Oktober 20, 2016

Makalah Penyimpangan Sosial

Judul: Makalah Penyimpangan Sosial
Penulis: Wiwit Tri Rahayu


SOSIOLOGI
PENYIMPANGAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT

PEROKOK WANITA

Disusun oleh :
WIWIT TRI RAHAYU
(071311233082)No. Absen : 88
MAHASISWA DEPARTEMEN ILMU HUBUNGAN INTERNASIONALFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIKUNIVERSITAS AIRLANGGA
Kata Pengantar
Puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat dan karuniaNya, sehingga makalah mata kuliah Sosiologi ini dapat diselesaikan tepat waktu tanpa adanya kendala-kendala yang berarti. Makalah ini berisi kajian tentang penyimpangan sosial dalam masyarakat. Di dalamnya dibahas tentang pengertian, teori-teori, ciri-ciri, jenis-jenis, bentuk-bentuk, faktor-faktor, dampak, serta contoh kasus penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat.
Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pihak yang telah sedikit banyak membantu dalam proses pembuatan makalah ini, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Bantuan tersebut sangat membantu penyelesaian makalah ini. Semoga Tuhan yan Maha Esa membalas segala kebaikan pihak-pihak tersebut dan meridhoi atas selesainya makalah ini.
Akhir kata, semoga makalah ini berguna dan bermanfaat serta dapat membantu proses belajar bagi siapa saja yang menggunakannya dengan baik dan benar. Amin.
Surabaya, 22 Oktober 2013
Penulis
Daftar Isi
Kata Pengantar .........................................................................................2
Daftar Isi ..................................................................................................3
BAB I : PENDAHULUAN
Latar Belakang .........................................................................4
Rumusan Masalah ....................................................................5
Tujuan Penulisan ......................................................................5
BAB II : PEMBAHASAN
Pengertian Penyimpangan Sosial .............................................6
Contoh Penyimpangan Sosial
Hasil Wawancara terhadap Pelaku...............................6
Kebiasaan Merokok pada Wanita ................................7
Faktor Peyebab Wanita Merokok ................................7
Dampak dari Perokok Wanita ......................................8
Upaya Pencegahan Perilaku Menyimpang ..............................9
BAB III : PENUTUP
Kesimpulan ..............................................................................10
Saran ........................................................................................10
Daftar Pustaka ..........................................................................................10
BAB IPENDAHULUAN
I.1Latar Belakang
Masalah penyimpangan sosial bukanlah masalah yang baru muncul. Masalah ini telah lama lahir dan hadir dalam masyarakat. Namun demikian, masalah-masalah penyimpangan sosial ini tetap saja ada dan melekat dalam kehidupan masyarakat seolah tidak ada tindakan yang menanganinya. Ada banyak jenis dan perilaku-perilaku menyimpang yang dilakukan oleh masyarakat dan telah banyak pula aturan-aturan yang mengatur tentang penyimpangan tersebut. Pada kenyataannya, hingga saat ini penyimpangan sosial masih terus terjadi meskipun aturan atau bahkan hukuman diberlakukan bagi para pelaku. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat akan buruknya perilaku-perilaku menyimpang, atau mungkin kurangnya sosialisasi tentang penyimpangan sosial.
Ironisnya, ada banyak masyarakat yang merasa bangga ketika melakukan suatu perilaku menyimpang, seperti merokok, padahal perilaku menyimpang jelas bukanlah hal yang patut untuk dibanggakan. Keadaan seperti inilah yang akan memicu dan memperluas lingkup terjadinya penyimpangan sosial. Selain itu, penyimpangan sosial akan selalu berpengaruh terhadap masyarakat lain. Para pelaku penyimpangan sosial akan berinteraksi dengan masyarakat lain dan secara tidak langsung ia akan memberikan sugesti-sugesti untuk mengikuti perilakunya. Jika masyarakat tidak memiliki kesadaran yang kuat dan pengetahuan yang lemah akan perilaku menyimpang, maka dengan mudah mereka akan terpengaruh dan terbawa dalam kondisi menyimpang. Sebagian masyarakat awam mungkin menganggap perilaku menyimpang sebagai perilaku yang normal dan wajar untuk dilakukan, hal itu disebabkan karena masyarakat terlalu sering melakukan atau sekedar mengamati perilaku-perilaku menyimpang tersebut dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hal tersebut menjadi biasa
Dengan keadaan masyarakat seperti uraian di atas, penulis berharap makalah ini dapat sedikit membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan tentang perilaku menyimpang atau penyimpagan-penyimpangan sosial. Serta memberikan informasi-informasi tentang apa yang dapat menjadi pemicu terjadinya penyimpangan sosial. Sehingga, ke depannya dapat dibentuk masyarakat yang bermoral dan menghindari perilaku-perilaku menyimpang. Karena hal tersebut juga akan mempengaruhi kualitas bangsa di mata dunia internasional.

I.2Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka rumusan masalah yang akan di bahas adalah :
Apa pengertian dari penyimpangan sosial ?
Apa contoh penyimpangan sosial ?
Apa faktor-faktor yang memicu terjadinya penyimpangan sosial tersebut ?
Apa dampak yang akan ditimbulkan oleh penyimpangan sosial tersebut ?
Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mencegah penyimpangan sosial ?
I.3Tujuan Penulisan
Dengan rumusan masalah yang telah diutarakan di atas, tujuan penulis dalam pembuatan makalah tentang penyimpangan sosial ini adalah agar pembaca dapat :
Mengetahui dan memahami apa arti penyimpangan sosial
Mengetahui contoh nyata penyimpangan sosial
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyimpangan sosial tersebut
Mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh penyimpangan sosial tersebut
Mempelajari upaya pencegahan terhadap penyimpangan sosial
BAB IIPEMBAHASAN
II. 1.Pengertian Penyimpangan Sosial
Penyimpangan sosial dapat diartikan sebagai perilaku warga masyarakat yang dianggap tidak sesuai dengan kebiasaan, adat istiadat, tata aturan, atau norma sosial yang berlaku (Budirahayu, 2013, 98). Penyimpangan sosial tidak terbatas pada perilaku-perilaku yang terlampau melewati batas, hal-hal kecil pun bisa termasuk dalam penyimpangan sosial. Seseorang akan dianggap menyimpang apabila ia melakukan hal-hal di luar perilaku masyarakat pada umumnya. Namun fenomena yang terjadi pada saat ini menunjukkan bahwa banyak hal-hal menyimpang yang menjadi biasa di kalangan masyarakat. Masyarakat menganggap sebuah perilaku menyimpang yang resesif atau tidak terlalu melewati batas sebagai perilaku normal yang wajar untuk dilakukan. Tidak sedikit masyarakat yang justru bangga melakukan sebuah penyimpangan sosial. Penyimpangan sosial dianggap sebagai prestasi tersendiri bagi sebagian masyarakat, khususnya masyarakat yang belum terlalu memahami tentang hal-hal yang termasuk dalam penyimpangan sosial.
II. 2.Contoh Penyimpangan Sosial
Ada banyak contoh penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat, mulai dari hal-hal kecil yang dianggap sepele sampai hal-hal yang berakibat fatal. Membuang sampah tidak pada tempat sampah sudah bisa dianggap sebagai sebuah perilak menyimpang, karena hal tersebut tidak sesuai dengan norma serta aturan hukum yang berlaku. Contoh lain adalah mencontek, merokok, mencuri, memakai obat-obatan terlarang dan narkoba, pelacuran, dll. Di sini akan dibahas penyimpangan sosial mengenai kebiasaan merokok yang dilakukan oleh wanita.
II. 2. a.Hasil Wawancara terhadap Wanita Perokok
Penulis menyertakan ringkasan hasil wawancara terhadap seorang peerokok wanita sebagai bukti nyata adanya penyimpangan sosial pada masyarakat.
Narasumber :Astri (AR)Umur : 19 tahun
Saya Astri, umur 19 tahun. Saya merokok karena saya merasa merokok bukanlah hal yang terlarang. Saya merokok juga karena lingkungan saya melakukan hal yang sama. Teman-teman saya juga merokok, entah itu laki-laki atau perempuan, sehingga saya merasa tidak mampu bergaul dengan mereka juka saya tidak ikut merokok. Saya juga merasa berani merokok karena kakak perempuan saya juga merokok. Saya melakukannya tanpa sepengetahuan orangtua saya. Mama saya tidak mengetahui hal ini, hanya kakak-kakak saya yang mengetahuinya.
Saya merokok pada saat saya merasa bosan dan suntuk. Saat mood saya jelek. Saya merasa dengan merokok pikiran saya menjadi lebih tenang dan enjoy. Namun, jujur kadang saya merasa malu jika ada yang membahas tentang seorang wanita perokok. Di sisi lain saya merasa ini adalah hal yang biasa, namun sisi lain saya mengajak saya untuk berhenti melakukannya.
Sampai saat ini, saya belum merasakan dampak pasti dari kebiasaan saya merokok. Tapi saya tahu bahwa merokok memiliki banyak dampak negatif, seperti menyebabkan kanker paru-paru dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya. saya juga menyadari bahwa merokok sangat tidak disukai oleh banyak orang, terutama perempuan. Saya merokok juga tahu tempat, jika memang teman-teman saya yang lain tidak terbiasa dengan asap rokok, saya akan mencari tempat khusus sehingga teman-teman saya tidak merasa terganggu dengan keadaan saya yang merokok.
II. 2. b.Kebiasaan Merokok oleh Wanita
Rokok adalah gulungan kertas yang berisi bahan-bahan berbahaya , bersifat adiktif serta beracun. Merokok adalah kegiatan menghisap gulungan tersebut dengan cara menyulutnya dengan api terlebih dahulu. Merokok merupakan salah satu perilaku menyimpang, apabila orang-orang di sekitarnya merasa terganggu dengan keberadaannya. Sedangkan merokok bagi para wanita dianggap menyimpang karena memang keberadaannya sangat jauh dari kebiasaan masyarakat serta sangat jarang ditemui pada umumnya. Selain itu, kebiasaan wanita yang merokok juga dapat dikatakan sebagai perilaku menyimpang mengambil dari pendekatan definisi menyimpang secara statistikal, yang mengatakan bahwa kebiasaan-kebiasaan umum masyarakat adalah benar dan kebiasaan-kebiasaan yang jarang dilakukan atau tidak sering dilakukan dianggap sebagai perilaku menyimpang.

II. 2. c.Faktor Penyebab Wanita Merokok
Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan seorang wanita merokok. Mulai dari faktor individu, lingkungan, bahkan keluarga. Dalam kasus yang saya amati, pelaku wanita mengaku melakukan penyimpangan sosial, yaitu merokok, sebagai akibat dari pergaulan dengan teman-temannya. Ia mengaku bahwa pengaruh lingkungannya sangat besar terhadapnya sehingga ia berani dan merasa sangat enjoy untuk melakukannya. Bahkan kadang mereka mempunyai pemikiran menjadi bangga jika melakukan hal tersebut.
Selain itu, keadaan pada individu juga sangat berpengaruh. Jika ia merasa keadaan sangat buruk, bosan, dan suntuk, maka ia akan langsung menyalakan rokoknya. Keluarga juga sangat memicu terjadinya sebuah penyimpangan sosial. Keluarga yang mempunyai kebiasaan merokok akan membuat anggotanya mengikuti kebiasaan tersebut. Apalagi jika anggota keluarga wanita memiliki kebiasaan merokok juga, dapat dipastikan anggota lain merasa harus melakukannya juga.
Faktor yang lain muncul dari rokok itu sendiri, yaitu dari kandungan zat yang ada di dalamnya. Rokok mengandung zat-zat yang menyebabkan para konsumennya kecaduan. Dengan adanya zat tersebut, seseorang yang telah mencoba untuk merokok akan selalu dan semakin ingin untuk mencobanya lagi dan lagi. Hal tersebut juga berpengaruh besar bagi wanita.
II. 2. d.Dampak dari Wanita Merokok
Wanita yang merokok, dan para perokok lain memberi banyak dampak bagi para pelaku juga terhadap lingkungan sekitar. Dampak tersebut bisa berupa dampak negatif juga dampak positif. Namun, sejauh pengamatan yang dilakukan oleh penulis, para perokok cenderung memberikan banyak dampak-dampak negatif daripada dampak positif. Dampak posistif yang diberikan oleh para perokok antara lain adalah membantu produsen rokok dan para pekerja pabrik rokok agar tetap bertahan. Dengan adanya para perokok, pabrik rokok bisa terus melanjutkan kegiatannya memproduksi rokok, sehingga para pekerja pabrik dapat terus melanjutkan pekerjaannya. Secara tidak langsung, para perokok telah membantu memberikan dan mempertahankan pekerjaan para pekerja pabrik rokok.
Dampak negatif yang ditimbulkan oleh para perokok lebih banyak daripada dampak positif yang telah disebutkan di atas. Dampak tersebut dapat dipisahkan sebagai dampak terhadap diri sendiri dan dampak bagi lingkungan sekitar perokok.
Dampak negatif rokok bagi pelaku (secara langsung) :
Air mata keluar
Baju, badan, dan rambut menjadi bau
Denyut nadi dan tekanan darah meningkat
Peristaltik usu meningkat dan nafsu makan menjadi turun
Sirkulasi darah kurang baik
Suhu pada ujung-ujung jari (tangan/kaki) menurun
Kepekaan indra pengecap dan pembau menurun
Gigi dan kuku menjadi kuning
Dampak negatif rokok bagi pelaku dalam jangka panjang :
Kerja otak menurun
Adrenalin meningkat
Rongga pembuluh darah menciut
Tekanan darah dan denyut nadi meningkat
Menimbulkan efek ketagihan dan kecanduan
Dampak negatif rokok bagi lingkungan sekitar :
Menimbulkan pencemaran udara bagi lingkungan sekitar
Menjadi contoh buruk bagi anak-anak usia di bawah umur
Menimbulkan banyak korban perokok pasif bagi orang-orang di sekitarnya
Sedangkan dampak negatif yang akan sama-sama dirasakan oleh pelaku (perokok aktif) dan korban (perokok pasif) adalah dampak yang berpengaruh terhadap kesehatan. Asap rokok yang ditimbulkan akan menyebabkan berbagai penyakit bagi para penghirupnya. Penyakit-penyakit tersebut antara lain adalah kanker paru-paru, jantung koroner, bronkitis, penyakit stroke, hipertensi, diabetes, dan impotensi. Asap rokok juga dapat menyebabkan orang yang mempunyai penyakit asma kambuh saat menghirupnya.
Wanita yang merokok akan memiliki banyak kerugian sebagai dampak dari kebiasaan merokok tersebut. Dampak tersebut akan merugikan para wanita perokok, baik dalam hal penampilan ataupun kesehatan. Dampak fisik yang akan terjadi dan sangat terlihat bagi para perokok wanita yang merokok secara terus menerus adalah berubahnya warna kulit serta tumbuhnya rambut-rambut halus pada bagian sekitar wajah wanita perokok. Kuliat wanita yang merokok secara terus–menerus akan berubah menjadi agak abu-abu. Kebiasaan merokok pada wanita juga akan mempercepat menopause, yaitu berhentinya proses menstruasi. Wanita yang memiliki kebiasaan merokok juga akan memiliki gangguan pada kesehatan berupa penurunan kesuburan sampai 50%, serta meningkatkan bahaya keguguran. Janin dari rahim seorang perokok juga akan terlahir dengan keadaan berat badan yang cenderung kurang. Wanita perokok juga akan menghasilkan ASI 25% lebih sedikit dibandingkan wanita non-perokok. Nikotin yang ada pada rokok juga akan memperlambat penyimpanan lemak dan meningkatkan pengeluaran energi sampai 200 kalori per hari, sehingga akan cenderung membuat berat badan perokok menjad turun.
II. 3. Upaya Pencegahan Perilaku Menyimpang
Ada banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah perilaku menyimpang. Upaya-upaya pencegahan bisa dilakukan oleh semua orang yang bersangkutan, baik oleh pemerintah, keluarga, teman, dan lingkungan sekitar. Upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah dengan memperluas sosialisasi tentang penyimpangan-penyimpangan sosial. Pihak keluarga dapat melakukan kontrol sosial. Dan teman-teman lingkungan sekitar dapat menghimbau untuk tidak melakukan penyimpangan sosial. Kontrol sosial dan sosialisasi yang cukup akan membantu mencegah penyimpangan-penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat. Keharmonisasian keluarga juga sangat mempengaruhi terjadinya penimpangan sosial, sehingga perlu diciptakan keluarga yang harmonis.
BAB IIIPENUTUP
III. 1.Kesimpulan
Merokok merupakan salah satu perilaku menyimbang. Merokok yang dilakukan oleh seorang wanita juga dianggap sebagai penyimpangan sosial. Wanita yang merokok memiliki banyak alasan yang mendorongnya untuk melakukan hal tersebut. Ada faktor keluarga, faktor lingkungan, teman, dan diri sendiri. Merokok juga memberikan banyak dampak. Dampak positif yaitu membantu para pekerja pabrik rokok. Dampak negatif yang ditimbulkan lebih banyak, bisa berupa dampak terhadap kesehatan, lingkungan, dan fisik. Upaya pencegahannya dapat dilakukan oleh siapa saja. Dapat dilakukan dengan memberikan kontrol sosial dan sosialisasi yang cukup.
III. 2.Saran
Penulis menyarankan kepada semua pihak untuk membantu proses sosialisasi dan kontrol sosial terhadap masyaraka dan pelaku perilaku menyimpang. Karena dengan cara tersebut penyimpangan sosial dapat diminimalisir dan para pelaku menyimpang sadar akan tindakannya yang menyimpang.
Daftar Pustaka

Narwoko, J. Dwi & Suyanto, Bagong. 2011. Sosiologi: Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana.
http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/114/jtptunimus-gdl-ervinakhoi-5700-2-babii.pdfhttp://www.amazine.co/6222/bahaya-merokok-5-efek-negatif-merokok-pada-wanita/?ModPagespeed=noscript


Download Makalah Penyimpangan Sosial.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Makalah Penyimpangan Sosial. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: