November 28, 2016

Panduan Penulisan Makalah Lengkap untuk Proceeding Seminar


Judul: Panduan Penulisan Makalah Lengkap untuk Proceeding Seminar
Penulis: Ita Suryani


Panduan Penulisan Makalah Lengkap untuk ProceedingSeminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2014
1 Nama Penulis Pertama, 2 Nama Penulis Kedua, dan 3 Nama Penulis Ketiga
1 Jurusan Teknik Industri, Universitas Islam Bandung, Jl. Tamansari No. 1 Bandung 40116
2,3 Jurusan Statistika, Universitas Islam Bandung, Jl. Purnawarman No. 63 Bandung 40116
e-mail: 1 penulis-pertama@yahoo.com, 2 penulis-kedua@gmail.com, 3 penulis-ketiga@yahoo.co.idAbstrak. Format ini digunakan sebagai standar penulisan makalah yang merupakan ringkasan dari hasil penelitian atau pengabdian kepada masyarakat. Petunjuk ini dapat digunakan sebagai template dengan mengubah tulisan sesuai keperluan. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia tidak lebih dari 200 kata. Abstrak mencakup permasalahan, metode, temuan, dan kesimpulan. Pada prinsipnya, makalah Anda akan ditampilkan seperti artikel ini. Tulisan abstrak makalan pada bagian ini adalah untuk menghindari formula yang rumit.
Kata kunci: format makalah, abstrak terdiri 200 kata, dan kata kunci 3-4 kata saja
1. Pendahuluan
Makalah dan abstrak dikirim secara online. Daftar terlebih dahulu untuk log in (masuk) http://prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/sosial/author#.U5p1xC2g2LIMakalah harus dipresentasikan pada Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (SnaPP2014) Rabu  – Kamis, 29 – 30 Oktober 2014, Tempat di Kampus Unisba. Deadline penyerahan makalah tanggal 1  Oktober 2014.
1.1 Tata Cara Penulisan Makalah
Untuk memeroleh tampilan yang baik pada proceeding cetak dan online, maka diharapkan penulis menggunakan bahasa Indonesia menurut EDY. Makalah dibuat dengan menggunakan Microsoft Word ukuran A4 (8.27" 11.29"). Font yang digunakan adalah Times New Roman dengan ukuran 12pt dan spasi satu. Panjang tulisan maksimal 8 halaman (Tidak boleh lebih) termasuk Daftar Pustaka.
2. Format
2.1 Margin
Margin untuk teks secara umum adalah 3 cm untuk atas, bawah, kiri dan kanan.
2.2 Headings
Tulisan headings bagian pertama berukuran 13-point, bold, left justified dengan diawali huruf kapital pada kata pertama saja. Headings bagian pertama didahului dan diikuti satu spasi kosong. Headings bagian kedua berbeda pada ukuran font, yaitu 12-point, tidak diikuti oleh spasi kosong, dan center justified.
2.3 Header
Header berikut diletakkan berjarak 2.5 cm dari atas untuk halaman pertama saja. Ukuran font yang digunakan adalah 10-point, bold.
2.4 Gambar dan tabel
Semua gambar dan tabel diberi nomor dan keterangan. Keduanya harus diletakkan center pada halaman di dalam margin yang telah ditentukan. Kata Gambar atau Tabel dan nomornya diikuti tanda titik dan sebuah spasi, kemudian diteruskan dengan keterangannya. Ukuran font adalah 9-point, regular. Nomor dan keterangan yang berada di bawah gambar atau di atas tabel diawali dan diikuti oleh satu spasi kosong.
Penomoran untuk tabel dan gambar dibedakan. Nomor untuk keduanya dimulai dari 1, 2, 3, …, dan seterusnya. Keterangan dan nomor untuk gambar berada di bawah sedangkan untuk tabel berada di atas.
Untuk Penulisan Gambar:

Gambar 1. Tuliskan Judul Gambar di Sini
Untuk Penulisan Tabel:
Tabel 1Tuliskan Judul Tabel di sini
x (rad) sin(x)
1 0.8415
2 0.9093
3 0.1411
4 -0.7568
5 -0.9589
6 -0.2794
Nomor persamaan juga dimulai dari 1, 2, 3, …, dan seterusnya. Nomor tersebut diletakkan di sebelah kanan persamaan menggunakan tanda titik tiga kali dan diapit oleh kurung. Sebelum persamaan dan sesudah persamaan diberi jarak satu spasi. Persamaan diletakkan di tengah (centre aligned).
… (1)
2.5 Footnotes
Footnotes tidak diperbolehkan dan yang diperbolehkan hanya endnote saja atau menyimpan daftar pustakanya di belakang dengan menyebutkan nama penulis buku, tahun dan halaman saja.
3. Layout (Tata Letak Prosiding Sains)
3.1 Judul
Judul makalah harus huruf SMALL CAPS, bold, berukuran 14 point dan terletak di tengah bagian atas dari halaman pertama; Tulisan judul berjarak dua spasi dengan bagian atas dan dengan tulisan berikutnya (lihat ilustrasi pada halaman depan).
3.2 Nama
Nama ditulis dengan huruf besar kecil, regular, berukuran 12-point dan center (lihat ilustrasi pada halaman depan). Berikan underline pada nama penulis utama yang akan mempresentasikan makalahnya pada acara seminar.
3.3 Institusi
Institusi, alamat dari institusi dan kota ditulis dalam huruf besar kecil, italic, berukuran 10-point dan terletak di tengah di bawah nama; diikuti dengan dua spasi sesudahnya.
3.4 Abstrak
Sertakan abstrak pada bagian pertama dari makalah. Bagian ini mempunyai judul Abstrak yaitu bold, berukuran 10-point dan block justified, diikuti dengan sebuah titik dan spasi satu karakter, diikuti dengan teks dalam italics. Abstrak menggunakan indentasi 1.5 cm dari bagian kiri dan kanan margin (lihat ilustrasi pada halaman depan). Dengan spasi 1 dan jumlah kata sebanyak 100 kata.
3.5 Kata Kunci
Kata kunci dituliskan setelah abstrak. Bagian ini mempunyai judul Kata Kunci yaitu bold, berukuran 10-point dan block justified, diikuti tanda titik dua (:) dan spasi satu karakter, kemudian diikuti setidaknya 2 sampai dengan 4 buah kata kunci yang relevan dengan permasalahan yang sedang ditulis. Kata kunci menggunakan indentasi 1.5 cm dari bagian kiri dan kanan margin (lihat ilustrasi pada halaman depan).
3.6 Teks
Teks ditulis dengan satu spasi, regular, berukuran 12-point dan justified. Paragraf dimulai dengan sebuah indent dengan jarak 0.2 inch. Tidak ada spasi yang diperlukan antar paragraf.
4. Kesimpulan dan Saran
Dari hasil pengamatan pada penulisan prosiding tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa halaman hanya dibatasi 6-8 halaman word dengan ukuran kertas A4 saja.
Daftar pustaka
(Daftar pustaka ditulis setelah Ucapan terima kasih. Anda bebas menggunakan tipe rujukan ketika merujuk pada daftar pustaka di teks. Gunakan font berukuran 10-point, regular, dan tidak diberi nomor, serta diurutkan secara alfabet). Berikut ini adalah contoh penulisan Daftar Pustaka:
Brown, M.P. (2005), Judul Buku, Kota Penerbit: Nama Penerbit
Biro Pusat Statistik. (1992). Kemiskinan dan Pemerataan Pendapatan di Indonesia, Tahun 1976-1990. Jakarta: BPS.
Tomich, T.P., Fagi, A.M., Michon, G. , & van Noordwijk, M. (1998). Judul tulisan. Nama Jurnal. No (Volume). Halaman.
Borkowski, John. (2002). Competing Failure Modes Analysis (Online), (http://www.reliasoft.com/newsletter/4q2001/modes.htm, diakses 17 Januari 2002).
Hajarisman, N. (1993). Kajian Perbandingan Model Regresi Beta-Binomial dengan Model Regesi Logistik dan Penerapannya untuk Menduga Pola Kelulusan Mahasiswa TPB – IPB. Bogor. Tesis tidak dipublikasikan. Program Pascasarjana, Program Studi Statistika, Institut Pertanian Bogor.
Hajarisman, N. (2002). Penyusunan Makro SAS untuk Pemodelan Overdispersi dalam Analisis Data Biner melalui Model William. Laporan Penelitian. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Islam Bandung.
Prentice, R. L. (1986). "Binary regression using an extended beta-binomial distribution, with discussion of correlation induced by covariate measurement errors", Journal of the American Statistical Association, 81, 321-327.
Ucapan Terima Kasih (jika diperlukan)
Penulis mengucapkan terima kasih kepada LPPM Universitas Islam Bandung atas terlaksananya acara Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian 2014 ini dan kepada pihak Panitia Prosiding atas kerjasamanya untuk memuat makalah seminar terpilih.


Download Panduan Penulisan Makalah Lengkap untuk Proceeding Seminar.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Panduan Penulisan Makalah Lengkap untuk Proceeding Seminar. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon