Oktober 25, 2016

Makalah PKn Bela Negara

Judul: Makalah PKn Bela Negara
Penulis: Hainun Halida


Bela Negara
Hainun Nisa Halida
IX A, 10
SMP N 1 PATI Tahun ajaran 2013/2014
4568472534797038512752782570
Kata Pengantar
Assalamualaikum Wr.Wb
Pertama-tama, marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat ALLAH SWT, yang selalu memberi kemudahan, keselamatan dan rejeki kepada kita. Selain untuk memenuhi tugas harian, saya menyusun makalah ini untuk memudahkan pembaca dengan meringkas materi pembelajaran dari berbagai sumber. Tidak lupa, saya mengucapkan terima kasih kepada :
Bapak Drs.Tori Wibiantoro M.Pd selaku Kepala SMP 1 Pati
Bapak Zaeni S.Pd selaku wali kelas
Ibu Sukini S.Pd selaku guru PKn
Orang tua dan teman yang memberi semangat dalam pembuatan makalah ini
Pembaca
Demikian sedikit penjelasan mengenai makalah ini. Tentu, makalah ini masih banyak kekurangan dan masih perlu pembaharuan. Untuk itu, saya mengharapkan kritik dan saran pembaca. Saya kira sekian, apabila ada tutur kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Penulis
Pendahuluan ...
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), negara adalah organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat. Pengertian Negara lainnya yang didefinisikan dalam KBBI adalah kelompok sosial yang menduduki wilayah atau daerah tertentu yang diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif, mempunyai kesatuan politik, berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya. Dengan kata lain, Negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang memiliki kedulatan. Yaitu kekuasaan tertinggi dalam suatu negara. Negara Indonesia memberlakukan 2 kedaulatan, Kedaulatan Rakyat dan Kedaulatan Hukum.
Unsur-unsur negara adalah :
Rakyat
Rakyat merupakan unsur penting dalam membentuk negara, tanpa masyarakat maka mustahil suatu negara bisa terbentuk.
Wilayah
Wilayah merupakan unsur yang kedua, karena dengan adanya wilayah yang didiami oleh manusia, maka negara akan terbentuk. 
Pemerintahan
Setiap negara mempunyai suatu organisasi yang berwenang untuk merumuskan dan melaksanakan keputusan-keputusan yang mengikat bagi seluruh penduduk di dalam wilayahnya keputusan-keputusan ini berbuntuk perundang-undangan dan peraturan-peraturan lain dalam hal ini pemerintah bertindak atas nama negara dan menyelenggarakan kekuasaan negara.
Pengakuan dari negara lain
Secara De Facto dan De Yure
Tujuan Negara Indonesia terdapat dalam pembukaan UUD 1945 alinea 4 :
Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
Memajukan kesejahteraan umum
Mencerdaskan kehidupan bangsa
Ikut melaksanakan ketertiban dunia
Sifat negara adalah sebagai berikut :
1. Sifat Memaksa         Bahwa negara membuat peraturan yang harus ditepati oleh warga negaranya.2. Sifat Monopoli        Negara mempunyai kekuasaan dalam menentukan tujuan negara.3. Sifat Menyeluruh/Mencakup Semua        Semua warga negara tanpa kecuali, harus patuh dan taat pada peraturan yang berlaku.4. Sifat Permanen        Negara harus tetap berdiri untuk kelangsungan hidup bangsa.5. Sifat Demokratis        Negara mengikutsertakan rakyatnya dalam merumuskan kebijakan publik, atau merumuskan kebijakan publik.
Sedangkan fungsi negara adalah :
1. Fungsi Pertahanan : Negara bertanggung jawab melindungi seluruh warga negara dan seluruh wilayahnya terhadap serangan atau ancaman dari luar atau negara lain.
2. Fungsi Keadilan : Negara wajib memperlakukan setiap orang secara adil sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
3. Fungsi Keamanan dan Ketertiban : Negara menjaga keamanan dan ketentraman dalam masyarakat serta mencegah bentrokan antar kelompok atau antar individu.
4. Fungsi Kesejahteraan dan Kemakmuran Rakyatnya : Negara bertanggungjawab mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat dan seluruh warga negaranya.
Dengan keadaan negara yang secara teori gagah dan kuat, belum menjamin bahwa negara tersebut gagah dan kuat pada kenyataannya. Apalagi, Indonesia adalah negara yang baru saja berdiri setelah perang dunia ke-2 dan masih dalam tahap perkembangan. Sedangkan globalisasi dan kemajuan IPTEK telah berkembang pesat. Apakah Indonesia dapat bertahan dengan generasi pemuda sekarang? Lantas apabila bisa, dengan hal apa? Mari kita bahas masalah ini bersama
Pengertian Bela Negara...
Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta keyakinan akan pancasila sebagai Ideologi Negara guna menghadapi ancaman baik yang berasal dari luar maupun dari dalam negeri yang membahayakan dan mengancam kedaulatan.
Usaha-usaha yang dilakukan untuk menumbuhkan semangat "Bela Negara"
Di bidang Pendidikan
Dengan adanya mata pelajaran seperti PKn dan Sejarah, dapat membangkitkan semangat para pelajar untuk meghargai dan mencintai negaranya. Selain memberi pengetahuan mengenai perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan, juga membantu pelajar dalam menyadari apa yang menjadi kewajiban utama sebagai pelajar. Harapan negara adalah, supaya generasi penerus belajar dengan giat dan bersungguh-sungguh agar berguna bagi bangsa di kemudian hari.
Di bidang Pertahanan negara
TNI merupakan komponen utama sistem pertahanan Negara Indonesia. TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara. Beberapa tugas dari TNI adalah : menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Pada dasarnya, pendidikan yang diterapkan di Akademi Militer (Akmil) berbeda karena karakternya diperkuat dengan pemikiran rela berkorban dan bela negara.
Di bidang Sosial Budaya
Mempelajari Budaya Indonesia dan mencintai produk khas Indonesia merupakan contoh sederhana. Dengan begitu, kita lebih mengenal siapa jati diri Indonesia yang "Sebenarnya" di mata dunia. Beragam kebudayaan menghiasi negeri zamrud khatulistiwa ini patut dibanggakan. Tak hanya itu, kita juga wajib menjaga kebudayaan Indonesia supaya tidak ditiru oleh negara lain.
Di bidang Politik
Mendengar kata 'Politik', rentan dengan permasalahan korupsi di Indonesia, yah... padahal, hakikat sebenarnya mengenai politik  adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Para pemimpin harusnya memberi contoh yang baik pada rakyatnya. Agar generasi pemuda juga berpartisipasi dalam pembelaan dan pembangunan negara lewat jalur politik dengan dasar keikhlasan dan tanggungjawab. Karena generasi peneruslah yang menentukan nasib bangsa Indonesia.
Masih banyak Berbagai Bidang yang digunakan sebagai perantara usaha "Bela Negara". Nah, berikut ini saya akan memaparkan manfaat dari usaha membela negara.
Berberapa manfaat yang diperoleh dari usaha membela negara :
Mengajarkan pada kita untuk saling berbagi
Mengingatkan pada kita bahwa Indonesia memiliki potensi besar
Mengingatkan pada kita apa yang selayaknya dilakukan oleh pelajar
Mengingat serta menghargai jasa para pahlawan yang gugur demi Indonesia
Menyadarkan pada kita bahwa negara yang telah 'Merdeka' belum sepenuhnya 'Merdeka'
Mengobarkan semangat pantang menyerah
Berusaha menjaga ketertiban dengan mentaati peraturan
Berusaha menjaga kebersihan lingkungan
Berusaha memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat
Mencintai produk dalam negeri
Mungkin terlintas pertanyaan "Mengapa kita harus membela negara Indonesia?" dalam benak anda. Saya akan menjelaskan dengan singkat, semoga membantu anda.
Indonesia, negara dimana tempat kita lahir, dibesarkan, menuntut ilmu dan tempat meraih mimpi. Yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dengan garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada. Ingatkah anda mengenai tragedi Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan? Ya, dua pulau yang menyimpan kekayaan seperti itu, karena tidak dijaga telah diambil alih oleh Malaysia yang seraya merawat kedua pulau itu. Bangsa Indonesia tentu malu atas peristiwa tersebut. Dan agar kejadian seperti itu tidak terulang untuk kedua kalinya, maka usaha 'Bela Negara' sangat dibutuhkan. Apalagi, dengan keadaan generasi penerus yang makin susah diatur akibat keracunan tekhnologi.
Dasar dan Unsur Bela Negara...
Dasar Hukum dan Peraturan Tentang Wajib Bela Negara :
1. Tap MPR No.VI Tahun 1973 tentang konsep wawasan nusantara dan keamanan Nasional.2.    Undang-Undang No.29 tahun 1954 tentang Pokok-Pokok Perlawanan Rakyat.3.    Undang-Undang No.20 tahun 1982 tentang Ketentuan Pokok Hankam Negara RI. Diubah oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1988.4.    Tap MPR No.VI Tahun 2000 tentang Pemisahan TNI dengan POLRI5.    Tap MPR No.VII Tahun 2000 tentang Peranan TNI danPOLRI.6.    Amandemen UUD '45 Pasal 30 ayat 1-5 dan pasal 27 ayat 3.7.    Undang-Undang No.3 tahun 2002 tentang pertahanan negara
Landasan Hukum Bela Negara:
Landasan hukum bela negara terbagi menjadi 3 yakni: 1. Landasan Idiil ; Pancasila 2. Landasan Konstitusional ; UUD 1945 (Amandemen)* Pasal 27 (3) "Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara"*  Pasal 30 (1 &2) ;"(1) Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha  pertahanan dan keamanan negara ""(2) Usaha pertahanan keamanan negara dilaksanakan melalui  Sishankamrata (TNI sebagai komponen Utama dan Rakyat sebagai komponen Pendukung)"3. Landasan Operasional ; UU No. 3 Tahun 2002
Unsur Dasar Bela Negara:
Unsur dasar bela negara yakni adalah :1.    Cinta Tanah Air2.    Kesadaran Berbangsa & bernegara3.    Yakin akan pancasila sebagai ideologi negara4.    Rela berkorban untuk bangsa & negara5.    Memiliki kemampuan awal bela negara6.    Berdasarkan UUD 1945 pada pasal 30 tertulis bahwa "Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara." Dan "syarat-syarat tentang pembelaan diatur oleh UU." Jadi sudah jelas, mau tidak mau kita wajib ikut serta dalam membela negara dari segala macam ancaman, gangguan, dan hambatan baik yang datang dari dalam maupun dari luar.
Nilai-nilai bela negara yang harus lebih dipahami penerapannya dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara antara lain:
1.      Cinta Tanah AirNegeri yang luas dan kaya akan sumber daya ini perlu kita cintai. Kesadaran bela negara yang ada pada setiap masyarakat didasarkan pada kecintaan kita kepada tanah air kita. Kita dapat mewujudkan itu semua dengan cara kita mengetahui sejarah negara kita sendiri, melestarikan budaya-budaya yang ada, menjaga lingkungan kita dan pastinya menjaga nama baik negara kita.2.      Kesadaran Berbangsa dan BernegaraKesadaran berbangsa dan bernegara merupakan sikap kita yang harus sesuai dengan kepribadian bangsa yang selalu dikaitkan dengan cita-cita dan tujuan hidup bangsanya. Kita dapat mewujudkannya dengan cara mencegah perkelahian antar perorangan atau antar kelompok dan menjadi anak bangsa yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.3.       PancasilaIdeologi kita warisan dan hasil perjuangan para pahlawan sungguh luar biasa, pancasila bukan hanya sekedar teoritis dan normatif saja tapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita tahu bahwa Pancasila adalah alat pemersatu keberagaman yang ada di Indonesia yang memiliki beragam budaya, agama, etnis, dan lain-lain. Nilai-nilai pancasila inilah yang dapat mematahkan setiap ancaman, tantangan, dan hambatan.4.      Rela berkorban untuk Bangsa dan NegaraDalam wujud bela negara tentu saja kita harus rela berkorban untuk bangsa dan negara. Contoh nyatanya seperti sekarang ini yaitu perhelatan seagames. Para atlet bekerja keras untuk bisa mengharumkan nama negaranya walaupun mereka harus merelakan untuk mengorbankan waktunya untuk bekerja sebagaimana kita ketahui bahwa para atlet bukan hanya menjadi seorang atlet saja, mereka juga memiliki pekerjaan lain. Begitupun supporter yang rela berlama-lama menghabiskan waktunya antri hanya untuk mendapatkan tiket demi mendukung langsung para atlet yang berlaga demi mengharumkan nama bangsa.5.      Memiliki Kemampuan Bela NegaraKemampuan bela negara itu sendiri dapat diwujudkan dengan tetap menjaga kedisiplinan, ulet, bekerja keras dalam menjalani profesi masing-masing. Kesadaran bela negara dapat diwujudkan dengan cara ikut dalam mengamankan lingkungan sekitar seperti menjadi bagian dari siskamling, membantu korban bencana sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia sering sekali mengalami bencana alam, menjaga kebersihan minimal kebersihan tempat tinggal kita sendiri, mencegah bahaya narkoba yang merupakan musuh besar bagi generasi penerus bangsa, mencegah perkelahian antar perorangan atau antar kelompok karena di Indonesia sering sekali terjadi perkelahian yang justru dilakukan oleh para pemuda, cinta produksi dalam negeri.
Contoh Sikap Bela Negara di Berbagai Bidang :
Di Bidang Pendidikan...


Di Bidang Pertahanan...

Di Bidang Sosial dan Budaya...


Di Bidang Politik...

Inilah Gubernur DKI Pak Jokowi yang merakyat dan biasa melakukan program "Blusukan" yang mendadak. Pemimpin yang sangat memerhati rakyat memang dibutuhkan dimanapun ya ^^
Penutup...
Kesimpulan
Usaha pembelaan negara memang sangat penting. Dan, kita sebagai pelajar dapat berpartisipasi dengan cara belajar dengan giat. Dan kelak, menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara. Amin...
Saran
Pelajar mudah bosan dengan materi yang berisi kosa kata dan penjelasan. Sehingga yang diharapkan pengajar malah berubah. Saran saya, agar pelajar menerima materi dengan 'enjoy' dan tidak mudah bosan, perlu menyelipi materi yang diajarkan dengan lagu-lagu perjuangan maupun humor ringan. Jika terlalu serius, bukan hanya tidak mungkin pelajar tidak mengerti apa yang sedang disampaikan namun juga berbicara dengan temannya maupun tertidur.
-653143161564
Demikian makalah yang saya sajikan dalam materi "Bela Negara". Saya tahu makalah ini masih butuh banyak pembaruan. Untuk itu, kritik dan saran dari pembaca sangat dibutuhkan. Saya memohon maaf apabila ada tutur kata yang kurang berkenan di hati pembaca. Terima Kasih... ^^

Daftar Pustaka...
Sumber Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Bela_negarahttp://organisasi.org/kewajiban-bela-negara-bagi-semua-warga-negara-indonesia-pertahanan-dan-pembelaan-negarahttp://djoko137.blogspot.com/http://belanegarari.wordpress.com/2009/03/25/pendidikan-bela-negara/http://rianindustrial.blogspot.com/2013/05/bela-negara.htmlhttp://yunitapratiwidotme.wordpress.com/2013/05/28/bela-negara/http://balitbangdiklat.kemenag.go.id/indeks/jurnal-kediklatan/550-kesadaran-berbangsa-dan-bernegara.htmlGoogle image

-400050106045
3629025190500


Download Makalah PKn Bela Negara.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Makalah PKn Bela Negara. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: