong,2001:310).
Pelayanan adalah sebuah proses pemenuhan kebutuhan melalui aktifitas orang lain yang menyangkut segala usaha yang dilakukan orang lain dalam rangka mencapai tujuannya. (Fred Luthans 1996)
Check-in biasanya diperlukan dalam rangka untuk mendapatkan kunci kamar dan memberikan jaminan untuk menutup biaya potensial seperti layanan kamar selama tinggal.
Check-out batas waktu tamu hotel untuk meningalkan hotel,biasanya jam 12.00 siang,jika lebih dari waktu yang ditentukan maka tamu kan dikenakan biaya tambahan.
Pembayaran adalah sistem yang mencakup seperangkat aturan,lembaga dan mekanisme yang digunakan untuk melaksanakan pemindahan dana guna memenuhi suatu kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi. Sistem Pembayaran merupakan sistem yang berkaitan dengan pemindahan sejumlah nilai uang dari satu pihak ke pihak lain. Media yang digunakan untuk pemindahan nilai uang tersebut sangat beragam, mulai dari penggunaan alat pembayaran yang sederhana sampai pada penggunaan sistem yang kompleks.
3.3. Populasi dan Sampel
3.3.1. Populasi
Menurut Sudjana dalam Riduwan (2009:118) populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin baik hasil menghitung ataupun pengukuran, kuantitatif maupun kualitatifdari karakteristik tertentu mengenai sekumpulan objek yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat-sifatnya.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah tamu Hotel Harmoni Batam.3.3.2. Teknik Pengambilan Sampel
Menurut Riduwan (2009:56) sampel adalah bagian dari populasi. Sampel adalah sebagian dari populasi yang diambil sebagai sumber data dan dapat mewakili seluruh populasi.Untuk menentukan jumlah sampel yang akan diteliti penulis menghitung dengan berdasarkan pada rumus yang dikembangkan oleh Taro Yamane
n=NN.d2+1Dimana:
n = jumlah sampel
N = jumlah populasi
d2= presisi yang diinginkan.
3.3.3. Teknik Penarikan Sampel
Menurut Alma (2008:65) teknik penarikan sampel adalah suatu cara atau teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yang representative dari populasi. Teknik pengambilan sampel terdiri dari dua macam teknik, yaitu:
Probably sampling, yaitu teknik sampling untuk memberikan peluang yang sama pada setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Probably sampling terdiri dari:
Simple random sampling, yaitu sistem pengambilan sampel dengan cara acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan).
Propotionate Stratified Random Sampling, yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan berstrata secara proposional, biasanya dilakukan bila populasinya bersifat heterogen.
Disproposionate stratified random sampling, yaitu pengambilan sampel dari anggota secara acak dan berstrata tetap sebagian ada yang kurang proposional pembagiannya, biasanya digunakan jika populasinya heterogen.
Area sampling, yaitu pengambilan sampel dari setiap wilayah geografis yang ada
Non probably sampling, yaitu teknik sampling yang tidak memberikan peluang kepada setiap anggota populasi untuk dijadikan anggota sampel. Terdiri dari:
Sampling sistematis, pengambilan sampel didasarkan atas urutan dari populasi yang telah diberi nomor urut atau anggota sample dari populasi pada jarak interval waktu, ruang dengan ukuran yang seragam.
Sampling kuota, teknik penentuan sampling dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu dari peneliti.
Sampling aksidental, yaitu penentuan sampel berdasarkan factor spontanitas, jadi siapa saja bisa dijadikan sample.
Purposive sampling, merupakan teknik pengambilan sample untuk tujuan tertentu.
Sampling jenuh, teknik pengambilan sample apabila semua populasi digunakan sebagai sample.
Snowball sampling, yaitu teknik sampling yang semula berjumlah kecil kemudian anggota mengajak para temannya untuk dijadikan sample dan seterusnya sehingga jumlah sample semakin banyak.
Teknik pengambilan sampel yang penulis gunakan adalah teknik Simple random sampling, yaitu sistem pengambilan sampel dengan cara acak tanpa memperhatikan strata.
3.4. Teknik dan Alat Pengumpulan Data
Teknik Pengumpulan Data
Menurut Nasir dalam Riduwan (2009:290) teknik pengumpulan data merupakan alat-alat ukur yang diperlukan dalam melaksanakan suatu penelitian. Teknik pengumpulan data dapat berupa sebagai berikut:
Teknik observasi, wawancara dan studi waktu dan gerak, dilakukan secara pengamatan langsung di studi kasus dan di lapangan.
Teknik eksperimen dan simulasi, dilakukan secara pengamatan langsung untuk mendapatkan data laboratorium.
Teknik survey, dilakukan untuk mendapatkan data opini individu.
Teknik Delphi, dilakukan untuk mendapatkan data opini group.
Teknis analisis isi (content analysis), dilakukan untuk mendapatkan data arsip primer.
Teknik pengambilan basis data, dilakukan untuk mendapatkan data arsip sekunder.
Teknik model matematik, dilakukan secara analitikal untuk mendapatkan data lojik periset.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik survey. Teknik survey yaitu dilakukan untuk mendapatkan data opini individu dengan menggunakan kuisioner.
Jenis Data
Menurut Muhidin (2007:48) Jenis data penelitian terdiri atas 2 yaitu :Data kualitatif
Merupakan data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat, dan gambar.Data kuntitatif
Merupakan data kualitatif yang diangkakan. Data kuantitatif terbagi 2 yaitu:
Data diskrit/nominal
Merupakan data yang hanya dapat digolong-golongkan secara terpisah,secara diskrit atau kategori. Data ini diperoleh dari hasil menghitung.Data kontinum
Merupakan data yang bervariasi menurut tingkatan dan diperoleh dari hasil pengukuran. Data ini terbagi 2 yaitu :Data ordinal yaitu data yang berbentuk rangking atau peringkat.
Data interval yaitu data yang jaraknya sama tetapi tidak mempunyai nilai nol mutlak.
Data rasio yaitu data yang jaraknya sama dan mempunyai nilai nol mutlak.
Dalam penelitian ini data yang penulis gunakan merupakan data kuantitatif interval.Sumber Data
Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini yaitu tamu Hotel Harmoni Batam yang berlokasi di Nagoya.
3.4.2. Alat Pengumpulan Data
Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu Skala Likert. Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial.Jawaban setiap item instrument yang menggunakan skala Likert mempunyai gradasi dari sangat positif sampai sangat negatif.Tabel 3.4. Skala Likert
Jawaban Skor
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-ragu
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju 5
4
3
2
1
Metode Analisis Data
Analisis data adalah kegiatan mengelompokkan data berdasarkan variable dan jenis responden, mentabulasi data berdasarkan variable dari seluruh responden, menyajikan tiap data dari variable yang diteliti ,melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah dan melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan.
Analisis Deskriptif.
Analisis deskriptif adalah metode analisis sederhana yang bertujuan untuk mempermudah penafsiran dan penjelasan dengan analisis tabel, grafik, atau diagram. Analisis deskriptif ini digunakan sebagai pendukung untuk menambah dan mempertajam analisis yang dilakukan, membantu memahami masalah yang diteliti serta memberikan gambaran umum tentang suatu fenomena yang terjadi. Analisis deskriptif pada penelitian suatu bertujuan untuk melihat atau mencermati hubungan antara variabel dependen dengan variabel-variabel independennya.3.5.2. Uji Kualitas Data.Penelitian yang mengukur variabel dengan menggunakan instrumen kuesioner harus dilakukan pengujian kualitas terhadap data yang diperoleh. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui apakah instrumen yang digunakan valid dan reliable sebab kebenaran data yang diolah sangat menentukan kualitas hasil penelitian.3.5.2.1. Uji validitas data
Menurut Arikunto dalam Riduwan (2009:88) validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat keandalan atau kesahihan suatu alat ukur. Untuk mengukur validitas tiap-tiap instrument maka penulis menggunakan rumus Pearson Product Moment
120713517526000
rxy=n∑xiyi-∑xi∑yin∑xi2-(∑xi)2n∑yi2-(∑yi)2Dimana :rxy = koefisien korelasi
∑I= jumlah skor item
∑Yi= jumlah skor total
N = jumlah responden
Untuk mengetahui koefesien korelasinya signifinakan atau tidak digunakan distribusi ( table r) untuk ∝ = 0.05 atau ∝ = 0,01 dengan derajat kebebasan (dk=n – 2). Suatu instrument dikatakan valid apabila r hitung > r tabel dan sebaliknya dikatakan tidak valid jika r hitung < r table.3.5.2.2. Uji reliabilitas data
Uji reliabilitas dilakukan untuk mendapatkan tingkat ketepatan alat pengumpulan data yang digunakan. Rumus yang penulis gunakan adalah Rumus Alpha. r11=kk-11-∑SiSi Dimana :r11= nilai reabilitas
∑Si= jumlah varians skor tiap-tiap item
St= Varians total
k= jumlah item
Langkah-langkah yang digunakan untuk mencari nilai reliabilitas dengan metode alpha adalah sebagai berikut :Menghitung varians skor tiap-tiap item dengan rumus
Si =∑xi2-∑xi2NNDimana :Si= varians skor tiap-tiap item
∑Xi2= jumlah kuadrat item Xi
(∑Xi )2= jumlah item Xi dikuadratkan
N= jumlah responden
Menjumlahkan varians semua item dengan rumus
∑Si=S1+S2+S3……..SnDimana :∑Si= jumlah varians semua item
S1,S2,S= varians item ke1, 2, 3 dan seterusnya
Menghitung varian total dengan rumus
Si=∑xt2-∑xt2NNDimana :Si= varians skor tiap-tiap item
∑Xt2= jumlah kuadrat item Xi
(∑Xt)2= jumlah item Xi dikuadratkan
N= jumlah responden
Memasukkan nilai kedalam rumus alpha
Untuk menafsirkan hasil uji reliabilitas, kriteria yang digunakan adalah jika alpha lebih besar dari r table maka kuesioner dinyatakan realibel, sebaliknya jika nilai alpha lebih kecil daripada r hitung maka kuesioner dinyatakan tidak realibel.
3.5.3. Uji asumsi klasik
Dilakukan dengan menggunakan uji heterokasdisitas, uji auto korelasi dan uji normalitas.3.5.3.1. Uji heterokasdisitas
Bertujuan untuk menguji apakah terbebas dari masalah heterokasdisitas atau tidak. Metode yang digunakan pada teknik ini adalah uji Glejser.3.5.3.2. Uji Normalitas
Bertujuan untuk menguji data variable bebas dan variable terikat pada persamaan yang dihasilkan, apakah berdistribusi normal atau tidak normal. Persamaan regresi dikatakan baik jika mempunyai data variable bebas dan data variable terikat berdistribusi mendekati normal atau normal sama sekali. Uji normalitas menggunakan cara statistic yaitu dengan menentukan nilai z untuk kemiringan kurva (skewness) dan nilai z untuk keruncingan kurva (kurtosis).
3.6. Rancangan Uji Hipotesis
Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang diteliti. Dalam penelitian ini hipotesis yang digunakan yaitu hipotesis asosiatif.Hipotesis asosiatif adalah jawaban sementara terhadap rumusan masalah yaitu yang menanyakan hubungan antara dua variable atau lebih. Menurut Asep Saefuddin dalam Pangaribuan (2011:91), uji hipotesis mengikuti prosedur umum sebagai berikut:
Menetapkan hipotesis, hipotesis ditetapkan dalam bentuk H0 dan H1
Menetapkan taraf mata pengujian α, peluang salah jenis I yaitu besarnya peluang salah apabila hasil uji menyebabkan tertolaknya H0
Menetapkan dan menghiting statistic uji, statistic uji ditetapkan sesuai dengan parameter yang diuji dan keadaan populasi yang dihadapi
Menetapkan criteria penolakan H0 berdasarkan statistic uji sesuai hipotesis dan taraf nyata yang ditetapkan
Memutuskan menolak/ tidak menolak H0sesuai criteria penolakan H0
Menyimpulkan hasil uji sesuai dengan keputusan yang dibuat dan hipotesis penelitian yang dibicarakan.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara statistic menggunakan uji (t) dan uji (F).
3.7. Uji pengaruh
3.7.1. Uji T
Bertujuan untuk melihat signifikasi dari pengaruh independen secara individu terhadap variable dependen yang mengganggap variable lain bersifat konstan. thitung=bi-βiSe(bi)Dimana :
bi = koefisien variable ke i
βi = parameter ke I yang di hipotesiskan
Se(bi) = kesalahan standar bi
Kriteria pengujian yang digunakan yaitu,
Berdasarkan t hitung:
Jika t hitung ≤ t table maka Ho diterima
Jika t hitung .> t table maka Ho ditolak
Berdasarkan signifikasi:
Jika signifikasi > 0,005 maka Ho diterima
Jika signifikasi < 0.005 maka Ho ditolak
3.7.2. Uji F
Digunakan untuk mengetahui pengaruh variable independen x bebas secara simultan terhadap y. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu :Menentukan rumusan hipotesis Ho dan H1
jika Ho : R = 0 maka tidak terdapat pengaruh variabek x1 dan x2 terhadap y
jika Ho : R ≠ 0 maka ada pengaruh variabel x1dan x2 terhadap y
Menentukan uji statistika yang sesuai
F=S12S22Untuk menentukan nilai uji f maka dilakukan
Menentukan jumlah kuadrat regresi dengan rumus
Menentukan jumlah kuadrat residu
menghitung F
Menentukan nilai kritis (∝) nilai table F dengan derajat signifikasi 0,05 dengan df1=jumlah variable - 1= 2 dan df2 = n – k – 1 = 60 – 2 – 1= 57.
Membandingkan nilai uji F terhadap nilai table F dengan syarat jika nilai uji F ≥ nilai table F maka Ho ditolak dan sebaliknya jika nilai uji F < dari F tabel maka Ho diterima.
3.8. Lokasi dan Jadwal Penelitian
3.8.1. Lokasi Penelitian
Penelitian dilakukan pada Hotel Harmoni Batam yang berlokasi di Kompleks Jln. Imam Bonjol Blok B No 1 - Nagoya - Batam. Telp : (62-778) 459308. Fax : (62-778) 459306.
3.8.2. Jadwal Penelitian
Penelitian ini dilakukan pada tanggal 01 Desember 2012 dan selasai pada 03 Januari 2013.
DAFTAR PUSTAKA
Alma Buchari. 2008. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Alfabeta Bandung.
Pangaribuan Hotma. 2011. Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan di Badan Statistik Kota Batam,STMIK Putera Batam.
Sambas Ali Muhajidin. 2007. Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian, Pustaka Setia Bandung.Simarmata Janner. 2006. Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi, Andi Yogyakarta.
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta Bandung.Universitas Sanata Dharma. 2008. 5)Makalah-makalah Sistem Informasi, Informatika Yogyakarta.
http://library.binus.ac.id/ecolls/ethesis/bab2/2011-2-00392-mc%202.pdfhttp://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pembayaranhttp://www.anneahira.com/pengertian-pelayanan.htmhttp://asiahotelsreview1.com/tips/arti-istilah-istilah-hotelhttp://www.scribd.com/doc/64813470/Qptc-Bab-i-Pengertian-Reservasi


Download TUGAS MANDIRI.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca TUGAS MANDIRI. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon