November 06, 2016

Daur Ulang Sampah Anorganik (Celengan Sapi dari Botol Minuman Bekas)


Judul: Daur Ulang Sampah Anorganik (Celengan Sapi dari Botol Minuman Bekas)
Penulis: Lilis Nurhidayah


Daur Ulang Sampah Anorganik(Celengan Sapi dari Botol Minuman Bekas)
PengantarSampah merupakan material sisa yang dianggap sudah tidak diperlukan lagi setelah terjadinya suatu proses. Berdasarkan sifatnya sampah dibedakan menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik mudah terurai melalui proses alami sedangkan anorganik sebaliknya. Sampah perlu ditangani dengan baik, karena apabila tidak demikian maka sampah akan menjadi salah satu penyebab terjadi maslah lingkungan yang berdampak buruk terhadap kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.
Pada saat ini, banyak bencana alam yang terjadi akibat dari kurangnya penangan sampah. Seperti banjir, longsor timbunan sampah, pencemaran lingkungan dan menjadi sumber penyakit. Maka dari itu perlu adanya upaya untuk pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah adalah pengumpulan , pengangkutan , pemrosesan , pendaur-ulangan , atau pembuangan dari material sampah. Kalimat ini biasanya mengacu pada material sampah yg dihasilkan dari kegiatan manusia, dan biasanya dikelola untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan, lingkungan atau keindahan. Pengelolaan sampah juga dilakukan untuk memulihkan sumber daya alam . Pengelolaan sampah bisa melibatkan zat padat , cair , gas , atau radioaktif dengan metoda dan keahlian khusus untuk masing masing jenis zat.
Salah satu bentuk kegiatan ini adalah dengan cara daur ulang sampah anorganik menjadi benda-benda yang nantinya dapat dimanfaatkan kembali. Selain diterapkan untuk masyarakat umum, kegiatan ini juga dapat diterapkan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Dengan memberikan kegiatan ini selain bertujuan untuk mengatasi masalah penumpukan sampah, diharapkan nantinya peserta didik memiliki sikap kreatif yang dapat menjadi bekal mereka dimasa yang akan dating. Selain itu kegiatan ini juga dapat dijadikan sarana untuk menanmkan kecintaan dan kepedulian peserta didik terhadap kelestarian lingkungan sekitarnya sejak dari dini.TujuanMenumbuhkan sifat kreatif pada diri peserta didikMenanmkan sikap peduli akan lingkungan sekitar peserta didikMemberikan pelatihan kepada peserta didik dalam memanfaatkan barang-barang bekas menjadi benda yang bermanfaat.
Alat dan BahanGambar sampah organik dan an organikGambar masalah lingkungan yang disebabkan oleh sampahAlat dan bahan untuk prakarya:
Botol minuman bekas25431751574805 tutup botol minuman bekasCat semprotLemPisauGunting
Sticker kaca film
Kain
Waktu2x35 menit (jam pelajaran PLH)
Langkah KegiatanLakukan kegiatan di luar kelas
Sebelum memulai kegiatan, guru memeriksa kesiapan belajar seluruh peserta didikAgar kegiatan menarik, awali dengan kegiatan menyanyi bersama yang dipandu oleh guru
MarilahMarilah hai kawanku semuaMari belajar bersama-samaManfaatkan sampah yang adaMembuat benda yang bergunaLestarikan alam kitaSatu… dua… tiga…
Kita mulai bekerja…
Perlihatkan pada peserta didik gambar sampah-sampah organik dan organik serta masalah lingkungan yang disebabkan oleh masalah sampah dengan ukuran yang besar dan jelasGuru memberikan materi tenteng cara pengiolahan sampah agar tidak menyebabkan pencemaran lingkunganGuru memberikan tugas untuk mempraktekkan salah satu cara pengelolaan sampah dengan mendaur ulang botol bekas menjadi celenganCara pembuatan tugas prakarya:
Menyiapkan alat dan bahan (siswa sebelumnyadiperintahkan membawa alat dan bahan yang diperlukan dari rumah.

485775898525Pertama-tama cuci botol dengan air bersih, kemudian tiriskanbotol sampai kering dan tidak tersisa setitik air sama sekali. Apabila botol yang kering tersebut masih terdapat noda sisa air, bersihkan noda tersebut dengan kain.
3086100278765
Potong botol menjadi dua bagiandengan perbandingan bagian atas botol untuk kepala celengan dan bawah botol celengan untuk badan celengan.

Semprot botol dengan cat (warna sesuai dengan selera) pada permukaan bagian dalam.

Keringkan botol hingga catnya kering

3343275196215Sementara menunggu botol kering, lapisi tutup botol dengan sticker kaca film warna hitam untuk bagian kaki
3460750419100Siapkan lagi sticker kaca film warna hitam (warna bias sesuai dengan selera) untuk hiasan lalu gunting dan tempelkan menjadi mata, hidung, mulut dan sebagai motif pada badan sapi.
31718261487805
Buat sayatan pada salah satu sisi badan botol untuk lubang koin
Tempelkan kaki pada bagian kepala dan badan botol, sebelumnya lapisi terlabih dahulu bagian tutup botol yang akan direktkan dengan kain
Untuk telinga, dapat dibuat dari guntingan botol yang telah ditempeli sticker kaca film dengan warna yang sama.

Satukan bagian kepala dan badan sapi

Berikan pita sebagai hiasan pemanis (atau biarkan anak berkreasi sesuai dengan selera mereka)

Lepas bagian tutup celengan bila uang koin dalam celengan tersebut penuhPenegasanMasalah lingkungan yang berkaitan dengan sampah semakin hari semakin bertambah, hal tersebut sangat berdampak pada kehidupan kita. Tanpa tindak lanjut dan penagan yang baik masalah tersebut akan semakin bertambah buruk dan mengancap kehidupan makhluk hidup. Berkaitan dengan hal tersebut, kegiatan pendaur ulangan sampah anorganik adalah salah satu usaha yang dapat diterapkan untuk menagatsinya. Salah satu bentuk kegiatannya adalah dengan membuat berbagai benda yang bermanfaat dari sisa botol minuman bekas. Kegiatan ini juga sangat baik diterapkan di SD sebagai bekal mereka dimasa yang akan dating sekaligus menanmkan sikap peduli akan lingkungan sekitar mereka.
Evaluasi
Tes KinerjaNo NamaAfektifPsikomotorKognitifTes SikapNo PernyataanSS RR TS
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10 Membiarkan sampah berserakanMembuang sampah pada tempatnyaMemanfaatkan sampah organik menjadi benda yang lebih bermanfaatSelalu mengkonsumsi minuman dengan membeli minuman dengan kemasan botol plastikMenjaga kebersihan lingkungan sekitarMerusak kelestarian lingkungan alam sekitarMematuhi peraturan yang berlakuMendengarkan nasehat guru
Memperhatikan ketika guru sedang menerangkanSuka terhadap lingkungan yang kotor


Download Daur Ulang Sampah Anorganik (Celengan Sapi dari Botol Minuman Bekas) .docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Daur Ulang Sampah Anorganik (Celengan Sapi dari Botol Minuman Bekas) . Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon