October 01, 2016

Manajemen Pemasaran - Evolusi Konsep Pemasaran


Judul: Manajemen Pemasaran - Evolusi Konsep Pemasaran
Penulis: L. Riziiq Ma'rufaa


Dilihat dari beberapa aspek konsep marketing di zaman dahulu dan sekarang memiliki beberapa perbedaan mendasar. Yang diketahui dan dipahami tentang pemasaran oleh orang umum hanyalah tentang penjualan, promosi serta bagaimana mendapatkan pelanggang yang lebih banyak. Itulah yang disebut Product Oriented atau Orinetasi Produk. Memang benar adanya bahwa pemasaran dulu menggunakan konsep ini dalam menjual produknya. Perusahaan hanya memiliki satu visi, yaitu : Bagaimana produk yang sudah diproduksi dapat terjual dan sukses di pasar.
Jadi dengan kata lain, perusahaan melemparkan berbagai prosuk-produk yang menjadi andalannya ke pasar. Perusahaan meramalkan bahwa produk itu akan terjual habis. Dengan produk yang mudah didapat dan harga yang murah, perusahaan memusatkan perhatiannya untuk mencapai efesiensi produksi yang tinggi serta cakupan distribusi yang luas. Kelemahan konsep pemasaran ini adalah pelayanan tidak ramah dan buruk. Umumnya hanya mengedepankan harga jual produk yang murah untuk dapat bersaing dengan kompetitor.tingkat persaingan belum sedemikian ketat seperti sekarang. Belum terlalu banyak tumbuh pemain di lahan sejenis sehingga pemasaran hanya bermuara si selisih harga jual.
Hal seperti itulah yang membekas di benak setiap orang tentang pemasaran, yaitu hanya sebatas : Bagaimana untuk menjual. Maka mulai muncullah berbagai penelitian-penelitian, pembelajaran-pembelajaran dan berbagai perkembangan di dunia pemasaran. Evolusi pemasaran telah terjadi.
Di masa sekarang, konsep pemasaran sudah sangat jauh berkembang merambah ke aspek-aspek yang menyangkut kepuasan pelanggan. Produk dengan kualitas yang baik dan murah sudah tidak dapat menjadi jurus yang selalu diandalkan dalam bersaing. Pelanggan sudah dihadapkan dengan berbagai macam pilihan produk dengan harga dan kualiats yang hampir-hampir tidak jauh berbeda. Untuk itulah lebih ditonjolkan faktor-faktor diluar hanya menjual saja. Sales menjadi faktor yang tidak kalah penting yang bermuara pada aspek pemenuhan kepuasan pelanggan.
Konsep pemasaran terkini disebut "Customer Oriented" atau orientasi pelanggan. Key word dari konsep ini ada 2, yaitu : pelanggan dan pasar. Perusahaan kini telah semakin mengerti bahwa kekuatan besar yang menggerakkannya adalah pelanggan dan pasar. Sebagai pemasar, kita harus mengerti bahwa kelangsungan (sustainability) dan perkembangan (profitability) pasar sangat tergantung pada bagaimana perusahaan dapat mengelolah portofolio pelanggan. Pelanggan adalah aset utama perusahaan.
Melalui konsep ini, pemasaran semakin mengalami perkembangan pesat, yang dulu hanya bertujuan untuk menjual produk, tapi sekarang juga bagaimana menjaga dan mengelolah hubungan dengan pelanggan. Pemasaran yang berorientasikan pelanggan akan mengintegrasikan antara apa yang diinginkan perusahaan, yaitu kelangsungan dan perkembangan perusahaan, dengan apa yang diinginkan pelanggan, yaitu kepuasan atas produk dan jasa yang diterima.
Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Jadi tingkat kepuasan adalah fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan.
Kepuasan pelanggan sepenuhnya dapat dibedakan pada tiga taraf, yaitu :
Memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar pelanggan, contoh : Wiraniaga Toko Daging A menunjukkan daging yang dibutuhkan seorang pelanggan. Ia menanyakan berapa kg yang diperlukan, kemudian ditimbang dan dibungkus.
Memenuhi harapan pelanggang dengan cara membuat mereka akan kembali lagi membeli, contoh : Wiraniaga Toko Daging B menunjukkan jenis daging yang dibutuhkan seorang pelanggan. Ia juga menunjukkan jenis daging yang lain (disesuaikan dengan masakannya), kemudian ditimbang dan dibungkus.
Melakukan lebih daripada apa yang diharapkan pelanggan, contoh : Wiraniaga Toko Daging C (selain seperti Wiraniaga Toko Daging B) juga menjelaskan tentang kualitas daging dan perbedaan dari masing-masing jenis daging. Setelah itu ditimbang, dibungkus dan diserahkan sambil tersenyum serta mengucapkan terima kasih.
Dari ketiga taraf diatas, keberhasilan strategi pemasaran dapat dicapai apabila sudah mencapai ketaraf 3, yaitu yang paling memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Setiap orang di industri mempunyai pelanggan yang harus dipuaskannya. Langkah pertama dalam usaha memuaskan pelanggan adalah menentukan dan mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Pelanggan yang berbeda dapat pula berlainan kebutuhannya dan juga berbeda perioritasnya, tetapi pada dasarnya kebutuhan-kebutuhan umum hampir sama.
Untuk aktifitas promosi di masa sekarang di mana IPTEK sudah semakin berkembang, media-media yang digunakan untuk berpromosi sudah semakin bervariatif. Perusahaan semakin sekektif dalam memilih media berpromosi baik dalan kategori above the line maupun below the line yang penggunaannya sangat bergantung pada sasaran promosi yang hendak dicapai. Tidak ketinggalan media televisi, radio dan media cetak seperti koran majalah dan lain-lain menjadi pilihan berpromosi sekarang. Dan saat ini ketika internet sedang booming bisa menggunakan iklan pada search engine atau banner pada situs-situs terkenal. Bahkan beberapa perusahaan bukan hanya menggunakan media online untuk berpromosi tapi juga dapat melakukan transaksi secara online, yang merupakan kategori above the line. Selain itu juga dengan menggunakan media promosi mulai dari diskon, hadiah pada event tertentu yang merupakan kategori below the line.
Yang dulunya hanya berorientasikan produk, bagaimana produk itu terjual habis entah bagaimana pun caranya, hanya memikirkan jangka pendek. Sekarang, perusahaan semakin mengerti, bagaimana caranya memenuhi kebutuhan pelanggan untuk kelangsungan dan perkembangan perusahaan dalam jangka panjang tentunya.
DAFTAR PUSTAKA
2011. Evolusi Pemasaran!. Dari http://marketsip.wordpress.com/2011/11/16/evolusi-pemasaran-2/, 22 September 2014


Download Manajemen Pemasaran - Evolusi Konsep Pemasaran.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Manajemen Pemasaran - Evolusi Konsep Pemasaran. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon