November 03, 2016

Analisis Lingkungan Bisnis


Judul: Analisis Lingkungan Bisnis
Penulis: Aris Setiawan


Analisis Lingkungan Bisnis
Latar BelakangAnalisis lingkungan adalah suatu proses yang sistematis yang dimulai dari identifikasi faktor lingkungan , menilai sifat dan dampaknya , audit mereka untuk menemukan dampaknya bagi bisnis , dan membuat berbagai profil untuk penentuan posisi . Sebuah proses umum dari analisis lingkungan atau pemindaian dibahas pada bagian berikut .Proses Analisis LingkunganSeorang manajer bisnis harus mampu menganalisis lingkungan untuk menangkap peluang pr menghadapi ancaman . Organisasi perlu membangun kekuatan dan memperbaiki kelemahan mereka tersedia dalam lingkungan bisnis . Oleh karena itu , proses ini terdiri tidak hanya langkah tunggal , tapi sebuah proses berbagai langkah .Mengidentifikasi Faktor LingkunganPertama-tama ahli strategi harus mengidentifikasi semua faktor yang mungkin mempengaruhi revelant bisnis-nya . Dalam proses ini , yang pertama harus tahu apa bidang internal bisnis adalah . Ini mencakup semua sistem , struktur internal , strategi diikuti , dan budaya organisasi . Semua area tersebut dapat ditutup ke dalam lima bidang fungsional dalam pendekatan klasik . Demikian pula , bisnis sehari-hari berinteraksi dengan komponen lingkungan yang dekat di luar bisnis seperti pelanggan, pesaing , dan pemasok . Mungkin mencakup semua pemangku kepentingan lain seperti serikat buruh , media , dan kelompok penekan . Selanjutnya , umum seperti pabrik lingkungan bisnis seperti politik , hukum, ekonomi , sosial budaya , dan teknologi pabrik harus diidentifikasi .
scanning dan memilih faktor-faktor yang relevan dan kunciDari semua faktor lingkungan bisnis , strategi harus hanya fokus pada faktor-faktor yang relevan untuk analisa lebih lanjut . Semua faktor tidak sama imortant dan mempengaruhi bisnis. Dalam konteks ini , strategi yang harus memindai tren lingkungan untuk slect hanya faktor lingkungan yang paling mempengaruhi dari informasi yang berlebihan . Langkah ini membuka jalan analisis lingkungan dan peramalan .Mendefinisikan Variabel untuk AnalisisFaktor lingkungan yang dipilih harus dijabarkan ke dalam variabel . Sebuah conceot dapat diartikan ke dalam variabel yang berbeda . Sebagai contoh, situasi politik dapat diukur dengan menggunakan beberapa variabel seperti ketidakstabilan , kehandalan, dan efek jangka panjang . Ekonomi lingkungan mungkin mencakup banyak variabel seperti Per Kapita , PDB , dan kebijakan ekonomi yang dapat diklasifikasikan lebih lanjut ke dalam berbagai variabel lain . Variabel merupakan dasar pengukuran dalam proses analisis lingkungan . Variabel dapat dibandingkan , dikelompokkan , berkorelasi , dan diperkirakan akan menemukan gambaran yang lebih jelas dari konsep yang lebih luas . Oleh karena itu , diperlukan untuk menentukan variabel pertama dalam analisis apapun termasuk analisis lingkungan .
Menggunakan Metode Berbeda , Teknik dan AlatBerbagai jenis metode, alat , dan teknik yang digunakan untuk analisis . Beberapa metode utama analisis dapat membangun Skenario , Benchmarking , dan metode jaringan . Skenario menyajikan gambaran keseluruhan sistem total dengan faktor-faktor yang mempengaruhi . Benchmarking adalah untuk menemukan standar terbaik di industri dan untuk membandingkan kekuatan satu dan kelemahan dengan standar . Metode jaringan adalah untuk menilai sistem organisasi dan lingkungan luar untuk menemukan kekuatan dan weaknessm , peluang dan threast dari sebuah organisasi ....Beberapa teknik pengumpulan informasi primer dapat Delphi , Brainstorming , survei , dan penyelidikan sejarah . Teknik Delphi mengumpulkan informasi dari para ahli independen tanpa pencampuran mereka . Brainstorming adalah teknik pengumpulan informasi yang berpikiran terbuka tanpa mengkritik orang lain . Survey adalah untuk merancang pertanyaan dan meminta mereka untuk peserta sedangkan penyelidikan sejarah adalah semacam analisis kasus periode sebelumnya .
Alat analisis dapat statistik seperti alat deskriptif umum rata-rata , median , modus , frekuensi . Alat dapat disimpulkan sebagai ANOVA , korelasi , regresi , faktor , kluster , dan analisis regresi berganda . Ada banyak alat analisis daerah funtional . Keuangan dan penggunaan akuntansi sebagian besar profitabilitas , leverage, aliran dana dan akuntansi serupa lainnya dan alat-alat untuk analisis keuangan . Sumber daya manusia menggunakan pergantian karyawan , pelatihan , kepuasan dan banyak lainnya sebagai dasar untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan . Kawasan produksi dinilai menggunakan kontrol kualitas , produktivitas , kerusakan , dan banyak lainnya . Demikian pula , efektivitas pemasaran dinilai dari volume penjualan dan cakupan pasar . penelitian dan pengembangan dianggap berhasil jika itu benar-benar dapat mengembangkan kekuatan dalam sebuah organisasi.
Peramalan Faktor LingkunganMengumpulkan informasi yang relevan dari daerah yang dipilih dan untuk mengidentifikasi variabel di daerah tersebut adalah dasar-dasar analisis . Menganalisis informasi masa lalu untuk memprediksi masa depan adalah tujuan utama dari langkah ini . Seperti telah dibahas sebelumnya , penggunaan metode yang berbeda , teknik , dan alat-alat datang dalam proses analisis . itu , oleh karena itu, proses yang komprehensif yang menganalisis informasi yang dikumpulkan dengan menggunakan alat dan teknik yang berbeda .merancang Profilsetelah menganalisis faktor-faktor lingkungan mereka direkam ke dalam profil . Profil seperti merekam setiap komponen variabel ke sisi kiri dan indikator positif , negatif , atau netral mereka termasuk statemenr mereka di sisi kanan . Daerah internal dicatat dalam Keuntungan strategis Profile ( SAP ) dan daerah eksternal dicatat dalam Ancaman Lingkungan dan Profil Peluang ( ETOP ) . Kekuatan , Kelemahan , Peluang , dan Ancaman ( SWOT ) profil dapat dirancang menggabungkan kedua dari dua profil tersebut menjadi satu .
Ada jenis format pelaporan atau profil yang digunakan untuk analisis lingkungan tentang bisnis eksternal dan internal . Ancaman lingkungan dan Profil Peluang ( ETOP ) umumnya digunakan untuk melaporkan situasi lingkungan eksternal sedangkan Strategic Keuntungan Profil ( SAP ) untuk melaporkan situasi lingkungan intern . Kedua profil ini dapat digabungkan menjadi Kekuatan - Kelemahan - Peluang - Ancaman ( SWOT ) profil . ( Lihat : lampiran .. ) . David menggunakan External Factor Evaluation ( EFE ) Matrix untuk menyajikan nilai tertimbang faktor lingkungan eksternal . Similiarly , ia menggunakan internal Factor Evaluation ( IFE ) Matrix untuk membuat pelaporan audit lingkungan intern . ( Lihat : lampiran - ... ) . Whellen dan Kelaparan digunakan eksternal Ringkasan Faktor Analysis ( EFAS ) dan internal Ringkasan Faktor Analysis ( IFAS ) yang disajikan dalam lampiran - ...Ancaman dan peluang lingkungan profile ( ETOP ) adalah profil umum digunakan berkaitan dengan lingkungan bisnis eksternal . Keuntungan strategis profile ( SAP ) terkait dengan lingkungan bisnis internal . Saat ini, kekuatan dan kelemahan dan peluang dan ancaman ( SWOT ) profil telah menjadi sangat populer . Hadir menulis mengejar pendekatan pelaporan bisnis eksternal dan internal lingkungan menggunakan pendekatan yang sama ....
mempersiapkan ETOPAncaman lingkungan dan profil peluang disebut sebagai profil ETOP . Ini mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan yang relevan . Faktor-faktor tersebut dapat berupa faktor lingkungan umum dan tugas faktor lingkungan . Setelah itu , perlu untuk mengidentifikasi sifat mereka . Beberapa faktor positif bagi organisasi sedangkan othersare negatif . Oleh karena itu , perlu untuk mengetahui dampaknya bagi organisasi . Positif , netral , dan negatif sign in ETOP menunjukkan dampak yang relevan dari faktor lingkungan .mempersiapkan SPAProfil keuntungan strategis yang dikenal sebagai SAP . Ini menunjukkan kekuatan dan waekness dari sebuah organisasi . Persiapan SAP adalah proses yang sangat mirip dengan ETOP . Pada umumnya ada lima bidang fungsional dalam kebanyakan organisasi . Daerah ini Produksi atau Operasi , Keuangan atau Akuntansi , Pemasaran atau Distribusi , Sumber Daya Manusia adn Corporate Planning , dan Penelitian dan Pengembangan . Daerah-daerah fungsional terdaftar untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan relatif mereka dalam SAP . Sangat mirip dengan ETOP , tanda-tanda positif , netral , dan negatif dilambangkan dan deskripsi singkat yang tertulis adalah profil SAP . Setiap area fungsional yang sangat luas memiliki banyak komponen di dalamnya.Semua profil tersebut dijelaskan di atas memberikan gambaran yang jelas untuk memahami posisi strategis dari suatu organisasi .
Strategis Penulisan Posisi dan LaporanSetelah analisis lingkungan bisnis strategi yang tahu situasi yang sebenarnya dan dapat membuat beberapa peramalan masa depan berdasarkan analisis balik lingkungan . Setelah menyiapkan profil strategi mempersiapkan laporan resmi yang menggambarkan lingkungan bisnis . Laporan ini mungkin menyajikan isu-isu dan kekuatan terbaik dari lingkungan bisnis di suatu proses yang sistematis . Satu dapat menarik strategi masa depan berdasarkan analisis strategis diikuti .Sebagai kesimpulan , ahli strategi atau manajer pertama mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan yang relevan kemudian menganalisa menggunakan alat deffrent dan teknik untuk mengetahui stuation sebenarnya. Keseluruhan proses ini kadang-kadang dikenal sebagai analisis SWOT , scanning lingkungan , analisis lingkungan , atau pemantauan - peramalan . Proses ini sangat penting bagi seorang manajer untuk membuat nya seccess organisasi dengan memilih alternatif strategi terbaik yang tersedia .Beberapa Pendekatan dari Scanning Lingkungan TertentuPada bagian ini , diskusi singkat dibuat pada pendekatan potensial , peralatan, dan teknik yang umum digunakan untuk menganalisis sektor bijak lingkungan bisnis . Sektor lingkungan bisnis lingkungan eksternal bisnis , tingkat industri lingkungan bisnis , dan lingkungan bisnis internal .


Download Analisis Lingkungan Bisnis.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Analisis Lingkungan Bisnis. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon