November 22, 2016

RPP SMA Kurikulum 2013


Judul: RPP SMA Kurikulum 2013
Penulis: Kartikaa Suryani


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester: XI/II
Mata Pelajaran: Matematika-Wajib
Topik: Komposisi Fungsi
Waktu: 2 X 45 menit
Kompetensi Inti SMA kelas XI:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Mengembangkan perilaku(jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramahlingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
2.1 Memiliki motivasi internal dengan merasakan kebergunaan konsep dan aturan komposisi fungsi dalam memecahkan masalah nyata
3.4 Memahami konsep komposisi fungsi dengan menggunakan konteks sehari-hari dan menerapkannya
4.3 Merancang dan mengajukan masalah dunia nyata yang berkaitan dengan komposisi fungsi dan menerapkan berbagai aturan dalam menyelesaikannya
Indikator Pencapaian Kompetensi
Terlibat aktif dalam pembelajaran komposisi fungsi
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
Toleran terhadap proses pemeahan masalah yang berbeda dan kreatif
Menjelaskan kembali pengertian fungsi, notasi fungsi, range
Mendeskripsikan konsep komposisi fungsi
menerapkan berbagai aturan komposisi fungsi
Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dalam pembelajaran komposisi fungsi ini diaharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik serta dapat
Menjelaskan kembali pengertian fungsi, notasi fugsi, range
Menjelaskan pengertian komposisi fungsi
Menerapkan berbagai aturan dari komposisi fungsi.
Materi Matematika
Fungsi
Suatu relasi dari A ke B yang memasangkan setiap anggota A ke tepat satu anggota B
disebut fungsi atau pemetaan dari A ke B
Notasi Fungsi
Suatu fungsi atau pemetaan umumnya dinotasikan dengan huruf kecil.
Misal, f adalah fungsi dari A ke B
ditulis f: A → B
A disebut domain
B disebut kodomain
Range atau Daerah Hasil
Jika f memetakan x A ke y B dikatakan y adalah peta dari x ditulis f: x → y atau y = f(x).
Himpunan y B yang merupakan peta dari x A disebut range atau daerah hasilKomposisi Fungsi
Penggabungan operasi dua fungsi secara berurutan akan menghasilkan sebuah fungsi baru.
1736090154940CzPenggabungan tersebut disebut komposisi fungsi dan hasilnya disebut fungsi komposisi32165753683894080151765By368391152359Ax
x A dipetakan oleh f ke y B ditulis f : x → y atau y = f(x)
y B dipetakan oleh g ke z C ditulis g : y → z atau z = g(y) atau z = g(f(x))
Sifat Komposisi Fungsi
Tidak komutatif:
f o g ≠ g o f
2. Bersifat assosiatif:
f o (g o h) = (f o g) o h = f o g o h
3. Memiliki fungsi identitas: I(x) = x
f o I = I o f = f
Model/Metode Pembelajaran
Model pembelajaran adalah pendekatan jigsaw. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada orang lain dalam kelompoknya. (Lie, 2008 : 70). Dalam teknik ini, siswa dapat bekerja sama dengan siswa lainnya dan mempunyai tanggung jawab lebih dan mempunyai banyak kesempatan pula untuk mengolah informasi yang di dapat dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami komposisi fungsi dan memberikan gambaran tentang aplikasi komposisi dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai apersepsi siswa diajak untuk kembali mengingat materi sebelumnya yaitu mengenai fungsi, notasi fungsi, range
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu memperluas konsep komposisi fungsi dan aturannya. 10 menit
Inti Fase 1 membaca
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
Setiap orang dalam kelompok ditugaskan untuk mempelajari materi yang berbeda yaitu mengenai fungsi komposisi, dan sifat-sifat komposisi fungsi.
Fase 2 diskusi kelompok ahli
Selanjutnya, tiap-tiap orang dalam kelompok berbeda yang telah mempelajari materi yang sama berkumpul mendiskusikan materi mereka dalam kelompok baru (tim ahli)
Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi.
Fase 3 Laporan Tim
Selanjutnya, setelah selesai diskusi dalam kelompok ahli, setiap anggota kelompok kembali ke kelompok asal dan bergantian menjelaskan materi yang telah mereka pelajari kepada teman mereka dalam satu dalam satu kelompok.
Setelah itu, guru memilih individu secara acak tiap-tiap kelompok untuk menjelaskan materi mengenai komposisi fungsi, sifat-sifat komposisi fungsi
Fase 4 Tes
Guru memberikan soal ke setiap kelompok untuk dikerjakan dalam kelompok
Setelah tugas kelompok selesai, guru meminta setiap perwakilan kelompok untuk menulis jawaban di papan tulis dan didiskusikan secara bersama
Guru memberikan soal untuk dikerjakan tiap siswa
Fase 5 Rekognisi Tim
Guru melakukan penilaian terhadap siswa berdasarkan skor individual dan skor tim.
70 menit
Penutup Siswa diminta menyimpulkan tentang komposisi fungsi dan sifat-sifat komposisi fungsi.
Guru memberikan kesimpulan
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar. 10 menit
H. Alat dan Sumber Belajar
1. Johanes. 2007. Buku paket siswa kelas XI IPA.Jakarta: Yudhistira
2. Lembar Penilaian
Penilaian Hasil Belajar
Teknik penilaian: pengamatan, tes tertulis
Prosedur penilaian:
No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian
1. Sikap
Terllibat aktif dalam pembelajaran komposisi fungsi
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
Toleran terhadap proses pemeahan masalah yang berbeda dan kreatif Pengamatan Selama pembelajaran dan saat diskusi
2. Pengetahuan
Menjelaskan kembali pengertian fungsi, notasi fungsi, range
Mendeskripsikan konsep fungsi
Menerapkan aturan/sifat komposisi fungsi Pengamatan dan tes Penyelesaian tugas indiidu dan kelompok
3. Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemeahan masalah yang relevan dengan aturan sifat komposisi fungsi Pengamatan Penyelesaian quiz


Download RPP SMA Kurikulum 2013 .docx

Download Now



Terimakasih telah membaca RPP SMA Kurikulum 2013 . Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon