October 13, 2016

WAWASAN NUSANTARA SEBAGAI GEOPOLITIK INDONESIA


Judul: WAWASAN NUSANTARA SEBAGAI GEOPOLITIK INDONESIA
Penulis: Antya Duhita


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayahNya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu. Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, pada semester I, di tahun ajaran 2014 dengan judul WAWASAN NUSANTARA SEBAGAI GEOPOLITIK INDONESIA.
Dengan membuat tugas ini kami diharapkan mampu untuk memahami makna dari wawasan nusantara, geopolitik, dan juga hubungan antara keduanya yang menjadi suatu kesatuan yang diterapkan di Indonesia.
Dalam proses penyelesaian makalah ini, kami mengalami banyak kesulitan yang disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan dan waktu. Namun, berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, akhirnya kami bias menyelesaikan makalah ini dengan cukup baik. Karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada :
Drs.H. Mohammad Adib, M.A, selaku dosen mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, yang telah memberikan arahan dan memotivasi kami untuk menjadi mahasiswa yang aktif dan hebat.
Orang tua dan keluarga kami yang memberikan motivasi dan bantuan, baik secara moral maupun materi.
Kami sadar, sebagai mahasiswa baru yang masih harus banyak belajar, penulisan makalah ini terdapat banyak kekurangan.Oleh karena itu, kami mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat membangun, agar penulisan makalah di masa mendatang bisa lebih baik.
Kami berharap semoga makalah kami dapat memberi informasi yang berguna bagi pembacanya, terutama mahasiswa, supaya kelak menjadi pribadi yang berwawasan nusantara, karena kita adalah penerus bangsa Indonesia.
Tim penyusun
BAB 1
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG MASALAH
Konsep geopolitik Indonesia berlandaskan pada pandangan kewilayahan dan kehidupan bangsa.Sebagai Negara yang sangat luas dengan berbagai keragaman di dalamnya, Indonesia memiliki Wawasan Nusantara sebagai dasar pengembangan wawasan nasional. Tak hanya factor geografi, wawasan nusantara juga mengutamakan kepentingan masyarakat dalam aspek lain seperti social budaya, politik, pertahanan dan keamanan, dan ekonomi.
Untuk mengetahui lebih jauh mengenai keterkaitan antara wawasan nusantara dan geopolitik, penulis mencoba membahasnya melalui sebuah makalah yang berjudul "WAWASAN NUSANTARA SEBAGAI GEOPOLITIK INDONESIA".
RUMUSAN MASALAH
Apa pengertian Wawasan Nusantara?
Apa pengertian Geopolitik?
Apa pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa?
Bagaimana perwujudan wawasan nusantara?
TUJUAN
Untuk mengetahui pengertian Wawasan Nusantara
Untuk mengetahui pengertian Geopolitik
Untuk mengetahui pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa
Untuk mengetahui contoh implementasi wawasan nusantara
BAB II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN WAWASAN NUSANTARA
Istilah wawasan berasal dari kata 'wawas' yang berarti pandangan, tinjauan, atau penglihatan indrawi. Akar kata ini membentuk kata 'mawas' yang berarti memandang, meninjau, atau melihat, atau cara melihat.sedangkan istilah nusantara berasal dari kata 'nusa' yang berarti diapit diantara dua hal. Istilah nusantara dipakai untuk menggambarkan kesatuan wilayah perairan dan gugusan pulau-pulau Indonesia yang terletak diantara samudra Pasifik dan samudra Indonesia, serta diantara benua Asia dan benua Australia. Secara umum wawasan nasional berarti cara pandang suatu bangsa tentang diri dan lingkungannya yang dijabarkan dari dasar falsafah dan sejarah bangsa itu sesuai dengan posisi dan kondisi geografi negaranya untuk mencapai tujuan atau cita-cita nasionalnya. Sedangkan wawasan nusantara memiliki arti cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945serta sesuai dengan geografi wilayah nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapai tujuan dan cita-cita nasionalnya.
Sedangkan terminologis, Wawasan menurut beberapa pendapat sebagai berikut :
Menurut prof. Wan Usman, "Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam."
Menurut GBHN 1998, Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dengan dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Dari berbagai pendapat yang ada di atas, secara sederhana Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya.
PENGERTIAN GEOPOLITIK
Kata geopolitik berasal dari kata geo dan politik."Geo" berarti bumi dan "Politik" berasal dari bahasa Yunani politeia, berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri (negara) dan teia yang berarti urusan. Sementara dalam bahasa Inggris, politics adalah suatu rangkaian asas (prinsip), keadaan, cara, danalat yang digunakan untuk mencapai cita-cita atau tujuan tertentu. Dalam bahasa Indonesia, politik dalam arti politics mempunyai makna kepentingan umum warga negara suatu bangsa. Politik merupakan suatu rangkaian asas, prinsip, keadaan, jalan, cara, dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang kita kehendaki.
Sedangkan menurut para ahli, Geopolitik adalah :
Menurut Rudolf Kjellén, seorang ilmuwan politik Swedia, pada awal abad ke-20
Geopolitik adalah seni dan praktek penggunaan kekuasaan politik atas suatu wilayah tertentu.Secara tradisional, istilah ini diterapkan terutama terhadap dampak geografi pada politik, tetapi penggunaannya telah berkembang selama abad ke abad yang mencakup konotasi yang lebih luas.
Menurut Hagget, Geografi Politik merupakan cabang geografi manusia yang bidang kajiannya adalah aspek keruangan pemerintahan atau kenegaraan yang meliputi hubungan regional dan internasional, pemerintahan atau kenegaraan dipermukaan bumi. Dalam geografi politik, lingkungan geografi dijadikan sebagain dasar perkembangan dan hubungan kenegaraan. Bidang kajian geografi politik relatif luas, seperti aspek keruangan, aspek politik, aspek hubungan regional, dan internasional.
Secara umum geopolitik adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri, lingkungan, yang berwujud Negara kepulauan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
WAWASAN NUSANTARA SEBAGAI GEOPOLITIK INDONESIA
A.WILAYAH SEBAGAI RUANG HIDUP.
Setiap bangsa mendapatkan anugerah Tuhan berupa Alam dengansegala Isinya yang berbeda antar satu wilayah dengan wilayahlain. Demikianpula manusia sebagai Ciptaan Yang Maha Kuasa, di bekali dengan akal, budiyang mewajibkannya untuk mengarungi samudera kehidupan ini dengansenantiasa mengembangkan hubungan yang baik antar sesama, lingkunganalam, hubungan dengan PenciptaNYA.Kesadaran dari olah pikir dan budi tersebut membawa konsekuensibahwa setiap manusia harus berjuang secara sendiri dan bersama sama untukdapat meningkatkan harkat dan derajatnya, potensi kemanusiawiannyadengan memberdayakan alam sebagai anugerah pemberian Tuhan untukdikelolasecara bertanggungjawab.Konsep Geopolitik, sesungguhnya adalah merupakanilmupenyelenggaraan negara yang setiap kebijakannyadikaitkan dengan masalah-masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa.Negara Indonesia memiliki unsur-unsur kekuatan sekaliguskelemahan.Kekuatannya terletak pada posisi dan keadaan geografi yangstrategis dan kaya sumber daya alam.Sementara kelemahannya terletak padawujud kepulauan dan keanekaragaman masyarakat yang harus disatukandalam satu bangsa dan satu tanah air, sebagaimana telah diperjuangkan olehpara pendiri Negara ini.Dalam hal ini bangsa Indonesia perlu memiliki prinsip-prinsip dasarsebagai pedoman agar tidak terombang-ambing dalam memperjuangkankepentingan nasional untuk mencapai cita-cita dan tujuan nasionalnya.Salahsatu pedoman bangsa Indonesia adalah wawasan nasional yang berpijak padawujud wilayah nusantara sehingga disebut dengan wawasan nusantara.Kepentingan nasional yang mendasar bagi bangsa Indonesia adalah upayamenjamin persatuan dan kesatuan wilayah, bangsa, dan segenap aspekkehidupan nasionalnya.Karena hanya dengan upaya inilah bangsa danNegara Indonesia dapat tetap eksis dan dapat melanjutkan perjuangan menujumasyarakat yang dicita-citakan.
IMPLEMENTASI WAWASAN NUSANTARA
Imlementasi wawasan nusantara bertujuan untuk menerapkan wawasan nusantara dalam kehidupan sehari-hari yang mencakup bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pertahanan nasional.
Adapun contoh implementasi wawasan nusantara dalam berbagai bidang, yaitu :
Bidang Politik
Kekayaan di seluruh wilayah Nusantara, baik potensial maupun efektif, adalah modal dan milik bangsa untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan di seluruh wilayah Indonesia secara merata.
Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Sosial budaya
Masyarakat Indonesia adalah satu bangsa yang harus memiliki kehidupan serasi dengan tingkat kemajuan yang merata dan seimbang sesuai dengan kemajuan bangsa.
Bidang Ekonomi
Tingkat perkembangan ekonomi harus seimbang dan serasi di seluruh daerah tanpa mengabaikan ciri khas yang memiliki daerah masing-masing.
Kehidupan perekonomi di seluruh Indonesia diselenggarakan sebagai usaha bersama dengan asas kekeluargaan dalam sistem ekonomi kerakyatan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
Bidang Sosial & Budaya
Budaya Indonesia pada hakikatnya adalah satu kesatuan dengan coraka ragam budaya yaang menggambarkan kekayaan budaya bangsa. Budaya Indonesia tidak menolak nilai- nilai budaya asing asalkan tidak bertentangan dengan nilai-nilai budaya bangsa sendiri dan hasilnya dapat dinikmati.
Pemerataan pendidikan di semua daerah dan program wajib belajar harus diprioritaskan bagi daerah tertinggal
Pelestarian budaya, pengembangan museum, dan cagar budaya
Bidang Pertahanan & Keamanan
Bahwa ancaman terhadap satu pulau satu daerah pada hakikatnya adalah ancaman terhadap seluruh bagsa dan negara.
Tiap-tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk ikut serta dalam pertahanan dan keamanan negara dalam rangka pembelaan negara dan bangsa.
LAMPIRAN
Tari pendet dari Bali merupakan budaya Indonesia yang harus dilestarikan sebagai implementasi dalam kehidupan sosial.

Pemilihan Umum adalah salah satu bentuk perwujudan Wawasan Nusantara dalam bidang politik

4686300
Persatuan antar suku sebagai wujud Wawasan Nusantara dalam bidang social & budaya.

521970178435
Pengembangan usaha kecil sebagai wujud Wawasan Nusantara dalam bidang ekonomi.
121921310515
Pemerataan pendidikan sebagai wujud Wawasan Nusantara dalam bidang sosial

DAFTAR PUSTAKA
Buku Modul Perkuliahan Kewarganegaraan
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Tari_Pendet.jpghttp://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Berkas:Armi.jpg&filetimestamp=20051224122455&http://id.wikipedia.org/wiki/Geopolitikhttp://id.wikipedia.org/wiki/Geopolitik_di_Indonesiahttp://id.wikipedia.org/wiki/Geopolitik_di_Indonesia#Implementasi_Wawasan_Nusantarahttp://id.wikipedia.org/wiki/Wawasan_Nusantarahttp://pendidikankewarganegaraans.blogspot.com/2012/12/pengertian-geopolitik-dan-wawasan.html


Download WAWASAN NUSANTARA SEBAGAI GEOPOLITIK INDONESIA.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca WAWASAN NUSANTARA SEBAGAI GEOPOLITIK INDONESIA. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon