November 04, 2016

ANALISIS MIKRO Mikro Analisis


Judul: ANALISIS MIKRO Mikro Analisis
Penulis: Roody Abqary


ANALISIS MIKRO
Mikro AnalisisDalam beberapa tahun terakhir, subyek ekonomi dibagi menjadi dua daerah yang luas. Salah satunya disebut Mikroekonomi dan yang lainnya disebut Ekonomi Makro. Kedua istilah mikroekonomi dan makroekonomi pertama kali diciptakan dan digunakan oleh Ranger Frisco pada tahun 1933. Dalam beberapa tahun terakhir, pembagian teori ekonomi menjadi dua bagian yang terpisah telah mendapatkan begitu penting.
Perbedaan Antara dan Makro Ekonomi Mikro:
Perbedaan antara Mikro dan Makro ekonomi dibuat jelas di bawah ini:
(1) Definisi Ekonomi mikro:
Mikroekonomi adalah kata Yunani yang berarti kecil.
"Ekonomi mikro adalah studi tentang unit individu tertentu;, perusahaan tertentu, rumah tangga, harga upah, individu tertentu industri. Komoditas tertentu Teori mikroekonomi atau teori harga sehingga adalah studi tentang bagian-bagian individu ekonomi".
Ini adalah teori ekonomi dalam mikroskop. Misalnya, dalam analisis ekonomi mikro kita mempelajari permintaan dari konsumen individu untuk yang baik dan dari sana kita pergi untuk mendapatkan permintaan pasar untuk barang (yang merupakan permintaan dari sekelompok orang untuk yang baik). Demikian pula, dalam teori mikroekonomi kita mempelajari perilaku individu perusahaan fiksasi output harga.Dalam kata-kata Samuelson:
"Ekonomi mikro kita kaji antara lain bagaimana harga individu ditetapkan, mempertimbangkan apa yang menentukan harga tanah dan modal dan menyelidiki kekuatan dan kelemahan mekanika pasar".
Dalam kata-kata Leftwitch, "ekonomi mikro teori atau teori berkaitan harga dengan perilaku ekonomi unit pengambil keputusan individu seperti konsumen, sumber daya pemilik, perusahaan bisnis maupun sebagai individu yang terlalu kecil untuk memiliki dampak terhadap perekonomian nasional".
Penjelasan Ekonomi mikro:
Ekonomi mikro dan alokasi sumber daya. Teori mikroekonomi mengambil jumlah total sumber daya seperti yang diberikan. Itu berusaha untuk menjelaskan bagaimana mereka dialokasikan untuk produksi barang. Alokasi sumber daya untuk produksi barang tergantung pada harga berbagai barang dan harga faktor produksi. Ekonomi mikro menganalisa bagaimana harga relatif dari barang dan faktor yang ditentukan. Dengan demikian teori harga produk dan teori harga faktor (upah sewa, bunga dan keuntungan) jatuh dalam domain ekonomi mikro.
Mikro ekonomi dan efisiensi ekonomi. Teori ekonomi mikro berusaha untuk menjelaskan apakah masalah kelangkaan dan alokasi sumber daya yang telah ditentukan yang efisien. Ekonomi efisiensi melibatkan (1) efisiensi dalam konsumsi (2) efisiensi dalam produksi dan distribusi dan (3) atas segala efisiensi ekonomi. Teori harga menunjukkan di bawah 'kondisi topi efisiensi ini tercapai.
Pentingnya Ekonomi mikro:
Sebelum revolusi Keynesian, tubuh ekonomi terutama terdiri dari ekonomi mikro.Ekonomi klasik maupun neo-klasik ekonomi milik domain ekonomi mikro. Pentingnya dan menggunakan ekonomi mikro di singkat adalah sebagai di bawah.
Membantu dalam memahami kerja ekonomi perusahaan swasta.Ekonomi mikro membantu kita untuk memahami kerja ekonomi pasar bebas.Ini memberitahu kita tentang bagaimana harga produk dan faktor-faktor produksi ditentukan.
Membantu dalam mengetahui kondisi efisiensi. Mikro ekonomi membantu dalam menjelaskan kondisi efisiensi konsumsi, produksi dan distribusi dari manfaat faktor produksi.
ekonomi Bekerja tanpa kontrol pusat. Ekonomi mikro mengungkapkan bagaimana fungsi ekonomi usaha bebas tanpa kontrol pusat.
Studi ekonomi kesejahteraan ekonomi. Mikro melibatkan studi ekonomi kesejahteraan.
Keterbatasan Ekonomi mikro:
Ekonomi mikro walaupun banyak keuntungan yang tidak bebas dari keterbatasan.Mereka di singkat adalah (1) Asumsi pekerjaan penuh dalam perekonomian yang realistis (2) Asumsi menjalin hubungan kebijakan yang adil yang tidak lagi dalam praktek di setiap negara di dunia (3) Ini mempelajari bagian dari ekonomi dan tidak seluruh .
Menyimpulkan, ekonomi mikro adalah studi tentang orang-orang keputusan dan bisnis dan interaksi dari keputusan-keputusan di pasar. Ini menganalisis 'pohon' ekonomi sebagai berbeda dari 'hutan'.
Ref  :  http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en|id&rurl=translate.google.co.id&twu=1&u=http://www.economicsconcepts.com/micro_and_macro_analysis.htm&usg=ALkJrhiIgG38CiKwn6v53z1s0EexznMnsw1.     Ilmu ekonomi mikro
          Ilmu ekonomi mikro pada dasarnya mempelajari perilaku ekonomi dari satuan pengambilan keputusan individu seperti konsumen, pemilik sumber daya, dan perusahaan-perusahaan dalam perekonomian bebas usaha. Jadi, ilmu ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang mengkhususkan untuk mempelajari perilaku individu manusia dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Aspek analisisnya antara lain meliputi:
1)      Analisis biaya dan manfaat
2)      Teori permintaan dan penawaran
3)      Elastisitas
4)      Model-model pasar
5)      Industri
6)      Teori produksi
7)      Teori harga
Perbedaan mendasar antara ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro
          Ilmu ekonomi mikro menganalisis bagian-bagian yang dilakukan oleh unit-unit kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Berbagai aspek yang diulas dalam teori ekonomi mikro telah dipaparkan di bagian sebelumnya. Dalam hal ini pada umumnya pendekatan mikro terkait dengan keputusan-keputusan yang diambil oleh para pelaku ekonomi dengan mengacu pada signal harga pasar. Pemahaman konsep-konsep ekonomi mikro dan aplikasinya dalam ekonomi dan bisnis memungkinkan para pelaku ekonomi untuk membuat keputusan yang optimal.
          Sebaliknya ilmu ekonomi makro merupakan analisis atas keseluruhan kegiatan perekonomian yang bersifat global dan tidak memperhatikan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam perekonomian. Dalam ekonomi makro, analisis dijaknkan terhadap keseluruhan produsen dan konsumen dalam perekonomian. Teori ekonomi makro menerangkan aspek aspek seperti penentuan tingkat perekonomian negara yang berkaitan dengan sampai di mana suatu perekonomian akan menghasilkan barang dan jasa.
Tingkat kegiatan perekonomian ditentukan oleh pengeluaran agregat dalam perekonomian yang terdiri dari 4 komponen yaitu: 
pengeluaran rumah tangga (konsumen rumah tangga)
 pengeluaran pemerintah
pengeluaran perusahaan-perusahaan (investasi)
ekspor – import
          Selain itu, analisis dalam teori ekonomi makro akan memperhatikan pula masalah perubahan harga, perubahan penawaran, pengeluaran agregat serta masalah-masalah yang akan timbul bila pengeluaran agregat tidak mencapai tingkatnya yang ideal (yaitu kesempatan kerja penuh tanpa inflasi). Sebagai gambaran, dalam teori ekonomi makro dibahas tentang langkah utama pemerintah dalam mengatasi masalah pengangguran dan inflasi yang dibedakan menjadi dua bentuk kebijaksanaan yaitu kebijaksanaan fiskal dan kebijaksanaan moneter. Kebijaksanaan fiskal adalah langkah-langkah pemerintah dalam merubah struktur dan jumlah pajak dan pengeluarannya dengan maksud untuk mempengaruhi tingkat kegiatan perekonomian. Sedangkan kebijaksaan moneter adalah langkah-langkah pemerintah melalui bank sentral dalam mengatur dan mem-pengaruhi jumlah uang dalam perekonomian atau mengubah suku bunga dengan tujuan untuk mengatasi masalah perekonomian yang dihadapi. Dalam perekonomian, kedua kebijaksanaan ini digunakan oleh pemerintah untuk mencapai beberapa tujuan, yaitu:
Untuk mengatasi masalah-masalah pokok ekonomi makro yang selalu timbul seperti halnya masalah pengangguran, masalah kenaikan harga-harga dan masalah penciptaan pertumbuhan ekonomi yang memuaskan.
Untuk menjamin agar faktor-faktor produksi digunakan dan dialokasikan keberbagai kegiatan ekonomi secara efisien.
Untuk memperbaiki keadaan distribusi pendapatan yang tidak merata, yang selalu tercipta dalam masyarakat yang kegiatan perekonomiannya terutama diatur oleh sistem pasar bebas.
Harga
Ekonomi Mikro: Harga ialah nilai dari suatu komoditas (barang tertentu saja).
 Ekonomi Makro: Harga adalah nilai dari komoditas secara agregat (keseluruhan)
Unit analisis
Ekonomi Mikro: Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual. Contohnya permintaan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya dan laba atau rugi perusahaan.
Ekonomi Makro: Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Contohnya pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi.
Tujuan analisis
Ekonomi Mikro: Lebih memfokuskan pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat.
Ekonomi Makro: Lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan.
Hubungan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro
          Menurut Gregory Mankew dalam buku "Pengantar Ekonomi", ekonomi makro dan ekonomi mikro saling berkaitan satu dengan yang lain. Karena perubahan ekonomi secara menyeluruh (makro), tentulah hasil dari perubahan berjuta-juta individu dalam melakukan kegiatan ekonomi.
          Dengan kata lain, perubahan yang terjadi dalam ekonomi makro merupakan hasil dari seluruh perubahan yang terjadi dalam ekonomi mikro.
Contohnya bila seorang pakar ekonomi ingin menganalisis efek (pengaruh) dari pemungutan pajak penghasilan terhadap produksi barang dan jasa secara menyeluruh, maka pakar ekonomi tersebut harus lebih dulu menganalisis efek dari pemungutan pajak penghasilan terhadap individu atau rumah tangganya.
Manfaat Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro
Manfaat mempelajari ekonomi makro adalah dapat mengetahui pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi nasional, dan neraca pembayaran nasional.
Manfaat mempelajari ekonomi mikro adalah dengan mempelajari ekonomi mikro kita dapat melakukan penghematan (efisiensi) dalam penggunaan sumber daya yang serba terbatas. Selain itu, kita juga dapat mengetahui cara-cara mencapai kepuasan maksimum dalam penggunaan sumber daya yang serba terbatas tersebut.
Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro
 Ekonomi Mikro:
1)      Corak analisis bersifat mikro (bagian-bagian kecil).
2)      Titik berat analisis mengenai cara mewujudkan efisiensi (penghematan) dan cara mencapai kepuasan maksimum.
3)      Contoh materi yang dibahas:
a.       Teori produksi
b.      Biaya produksi
c.       Teori perilaku produsen
d.      Struktur pasar
e.       Teori konsumsi
f.       Teori perilaku konsumen
g.      Teori distribusi
h.      Elastisitas
i.        Permintaan seorang konsumen
j.        Penawaran seorang produsen
Ekonomi Makro :
1)      Corak analisis bersifat makro (menyeluruh).
2)    Titik berat analisis mengenai faktor-faktor yang menentukan tingkat kegiatan ekonomi suatu negara, masalah-masalah utama yang dihadapi setiap perekonomian dan peranan pemerintah dalam mengatasi masalah-masalah ekonomi.
3)      Contoh materi yang dibahas:
a.       Pendapatan Nasional
b.      Pertumbuhan ekonomi
c.       Inflasi
d.      Kebijakan ekonomi pemerintah
e.       Neraca perdagangan
f.       Neraca pembayaran
g.      Pengangguran
h.      Pendapatan per kapita
i.        Permintaan seluruh konsumen
j.        Penawaran seluruh produsen.
Berikut disajikan table perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro:
Aspek yang Didandingkan Ekonomi Mikro Ekonomi Makro
Aspek Harga Harga ialah nilai dari suatu komoditas (barang tertentu saja). Harga adalah nilai dari komoditas secara agrerat (keseluruhan).
Unit Analisis Pembahasan tentang individual kegiatan ekonomi secara individual. Contohnya permintaan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya, dan laba atau laba atau rugi perusahaan. Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Contohnya pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflaasi, pengagguran, investasi, dan kebijakan ekonomi.
Tujuan Analisis Lebih memfokuskan pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat. Lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara menyeluruh.


Download ANALISIS MIKRO Mikro Analisis.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca ANALISIS MIKRO Mikro Analisis. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon