Oktober 19, 2016

MAKALAH BAHASA INDO

Judul: MAKALAH BAHASA INDO
Penulis: Sri Karmila Sari


MAKALAH
BAHASA INDONESIA
20110451036955
MENULIS PROPOSAL
OLEH:
KELOMPOK V
SELVI
NURWI
SRI KARMILA SARI
NUR HIDAYAT :
:
:
: 12450400
12450400
1245040066
12450400
JURUSAN PENDIDIKAN LUAR BIASA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji dan syukur kami sebagai penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas curahan rahmat, hidayah dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul Menulis Proposal ini tepat pada waktunya. Salawat dan Salam senantiasa terhaturkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.
Makalah yang sederhana ini diajukan untuk selanjutnya akan kami presentasikan di depan kelas sebagai salah satu syarat pada perkuliahan mata kuliah Bahasa Indonesia. Dalam penyelesaian makalah ini tidak lepas dari kerjasama kami sebagai penulis dalam satu kelompok.
Kami memahami sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari segi bahasa, sistematik penulisan dan isi yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, kritik dan saran dari berbagai pihak sangat kami harapkan demi kesempurnaan tulisan ini.
Sesungguhnya kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT, tak ada manusia tanpa kelemahan, tentunya kami menyadari sebagai penulis tidak terlepas dari kekeliruan dan kesalahan. Karenanya, kami sebagai penulis menerima dengan lapang dada nasihat dan kritik yang membangun dalam rangka perbaikan makalah-makalah kami selanjutnya. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kami sebagai penulis pada khususnya dan bagi kita semua.
ii


Makassar, November 2013

Penulis.
BAB IPENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kemahiran dalam menulis proposal penilitian atau kegiatan akademik lainnya merupakan merupakan salah satu tuntutan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa indonesia  sebagai insan terpelajar. Maka dari itu, mahasiswa dilibatkan dalam berbagai kegiatan berbagai yang membantu mereka untuk memahami pengertian proposal akademik beserta kelengkapannya, temasuk surat resmi untuk permohonan izin penelitian. Kegiatan utama pembelajaran adalah penulisan proposal lengkap yang mencangkup penyusunan buram,penyunting dan penyempurnaan.
Karya tulis ilmiah mahasiswa dikelompokkan dalam tiga macam yaitu makalah, proposal penelitian skripsi dan skripsi. Masing-masing karya tulis ilmiah itu memiliki karakteristik tertentu. Makalah merupakan bagian dari tugas-tugas perkuliahan, proposal penelitian merupakan disain yang menjadi acuan penelitian sebagai bahan penulisan skripsi, sedangkan skripsi merupakan karya ilmiah terakhir yang harus disusun mahasiswa dan dipertahankan di depan sidang (ujian) akhir guna memperoleh gelar Sarjana.
Kemampuan meneliti merupakan salah satu kemampuan professional yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa. Oleh karenanya melalui kurikulum pendidikan sarjana dikembangkan kemampuan mahasiswa meneliti. Penulisan skripsi atau tugas akhir pada dasarnya merupakan fase kulminasi dari pelatihan-pelatihan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan meneliti tersebut. Sejak penelitian direncanakan peneliti perlu mengkomunikasikan rencananya kepada pihak luar untuk memperoleh masukan. Apalagi apabila penelitian tersebut didanai pihak luar atau perlu memperoleh persetujuan dari lembaga pendidikan, adanya rencana penelitian yang tertulis menjadi keharusan rencana penelitian tertulis yang menggambarkan latar belakang penelitian permasalahan yang diteliti, tujuan dan manfaat penelitian, serta prosedur pelaksanaan penelitian, dinamakan usulan penelitian, yang lebih populer disebut "proposal penelitian".
Sementara itu setelah penelitian selesai dikerjakan peneliti perlu menyusun "laporan penelitian" untuk diserahkan kepada perguruan tinggi sebagai skripsi atau tugas akhir, penyandang dana penelitian, atau dipublikasikan melalui media komunikasi profesi. Oleh karena itu kemampuan menyusun proposal dan laporan penelitian menjadi sangat penting bagi para mahasiswa.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Pengertian proposal
2. Tujuan proposal
3. Jenis – jenis proposal
4. Prosedur penyusunan proposal
5. Tata Tulisnya
6. Contoh proposal
C. TUJUAN MASALAH
Makalah "menulis proposal" ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia. Tujuan penulisan ini adalah yang pertama untuk mengetahuai apa pengertian, macam-macam, tata tulis dalam proposal dan apa manfaat maupun tujuan dari untuk apa mahasiswa mengetahui bagaimana menulis proposal yang baik.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN PROPOSAL
Menurut Anurahman dkk, (2009) proposal adalah suatu perencanaan yang sistematis sebagai kerangka dasar yang memuat komponen dan langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan penelitian.
Proposal adalah usulan rencana kegiatan. Kata proposal berasal dari bahasa Inggris to propose yang artinya mengajukan. Dengan demikian pengertian proposal memiliki arti sederhana sebagai suatu bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik berupa ide, gagasan, pemikiran, maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan ijin, persetujuan, dana, dan lain sebagainya (Hariwijaya, 2005:12-13). Sebagai bentuk pengajuan, proposal bernilai penting dan strategis karena merupakan awal yang menentukan keberhasilan suatu rencana program (usaha atau kegiatan). Karenanya, banyak orang atau lembaga menjadikan proposal sebagai "senjata ampuh" untuk menunjukkan apa saja ide, rencana kegiatan (usaha), dan program yang ditawarkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

B. TUJUAN PROPOSAL
Tujuan Proposal adalah untuk memberikan gambaran secara singkat terhadap rencana kegiatan penelitian yang akan dilakukan, melalui proposal peneliti akan memahami segala kebutuhn yang direncanakan.
Pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelaskan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan.
C. JENIS – JENIS PROPOSAL
Secara umum ada beberapa jenis proposal, diantaranya yaitu;
Proposal bisnis, contohnya proposal pendirian usaha.
Proposal proyek, contohnya proposal pengajuan dana kepada lembaga donor.
Proposal penelitian, contohnya proposal skripsi, tesis, dan disertasi.
Proposal kegiatan, contohnya proposal kegiatan seminar, pelatihan, dan lomba
D. PROSEDUR PENYUSUNAN PROPOSAL
1. Memilih judul
Judul hendaknya dibuat singkat, jelas, menunjukkan dengan tepat masalah yang akan diteliti, dan tidak memberi peluang penafsiran/interpretasi yang bemacam-macam.





Download MAKALAH BAHASA INDO.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca MAKALAH BAHASA INDO. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: