November 03, 2016

Analisis Lingkungan Bisnis

Judul: Analisis Lingkungan Bisnis
Penulis: Aris Setiawan


Analisis Lingkungan Bisnis
Latar BelakangAnalisis lingkungan adalah suatu proses yang sistematis yang dimulai dari identifikasi faktor lingkungan , menilai sifat dan dampaknya , audit mereka untuk menemukan dampaknya bagi bisnis , dan membuat berbagai profil untuk penentuan posisi . Sebuah proses umum dari analisis lingkungan atau pemindaian dibahas pada bagian berikut .Proses Analisis LingkunganSeorang manajer bisnis harus mampu menganalisis lingkungan untuk menangkap peluang pr menghadapi ancaman . Organisasi perlu membangun kekuatan dan memperbaiki kelemahan mereka tersedia dalam lingkungan bisnis . Oleh karena itu , proses ini terdiri tidak hanya langkah tunggal , tapi sebuah proses berbagai langkah .Mengidentifikasi Faktor LingkunganPertama-tama ahli strategi harus mengidentifikasi semua faktor yang mungkin mempengaruhi revelant bisnis-nya . Dalam proses ini , yang pertama harus tahu apa bidang internal bisnis adalah . Ini mencakup semua sistem , struktur internal , strategi diikuti , dan budaya organisasi . Semua area tersebut dapat ditutup ke dalam lima bidang fungsional dalam pendekatan klasik . Demikian pula , bisnis sehari-hari berinteraksi dengan komponen lingkungan yang dekat di luar bisnis seperti pelanggan, pesaing , dan pemasok . Mungkin mencakup semua pemangku kepentingan lain seperti serikat buruh , media , dan kelompok penekan . Selanjutnya , umum seperti pabrik lingkungan bisnis seperti politik , hukum, ekonomi , sosial budaya , dan teknologi pabrik harus diidentifikasi .
scanning dan memilih faktor-faktor yang relevan dan kunciDari semua faktor lingkungan bisnis , strategi harus hanya fokus pada faktor-faktor yang relevan untuk analisa lebih lanjut . Semua faktor tidak sama imortant dan mempengaruhi bisnis. Dalam konteks ini , strategi yang harus memindai tren lingkungan untuk slect hanya faktor lingkungan yang paling mempengaruhi dari informasi yang berlebihan . Langkah ini membuka jalan analisis lingkungan dan peramalan .Mendefinisikan Variabel untuk AnalisisFaktor lingkungan yang dipilih harus dijabarkan ke dalam variabel . Sebuah conceot dapat diartikan ke dalam variabel yang berbeda . Sebagai contoh, situasi politik dapat diukur dengan menggunakan beberapa variabel seperti ketidakstabilan , kehandalan, dan efek jangka panjang . Ekonomi lingkungan mungkin mencakup banyak variabel seperti Per Kapita , PDB , dan kebijakan ekonomi yang dapat diklasifikasikan lebih lanjut ke dalam berbagai variabel lain . Variabel merupakan dasar pengukuran dalam proses analisis lingkungan . Variabel dapat dibandingkan , dikelompokkan , berkorelasi , dan diperkirakan akan menemukan gambaran yang lebih jelas dari konsep yang lebih luas . Oleh karena itu , diperlukan untuk menentukan variabel pertama dalam analisis apapun termasuk analisis lingkungan .
Menggunakan Metode Berbeda , Teknik dan AlatBerbagai jenis metode, alat , dan teknik yang digunakan untuk analisis . Beberapa metode utama analisis dapat membangun Skenario , Benchmarking , dan metode jaringan . Skenario menyajikan gambaran keseluruhan sistem total dengan faktor-faktor yang mempengaruhi . Benchmarking adalah untuk menemukan standar terbaik di industri dan untuk membandingkan kekuatan satu dan kelemahan dengan standar . Metode jaringan adalah untuk menilai sistem organisasi dan lingkungan luar untuk menemukan kekuatan dan weaknessm , peluang dan threast dari sebuah organisasi ....Beberapa teknik pengumpulan informasi primer dapat Delphi , Brainstorming , survei , dan penyelidikan sejarah . Teknik Delphi mengumpulkan informasi dari para ahli independen tanpa pencampuran mereka . Brainstorming adalah teknik pengumpulan informasi yang berpikiran terbuka tanpa mengkritik orang lain . Survey adalah untuk merancang pertanyaan dan meminta mereka untuk peserta sedangkan penyelidikan sejarah adalah semacam analisis kasus periode sebelumnya .
Alat analisis dapat statistik seperti alat deskriptif umum rata-rata , median , modus , frekuensi . Alat dapat disimpulkan sebagai ANOVA , korelasi , regresi , faktor , kluster , dan analisis regresi berganda . Ada banyak alat analisis daerah funtional . Keuangan dan penggunaan akuntansi sebagian besar profitabilitas , leverage, aliran dana dan akuntansi serupa lainnya dan alat-alat untuk analisis keuangan . Sumber daya manusia menggunakan pergantian karyawan , pelatihan , kepuasan dan banyak lainnya sebagai dasar untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan . Kawasan produksi dinilai menggunakan kontrol kualitas , produktivitas , kerusakan , dan banyak lainnya . Demikian pula , efektivitas pemasaran dinilai dari volume penjualan dan cakupan pasar . penelitian dan pengembangan dianggap berhasil jika itu benar-benar dapat mengembangkan kekuatan dalam sebuah organisasi.
Peramalan Faktor LingkunganMengumpulkan informasi yang relevan dari daerah yang dipilih dan untuk mengidentifikasi variabel di daerah tersebut adalah dasar-dasar analisis . Menganalisis informasi masa lalu untuk memprediksi masa depan adalah tujuan utama dari langkah ini . Seperti telah dibahas sebelumnya , penggunaan metode yang berbeda , teknik , dan alat-alat datang dalam proses analisis . itu , oleh karena itu, proses yang komprehensif yang menganalisis informasi yang dikumpulkan dengan menggunakan alat dan teknik yang berbeda .merancang Profilsetelah menganalisis faktor-faktor lingkungan mereka direkam ke dalam profil . Profil seperti merekam setiap komponen variabel ke sisi kiri dan indikator positif , negatif , atau netral mereka termasuk statemenr mereka di sisi kanan . Daerah internal dicatat dalam Keuntungan strategis Profile ( SAP ) dan daerah eksternal dicatat dalam Ancaman Lingkungan dan Profil Peluang ( ETOP ) . Kekuatan , Kelemahan , Peluang , dan Ancaman ( SWOT ) profil dapat dirancang menggabungkan kedua dari dua profil tersebut menjadi satu .
Ada jenis format pelaporan atau profil yang digunakan untuk analisis lingkungan tentang bisnis eksternal dan internal . Ancaman lingkungan dan Profil Peluang ( ETOP ) umumnya digunakan untuk melaporkan situasi lingkungan eksternal sedangkan Strategic Keuntungan Profil ( SAP ) untuk melaporkan situasi lingkungan intern . Kedua profil ini dapat digabungkan menjadi Kekuatan - Kelemahan - Peluang - Ancaman ( SWOT ) profil . ( Lihat : lampiran .. ) . David menggunakan External Factor Evaluation ( EFE ) Matrix untuk menyajikan nilai tertimbang faktor lingkungan eksternal . Similiarly , ia menggunakan internal Factor Evaluation ( IFE ) Matrix untuk membuat pelaporan audit lingkungan intern . ( Lihat : lampiran - ... ) . Whellen dan Kelaparan digunakan eksternal Ringkasan Faktor Analysis ( EFAS ) dan internal Ringkasan Faktor Analysis ( IFAS ) yang disajikan dalam lampiran - ...Ancaman dan peluang lingkungan profile ( ETOP ) adalah profil umum digunakan berkaitan dengan lingkungan bisnis eksternal . Keuntungan strategis profile ( SAP ) terkait dengan lingkungan bisnis internal . Saat ini, kekuatan dan kelemahan dan peluang dan ancaman ( SWOT ) profil telah menjadi sangat populer . Hadir menulis mengejar pendekatan pelaporan bisnis eksternal dan internal lingkungan menggunakan pendekatan yang sama ....
mempersiapkan ETOPAncaman lingkungan dan profil peluang disebut sebagai profil ETOP . Ini mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan yang relevan . Faktor-faktor tersebut dapat berupa faktor lingkungan umum dan tugas faktor lingkungan . Setelah itu , perlu untuk mengidentifikasi sifat mereka . Beberapa faktor positif bagi organisasi sedangkan othersare negatif . Oleh karena itu , perlu untuk mengetahui dampaknya bagi organisasi . Positif , netral , dan negatif sign in ETOP menunjukkan dampak yang relevan dari faktor lingkungan .mempersiapkan SPAProfil keuntungan strategis yang dikenal sebagai SAP . Ini menunjukkan kekuatan dan waekness dari sebuah organisasi . Persiapan SAP adalah proses yang sangat mirip dengan ETOP . Pada umumnya ada lima bidang fungsional dalam kebanyakan organisasi . Daerah ini Produksi atau Operasi , Keuangan atau Akuntansi , Pemasaran atau Distribusi , Sumber Daya Manusia adn Corporate Planning , dan Penelitian dan Pengembangan . Daerah-daerah fungsional terdaftar untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan relatif mereka dalam SAP . Sangat mirip dengan ETOP , tanda-tanda positif , netral , dan negatif dilambangkan dan deskripsi singkat yang tertulis adalah profil SAP . Setiap area fungsional yang sangat luas memiliki banyak komponen di dalamnya.Semua profil tersebut dijelaskan di atas memberikan gambaran yang jelas untuk memahami posisi strategis dari suatu organisasi .
Strategis Penulisan Posisi dan LaporanSetelah analisis lingkungan bisnis strategi yang tahu situasi yang sebenarnya dan dapat membuat beberapa peramalan masa depan berdasarkan analisis balik lingkungan . Setelah menyiapkan profil strategi mempersiapkan laporan resmi yang menggambarkan lingkungan bisnis . Laporan ini mungkin menyajikan isu-isu dan kekuatan terbaik dari lingkungan bisnis di suatu proses yang sistematis . Satu dapat menarik strategi masa depan berdasarkan analisis strategis diikuti .Sebagai kesimpulan , ahli strategi atau manajer pertama mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan yang relevan kemudian menganalisa menggunakan alat deffrent dan teknik untuk mengetahui stuation sebenarnya. Keseluruhan proses ini kadang-kadang dikenal sebagai analisis SWOT , scanning lingkungan , analisis lingkungan , atau pemantauan - peramalan . Proses ini sangat penting bagi seorang manajer untuk membuat nya seccess organisasi dengan memilih alternatif strategi terbaik yang tersedia .Beberapa Pendekatan dari Scanning Lingkungan TertentuPada bagian ini , diskusi singkat dibuat pada pendekatan potensial , peralatan, dan teknik yang umum digunakan untuk menganalisis sektor bijak lingkungan bisnis . Sektor lingkungan bisnis lingkungan eksternal bisnis , tingkat industri lingkungan bisnis , dan lingkungan bisnis internal .


Download Analisis Lingkungan Bisnis.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Analisis Lingkungan Bisnis. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: