October 17, 2016

PENYELESAIAN PERSOALAN MATEMATIKA DENGAN MICROSOFT EXCEL


Judul: PENYELESAIAN PERSOALAN MATEMATIKA DENGAN MICROSOFT EXCEL
Penulis: Lia Meliani Agustin


BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet canggih yang dijalankan dibawah sistem operasi Windows. Program ini menjadi andalan untuk menghitung, menganalisis, dan mempresentasikan data. Microsoft Excel menjadi pilihan tepat bagi para profesional yang menjaga performa dan kualitas untuk mengolah spreadsheet dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya. Hal ini dikarenakan banyak sekali kemudahan dan kelebihan yang disediakan sehingga mereka dapat mengolah data secara cepat dan hasil yang optimal.
Aplikasi ini sangat mudah dioprerasikan oleh semua orang terutama bagi pemula ataupun yang belum berpengalaman. Dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan dan didukung dengan tampilan yang menarik akan membuat orang cepat memahami dan mahir menggunakannya. Dengan demikian kita akan cepat mampu menghitung ataupun menganalisis data secara profesional.
Mengingat dari fungsinya yaitu untuk menghitung, menganalisis, dan mempresentasikan data, maka Microsoft Excel ini sangat erat hubungannya dengan matematika. Bahkan dapat dikatakan, Microsoft Excel adalah penunjang dan pendukung untuk matematika, misalnya bagi seorang guru dalam menentukan murid-murid dalam satu kelas lulus atau tidak, dan banyak lagi hal lainnya. Dalam Microsoft Excel terdapat berbagai fungsi yang menunjang dan memudahkan penulis pada khususnya untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Pada kali ini penulis lebih fokus pada penyelesaian logika matematika dan trignometri. Oleh karena itu, penulis akan membahas mengenai fungsi logika matematika serta fungsi matematika dan trigonometri dalam Excel.
Perumusan Masalah
Dalam penyusunan makalah ini, penulis memiliki beberapa rumusan sebagai berikut.
Apa yang dimaksud Microsoft Excel itu?
Bagaimana cara mengoperasikan Microsoft Excel?
Bagaimana cara menuliskan rumus dan fungsi dalam Microsoft Excel?
Bagaimana cara mengatur validasi data dalam Microsoft Excel?
Apa dan bagaimana fungsi logika dalam Microsoft Excel?
Apa dan bagaimana fungsi matematika dan trigonometri dalam Microsoft Excel?
Tujuan Penulisan Makalah
Dalam penyusunan makalah ini, penulis memiliki beberapa tujuan sebagai berikut.
Untuk mengetahui panjelasan mengenai Microsoft Excel.
Untuk mengetahui cara mengoperasikan Microsoft Excel.
Untuk mengetahui cara menuliskan rumus dan fungsi dalam Microsoft Excel.
Untuk mengetahui cara mengatur validasi data dalam Microsoft Excel.
Untuk mengetahui fungsi logika dalam Microsoft Excel.
Untuk mengetahui fungsi matematika dan trigonometri dalam Microsoft Excel.
BAB II
PEMBAHASAN
Mengenal Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah program pengolah angka yang digunakan untuk memasukkan data angka ke dalam lembar kerja yang disebut worksheet. Sudah banyak versi Microsoft Excel yang terbit dipasaran, diantaranya Microsoft Excel versi 2003, versi 2007, versi 2010, dan versi 2013. Untuk kali ini, penulis akan membahas mengenai Microsoft Excel versi 2010. Sebenarnya tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari perkembangannya. Karena fungsi-fungsinya pun masih sama, kalaupun terdapat perbedaan hanya terdapat pada sisi letak dan pengelompokannya saja.
Microsoft Excel banyak digunakan untuk membuat laporan aplikasi perkantoran, seperti laporan laba rugi, laporan akuntansi, pembuatan database, laporan bisnis, laporan statistik data dan lain sebagainya. Manfaat dari Microsoft Excel adalah sebagai berikut.
Menghitung dan mengolah data angka;
Menyisipkan gambar;
Membuat grafik;
Membuat fungsi atau formula yang beragam, seperti fungsi matematika, trigonometri, financial, logika, statistik, dan sebagainya.
Cara Mengoperasikan Aplikasi Microsoft Excel
Mengaktifkan Lembar Kerja Microsoft Excel
Menurut Tim Penyusun Modul Siswa (2010: 4) Untuk mengaktifkan lembar kerja Microsoft Excel, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
Klik Start pada taskbar;
Klik All Program;
Klik Microsoft Office;
Klik Microsoft Office Excel 2010.
Adapun cara yang lebih cepat yang sering penulis gunakan adalah sebagai berikut.
Klik Start;
Klik Microsoft Excel 2010, seperti pada gambar dibawah ini.

Kemudian akan tampil lembar kerja Microsoft Excel 2010, seperti gambar dibawah ini.

Menutup Lembar Kerja Microsoft Excel 2010
Setelah selesai menggunakan Microsoft Excel, kita dapat menutup program aplikasi tersebut dengan cara berikut.
Klik menu file yang ada di kiri atas layar
Klik exit
Atau dapat pula dilakukan dengan cara langsung yaitu klik ikon close (tanda silang "x") yang berada di kanan atas.
Menuliskan Rumus dan Fungsi
Setelah penulis memaparkan tentang Microsoft Excel dan beberapa fungsinya, serta bagaimana cara mengoperasikannya. Sekarang penulis akan menjelaskan mengenai ruang lingkup matematika dalam Microsoft Excel, karena sejak awal penulis katakan bahwa matematika dan Microsoft Excel itu saling mendukung. Dalam Microsoft Excel terdapat berbagai operasi matematika yang dapat membantu kita dalam perhitungan matematika. Sebelum penulis menjelaskan operasi matematika dalam Excel, penulis akan mengawalinya dengan tata cara penulisan rumus.
Menuliskan Rumus
Dikutip dari buku Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel (2004: 1) Untuk menuliskan rumus, kita harus mengawali dengan tanda sama dengan (=) di dalam sel Microsoft Excel. Sebagai contoh, rumus penjumlahan nilai 8 dengan nilai 2, maka dapat dituliskan di dalam sel Microsoft Excel dengan bentuk =8+2. Kemudian hasil perhitungannya akan ditampilkan dalam sel aktif.
Penulisan rumus dalam Microsoft Excel, antara satu argumen dan argumen lainnya dibatasi dengan tanda baca. Tanda baca yang dipakai tergantung pada pengaturan sistem operasi Windows. Bisa dipakai tanda baca koma (,), titik koma (;), atau tanda baca lainnya. Bagi pengguna Microsoft Excel yang masih pemula seringkali kurang paham terhadap masalah ini sehingga menyebabkan penulisan rumus menjadi kurang lancar dan tidak sesuai.contoh fungsi yang sering dipakaiuntuk menjumlahkan isi sel adalah SUM. Misalnya di dalam rumus Microsoft Excel dituliskan =SUM(A1,A2,A3) berarti dipakai tanda baca koma untuk memisahkan argumen atau =SUM(A1,A2,A3) berarti tanda baca yang dipakai sebagai pemisah adalah tanda baca titik koma.
Menuliskan Fungsi
Microsoft Excel menyediakan beberapa fungsi yang berbentuk visual dan sudah siap pakai.kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa fungsi visual yang disediakan Microsoft Excel adalah sebagai berikut.
Fungsi Penjumlahan (AutoSum)
Fungsi yang umum digunakan (Recently Used)
Fungsi Keuangan (Financial)
Fungsi Logical (Logika)
Fungsi Teks (Text)
Fungsi Tanggal dan Waktu (Date and Time)
Fungsi Pembacaan Tabel dan Referensi (Lookup and Reference)
Fungsi Matematika dan Trigonometri (Mathematic and Trigonometry)
Fungsi Statistic (Statistical)
Fungsi Perancangan (Engineering)
Fungsi Cube
Fungsi Informasi (Information)
Kita harus memulai dengan tanda sama dengan (=) untuk menuliskan fungsi di dalam sel Microsoft Excel. Berikut ini operator matematika yang dapat dipakai untuk membangun suatu rumus adalah sebagai berikut.
Operator Keterangan Contoh
( ) Mengelompokkan operasi matematika =(4+5)*(12/3) hasilnya 36
=4+(5*12)/3 hasilnya 24
+ Plus =18+22 hasilnya 40
- Minus =22-8 hasilnya 14
* Perkalian =20*5hasilnya 100
/ Pembagian =100/2 hasilnya 50
% Persen =18*100% hasilnya 18
& Menggabungkan dua data teks ="Bpk"&"Handoko"

Dikutip dari buku Rumus dan Fungsi Microsoft Excel (2001: 2) Berikut ini beberapa operator pembanding yang dapat digunakan untuk membangun rumus:
Operator Keterangan
< Kurang dari
≤ Kurang dari atau sama dengan
Lebih besar atau sama dengan
> Lebih besar
<> Tidak sama dengan
= Sama dengan
Yang terpenting dalam menuliskan fungsi ini adalah memahami struktur atau bentuk dari fungsi tersebut, misalnya fungsi SUM (Abdul Razaq, 2004: 29). Bentuk umum dari fungsi tersebut adalah =SUM(number1, number2, ...). Adapun langkah-langkah yang harus diikuti ketika menuliskan fungsi secara manual, yaitu sebagai berikut.
Klik alamat sel yang akan diisi fungsi, misalnya B7
Ketik tanda =SUM(....)
Tekan enter
Mengatur Validasi Data
Jika kita ingin memastikan bahwa data yang dimasukkan pada worksheet memiliki nilai yang benar dan untuk menghindari kesalahan dalam menginput data, kita dapat membuat batasan agar hanya data-data tertentu yang dapat dimasukkan ke dalam sel atau range tertentu. Kita dapat membatasi tipe data yang dapat dimasukkan ke dalam sel atau range, seperti data yang berbentuk angka bulat, angka desimal, atau teks. Kita dapat menentukan jumlah karakter yang dapat dimasukkan sebagai data input.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat contoh berikut.

Dari Contoh diatas dalam kolom jumlah order (kolom D) terdapat kalimat "jumlah order nilai input harus antara 10 sampai 1000" dalam kotak. Untuk menampilkan kalimat itu, dilakukan pembatasan denga langkah-langkah sebagai berikut.
Pilih sel-sel atau range yang akan dibatasi data inputnya, misalnya dari contoh di atas pilih range D2:D7
1443355858660Klik menu DataKlik Data Validation, sehingga tampil kotak dialog Data Validation seperti dibawah ini.

Pada kotak Allow, pilih data dari data input yang akan dimasukkan ke dalam sel atau range. Dalam gambar diatas, telah dipilih Whole number, yaitu pilihan untuk jenis data bilangan bulat.
Pada kotak data, pilih between, yaitu untuk operator antara.
Pada kotak minimum, ketikkan angka 10 dan angka 1000 pada kotak maximum.
Kemudian klik Input Message untuk menginput pesan seperti gambar contoh di atas. Misalnya pesan yang penulis masukkan adalah "jumlah Order nilai input harus antara 10 sampai 1000.
Klik OK
Setelah penulis lakukan angkah-langkah diatas, maka jika penulis mengetikkan angka 2 pada sel D2 sampai D7, maka akan muncul peringatan seperti di bawah ini.

Hal tersebut terjadi karena penulis telah membatasi angka inputnya antara 10 sampai 1000.
Fungsi Logika dalam Microsoft Excel
Logika merupakan sub materi dari bidang matematika, dan lebih dikenal dengan Logika Matematika. Logika Matematika adalah cabang dari logika dan matematika yang mengandung kajian matematis logika dan aplikasi kajian ini pada bidang-bidang lain diluar matematika. Logika Matematika berhubungan erat dengan aplikasi komputer, khususnya Microsoft Excel. Microsoft Excel sangat mendukung pembelajaran logika karena dalam Microsoft Excel terdapat fungsi-fungsi yang mendukung pembelajaran logika. Berikut adalah fungsi-fungsi logika yang terdapat dalam Microsoft Excel, dikutip dari buku Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel (2004: 171-174).
Fungsi AND
Fungsi ini memiliki bentuk AND (X1, X2, X3, ....). Kegunaan fungsi ini yaitu untuk menghasilkan nilai TRUE jika semua argumen yang terpasang bernilai benar dan akan menghasilkan nilai FALSE jika ada satu atau lebih argumen bernilai salah.
Argumen X1, X2, X3, ... merupakan kondisi yang akan diuji atau atau alamat sel yang mengandung nilai logika. Argumen X hanya memiliki batas 30 argumen.
Contoh :

Fungsi FALSE
Bentuk dari fungsi ini adalah FALSE ( ). Fungsi ini digunakan menghasilkan nilai logika FALSE atau salah. Kita dapat memasukkan nilai FALSE secara langsung di worksheet tanpa harus menggunakan fungsi ini.
Fungsi IF
Bentuk dari fungsi ini adalah IF (X, Y, Z). Fungsi ini digunakan untuk menguji kebenaran dari suatu kondisi.
399345113665Argumen x merupakan nilai atau ekspresi yang dapat diuji untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE.
Argumen y merupakan nilai yang akan dihasilkan bila ekspresi yang diuji bernilai benar. Jika nilai yang diuji bernilai benar dan argumen y dihilangkan, nilai TRUE yang akan ditampilkan.
Argumen z merupakan nilai yang akan dihasilkan bila ekspresi yang diuji bernilai FALSE dan argumen z dihilangkan, nilai FALSE yang akan ditampilkan.
0Argumen x merupakan nilai atau ekspresi yang dapat diuji untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE.
Argumen y merupakan nilai yang akan dihasilkan bila ekspresi yang diuji bernilai benar. Jika nilai yang diuji bernilai benar dan argumen y dihilangkan, nilai TRUE yang akan ditampilkan.
Argumen z merupakan nilai yang akan dihasilkan bila ekspresi yang diuji bernilai FALSE dan argumen z dihilangkan, nilai FALSE yang akan ditampilkan.

Contoh :

Fungsi NOT
Bentuk dari fungsi ini adalah NOT (). Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai logika kebalikan dari kondisi logika yang diuji. Jika logika bernilai salah (false), maka menghasilkan nilai logika yang TRUE. Jika nilai logika yang diuji bernilai benar (true), maka akan dihasilkan nilai logika FALSE.
Contoh :

Fungsi OR
Fungsi OR memiliki bentuk OR (X1, X2, X3, ...). Kegunaan dari fungsi ini adalah untuk menghasilkan TRUE jika beberapa argumen bernilai benar (true), menghasilkan FALSE jika semua argumen bernilai salah (false).
Argumen X1, X2, X3, ... merupakan kondisi atau ekspresi yang akan diujiatau alamat sel yang mengandung nilai-nilai logika. Argumen ini dibatasi sampai batas maksimal 30 argumen.
Contoh:

Fungsi TRUE
Kegunaan fungsi ini adalah untuk menghasilkan nilai TRUE atau benar. Kita dapat langsung memasukkan nilai TRUE secara langsung dalam sel dan rumus tanpa harus menggunakan fungsi ini.
Fungsi Matematika dan Trigonometri dalam Microsoft Excel
Seperti yang kita tahu, matematika sangat erat sekali hubungannya dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Begitu pula dengan trigonometri. Trigonometri termasuk dalam bidang matematika, seperti permasalahan sinus, cosinus, tangent, logaritma dan sebagainya. Semua permasaahan matematika dan trigonometri itu dapat diselesaikan dengan mudah dalam Microsoft Excel, karena dalam Microsoft Excel terdapat fungsi-fungsi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan fungsi matematika dan trigonometri. Fungsi-fungsi tersebut diantaranya sebagai berikut.
Fungsi SUM
Fungsi SUM ini digunakan untuk menjumlahkan seluruh data angka (numerik) dari sederetan angka. Bentuk umum dari fungsi SUM adalah =SUM(number1,number2,...).
Misalnya pada lembar kerja berikut akan dihitung jumlah keseluruhan dari barang yang terjual pada Bulan September 2014.

Langkah yang digunakan untuk menuliskan rumus pada gambar diatas adalah sebagai berikut.
Tempatkan mouse pointer pada alamat sel D7
Ketik fungsi =SUM(D2:D6)
Tekan tombol enter pada keyboard
Fungsi SUMIF
Fungsi SUMIF ini digunakan untuk menjumlahkan seluruh data angka (numerik) dari sederetan angka khusus untuk angka yang memenuhi kondisi atau kriteria tertentu. Bentuk umum dari fungsi SUMIF adalah =SUMIF(range,criteria,sum_range).
45028588900Range: digunakan untuk menentukan range yang akan dievaluasi atau diuji
Criteria: digunakan untuk menentukan kriteria atau kondisi tertentu yang akan dihitung. Kriteria ini dapat berupa huruf, angka, atau rumus.
Sum_range: digunakan untuk menentukan range data yang akan dijumlahkan atau dihitung.
00Range: digunakan untuk menentukan range yang akan dievaluasi atau diuji
Criteria: digunakan untuk menentukan kriteria atau kondisi tertentu yang akan dihitung. Kriteria ini dapat berupa huruf, angka, atau rumus.
Sum_range: digunakan untuk menentukan range data yang akan dijumlahkan atau dihitung.

Misalnya pada lembar kerja berikut akan dihitung jumlah keseluruhan dari masing-masing jenis barang yang terjual.

Langkah yang digunakan untuk menggunakan rumus ini adalah sebagai berikut.
Tempatkan mouse pointer pada alamat sel D7
Ketikkan fungsi =SUMIF(C2:C6, "Mouse", D2:D6)
Tekan tombol enter pada keyboard.
Begitupun untuk mengisi sel D8 sampai D10 dilakukan dengan cara yang sama.
Fungsi ACOS
Bentuk umum dari fungsi ini adalah ACOS(x). Fungsi ini digunakan untuk menampilkan nilai radian Arc Cosinus dari suatu data numerik. Nilai yang dihasilkan ACOS berkisar antara 0 sampai dengan nilai (phi) atau antara 0 sampai 3,14..... . Argumen X adalah nilai numerik yang menyatakan nilai antara -1 sampai +1.
Jika kita ingin melakukan konversi hasil satuan radian ke sudut, kalikan dengan nilai 180π atau gunakan fungsi DEGREES.
Contoh:

Untuk mencari nilai kebalikan dari nilai cosinus, maka gunakan fungsi ACOSH. Bentuk dari ACOSH adalah ACOSH(X). Untuk cara penggunaannya sama seperti fungsi ACOS.
Fungsi ASIN(X)
Bentuk dari fungsi ini adalah ASIN(X). Fungsi in digunakan untuk menamilkan nilai radian Arc Sinus suatu data numerik.nilai yang dihasikan ASIN antara nilai -π2 atau -1.57079 sampai +π2 atau 1.57079.
Contoh:

Untuk mencari nilai kebalikan dari nilai sinus, maka gunakan fungsi ASINH. Bentuk dari ASINH adalah ASINH(X). Untuk cara penggunaannya sama seperti fungsi ASIN.
Fungsi ATAN
Dikutip dari buku Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel (2004: 14) Bentuk dari fungsi ini adalah ATAN(X). Fungsi ini digunakan untuk menampilkan nilai radian Arc Tangentdata numerik. Nilai yang dihasilkan ATAN antara nilai -π2 atau -1.57079 sampai +π2 atau 1.57079. argumen X adalah nilai numerik atau bilangan dalam satuan radian.
Contoh:

Untuk mencari nilai kebalikan dari nilai tangent, maka gunakan fungsi ATANH, bentuknya yaitu ATANH(X).
Fungsi FACT
Dalam buku Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel (2004: 22) Bentuk dari fungsi ini adalah FACT(X). Fungsi ini mempunyai kegunaan untuk menghitung hasil perkalian faktorial terhadap suatu bilangan.
Argumen X adalah nilai numerik ata alamat sel yang memiliki nilai numerik. Jika x bilangan pecahan, maka Microsoft Excel akan mengabaikan bilangan pecahan tersebut dan hanya mengambil bilangan bulatnya saja.
Contoh:

Fungsi LOG
Bentuk dari fungsi ini adalah LOG(X,Y). Fungsi ini dapat menampilkan nilai logaritma bilangan X dengan basis sesuai argumen basis yang dipasang. Jika argumen basis tidak diberikan, maka Microsoft Excel akan menghitung dengan menggunakan nilai basis default 10. Nlai argumen X harus positif.
Jika kita ingin menghitung nilai logaritma suatu bilangan dengan basis 10, kita dapat menggunakan fungsi LOG10( ).
46799519797Argumen X adalah suatu nilai numerik positif yang bisa diwakili dengan alamat sel atau rumus yang menghasilkan suatu nilai numerik positif.
Argumen Y adalah nilai basis perhitungan logaritma.
0Argumen X adalah suatu nilai numerik positif yang bisa diwakili dengan alamat sel atau rumus yang menghasilkan suatu nilai numerik positif.
Argumen Y adalah nilai basis perhitungan logaritma.

Contoh:

Fungsi MOD
458958758776Argumen X adalah bilangan yang dibagi yang juga bisa diwakili oleh alamat sel yang berisi data numerik atau rumus yag menghasilkan nilai numerik.
Argumen Y adalah bilangan pembagi yang bisa diwakili oleh alamat sel yang berisi data numerik atau rumus yang menghasilkan nilai numerik.
0Argumen X adalah bilangan yang dibagi yang juga bisa diwakili oleh alamat sel yang berisi data numerik atau rumus yag menghasilkan nilai numerik.
Argumen Y adalah bilangan pembagi yang bisa diwakili oleh alamat sel yang berisi data numerik atau rumus yang menghasilkan nilai numerik.
Bentuk dari fungsi ini adalah MOD(X,Y). Fungsi ini dapat menghasilkan nilai modulus pembagian dua bilangan atau nilai sisa hasil pembagian.
Catatan:
Jika bilangan pembagi atau argumen Y memiliki nilai 0, maka akan menghasilkan nilai kesalahan #DIV/0!
Jika pembagi bernilai 0, MOD, maka menghasilkan nilai kesalahan #DIV/0!
Jika pembagi bernilai negatif, MOD akan menghasilkan nilai negatif.
Jika pembagi bernilai positif, MOD akan menghasilkan nilai positif.
Fungsi MOD juga dapat diekspresikan dengan fungsi INT, yaitu dengan bentuk penulisan rumus sebagai berikut.
MOD(a,b) = a – b * INT(a/b)
Contoh:

Fungsi POWER
Dalam buku Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel (2004: 38) Bentuk dari fungsi ini adalah POWER(X,Y). Fungsi ini dapat menghasilkan nilai perpangkatan dari suatu bilangan dengan suatu nilai pemangkat tertentu.
4684499525Argumen X dan Y dapat diwakili dengan alamat sel yang berisi data numerik atau formula yang menghasilkan nilai numerik.
00Argumen X dan Y dapat diwakili dengan alamat sel yang berisi data numerik atau formula yang menghasilkan nilai numerik.

Catatan:
Fungsi POWER memiliki fungsi yang sama dengan operator matematika "^" (fungsi pemangkatan). Sebagai contoh, penulisan rumus =POWER(5,2) dapat dituliskan dalam bentuk: = 5^2
Contoh:

Fungsi SUMSQ
Bentuk dari fungsi ini adalah SUMSQ(X, Y, Z, ...). fungsi ini digunakan untuk menghitung nilai pemangkatan sederetan bilangan dengan nilai pemangkatan dua dan menjumlahkan hasilnya.
53934558246Argumen X, Y, Z, ... adalah bilangan numerik. Jumlah argumen maksimal 30 dan argumen dapat diganti dengan alamat sel atau alamat range.
0Argumen X, Y, Z, ... adalah bilangan numerik. Jumlah argumen maksimal 30 dan argumen dapat diganti dengan alamat sel atau alamat range.

Contoh:

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Setelah penulis menyusun makalah yang berjudul "Penyelesaian Persoalan Matematika dengan Microsoft Excel", penulis dapat memberi kesimpulan sebagai berikut.
Microsoft Excel adalah program pengolah angka yang digunakan untuk memasukkan data angka ke dalam lembar kerja yang disebut worksheet.
Cara membuka Microsoft Excel bisa dengan cara klik start kemudian langsung klik aplikasi Microsoft Excel. Dan untuk menutupnya bisa langsung klik tanda silang (X) di layar pojok kanan atas.
Untuk menuliskan rumus dalam sel, harus diawali dengan tanda sama dengan (=). Di dalam Microsoft Excel terdapat berbagai operasi fungsi matematika yang dapat membantu kita dalam perhitungan matematika.
Penulis dapat mengatur validasi data dalam Microsoft Excel sesuai dengan yang kita inginkan.
Penulis dapat menemukan fungsi logika dalam Microsoft Excel, diantaranya fungsi AND, fungsi FALSE, fungsi IF, fungsi NOT, fungsi OR, fungsi TRUE.
Penulis dapat menemukan fungsi matematika dan trigonometri dalam Microsoft Excel, diantarnya fungsi SUM, fungsi SUMIF, fungsi ACOS, fungsi ASIN, fungsi ATAN, fungsi FACT, fungsi LOG, fungsi MOD, fungsi POWER, fungsi SUMSQ.
Kritik atau Saran
Setelah penulis menyusun makalah yang berjudul "Penyelesaian Persoalan Matematika dengan Microsoft Excel", penulis mempunyai beberapa kritik atau saran.
Ketika penulis akan menulis makalah ini, penulis mengalami kesulitan dalam mencari referensi, karena buku referensi di perpustakaan kampus yang penulis butuhkan sangat terbatas.
Sebaiknya perpustakaan menyediakan lebih banyak referensi yang baru.
Tugas mandiri ini sangat baik, karena penulis dianjurkan untuk menjadikan buku dan jurnal sebagai referensi. Hal ini dapat dijadikan pengalaman siswa dalam pembuatan skripsi.
Hendaknya tugas ini dijadikan sebagai tugas rutin setiap tahunnya.


Download PENYELESAIAN PERSOALAN MATEMATIKA DENGAN MICROSOFT EXCEL.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca PENYELESAIAN PERSOALAN MATEMATIKA DENGAN MICROSOFT EXCEL. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon