October 04, 2016

ISO 14000


Judul: ISO 14000
Penulis: Azizah Nurul


ISO 14000
1. Pengertian ISO 14000
ISO 14000 adalah keluarga standar yang terkait dengan pengelolaan lingkungan yang ada untuk membantu organisasi,  meminimalkan bagaimana operasi mereka berpengaruh negatif terhadap lingkungan (yaitu menyebabkan perubahan negatif terhadap udara, air, atau tanah),  memenuhi dengan hukum, peraturan, dan persyaratan lingkungan berorientasi lain, dan terus meningkatkan di atas.ISO 14000 adalah sama dengan ISO 9000 dalam manajemen mutu yang baikberkaitan dengan proses bagaimana produk dihasilkan, bukan untuk produk itu sendiri. Seperti ISO 9000, sertifikasi dilakukan oleh pihak ketiga organisasidaripada yang diberikan oleh ISO langsung. ISO 19011 standar audit berlaku ketika audit untuk kepatuhan kedua 9000 dan 14000 sekaligus.
2. Pengembangan seri ISO 14000
ISO 14000 termasuk keluarga terutama ISO 14001 , yang merupakan set inti dari standar yang digunakan oleh organisasi untuk merancang dan menerapkan sistem manajemen lingkungan yang efektif. Standar lain yang termasuk dalam seri ini adalah ISO 14004, yang memberikan pedoman tambahan untuk sistem manajemen lingkungan yang baik, dan standar yang lebih khusus berhubungan dengan aspek-aspek tertentu pengelolaan lingkungan hidup.Tujuan utama dari seri ISO 14000 norma adalah "untuk mempromosikan lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan lingkungan organisasi dan untuk menyediakan alat yang berguna dan bermanfaat – yang yang hemat biaya, sistem berbasis, fleksibel dan mencerminkan organisasi terbaik dan organisasi terbaiktersedia untuk mengumpulkan, menafsirkan dan mengkomunikasikan informasi lingkungan yang relevan "praktek. [3]Tidak seperti peraturan lingkungan sebelumnya, yang dimulai dengan pendekatan komando dan kontrol, kemudian diganti dengan yang berdasarkan mekanisme pasar, ISO 14000 didasarkan pada pendekatan sukarela untuk peraturan lingkungan (Szymanski & Tiwari 2004). Seri ini mencakup ISO 14001, yang memberikan panduan untuk pembentukan atau peningkatan EMS. Saham standar umum banyak sifat dengan pendahulunya ISO 9000, standar internasional manajemen mutu (Jackson 1997), yang berfungsi sebagai model untuk struktur internal (National Academy Pers 1999) dan keduanya dapat diimplementasikan berdampingan. Seperti ISO 9000, ISO 14000 bertindak baik sebagai alat manajemen internal dan sebagai cara untuk menunjukkan komitmen lingkungan perusahaan kepada pelanggan dan klien.Sebelum pengembangan dari seri ISO 14000, organisasi sukarela dibangun sistem mereka sendiri EMS, tapi ini terbuat dari perbandingan efek lingkungan antara perusahaan sulit dan oleh karena itu ISO seri 14000 yang universal dikembangkan. EMS didefinisikan oleh ISO sebagai: "bagian dari sistem manajemen secara keseluruhan, yang mencakup struktur organisasi, kegiatan perencanaan, tanggung jawab, praktek, prosedur, proses dan sumber daya untuk mengembangkan, melaksanakan, mencapai dan memelihara kebijakan lingkungan.
ISO 9001 merupakan sertifikasi yang berorientasi pada layanan pelanggan dan standar manajemen mutu yang diadopsi pada tahun 2000 oleh International Organization for Standardization (ISO).
Menurut standar ini, sebuah organisasi harus menunjukkan kemampuan untuk memenuhi atau melampaui kepuasan pelanggan dalam hal fungsi produk, kualitas, dan kinerja.
Demikian pula, organisasi tersebut juga harus selalu menerapkan peraturan, standar industri, dan praktik terbaik mengenai proses produksi dan hasil.
Singkatnya, standar ISO 9001 memastikan bahwa organisasi menawarkan produk-produk berkualitas sekaligus mendorong dan bertindak atas umpan balik pelanggan, pengguna akhir, dan badan pengatur.
ISO 9001 merupakan kesepakatan internasional yang digunakan untuk menentukan standar universal yang berlaku untuk semua organisasi mengenai produk dan layanan yang memenuhi harapan pelanggan dan syarat peraturan.
Kesesuaian dengan persyaratan peraturan dan harapan pelanggan, bagaimanapun, tidak cukup untuk memenuhi standar ISO 9001.
Sebuah organisasi juga harus menciptakan sistem yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya perbaikan terus-menerus.
Audit internal, audit oleh klien, dan audit oleh lembaga sertifikasi pihak ketiga independen harus didorong untuk membantu organisasi melakukan perbaikan terus-menerus.
Standar ISO 9001 dimaksudkan untuk berlaku bagi semua organisasi dengan berbagai skala dan bidang industri.
ISO 9001 tidak mensyaratkan cara tertentu tentang bagaimana organisasi harus memenuhi persyaratan, melainkan hanya menunjukkan mengenai pedoman yang harus dipenuhi.
Klausul khusus mungkin saja diterapkan pada organisasi tertentu untuk dikecualikan dari beberapa poin persyaratan yang telah ditetapkan, tanpa harus menurunkan standar keseluruhan.
Di antara keluarga standar ISO 9000, ISO 9001, sebagaimana diubah pada tahun 2008 dan ditambah pada tahun 2009, adalah satu-satunya standar dimana sebuah organisasi bisa mendapatkan sertifikasi.
Sertifikasi bukanlah persyaratan kepatuhan, tetapi berfungsi untuk meyakinkan pelanggan bahwa suatu organisasi beroperasi sesuai standar yang ditetapkan.
Ketika diterapkan pada lingkungan bisnis ke bisnis, sertifikasi ISO 9001 membantu menanamkan kepercayaan, terutama dalam situasi yang melibatkan hubungan bisnis baru atau joint venture.
Sebagai contoh, sebuah perusahaan di Amerika Serikat mungkin kesulitan menemukan informasi valid tentang perusahaan di Indonesia.
Mengetahui bahwa perusahaan di Indonesia memiliki sertifikasi ISO 9001 dapat membantu menanamkan kepercayaan perusahaan Amerika tersebut.[]
Seminggu lalu STIE Malangkucecwara Malang menerima tamu dari tim URS (United Registrar System) yang akan mengaudit kampus kami berkaitan dengan sertifikat ISO yang telah kami sandang sejak tahun 2005 lalu. Menurut HB Siswanto dalam bukunya Pengantar Manajemen (2008), manajemen mutu adalah suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungannya. Salah satu cara untuk melakukan manajemen mutu terpadu (TQM) adalah dengan mengikuti sertifikasi ISO. Berikut ini beberapa kagetori ISO, antara lain:
ISO 9000ISO 9000 dikeluarkan tahun 1987 oleh International Organization for Standardization yang selanjutnya konsep ini dikenal sebagai standar manajemen mutu (quality management). Tujuan utama ISO 9000 adalah:1.Organisasi harus mencapai dan mempertahankan mutu produk atau jasa yang dihasilkan sehingga secara berkesinambungan dapat memenuhi kebutuhan para pembeli.2.Organisasi harus memberikan keyakinan kepada pihak manajemen bahwa mutu yang dimaksud telah dicapai dan dapat dipertahankan.3.Organisasi harus memberikan keyakinan kepada pihak pembeli bahwa mutu yang dimaksud telah dicapai.
Terdapat 5 standar mutu internasional yaitu:1.ISO 9000Merupakan peta jaringan yang memberikan definisi dasar dan konsep-konsep serta menjelaskan bagaimana suatu perusahaan memilih dan menggunakan standar yang lain dalam seri tersebut.2.ISO 9001Merupakan standar yang paling komprehensif dan digunakan untuk menjamin mutu pada tahap desain, pengembangan, produksi, instalasi dan pelayanan jasa. ISO 9001 biasanya digunakan untuk perusahaan manufaktur yang mendesain dan memproduksi barang sendiri.
Bagaimana Anda mengukur Kesuksesan? Kualitas adalah sebuah tongkat pengukur yang bisa sama-sama dipilih oleh semua bisnis dan nasabah. Entah sebuah perusahaan menyebutnya sebagai Total Quality Management (TQM), Total Quality Control (TQC), atau dengan nama yang lain, maka semua program seperti itu bertujuan menyempurnakan proses operasional, produk dan jasa. Namun kualitas bisa menjadi pendapat yang sangat subyektif. Ide Anda mengenai apa saja yang merupakan layanan berkualitas, misalnya, bisa sangat berbeda dari ide karyawan yang melayani Anda di toko bahan makanan. Dan toko bahan makanan di Boston mungkin memiliki standar kualitas yang berbeda dengan toko bahan makanan di Los Angeles atau di London.
Disanalah ISO 9000 cocok. Istilah ini mengacu pada serangkaian standar universal yang mengartikan sistem "Jaminan Kualitas" yang dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO) dan diadopsi oleh 90 negara di seluruh dunia. ISO terdiri dari perwakilan standar nasional dari 100 negara lebih. Tujuannya adalah untuk mempromosikan pertukaran barang dan jasa internasional di seluruh dunia, dan untuk mendorong kerjasama sedunia dalam bidang cendekiawan, ilmiah, teknologi, dan ekonomi.
Untuk bisa melakukan pendaftaran ISO 9000, sebuah perusahaan wajib memenuhi sejumlah standar jaminan kualitas tertentu dalam operasinya, yang dinyatakan oleh agen pendaftaran pihak ketiga. Sistem jaminan kualitas, bukan produk atau jasa itu sendiri yang memperoleh pendaftaran. Pendaftaran ISO 9000 menyatakan kepada nasabah: Perusahaan ini telah siap dengan sebuah sistem yang menjamin bahwa setiap produk atau jasa yang dijualnya secara konsisten memenuhi standar kualitas internasional.
Perusahaan yang sudah menerima status ISO 9000 seringkali memperoleh manfaat dari penurunan keluhan nasabah, penurunan biaya operasional, dan peningkatan permintaan untuk produk atau jasa mereka. Sekalipun industri manufaktur yang pertama kali memimpin minat atas jaminan kualitas, standar ISO 9001 tidak mengecualikan industri atau sektor ekonomi tertentu. Keputusan Anda tentang perlu tidaknya berusaha memenuhi akan lebih banyak bergantung kepada apa saja yang diharapkan oleh nasabah Anda dan dibutuhkan oleh pasar. Beberapa perusahaan, misalnya, tidak membeli suku cadang dan produk dari pabrik yang tidak terdaftar ISO 9000.
ISO 9001, atau ISO 9002?Kedua standar ini hampir serupa; namun demikian, ISO 9001 berlaku untuk perusahaan yang terlibat dalam rancangan produk atau jasa, dan juga produksi dan pemasangan atau pelaksanaan mereka. ISO 9002 mengecualikan unsur rancangan dari model serupa untuk jaminan kualitas.
Penunjukan nama-nama lain untuk standar jaminan kualitas termasuk seri QS 9000 untuk pabrik pembuat suku cadang industri otomotif, dan standar ISO 14000 untuk perusahaan yang terlibat dalam spesifikasi sistem manajemen lingkungan.
APAKAH SAYA PERLU MENDAFTARKAN DIRI?Pendaftaran ISO 9000 akan sangat penting bagi Kesuksesan perusahaan Anda jika:
nasabah penting – atau calon nasabah – menghendakinya dari semua pemasok mereka, atau mulai mencari tahu apakah Anda sudah terdaftar
industri Anda sangat membutuhkan pendaftaran ISO 9000
pesaing Anda sedang berusaha mendaftarkan diri
Anda berencana melakukan bisnis di Eropa
perusahaan Anda dapat mengambil manfaat dengan pengadaan sebuah sistem kualitas resmi untuk meningkatkan kualitas, mengurangi kesalahan, pengembalian barang dan keluhan nasabah.
Banyak perusahaan telah menemukan bahwa dengan hanya berusaha memenuhi standar ISO 9000 telah menghasilkan ganjarannya sendiri, bahkan sebelum memperoleh pendaftaran, hanya dengan menyempurnakan proses kualitas mereka.
DARI MANA SAYA MULAI?Upaya yang dibutuhkan untuk memenuhi standar ISO 9000 akan bergantung kepada keberadaan dan kematangan sistem kualitas Anda. Untungnya, banyak sekali sumber daya pelatihan bersedia membantu perusahaan memperoleh pendaftaran ISO 9000. Periksalah dengan perguruan tinggi setempat, universitas, pusat bantuan manufaktur wilayah, pusat pengembangan bisnis kecil, pusat inkubasi bisnis, atau asosiasi industri untuk mencari keterangan mengenai pelatihan, usulan konsultan, dan mengatur penilaian pra-pendaftaran.
Ada beberapa penerbitan bebas biaya tentang pendaftaran ISO 9000 yang disediakan oleh International Organization for Standardization (ISO). Brosur ISO, "Compatible technology worldwide," menjawab pertanyaan-pertanyaan umum mengenai ISO 9000, sedangkan Perpustakaan Forum ISO 9000 memiliki daftar penerbitan tentang manajemen kualitas, standar jaminan kualitas, dan segala persoalan yang terkait.
Hubungi ISO pada:1, rue de VarembeCase postale 56 CH-1211Geneve 20 SwitzerlandTel: +41-22-749-01-11faks +41-22-733-34-30
Sejumlah paket perangkat lunak komputer telah diciptakan oleh beberapa perusahaan untuk membimbing pendaftar langsung melalui penciptaan, dokumentasi, dan pendaftaran sistem kualitas Anda. Beberapa perusahaan menawarkan salinan peragaan bebas biaya. Ada terlalu banyak produk untuk dimuat disini. Kami anjurkan Anda mencari di Internet untuk "ISO 9000 software" sebagai titik pangkal.
BERIKUTNYA APA?Anda barangkali bertanya-tanya ISO 9000 itu melibatkan apa saja. Dalam arti luas, ISO 9000 mewajibkan perusahaan Anda untuk merancang dan melaksanakan sebuah sistem kualitas yang memenuhi standar ISO (ISO 9001, ISO 9002, QS 9000, ISO 14000). Anda akan diminta untuk:
Menulis pedoman berkualitas untuk menguraikan sistem kualitas Anda
Mendokumentasikan bagaimana pekerjaan dalam organisasi Anda dilaksanakan
Merancang dan melaksanakan sebuah sistem untuk mencegah pengulangan masalah
Mengenali kebutuhan pelatihan karyawan
Menyesuaikan ukuran dan perlengkapan uji coba
Melatih karyawan bagaimana sistem jaminan kualitas beroperasi
Merencanakan dan menyelenggarakan pemeriksaan kualitas intern, atau audit
Memenuhi segala persyaratan lain dari Standar jika dibutuhkan
Sertifikat yang menyatakan bahwa perusahaan Anda telah memenuhi standar ISO 9000 hanya dapat diterbitkan oleh sebuah agen pendaftaran pihak ketiga yang telah terakreditasi. Anda harus memilih pendaftar Anda di awal proses, dan mencari tahu secara terperinci apa saja yang mereka persyaratkan sebelum mereka mengizinkan pendaftaran. Biasanya, pendaftar akan menyelenggarakan "audit pra-penilaian" untuk mengenali segala bidang yang belum dipenuhi sehingga Anda dapat memperbaiki semua bidang itu sebelum "audit pendaftaran".
Sertifikat pendaftaran ISO 9000 berlaku selama tiga tahun, dan agen pendaftaran bisa melakukan audit dengan interval 6 bulan untuk memastikan bahwa perusahaan tetap mematuhi standar.
BERAPA BIAYANYA?Pusat pengembangan bisnis kecil bisa menawarkan kelas kelompok sertifikasi ISO 9000 dengan skala menurun, berdasarkan ukuran perusahaan Anda (jumlah karyawan) dan jumlah peserta kelas. Pusat bantuan manufaktur wilayah memperoleh subsidi sebagian dari dana federal dan bisa menawarkan audit pra-penilaian dan jasa konsultasi ISO 9000 dengan skala menurun.
Biaya untuk menyelenggarakan audit pendaftaran akhir ditetapkan oleh agen pendaftaran bersangkutan, dan biasanya berbeda-beda menurut ukuran perusahaan. Untuk memperoleh keterangan yang akurat, hubungi sumber atau pendaftar pelatihan Anda secara langsung.


Download ISO 14000.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca ISO 14000. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon