November 05, 2016

BAB 1 PRINSIP DASAR TATA RIAS WAJAH


Judul: BAB 1 PRINSIP DASAR TATA RIAS WAJAH
Penulis: Lidia Saragih








BAB 1
PRINSIP DASAR TATA RIAS WAJAH
Tata rias wajah
Tata rias wajah atau Kosmetik {{en:Make up}} adalah kegiatan mengubah penampilan dari bentuk asli sebenarnya dengan bantuan bahan dan alat kosmetik. Istilah make up lebih sering ditujukan kepada pengubahan bentuk wajah, meskipun sebenarnya seluruh tubuh bisa di hias (make up).
Tata rias wajah membutuhkan banyak pengetahuan tentang:
Anatomi (untuk memberikan bentuk ideal anggota tubuh)
Karakterisasi Warna dan garis (untuk memberikan karakterisasi personal)
Gradasi Warna (untuk memperhalus hasil akhir tata rias)
Komposisi Warna
Tata rias wajah korektif
Bertujuan untuk mengubah penampilan fisik yang dinilai kurang sempurna. Tata rias wajah korektif merupakan jenis tata rias wajah yang paling sering dilakukan oleh masyarakat.Maka tata rias korektif selalu berhubungan dengan panampilan natural dan sederhana.Namun lebih elegan,karena dapat menkoreksi kekurangan dan kelebihan di wajah kita agar terlihat lebih segar.
Tata rias wajah untuk mode/ seni (Styling make up)
Merupakan kegiatan mengubah penampilan murni untuk tujuan seni. Melukis tubuh (Body painting) merupakan salah satu contoh kegiatan styling make up.
Tata rias wajah untuk karakterisasi
Banyak digunakan untuk kepentingan dunia akting dan hiburan. Setiap warna dan bahan kosmetika yang digunakan ditujukan untuk membentuk karakter/watak tertentu, misalnya penggunaan eye shadow gelap untuk memberi karakter galak.
 Tata rias dan busana adalah kelengkapan penunjang koreografi yang penting karena memiliki sifat visual. Penonton sebuah pertunjukan tentu akan memperhtikan secara seksama tata rias dan tata busana. Harapan penonton tentunya berusaha mempermudah untuk memahami isi tari yang disampaikan.
      Ketrampilan dasar tentang tata rias bagi guru seni tari sangat dibutuhkan, karena akhir dari sebuah pelatihan adalah pementasan. Bagi para siswa, sudah barang tentu tidak dimungkinkan mereka dapat melaksanakan sendiri kegiatan tersebut. Maka hal ini mendorong para guru dapat dengan trampil mengatasai persoalan pemanggungan tersebut. Selain dari pada itu, jika siswa didorong untuk merias di salon-salon tentu akan menimbulkan persoalan baru. Sebab belum tentu salon kecantikan mengetahui karakteristik tari yang dimaksud oleh guru tari. Oleh karena itu, pengetahuan singkat ini dimungkinkan dapat memberikan bekal yang sangat berguna, selebihnya tentu para guru dimungkinkan dapat mengembangkan lebih mendalam.
Pengertian dan Fungsi Tata Rias
Tata rias dan tata busana yang dimaksudkan dapat diperhatikan pada uraian di bawah ini.
        1. Tata Rias
 Pada dasarnya, tata rias bukan sesuatu yang asing bagi semua orang, khususnya kaum wanita sebab tata rias merupakan aspek untuk mendukung penampilan dan telah menjadi kebiasaan sehari-hari.
Tata rias untuk koreografi merupakan kelengkapan penampilan yang bersifat mutlak. Seorang aktor atau artris pada waktu akan tampil di depan publiknya selalu mempersiapkan diri merias wajahnya. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya pandangan (penglihatan) mata seseorang dalam menjangkau obyek yang jauh, yang berkisar antara 5 – 7 meter, bahkan ada yang mencapai kurang lebih 20 meter. Dengan demikian, seseorang yang tampil dalam jarak tersebut perlu mendapat bantuan dari peralatan kosmetik agar wajahnya  tetap dapat dilihat jelas.
Di samping itu, tata rias juga bertujuanuntuk membuat penampilan penari berbeda dengan kondisi sehari-hari, terlebih jika tarian yang dibawakan menghendaki penampilan wajah yang  berbeda, apakah menjadi lebih tua, lebih muda, atau digambarkan menyerupai wajah hewan tertentu.
Dengan demikian,  tata rias untuk koreografi  mempunyai perbedaan  tertentu dengan tata rias sehari-hari. Perbedaan tersebut bisa  terletak pada aspek bentuk, bahan, atau tekniknya. Semuannya akan sangat tergantung pada konsep koreografinya.
2. Fungsi Tata Rias
Berdasarkan fungsinya, tata rias untuk koreografi dapat dibagi menjadi dua hal, yaitu sebagai berikut.
1.    Tata Rias berfungsi sebagai penegas   garis (contur) wajah
Seseorang yang tampil di depan umum (publik) dalam jarak yang relatif jauh membutuhkan cara-cara tertentu untuk membuat garis wajahnya tampak jelas, yaitu yang terdiri dari garis-garis pada alis, mata, hidung, dan mulut (bibir).
Di samping itu juga diharapkan wajah tidak tampak terlalu datar (flat), akan tetapi diharapkan  adanya bayangan pada lekuk-lekuk wajah (shadow) yang berupa penonjolan. Penonjolan tersebut dimaksudkan untuk menunjukan kedimensionalannya.
2.    Tata Rias berfungsi sebagai pembentuk  karakter penari
Tata rias selain berfungsi mempertegas garis wajah,  tat arias panggung  ( stage make up) berfungsi sebagai pembentuk karakter penari, yaitu memperjelas atau mempertegas kehadiran tokoh-tokoh tertentu. Dengan demikian, tata rias  berfungsi untuk merubah wajah asli menjadi wajah  tokoh-tokoh tertentu yang sesuai dengan konsep koreografinya
BAB 2
JENIS KULIT WAJAH
Upaya untuk perawatan kulit secara benar dapat dilakukan dengan terlebih dahulu harus mengenal jenis-jenis kulit dan ciri atau sifat-sifatnya agar dapat menentukan cara-cara perawatan yang tepat, memilih kosmetik yang sesuai, menentukan warna untuk tata rias serta untuk menentukan tindakan koreksi baik dalam perawatan maupun dalam tata rias.
Kulit yang sehat memiliki ciri :
1. Kulit memiliki kelembaban cukup, sehingga terlihat basah atau berembun
2. Kulit senantiasa kenyal dan kencang
3. Menampilkan kecerahan warna kulit yang sesungguhnya
4. Kulit terlihat mulus, lembut dan bersih dari noda, jerawat atau jamur
5. Kulit terlihat segar dan bercahaya
6. Memiliki sedikit kerutan sesuai usia.
Pada umumnya jenis kulit manusia dapat dikelompokkan menjadi :
1. KULIT NORMAL
Kulit normal cenderung mudah dirawat. Kelenjar minyak (sebaceous gland) pada kulit normal biasanya ‘tidak bandel’, karena minyak (sebum) yang dikeluarkan seimbang, tidak berlebihan ataupun kekurangan. Meski demikian, kulit normal tetap harus dirawat agar senantiasa bersih, kencang, lembut dan segar. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran pada kulit normal dapat menjadi jerawat. Selain itu kulit yang tidak terawat akan mudah mengalami penuaan dini seperti keriput dan tampilannya pun tampak lelah. Ciri-ciri kulit normal adalah kulit lembut, lembab berembun, segar dan bercahaya, halus dan mulus, tanpa jerawat, elastis, serta tidak terlihat minyak yang berlebihan juga tidak terlihat kering. Meskipun jika dilihat sepintas tidak bermasalah, kulit normal tetap harus dijaga dan dirawat dengan baik, karena jika tidak dirawat, kekenyalan dan kelembaban kulit normal akan terganggu, terjadi penumpukan kulit mati dan kotoran dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
2. KULIT BERMINYAK
Kulit berminyak banyak dialami oleh wanita di daerah tropis. Karena pengaruh hormonal, kulit berminyak biasa dijumpai pada remaja puteri usia sekitar 20 tahunan, meski ada juga pada wanita usia 30-40 tahun yang mengalaminya. Penyebab kulit berminyak adalah karena kelenjar minyak (sebaceous gland) sangat produktif, hingga tidak mampu mengontrol jumlah minyak (sebum) yang harus dikeluarkan. Sebaceaous gland pada kulit berminyak yang biasanya terletak di lapisan dermis, mudah terpicu untuk bekerja lebih aktif. Pemicunya
dapat berupa faktor internal atau faktor eksternal, yaitu :
a. Faktor internal meliputi :
1) Faktor genetis : anak dari orang tua yang memiliki jenis kulit berminyak, cenderung akan memiliki kulit berminyak pula.
2) Faktor hormonal : hormon manusia sangat mempengaruhi produksi keringat. Karena itulah pada wanita yang sedang menstruasi atau hamil akan lebih sering berkeringat. Selain itu stres dan banyak gerak juga dapat menjadi pemicu keringat berlebihan.
b. Faktor eksternal meliputi :
1) Udara panas atau lembab.
2) Makanan yang dapat merangsang keluarnya keringat seperti makanan yang terlalu pedas baik karena cabai atau merica, makanan yang terlalu asin, makanan yang berbumbu menyengat seperti bawang putih, makanan yang terlalu berminyak serta makanan dan minuman yang terlalu panas. Kulit berminyak memerlukan perawatan khusus dibandingkan kulit normal. Pada jenis kulit ini, minyak berlebihan yang dibiarkan akan menjadi media yang baik bagi pertumbuhan bakteri yang pada saat selanjutnya akan menjadi jerawat, radang atau infeksi.
Merawat kulit berminyak bukan berarti membuat kulit benarbenar bebas minyak, karena minyak pada kulit tetap diperlukan sebagai alat pelindung alami dari sengatan sinar matahari, bahanbahan kimia yang terkandung dalam kosmetika maupun terhadap polusi. Yang perlu dilakukan adalah menjaga agar kadar sebum tetap seimbang dan kulit tetap dalam keadaan bersih agar bakteri penyebab jerawat dapat terhambat. Memiliki jenis kulit berminyak, memiliki kelebihan yaitu membantu menjaga kelembaban lapisan dermis hingga memper-lambat timbulnya keriput.
Ciri-ciri kulit berminyak yaitu : minyak di daerah T tampak berlebihan, tekstur kulit tebal dengan pori-pori besar hingga mudah menyerap kotoran, mudah berjerawat, tampilan wajah berkilat, riasan wajah seringkali tidak dapat melekat dengan baik dan cepat luntur serta tidak mudah timbul kerutan.
3. KULIT KERING
Kulit kering memiliki karakteristik yang cukup merepotkan bagi pemiliknya, karena pada umumnya kulit kering menimbulkan efek yang tidak segar pada kulit, dan kulitpun cenderung terlihat berkeriput. Kulit kering memiliki kadar minyak atau sebum yang sangat rendah dan cenderung sensitif, sehingga terlihat parched karena kulit tidak mampu mempertahankan kelembabannya. Ciri dari kulit kering adalah kulit terasa kaku seperti tertarik setelah mencuci muka dan akan mereda setelah dilapisi dengan krim pelembab. Kondisi kulit dapat menjadi lebih buruk apabila terkena angin, perubahan cuaca dari dingin
ke panas atau sebaliknya. Garis atau kerutan sekitar pipi, mata dan sekitar bibir dapat muncul dengan mudah pada wajah yang berkulit kering.
Berbagai faktor yang menjadi penyebab kulit menjadi kering, diantaranya :
a. Faktor genetik
Faktor genetik merupakan kondisi bawaan seseorang, termasuk kondisi kulit wajah yang kering.
b. Kondisi struktur kulit
Kondisi kelenjar minyak yang tidak mampu memberi cukup lubrikasi untuk kulit, menimbulkan dehidrasi pada kulit.
c. Pola makan
Pola makan yang buruk, kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin A dan vitamin B merupakan salah satu pemicu kulit menjadi kering.
d. Faktor lingkungan
Pengaruh lingkungan seperti terpapar sinar matahari, angin, udara dingin, radikal bebas atau paparan sabun yang berlebihan saat mandi atau mencuci muka pun akan sangat berpengaruh pada pembentukan kulit kering
e. Penyakit kulit
Kondisi lainnya yang sangat berpeluang menjadi penyebab kulit kering adalah karena kulit terserang penyakit tertentu seperti eksim, psoriasis dan sebagainya. Kulit kering merupakan bentuk lain dari tanda tidak aktifnya kelenjar thyroid dan komplikasi pada penderita diabetes. Kulit kering terjadi jika keseimbangan kadar minyak terganggu. Pada kulit berminyak terjadi kelebihan minyak dan pada kulit kering justru kekurangan minyak. Kandungan lemak pada kulit kering sangat sedikit, sehingga mudah terjadi penuaan dini yang ditandai keriput dan kulit terlihat lelah serta terlihat kasar. Kulit kering memerlukan perawatan yang bersifat pemberian nutrisi agar kadar minyak tetap seimbang dan kulit dapat selalu terjaga kelembabannya.
Salah satu keuntungan kulit kering adalah riasan wajah dapat lebih awet, karena kadar sebum dalam lapisan dermis tidak berlebihan hingga riasan tidak mudah luntur.
Kulit kering memiliki ciri-ciri : kulit halus tetapi mudah menjadi kasar, mudah merekah dan terlihat kusam karena gangguan proses keratinisasi kulit ari, tidak terlihat minyak berlebihan di daerah T yang disebabkan oleh berkurangnya sekresi kelenjar keringat dan kelenjar palit atau kelenjar minyak. Ciri lainnya yaitu mudah timbul kerutan yang disebabkan oleh menurunnya elastisitas kulit dan berkurangnya daya kerut otot-otot, mudah timbul noda hitam, mudah bersisik, riasan yang dikenakan tidak mudah luntur, reaktivitas dan kepekaan dinding pembuluh darah terhadap rangsangan-rangsangan berkurang sehingga peredaran darah tidak sempurna dan kulit akan tampak pucat, suram dan lelah.
4. KULIT SENSITIF
Diagnosis kulit sensitif didasarkan atas gejala-gejala penambahan warna, dan reaksi cepat terhadap rangsangan. Kulit sensitif biasanya lebih tipis dari jenis kulit lain sehingga sangat peka terhadap hal-hal yang bisa menimbulkan alergi (allergen). Pembuluh darah kapiler dan ujung saraf pada kulit sensitif terletak sangat dekat dengan permukaan kulit. Jika terkena allergen, reaksinya pun sangat cepat.
Bentuk-bentuk reaksi pada kulit sensitif biasanya berupa bercak merah, gatal, iritasi hingga luka yang jika tidak dirawat secara baik dan benar akan berdampak serius. Warna kemerahan pada kulit sensitif disebabkan allergen memacu pembuluh darah dan memperbanyak aliran darah ke permukaan kulit. Berdasarkan sifatnya tadi, perawatan kulit sensitif ditujukan untuk melindungi kulit serta mengurangi dan menanggulangi iritasi.
Kulit sensitif seringkali tidak dapat diamati secara langsung, diperlukan bantuan dokter kulit atau dermatolog untuk memeriksanya dalam tes alergi-imunologi. Dalam pemeriksaan alergi, biasanya pasien akan diberi beberapa allergen untuk mengetahui kadar sensitivitas kulit. Kulit sensitif memiliki ciri-ciri sebagai berikut : mudah alergi, cepat bereaksi terhadap allergen, mudah iritasi dan terluka, tekstur kulit tipis, pembuluh darah kapiler dan ujung saraf berada sangat dekat dengan permukaan kulit sehingga kulit mudah terlihat kemerahan.
Faktor-faktor yang dapat menjadi allergen bagi kulit sensitif antara lain : makanan yang pedas dan berbumbu tajam, kafein, nikotin dan minuman beralkohol, niasin atau vitamin B3, kandungan parfum dan pewarna dalam kosmetika, sinar ultraviolet dan gangguan stres. Kulit sensitif berbeda dengan kulit reaktif. Meski timbul bercak kemerahan atau gatal-gatal akibat penggunaan kosmetika tertentu, belum tentu menjadi gejala atau tanda kulit sensitif. Kemungkinan bercak kemerahan tadi hanya menandakan iritasi ringan, yang akan hilang sendiri. Kulit reaktif seperti ini dapat menjadi sensitif jika iritasi kemudian meluas dan sukar sembuh. Untuk membedakannya perlu dilakukan tes alergi-imunologi oleh dokter kulit.
5. KULIT KOMBINASI ATAU KULIT CAMPURAN
Faktor genetis menyebabkan kulit kombinasi banyak ditemukan di Asia. Banyak wanita timur terutama di daerah tropis yang memiliki kulit kombinasi : kering berminyak atau normal-berminyak. Pada kondisi tertentu kadang dijumpai kulit sensitif-berminyak. Kulit kombinasi terjadi jika kadar minyak di wajah tidak merata. Pada bagian tertentu kelenjar keringat sangat aktif sedangkan daerah lain tidak, karena itu perawatan kulit kombinasi memerlukan perhatian khusus. Area kulit berminyak dirawat dengan perawatan untuk kulit berminyak dan di area kulit kering atau normal dirawat sesuai dengan jenis kulit tersebut.
Kulit kombinasi atau kulit campuran memiliki ciri-ciri sebagai berikut : kulit di daerah T berminyak sedangkan di daerah lain tergolong normal atau justru kering atau juga sebaliknya. Di samping itu tekstur kulit sesuai jenisnya yakni di area kulit berminyak akan terjadi penebalan dan di area normal atau kering akan lebih tipis.

BAB 3
KOSMETIKA PERAWATAN KULIT WAJAH
Kosmetika Perawatan Wajah – Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya bahwa kosmetika perawatan wajah meliputi perawatan sehari-hari, berkala dan perawatan khusus.
Perawatan Wajah Sehari-hari
Setiap hari perlu dilakukan perawatan yang berkaitan dengan pembersihan, penyegaran dan nutrisi pada kulit wajah.
Pertama, kosmetika pembersih dan penyegar digunakan setiap hari pada pagi sebelum merias wajah agar kosmetika rias dapat efektif menempel pada kulit dan diperoleh hasil riasan yang bagus. Kemudian gunakan juga setiap malam hari agar kulit wajah tetap bersih dan terbebas dari kosmetika dan kotoran.
Kedua, kosmetika perawatan. Setiap pagi sebelum merias wajah, gunakan cream pelindung anti matahari, dan pada malam hari setelah pembersihan dan penyegaran gunakan cream atau lotion untuk malam hari.
Perawatan Wajah Berkala
Perawatan berkala dapat dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali atau bahkan sebulan sekali sesuai kebutuhan dan kesempatan. Perawatan ini bertujuan menjaga kesehatan, kebersihan dan yang paling utama adalah menjaga kondisi kulit wajah sehingga awet muda. Kosmetika perawatan berkala meliputi:
Pembersihan dan penyegaran.
Kosmetika pembersihan mendalam (deep cleansing).
Peeling (berbentuk cream, scrub, pasta).
Massage (berbentuk cream, minyak).
Masker (berbentuk cream, bubuk, pasta, gel).
Berbagai vitamin kulit (serum, cream).
Perawatan Wajah Khusus
Perawatan wajah khusus adalah perawatan yang dilakukan dalam satu tujuan tertentu terkait dengan kondisi kulit dan kebutuhan. Perawatan wajah khusus ini harus dilakukan oleh ahli kecantikan agar terhindar dari kesalahan prosedur pemakaian kosmetika yang berakibat fatal bagi kulit wajah.
Pertama, Perawatan kulit tidak berproblem yakni perawatan kulit wajah yang dipersiapkan untuk suatu acara istimewa misalnya bagi calon pengantin atau acara yang dipandang penting dan khusus lainnya. Kosmetika pada perawatan khusus yang tidak berproblem ini sifatnya adalah menjaga kestabilan kulit, mencerahkan, memudakan/ peremajaan dan bila diperlukan memutihkan. Jenis kosmetika yang digunakan pada perawatan wajah khusus yang tanpa problem ini sama seperti kosmetika berkala ditambah beberapa kosmetika sesuai tujuan perawatan yakni kosmetika bleaching, peremajaan (anti aging) dan vitamin.
Kedua, Perawatan kulit wajah yang berproblem, yaitu perawatan kulit wajah yang berproblem dituntut untuk dilakukan karena problem pada kulit wajah terkait kondisi permasalahan pada kulit wajah dapat dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali atau bahkan sebulan sekali sesuai kebutuhan dan saran dari ahli kecantikan yang dikunjungi. Berbagai kosmetika untuk perawatan wajah khusus tersebut meliputi : Pembersihan dan penyegaran, kosmetika pembersihan mendalam (deep cleansing), peeling (berbentuk cream, scrub, pasta), massage (berbentuk cream, minyak), masker (berbentuk cream, bubuk, pasta, gel), berbagai vitamin kulit (serum, cream), bleaching (pemutih), anti aging (peremajaan), vitamin, anti acne (lotion, cream)
BAB 4
MERAWAT KULIT WAJAH
Cara Merawat Wajah Secara Alami, Putih Dan Bebas Jerawat
Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi perhatian utama bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Untuk itu banyak cara merawat wajah yang dilakukan untuk mendapatkan wajah yang sehat, putih, bersih dan terbebas dari jerawat. Setiap orang pasti ingin mempunyai wajah yang sehat dan bersih, sehingga tidak sedikit pula biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawat wajah. Mulai dari perawatan ke salon, klinik bahkan sampai ke dokter kecantikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sumber gambar : blogspot.com
Sebenarnya cara merawat wajah tidak susah, hanya tergantung bagaimana cara kita merawatnya dan membersihkannya. Semua bisa dilakukan dengan mudah jika sahabat telah mengetahui jenis kulit dan produk kecantikan yang cocok, sehingga kulit wajah akan mendapatkan perawatan yang tepat dan terbebas dari komedo dan jerawat yang mengganggu. Sebaiknya lakukanlah perawatan yang menggunakan bahan-bahan alami sehingga kulit wajah akan terbebas dari efek samping yang dapat merusak kulit.Dalam artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara merawat wajah secara alami, putih dan bebas jerawat. Mau tau selengkapnya ? Silahkan lihat dalam artikel berikut ini :- Sebelum menyentuh daerah wajah, sebaiknya cucilah tangan terlebih dahulu dengan air bersih agar terbebas dari kuman dan bakteri.- Sebaiknya biasakanlah untuk membersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar yang cocok dengan jenis kulit sahabat, setiap pagi dan malam, atau setiap kali keluar dari rumah.- Rajinlah mencuci muka setiap kulit wajah terasa kering atau saat pulang dari bepergian.- Selalu pakai pelembab wajah setiap akan beraktifitas diluar rumah, agat kulit wajah tetap terjaga dan terbebas dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan flek hitam.- Sebaiknya luangkanlah waktu sekitar 2-3 menit setiap malam, untuk memijat kulit wajah setiap sebelum tidur. Hal tersebut dilakukan agar mengilangkan letih pada wajah dan memberikan warna kulit agar tetap sehat dan cerah.- Biasakanlah menggunakan masker wajah minimal 2 kali dalam 1 minggu, agar kotoran yang menempel pada wajah akan terangkat dan wajah akan menjadi lebih bersih dan segar.- Perbanyaklah mengkonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas perhari agar kulit wajah tetap terlihat cerah dan segar.- Minumlah Vitamin E setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.- Olahraga secara teratur, agar kulit tetap kencang dan tubuh pun akan terbebas dari berbagai penyakit.Setelah mengetahui cara merawat wajah diatas, sebaiknya sahabat juga bisa mencoba cara merawat wajah secara alami berikut ini :* Jeruk NipisJeruk nipis mempunyai kandungan Vitamin C dan zat anti oksidan yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Caranya juga sangat mudah hanya dengan membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian, setelah itu peras dan ambil airnya, lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10 - 20 menit, kemudian cucilah wajah dengan air hangat, dan lanjutkan membasuh wajah dengan air dingin.* ApelBuah apel mempunyai manfaat untuk mengurangi kelebihan minyak pada wajah, sehingga dapat digunakan dalam merawat muka. Caranya adalah hancurkan buah apel dengan menggunakan blender, sebaiknya jangan menambahkan air sedikitpun pada saat apel di blender. Setelah itu oleskan pada wajah selama 30 menit, lalu bilaslah dengan air bersih.* TomatTomat kaya akan zat anti oksidan yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit akibat sinar matahari, mengurangi komedo, dan mencerahkan warna kulit wajah. Caranya haluskan 1 buah tomat, lalu campurkan dengan 1 sendok madu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian basuhlah wajah dengan air hangat.* PisangBuah pisang dapat bermanfaat untuk meremajakan kulit dan membuat kulit wajah menjadi lembab dan kenyal. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengambil 1 buah pisang ambon, kupas kulitnya dan hancurkan buahnya. Setelah itu tambahkan 1 sendok madu kedalam pisang yang telah dihancurkan tadi, dan oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 30 menit.  Lalu bersihkan dengan kapas dan air hangat.* MentimunMentimun mempunyai manfaat untuk mengangkat noda-noda hitam pada wajah dan dapat membuat wajah terlihat bercahaya. Caranya ambil 1/2 mentimun, kupas hingga bersih. Lalu tambahkan 1 sendok susu tanpa lemak, 1 sendok yoghurt. Blender semua campuran tadi hingga halus, setelah itu oleskan pada wajah selama 20 menit dan bilaslah dengan air hangat

BAB 5
JENIS-JANIS KULIT KEPALA DAN RAMBUT
Merawat Rambut Berdasar Jenis Kulit Kepala
lefttop
Jenis kulit kepala menjadi penentu metode perawatan apa yang baik buat rambut. Sehingga hasilnya memuaskan, helaian rambut tampak sehat dan berkilau tanpa masalah. Terdapat beberapa jenis dan untuk mengenalnya, perlu diketahui beberapa hal.Kulit Kepala Berminyak- Pusat wajah, area T, berminyak di tengah hari- Meskipun sudah menata rambut seolah ber-volume, tetapi tetap lepek sebelum hari berakhir-  Ditemukan serpihan besar dan kaku seperti tetesan lilin Cara perawatan:- Cuci rambut dengan shampoo dan pijat kulit kepala setiap hari - Kulit kepala berminyak dapat muncul folikulitis (bintik-bintik kecil di sekeliling folikel rambut) mendekati akhir periode menstruasi. Ratakan busa sabun pada bagian kepala tersebut dua kali saat mandi selama masa menstruasi.- Jika mempunyai ketombe, pakai shampo antiketombe. Kulit Kepala Normal- Perubahan musim membuat kulit wajah dan kepala lebih berminyak dan kering, tetapi biasanya berada pada kombinasi kedua kondisi itu.- Rambut tidak tampak berminyak atau kering jika tidak keramas dalam satu hari.- Produk penataan atau perawatan rambut tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala.Cara perawatan:- Sesuaikan jenis shampoo dengan perubahan musim.- Coba sebulan sekali pijat kepala dengan minyak murni jojoba untuk menyeimbangkan kondisi kulit. Biarkan selama 10 menit lalu basuh dengan air bersih.- Jika tampak serpihan kulit kepala mirip bubuk, tetapi tidak dalam jumlah banyak, pakai produk perawatan rambut yang sudah digabung dengan clarifier yang berfungsi sebagai penetral.Kulit Kepala Kering- Jika wajah Anda kering, maka demikian pula dengan rambut Anda.- Kulit kepala gatal dan mungkin muncul serpihan seperti bubuk karena kondisi kulit yang kering.- Terasa menggelitik dan tidak nyaman ketika Anda memakai produk perawatan dan pewarna rambut tertentu.Cara perawatan:- Deterjen dalam shampo bisa mengeringkan kulit kepala, jadi pakai shampo hanya sekali dalam dua atau tiga hari.- Pijat kulit kepala sebelum tidur dengan beberapa tets minyak jojoba. BAB 6
KOSMETIKA UNTUK PERAWATAN KULIT KEPALA DAN RAMBUT
Perawatan Kulit Kepala dan Rambut
By Sanjaya Robin · Kategori: Kesehatan Rambut · Kata Kunci: Artikel Tentang Perawatan Rambut, merawat rambut dan kulit kepala

Rambut indah merupakan anugerah terindah dari Tuhan. Kondisi rambut biasanya ditentukan oleh faktor gen, faktor lingkungan, diet, dan pola hidup. Mengkonsumsi protein, sayur, dan buah segar memberikan efek yang sangat baik bagi rambut Anda. Tapi juga berhubungan dengan bagaimana kita memberikan Perawatan Kulit Kepala dan Rambut.
Rambut merupakan hal pertama yang diperhatikan orang. Rambut merefleksikan kepribadian, nuansa hati, dan kehebatannya bergaya. Rambut dapat memperindah penampilan sesuai dengan acara, musim, atau tren fashion. Rambut dapat dikeriting  dan dirol, dibentuk ikal dan diluruskan, diwarnai dan ditata dalam berbagai gaya.
Namun seringkali dengan keadaan rambut yang ditata dengan berbagai produk, menyebabkan kondisi kulit kepala dan rambut yang rusak. Oleh karena itu diperlukan Perawatan Kulit Kepala dan Rambut, selain memperindahnya tetapi juga dapat menyehatkannya.
Berikut beberapa masalah umum yang dialami dan cara perawatan kulit kepala dan rambut secara alami:
Perawatan Kulit Kepala dan Rambut yang terIritasi ShampooKulit kepala yang terasa perih, apalagi timbul jerawat-jerawat kecil merupakan tanda terjadinya reaksi iritasi atau alergi terhadap bahan yang terhadap bahan yang terkandung dalam shampoo atau produk penata rambut. Segera hentikan pemakaian shampoo tersebut. Oles kulit kepala dengan lidah buaya yang sudah diencerkan dengan air atau bubuhi air seduhan chamomile tea atau seduhan the hijau yang sudah didinginkan. Bila tidak berkurang juga, segera perikasakan ke dokter spesialis.
Perawatan Kulit Kepala dan Rambut yang RontokKerontokan rambut dikatakan abnormal bila lebih dari 100 helai per hari. Bisa terjadi karena berbagai sebab, antara lain fungsi kelenjar tiroid/ gondok yag kurang baik, gangguan pencernaan, investasi pasasit (misalnya, cacingan), defisiensi zat nutrisi, gangguan hormon, proses penuaan, trauma sekunder setelah kehamilan, penyakit kulit, kencing manis, kemotrapi, dan stress. Cara penanggulangan rambut rontok adalah cari dan atasi dahulu penyebabnya. Terapi nutrisi yang dapat membantu adalah konsumsi makanan yang kaya silica untuk menguatkan rambut, yaitu kulit kentang, mentimun, cabai merah/hijau, tauge/kecambah; makanan kaya protein dan zat besi: kacang hijau, daging tanpa lemak, tumbuh-tumbuhan laut misalnya ganggang laut. Pilih susu domba jangan susu sapi. Vitamin B komplek, vitamin E, biotin; mineral: unsur seng, zat besi; suplemen: evening primrose oil, flax seed oil, atau teh hijau.
Perawatan Kulit Kepala dan Rambut yang Rusak Akibat Sering DicatAkar rambut yang tidak kuat dan rambut yang cenderung kering akibat sering mengubah-ubah warna rambut sangat menggangu penampilan dan percaya diri. Untuk mengatasi hal tersebut, caranya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi.Nutrisi yang diperlukan oleh rambut yaitu dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan berwarna yang mengandung betakaroten dan unsur seng, makanan yang mengandung protein tinggi, dan cukup mengkonsumsi minyak nabati yang sehat seperti minyak zaitun, minyak canola, evening primrose oil, atau flax seed oil. Selain itu, lengkapi dengan perawatan luar yaitu hot oil treatment atau creambath dengan essential oil (aromaterapi) secara rutin.
BAB 7
PERAWATAN KULIT KEPALA DAN RAMBUT SECARA KERING
ips Merawat Rambut Kering atau Rusak Secara Alami
Apakah Anda Bangga dengan Rambut Anda?
Ataukah setiap hari adalah "bad hair day" bagi Anda? Jika masalah Anda adalah karena rambut kering atau rusak, maka menata rambut Anda mungkin akan lebih merusak dan membuat kondisinya lebih buruk. Ambil seuntai rambut Anda dan perlahan-lahan tarik kedua ujungnya untuk diregangkan. Kalau rambut Anda patah dengan mudah, maka Anda tidak memiliki cukup kelembaban di rambut Anda.
Gunakan Merek Pelembab yang lebih baik
Banyak label produk mengatakan produk tersebut melembabkan. Namun pada kenyataannya, produk tersebut mungkin hanya melapisi rambut Anda agar terasa lebih lembut. Carilah produk dengan minyak alami seperti zaitun atau minyak argan, atau gliserin, sorbitol, atau shea butter (terbuat dari ekstrak biji pohon shea Afrika). Tapi jauhi shampoo yang mengandung minyak mineral dan petrolatum, karena shampoo tersebut mencegah kelembaban luar untuk masuk.
Panas: Teman atau Musuh?
Panas masih merupakan cara terbaik untuk mendapatkan tampilan yang licin dan halus. Tapi Anda perlu melindungi rambut Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh pengering, pengeriting, dan pelurus rambut. Oleskan krim penata rambut anti panas saat rambut Anda basah. Jika Anda memiliki rambut halus, atur alat penata rambut Anda ke rendah. Rambut menengah dan kasar dapat mengatasi suhu yang sedikit lebih tinggi.
Hati-hati dengan Cuaca!
Tidak peduli jenis rambut Anda, cuaca mempengaruhi rambut Anda. Udara dingin dan terik matahari dapat mengeringkan rambut Anda, begitu juga dengan air garam dan klorin. Bila rambut Anda telah terkena, pertimbangkan untuk menggunakan shampoo dan kondisioner yang dirancang untuk rambut kering. Anda juga harus mengenakan topi pada saat kondisi diluar buruk.
Potong Sebagian Panjang Rambut
Mengapa Anda mempertahankan ujung rambut yang tidak beraturan tersebut? Sebagai pegangan umum: Pangkas ujung rambut tersebut setiap enam sampai delapan minggu, terutama jika Anda menggunakan alat-alat panas secara teratur. Penata rambut memperingatkan agar Anda tidak memangkas sendiri di rumah karena gunting yang kurang tajam bisa merusak ujung rambut lebih jauh. Dan juga memotong bagian belakang rambut Anda dalam garis lurus tidaklah mudah!
Berikan Rambut Anda Minyak Jojoba / Kelapa
Jika rambut Anda super kering, cobalah minyak jojoba atau kelapa. Gosokkan beberapa tetes ke rambut basah dan biarkan selama beberapa menit. Cuci bersih minyak tersebut dengan shampoo pelembab dan kondisioner. Untuk hasil yang lebih, jangan gunakan alat penata rambut Anda dan biarkan rambut Anda kering alami.
Siapkan Rambut Anda Ketika Hendak Tidur
Rawat rambut Anda dengan baik, bahkan saat Anda tidur. Hilangkan kusut rambut sebelum tidur dengan boar-bristle brush (sikat rambut yang terbuat dari rambut babi liar). Menyikat rambut juga membantu menyebarkan minyak dari kulit kepala Anda. Jika Anda memiliki rambut panjang, putar rambut Anda menjadi sanggul longgar, selipkan ke ujung bawah, dan kencangkan dengan jepit rambut. Jika Anda memiliki rambut pendek, tidurlah diatas sarung bantal sutra. Hal ini menyebabkan sedikit gesekan dengan rambut Anda.
Jangan Rusak Rambut dengan Bahan Kimia
Apakah gaya rambut Anda termasuk perms (keriting permanen), relaxers (larutan kimia yang digunakan pada rambut keriting untuk melunakkan atau melonggarkan keriting tersebut), atau warna rambut permanen? Bahan-bahan kimia mengurangi kelembaban alami rambut dan melemahkan helai rambut. Jika Anda melakukan perawatan kimiawi terlalu banyak, maka rambut Anda mungkin berubah kusam dan keriting. Cobalah untuk mewarnai rambut Anda dengan warna yang masih senada dengan rambut Anda.  Corak warna rambut yang lebih dekat dengan warna alami Anda membutuhkan lebih sedikit kimia. Dan cobalah untuk menjaga jarak antara pewarnaan/pengeritingan/pelurusan pada rambut Anda
Menjadi Ahli Kecantikan di Dapur
Siapkan masker rambut yang Anda buat sendiri dengan mencampur madu dan minyak zaitun dengan ukuran yang sama di dalam mangkuk kecil. Mungkin aromanya cukup menggoda untuk dimakan, tapi yang satu ini untuk rambut Anda! Gosok masker secara merata ke seluruh rambut Anda, dan kemudian bungkus dalam plastik selama 30 menit. Kemudian cuci rambut dengan shampoo dan kondisioner. Lakukan setidaknya sekali sebulan, atau setiap minggu jika Anda bisa.
Shampoo vs Tanpa Shampoo
Anda mungkin ingin rambut Anda dicuci setiap hari. Tapi hal itu tidak diperlukan, kecuali kulit kepala Anda benar-benar berminyak. Cobalah kurangi keramas. Atau shampoo pada satu hari dan besoknya basahi rambut Anda tapi "tanpa shampoo" dan hanya menggunakan kondisioner. Setiap kali Anda menggunakan shampoo, gosok hanya kulit kepala saja dan biarkan busa lari ke bawah rambut Anda. Gunakan kondisioner di dekat ujung rambut dan bukan kulit kepala.
Diet untuk Rambut
Rambut Anda sangat membutuhkan lemak sehat! Jadi makanlah banyak alpukat, salmon, dan minyak zaitun. Makanan tersebut penuh dengan kandungan asam lemak esensial, yang dapat melembabkan kulit kepala yang kering dengan minyak alami. Apa pun yang Anda lakukan, jangan lakukan crash diet (diet yang ekstrim dalam mengurangi asupan gizi, biasanya sangat membatasi asupan kalori) karena tubuh Anda akan kelaparan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menghasilkan rambut sehat.
BAB 8
KOMPOSISI WARNA DAN MENGGAMBAR BENTUK WA
Tata Rias Koreksi Bentuk Alis • Dalam riasan mata, alis memegang peranan penting, karena baik bentuk maupun posisi alis sangat mempengaruhi ekspresi wajah, misalnya alis yang tebal dengan jarak terlalu dekat dapat memberikan kesan ketus dan alis yang ujungnya menurun memberikan kesan sedih. Jika alis mata secara alami sudah bagus bentuknya, cukup disikat agar rapi dan terpelihara keindahannya
Alis yang ideal yaitu : • Batas pangkal alis : tarik garis tegak lurus mulai dari ujung mata bagian dalam ke arah pangkal alis. • Puncak alis :perkirakan 1/3 dari bentuk mata diukur dari sudut mata sebelah luar dan tarik garis tegak lurus ke arah alis. Kemudian tarik garis diagonal mulai dari cuping hidung ke arah alis • Panjang alis diperkirakan dengan menarik garis dari batas ujung bibir (garis A) dan dari batas hidung (garis B) melalui ekor mata, titik perpotongan kedua kedua garis tersebut adalah batas panjang alis. • Cara menentukan puncak alis :
Cara merapihkan bulu alis • Sikat bulu alis ke arah atas • Kemudian perhatikan bagian-bagian yang perlu dikoreksi seperti alis yang jaraknya berdekatan dengan mencabut bulu alis pada pangkal alis, atau alis yang jaraknya terlalu berjauhan dengan cara digambar atau disempurnakan menggunakan pinsil alis pada pangkal alis • Bentuk dan pertegas alis dengan pinsil alis • Sapukan maskara ke arah atas pada bulu alis agar tampak alami • Cara merapihkan bentuk alis (mencabut bulu alis) :
Cara pembuatan tata rias koreksi bentuk alis • Koreksi bentuk alis menurun: – Bentuk alis menurun, wajah akan tampak sedih atau tua untuk mengoreksinya rambut- rambut alis yang menurun dicabuti, dan bentuk ujung alis yang sempurna dengan cara digambar menggunakan pinsil alis.
• Koreksi bentuk alis melengkung – Pada bentuk alis terlalu melengkung dapat dikoreksi dengan cara rambutrambut alis di bagian ujung alis, dan di pangkal alis dicabut, kemudian bentuk alis yang lebih lurus dan digambar dengan menggunakan pinsil alis.
• Koreksi bentuk alis lurus – Koreksi bentuk alis lurus, rambut pada pangkal alis dan pada bagian perut alis (bagian bawah) alis dicabuti kemudian alis digambar agak melengkung. • Koreksi bentuk alis terlalu tebal atau lebat – Pada alis dibuat pola dulu, kemudian rambut-rambut yang terdapat di luar pola dicabuti sehingga tercapai bentuk alis yang ideal.
• Koreksi bentuk alis terlalu berdekatan – Pangkal alis yang terletak sangat berdekatan menimbulkan kesan seolaholah orang tersebut berwatak judes, maka harus diperbaiki dengan cara mencabuti rambut-rambut di kedua pangkal alis supaya jarak antara kedua pangkal alis tampak lebih renggang.
• Koreksi bentuk alis terlalu jauh – Alis digambar melengkung tetapi tidak bersiku. Pangkal alis sampai ke puncak alis dibuat tebal dan pada ekor alis menipis serta arahnya ke bawah.
Cara mengoreksi bentuk alis sesuai dengan bentuk wajah : • Bentuk alis untuk bentuk wajah oval : Wajah bentuk oval model alis apapun akan terlihat cocok. • Bentuk alis untuk bentuk wajah panjang : Wajah panjang, bentuk alis jangan terlalu melengkung, karena muka akan tampak bertambah panjang. Lengkung alis dibentuk agak rendah. Lebar atau besar alis pada bagian pangkal dan ujung alis jangan terlalu jauh berbeda. • Bentuk alis untuk bentuk wajah bundar : Wajah bentuk bundar, alis jangan terlalu besar, puncak lengkungan alis tidak berbentuk bundar tetapi sedikit bersiku.
• Bentuk alis untuk bentuk wajah heart/segi tiga terbalik : Wajah bentuk hati, alis digambar tidak terlalu tebal, tetapi tipis serta makin ke ekor makin tipis sehingga dahi tidak tampak lebar. Demikian pula jarak antara kedua alis sedikit lebih dekat. Puncak alis dari pangkal lebih panjang dari puncak ke ekor alis. • Bentuk alis untuk bentuk wajah buah pear/segi tiga : Wajah bentuk pear tidak cocok menggunakan alis berbentuk melengkung tetapi dibuat agak mendatar • Bentuk alis untuk bentuk wajah persegi/square : Wajah bentuk persegi alis dibentuk melengkung, puncak alis dibentuk melengkung dan harus tebal sampai puncak alis serta pada ekornya tipis. • Bentuk alis untuk bentuk wajah belah ketupat/diamond : Wajah bentuk belah ketupat, bentuk alis hampir sama dengan alis untuk muka bentuk persegi tetapi ekor alis mengarah ke bawah.
Tata Rias Koreksi Bentuk Hidung Salah satu kelemahan pada wajah wanita Indonesia terletak pada tulang hidung yang kurang tinggi serta bagian cuping hidungnya cenderung melebar. Kekurangan pada bagian ini perlu mendapat perhatian ekstra bila ingin tampil cantik dan indah, karena bentuk hidung yang ideal memberi dimensi tersendiri bagi wajah. Koreksi bentuk hidung merupakan bagian dari terapan dasar tata rias Efek gelap (shading) dan terang (highlight) akan membantu memperbaiki bagian ini. Efek tersebut dapat dimunculkan melalui dua tahap yaitu : • Pembentukan dengan menggunakan foundation • Penyempurnaan dengan menggunakan bedak padat.
• Pembentukan – Tahap ini dilakukan sebagai bagian dari aplikasi dasar tata rias wajah dan diterapkan bersamaan dengan proses pembentukan wajah. Tujuannya adalah untuk membentuk hidung terlihat proporsional bagi wajah secara keseluruhan. • Teknik yang digunakan : – Shading, untuk memberi kesan dalam dan mengecilkan – Highlight, untuk memberikan kesan meninggikan. • Cara mengoreksi bentuk hidung : – Oleskan foundation pada bagian-bagian yang ingin digelapkan atau diterangkan sesuai dengan tipe hidung yang akan diperbaiki. – Ratakan dengan menggunakan spons
Penerapan shading dan highlight pada beberapa tipe hidung dapat dilihat pada gambar berikut :
Kelemahan lain dari bentuk hidung & cara mengoreksinya yaitu : • Batang hidung terlalu tinggi (mancung): Bagian tengah batang hidung diberi warna gelap (shading) dan bagian atas serta bawah diberi warna terang (highlight) • Hidung terlalu lebar: Pada bagian batang hidung diberi warna yang terang (highlight) dan dikedua tepinya diberi warna gelap (shading)
• Hidung yang panjang : Kedua sisi hidung diberi warna yang agak gelap(shading) tetapi tidak perlu sampai ke ujung hidung dan pada bagian batang hidung (tengah) diberi sedikit warna terang (highlight). • Hidung yang pendek: Kedua belah sisi hidung diberi warna gelap (shading) dan pada bagian tengah batang hidung diberi dasar bedak yang arnanya terang (highlight)
• Hidung yang mencuat ke atas: Jarur tengah punggung hidung sampai ke ujung hidung diaplikasikan bayangan gelap.
BAB 9
RIAS KOREKSI BENTUK WAJAH
1. WAJAH HATI
Bentuk wajah ini cocok dengan garis alis melengkung. Tarikan garis yang ekstrem dan tidak bersudut dapat menghaluskan fitur wajah bagian dagu yang lancip, sehingga terlihat lebih seimbang.2.    Wajah BulatGaris alis yang tegas cocok untuk wajah bulat. Bentuk arch (lekukan pada puncak alis) yang tinggi mampu memberi efek wajah tampak lebih tirus dan segar.3.    Wajah panjangBentuk alis Anda cenderung lebih mendatar dengan area arch yang tidak terlalu tinggi. Cara ini membantu memberi dimensi wajah lebih pendek dan proporsional. Perhatikan besar ketebalan alis. Alis yang terlalu tipis seperti garis malah membuat wajah semakin tirus dan panjang. 4.    Wajah ovalBanyak yang menyatakan bentuk wajah ini nyaris sempurna, sehingga cocok dengan berbagai bentuk alis. Bentuk alami seperti lekukan yang tidak terlalu lancip dan tidak mendatar tepat untuk si oval. 5.    Wajah persegiUntuk menyamarkan bentuk tulang rahang yang tegas, alis dengan bentuk garis lurus dan sedikit 23755352343150lekukan halus bisa menjadi pilihan agar tampilan 419106369054604385379730wajah tidak 505206025336502185035371475terlalu kaku.
BAB 10
RIAS WAJAH SESUAI KEBUTUHAN
Pelembap atau moisturizer: Day cream yang sifatnya perawatan, digunakan sehari-hari untuk memberi kelembapan, mencerahkan, dan menghindari garis penuaan pada kulit wajah. 2. BB cream: Krim yang multifungsi, dapat berfungsi sebagai tabir surya maupun perawatan perlindungan kulit wajah dari penuaan. 3. Make up primer: Mempertahankan riasan lebih lama menempel pada wajah dan warna tidak mudah pudar. Pilihlah make up primer yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda, karena umumnya make up primer menahan minyak agar tidak mudah keluar. Saat ini sudah banyak merek kosmetik yang menyediakan make up primer untuk berbagai jenis kulit wajah, bahkan 2in1 dengan SPF maupun BB cream. 4. Foundation atau alas bedak: Pastikan foundation berbaur merata. Jika tidak, wajah akan terlihat belang. Jangan memakai foundation terlalu tebal untuk menghindari 'cake face'.5. Concealer (jika diperlukan): Lingkaran gelap di bawah mata akan terlihat saat Anda lelah. Tutupi dengan memulas concealer pada bagian tersebut dengan cara menepuk-nepuk concealer memakai jari tangan untuk hasil yang lebih baik dan menghindari pemakaian terlalu tebal. 6. Bedak wajah: Bedak jenis tabur maupun padat dapat digunakan sesuai kebutuhan wajah Anda untuk hasil dasar riasan yang merata sempurna. 7. Aplikasi make up, seperti eye shadow, blush on, alis mata, dan lipstik.
BAB 11
MENGENAL TANGAN KAKI DAN KUKU
Kelainan Pada Kuku ( Tinea Unguium )
Tinea unguium merupakan bentuk kelainan kuku yang disebabkan oleh infeksi jamur Dermatofita.Penyebab dari penyakit ini berupa jamur T.Mentagrophytes dan T.rubrum, yang dapat ditularkan secara langsung maupun tidak langsung.Penyakit ini lebih sering menyerang orang dewasa, bersamaan tinea pedis dan tinea manus.Penyakit ini sering menyerang orang yyang selalu bersinggungan dengan air kotor.Lingkungan lembab dan basah dapat mempermudah terjangkitnya penyakit ini.

Gejala penyakit ini yaitu rusaknya kuku penderita dan warnanya menjadi suram.Terkadang disertai rasa nyeri dan gatal disekitar kuku.pada umumnya tinea unguium bersifat kronik dan sukar penyembuhannya.Kuku kaki lebih sering diserang daripada kuku tangan.Pengobatan infeksi kuku ini memerlukan ketekunan, pengertian, kerjasama, dan kepercayaan antara penderita dan dokter.Kelainan kuku merupakan kelainan yang banyak penyebabnya.Pengobatannya sendiri sulit dan memerlukan waktu relatif lama.Pengobatan secara sistemik dapat dilakukan dengan memberikan griseofulvin 500 mg sehari selama 3-6 bulan untuk kuku jari tangan dan 9-12 bulan untuk kuku jari kaki.Pengobatan intrakonazol atau terbenafin per oral selama 3-6 bulan juga memberikan hasil yang baik.Pengobatan topikal dapat dilakukan dengan memberikan obat topikal sebagai berikut :
Salep withefield I dan II
Kompres Asam salisilat 5%, asam benzoat 10%, dan resolsinol5% dalam spiritus.
Asam undesilenat dalam bentuk cairan.
imidazol dalam bentuk cairan.
Siklopiroksolamin dalam bentuk cairan.
 Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar.hindari terlalu sering kontak langsung dengan air kotor.Bersihkan tangan dan kaki dengan sabun setelah beraktifitas.
BAB 12
MERAWAT TANGAN DAN MERIAS KUKU( MANICURE)
Cara Merawat kuku Secara Alami Agar Terlihat Cantik. Kuku adalah bagian tubuh binatang yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku adalah bagian dari tulang bukan protein. Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit. Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh.Perawatan kuku ini bisa juga dilakukan dengan cara yang alami tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Pasalnya, bahan bahan yang dibutuhkan juga banyak tersedia di sekitar Anda. Kuku yang sehat biasanya lebih kuat dan tentunya tidak mudah mengelupas, gunakan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar kita. Diantaranya :
Blimbing Wuluh. Bermanfaat untuk membersihkan kotoran di sela-sela kuku dan kulit luar sekaligus menguatkan kuku. Caranya sukup dengan menggosokkan potongan blimbing wuluh pada kuku yang mau dibersihkan, setelah bilas dengan air bersih.
Perbanyak minum air putih. Salah satu cara mudah untuk memperindah dan menguatkan kuku dari dalam adalah dengan memperbanyak minum air putih. Konsumsi air putih membantu agar Kuku tidak kering.
Minum susu dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium. manfaatnya untuk memperkuat kuku. Seperti Makanan yang terbuat dari susu dan keju, Ikan pari dan ikan sarden, kacang-kacangan dan biji-bijian, Sayuran seperti Brokoli, kangkung, bayam dsb, Buah seperti apel merah, strawbery, pepaya, nanas, mangga, alpukat, anggur, manggis dsb.
Lidah buaya. Lidah buaya memiliki banyak manfaat. Selain untuk merawat rambut, ternyata juga bisa untuk merawat kuku. Caranya, bersihkan lidah buaya dan oleskan secara merata pada kuku. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kuku akan terlihat lebih cantik dan bening.
Getah Pepaya. Bagus sekali untuk membersihkan kulit di luar kuku agar tidak mudah pecah dan mengelupas.
Lemon (jeruk nipis). Untuk mengembalikan kuku yang kuning. Caranya, siapkan perasan lemon, dan campurkan satu sendok perasan lemon dengan pasta gigi (disarankan pasta gigi untuk memutihkan gigi). Aduk rata, kemudian oleskan pada kuku . Tunggu hingga kering. Setelah itu basuh kuku dengan air hangat. Lakukanlah secara teratur minimal sepekan sekali, maka kita akan mendapatkan kuku dengan warna yang normal.
Bawang putih. Mengandung zat yang sangat berguna untuk menguatkan kuku. Caranya, parut bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada kuku . Tunggu beberapa menit, setelah itu bersihkan kuku . Bisa juga dengan langsung menggosokkan bawang putih pada kuku Anda. Lakukanlah secara rutin, maka kuku Anda akan semakin kuat dan tidak rapuh.
Campuran madu, telur, dan minyak zaitun . Manfaatnya adalah untuk melembabkan dan melembutkan kuku. Kita yang memiliki kuku yang kering dan kurang nutrisi, gunakan tip ini. Caranya, campurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun dalam panci. Panaskan dan aduk hingga tercampur rata, kemudian siapkan kocokan telur. Campurkan adonan madu dan minyak zaitun dengan kocokan telur, oleskan pada kuku secara merata dan tunggu 10 – 15 menit, kemudian bersihkan kuku Anda.
BAB 13
MERAWAT KAKI DAN MERIAS KUKU (PADICURE)
Tips Menghias Kuku Terlihat Cantik ala Jepang – Semakin berkembangnya kreatifitas dalam mempercantik penampilan sepertinya tidak akan pernah habis. Berbagai macam asesoris hiasan terus bermunculan, mulai dari hiasan kalung, cincin atau bahkan ikat kepala dan penutup kepala. Salah satu jenis asesoris yang sepertinya sedang menjadi trend baru-baru ini adalah menghias kuku atau disebut juga nails art atau nail designs ala jepang.
Nail art (Menghias Kuku) adalah suatu tindakan untuk menghias kuku dengan memberi warna, gambar, lukisan atau hiasan baik dilakukan langsung di atas kuku maupun dengan menggunakan kuku plastik/palsu yang disesuaikan dengan ukuran pemilik kuku. Terdapat berbagai jenis dan macam bahan dasar yang digunakan untuk mengaplikasikan ragam cara unik menghias kuku ala jepang.
Jenis dan macam
Berikut ini beberapa jenis dan macam bahan dasar yang digunakan untuk pengaplikasian ragam cara unik menghias kuku ala jepang yang diolah dari berbagai sumber, yaitu:
Cat kuku. Cat kuku atau kuteks merupakan salah satu bahan dasar sederhana yang bisa dipilih untuk diaplikasikan pada hiasan kuku. Penggunaan bahan dasar kuteks sebagai hiasan kuku dikenal juga dengan sebutan nail art kuteks.
Batuan. Batu-batuan unik juga dapat digunakan untuk mengaplikasikan hiasan pada kuku. Namun ukuran batu yang dipilih hendaknya tidak terlalu besar. Penggunaan bahan dasar batuan sebagai hiasan kuku dikenal juga dengan sebutan nail art stone.
Kertas tempel. Penggunaan kertas tempel sebagai media dasar hiasan kuku sepertinya cukup memiliki peminat yang banyak. Metode ini dikenal juga dengan metode nail art sticker. Namun demikian jenis sticker atau kertas tempel yang digunakan memiliki sifat kedap air, sehingga relatif lebih bertahan lebih lama.
Acrilic. Penggunaan cat acrilic ataupun media acrilic padat sebagai salah satu media dasar hiasan kuku sepertinya juga memiliki peminat remaja yang jumlahnya banyak. Metode ini juga dikenal dengan metode nail art acrilic.
Demikianlah beberapa jenis dan macam bahan dasar yang dapat digunakan untuk menghias kuku anda ala jepang. Untuk pemilihan tema atau jenis desain, bisa diambilkan ide atau konsep yang berasal dari lingkungan sekitar, misalnya bunga, bendera, simbol atau logo atau bahkan bentuk binatang. Pada intinya kreasikan segala macam hal tanpa perlu dibatasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

BAB 14
EPILASI DAN DEPILASI
Pengertian Depilasi dan Epilasi
Adanya berbagai alasan baik hasil yang di inginkan maupun metode yang di lakukan dalam pengangkutan bulu atau rambut yang tidak di kehendak. Pencabutan yang maksudnya menghilangkan bulu atau rambut tersebut dapat di lakukan dengan berbagai cara di mulai dengan teknik yang memerlukan alat modern sesuai dengan perkembangan teknologi.
      a.   Depilasi
Mengangkat atau menghilangkan bulu atau rambut yang tidak di kehendaki dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan hasil tekniknya. Depilasi adalah tindakan mengangkat atau menghilangkan bulu atau rambut yang tidak di kehendaki dengan tanpa mengganggu bagian rambut yang tertanam di dalam kulit artinya bahwa pencabutan atau pengangkatan bulu atau rambut yang tidak di kehendaki tersebut tidak sampai pada akar atau folikel rambut.
b.  Epilasi
Tindakan mengangkat atau menghilangkan bulu atau rambut yang tidak di kehendaki dengan cara mencabut hingga mencapai sebagian akar atau folikel rambut atau secara total yang memungkinkan bulu atau rambut tumbuh lagi.
3. MOTIVASI DEPILASI atau EPILASI Di atas telah di jelaskan bahwa pertumbuhan rambut tidak hanya tumbuh di kepala namun juga tumbuh di bagian tubuh lainnya yang sering tidak di inginkan terutama bagi kaum wanita. Sesuai dengan tempat tumbuhnya serta karakteristiknya rambut tersebut. Sering di sebut bulu karena biasanya rambut tersebut bentuknya halus dan pendek. Alasan tidak di inginkan tumbuhnya bulu tersebut adalah pandang dari segi estetika penampilan seorang wanita sehingga di usahakan menghilangkannya. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat berbagai motivasi pengangkatan bulu yang baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian saja dari bulu yang tambah.
Beberapa motivasi pengangkutan bulu di sesuaikan dengan tempat pertumbuhannya adalah sebagai berikut :
a.   Pencabutan Bulu Alis
      Biasanya hanya di lakukan sebagian saja karena sebagian rambut yang di sisakan,       di butuhkan untuk menambah kecantikan seseorang. Pencabutan sebagian rambut     alis tersebut. Karena dirasakan pertumbuhannya yang tidak beraturan ataupun     bentuk lengkung alis tidak sesuai sehingga mengganggu rias wajahnya. Untuk     menyempurnakan hasil rias wajah maka perlu di lakukan epilasi pada rambut     alisnya.
 b.  Pencabutan Bulu Kaki atau Lengan
     Adanya pertumbuhan rambut atau bulu kaki atau lengan wanita yang terlalu lebat,       kasar dan hitam sering tidak di kehendaki. Oleh karena itu Depilasi atau Epilasi     sering di lakukan secara total terutama pada bagian yang terbuka atau terlihat oleh     pandangan mata. Hal ini karena di rasakan mengurangi keindahan kaki ataupun     lengannya.
      c. Pencabutan Bulu Ketiak (Armpit)
     Lebatnya pertumbuhan rambut ketiak sering menimbulkan bau tidak sedap karena     adanya kelembapan yang di tahan oleh lipatan ketiak (Armpit). Adanya kondisi    lembab karena keringat serta kurangnya menjaga kebersihan pada ketiak    mengakibatkan bersarangnya bakteri yang membusuk sehingga menimbulkan BB    yang tidak sedap. Untuk mengurangi BB tersebut maka sering di lakukan    pencukuran atau pencabutan bulu atau rambut ketiak secara kurun waktu tertentu    sesuai dengan pertumbuhannya.
d.  Pencabutan Bulu pada Pangkal Paha
     Pencabutan bulu atau rambut yang tumbuh di pangkal paha atau di sebut bikini line    sering di lakukan terutama bagi wanita bangsa Eropa. Kita ketahui bahwa wanita    Eropa memiliki kecenderungan pertumbuhan rambut atau bulu sangat lebat di    seluruh tubuhnya bahkan sampai tempat-tempat tertentu pada wajahnya. Pada    musim panas wanita Eropa sering berjemur di bawah sinar matahari (Sun Buthing).    Pada waktu dilakukan mandi tersebut sering menggunakan bikini dengan    dikenakannya bikini maka seluruh tubuhnya akan terlihat mulus dan tidaknya kulit,    mulai dari pangkal paha hingga hingga keseluruh kaki. Oleh karena itu mereka perlu    melakukan pencabutan bulu pada Bikini Line. Untuk mendapat kemulusan kulitnya    dari pangkal paha hingga kaki.
4. Metode Pengangkatan atau Pencabutan Bulu
Mengingat jumlah bulu atau rambut ataupun area pertumbuhan rambut yang akan di angkat atau di hilangkan maka terdapat berbagai metode atau teknik dan hasil pengangkatan atau pencabutan bulu atau rambut yang tidak di kehendaki. Metode tersebut adalah metode secara manual dapat dikatakan sebagai metode secara sementara ataupun secara resmi permanen. Sebelum melakukan pengangkatan atau pencabutan bulu atau rambut , bersama pelanggan yang harus di setujui terlebih dahulu cara atau metode yang akan di gunakan berdasarkan atas jumlah rambut yang akan di hilangkan, lokasi pertumbuhan secara kecepatan tumbuhannya. Maka pada pelanggan harus di jelaskan keunggulan dan kekurangan masing-masing dari metode yang akan di terapkan.
BAB 15
SENI MERIAS KUKU(NAIL ART)
Pada dasarnya, banyak bagian tubuh yang dapat dieksplorasi untuk mempercantik penampilan. Seperti anting untuk telinga, gelang dipasang di tangan, dan leher diberi hiasan kalung. KEINDAHAN dan kebersihan diri merupakan pancaran pribadi seseorang. Tidak heran bila kemudian, banyak kaum hawa yang berlomba-lomba mempercantik semua bagian tubuhnya hingga yang terkecil sekalipun seperti kuku. Salah satu caranya adalah dengan nail art atau nails design. Yakni seni menghias dan mewarnai kuku. Seni ini berasal dari negeri Sakura, Jepang.

Nail art adalah tindakan untuk mempercantik kuku dengan memberi gambar, lukisan atau hiasan. Baik langsung di atas kuku maupun menggunakan kuku plastik yang disesuaikan dengan ukuran kuku customer. Ada empat jenis nail art, yang pertama adalah nail art kuteks, yaitu nail art yang dilukis dengan menggunakan kuteks saja. Kedua nail art stone, yaitu nail art yang dihiasi semacam hiasan yang dihiasi batu-batuan unik. Ketiga adalah nail art sticker, yaitu menggunakan acrilic sebagai acrilic, yaitu menggunakan acrilic sebagai hiasannya. Nail art selain mempercantik kuku, bisa juga untuk menutupi kekurangan sang pemilik kuku. Misalnya yang kukunya buntet bisa terlihat lebih lentik. Dan nail art juga bisa digunakan dalam setiap kesempatan. Misalnya untuk acara wedding, pesta-pesta, ataupun untuk sekadar kegiatan sehari-hari.
Langkah-langkah yang dilakukan untuk melakukan nail art ada beberapa cara. Manual paint adalah melukis langsung di kuku dan merupakan cara yang paling banyak digunakan. Peralatan yang digunakan hanya kuas dan cat kuku. Ada teknik lain selain melukis secara manual, yaitu air brush. Biasanya taknik ini menggunakan mesin kompresor kecil. Tetapi sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kutikula kuku atau kulit halus yang ada di pinggiran kuku Anda. Bila ingin motif nail art Anda bisa menggunakan kuku palsu.Bentuk modifikasi lain adalah crystal dan glitter. Menggunakan kristal sesuai warna dan ukuran mungkin masih tergolong baru. Namun cara ini banyak peminatnya dan penerapannya pun hampir sama dengan penggunaan stiker. Batu kristal yang dipilih biasanya disesuaikan dengan warna cat kuku. Bentuknya pun bermacam-macam seperti bentuk bunga, hati atau dedaunan. Hiasan ini biasanya dipilih untuk kaum perempuan untuk acara-acara khusus seperti upacara pernikahan atau acara penting lainnya.Panduan tehnik Nail Art kali ini berisi ebook, video tutorial plus dengan sampel gambar nail art yang menarik dan elegan.

KATA PEMGHANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME karna atas kekuatannya lah buku tugas yang kami kerjakan dapat terselesaikan dengan baik.
Tugas ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan tentang tata rias yang baik dan mudah. Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui pelajaran muatan lokal disekolah . hal ini bertujuan agar para siswa mempunyai keahlian sbagai bekal dimasa depan nya.
Materi yang disajikan dalam tugas ini kami susun dengan bahasa yang sederhana. Oleh karna itu, buku itu dapat digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat. Tugas ini dapat menjadi pedoman bagi kita dalam menyalurkan minat, menambah wawasan, atau ingin memulai bisnis dibidang tata rias.
Akhir kata kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan kliping ini. Semoga buku ini dapat membantu terciptanya wirausaha yang baik.
Penyusun,


Download BAB 1 PRINSIP DASAR TATA RIAS WAJAH.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca BAB 1 PRINSIP DASAR TATA RIAS WAJAH. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon