Oktober 21, 2016

RPP TEMATIK KELAS 5

Judul: RPP TEMATIK KELAS 5
Penulis: Reny Oktonia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah: SD BUDDHIS PARAMITA
Kelas / Semester: V / I
Tema / Topik: Bermain dengan benda-benda di sekitar
Subtema: Perubahan wujud Benda
Alokasi Waktu: 4 X 35 menit
KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, displin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahas yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1. Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan         manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan         guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih kosakata baku.
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,        kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara        mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.1.1. Menggali informasi dari bacaan tentang keseimbangan alam karena pengaruh kegiatan manusia.
4.1.1. Menemukan bukti pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara            pencegahannya.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.2. Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuaran, desimal, dan persen) dan dapat         mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkalian dan pembagian.
4.1. mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua        buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
3.2.1. Mengenal arti pembagian pecahan.
4.1.2. Melakukan operasi pembagian pecahan.
IPA
Kompetensi Dasar
3.4. Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya        alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar.
4.7. menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat        ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
Indikator
3.4.1. mengenal perubahan-perubahan alam yang disebabkan pengaruh kegiatan manusia.
4.7.1. membuat laporan tertulis hasil studi pustaka tentang perubahan-perubahan alam yang disebabkan            karena pengaruh kegiatan manusia.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mencermati gambar peristiwa siswa memahami perubahan yang terjadi pada alam dengan sikap rasa ingin tahu.
Dengan mengamati teks bacaan, siswa mengetahui bentuk perubahan wujud benda yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia secara logis dan penuh rasa ingin tahu.
Dengan menggali informasi siswa dapat menalar contoh-contoh perubahan, faktor penyebab, serta dampak yang ditimbulkannya secar logis dan tepat.
Dengan mencermati teks bacaan siswa memahami dampak perubahan lingkungan yang disebabkan oleh manusia terhadap keseimbangan ekosistem dengan cermat dan teliti.
Dengan mengerjakan soal latihan Matematika siswa dapat menyusun pecahan ke dalam pembagian pecahan secara mandiri, cermat, dan teliti.
MATERI PEMBELAJARAN
Ayo mengamati.
Dampak perubahan lingkungan yang disebabkan oleh manusia terhadap keseimbangan ekosistem.
Pecahan.
METODE PEBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Metode: tugas, ceramah, diskusi, tanya jawab.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran 1
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
Siswa diingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya. 10 menit
Inti Siswa diminta untuk mengamati gambar pada buku siswa.
Guru menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan memberi pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti: Peristiwa atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar?
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku.
Selesai mengamati gambar dan menjawab pertanyaan ajaklah para siswa ke perpustakaan sekolah.
Stimulasi pengetahuan siswa dengan menanyakan: Aktivitas-aktivitas manusia apa sajakah yang dapat menimbulkan perubahan pada alam?
Guru meminta siswa mencari informasi dan data tentang contoh perubahan-perubahan alam yang disebabkan karena kativitas manusia melalui tulisan pada buku, majalah, surat kabar, atau artikel di internet.
Mintalah siswa untuk menuliskan hasilnya pada tabel yang terdapat pada buku siswa.
Minta siswa untuk membaca teks bacaan yang terdapat di buku siswa secara mandiri.
Bimbing siswa untuk menemukan kosakata yang baru mereka kenal, dan menuiskannya di tabel kosakata baku/tidak baku.
Latih siswa untuk menggunakan kamus sebagai rujukan dalam mencari arti dari kosakata baku/tidak baku yang mereka temukan.
Bimbing siswa untuk melatih keterampilan menggunakan kamus yang mengikuti petunjuk penggunaan kamus yang ada di buku siswa.
Bimbing siswa untuk memahami arti dari kosakata baku/tidak baku tersebut dengan menggunakan dalam kalimat.
Berikan beberapa pertanyaan pancingan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap teks bacaan yang diberikan.
Siswa diminta untuk memahami kosakata-kosakata baku dan tidak baku.
Lalu mintalah siswa untuk menuliskan ke dalam kolom informasi-informasi yang terdapat pada bacaan tersebut yang berkaitan dengan bentuk perubahan alam yang disebabkan oleh aktivitas manusia beserta dampak yang ditimbulkannya.
Setelah memahami isi bacaan tersebut, mintalah siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengenai tindakan-tindakan pencegahan yang dapat dilakukan sesuai dengan masalah – masalah yang terdapat pada kolom.
Guru membimbing siswa dalam menghubungkan peristiwa - peristiwa yang terdapat pada kolom dengan perubahan wujud benda.
Ajak siswa berdiskusi tentang apa itu perubahan
fisika dan perubahan kimia.
Guru meminta siswa mengamati informasi yang terdapat pada buku siswa.
Ingatkan kembali pemahaman siswa tentang pecahan.
Bimbing siswa dalam menyusun bentuk pecahan menjadi pembagian pecahan.
Beri pemahaman siswa bahwa pembagian merupakan kebalikan dari perkalian. Oleh karena itu pembagian pecahan dapat dilakukan dengan mengubahnya ke bentuk perkalian, yaitu mengalikan pecahan yang dibagi dengan kebalikan dari pecahan
pembagi.
Bahaslah contoh soal yang terdapat pada buku siswa.
Mintalah siswa untuk mengerjakan beberapa soal cerita yang berkaitan dengan pecahan yang telah dipelajari dengan cermat.
Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan perubahan alam dan perubahan wujud benda.
Dengan bantuan orang tuanya, siswa menyebutkan contoh-contoh perubahan lingkungan laam sekitarnya yang disebabkan karenan aktivitas manusia. 100 menit
Penutup Bersama-sama guru dengan siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar yang telah dipelajari pada satu hari.
Bertanya kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari.
Melakukan penilaian hasil belajar.
Mengingatkan siswa untuk mempelajari pelajaran yang telah dipelajarinya di rumah dan mempelajari pelajaran selanjutnya.
Mengajak semua siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan mereka masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.
10 menit
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Tematik Kelas V
Diri Anak
Lingkungan
Benda di sekitar siswa
PENILAIAN
Rubrik mencari informasi
No Nama Siswa Pengetahuan Keterampilan Kemandirian
SB B C K SB B C K SB B C K
1. EuroEvander Chia 2. Malvin 3. Stephen Octavianus 4. VenitaClaudia. N. Rubrik kosakata
No Nama siswa Pengetahuan Penggunaan bahasa Indonesia Kemandirian dan pengumpulan tugas Keterampilan
SB B C K SB B C K SB B C K SB B C K
1 Euro Evander Chia 2 Malvin 3 Stephen 4 Venita Rubrik menulis informasi
No Nama Siswa Pengetahuan Kemandirian dan manajemen waktu
SB B C K SB B C K
1 Euro Evander Chia 2 Malvin 3 Stephen 4 Venita Rubrik Matematika
No Nama Siswa Pengetahuan Mekanisme Kemandirian dan Manajemen waktu
SB B C K SB B C K SB B C K
1. EuroEvander Chia 2. Malvin 3. Stephen Octavianus 4. VenitaClaudia. N. Remedial
Perubahan Wujud Benda
Bentuk perubahan pengertian Contoh
Penguapan Pencairan Pengembunan Pembekuan Pengayaan
Latihan 2
1. Sebutkan masing - masing 2 kosakata baku dan tidak baku yang kamu temukan
    dalam teks bacaan tentang Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan Oleh
Manusia Terhadap Keseimbangan Ekosistem!
2. Aktivitas apa sajakah yang dapat menimbulkan kerusakan di hutan dan ekosistem
   di dalamnya?
3. Aktivitas apa sajakah yang dapat menimbulkan kerusakan di laut dan ekosistem di
    dalammnya?
4. Apakah yang dimaksud dengan perubahan fisika dan perubahan kimia? Jelaskan dan
     berikan masing – masing 2 contoh!
5. Buatlah sebuah soal cerita yang jawabannya menggunakan harus dengan menyusun
     bentuk pecahan menjadi pembagian pecahan
Mengetahui,
Kepala SekolahGuru Kelas 5
(Irawan, S. Ag) (Reny Oktonia Nainggolan, S. Pd)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah: SD BUDDHIS PARAMITA
Kelas / Semester: V / I
Tema / Topik: Bermain dengan benda-benda di sekitar
Subtema: Perubahan wujud Benda
Alokasi Waktu: 4 X 35 menit
KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, displin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahas yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1. Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan         manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan                 guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata         baku.
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,        kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara        mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata       bakuterhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara       melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
Indikator
Mengenal perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia.
Menggali informasi dari bacaan tentang perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia.
Menuliskan bukti pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara pencegahannya.
IPA
Kompetensi Dasar
3.4. Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya        alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar.
4.7. Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat         ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
Indikator
3.4.1. Mengenal kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan wujud benda.
4.7.1. Menjelaskan faktor yang memengaruhi perubahan wujud benda.
4.7.2. Menyajikan hasil laporan pengamatan tentang kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan            wujud benda.
SBDP
Kompetensi Dasar
3.4. Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.4. Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan.
Indikator
3.4.2. Mengenal berbagai karakter topeng.
4.4.1. Mencari berbagai gambar topeng dari berbagai daerah di Indonesia untuk kemudian             menganalisanya mengenai karakter, bahan, dan teknik pembuatannya.
PJOK
Kompetensi Dasar
3.8. Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
4.8. Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
Indikator
3.8.1. Mengenal renang gaya bebas.
4.8.1. Melakukan gerak kaki renang bebas.
4.8.2. Memperagakan gerak ayunan/tarikan lengan renang gaya bebas.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan membaca dan mengamati sebuah gambar kegiatan siswa dapat mengindentifikasi perubahan lingkungan di sekitarnya secara cermat dan teliti.
Dengan mempraktikkan beberapa gerakan siswa mampu melakukan renang gaya bebas dengan benar dengan benar dan sportif.
Dengan kerja kelompok siswa mampu mencari contoh – contoh pengembunan dalam kehidupan sehari - hari secara demokrasi dan penuh sikap kerjasama.
Dengan melakukan percobaan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan perubahan wujud benda siswa dapat mengamati perubahan yang terjadi dan mencari faktor penyebabnya secara logis dan tepat.
Dengan membaca dan mengamati teks bacaan siswa dapat mencari informasi atau hal – hal penting dari bacaan tentang proses pengembunan secara mandiri cermat, dan teliti.
Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan kosakata baku dan tidak baku serta menggunakannya dalam kalimat.
Dengan melakukan studi pustaka siswa dapat mencari informasi tentang wabah ulat bulu secara mandiri dan sikap rasa ingin tahu.
Dengan melakukan eksplorasi siswa mengetahui jenis – jenis karakter topeng, asal daerah, jenis bahan, serta teknik pembuatannya dengan kreatif, inovatif, dan mandiri.
MATERI PEMBELAJARAN
Ayo mengamati.
Ayo berlatih.
Ayo lakukan.
Ayo diskusi.
Ayo eksplorasi.
Proses terjadinya embun.
Studi pustaka.
Ayo amati.
MEDIA ATAU ALAT BANTU BELAJAR
Buku.
Teks bacaan tentang proses pengembunan.
METODE PEBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Metode: tugas, ceramah, diskusi, tanya jawab.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran 2
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
Siswa diingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya. 10 menit
Inti Siswa diminta untuk membaca teks bacaan tentang "Perubahan Alam" dan mengamati sebuah gambar kegiatan renang yang dilakukan di alam.
Siswa diminta untuk mengamati lingkungan di sekitarnya dan menjawab beberapa pertanyaan seputar kegiatan tersebut.
Guru dan siswa membahas teks bacaan yang berkaitan dengan aktivitas di air.
Guru menjelaskan gerakan - gerakan dasar pada aktivitas air.
Siswa diminta mengamati gambar akivitas pengenalan air dan gerakan - gerakan renang tersebut dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar gerakan renang gaya bebas. (Kegiatan Mengamati)
Siswa diminta untuk mempraktikkan gerakan gerakan renang tersebut dan meminta teman, guru, orang tua atau kakak untuk mengawasi tingkat penguasaan gerakan dan mengisi tabel tingkat penguasaan gerakan.
Siswa diminta untuk mengamati teks percakapan dan gambar embun yang terdapat pada tumbuhan
Guru menstimulus pengetahuan siswa dengan menanyakan dari mana asal embun? Mengapa muncul hanya dipagi hari?
Siswa dibagi ke dalam kelompok yang beranggotakan 4 orang.
Setiap kelompok mencari contoh – contoh dalam kehidupan sehari – hari mengenai pengembunan
Mintalah siswa untuk menuangkan hasil pencariannya ke dalam bentuk tabel yang berisi contoh peristiwa pengembunan, faktor yang mempengaruhi, dan penjelasannya.
Segarkan kembali ingatan siswa tentang perubahan wujud benda.
Untuk memperdalam pemahaman siswa tentang itu mintalah siswa untuk melakukan aktivitas – aktivitas yang berkaitan dengan perubahan wujud benda.
Mintalah siswa untuk mengamati setiap kejadian dalam percobaan tersebut selama proses percobaan berlangsung dan catatlah kejadian tersebut dengan teliti. (Kegiatan Mengamati)
Buatlah laporan percobaan tersebut dan presentasikan di hadapan teman dan gurumu.
Perhatikan aspek keselamatan diri dan orang lain selama percobaan berlangsung.
Siswa membaca dan mencermati teks yang terdapat pada buku siswa dengan seksama.
Guru mengukur pemahaman siswa dengan menanyakan kepada siswa hal – hal penting apa saja yang terdapat di dalam bacaan tersebut.
Guru menerangkan apa yang dimaksud dengan kosakata baku dan tidak baku.
Bimbing siswa untuk menemukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan tersebut lalu menuliskannya pada tabel kosakata baku dan tidak baku, lalu mencari artinya.
Latih siswa untuk menggunakan kamus sebagai rujukan dalam mencari arti dari kosakata baku/ tidak baku yang mereka temukan.
Bimbing siswa untuk melatih keterampilan menggunakan kamus dengan mengikuti petunjuk penggunaan kamus yang ada di buku siswa.
Bimbing siswa untuk memahami arti dari kosakata baku/tidak baku tersebut dengan menggunakannya dalam kalimat.
Berikan beberapa pertanyaan pancingan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap teks bacaan yang diberikan.
Mintalah siswa untuk mencatat informasi penting dari bacaan tersebut pada kolom informasi.
Siswa membaca teks bacaan tentang mewabahnya hama ulat bulu.
Mintalah siswa untuk mencari informasi dan data mengenai mewabahnya ulat bulu melalui tulisan, berita, atau laporan.
Siswa juga dapat mencarinya dari surat kabar, majalah, buku, atau internet.
Buatlah ringkasannya dan presentasikan di hadapan guru dan siswa sekelas.
Guru membahas lebih dalam tentang topeng lebih dalam termasuk mengenai karakter dan cara pembuatannya.
Siswa diminta untuk mengamati karakter beberapa topeng yang terdapat pada gambar dan menuliskan karakter dari masing – masing topeng tersebut.
Mintalah siswa untuk mencari gambar berbagai jenis topeng dari berbagai daerah di Indonesia melalui Koran, majalah, buku atau internet.
Siswa harus mengenali karakter, jenis bahan, dan teknik pembuatan topeng – topeng tersebut dan menuangkannya ke dalam tabel.
Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari.
Dengan bantuan orang tuanya, siswa menyebutkan contoh-contoh perubahan wujud benda yang terjadi ,dalam kehidupan sehari-harinya. 100 menit
Penutup Bersama-sama guru dengan siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar yang telah dipelajari pada satu hari.
Bertanya kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari.
Melakukan penilaian hasil belajar.
Mengingatkan siswa untuk mempelajari pelajaran yang telah dipelajarinya di rumah dan mempelajari pelajaran selanjutnya.
Mengajak semua siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan mereka masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.
10 menit
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Tematik Kelas V
Diri Anak
Lingkungan
Benda di sekitar siswa
I. PENILAIAN
Rubrik tabel
No Nama Siswa Isi dan Pengetahuan Keterampilan Penulisan Penggunaan Bahasa Indonesia Sikap
SB B C K SB B C K SB B C K SB B C K
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita Rubrik percobaan perubahan wujud benda
No Nama Siswa Pengetahuan Isi laporan Keterampilan Sikap
SB B C K SB B C K SB B C K SB B C K
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita Rubrik kosakata baru
No Nama Siswa Pengetahuan Penggunaan Bahasa Indonesia Kemandirian dan pengumpulan tugas Keterampilan
SB B C K SB B C K SB B C K SB B C K
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita Rubrik informasi tentang wabah
No Nama Siswa Pengetahuan Keterampilan Presentasi
SB B C K SB B C K SB B C K
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita Rubrik tabel eksplorasi topeng
No Nama Siswa Isi dan Pengetahuan Gambar Sikap Keterampilan penulisan
SB B C K SB B C K SB B C K SB B C K
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita J. Remedial
1. Sebutkan aktivitas-aktivitas pengenalan air!
2. Sebutkan nama gerakan – gerakan dasar renang gaya bebas!
3. Faktor apakah yang paling terpenting dalam renang gaya bebas?
4. Bagaimanakah cara melakukan pernapasan dalam renang gaya bebas?
5. Kegiatan apa sajakah yang dapat menyebabkan terjadinya embun?
6. Sebutkan jenis-jenis teknik dalam membuat topeng!
Pengayaan
Apakah karya seni membuat topeng hanya ada di Indonesia? Cari tahulah dengan
menggunakan internet!
Pernahkah kamu melihat suatu peristiwa yang mengakibatkan pengembunan?
Peristiwa apakah itu? Bagaimana hal itu dapat terjadi?
Jelaskan ciri – ciri pada perubahan fisika dan perubahan kimia!
Tuliskan masing - masing tiga kosakata baku dan tidak baku yang kalian temukan
dalam bacaan tentang proses terjadinya embun!
Bagaimanakah cara menjelaskan kepada temanmu proses terjadinya embun secara
jelas?
Mengetahui,
Kepala SekolahGuru Kelas 5
(Irawan, S. Ag) (Reny Oktonia Nainggolan, S. Pd)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah: SD BUDDHIS PARAMITA
Kelas / Semester: V / I
Tema / Topik: Bermain dengan benda-benda di sekitar
Subtema: Perubahan wujud Benda
Alokasi Waktu: 3 X 35 menit
KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, displin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahas yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan         kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara        mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.1.3. Mengenal salah satu contoh perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia melalui bacaan           (kerusakan terumbu karang).
4.1.5. Menuliskan informasi dan data dari bacaan tentang perubahan alam yang terjadi karena kegiatan           manusia
Matematika
Kompetensi Dasar
3.1. pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan         menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian.
4.1. Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua         buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
Mengenal operasi pembagian berbagai bentuk pecahan.
4.1.6. Melakukan operasi pembagian berbagai bentuk pecahan.
PPKn
Kompetensi dasar
3.6. Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
4.6. Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan         keutuhan nasional
Indikator
3.6.1. Mengenal kebutuhan hidup bermasyarakat.
4.6.1. Membuat tabel barang-barang dari daerahnya yang dikirim ke daerah lain.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati beberapa gambar siswa dapat mengindentifikasi kebutuhan masyarakat secara cermat dan teliti.
Dengan menggali informasi siswa dapat menjabarkan asper, contoh, dan cara memenuhi kebutuhan manusia secara logis dan tepat.
Dengan berdiskusi siswa dapat mengumpulkan data tentang, nama barang, wujud barang dan daerah tujuan dengan demokratis dan komunikatif.
Dengan menggali informasi dari bacaan siswa dapat menemukan informasi dan data mengenai aktivitas manusia yang mempengaruhi alam secara logis, tepat, dan sistematis.
Dengan melakukan soal – soal latihan, siswa mampu melakukan pembagian dalam pecahan secara mandiri, cermat, dan teliti.
MATERI PEMBELAJARAN
Ayo amati.
Ayo eksplorasi.
Ayo diskusikan.
Kerusakan terumbu karang akibat eksploitasi ikan dengan cara merusak.
Pembagian pecahan.
Ayo renungkan.
MEDIA ATAU ALAT BANTU BELAJAR
Buku, teks bacaan tentang kerusakan terum bu karang, teks bacaan tentang kebutuhan masyarakat
METODE PEBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Metode: tugas, ceramah, diskusi, tanya jawab.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran 3
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
Siswa diingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya. 10 menit
Inti Siswa diminta untuk mengamati gambar – gambar yang terdapat pada buku siswa. (Kegiatan Mengamati)
Guru meminta siswa mengidentifikasikan gambar-gambar mana sajakah yang menunjukkan kebutuhan masyarakat.
Siswa membaca teks bacaan dan guru memberikan pemahaman kepada siswa tentang kebutuhan masyarakat.
Setelah siswa paham tentang kebutuhan masyarakat, mintalah siswa untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat di daerah tempat tinggal siswa.
Hasil explorasi dituangkan ke dalam tabel yang menjelaskan tentang; aspek, contoh kebutuhan (fisik/nonfisik), dan cara memenuhi. (Kegiatan Eksplorasi)
Guru meminta siswa untuk menjawab soal essay yang terdapat dalam buku siswa tentang kegiatan mengeksplorasi.
Setelah siswa paham bahwa setiap daerah tidak dapat memenuhi sendiri kebutuhan untuk masyarakatnya. Mintalah siswa untuk membuat daftar nama barang-barang daerahnya yang dikirim ke daerah lain.
Siswa diminta untuk mencatat nama barang, wujudnya, serta daerah tujuannya.
Siswa juga diminta untuk membuat kesimpulan.
Guru membimbing siswa untuk berdiskusi bersama temannya, tentang bagaimanakah cara mengemas barang agar tidak merubah wujud benda. (Kegiatan Berdiskusi)
Guru mengarahkan siswa untuk membuat sebuah kesimpulan.
Siswa membaca dan mencermati teks yang terdapat pada buku siswa dengan seksama.
Guru menstimulus kecermatan siswa dengan menanyakan hal - hal penting yang mereka temukan dalam bacaan itu.
Guru kemudian meminta siswa untuk mencari informasi dan data mengenai aktvitas manusia yang mempengaruhi alam.
Guru meminta siswa untuk mencermati soal cerita Matematika yang terdapat pada buku siswa
Guru membimbing siswa dalam mencoba menjawab soal tersebut.
Guru memberikan pemahaman kepada siswa bahwa seperti halnya perkalian pecahan desimal, pembagian pecahan desimal pun dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mengubah ke bentuk pecahan biasa atau dengan cara langsung.
Meminta siswa untuk mencoba menjawab secara mandiri soal–soal, pecahan desimal yang terdapat pada buku siswa.
Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari.
Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengidentifikasi kebutuhan masyarakat di daerah tempat tinggalnya. 70 menit
Penutup Bersama-sama guru dengan siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar yang telah dipelajari pada satu hari.
Bertanya kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari.
Melakukan penilaian hasil belajar.
Mengingatkan siswa untuk mempelajari pelajaran yang telah dipelajarinya di rumah dan mempelajari pelajaran selanjutnya.
Mengajak semua siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan mereka masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.
10 menit
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Tematik Kelas V
Diri Anak
Lingkungan
Benda di sekitar siswa
PENILAIAN
Rubrik tabel eksplorasi kebutuhan masyarakat
No Nama Siswa Isi dan Pengetahuan Penggunaan bahasa indonesia Sikap Keterampilan penulisan
SB B C K SB B C K SB B C K SB B C K
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita Rubrik tabel hasil diskusi
No Nama Siswa Isi dan Pengetahuan Sikap Keterampilan penulisan
SB B C K SB B C K SB B C K
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita Rubrik matematika
No Nama Siswa Isi dan Pengetahuan Mekanisme Kemandirian dan manajemen waktu
SB B C K SB B C K SB B C K
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita Remedial
1. Apa yang dimaksud dengan kebutuhan masyarakat?
2. Kebutuhan masyarakat dibedakan ke dalam dua jenis, jelaskan apa saja!
3. Dibagi ke dalam Aspek – aspek apa sajakah kebutuhan masyarakat itu?
4. Apakah yang akan dilakukan jika suatu daerah tidak dapat memenuhi kebutuhan
    masyarakatnya?
Siapakah yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan masyarakat di setiap daerah?
Pengayaan
1. Menurutmu apakah yang harus diperhatikan dalam pengiriman barang kebutuhan
    ke daerah lain agar barang tidak berubah wujud?
2. Jika kebutuhan masyarakat dipegunungan adalah ikan laut, menurutmu bagaimanakah
     caranya agar masyarakat tersebut dapat menikmati ikan dari laut?
3. Apa sajakah penyebab dari kerusakan terumbu karang yang kamu ketahui?
4. Sebutkan cara – cara yang merusak alam dalam menangkap ikan!
5. Buatlah sebuah soal cerita matematika yang menggunakan pembagian pecahan
    desimal!
Mengetahui,
Kepala SekolahGuru Kelas 5
(Irawan, S. Ag) (Reny Oktonia Nainggolan, S. Pd)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah: SD BUDDHIS PARAMITA
Kelas / Semester: V / I
Tema / Topik: Bermain dengan benda-benda di sekitar
Subtema: Perubahan wujud Benda
Alokasi Waktu: 4 X 35 menit
KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, displin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahas yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,         kesehatan manusia,keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara         mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.1.4. Mengenal salah satu contoh perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia melalui
           bacaan (pencemaran udara).
4.1.6. Menuliskan informasi dan data dari bacaan tentang perubahan alam yang terjadi karena kegiatan           manusia
Matematika
Kompetensi Dasar
3.2. Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat         mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian.
4.1. Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua        buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
Mengenal operasi pembagian berbagai bentuk pecahan.
4.1.7. Melakukan operasi pembagian berbagai bentuk pecahan.
PPKn
Kompetensi dasar
3.6. Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
4.6. Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan         keutuhan nasional
Indikator
3.6.2. Mengenal cara-cara memenuhi keperluan hidup keluarga.
4.6.2. Membuat tabel barang-barang dari daerahnya yang dikirim ke daerah lain.
IPS
Kompetensi Dasar
3.1. Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan        waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam
       lingkup nasional.
4.1. Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang,          konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi,
      pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumbersumber yang tersedia.
Indikator
3.1.5. Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di         bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1.8. Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia
          dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan          sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mencermati teks bacaan pada buku siswa dapat mengetahui beberapa kondisi alam akibat kekurangan air secara logis dan tepat.
Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menanyakan hal - hal lebih jauh yang ingin mereka ketahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi faktor air dengan penuh rasa keinginan tahunan.
Dengan kerja kelompok, siswa dapat mencari lebih jauh informasi yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi faktor air secara demokratis dan peuh sikap kerja sama.
Dengan kerja kelompok, siswa dapat menyajikan informasi-informasi penting melalui eksibisi kelas secara logis, sistematis, dan komunikatif.
Dengan mengerjakan soal latihan matematika siswa dapat memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antarsimbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola secara mandiri.
MATERI PEMBELAJARAN
Ayo amati.
Ayo eksplorasi.
Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Pencemaran udara karena asap kendaraan bermotor.
Ayo eksplorasi.
Ayo berlatih.
Ayo renungkan.
MEDIA ATAU ALAT BANTU BELAJAR
Buku, teks bacaan tentang informasi teknologi dan komunikasi dan dampaknya terhadap kehidupan manusia.
METODE PEBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Metode: tugas, ceramah, diskusi, tanya jawab.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran 4
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
Siswa diingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya. 10 menit
Inti Siswa mangamati gambar yang terdapat pada buku siswa. (Kegiatan Mengamati)
Diskusikan dengan siswa kegiatan apa yang mereka lihat pada gambar tersebut.
Mintalah siswa untuk menemukan informasi penting dari gambar tersebut yang berkaitan dengan perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu.
Siswa mengisi lembar jawaban yang terdapat pada buku siswa dan menjawabnya dengan benar.
Siswa membaca teks bacaan yang terdapat pada buku siswa.
Siswa mengidentifikasikan perubahan perilaku manusia yang diakibatkan karena adanya penerapan teknologi.
Siswa mengeksplorasi perubahan perilaku manusia karena adanya penerapan teknologi sesuai dengan bidang kehidupannya seperti yang terdapat pada kolom.
Siswa mengeksplorasi dengan menjelaskan masa dulu dan sekarang.
Siswa membaca dengan cermat teks bacaan tentang keuntungan/Efek Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Kerugian/Efek negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Guru menstimulasi pemahaman siswa dengan menanyakan informasi penting yang mereka dapatkan pada bacaan tersebut.
Guru meminta siswa untuk mencari informasi penting dalam bacaan itu yang berkaitan dengan perubahan perilaku manusia.
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
Siswa membaca dan mengamati teks bacaan dengan topik perilaku manusia yang mempengaruhi lingkungan alam.
Guru menstimulus siswa dengan pertanyaanpertanyaan yang membangkitkan kesadaran siswa terhadap lingkungan seperti: Apakah akibat dari banyaknya asap kendaraan terhadap lingkungan?
Mintalah siswa untuk mencari informasi penting dari bacaan tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
Mintalah siswa untuk mengamati kehidupan keluarganya.
Siswa harus fokus dalam mengamati kebutuhan – kebutuhan anggota keluarga.
Siswa mengisi pada tabel hasil pengamatannya yang meliputi nama kebutuhan dan cara mendapatkannya.
Pada tabel terpisah siswa juga mengamati nama kebutuhan dengan nama daerah asal barang tersebut.
Guru menstimulasi pemahaman siswa tentang pecahan.
Siswa mengerjakan soal cerita yang terdapat pada buku siswa dan menjawabnya dengan benar dan tepat.
Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari.
Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengidentifikasi dampak televisi bagi perilaku anak. 100 menit
Penutup Bersama-sama guru dengan siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar yang telah dipelajari pada satu hari.
Bertanya kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari.
Melakukan penilaian hasil belajar.
Mengingatkan siswa untuk mempelajari pelajaran yang telah dipelajarinya di rumah dan mempelajari pelajaran selanjutnya.
Mengajak semua siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan mereka masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.
10 menit
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Tematik Kelas V
Diri Anak
Lingkungan
Benda di sekitar siswa
PENILAIAN
Rubrik eksplorasi perilaku manusia
No Nama Siswa Pengetahuan Keterampilan Kemandirian dan Manajemen Waktu
SB B C K SB B C K SB B C SB
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita Rubrik tabel pengamatan
No Nama Siswa Pengetahuan Mekanisme Kemandirian dan Manajemen Waktu
SB B C K SB B C K SB B C SB
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita Remedial
1. Apakah yang dimaksud dengan informasi teknologi dan komunikasi?
2. Apa keuntungan/ effek positif dari teknologi dan komunikasi?
3. Apa kerugian/ effek negatif dari teknologi dan komunikasi?
4. Dalam bidang kehidupan apa sajakah teknologi dapat diterapkan?
5. Apakah dampak teknologi terhadap lingkungan alam?
Pengayaan
1. Apa sajakan yang termasuk teknologi dalam berkomunikasi?
2. Jelaskan menurut pendapatmu bahwa teknologi berkomunikasi saat ini merugikan
    masyarakat!
3. Menurutmu, apakah kita dapat menerapkan teknologi di sekolah? Berikan contohnya!
4. Apakah upaya yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi dampak negatif teknologi
    terhadap lingkungan?
5. Buatlah satu soal cerita Matematika yang berkaitan dengan kebutuhan dalam
     keluargamu, gunakan pembagian pecahan!
Mengetahui,
Kepala SekolahGuru Kelas 5
(Irawan, S. Ag) (Reny Oktonia Nainggolan, S. Pd)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah: SD BUDDHIS PARAMITA
Kelas / Semester: V / I
Tema / Topik: Bermain dengan benda-benda di sekitar
Subtema: Perubahan wujud Benda
Alokasi Waktu: 3 X 35 menit
KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, displin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahas yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1. Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan         manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan        guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata       baku.
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,        kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara        mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.1.5. Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia melalui bacaan
4.1.7. Menyimak dan menganalisis bacaan tentang pengaruh kegiatan manusia yang dapat            mempengaruhi alam serta cara.
SBDP
Kompetensi Dasar
3.4. Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.4. Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan.
Indikator
3.4.4. Mengenal bahan yang sesuai, untuk membuat topeng.
4.4.2. Memilih bahan yang sesuai untuk membuat topeng.
IPA
Kompetensi Dasar
3.4. Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya        alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitarterhadap             keseimbangan lingkungan sekitar.
4.7. Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat        ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
Indikator
3.4.5. Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia.
4.7.4. Menjelaskan perubahan wujud benda yang terjadi karena pengaruh kegiatan manusia.
4.7.5. Menyajikan hasil laporan analisis gambar dan bacaan tentang kegiatan manusia yang            memengaruhi perubahan wujud benda.
PJOK
Kompetensi Dasar
3.8. Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air*
4.8. Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air*
Indikator
3.8.2. Mengenal konsep dasar koordinasi lengan dan kaki dalam renang aya bebas.
4.8.3. Melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya bebas.
4.8.4. Melakukan cara bernapas renang gaya bebas.
4.8.5. Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki-tarikan lengan dan pernapasan renang gaya bebas.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan melakukan gerak dasar renang yang berisi koordinasi gerakan tangan, kaki dan pernapasan, siswa dapat mengkoordinasikan semua gerakan tersebut dengan baik.
Dengan mencari tahu bahan-bahan lain dalam pembuatan topeng, siswa dapat mengenal lebih jauh bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan topeng.
Dengan memahami perubahan wujud pada benda, siswa mampu mengidentifikasi perubahan-perubahan wujud pada benda lainnya di sekitar mereka serta penjelasan terjadi perubahan tersebut.
Dengan menyimak bacaan tentang pemanasan global, siswa dapat menemukan halhal yang penting mereka ketahui serta mencari cara mencegah pemanasan global lebih lanjut.
MATERI PEMBELAJARAN
Koordinasi gerakan lengan dan kaki.
Contoh bahan utama pembuatan topeng.
Perubahan wujud benda pada kendaraan bermotor.
MEDIA ATAU ALAT BANTU BELAJAR
Buku, pakaian renang, teks bacaan tentang perubahan wujud benda, kertas bekas.
METODE PEBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Metode: tugas, ceramah, diskusi, tanya jawab.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran 5
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
Siswa diingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya. 10 menit
Inti Siswa diminta untuk melakukan gerakan tangan, kaki, dan saat mengambil pernapasan sebagai bagian dari gerak dasar renang.
Siswa bisa meminta bantuan dari siswa lain saat melakukan gerakan-gerakan dasar ini.
Guru membimbing siswa dengan memberikan contoh serta menyiapkan alat bantu lain, seperti pelampung sebagai alat bantu siswa untuk kegiatan meluncur.
Siswa mencari tahu bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat topeng, mulai dari bahan utama sampai ke langkah pewarnaan.
Guru membimbing siswa dengan memberikan contoh salah satu atau dua bahan yang dimaksud sehingga dapat memberi gambaran kepada siswa.
Guru membacakan teks bacaan tentang perubahan wujud benda pada kendaraan bermotor.
Siswa menyimak bacaan tersebut dan menuliskannya pada kolom pertama.
Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat pada kolom kedua.
Siswa diharuskan menuliskan contoh perubahan wujud benda berikut dengan penjelasannya.
Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari.
Dengan bantuan orang tuanya, siswa mencari dan memilih bahan untuk membuat topeng. 100 menit
Penutup Bersama-sama guru dengan siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar yang telah dipelajari pada satu hari.
Bertanya kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari.
Melakukan penilaian hasil belajar.
Mengingatkan siswa untuk mempelajari pelajaran yang telah dipelajarinya di rumah dan mempelajari pelajaran selanjutnya.
Mengajak semua siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan mereka masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.
enit
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Tematik Kelas V
Diri Anak
Lingkungan
Benda di sekitar siswa
PENILAIAN
Rubrik menulis informasi
No Nama Siswa Pengetahuan Keterampilan Kemandirian dan Manajemen Waktu
SB B C K SB B C K SB B C SB
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita Rubrik tabel eksplorasi
No Nama Siswa Pengetahuan Keterampilan Kemandirian dan Manajemen Waktu
SB B C K SB B C K SB B C SB
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita Rubrik mencari bahan-bahan topeng
No Nama Siswa Pengetahuan Keterampilan Kemandirian dan Manajemen Waktu
SB B C K SB B C K SB B C SB
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita Remedial
1. Jelaskan cara melakukan koordinasi gerakan lengan dan kaki pada renang gaya
    bebas!
2. Jelaskan cara melakukan pernapasan pada renang gaya bebas!
3. Sebutkan bahan – bahan utama dalam membuat topeng!
4. Perubahan apakah yang terjadi pada peristiwa pembakaran sampah?
5. Peristiwa apa sajakah yang menyebabkan keseimbangan alam terganggu?
Pengayaan
1. Apakah bahan–bahan utama dalam pembuatan topeng yang sudah kamu pelajari,
    menurutmu adakah bahan–bahan lain yang dapat digunakan dalam pembuatan
    topeng? Sebutkan contohnya!
2. Cobalah cari tahu perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi di dapur
    sewaktu ibumu memasak! Pada kegiatan apa sajakah?
3. Menurutmu apakah yang sebaiknya dilakukan agar keseimbangan alam tidak terganggu?
4. Selain kerusakan pada lapisan ozon, kerusakan apa sajakah yang juga menggangu
    keseimbangan alam?
5. Apakah hubungannya melestarikan hutan dengan keseimbangan alam? Jelaskan!
Mengetahui,
Kepala SekolahGuru Kelas 5
(Irawan, S. Ag) (Reny Oktonia Nainggolan, S. Pd)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah: SD BUDDHIS PARAMITA
Kelas / Semester: V / I
Tema / Topik: Bermain dengan benda-benda di sekitar
Subtema: Perubahan wujud Benda
Alokasi Waktu: 4 X 35 menit
KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, displin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahas yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1. Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
     manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan        guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,        kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara        mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.1.6. Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia melalui bacaan
4.1.8. Menuliskan berdasarkan bacaan perubahan wujud benda ang diakibatkan karena kegiatan
          manusia yang mempengaruhi keseimbangan alam.
SBDP
Kompetensi Dasar
3.4. Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.4. Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan
Indikator
3.4.5. Memahami langkah-langkah membuat topeng
4.4.3. Membuat karya topeng kreatif dengan motif topeng nusantara
IPA
Kompetensi Dasar
3.4. Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya        alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7. Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat        ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi
Indikator
Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi karena pengaruh kegiatan manusia.
Menyajikan hasil laporan pengamatan perubahan wujud benda
IPS
Kompetensi Dasar
Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumbersumber yang tersedia.
Indikator
3.1.7. Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di           bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1.9. Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia          dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan          sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengenal dan mempresentasikan karakter kelompok Punakawan, siswa dapat mengambil pesan moral tentang kebajikan, kerendahhatian dan berlaku ksatria.
Dengan menggali informasi melalui observasi, studi pustaka ataupun wawancara, siswa dapat mengenali bentuk-bentuk perubahan nilai yang terjadi pada masyarakat sesuai dengan daerah tempat tinggal mereka secara logis dan sistematis.
Dengan membaca bacaan tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menjelaskan pengaruh aktivitas kehidupan manusia terhadap alam secara logis dan tepat.
Dengan mengetahui akibat negatif dari busa deterjen, siswa mencoba mencari tahu cara menanggulangi masalah tersebut dengan penuh rasa ingin tahu.
Dengan melakukan wawancara, siswa mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar mereka secara komunikatif.
MATERI PEMBELAJARAN
Ayo amati.
Ayo membuat topeng.
Punakawan.
Ayo bacalah.
MEDIA ATAU ALAT BANTU BELAJAR
Buku, teks bacaan tentang karakter Punakawan, kertas bekas
METODE PEBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Metode: tugas, ceramah, diskusi, tanya jawab.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran 6
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
Siswa diingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya. 10 menit
Inti Siswa diminta untuk mengamati gambar topeng punakawan dan diminta menjawab pertanyaan yang diberikan dengan menggunakan pengetahuan awal mereka.
Guru membimbing siswa serta mempersiapkan mereka untuk materi selanjutnya yang berkaitan dengan topeng tersebut
Siwa diminta untuk membuat topeng salah seorang tokoh Punakawan yang mereka pilih menggunakan kertas bekas.
Siswa juga berupaya mempresentasikan karakter tokoh wayang yang mereka buat di depan kelas.
Guru membimbing siswa dengan memberikan contoh karakter-karakter Punakawan, salah satunya dengan menggunakan bacaan sehubungan dengan tokoh tersebut.
Siswa dalam kelompoknya berupaya menggali informasi menggunakan majalah, internet, observasi ataupun wawancara berkenaan dengan nila-nilai dalam masyarakat yang dikhawatirkan sudah mulai memudar.
Siswa berupaya membedakan bentuk-bentuk perilaku yang terdapat pada manusia yang berbeda tempat tinggal.
Siswa mengamati perubahan-perubahan wujud benda yang ada di sekitar mereka.
Siswa mencoba mencari tahu contoh perubahan wujud benda lainnya yang ia ketahui.
Siswa membaca bacaan tentang deterjen dan busa yang dihasilkannya.
Siswa mencoba menjawab pertanyaan sehubungan bacaan dan berupaya mencari tahu cara untuk menanggulangi masalah ini.
Siswa mencoba merefleksikan apa yang sudah mereka kerjakan dan pelajari pada hari itu.
Siswa meminta pendapat dari orang tua mereka berkenaan degan kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi pada pembelajaran kali ini.
Siswa mencoba mencari tahu tentang akibat yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan sabun dalam kehidupan sehari-hari. 100 menit
Penutup Bersama-sama guru dengan siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar yang telah dipelajari pada satu hari.
Bertanya kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari.
Melakukan penilaian hasil belajar.
Mengingatkan siswa untuk mempelajari pelajaran yang telah dipelajarinya di rumah dan mempelajari pelajaran selanjutnya.
Mengajak semua siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan mereka masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.
menit
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Tematik Kelas V
Diri Anak
Lingkungan
Benda di sekitar siswa
PENILAIAN
Rubrik membuat topeng Punakawan
No Nama Siswa Kreativitas Pewarnaan Ketepatan Waktu
SM B CB PL SM B CB PL SM B CB PL
1. Euro 2. Malvin 3. Stephen 4. Venita Remedial
Sebutkan jenis-jenis perubahan wujud benda?
Apakah peranan nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara?
Pengayaan
Mengapa penting bagi kita untuk mempertahankan nilai-nilai positif dalam masyarakat?
Sebutkan akibat-akibat yang mungkin terjadi saat nilai-nilai positif mengalami
pergeseran di masyarakat.
Cari tahu perubahan wujud benda saat kamu sedang memasak.
Mengetahui,
Kepala SekolahGuru Kelas 5
(Irawan, S. Ag) (Reny Oktonia Nainggolan, S. Pd)


Download RPP TEMATIK KELAS 5.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca RPP TEMATIK KELAS 5. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: