Oktober 17, 2016

MAKALAH SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW DIPERIODE MADINAH

Judul: MAKALAH SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW DIPERIODE MADINAH
Penulis: Anni Nur Annisa


MAKALAH
SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW DIPERIODE MADINAH

OLEH :
NUR ANNISA
NURFADILLAH
NURUL FITRI MUTMAINNA HS
NUR AZIZAH
REZKY FEBRIANI
NURUL MUHLISA
UMMUL MULYA
NUR TILLA TOMY
KELAS 1 AP 4
SMK NEGERI 1 SINJAI UTARA
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kepada allah swt. Karena berkat rahmat dan karunianya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini disusun untuk memberikan kemudahan kepada siswa siswa agar lebih termotivasi dalam belajar khususnya mengetahui lebih dalam visi dan misi usaha.
Semoga makalah ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu kami mohon kritik dan saran yang membangun bagi penyempurnaan makalah ini.
Jum'at, 6 juni 2014
Daftar isi
Kata pengantar..............................................................................................2
Daftar isi..........................................................................................................3
Pembahasan :
Tahun ke 3 hijrah..................................................................................4
Tahun ke 4 hijrah..................................................................................4
Tahun ke 5 hijrah..................................................................................4
Tahun ke 6 hijrah..................................................................................5
PEMBAHASAN :
TAHUN KE 3 HIJRAH
Tahun ke 3 hijrah ditandai dengan :
Perang uhud
Terjadi dibulan sya'ban 3 H yang dipicu dendam kaum qurasiy karena kekealahan dibadar. Nabi memilih untuk bertahan dengan membagi pasukan infantri dan pasukan emanah sebagai back up. Awalnya kaum mukmin diatas angin, namun pasukan pemanah tidak mematuhi ketentuan nabi untuk tidak meninggalkan posnya dengan alasan apapun (karena ingin mengambil harta rampasan), pasukan berkuda khalid bin walid berhasil mendobrak pasukan muslim dari belakang, kekalahan pun tak terelakkan, 70 mujahid wafat termasuk paman nabi, Hamzah. Dipihak musyrik 37 orang tewas. Hikmah dari kekalahan ini adalah agar kam muslimin tidak lagi melangggar perintah nabi dan memisahkan antara munafik dengan mukmin yang berbaur dengan pasukan nabi saw.
Selain itu pada tahun yang sama juga turun larangan meminum khamr, hal ini disebabkan pada saat shalat ada sahabat yang terbalik balik membaca surat Al-kafirun.
TAHUN KE 4 HIJRAH
Ditandai dengan dua perang yang nyris terjadi, yaitu perangdengan Bani Nadzir (karena berkonspirasi hendak membunuh nabi) yang akhirnya berhasil diusir dari medan perang tanpa membawa alat perangnya dan perang dzatur riqakarena pihak lawan melarikan diri.
TAHUN KE 5 HIJRAH
Perang Khandaq dan perang Bani quraizhah
Terjadi pada bulan syawal 5 H. Diawali dengan konspirasi kaum yahudi banii nadhir dan quraizahah dengan quraish untyuk menhancurkan islam. Karena tekanan dari penjuru nabi memilih bertahan dengan memerintahkan 3000 prajuritnya menggali parit diutara madinah atas saran salman al-farizy, muallaf dari persia.
Turunnya ayat yang mewajibkan haji
Turunnya perintah bagi wanita untuk mengenakan hijab yang mula mula diperintahkan untuk para istri nabi
TAHUN KE 6 HIJRAH
Perjanjian hudaibiyah perjanjian ini diawali dengan keberangkatan rasulullah untuk berhaji dan berumrah beserta 1500 kaum muslimin tepat pada tanggal dzulqaidah 6 H. Ketika berhenti di hudabiyah, rasul mengirimkan utusannya utsman bin affan untuk menegaskan maksud kedatangan mereka. Dari kaum musyrikin diutuslah suhail dan terjadilah perjanjian hudaibiyah yang pada awalnya dianggap merugikan kaum muslimin ini, isi perjanjian sbb :
Rasul beserta rombongannya harus kembali ke madinah dan baru boleh memasuki makkah tahun berikutnya.
Gencatan senjata selama 10 tahun
Pihak yang ingin bergabung dengan muhammad boleh melakukannya, demikian pula pihak yang ingin bergabung dengan quraisy boleh melakukannya.
Siapapun dari kaum quraisy yang mendatangi muhammad tanpa izin walinya (melarikan diri) harus dikembalikan, sedang siapapun dari kaum muhammad yang mendatangi kaum quraisy tidak boleh dikembalikan.
Hikmah dari perjanjian hidaibiyah ini adalah kemenangan yang nyata bagi kaum muslimin
Pengakuan eksistensi kaum muslimin oleh kaum quraisy dengan pengukuhan perjanjian tersebut
Keleluasaan kaum muslimin untuk memasuki makkah, walaupun ditahun pertama perjanjian tidak diperbolehkan, tetapi tahun tahun berikutnya diperbolehkan
Menunjukkan siapa saja yang benar benar beriman kepada Allah dan rasulnya dengan butir keempat, karena tidak akan lari dari muhammad kecuali orang murtad
Sedangkan klausal kedua merupakan kemenangan besar bagi kaum muslimin karena sesungguhnya kaum quraisylah yang mengawali peperangan turunnya ayat tentang tayammum dan shalat khauf yag masih dalam rentetan perjalanan rasul untuk haji diatas. Dalam perjalanan rasulullah dan rombongan menuju makkah, kaum musyrikin mengirimkan khalid bin walid untuk mnghalangi pasukan rasulullah saw sampai ke makkah. Pasukan ini berencana menyerang pada saat kaum muslimin melakukan shalat ashar secara serentak. Tetapi turun ayat tentang sahalat khauf, yang pelaksanaannya diajarkan langsung oleh malaikat jibril, sehingga kesempatan menyerang lepas dari tangan pasukan khalid bin walid.


Download MAKALAH SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW DIPERIODE MADINAH.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca MAKALAH SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW DIPERIODE MADINAH. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: